Perlengkapan Rumah Tangga

10 Deterjen Pakaian Terbaik untuk Bayi, Aman bagi Kulitnya

Pakaian bayi sering kotor akibat noda makanan, susu, muntahan, dan sebagainya. Agar bayi Anda selalu bersih dan merasa nyaman, pakaiannya harus sering diganti dan dicuci. Karena kulit bayi halus dan sensitif, Anda perlu menggunakan deterjen khusus yang membuat pakaian bayi bersih dan lembut, serta aman untuk kulitnya.

Anda bisa menggunakan berbagai deterjen pakaian bayi, seperti Zwitsal, Sleek, Cussons, dan sebagainya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih produk yang paling cocok untuk Anda dan si kecil. Untuk itu, simak cara memilih dan rekomendasi deterjen pakaian bayi berikut ini, yuk!

Mengapa Deterjen untuk Pakaian Bayi Harus Berbeda?

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda perlu memakai deterjen khusus untuk pakaian bayi dan menghindari pemakaian deterjen biasa:

  • Deterjen biasa cenderung menggunakan bahan kimia keras (termasuk pewarna dan pewangi sintetis), karena itu tidak cocok untuk kulit bayi yang halus dan lembut.
  • Deterjen biasa bisa meninggalkan residu pada kain, yang bisa menyebabkan panas dan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.
  • Pakaian bayi cenderung membutuhkan penanganan khusus agar noda hilang dan kelembutannya tetap dipertahankan.

Cara Memilih Deterjen untuk Pakaian Bayi

Memilih deterjen untuk pakaian bayi tidak bisa sembarangan agar tidak menimbulkan efek yang buruk pada bayi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih deterjen pakaian bayi. Simak uraiannya di bawah ini!

Pilih Berdasarkan Jenisnya, Cair atau Bubuk

blank

Sebagian besar deterjen bayi hadir dalam bentuk cair. Karena mudah larut dan tidak meninggalkan residu pada kain, deterjen cair lebih mudah digunakan dan cenderung tidak menyebabkan iritasi.

Sebaliknya, deterjen bubuk lebih sulit larut dalam air dan sering menggumpal jika dipakai pada mesin cuci. Hal ini bisa meninggalkan residu pada kain dan menyebabkan reaksi alergi pada bayi. Meski deterjen bubuk lebih unggul karena sifat pembersihannya yang tinggi, namun Anda tetap perlu menghindari risiko yang akan terjadi pada kulit bayi Anda.

Lihat dari Label atau Komposisi Bahannya

Saat memilih produk, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan label atau komposisi bahan yang ada pada kemasannya. Hal ini untuk mengetahui apakah produk tersebut menggunakan bahan yang aman atau berbahaya.

Pilih Deterjen yang Lembut dan Ramah Bayi

blank

Karena begitu halus dan sensitif, kulit bayi cenderung rentan terhadap goresan dan dapat dengan mudah mengalami iritasi, ruam, eksim, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, pakaian bayi harus bersih dan selembut mungkin agar aman untuk kulit si kecil. Jadi, pilihlah deterjen yang mampu menghilangkan noda dan kuman pada pakaian bayi, sekaligus yang memiliki pelembut kain.

Hindari Deterjen yang Mengandung Bahan Kimia Berbahaya, seperti Surfaktan, Pemutih, Enzim, dll

blank

Residu dari beberapa bahan kimia seperti surfaktan dan pemutih bisa berbahaya bagi bayi. Dalam memilih deterjen pakaian bayi, sebaiknya Anda memilih yang mengandung sedikit bahan kimia.

Untuk alternatif, pilihlah deterjen yang diperkaya dengan bahan-bahan alami, seperti ekstrak aloe vera, lavender, tea tree, atau decyl glucoside.

