Kosmetik & Kesehatan

10 Face Scrub Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Eksfoliasi adalah tindakan untuk melepas sel-sel kulit mati sehingga tergantikan dengan sel-sel kulit baru. Agar kulit terhindar dari iritasi dan tetap sehat saat eksfoliasi, Anda perlu menggunakan produk face scrub yang lembut dan tidak berdaya abrasif kuat.

Berbagai merek face scrub beredar luas di pasaran, seperti Erha, Bioderma, dan Sebamed. Agar tidak keliru dalam memilih face scrub, bacalah ulasan kami kali ini terkait face scrub, mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk face scrub terbaik versi PickyBest. Simak sampai tuntas, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang banyak menangani kasus medis kulit, dari mulai dermatitis, akne, psoriasis, melasma, freckles, dan infeksi kulit lain.

Selain praktik di RSIA SamMarie Basra, Klinik Bamed Health Care, dan ZAP Premiere Central Park, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga aktif sebagai pembicara di berbagai event seputar kesehatan kulit dan kecantikan.

Manfaat dari Penggunaan Face Scrub

Alasan Pentingnya Melakukan Scrub Wajah

Face scrub terbuat dari bahan abrasif untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Salah satu fungsi utama dari face scrub adalah meninggalkan lapisan kulit lebih muda dan sehat.

Penggunaan face scrub terbaik dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Selain itu, face scrub juga membantu menghilangkan jerawat dan komedo karena kotoran dan minyak terangkat sepenuhnya dari kulit.

Face scrubbing merupakan salah satu tindakan eksfoliasi secara mekanik/fisik untuk mengangkat lapisan sel kulit mati wajah. Dengan mengangkat lapisan kulit mati, kemungkinan terbentuknya sumbatan pada pori-pori, komedo, dan jerawat pun berkurang.

Selain itu, face scrubbing juga membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan bersih. Face scrubbing bisa dilakukan oleh pria maupun wanita mulai usia 20 tahun atau lebih dini sesuai kebutuhan kulit.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Cara Memilih Face Scrub

Sebelum membeli produk, pahami dulu poin-poin penting dalam memilih face scrub terbaik di bawah ini.

Physical Exfoliant vs Chemical Exfoliant

Pahami Bedanya Physical Exfoliant dan Chemical Exfoliant

Terdapat dua jenis exfoliant yang umum dipakai untuk pengangkatan sel kulit mati dan kotoran, yaitu physical exfoliant dan chemical exfoliant. Apa perbedaan kedua exfoliant ini?

  • Physical Exfoliant. Umumnya terbuat dari bahan “berpasir” dan terasa kasar di kulit, seperti biji-bijian (contoh: biji anggur, labu, aprikot, dsb.), garam, gula, dan ekstrak tanaman (contoh: bambu).
  • Chemical Exfoliant. Terbuat dari bahan bersifat enzimatik untuk mempercepat regenerasi sel kulit, seperti asam sitrat, asam laktat, dan asam salisilat. Contoh produk chemical exfoliant antara lain toner dan losion.

Untuk face scrub sendiri tergolong ke dalam physical exfoliant karena mengandung butiran-butiran halus untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran.

Physical exfoliant seperti face scrub lebih dianjurkan untuk kulit normal, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit tidak sensitif. Partikel abrasif pada face scrub akan meluruhkan sel kulit pada lapisan teratas kulit.

Face scrub memberikan hasil yang bisa langsung dirasakan kulit, seperti kulit terasa lebih halus. Hanya saja, kulit kering dan sensitif tidak dianjurkan memakai face scrub karena dapat merusak skin barrier bila dilakukan berlebihan, menyebabkan kulit kering, mudah iritasi, dan dapat muncul luka serta jerawat.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Sesuaikan Face Scrub dengan Masalah Kulit

Sesuaikan Face Scrub dengan Masalah Kulit yang Anda Hadapi

Masalah kulit yang dihadapi setiap orang sangatlah beragam, mulai dari kulit kusam, tekstur kasar, warna kulit tidak merata, dan yang paling umum adalah kulit berjerawat.

Apa masalah kulit yang sedang Anda hadapi saat ini? Pastikan Anda memilih produk yang sesuai!

