Written by 00:54 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik

Saat hendak mencuci pakaian sendiri maupun keluarga, penggunaan deterjen yang tepat tak boleh luput dari perhatian Anda. Pasalnya, deterjen sangat berpengaruh terhadap hasil cucian. Anda pasti tidak ingin, kan, pakaian menjadi rusak hanya karena salah memilih deterjen?

Namun, beragamnya jenis dan merk deterjen di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Oleh karenanya, melalui artikel ini kami akan memberi panduan dalam memilih deterjen pakaian. Tak lupa, kami rekomendasikan pula produk terbaik mulai dari Rinso, Attack, So Klin, hingga B29. Selamat menyimak!

Cara Memilih Deterjen Pakaian

Sebelum memutuskan produk yang akan dipilih, terlebih dahulu kami akan memaparkan cara memilih deterjen pakaian. Poin-poin berikut akan membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai.

Sesuaikan Bentuk Deterjen dengan Kebiasaan Mencuci

Kebiasaan Anda dalam mencuci menentukan kenyamanan dalam menggunakan deterjen. Pada dasarnya, ada dua jenis deterjen yakni bubuk dan cair. Baik deterjen bubuk maupun cair memiliki keunggulan masing-masing. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebiasaan mencuci Anda sehari-hari.

Deterjen Bubuk: Hasil Busanya Melimpah dengan Masa Simpan Lebih Lama

Deterjen bubuk biasanya memiliki masa simpan yang lama karena partikel bubuk lebih stabil daripada partikel cair. Selain itu, deterjen bubuk cocok bagi Anda yang suka berbelanja dalam kemasan besar. Deterjen bubuk juga menghasilkan busa lebih melimpah sehingga cocok untuk Anda yang mencuci menggunakan tangan.

Sementara itu, kandungan surfaktan yang setingkat dengan alkylbenzene sulfonates menjadi bahan aktif yang sangat efektif membersihkan noda lumpur, tanah, bahkan rumput. Dengan demikian, deterjen bubuk pas buat membersihkan pakaian anggota keluarga yang cukup aktif berkegiatan di luar ruangan.

Deterjen Cair: Mudah Larut Dalam Air, Proses Cuci Lebih Nyaman

Dibanding deterjen bubuk, deterjen cair lebih mudah larut dalam air. Dengan demikian, Anda akan menghemat waktu mencuci sebab sifat mudah larutnya tersebut. Selain itu, deterjen cair juga lebih mudah dituangkan karena Anda tidak perlu berkali-kali mengambil dengan sendok takar. Proses mencuci pun terasa lebih nyaman!

Umumnya, deterjen cair mengandung alcohol ethoxylates. Kandungan ini merupakan bahan kimia aktif yang efektif untuk mengangkat noda minyak. Bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu memasak di dapur sehingga sering terkena cipratan minyak, deterjen cair bisa menjadi solusi untuk membersihkan pakaian Anda.

Utamakan yang Bahan Aktifnya Ramah Lingkungan

Menggunakan deterjen yang ramah lingkungan artinya Anda sudah turut serta berkontribusi dalam menjaga keseimbangan alam. Untuk itu, Anda harus cermat dalam memperhatikan kemasan deterjen untuk melihat bahan aktif apa saja yang digunakan. Pastikan bahan-bahan tersebut tidak mencemari lingkungan.

Hindari kandungan fosfat pada deterjen. Meski meningkatkan efektivitas surfaktan, fosfat mengurangi oksigen yang merusak pertumbuhan alga. Perhatikan juga kandungan NaOH pada deterjen. Sebisa mungkin pilih deterjen dengan kadar NaOH paling rendah untuk mengurangi sensasi panas di tangan ketika kontak langsung dengan deterjen.

Anda juga bisa memilih deterjen dengan busa yang sedikit dan mudah dibilas. Pasalnya, busa deterjen berpotensi mengurangi kadar oksigen dalam air. Deterjen dengan busa yang banyak juga membutuhkan air yang lebih banyak untuk membilasnya. Dengan memilih deterjen yang busanya sedikit dan mudah dibilas, Anda akan menghemat air.

Pilih Deterjen dengan Kelebihan yang Paling Anda Butuhkan

Untuk hasil cucian yang lebih baik dan proses mencuci yang lebih nyaman, ada baiknya Anda memilih deterjen dengan fungsi tambahan. Anda bisa memilih deterjen yang dilengkapi dengan pelembut, pewangi, antibakteri, serta berlabel hypoallergenic.

