Written by 10:52 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik

Emina Apricot Jam Face Scrub

Pengelupasan kulit mati atau exfoliating dapat membantu kulit tetap sehat. Oleh karena kulit wajah tipis, maka sangat penting memakai produk face scrub yang lembut dan tidak berdaya abrasif kuat. Berbagai merek face scrub beredar luas di pasaran, seperti Jafra, Sebamed, Mineral Botanica, dan Wardah. Manakah yang paling tepat untuk Anda?

Untuk menjawabnya, bacalah ulasan kami kali ini terkait face scrub. Cara memilih face scrub yang bagus akan kami sertakan, berikut rekomendasi produk face scrub berkualitas. Supaya tidak keliru apalagi salah dalam memilih, simak terus tulisan ini sampai tuntas. Selamat membaca!

Pentingnya Melakukan Scrub Wajah

Alasan Pentingnya Melakukan Scrub Wajah

Produk scrub wajah terbuat dari bahan abrasif ringan sehingga efek eksfoliasi terasa lebih lembut dan diharapkan tidak membuat kulit iritasi. Baik dengan tangan maupun memanfaat bantalan kosmetik, efek kerja dari face scrub sangat baik dalam mengekspos kulit baru. Salah satu fungsi utama dari perawatan scrub wajah adalah meninggalkan lapisan kulit lebih muda dan sehat.

Treatment menggunakan face scrub termasuk ampuh memutihkan kulit wajah. Tentunya efek mencerahkan ini tidak serta-merta muncul, melainkan butuh waktu. Bukan hanya itu, efek berkelanjutan juga terjadi berkat fungsi exfoliator pada scrub wajah, antara menghilangkan jerawat dan komedo karena kotoran dan minyak terangkat sepenuhnya dari kulit.

Alasan lain mengapa penting melakukan scrub wajah adalah membuat kulit wajah kencang sehingga beragam tanda penuaan disamarkan. Di balik keuntungan-keuntungan tersebut, sejatinya face scrub mendukung sirkulasi darah dan pembaruan sel kulit. Hasilnya? Kulit wajah lebih sehat, segar, dan bercahaya!

Cara Memilih Face Scrub

Penggunaan exfoliant seperti face scrub secara teratur dapat memelihara kulit tetap lembut, kencang, dan satu tingkat lebih cerah. Hanya saja, Anda tidak boleh sembarangan melakukan scrub wajah. Oleh sebab itu, pahami dulu poin-poin penting dalam memilih face scrub di bawah ini.

Physical Exfoliant vs Chemical Exfoliant

Pahami Bedanya Physical Exfoliant dan Chemical Exfoliant

Terdapat dua jenis exfoliant yang umum dipakai untuk pengangkatan sel kulit mati dan kotoran, yaitu physical exfoliant dan chemical exfoliant. Apa perbedaan kedua exfoliant ini?

  • Physical Exfoliant. Umumnya terbuat dari bahan “berpasir” dan terasa kasar di kulit, seperti biji-bijian (contoh: biji anggur, labu, aprikot, dsb.), garam, gula, dan ekstrak tanaman (contoh: bambu). Beberapa alat bantu untuk membuang sel kulit mati juga digolongkan sebagai physical exfoliant, antara lain sikat, spons, dan pumice atau cloth.
  • Chemical Exfoliant. Terbuat dari bahan bersifat enzimatik untuk mempercepat regenerasi sel kulit, seperti asam sitrat, asam laktat, dan asam salisilat. Contoh produk chemical exfoliant antara lain toner dan losion. Produk ini bekerja tanpa perlu digosok sehingga banyak dipilih oleh orang yang kulitnya sangat sensitif.

Walaupun physical exfoliant tergolong kasar, beberapa produsen merancang face scrub dengan fungsi exfoliating lebih lembut, namun tetap efektif melakukan pembersihan, sehingga cocok digunakan untuk kulit sensitif atau kulit kering. Sebagian produk bahkan mengandung pelembap agar tidak membuat kulit perih sehabis scrubbing.