  • Kulit sensitif dan mudah iritasi: Pilih face scrub terbaik yang mengelupas kulit mati secara lembut dan tekstur scrub-nya pun tidak kasar saat digosokkan.
  • Kulit kasar dan kelelahan: Pilih face scrub dengan efek relaksasi, misalnya produk berkandungan kelapa untuk menghaluskan kulit.
  • Warna kulit tidak merata: Pilih face scrub terbaik yang diperkaya bahan pencerah area gelap dan perata warna kulit, misalnya kombinasi lemon dan jeruk mandarin.
  • Kulit kusam: Pilih face scrub dengan efek deep cleansing. Kombinasi active charcoal dan antioksidan akan membantu menangkap kotoran dan minyak di lapisan terdalam dan meningkatkan daya tahan kulit yang berkurang akibat pengaruh buruk radikal bebas.

Selain face scrub, penggunaan skincare tipe lain juga perlu disesuaikan kandungannya dengan jenis/masalah kulit.

  • Kulit kusam dan warna tidak merata: Pilih yang mengandung retinol, AHA, niacinamide, kojic acid, tranexamic acid, ascorbic acid, arbutin, vitamin C, atau licorice.
  • Kulit bertekstur kasar: Pilih yang mengandung retinol, AHA, BHA, niacinamide, azelaic acid, atau benzoyl peroxide.
dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Pilih Face Scrub berdasarkan Jenis Kulit

Variasi kondisi kulit mengharuskan setiap orang memilih face scrub terbaik sesuai tipe kulitnya. Meskipun digunakan sebagai weekly treatment, kami sarankan Anda mengutamakn produk yang diformulasikan untuk kebutuhan kulit Anda.

Kulit Kering dan Sensitif: Utamakan Produk dengan Konsentrasi Moisturizer Tinggi

blank

Face scrub rentan membuat kulit kering dan rentan iritasi. Oleh karena itu, pemilik kulit kering dan sensitif perlu melakukannya dengan sangat hati-hati. Selain itu, pilih juga produk yang mengandung bahan pelembap atau moisturizer.

Karena face scrubbing prinsipnya dapat membuat kulit lebih kering, tindakan face scrubbing tidak dianjurkan untuk kulit kering. Namun, masih dapat dilakukan dengan hati-hati.

Bila memungkinkan, carilah produk yang diperkaya bahan-bahan seperti hyaluronic acid, AHA, aloe vera, glycerin, ceramide, pentylene glycol, panthenol, squalane, glyceryl stearate, dimethicone, cyclopentasiloxane, atau vitamin E.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Kulit Berminyak: Carilah Scrub yang Mampu Mengangkat Minyak secara Mendalam

blank

Untuk kulit berminyak, pilihlah face scrub terbaik berkandungan bahan penyerap minyak seperti asam salisilat, tea tree oil, mint, atau arang aktif. Keempat komponen ini dapat membantu menyingkirkan minyak hingga lapisan dalam kulit.

Pemilik kulit berminyak tetap perlu berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi. Mulai dari frekuensi jarang, kemudian naikkan bertahap bila aman.

Sebaiknya gunakan scrub yang juga mengandung bahan melembapkan, seperti hyaluronic acid, AHA, aloe vera, glycerin, ceramide, pentylene glycol, panthenol, squalane, glyceryl stearate, dimethicone, cyclopentasiloxane, atau vitamin E.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Komentar dari dr. Nessya terkait Face Scrubbing pada Kulit Berjerawat

blank

Ketika kulit sedang dalam kondisi berjerawat, tidak dianjurkan melakukan physical exfoliation.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Hindari Face Scrub dengan Bahan yang Membahayakan Kulit

Hindari Face Scrub dengan Bahan yang Berbahaya

Sebuah produk dianggap berbahaya apabila mengantongi komponen-komponen yang berisiko bagi kulit. Sebenarnya hal ini bergantung pada kondisi kulit masing-masing orang.

Meski begitu, tetap penting mempertimbangkan ada tidaknya sejumlah bahan, misalnya wewangian (fragrance), pewarna sintetis, atau pengawet.

Bahan yang dapat mengiritasi kulit misal acids, retinol, bahan yang menyebabkan stinging sensation, dan pH terlalu asam sebaiknya dihindari. Sementara bahan yang bisa melembapkan pada ingredients face scrub perlu diutamakan.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa reaksi tiap kulit masing-masing individu dapat berbeda. Oleh karena itu, perhatikan dan rasakan reaksi kulit setelah penggunaan produk. Bila muncul gejala iritasi terhadap suatu bahan tertentu, sebaiknya dihindari juga.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik

Setelah mengetahui bagaimana pemilihan face scrub yang tepat, berikut kami tampilkan face scrub terbaik untuk segala jenis kulit serta fungsi utamanya masing-masing. Selamat berbelanja!

Semua produk rekomendasi berikut sepenuhnya murni pilihan PickyBest, bukan dr. Nessya.