Pakaian Lebih Lembut dan Wangi dengan Campuran Softener

Deterjen yang dilengkapi softener tidak hanya membuat pakaian Anda bersih, tetapi juga lebih lembut dan mudah disetrika. Kandungan softener dalam deterjen juga menjadikan pakaian tidak lecek saat dijemur dengan wangi yang tahan lama.

Membeli deterjen yang sudah dilengkapi softener tentu lebih praktis dan hemat daripada Anda harus membeli deterjen dan softener secara terpisah.

Basmi Bau Apek dengan Deterjen yang Mengandung Bahan Antibakteri

Selain kandungan softener, Anda juga bisa memilih deterjen yang mengandung bahan aktibakteri. Bahan ini mampu melawan bakteri penyebab bau tak sedap pada pakaian yang timbul saat pakaian dijemur dengan cahaya dan panas yang minim. Di musim penghujan, deterjen ini pas digunakan.

Untuk Kulit Sensitif, Pilih yang Lembut di Kulit dan Berlabel Hypoallergenic

Tidak sedikit orang yang memiliki kulit sensitif terhadap deterjen. Apabila Anda salah satunya, pastikan untuk memilih deterjen yang lembut dengan label hypoallergenic. Dengan memilih deterjen yang hypoallergenic, Anda akan merasa lebih nyaman saat mencuci tanpa khawatir reaksi alergi.

Jika Anda memiliki bayi, pastikan juga Anda menggunakan deterjen hypoallergenic untuk mencuci pakaian bayi Anda. Kulit bayi yang sensitif rawan mengalami gatal dan kemerahan akibat residu deterjen yang tertinggal di pakaian.

Pilihlah Karakteristik Aroma sesuai Selera Anda

Selain memilih berdasarkan keampuhannya dalam membersihkan pakaian, Anda juga bisa memilih deterjen yang dapat menjadikan pakaian wangi dengan aroma yang Anda sukai.

Anda dapat memilih aroma buah dan bunga yang lembut dan menyegarkan, atau aroma parfum yang menenangkan dan memberi kesan mewah.

Bagi Pengguna Mesin Cuci, Sebaiknya Gunakan Deterjen Khusus Mesin Cuci

Jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci, pilihlah deterjen yang diformulasikan khusus untuk mesin cuci. Hal ini penting untuk menjaga mesin cuci Anda tetap awet. Lazimnya, deterjen khusus mesin cuci diberi tambahan istilah matic pada nama produknya.

Sesuaikan juga jenis deterjen matic dengan jenis mesin cuci yang Anda miliki. Mesin cuci bukaan depan (front loading) dan mesin cuci bukaan atas (top loading) memiliki sistem kerja yang berbeda. Mesin cuci bukaan depan memiliki banyak sensor dan berputar menggulingkan pakaian di dalam tabung dari satu sisi ke sisi lainnya.

Untuk itu, deterjen matic untuk mesin cuci bukaan depan memiliki busa sedikit untuk melindungi sensor-sensor pada mesin. Selain itu, busa sedikit juga membuat putaran mesin lebih maksimal. Sedangkan mesin cuci bukaan atas tidak memiliki banyak sensor sehingga tidak begitu masalah apabila Anda menggunakan deterjen berbusa banyak.

10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik

Setelah menyimak cara memilih deterjen, kini saatnya Anda memilih produk dari sepuluh deterjen yang kami rekomendasikan berikut. Pastikan Anda memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. Rinso Molto Rose Fresh Detergen Bubuk

Sumber: Rinso.com

Hemat air dengan busa yang lebih cepat hilang

Diformulasikan dengan teknologi SmartFoam, deterjen bubuk dari Rinso ini dapat menghemat air bilasan hingga 50% dengan busa yang cepat hilang. Tidak hanya itu, Rinso Plus Molto Antinoda Bubuk juga cepat menghilangkan noda membandel pada pakaian Anda hanya dengan sekali kucek.

Deterjen ini sudah mengandung softener untuk membuat pakaian Anda lebih lembut dan mudah disetrika. Kesegaran aroma mawar dan stroberinya juga akan menjadikan pakaian Anda tetap wangi yang tahan hingga 21 hari. Meski berupa bubuk, produk ini tidak meninggalkan residu!

