Written by 07:40 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Terbaik yang Harum Tahan Lama

Downy Anti Bau

Pewangi pakaian merujuk pada dua produk, yaitu pelembut pakaian (softener) dan pelicin pakaian. Di Indonesia, kita bisa menemukan merek-merek pewangi pakaian seperti Downy, Molto, Attack, SoKlim, dan bahkan My Baby. Mungkin dari Anda masih banyak yang belum memahami perbedaan dari pelembut dan pelicin pakaian?

Tenang saja, pada ulasan ini kami akan menjelaskan perbedaan dari kedua jenis pewangi pakaian tersebut. Sebelum menentukan salah satu pewangi pakaian yang harum tahan lama, pastikan Anda menyimak juga bagian tips memilih pewangi pakaian. Mari menjelajahi untuk mendapatkan informasi lebih detail untuk temukan pewangi pakaian terbaik!

Kenali Dua Jenis Pewangi Pakaian yang Umum Digunakan

Kenali Dua Jenis Pewangi Pakaian yang Umum Digunakan

Dua jenis pewangi pakaian yang dimaksud adalah produk pelembut dan pelicin pakaian. Bagaimana perbedaannya?

  • Pelembut Pakaian. Jenis pewangi pakaian satu ini bertujuan untuk mengharumkan dan melembutkan bahan pakaian sekaligus. Pelembut pakaian merupakan cairan pelembut yang dituang ke dalam rendaman pakaian sebagai formula yang mudah larut dan menyatu bersama air. Penuangannya dilakukan setelah pakaian sudah selesai dicuci dan dibilas.
  • Pelicin Pakaian. Untuk jenis pewangi pakaian ini merujuk pada produk cairan yang disemprotkan ke pakaian sebelum di setrika. Pelicin pakaian, sesuai namanya, berperan untuk memudahkan proses menyetrika, sehingga pakaian lebih licin guna mendapatkan hasil setrika yang rapi. Bedanya dari pelembut pakaian, pelicin pakaian tidak bisa melembutkan serat kain, tetapi hanya menyematkan wewangian saja.

Jadi, dua jenis pewangi pakaian di pasaran, yaitu pelembut dan pelicin mempunyai fungsi yang tidak sepenuhnya berbeda, karena memiliki kesamaan yakni memiliki wewangian untuk membaut pakaian senantiasa harum semerbak selama digunakan.

Cara Memilih Pewangi Pakaian

Penggunaan softener sebagai pewangi pakaian dapat membuat harum semerbak bertahan lebih lama, dan tingkat keharumannya pun lebih intens. Meski demikian, pemakaian pelicin pakaian juga bisa memelihara aroma yang dipancarkan oleh pakaian yang disemprotkan olehnya.

Masing-masing memiliki keunggulan dan bisa dibilang saling melengkapi, oleh karenanya mari Anda pilih produk dengan mengutamakan kebutuhan dan memeriksa keharuman serta intensitas aromanya. Apalagi pewangi pakaian untuk bayi, Anda tidak boleh memilihnya sembarangan. Bagaimana caranya? Ulasan selengkapnya ada di bawah ini!

Pilih Produk Sesuai dengan Jenis dan Tujuan Penggunaan

Baik yang disemprot ataupun direndam, keduanya akan membantu Anda mendapatkan pakaian wangi dan terasa segar ketika dihirup. Meski setiap jenis menghasilkan efek kerja yang tak jauh berbeda, sebaiknya Anda pilih berdasarkan tujuannya.

Pelembut Pakaian: Efek Keharuman Instan sekaligus Melembutkan Bahan Kain

Pelembut Pakaian Efek Keharuman Instan Sekaligus Melembutkan Bahan Kain

Pengharum pakaian tipe pelembut ini digunakan dengan cara dilarutkan ke dalam air sehabis proses pencucian dan pembilasan. Menengok rekam jejak produk pelembut pakaian, hasil cucian bisa lebih wangi ketimbang hanya menggunakan produk pelicin pakaian. Efek keharuman yang ditimbulkan juga lebih instan, namun bisa bertahan lama, termasuk menjaga kelembutan bahan kain.