1. ERHA Exfoliating Cleansing Scrub

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Scrub lembutnya menyingkirkan minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran tanpa rasa perih

Khawatir kulit Anda perih ketika menggunakan face scrub? Jangan khawatir bila menggunakan produk dari Erha ini. Dengan scrub lembut, face scrub terbaik ini mampu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran di wajah tanpa rasa perih.

Di samping membersihkan minyak dan kotoran, face scrub ini lengkap dengan komposisi pencegah tanda penuaan. Dengan pembersihan yang menyeluruh, Anda akan memperoleh kulit wajah yang bebas komedo ataupun jerawat, terlihat bercahaya, dan terasa segar lebih lama.

Jenis kulit Kulit berminyak
Kandungan utama BHA, niacinamide, pro-vitamin B5
Klaim Melembabkan, mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp91.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Freeman Feeling Beautiful Cleansing Apple Cider Vinegar Clay Mask+Scrub

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Formulasi tanah liat, batu apung, serta sari cuka apel yang membuat kulit bercahaya dan sempurna

Masker sekaligus scrub ini dapat melakukan banyak tugas, mulai dari membersihkan, menggosok, mengencangkan kulit, hingga menyerap minyak. Produk dari Freeman ini terbuat dari tanah liat dan batu apung yang mampu membersihkan dan mengelupas pori-pori Anda.

Kandungan sari cuka apelnya akan menghasilkan kulit yang bercahaya dan sempurna. Tak perlu khawatir dengan jenis kulit Anda, karena face scrub terbaik ini cocok untuk semua jenis kulit.

Jenis kulit Semua jensi kulit
Kandungan utama Kaolin, bentonite clays
Klaim Mengatasi jerawat, wajah berminyak, komedo, dan pori-pori besar
Ukuran 175 mL
Kisaran harga Rp96.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. SATURDAY LOOKS Minty Gentle Scrub

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengurangi rasa sakit pada jerawat meradang dengan aroma peppermint

Ingin membersihkan komedo atau menyembuhkan jerawat di wajah Anda dengan kandungan alami? Anda dapat menemukan apa yang Anda cari dalam Saturday Looks Minty Gentle Scrub yang berguna untuk mempercepat penyembuhan jerawat, mengecilkan pori-pori, dan membersihkan komedo.

Face scrub terbaik ini berbahan utama tanah liat untuk mengurangi rasa sakit pada jerawat meradang, serta madu untuk mencegah jerawat datang kembali. Ditambah dengan aroma peppermint yang akan memberikan rasa segar di kulit saat dipakai.

Jenis kulit Kulit berjerawat
Kandungan utama Kaolin, bentonite clay
Klaim Mengatasi jerawat dan kemerahan, mengecilkan pori, membersihkan komedo
Ukuran 125 g
Kisaran harga Rp132.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Bio Essence Bio-Renew Royal Jelly Exfoliating Gel

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Mengangkat sel kulit mati dan komedo putih, serta mencerahkan kulit kusam

Face scrub terbaik berbentuk gel lembut ini merupakan produksi Bio Essence dengan formula Bio energy complex™ yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit serta membantu regenerasi kulit. Formulasinya bekerja dengan cara meningkatkan penyerapan oksigen ke dalam kulit.

Produk ini juga mengandung ekstrak royal jelly yang dapat memberi nutrisi pada kulit, membantu kulit tetap lembap. Selain mengangkat sel kulit mati dan komedo putih, produk ini juga akan membantu mencerahkan kulit kusam serta melembutkan tekstur kulit.

Jenis kulit Kulit kusam dan kering
Kandungan utama Bio energy complex™, royal jelly extract
Klaim Mencerahkan, mengangkat sel kulit mati dan komedo, melembabkan
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp167.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub

blank

Sumber: Sensatia.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberi nutrisi dan kelembapan pada kulit dengan formulasi bahan alami

Bila Anda memilih bahan yang serba alami untuk produk perawatan kulit Anda, Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub dapat menjadi pilihan yang tepat. Face scrub ini dibuat dari berbagai macam zat tumbuhan, seperti sari lidah buaya, kulit kacang kenari, ekstrak biji cokelat, dan bubuk bengkoang.

Formulasi tersebut akan memberikan nutrisi pada kulit, membantu eksfoliasi kulit secara alami, mengurangi inflamasi, melembapkan, dan sebagai antioksidan. Saat menggunakan face scrub terbaik ini, Anda pun akan merasakan sensasi aroma kelapa dan vanila yang manis dan menenangkan.