Sesuaikan Face Scrub dengan Masalah Kulit

Sesuaikan Face Scrub dengan Masalah Kulit yang Anda Hadapi

Masalah kulit yang dihadapi setiap orang sangatlah beragam, mulai dari kulit kusam, tekstur kasar, warna kulit tidak merata, dan yang paling umum adalah kulit berjerawat. Apa masalah kulit yang sedang Anda hadapi saat ini? Pastikan Anda memilih produk yang sesuai!

Penting memilih face scrub dengan fungsi kerja untuk menangani masalah kulit wajah Anda secara spesifik. Contohnya, jika Anda bermasalah dengan kulit sensitif dan mudah iritasi, utamakan face scrub yang bertindak mengelupas kulit mati secara lembut dan tekstur scrub-nya pun tidak kasar saat digosokkan.

Sementara untuk kulit kasar dan mengalami kelelahan perlu mencari face scrub dengan efek relaksasi, misalnya produk berkandungan kelapa untuk menghaluskan kulit. Namun, apabila ternyata Anda menghadapi problem warna kulit tidak merata, pilihlah face scrub yang diperkaya bahan pencerah area gelap dan perata warna kulit, misalnya kombinasi lemon dan jeruk mandarin.

Untuk kulit kusam perlu memprioritaskan face scrub dengan efek deep cleansing. Kombinasi active charcoal dan antioksidan akan membantu menangkap kotoran dan minyak di lapisan terdalam dan meningkatkan daya tahan kulit yang  berkurang akibat pengaruh buruk radikal bebas.

Pilih Face Scrub berdasarkan Jenis Kulit

Variasi kondisi kulit mengharuskan setiap orang memilih face scrub yang sesuai dengan tipe kulitnya. Meskipun digunakan sebagai weekly treatment, kami sarankan Anda mengutamakn produk yang diformulasikan untuk kebutuhan kulit Anda.

Kulit Normal: Periksa Kandungan sesuai Tujuan Akhir yang Diinginkan

Kulit Normal Periksa Kandungan Sesuai Tujuan Akhir yang Diinginkan

Kulit normal cenderung mudah menentukan face scrub. Sebaiknya Anda mengutamakan produk yang mampu bekerja secara menyeluruh. Misalnya, fungsi untuk mencerahkan kulit dapat Anda raih dengan memilih face scrub berkandungan whitening. Namun, untuk pemeliharaan kulit dari risiko age spot, carilah produk yang kaya antioksidan.

Face scrub tinggi mineral juga dapat Anda pilih untuk mencegah masalah kulit berminyak. Kandungan mineral mampu membersihkan pori secara mendalam dan meninggalkan tampilan kulit segar. Dalam pelaksanaannya, cukup 2 kali dalam seminggu termasuk efektif serta tidak berisiko menimbulkan masalah lain.

Kulit Kering: Utamakan Produk dengan Konsentrasi Moisturizer Tinggi

Kulit Kering Utamakan Produk dengan Konsentrasi Moisturizer Tinggi

Face scrub sangat rentan membuat kulit kering. Meski demikian, Anda yang mempunyai kulit kering tetap dianjurkan melakukan exfoliating dengan face scrub. Kuncinya adalah memilih produk yang mengandung bahan pelembap atau moisturizer.

Bahan-bahan seperti ekstrak alpukat, lidah buaya, minyak jojoba, madu, dan moisturizing agents lain bertindak sebagai pelembap yang baik untuk kulit kering. Sebaiknya Anda yang berkulit kering melakukan scrub wajah satu kali dalam dua minggu atau bahkan cukup satu kali setiap bulan.