Di samping itu, pelembut pakaian juga cocok untuk Anda yang sering terburu-buru dan tidak punya banyak waktu mempersiapkan pakaian. Karena baju dan celana sudah direndam bersama pelembut yang sekaligus mewangikan pakaian, Anda tidak repot lagi menyemprot pelicin ketika menyetrika. Walau tidak menggunakan pelicin, proses menyetrika tetap bisa dilakukan, dan pakaian dijamin sudah wangi!

Pelicin Pakaian: Cukup Semprot, Pakaian Licin dan Menyetrika Menjadi Lebih Mudah

Pelicin Pakaian Cukup Semprot Pakaian Licin dan Menyetrika Menjadi Lebih Mudah

Untuk Anda yang berharap mendapatkan hasil optimal, tentu ingin menyetrika dengan mudah sehingga kerapian pakaian terasa maksimal. Pelicin pakaian akan membantu proses menyetrika di mana pakaian yang disemprot bukan hanya wangi, tetapi juga lebih licin ketika disetrika.

Namun, produk pelicin berbentuk spray tidak menawarkan wangi yang tahan lama, sehingga perlu dipertimbangkan kembali untuk melakukan perendaman pakaian bersama softener. Jika Anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya selalu membiasakan menggabungkan penggunaan softener sehabis pencucian, lalu saat menyetrika dilengkapi oleh pelicin pakaian.

Pilih Aroma Pewangi Pakaian yang Anda Suka

Pilih Aroma Pewangi Pakaian yang Anda Suka

Pewangi pakaian, dalam hal ini adalah produk pelembut (softener), umumnya menawarkan aroma yang beragam. Aroma aquatic misalnya, jenis keharuman yang ditebarkan bersifat menyegarkan seperti suasana pantai. Sehabis mandi lalu mengenakan pakaian yang direndam dengan softener beraroma aquatic akan membuat Anda lebih bersemangat.

Bentuk kesegaran lain juga bisa diperoleh dengan menggunakan pewangi pakaian beraroma citrus, seperti yang mengandung buah lemon atau jeruk. Namun, bagi Anda yang menginginkan aroma lembut sepanjang hari layaknya pakaian laundry, pilihlah pewangi pakaian dengan aroma floral bunga-bungaan, bisa itu jasmine, lavender, dan lily.

Pertimbangkan Produk yang Mengantongi Kandungan Anti Bau dan Anti Bakteri

Pertimbangkan Produk yang Mengantongi Kandungan Anti Bau dan Anti Bakteri

Belakangan ini, produk pewangi pakaian telah dibekali kandungan aktif untuk menangkal pertumbuhan bakteri, seperti staphylococcus aureus dan klebsiella pneumoniae. Buat Anda yang berupaya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sangat perlu memilih produk semacam ini agar perlengkapan rumah tangga, termasuk pakaian yang berbahan kain terjaga kehigienisannya.

Kuman dan bakteri yang menempel pada baju, celana, jaket, dan jenis pakaian lain haruslah dibasmi dan dibersihkan ketika proses pencucian. Oleh karena itu, pewangi pakaian yang mengandung bahan aktif anti bakteri sangat dianjurkan, terutama dalam mengurangi risiko kontaminasi beraneka macam bakteri patogen. Bahan aktif tersebut juga dapat mencegah bau tak sedap yang menandakan pakaian terhindar dari pertumbuhan kuman.

Pilih yang Tidak Memicu Efek Listrik Statis pada Serat Kain

Pilih yang Tidak Memicu Efek Listrik Statis pada Serat Kain

Tidak jarang produk pewangi pakaian dalam bentuk konsentrat softener menghasilkan efek listrik statis pada serat kain. Hal ini dapat menyebabkan partikel-partikel debu atau serbuk sari menempel pada pakaian, sehingga berujung pada masalah bagi orang yang memiliki alergi rhinitis (hay fever).

