Written by 10:50 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik

Secara alami, diperlukan kurang lebih 28 hari bagi kulit untuk meregenerasi sel mati. Sebenarnya, ada cara yang bisa ditempuh untuk mempercepat prosesnya, salah satunya menggunakan body scrub. Anda dapat meluruhkan sel mati untuk menikmati kulit yang bersih, lembut, dan terasa segar lebih cepat.

The Body Shop, Soap & Glory, Cocona Care, dan ElsheSkin mengeluarkan body scrub dengan jenis, aroma, dan kandungan beragam. Sebab tidak semua body scrub cocok dengan Anda, kami akan menerangkan poin-poin penting saat memilih body scrub. Setelahnya, body scrub terbaik versi PickyBest kami rekomendasikan untuk Anda!

Peran Penting Body Scrub dalam Pemeliharaan Kulit

Sel-sel kulit mati biasanya berada di lapisan teratas kulit atau epidermis. Seperti disinggung sebelumnya, regenerasi kulit terjadi setiap 28 hari sekali sebelum diganti sel-sel baru yang halus dan segar. Akan tetapi, proses regenerasi ini terkadang kurang sempurna sehingga meninggalkan sel-sel mati pada kulit.

Penumpukan sel kulit mati dapat mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari kulit kusam hingga timbulnya jerawat. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kulit Anda bersih dari sel-sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi. Salah satu metode eksfoliasi yang bisa Anda lakukan adalah body scrubbing.

Dengan menggunakan body scrub, sel-sel kulit mati di epidermis akan terkikis. Frekuensi penggunaan body scrub perlu disesuaikan dengan tekstur butirannya. Jika body scrub Anda berbutiran lembut dan kecil, lakukanlah eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu. Sedangkan, jika butirannya besar dan kasar, cukup satu kali setiap minggunya.

Cara Memilih Body Scrub

Pilihlah body scrub sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, ada baiknya Anda ketahui fungsi dari kandungan setiap produk. Jika Anda masih belum yakin dengan pilihan body scrub Anda, perhatikan poin-poin penting dalam memilih body scrub di bawah ini!

Pilih Jenis Scrub sesuai Kebutuhan dan Kondisi Kulit Anda

Untuk memaksimalkan perawatan, pilihlah jenis scrub sesuai kebutuhan dan kondisi kulit Anda.

Sugar Scrub: Butiran Halus yang Cocok untuk Kulit Kering dan Rentan Iritasi

Scrub yang berasal dari gula bertekstur lebih halus dan lembut dibandingkan scrub lain. Karena sifatnya yang gentle, Anda dengan kulit sensitif dapat menjadikannya pilihan. Sugar scrub dapat pula diaplikasikan pada area kulit yang tipis seperti ketiak, payudara, dan wajah.

Tak hanya cocok untuk kulit sensitif, sugar scrub juga cocok untuk kulit kering. Sebagai tambahan informasi, gula termasuk humektan alami yang mampu menjaga kelembapan kulit. Jadi, selain melembutkan kulit, scrub jenis ini juga memastikan kulit Anda terhidrasi.

Salt Scrub: Melembutkan dan Mencerahkan Kulit dari Tumpukan Sel Mati

Scrub dari garam menawarkan daya eksfoliasi paling baik. Tak hanya menyingkirkan sel-sel kulit mati, kandungan garam sanggup mengikis penumpukan keratin penyebab kulit kasar dan tebal. Bila Anda memiliki kulit kasar dan gelap di bagian tumit, lutut, atau siku, salt scrub dapat meninggalkan kulit lembut serta cerah.

Oleh karena butirannya yang kasar, salt scrub tidak cocok untuk area kulit tipis karena berisiko mengiritasi kulit. Anda dapat mengaplikasikan salt scrub di daerah punggung, dada, dan bahu. Selain untuk body scrub, memijat otot kaki yang lelah dengan salt scrub dapat memberi efek relaksasi.