Kulit Berminyak: Carilah Scrub yang Mampu Mengangkat Minyak secara Mendalam

Kulit Berminyak Carilah Scrub yang Mampu Mengangkat Minyak Secara Mendalam

Untuk kulit berminyak, carilah face scrub berkandungan bahan penyerap minyak seperti tea tree oil, mint, atau arang aktif. Kedua komponen ini membantu menyingkirkan minyak hingga lapisan dalam kulit tanpa menyebabkan kulit kering setelahnya.

Selain itu, kemampuan asam salisilat untuk membersihkan pori-pori juga teruji klinis, sehingga Anda dapat mencari produk berkandungan salicylic acid. Face scrub adalah produk penting bagi pemilik kulit berminyak. Alasannya, tumpukan minyak di pori dapat memicu masalah jerawat hingga kulit kusam, sehingga perlu disingkirkan keberadaannya dengan bantuan physical exfoliator.

Kulit Berjerawat: Prioritaskan Face Scrub yang Mengandung Pembersih Pori secara Optimal

Kulit Berjerawat Prioritaskan Face Scrub yang Mengandung Pembersih Pori Secara Optimal

Cukup tricky dalam melakukan scrub wajah berjerawat, apalagi dalam kondisi meradang. Oleh karenanya, pastikan Anda menunggu jerawat mengempis bila ingin melakukan scrub wajah. Hindari pemakaian face scrub saat jerawat meradang agar tidak terjadi breakout.

Sama halnya dengan krim atau sabun muka, face scrub untuk kulit berjerawat biasanya mengantongi komponen asam salisilat di dalamnya. Bahan satu ini terbukti efektif membersihkan pori sekaligus menghambat pembentukan jerawat di kemudian hari.

Kulit Berkerut: Pilih Scrub dengan Kandungan Aktif Anti-Aging

Kulit Berkerut Pilih Scrub dengan Kandungan Aktif Anti Aging

Usia 30-an ke atas mulai penting memperhatikan tampilan kulit wajah sebab aging effects lebih rentan muncul. Sebagai salah satu bentuk perawatan, dianjurkan menggunakan face scrub berkomposisikan anti-aging. Salah satu kandungan yang terkenal efektif menangkal efek penuaan adalah glycolic acid.

Asam glikolat merupakan formula yang bekerja meningkatkan kekecangan kulit serta membantu proses pencerahan kulit. Kandungan alami seperti pomegranate, ekstrak rumput laut, dan marine collagen tergolong ampuh meningkatkan elastisitas kulit sehingga tampilan keriput pun tidak mudah muncul.

Hindari Face Scrub dengan Bahan yang Membahayakan Kulit

Hindari Face Scrub dengan Bahan yang Berbahaya

Sebuah produk dianggap berbahaya apabila mengantongi komponen-komponen yang berisiko bagi kulit. Sebenarnya hal ini memiliki ketergantungan dengan kondisi kulit masing-masing orang. Contohnya saja, orang dengan kulit kering perlu menghindari face scrub yang bahan di dalamnya berdaya abrasif tinggi.

Meski begitu, tetap penting mempertimbangkan ada tidaknya sejumlah bahan, misalnya wewangian (fragrance), pewarna sintetis, atau pengawet. Ketiga komponen ini sebaiknya Anda hindari karena dalam proses scrubbing pun rasanya tidak begitu masalah jika sebuah produk tidak wangi ataupun berwarna.

10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik

Mengeksfoliasi kulit teratur akan memelihara tampilan kulit Anda. Setelah mengetahui bagaimana pemilihan face scrub yang tepat, berikut kami tampilkan face scrub terbaik untuk segala jenis kulit. Simaklah fungsi utama dari masing-masing produk agar Anda berhasil menemukan face scrub yang sesuai kebutuhan!

1. Erha Exfoliating Cleansing Scrub

Erha Exfoliating Cleansing Scrub

Kisaran harga: Rp83.000

Berbekal scrub lembut penyingkir minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran

Kelebihan minyak lama-kelamaan akan terakulumasi di dalam kulit wajah. Anda bisa membersihkan tumpukan sebum tersebut dengan face scrub keluaran Erha. Produk ini dibekali scrub lembut yang tidak bikin perih ketika digosok. Kemampuannya mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan sebum berlebih sudah dibuktikan banyak orang.