BentukBubuk
Kandungan bahanAntinoda, pelembut, dan pewangi pakaian
AromaRose dan strawberry
Ukuran1,8 kg
Kisaran hargaRp35.800

2. Attack Hygiene Plus Protection Liquid

Sumber: Kao.com

Deterjen matic yang melindungi pakaian dari kuman dan bau apek

Bagi Anda yang menggunakan mesin cuci, Attack Hygiene Plus Protection Liquid bisa menjadi pilihan. Deterjen matic ini cocok untuk semua jenis mesin cuci. Konsentrat tingginya mudah larut hingga ke serat kain dan tidak meninggalkan sisa deterjen pada mesin cuci.

Yang menarik dari produk ini adalah formula antikuman dan antibau yang dimilikinya. Formula ini mencegah pertumbuhan kuman penyebab bau pada pakaian sejak proses perendaman. Kekuatan antibaunya melawan bau air rendaman, bau apek, serta bau keringat pada pakaian Anda. Selain mencegah bau, deterjen ini juga menjadikan pakaian lebih higienis.

BentukCair
Kandungan bahanSurfaktan, antikuman, antibau, dan antinoda
AromaTidak disebutkan
Ukuran1.200 mL
Kisaran hargaRp33.700

3. So Klin Biomatic

Warna pakaian tetap cemerlang dan kulit bebas iritasi

Deterjen lain yang bisa Anda pilih untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci yaitu So Klin Biomatic. Deterjen bubuk ini hadir dalam dua varian yakni So Klin Biomatic Blue untuk mesin cuci front load dan So Klin Biomatic Green untuk mesin cuci top loading.

Formula Bio-Enzyme pada deterjen ini efektif mengangkat noda sekaligus merawat serat kain. Sementara itu, teknologi color-guard dan bright activator-nya membuat warna pakaian Anda tetap cemerlang. Produk ini juga melindungi kulit dari alergi dan bebas iritasi, cocok untuk Anda yang berkulit sensitif!

BentukBubuk
Kandungan bahanEnzim, antibakteri, antinoda, dan aktivator bahan pemutih
AromaTidak diketahui
Ukuran1 kg
Kisaran hargaRp26.000

4. Sleek Baby Laundry Detergent

Formulasi khusus untuk mencuci pakaian bayi

Kulit bayi yang sensitif amat rentan terhadap alergi seperti gatal dan kemerahan akibat residu deterjen yang tertinggal pada pakaian. Oleh karena itu, Anda membutuhkan deterjen dengan formula yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi untuk mencuci pakaian bayi Anda.

Sleek Baby Laundry Detergent adalah deterjen khusus pakaian bayi dengan natural plant extract yang tidak hanya efektif menghilangkan noda, tetapi juga menjaga pakaian bayi tetap lembut. Deterjen ini sudah teruji secara dermatologis dan bebas paraben sehingga sangat aman untuk kulit bayi Anda.

BentukCair
Kandungan bahanNatural plant extract, antinoda, dan pelembut
AromaNatural yang segar dan lembut
Ukuran1.200 mL
Kisaran hargaRp56.800

5. Daia Putih

Sumber: Shopee.co.id

Mengandung ekstrak pemutih dengan wangi tahan lama

Pakaian putih membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tetap cemerlang. Daia Putih dilengkapi dengan ekstrak pemutih yang akan merawat warna putih pada pakaian Anda.

Deterjen bubuk ini juga memberikan wangi yang tahan lama pada pakaian serta lembut di tangan. Bila Anda menyukai sensasi busa pada proses pencucian, Daia Putih menawarkan busa melimpah untuk meningkatkan efektivitas pembersihan noda.

BentukBubuk
Kandungan bahanEkstrak pemutih
AromaTidak disebutkan
Ukuran850 gr
Kisaran hargaRp15.200

6. Molto Deterjent Sparkling Purple

Sumber: Molto.co.id

Membersihkan sekaligus merawat serat pakaian

Tidak seperti deterjen lainnya, deterjen keluaran Molto ini dilengkapi dengan teknologi baru Active Care yang merawat serta memperbaiki serat pakaian. Pakaian Anda pun terlindungi dari tanda-tanda penuaan!

Deterjen ini menjadikan pakaian Anda selalu tampak seperti baru meski sudah dicuci berulang-ulang. Pakaian bersih, wangi, lembut, dan tetap terjaga bentuk dan warnanya hanya dengan satu produk. Molto Detergent Sparkling Purple juga dapat digunakan untuk mesin cuci maupun mencuci dengan tangan.