Jika Perlu, Pilih Deterjen yang Bebas Pewangi

blank

Bila Anda menggunakan deterjen yang mengandung pewangi, wewangian itu akan tertinggal di pakaian. Pakaian harum memang menyenangkan, namun pengharum bisa berdampak buruk bagi bayi karena penciuman bayi cenderung lebih sensitif.

Guna menghindari iritasi kulit atau alergi pada bayi, pilihlah deterjen yang bebas pewangi atau memiliki lebih sedikit wewangian dan bebas alergen. Jika bayi sudah beranjak dewasa dan tidak memiliki riwayat alergi, Anda bisa menggunakan dan memperkenalkan wewangian yang lembut.

Pilih Deterjen yang Hypoallergenic atau Teruji Dermatologi

blank

Untuk meminimalisir kemungkinan iritasi dan alergi, sebaiknya Anda memilih deterjen yang hypoallergenic atau sudah teruji oleh dokter kulit (dermatologist). Memilih deterjen yang bebas alergi adalah opsi yang tepat, karena Anda tidak pernah tahu alergi apa yang dimiliki si kecil.

Pilih Deterjen yang Kompatibel dengan Mesin Cuci

blank

Pastikan Anda memilih deterjen bayi yang dapat digunakan di mesin cuci dengan simbol HE pada kemasannya. Deterjen ini dapat menyebar dengan cepat di dalam mesin dan membersihkan pakaian secara efisien.

Sebagian besar deterjen yang kompatibel dengan mesin cuci tidak menghasilkan banyak busa, sebab busa dapat merusak sensor mesin cuci.

Pilih Deterjen dengan Kemasan Refill supaya Lebih Murah dan Ramah Lingkungan

blank

Sebagian besar deterjen, khususnya yang cair, hadir dalam botol plastik yang cukup tahan lama dan bisa diisi ulang. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat lebih banyak uang untuk pembelian berikutnya. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi sampah botol plastik.

10 Rekomendasi Deterjen Terbaik untuk Pakaian Bayi

Berikut ini adalah rekomendasi deterjen pakaian bayi terbaik yang telah kami kumpulkan agar Anda lebih mudah dalam memilih. Selamat berbelanja!

1. Zwitsal Baby Fabric Detergent

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Dengan aloe vera dan green tea, lembut dan aman untuk kulit bayi

Produk kebutuhan bayi merek Zwitsal telah terkenal dengan kualitasnya yang bermutu. Salah satu produknya yaitu Baby Fabric Detergent yang efektif membersihkan pakaian bayi dari noda organik.

Telah teruji dermatologi dan hypoallergenic, produk ini memiliki pH yang netral dan bebas paraben untuk meminimalisir reaksi alergi pada bayi. Deterjen ini diperkaya dengan aloe vera dan green tea sehingga lembut dan aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Surfaktan 16%, bahan additive 1.3%
Formula hypoallergenic Iya
Uji laboratorium Uji dermatologi dan bakteri (s.aureus, k.pneumoniae, e.coli, s.typhimurium, dan p.aeruginosa)
Kelebihan lain Bebas paraben dan fosfat, pH-nya netral
Bisa dicuci dengan mesin Tidak disebutkan
Kemasan Pouch (refill)
Isi 425 ml, 700 ml
Kisaran harga Rp13.300 – Rp21.400

2. Sleek Baby Laundry Detergent Botol

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mencegah bau apek dengan kandungan antibakteri dan antijamur

Saat musim hujan, pakaian yang telah dicuci kadang tidak cepat kering dan lembap. Untuk mencegah bau apek dan kuman pada pakaian bayi, gunakan Sleek Baby Laundry Detergent yang mengandung antibakteri dan antijamur, serta ekstrak tanaman alami.