Herbal Scrub: Alternatif yang Ramah untuk Segala Kondisi Kulit

Scrub yang berasal dari bahan herbal seperti rice bran, tanah liat, ubi jalar ungu, dan bamboo powder memiliki partikel halus, menjadikannya ramah untuk kulit sensitif. Apabila ada kekhawatiran terjadi iritasi, cobalah menggunakan herbal body scrub.

Tekstur halus serta ukuran partikel scrub yang kecil dapat mengelupas sel kulit mati dengan lembut. Hanya saja, daya abrasif herbal scrub termasuk paling rendah. Anda mungkin butuh melakukan eksfoliasi lebih sering untuk memaksimalkan hasilnya.

Supaya Praktis, Pilihlah Body Scrub yang Diperkaya Pelembap

Pada dasarnya, body scrub mengikis lapisan terluar kulit. Secara bersamaan, skin barrier atau ketahanan kulit ikut berkurang. Makanya, tak jarang kulit menjadi kering serta rentan memerah sehabis eksfoliasi. Untuk mencegahnya, Anda perlu memilih body scrub yang dibekali komponen pelembap.

Bahan-bahan pelembap yang bisa Anda pilih antara lain jojoba oil, shea butter, dan madu. Anda juga dapat menggunakan sugar body scrub yang sekaligus memberi efek lembap. Jika body scrub Anda tidak memiliki kandungan pelembap, aplikasikan pelembap terpisah setelah melakukan eksfoliasi.

Pilih Body Scrub dengan Aroma Favorit atau Tanpa Aroma?

Jika Anda mempunyai aroma favorit tertentu, pilihlah body scrub dengan aroma tersebut. Bingung menentukan? Cobalah memilih body scrub beraroma musk, lavendel, atau kopi untuk Anda yang menginginkan efek relaksasi.

Uniknya, beberapa produk mempunyai aroma pedas yang diklaim efektif membantu mengencangkan kulit. Walau demikian, Anda juga dapat memilih body scrub tanpa pewangi. Produk bebas pewangi cocok untuk Anda yang menghindari kandungan pewarna, minyak mineral, dan alkohol.

Tentukan Ukuran dan Bentuk Kemasan sesuai Penggunaan

Kemasan body scrub dibedakan menjadi bermacam jenis. Selain kemasan jar yang umum, Anda akan menemukan body scrub berkemasan tube dan sealpack. Body scrub dalam kemasan jar cocok untuk Anda yang ingin mengaplikasikan scrub ke seluruh tubuh. Hanya saja, kemasan jar dinilai kurang higienis.

Di sisi lain, body scrub berkemasan tube dapat menjaga kualitas isi dari sentuhan tangan langsung, ataupun terkena air. Untuk kemasan sealpack atau pouch yang biasanya berukuran kecil, cocok untuk Anda yang ingin memastikan kecocokan produk.

10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik

Di bagian ini, kami memilihkan Anda sepuluh body scrub terbaik dari berbagai merek. Selamat menentukan!

1. Ovale Lulur Bali – Milk

Sumber: Kino.co.id

Alternatif murah untuk perawatan di rumah

Saat tidak sempat ke tempat spa untuk lulur, Anda dapat menggunakan body scrub dari Ovale ini sebagai opsi perawatan di rumah. Terbuat dari scrub susu yang lembut, produk ini mampu menggantikan sel-sel mati untuk kulit lebih segar.

Selain merelaksasi diri, Ovale Lulur Bali varian Milk ini akan membuat kulit Anda semakin lembut dan cerah berseri. Wangi yang diperkaya natural aromatic oil juga membantu Anda menenangkan pikiran.

Jenis scrubMilk scrub
PelembapOlive oil
AromaNatural aromatic oil
KemasanJar
Ukuran100 g
Kisaran hargaRp23.200

2. The Body Shop Olive Cream Body Scrub

Sumber: Thebodyshop.co.id

Terbuat dari organic olive oil dengan tekstur krim lembut

Jika Anda selalu mempertimbangkan nilai etis dan tanggung jawab sosial perusahaan dari produk yang Anda pakai, kami sangat menyarankan body scrub satu ini. Setiap pembeliannya, Anda telah berkontribusi menyejahterakan petani olive oil di Italia.