Pembersihan menyeluruh memungkinkan Anda memperoleh kulit wajah yang bebas komedo ataupun jerawat, terlihta bercahaya, dan terasa segar lebih lama. Di samping membersihkan minyak dan kotoran, face scrub ini lengkap dengan komposisi pencegah tanda penuaan.

Kondisi kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Kandungan aktif Beta hydroxy acid (BHA), pro vitamin B5, dan niacinamide

2. Wardah White Secret Exfoliating Scrub

Wardah White Secret Exfoliating Scrub

Kisaran harga: Rp26.500

Mengusir minyak dan kotoran tanpa menyebabkan kulit kering

Face scrub persembahan Wardah ini terbilang murah sehingga cocok untuk segala kalangan, termasuk mahasiswa atau pelajar berkantong tipis. Wardah White Secret Exfoliating Scrub bersedia membersihkan kotoran penyumbat pori, mengangkat sel kulit mati, dan memaksimalkan regenerasi kulit di malam hari.

Bersama teknologi Advanced-White Specific System, face scrub ini siap mengeksfoliasi kulit Anda secara lembut guna menghasilkan tampilan kulit lebih cerah. Kombinasi surfaktan dan olive oil menjadikan face scrub ini optimal membersihkan tanpamembuat kulit kering.

Kondisi kulit Kulit normal dan berminyak
Kandungan aktif Vitamin B3, whitening complex, dan AHA natural

3. Mineral Botanica Facial Scrub

Mineral Botanica Facial Scrub

Kisaran harga: Rp27.900

Kaya akan bahan alami untuk melembakan dan mencerahkan kulit

Butiran-butiran pada face scrub ini didesain halus agar mencegah terjadinya penipisan kulit. Proses exfolating berjalan lembut tanpa mengurangi efektivitasnya dalam mengangkat kotoran, timbunan minyak, dan sisa makeup. Kulit wajah pun menjadi lebih segar dan cerah berkat dukungan licorice extract-nya.

Mineral Botanica Facial Scrub dapat digunakan untuk kulit berminyak dan berkomedo. Tidak butuh waktu lama karena setiap bagian hanya perlu digosok 1 menit oleh scrub-nya. Jangan khawatir akan kulit kering sebab formula face scrub ini diimbangi aloe vera untuk mengembalikan kelembapan alami kulit.

Kondisi kulit Kulit berminyak dan berkomedo
Kandungan aktif Ekstrak licorice dan lidah buaya

4. St. Ives Acne Control Apricot Scrub

St Ives Acne Control Apricot Scrub

Kisaran harga: Rp55.000

Mengandung 2% asam salisilat untuk mencegah jerawat muncul

Apakah Anda belum berhasil menemukan face scrub untuk kulit berjerawat? Tenang saja karena St. Ives mengeluarkan produk khusus untuk pengguna berkulit acne-prone. Perlu diingat bahwa produk ini tidak sepenuhnya diaplikasikan layaknya scrub pada umumnya, tetapi cukup sebagai masker wajah lalu diamkan 5 – 7 menit sebelum dibersihkan.

Butiran scrub berukuran besar dirancang sebagai deep exfoliating. Aroma alami dari bahan aprikot menenangkan saat terhirup dan dipastikan tidak menyengat. Bukan itu saja, face scrub yang murah ini dibuat tanpa kandungan paraben, sulfat, dan pastinya bersifat hypoallergenic, dermatologist tested, non-comedogenic, dan oil free.