Formulasi deterjen ini secara maksimal membersihkan sekaligus menjaga kelembutan dan kesegaran pakaian bayi. Telah lulus uji dermatologi mikrobiologi, produk ini efektif menghilangkan noda dan melindungi pakaian bayi dari kuman sehingga aman untuk kulit si kecil.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Anionic surfactant 17%, nonionic surfactant 6%, 2-hydroxy 4-4, dichlorodiphenyl ether 0.06%, thiabendazole 0.02%
Formula hypoallergenic Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji dermatologi dan mikrobiologi (e.coli, s.aureus, dan p.aeruginosa)
Kelebihan lain Tidak disebutkan
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Botol
Isi 500 ml, 1200 ml
Kisaran harga Rp41.400 – Rp78.400

3. Cussons Baby Liquid Detergent

blank

Sumber: Blibli.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Cocok untuk kulit sensitif bayi dan semua anggota keluarga

Tidak hanya bayi, terkadang ada anggota keluarga lain yang memiliki kulit sensitif, sehingga membutuhkan penanganan yang sama seperti bayi. Misalkan saat mencuci pakaian, Anda perlu menggunakan deterjen yang lembut dan aman, seperti deterjen untuk kulit bayi yang sensitif.

Cussons Baby Liquid Detergent merupakan solusi untuk membersihkan pakaian seluruh anggota keluarga yang memiliki kulit sensitif. Dengan pH seimbang dan tanpa zat pemutih, deterjen ini telah lulus uji dermatologi. Hasilnya, pakaian bersih bebas noda, lembut, wangi, dan bebas iritasi.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Sodium laureth sulfate 2.17%, alkyl polyglucoside 5.83%, chamomile extract 0.01%, lime extract 0.001%, MCT 0.0012%, dan MIT 0.0024%
Formula hypoallergenic Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji dermatologi dan bakteri (s.aureus dan p.aeruginosa)
Kelebihan lain Bebas dari zat pemutih, pH-nya seimbang, dan biodegradable (produk ramah lingkungan)
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Pouch, botol
Isi 700 ml, 750 ml
Kisaran harga Rp28.500 – Rp43.000

4. Pigeon Liquid Laundry Detergent

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Formulanya memudahkan Anda mencuci pakaian bayi secara efektif

Pakaian dan popok bayi kotor menumpuk? Cuci dengan Pigeon Liquid Laundry Detergent yang efektif membersihkan noda pakaian dan popok bayi. Formulasinya yang efektif memudahkan Anda untuk menghilangkan dan membilas noda dengan sedikit busa.

Bebas paraben dan bebas bakteri, deterjen cair ini telah teruji secara dermatologi sehingga aman dan lembut untuk pakaian dan kulit bayi bebas dari iritasi. Bisa digunakan untuk pencucian dengan tangan atau mesin cuci, kini mencuci pakaian dan popok bayi menjadi lebih mudah!

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Sodium lauryl ether sulfate, sodium chloride, coconut fatty acid, diethanol amide, sodium citrate, ethanol, dll
Formula hypoallergenic Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji dermatologi
Kelebihan lain Bebas paraben, busanya sedikit
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Pouch, botol
Isi 450 ml, 500 ml
Kisaran harga Rp26.500 – Rp39.300

5. My Baby Liquid Detergent

blank

Sumber: Mybaby.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Dengan ekstrak chamomile sebagai antiiritasi

Deterjen ini memiliki formula khusus yang tidak hanya membersihkan kotoran secara menyeluruh pada pakaian bayi, tapi juga merawat warna pakaian agar tidak cepat pudar, serta mengandung antijamur dan antibakteri.