BentukCair
Kandungan bahanPelembut dan pewangi pakaian
AromaWangi parfum Perancis
Ukuran700 mL
Kisaran hargaRp17.000

7. Rinso Matic Deterjen Cair Bukaan Atas

Sumber: Rinso.com

Tiga kali lebih efektif menghilangkan noda

Apabila Anda mencuci pakaian menggunakan mesin cuci bukaan atas, Anda membutuhkan deterjen yang lebih ampuh menghilangkan noda. Sebab, noda membandel pada pakaian kadang sulit dihilangkan saat dicuci menggunakan mesin. Rinso Matic Deterjen Cair Bukaan Atas bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

Formula produk ini tiga kali lebih efektif menghilangkan noda pada pakaian yang dicuci dengan mesin cuci top loading. Tidak hanya menghilangkan noda lebih efektif, deterjen cair ini juga tidak meninggalkan residu pada mesin cuci sehingga mesin cuci Anda lebih awet.

BentukCair
Kandungan bahanFormula rendah busa dan antinoda
AromaPink rose, jasmine, dan peach
Ukuran1.600 mL
Kisaran hargaRp45.200

8. Boom Deterjen

Bahan yang ramah lingkungan dengan harga terjangkau

Untuk Anda yang sedang mencari deterjen berkualitas tetapi budget sedang tipis, Anda bisa mencoba deterjen Boom. Jangan salah, meski harganya relatif murah, bahan surfaktan deterjen ini diklaim ramah lingkungan. Jadi, Anda bisa mencuci tanpa perlu khawatir akan mencemari biota.

Boom Deterjen tersedia dalam dua aroma yakni aroma bunga dan aroma jeruk nipis yang segar. Selain itu, ada pula varian Boom Putih untuk menjaga baju putih Anda tetap cemerlang. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan pakaian yang bersih, wangi, tangan tetap lembut, kelestarian lingkungan pun terjaga!

BentukBubuk
Kandungan bahanAntinoda, pelembut, dan parfum beraroma bunga
AromaFloral freshness
Ukuran350 gr
Kisaran hargaRp5.400

9. Attack Batik Care

Sumber: Kao.com

Melindungi kain halus dari kerusakan

Jenis-jenis kain tertentu seperti batik halus, kebaya, kaftan, sutra, dan sebagainya membutuhkan perawatan lebih daripada kain biasa. Kesalahan dalam proses mencuci bisa membuat pakaian kesayangan Anda berkerut, berbulu, dan kehilangan keindahannya.

Untuk merawat pakaian dengan bahan-bahan seperti ini, Attack Batik Care bisa Anda pilih sebagai deterjen saat mencucinya. Anda bisa mencuci pakaian Anda sendiri di rumah tanpa khawatir akan merusaknya. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi pergi ke laundry. Lebih hemat, bukan?

BentukCair
Kandungan bahanLauryl ether sulfate, alkyl polyglucoside
AromaSegar
Ukuran500 mL
Kisaran hargaRp24.700

10. B29 Water Solutions

Efektif membersihkan di segala jenis air

Kondisi air di suatu lingkungan tidak selalu baik. Jika Anda tinggal di lingkungan yang jenis airnya kurang ideal untuk mencuci, jangan cemas.  B29 Water Solutions bisa menjadi deterjen pilihan untuk Anda!

Kandungan zeolite dan emal di dalam deterjen ini mampu mengikat logam pada air sadah. Sementara itu, formula ActiFoam membuatnya tetap berbusa di segala kondisi air sehingga tetap bisa membersihkan pakaian secara maksimal. Tak hanya bersih, pakaian Anda juga menjadi bebas bakteri dan wangi segar tahan lama.

BentukBubuk
Kandungan bahanAntinoda, antibakteri, dan pencegah warna pakaian kusam dan menguning
AromaSegar
Ukuran777 gr
Kisaran hargaRp16.000

Kesimpulan

Penting sekali untuk memilih deterjen yang tepat agar hasil cucian menjadi maksimal. Memilih deterjen juga sebaiknya disesuaikan dengan kenyamanan Anda dan cara Anda mencuci.

Dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan di atas, Anda bisa menentukan mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Semoga artikel ini memudahkan Anda yang sedang kebingungan memilih deterjen. Selamat menentukan pilihan!

(Visited 350 times, 2 visits today)