Kondisi kulit Kulit rentan berjerawat
Kandungan aktif Salicylic acid

5. Emina Apricot Jam Face Scrub

Emina Apricot Jam Face Scrub

Kisaran harga: Rp26.000

Gabungan bahan alami untuk membersihkan, mencerahkan, melembapkan, dan menyehatkan kulit

Berkomposisikan biji aprikot dan minyak zaitun, bahan-bahan alami tersebut bertindak sebagai exfoliator sekaligus moisturizer secara bersamaan. Dengan face scrub Emina, sel kulit mati akan terangkat sempurna, begitu pula kotoran yang terjebak di pori-pori kulit.

Face scrub merek Emina satu ini menjauhkan Anda dari risiko makeup luntur akibat minyak berlebih. Kandungannya terbukti alami, menjadikan face scrub ini aman diaplikasikan ke seluruh tipe kulit. Belum lagi dengan gliserin di dalamnya, Anda yang menderita kulit kering tidak usah khawatir efek negatif dari penggunaan produk ini.

Kondisi kulit Segala jenis kulit
Kandungan aktif Tidak diketahui

6. Safi White Expert Deep Exfoliator

Safi White Expert Deep Exfoliator

Kisaran harga: Rp46.800

Scrub berbasis aprikot yang optimal mengusir sel kulit mati, minyak, dan kotoran

Safi White Expert Deep Exfoliator ideal digunakan seluruh jenis kulit berkat tingkat pH yang seimbang. Telah memperoleh label halal dan lolos uji BPOM, Anda yang berpatokan pada dua kriteria tersebut tentu lebih tenang setelah mengetahuinya.

Face scrub ini mengombinasikan ekstrak habbatus sauda, teknologi OxyWhite, dan scrub berbasis aprikot untuk menyingkirkan sel kulit mati, menangani bintik atua flek hitam, serta memberantas sebum dan kotoran yang terperangkat di dalam pori-pori kulit. Performanya yang optimal ini diklaim tidak akan merusak kulit.

Kondisi kulit Segala jenis kulit
Kandungan aktif Ekstrak habbatus sauda, OxyWhite technology, dan aprikot scrub

7. Skinfood Black Sugar Mask Wash Off

Skinfood Black Sugar Mask Wash Off

Kisaran harga: Rp239.000

Disertai spatula untuk memudahkan pemakaian

Face scrub ini sangat laris di pasaran, bahkan menjadi salah satu best seller product-nya Skinfood. Didesain dengan kemasan jari dilengkapi cap atau kepala tambahan menyerupai setengah bola, produk ini semakin unik. Anda juga tidak perlu membeli spatula terpisah karena Skinfood menyediakan spatula di dalamnya.

Di samping sebagai masker, Skinfood Black Sugar Mask Wash Off juga mampu dioperasikan sebagai physical exfoliator berbentuk scrub wajah. Berbahan dasar gula hitam organik, scrub yang dihasilkan bertekstur kasar dan padat, namun saat dibaurkan ke wajah yang basah akan mencair. Face scrub ini aman karena tidak mengandung alkohol, serta wangi berkat komponen alami citrus-nya.

Kondisi kulit Kulit normal
Kandungan aktif Sucrose, glycerin, macadamia ternifolia seed oil, lanolin, dan lain-lain

8. Himalaya Purifying Neem Scrub

Himalaya Purifying Neem Scrub

Kisaran harga: Rp34.000

Mengandung bahan pembasmi bakteri penyebab masalah kulit

Masker dengan scrub dari Himalaya diformulasi khusus untuk membantu mengatasi berbagai masalah wajah akibat bakteri. Sifat antibakteri dari neem-nya membantu melawan perkembangan bakteri pemicu masalah kulit. Selain itu, produk ini tetap maksimal dalam urusan membersihkan muka.

Keberadaan aprikot sebagai penghasil scrub bekerja lembut di wajah. Komedo dan sel kulit mati akan terangkat sempurna oleh bahan alami tersebut. Produk berkemasan praktis ini dapat mengantarkan Anda pada kondisi wajah terlihat halus, segar, bersih, dan bebas masalah.