My Baby Liquid Detergent juga diperkaya dengan ekstrak chamomile yang berfungsi sebagai antiiritasi. Selain bersih secara menyeluruh, pakaian pun tetap higienis, tidak bau apek, dan lebih lembut, sehingga nyaman dan aman untuk kulit bayi.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Total surfaktan 25% (SLES, APG), propylene glycol 3%, protease 0.5%, chamomile extract 0.3%
Formula hypoallergenic Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji bakteri (e.coli, s.aureus, dan p.aeruginosa)
Kelebihan lain Mild formula
Bisa dicuci dengan mesin Tidak disebutkan
Kemasan Pouch (refill)
Isi 450 ml
Kisaran harga Rp21.200

6. Cycles Mild Laundry Detergent

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Pelopor deterjen cair pakaian bayi, direkomendasikan oleh dokter anak

Cycles Mild Laundry Detergent merupakan pelopor deterjen pakaian bayi dan telah dipercaya selama lebih dari 15 tahun. Deterjen ini direkomendasikan oleh dokter anak (SGS Group Certified) karena mematuhi standar EWG (Environmental Working Group) dengan produk yang bebas bahan kimia beracun dan berbahaya.

Terbukti secara klinis sebagai produk hypoallergenic, deterjen ini bebas dari bahan kimia dan residu yang dapat menyebabkan iritasi. Untuk memastikan pakaian Anda aman dan nyaman untuk kulit bayi saat Anda menggendong si kecil, produk ini juga efektif untuk pakaian orang dewasa.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Linear alkylbenzene sulfonic acid, sodium lauryl ether sulfate, sodium hydroxide, cocodiethanolamine, sodium carbonate, dll
Formula hypoallergenic Iya
Uji laboratorium Uji hypoallergenic
Kelebihan lain Bebas dari SLS, fosfat, pelembut pakaian, pencerah, pemutih, pewarna, enzim
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Pouch (refill)
Isi 800 ml
Kisaran harga Rp65.000

7. Pure Baby Laundry Liquid

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Membersihkan dan melembutkan serat kain dengan ekstrak aloe vera

Dengan formulasi MILD dan mengandung ekstrak aloe vera, Pure Baby Laundry Liquid membersihkan pakaian bayi dari kotoran dan melembutkan serat kainnya. Wanginya yang segar memberi kenyamanan pada bayi saat mengenakan pakaiannya. Dilengkapi dengan antibakteri dan antijamur, deterjen cair ini tidak membuat iritasi pada kulit bayi, juga aman untuk kulit yang sensitif.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Purified water, alkyl polyglucoside 5%, polyethylene glycol, acrylate polymer, aloe vera, disodium EDTA, fragrance, dan N-alkylaminopropyl glycine
Formula hypoallergenic Iya
Uji laboratorium Uji hypoallergenic
Kelebihan lain Mild formula dan bebas dari SLS
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Pouch (refill)
Isi 450 ml, 900 ml
Kisaran harga Rp37.300 – Rp65.000

8. Mama’s Choice Baby-Safe Detergent

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Ramah untuk kulit bayi dengan kandungan ekstrak bahan alami nabati

Mama’s Choice Baby-Safe Detergent memiliki formulasi yang mampu mengangkat noda dan kotoran pada pakaian namun tidak merusak kain. Selain itu, deterjen cair ini bebas toxin dan memiliki kandungan ekstrak tea tree serta bahan alami nabati lainnya,

Dengan formulasinya yang lembut dan ramah untuk kulit bayi, Anda tidak perlu khawatir si kecil akan terkena alergi atau iritasi. Sebab, produk ini membersihkan secara sempurna tanpa residu deterjen pada pakaian.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Linear alkyl benzene sulfonate, sodium hydroxide, citric acid, lauryl glucoside, tea tree extract, dll
Formula hypoallergenic Iya
Uji laboratorium Uji hypoallergenic dan dermatologi
Kelebihan lain Bebas dari paraben dan sulfat
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Botol
Isi 1000 ml
Kisaran harga Rp77.900

9. Buds Baby Safe Laundry Detergent

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Menghilangkan noda membandel dan membunuh kuman pada pakaian

Jika ada noda yang susah dihilangkan pada pakaian anak Anda, sudah waktunya Anda menggunakan Buds Baby Safe Laundry Detergent. Formulasinya efektif melawan noda membandel dan membunuh kuman yang menempel pada pakaian, tanpa meninggalkan residu kimia berbahaya.