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang memiliki alergi tersebut, pilihlah produk pelembut yang tidak menimbulkan efek listrik statis pada bahan pakaian. Selain dipakai dengan cara dilarutkan, Anda juga bisa menggunakan pelembut pakaian ini untuk disemprot pada tirai, sofa, karpet, dan furnitur rumah tangga lain untuk menghindari debu atau serbuk sari menempel di permukaan.

Pertimbangkan Intensitas Aroma yang Rendah untuk Mencuci Pakaian Bayi

Pertimbangkan Intensitas Aroma yang Rendah untuk Mencuci Pakaian Bayi

Bagi yang memiliki bayi, sebaiknya pisahkan penggunaan pewangi pakaian untuk orang dewasa dan anak bayi. Alasannya, kulit bayi masih sangat sensitif sehingga rentan menimbulkan iritasi pada kulitnya. Upayakan membeli produk yang dikhususkan untuk bayi, dan perhatikanlah kandungan yang digunakan agar kulit bayi terhindar dari iritasi dan terjaga kesehatannya.

Salah satu bahan yang biasa ditemukan pada pewangi pakaian adalah surfaktan. Bahan kimia ini sebaiknya dihindari apabila Anda hendak menggunakannya untuk pakaian bayi. Sekarang ini, tidaklah sulit mendapatkan pewangi pakaian yang dibuat khusus untuk bayi. Beberapa merek seperti My Baby bisa Anda pilih, atau merek lain yang sudah terjamin aman untuk bayi.

10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Terbaik yang Baunya Enak dan Aman untuk Bayi

Sekarang, Anda akan melihat sepuluh merek pewangi pakaian terbaik di Indonesia. Produk pilihan kami berikut diambil dengan mengecek review atau ulasan-ulasan positif dari pengguna. Tengok kembali poin-poin cara memilih sebagai acuan untuk Anda supaya tidak keliru menentukan produk. Selamat memilih!

1. Molto Ultra Anti Bakteri

Molto Ultra Anti Bakteri

Berbekal kandungan bahan aktif Active Shield untuk menangkal pertumbuhan bakteri pada serat kain

Molto Ultra Anti Bakteri dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin mengadopsi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam keseharian. Setiap pakaian yang dicuci tak hanya memperoleh wewangian semerbak, melainkan juga lembut dan dipastikan bersih dari pertumbuhan kuman.

Menggunakan pewangi pakaian dari Molto akan memaksimalkan pembersihan, yakni dari kotoran dan bakteri dari serat kain. Produk yang ditawarkan oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. ini mengandung formula bahan aktif Active Shield yang peranannya bakal menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit pada pakaian.

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran800 ml
Kisaran hargaRp21.000

2. My Baby Fabric Softener Plus Ironing Aid Soft & Gentle

My Baby Fabric Softener Plus Ironing Aid Soft Gentle

Hadir dengan formula khusus yang aman untuk pakaian dan kulit sensitif bayi

Keharuman pada pakaian si kecil dapat Anda raih dengan menuangkan softener dari My Baby satu ini. Dibuat khusus sebagai pewangi pakaian untuk bayi, kandungan antibacterial power di dalamnya mampu membunuh kuman dan jamur di serat pakaian.

Aroma soft dan gentle pada pengharum pakaian ini pasti disukai buah hati Anda. Selain mengandalkan formula anti bakteri, My Baby juga menambahkan kandungan conditioner untuk memudahkan proses menyetrika. Mencuci pakaian sering-sering tidak akan memudarkan warna kain, sebab My Baby menyertakan formula color brightness untuk menjaga warna baju tetap cerah.

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran1.500 ml
Kisaran hargaRp27.000

3. Downy Parfum Collection Mystique

Downy Parfum Collection Mystique

Keharuman aroma floral dan buah-buahan yang mewujudkan kesan anggun dan sensual

Merek pewangi pakaian Downy tentu sudah familiar di telinga Anda, bukan? Salah satu variannya, Parfum Collection Mystique, hadir menawarkan perpaduan wangi amber, buah, dan floral. Baik varian Mystique ataupun yang lain, masing-masing menyuguhkan ketahanan aroma yang cukup lama.