Kondisi kulit Kulit berminyak
Kandungan aktif Neem dan aprikot

9. Jafra Gentle Exfoliating Scrub

Jafra Gentle Exfoliating Scrub

Kisaran harga: Rp152.000

Katakan “bye-bye” pada kulit kusam dan kasar

Jafra Gentle Exfoliating Scrub digadang-gadang sebagai krim halus berkandungan microspheres yang efektif mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut. Sisa makeup, debu polusi, dan minyak yang tersumbat pada pori akan tersapu bersih oleh face scrub ini.

Terlepas dari keutamaannya tersebut, face scrub dari Jafra dirancang agar dapat mencerahkan kulit kusam sehingga terlihat glowing. Sebagai hasilnya, Jafra Gentle Exfoliating Scrub meninggalkan kesan kulit yang bertekstur lembut, bebas noda, dan bersinar alami.

Kondisi kulit Segala jenis kulit
Kandungan aktif Jojoba ester, minyak bunga matahari, dan glycerin

10. Sebamed Clear Face Gentle Scrub

Sebamed Clear Face Gentle Scrub

Kisaran harga: Rp220.000

Tidak membuat wajah kering dan efek tertarik

Face scrub merek Sebamed memainkan peran sebagai exfoliator yang bekerja mendalam melalui pori-pori kulit. Pembersihan yang dilaksanakan oleh face scrub Sebamed berjalan perlahan untuk mengurangi efek kulit meradang pasca treatment. Setiap partikel kotoran dan minyak yang terjebak bakal dibersihkan hingga tuntas olehnya.

Partikel berukuran mikro (microbeeds) mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut guna mengekspos kulit baru yang lebih muda dan sehat. Dirancang dengan nilai pH 5,5, face scrub berikut mampu memelihara acid mantle yang melindungi kulit. Meski mengandung SLS, produk ini terjamin aman sebab telah diuji secara dermatologically dan clinically.

Kondisi kulit Segala jenis kulit
Kandungan aktif Kaolin, glycerin, citric acid, dan lainnya

Agar Terhindar dari Kerusakan Kulit, Lakukan Scrub secara Tepat

Agar Terhindar dari Kerusakan Kulit Lakukan Scrub Secara Tepat

Masalah dapat muncul akibat kekeliruan dalam melakukan scrub wajah. Untuk itu, tidak disarankan menerapkan face scrub sering-sering. Pemilik kulit normal dan kombinasi bisa melakukan scrub wajah setidaknya seminggu sekali. Eksfoliasi 2 – 3 kali dalam seminggu sangat berisiko membuat kulit kering dan rusak akibat terjadi penipisan dan penurunan kekuatan kulit (barrier).

Sedangkan pemilik kulit berminyak boleh menggunakan face scrub 2 – 3 kali dalam seminggu supaya tumpukan minyak tidak menghambat ‘pernapasan’ kulit wajah. Kemudian, untuk kulit kering dan sensitif sebaiknya menghindari proses scrub wajah. Jika ingin mengangkat kulit mati, pemilik kulit kering dapat memilih gommage yang tinggi enzim serta mengandung partikel tipis.

Kesimpulan

Sampai bagian ini, kami telah memaparkan sepuluh produk face scrub terbaik dari berbagai brand. Anda dapat membelinya di toko obat, drugstore, atau secara online agar mendapatkan produk yang dimau. Apabila Anda belum begitu yakin dengan produk yang diinginkan, belilah kemasan travel size atau yang paling kecil untuk melakukan uji sensitivitas produk terhadap kulit.

Lakukanlah scrub wajah sesuai kebutuhan kulit dan anjuran para ahli. Menerapkan face scrub terlalu sering justru menyebabkan kulit muka tipis serta sangat rentan terhadap iritasi. Kami harap Anda mendapatkan kulit wajah senantiasa bersih, sehat, dan tampak muda dengan tepat dan teratur melakukan scrub wajah!

(Visited 60.351 times, 253 visits today)