Terbuat dari bahan tumbuhan alami dan tidak mengandung surfaktan, deterjen ini lembut dan aman untuk bayi serta tidak menimbulkan alergi. Deterjen ini telah teruji secara klinis aman digunakan dan tidak menimbulkan alergi pada kulit bayi, terbukti dengan sertifikasi organik Ecocert yang dimilikinya.

Jenis deterjen Cair
Bahan aktif Potassium soap, aloe barbadensis leaf juice, non-ionic surfactant, xanthan gum, carboxymethyl cellulose, parfum, dll
Formula hypoallergenic Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji klinis
Kelebihan lain Non-harmful, biodegradable (ramah lingkungan), plant-based ingredients, bebas dari pencerah, enzim, pewarna dan pewangi buatan,
Bisa dicuci dengan mesin Iya
Kemasan Botol
Isi 1000 ml
Kisaran harga Rp289.900

10. Rinso Gentle Deterjen Bubuk

blank

Sumber: Rinso.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Hilangkan noda pada pakaian secara efektif, aman untuk kulit sensitif

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif seperti kulit bayi, Rinso Gentle Deterjen Bubuk efektif menghilangkan noda dan membersihkan pakaian hingga ke dalam serat kain. Sudah teruji secara dermatologis, deterjen ini mengandung pH yang rendah dan bebas iritasi, sehingga aman untuk kulit sensitif dan baju bayi.

Jenis deterjen Bubuk
Bahan aktif Tidak disebutkan
Formula hypoallergenic Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji dermatologi
Kelebihan lain PH lebih rendah
Bisa dicuci dengan mesin Tidak disebutkan
Kemasan Pouch
Isi 700 gr
Kisaran harga Rp20.000

Tabel Perbandingan Deterjen untuk Pakaian Bayi

Produk Zwitsal Baby Fabric Detergent Sleek Baby Laundry Detergent Botol Cussons Baby Liquid Detergent Pigeon Liquid Laundry Detergent My Baby Liquid Detergent Cycles Mild Laundry Detergent Pure Baby Laundry Liquid Mama’s Choice Baby-Safe Detergent Buds Baby Safe Laundry Detergent Rinso Gentle Deterjen Bubuk
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis deterjen Cair Cair Cair Cair Cair Cair Cair Cair Cair Bubuk
Bahan aktif Surfaktan 16%, bahan additive 1.3% Anionic surfactant 17%, nonionic surfactant 6%, 2-hydroxy 4-4, dichlorodiphenyl ether 0.06%, thiabendazole 0.02% Sodium laureth sulfate 2.17%, alkyl polyglucoside 5.83%, chamomile extract 0.01%, lime extract 0.001%, MCT 0.0012%, dan MIT 0.0024% Sodium lauryl ether sulfate, sodium chloride, coconut fatty acid, diethanol amide, sodium citrate, ethanol, dll Total surfaktan 25% (SLES, APG), propylen glycol 3%, protease 0.5%, chamomile extract 0.3% Linear alkylbenzene sulfonic acid, sodium lauryl ether sulfate, sodium hydroxide, cocodiethanolamine, sodium carbonate, dll Purified water, alkyl polyglucoside 5%, polyetilen glycol, acrylate polimer, aloe vera, disodium EDTA, fragrance, dan N-alkylaminopropyl glycine Linier alkyl benzene sulfonate, sodium hidroxida, citric acid, lauryl glucoside, tea tree extract, dll Potassium soap, aloe barbadensis leaf juice, non-ionic surfactant, xanthan gum, carboxy methyl cellulose, parfum, dll Tidak disebutkan
Formula hypoallergenic Iya Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Iya Iya Iya Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Uji laboratorium Uji dermatologi dan bakteri (s.aureus, k.pneumoniae, e.coli, s.typhimurium, dan p.aeruginosa) Uji dermatologi dan mikrobiologi (e.coli, s.aureus, dan p.aeruginosa) Uji dermatologi dan bakteri (s.aureus dan p.aeruginosa) Uji dermatologi Uji bakteri (e.coli, s.aureus, dan p.aeruginosa) Uji hypoallergenic Uji hypoallergenic Uji hypoallergenic dan dermatologi Uji klinis Uji dermatologi
Kelebihan lain Bebas paraben dan fosfat, pH-nya netral Tidak disebutkan Bebas dari zat pemutih, pH-nya seimbang, dan biodegradable (produk ramah lingkungan) Bebas paraben, busanya sedikit Mild formula Bebas dari SLS, fosfat, pelembut pakaian, pencerah, pemutih, pewarna, enzim Mild formula dan bebas dari SLS Bebas dari paraben dan sulfat Non-harmfull, biodegradable (ramah lingkungan), plant-based ingredients, bebas dari pencerah, enzim, pewarna dan pewangi buatan, PH lebih rendah
Bisa dicuci dengan mesin Tidak disebutkan Iya Iya Iya Tidak disebutkan Iya Iya Iya Iya Tidak disebutkan
Kemasan Pouch (refill) Botol Pouch, botol Pouch, botol Pouch (refill) Pouch (refill) Pouch (refill) Botol Botol Pouch
Isi 425 ml, 700 ml 500 ml, 1200 ml 700 ml, 750 ml 450 ml, 500 ml 450 ml 800 ml 450 ml, 900 ml 1000 ml 1000 ml 700 gr
Kisaran harga Rp13.300 – Rp21.400 Rp41.400 – Rp78.400 Rp28.500 – Rp43.000 Rp26.500 – Rp39.300 Rp21.200 Rp65.000 Rp37.300 – Rp65.000 Rp77.900 Rp289.900 Rp20.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Kesimpulan