Jenis kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama Vegetable glycerin, aloe leaf extract, shea butter, honey, jojoba seed oil, vitamin e, vanilla planifolia extract, cocoa seed extract
Klaim Melembabkan, antioksidan, mencerahkan
Ukuran 60 mL
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. The Body Shop Tea Tree 3 in 1 Wash.Scrub.Mask

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bersihkan minyak berlebih pada wajah dan cegah munculnya jerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, The Body Shop hadir untuk Anda dengan satu produk yang memiliki tiga fungsi, yakni sebagai face wash, face scrub, dan masker.

Mengandung tea tree oil sebagai bahan utamanya, face scrub terbaik ini akan membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak berlebih, mengurangi munculnya jerawat. Kulit wajah Anda akan terasa lebih bersih, segar, dan bebas kilap.

Jenis kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Kandungan utama Tea tree oil
Klaim Mengatasi jerawat, noda hitam, dan pori-pori tersumbat
Ukuran 125 mL
Kisaran harga Rp269.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Deep Pore-Cleansing Foam Scrub

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Efektif serap minyak berlebih dan mencegah terbentuknya komedo

Bila kulit wajah Anda bermasalah dengan minyak dan komedo, waktunya Anda beralih pada The Face Shop Jeju Volcanic Lava Deep Pore-Cleansing Foam Scrub.

Mengandung abu vulkanik dari Jeju yang kaya mineral, face scrub terbaik ini diklaim mampu menyerap minyak berlebih di wajah Anda secara efektif. Pori-pori kulit wajah Anda akan lebih bersih dan bebas dari kotoran dan sebum yang akan menyebabkan komedo.

Jenis kulit Kulit berminyak
Kandungan utama Volcanic lava, lotus extract, honeyweed extract, sea clay extract, western oilseed rape extract, jeju bamboo extract
Klaim Menstabilkan minyak di wajah dan menghilangkan komedo
Ukuran 140 mL
Kisaran harga Rp210.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Jarkeen Peeling Glow

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Pengganti scrub untuk eksfoliasi, kulit lebih bersih dan cerah

Ingin merasakan peeling treatment di rumah sendiri? Anda dapat menggunakan Jarkeen Peeling Glow untuk perawatan wajah di rumah. Mengandung AHA dan PHA, serta glucono lactone, produk ini berfungsi sebagai pengganti scrub untuk mengeksfoliasi kulit.

Formulasi face scrub terbaik ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta membersihkan kulit wajah dari kotoran dan komedo yang membandel. Setelah pemakaian teratur, kulit Anda akan terlihat lebih bersih dan cerah.

Jenis kulit Semua jenis kulit
Kandungan utama Glycolic Acid (AHA), PHA, glucono lactone
Klaim Mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengatasi jerawat dan komedo, mengecilkan pori-pori
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp195.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Bioderma Sebium Gel Gommant

blank

Sumber: Farmaku.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Formulasi dengan sedikit parfum untuk kulit lebih halus dan cerah

Untuk Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat hingga berminyak, bersihkan wajah Anda dengan produk bertekstur gel yang ringan serta dapat mengecilkan pori-pori. Bioderma Sebium Gel Gommant menjawab kebutuhan Anda.

Face scrub terbaik ini dapat membersihkan dengan lembut, menghaluskan tekstur kulit, serta mencerahkan warna kulit. Selain teruji sebagai produk non-comedogenic, formula produk ini mengandung sedikit parfum, sehingga memiliki toleransi yang sangat baik untuk kulit Anda.

Jenis kulit Kulit berjerawat, berminyak, dan kombinasi
Kandungan utama Fluidacti
Klaim Meredakan jerawat dan komedo, mengencangkan pori-pori, mencerahkan, dan menghaluskan kulit
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp258.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Sebamed Clear Face Gentle Scrub

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pembersih ekstra lembut hingga ke dalam pori-pori yang dianjurkan oleh dokter

Sebamed Clear Face Gentle Scrub merupakan pembersih dengan tekstur ekstra lembut, membersihkan sampai ke dalam pori-pori kulit, sehingga kulit bebas dari minyak, lemak, dan sisa-sisa kotoran, serta efek kulit meradang pasca treatment.

Gentle micro-peeling particles-nya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan melakukan regenerasi kulit, menghilangkan komedo dan jerawat batu. Dianjurkan oleh dokter, produk ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berjerawat, sensitif, dan berkomedo.