Downy merancang pengharum pakaian ini dalam dua kemasan, yaitu kemasan sachet dan botol. Satu sachet-nya bisa dipakai untuk 15 – 20 potong pakaian, sedangkan 2 sachet mampu mengharumkan muatan pakaian pada mesin cuci hingga 52 liter air.

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran800 ml
Kisaran hargaRp32.000

4. Molto Eau de Parfum Black Red Luxurious

Molto Eau de Parfum Black Red Luxurious

Sebarkan keharuman pakaian tanpa perlu memakai parfum!

Selain terkenal akan Ultra Anti Bakteri, Molto juga merilis pewangi pakaian varian lain, yakni Eau de Parfum Black Red Luxurious. Untuk yang satu ini, Molto menggabungkan keharuman bunga Perancis dengan teknologi Air Activated Parfum, sehingga saat pakaian bersentuhan dengan udara, teknologi ini akan melepaskan keharuman ke area sekitar Anda.

Di samping mencatutkan teknologi pelepasan aroma parfum yang mewah, produk dari Molto berikut juga menjamin warna pakaian tetap cerah. Selain itu, serat kain pakaian tetap lembut dan halus meski berulang kali dicuci. Apabila Anda mendambakan keharuman yang terkunci lama dengan serat halus pakaian, Molto Black Red Luxurious solusinya!

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran800 ml
Kisaran hargaRp35.000

5. SoKlin Softener Mystical Tokyo

SoKlin Softener Mystical Tokyo

Menjadikan serat kain lembut dan halus saat mengenai kulit

Jika Anda menyukai serat pakaian yang lembut dan halus, pastikan untuk memakai pewangi pakaian yang bersifat melembutkan. SoKlin Softener Mystical Tokyo muncul dalam kemasan refill pouch, cocok untuk Anda yang ingin berhemat. Apalagi, harga jualnya termasuk murah karena tak sampai puluhan ribu.

Dengan kelembutan wangi sensual Tokyo, produk satu ini dapat menjaga mood Anda selama menjalani hari. Bersama teknologi Perfume Booster yang tersemat, setiap helai kain akan wangi awet. Satu lagi, pewangi pakaian SoKlin ini dijamin tidak merusak serat pakaian.

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran900 ml
Kisaran hargaRp13.500

6. Downy Plus Collection Anti Apek

Downy Plus Collection Anti Apek

Dapat menghilangkan bau apek pada pakaian, termasuk kaos kaki!

Masih bersama Downy, kali ini kami rekomendasikan seri Anti Apek pada edisi Plus Collection-nya. Pada varian ini, di dalam konsentratnya tersedia formula khusus untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman yang menimbulkan bau tidak sedap pada pakaian.

Wangi segar yang tahan lama hadir berkat penggunaan ekstrak bunga melati dan lily. Bahkan, aroma tersebut mampu bertahan hingga amlam hari. Selain melembutkan dan membuat pakaian wangi, Downy Plus Collection Anti Apek juga menjadikan kain lebih mudah disetrika.

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran720 ml
Kisaran hargaRp30.500

7. SoKlin Rapika Green Meadow Anti Jamur & Anti Bau

SoKlin Rapika Green Meadow Anti Jamur Anti Bau

Hadirkan keharuman menyegarkan yang tahan lama

Mudah didapatkan di toko-toko terdekat menjadi alasan banyak orang setia memakai pelicin pakaian ini. SoKlin Rapika Green Meadow dilengkapi fitur fast smoothing action  yang mengirimkan partikel kecil secara merata untuk memudahkan proses menyetrika.

Mengandung formula khusus untuk mencegah pertumbuhan jamur pada pakaian saat disimpan di dalam lemari. Pakaian bukan sebatas segar, awet, wangi, dan tentunya rapi dibuatnya, tetapi juga bebas dari bercak pada pakaian. Kelebihan lainnya, pewangi pakaian berbentuk pelicin ini dilengkapi formula anti bau!