Deterjen pakaian bayi dirancang khusus untuk membersihkan baju bayi sekaligus menjaga kulit bayi terhindar dari ruam, iritasi, atau alergi. Pastikan Anda memilih deterjen pakaian bayi yang bebas dari zat kimia berbahaya agar aman bagi kulit si kecil yang sensitif.

Pertimbangkan pula hal-hal lain dari tips dan rekomendasi yang telah kami sampaikan pada artikel ini untuk memilih produk yang paling tepat. Semoga Anda menemukan deterjen pakaian bayi yang terbaik untuk buah hati Anda, ya!

Referensi

Baby Detergent Singapore: Safe & Gentle Brands for Your Little One
https://sg.theasianparent.com/baby-detergent-singapore/amp diakses pada 25 Oktober 2021

Washing baby’s clothes: powder or liquid detergent?
http://pureen.com.sg/news/13-news/193-washing-baby-s-clothes-powder-or-liquid-detergent diakses pada 25 Oktober 2021

Choosing a Safe Laundry Detergent for Babies
https://www.charliesoap.com/choosing-a-safe-laundry-detergent-for-babies/ diakses pada 25 Oktober 2021

Best Baby Laundry Detergents in India | Liquid Type | 2020 Guide
https://smartlist.in/best-baby-laundry-detergents/ diakses pada 25 Oktober 2021

The Best Baby Detergent
https://www.yourbestdigs.com/reviews/best-baby-detergent/#important-features diakses pada 25 Oktober 2021

3 things you should look out for in baby laundry detergent
https://nimblebabies.com/blogs/blog/3-things-you-should-look-out-for-in-baby-laundry-detergent diakses pada 25 Oktober 2021

Best Baby Laundry Detergent in 2021
https://cutelittledarling.com/best-baby-laundry-detergent/ diakses pada 25 Oktober 2021

Use Refillable Laundry Detergent (and Other Zero Waste Laundry Solutions)
https://www.trvst.world/sustainable-living/eco-friendly/refillable-laundry-detergent/ diakses pada 25 Oktober 2021

You may also like

Comments are closed.