Jenis kulit Kulit berjerawat, sensitif, dan komedo (blackhead)
Kandungan utama Kaolin, microbead, wheat starch
Klaim Menghilangkan komedo dan jerawat batu
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp220.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Face Scrub

Produk ERHA Exfoliating Cleansing Scrub Freeman Feeling Beautiful Cleansing Apple Cider Vinegar Clay Mask+Scrub SATURDAY LOOKS Minty Gentle Scrub Bio Essence Bio-Renew Royal Jelly Exfoliating Gel Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub The Body Shop Tea Tree 3 in 1 Wash.Scrub.Mask The Face Shop Jeju Volcanic Lava Deep Pore-Cleansing Foam Scrub Jarkeen Peeling Glow Bioderma Sebium Gel Gommant Sebamed Clear Face Gentle Scrub
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis kulit Kulit berminyak Semua jensi kulit Kulit berjerawat Kulit kusam dan kering Semua jenis kulit Kulit berminyak dan berjerawat Kulit berminyak Semua jenis kulit Kulit berjerawat, berminyak, dan kombinasi Kulit berjerawat, sensistif, dan komedo (blackhead)
Kandungan utama BHA, niacinamide, pro-vitamin B5 Kaolin, bentonite clays Kaolin, bentonite clay Bio energy complex™, royal jelly extract Vegetable glycerin, aloe leaf extract, shea butter, honey, jojoba seed oil, vitamin e, vanilla planifolia extract, cocoa seed extract Tea tree oil Volcanic lava, lotus extract, honeyweed extract, sea clay extract, western oilseed rape extract, jeju bamboo extract Glycolic Acid (AHA), PHA, glucono lactone Fluidacti Kaolin, microbead, wheat starch
Klaim Melembabkan, mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih Mengatasi jerawat, wajah berminyak, komedo, dan pori-pori besar Mengatasi jerawat dan kemerahan, mengecilkan pori, membersihkan komedo Mencerahkan, mengangkat sel kulit mati dan komedo, melembabkan Melembabkan, antioksidan, mencerahkan Mengatasi jerawat, noda hitam, dan pori-pori tersumbat Menstabilkan minyak di wajah dan menghilangkan komedo Mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengatasi jerawat dan komedo, mengecilkan pori-pori Meredakan jerawat dan komedo, mengencangkan pori-pori, mencerahkan, dan menghaluskan kulit Menghilangkan komedo dan jerawat batu
Ukuran 60 g 175 mL 125 g 60 g 60 mL 125 mL 140 mL 100 mL 100 mL 150 mL
Kisaran harga Rp91.300 Rp96.800 Rp132.000 Rp167.000 Rp120.000 Rp269.000 Rp210.000 Rp195.000 Rp258.500 Rp220.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di ShopeeCek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Informasi Tambahan dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

blank

Panduan aman dalam melakukan face scrubbing

Tindakan eksfoliasi jika dilakukan dengan kurang tepat dapat menyebabkan masalah pada kulit, misal kering, iritasi, luka, dan jerawat.

  • Do’s: Start low and slow. Gunakan scrub yang gentle/lembut, frekuensi jarang, dan setelah scrubbing oleskan pelembap untuk mengembalikan barrier kulit yang rusak dan sunscreen.
  • Don’t’s: Berjemur, bercukur, dan menggosok wajah terlalu kencang.

Hentikan penggunaan skincare yang bersifat di bawah ini selama 3-5 hari setelah tindakan scrubbing dilakukan:

  1. Mengandung exfoliating agent lain,
  2. Bahan lain yang menyebabkan stinging sensation dan memiliki pH terlalu asam.
  3. Bahan yang menyebabkan kemerahan atau terjadi resiko pengelupasan kulit.
Perhatikan reaksi kulit. Bila muncul tanda iritasi, hentikan tindakan. Gunakan moisturizer/soothing/calming cream. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi bila belum ada perbaikan kondisi kulit.

Kesimpulan

Mengeksfoliasi kulit dengan face scrub akan membuat tampilan kulit Anda lebih sehat dan terawat. Namun, menerapkan face scrub terlalu sering justru bisa menyebabkan kulit muka menjadi tipis serta rentan terhadap iritasi. Gunakan face scrub secara teratur sesuai kebutuhan kulit dan anjuran para ahli.

Untuk hasil yang maksimal, pilihlah face scrub sesuai kebutuhan kulit Anda. Apabila Anda belum terlalu yakin dengan produk yang diinginkan, belilah kemasan kecil untuk melakukan uji sensitivitas produk terhadap kulit. Semoga artikel ini berhasil mengantarkan Anda menemukan face scrub terbaik!

You may also like

Comments are closed.