Jenis produkPelicin pakaian
Ukuran400 ml
Kisaran hargaRp8.000

8. Attack Fresh Up Sakura Blossom

Attack Fresh Up Sakura Blossom

Lindungi pakaian dari pertumbuhan kuman penyebab bau yang 10x lebih efektif dibandingkan konsentrat lain!

Sebagai salah satu brand terkemuka, Attack tidak mau ketinggalan dengan merek lain. Bersama Fresh Up Sakura Blossom, pewangi pakaian konsentrat ini akan melindungi serat kain dari pertumbuhan kuman bau. Tidak hanya menjadikan pakaian lembut, Attack juga memastikan pakaian Anda memancarkan wangi bunga sakura atau lilac yang tahan hingga 48 jam setelah dipakai.

Teknologi pelepas wangi segar yang tahan lama ini membuat hari-hari Anda tidak menjemukan. Apalagi, serat kain yang terjaga kelembutannya akan nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Attack Fresh Up Sakura Blossom hadir dalam kemasan pouch dan sachet, serta varian Sakura Blossom dan Dazzling Lilac yang menggoda.

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran800 ml
Kisaran hargaRp65.000

9. Downy Anti Bau

Downy Anti Bau

Kombinasi formula yang mengharumkan dan melembutkan pakaian lebih lama

Dikenal juga dengan Downy Anti Bacteria, pewangi pakaian berkemasan warna biru ini memiliki kapsul mikro-parfum. Formulasi kandungan berikut membuat pakaian Anda tetap lembut sepanjang hari. Mengadopsi sistem pelepasan wangi parfum secara perlahan, tubuh Anda yang berkeringat bakal terhindar dari bau berkat keunggulannya ini.

Di samping itu, larutan pelembut dan pewangi pakaian Downy Anti Bau juga memastikan proteksi optimal dalam menciptakan lingkungan bebas bakteri pada serat pakaian. Teknologi Freshness Bubbles-nya membuat pakaian yang direndam semakin harum dan bertahan lama!

Jenis produkPelembut pakaian
Ukuran800 ml
Kisaran hargaRp25.000

10. Kispray Fine Perfume Glamorous Gold

Kispray Fine Perfume Glamorous Gold

Formula 3 in 1 yang mempermudah pekerjaan menyetrika Anda

Terobosan mengesankan dari Kispray berhasil menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, dalam satu produk ini, terkandung 3 formula utama yang memungkinkannya dipakai untuk melincinkan, mewangikan, dan melembutkan pakaian!

Mengandung antiseptik aktif, yaitu alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride, kandungan tersebut bekerja efektif mengatasi kuman yang menjadi pemicu bau apek dan kemunculan jamur atau zat parasit pada pakaian. Buat Anda yang tidak sempat merendam pakaian, cukup setrika pakaian Anda dan semprotkan pelicin Kispray ini, kegiatan menyetrika menjadi mudah, pakaian pun lebih rapi dan harum.

Jenis produkPelicin pakaian
Ukuran300 ml
Kisaran hargaRp10.000

Kesimpulan

Bau tak sedap, bakteri yang tertinggal, dan tekstur tidak nyaman pada pakaian akan teratasi dengan penggunaan pewangi pakaian yang bagus dan berkualitas. Untuk memperoleh hasil cucian yang halus dan lembut, gunakanlah produk dengan mengikuti takaran yang dianjurkan. Jangan gunakan secara berlebihan karena sama saja melakukan pemborosan yang tak diperlukan.

Kemudian, bagi Anda yang menerapkan pelembut pakaian, ingatlah untuk tidak menuangkannya bersama deterjen karena tidak akan memberikan efek signifikan. Lakukanlah secara terpisah, dan proses penuangan softener di akhir, sehingga pakaian yang sudah bersih akan dibantu menjadi harum segar oleh pewangi pakaian berbentuk softener.

(Visited 3.429 times, 1 visits today)