The Body Shop Olive Cream Body Scrub bertekstur creamy, cocok untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering, sangat kering, dan sensitif. Cukup balurkan dan pijat lembut membentuk lingkaran, scrub-nya akan meluruhkan sel kulit mati. Hasilnya, kulit yang lembut dan halus pun tercipta!

Jenis scrubButiran beras, kacang walnut
PelembapOlive oil
AromaMediterranean floral
KemasanJar
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp299.000

3. Oriflame Milk & Honey Gold Smoothing Sugar Scrub

Perhalus tekstur kulit sekaligus jaga kelembapannya

Butiran scrub produk ini terbuat dari gula untuk proses eksfoliasi lembut tanpa menimbulkan iritasi. Kandungan susu di dalamnya kaya vitamin, mineral, dan protein untuk melembapkan serta memberi efek halus pada kulit.

Selain susu, body scrub ini juga diinfus madu yang membawa kebaikan vitamin, mineral, dan asam folat untuk membantu proses eksfoliasi kulit dengan lembut. Hanya satu sampai dua kali seminggu, produk ini akan menjaga tampilan segar kulit Anda!

Jenis scrubSugar scrub
PelembapGlycerin, madu, susu
AromaJasmine/melati
KemasanTube
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp169.000

4. Frank Body The Original Coffee Scrub

Sumber: Frankbody.com

Kembalikan kondisi kulit mulus Anda

Kulit Anda sering breakout, terdapat bekas luka, selulit, atau stretch mark yang tak kunjung hilang? Frank Body The Original Coffee Scrub dapat menjadi salah satu solusi. Berasal dari bahan dasar kopi, body scrub berkemasan pouch ini cocok dikenakan oleh vegan atau Anda yang mengutamakan produk berbahan natural.

Dilengkapi almond oil sebagai antioksidan, body scrub ini memberi efek hydrating seusai penggunaan. Vitamin E ditambahkan ke dalamnya untuk melindungi kulit dari radikal bebas, serta membantu pudarkan bekas luka. Terakhir, terkandung sea salt sebagai antibakteri yang baik dalam melawan jerawat punggung.

Jenis scrubCoffee scrub, sea salt scrub
PelembapVitamin E, almond oil
AromaKopi
KemasanPouch/sealpack
Ukuran200 g
Kisaran hargaRp375.000

5. Tiff Body Scrub in Butter Original Coffee

Aman untuk ibu hamil dan menyusui

Body scrub satu ini dapat diaplikasikan ke kulit badan dan wajah. Tiff mengandalkan kopi dan kakao sebagai bahan pembentuk scrub-nya. Selain kopi, terdapat pula shea butter, almond oil, dan argan oil untuk mengunci kelembapan kulit. Anda yang sedang hamil atau menyusui tetap bisa menggunakan produk ini.

Satu yang sulit Anda temukan dari produk lain, body scrub ini membantu memudarkan bekas gigitan nyamuk, meredakan eksem, dan melancarkan peredaran darah. Oleh karena mengandung antioksidan, produk ini berperan sebagai anti-aging alami juga, lho!

Jenis scrubCoffee scrub
PelembapAlmond oil, argan oil, shea butter
AromaKopi
KemasanJar
Ukuran120 g
Kisaran hargaRp150.000

6. ElsheSkin Milk Body Scrub

Sumber: Shopee.co.id

Diperkaya dengan retinol yang ampuh memelihara keremajaan kulit

Apakah keberadaan garis halus dan bintik hitam menurunkan kepercayaan diri Anda? Jika iya, ElsheSkin menawarkan body scrub yang mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut. Produk ini bertekstur menyerupai losion dengan butiran scrub melimpah.

Saat diaplikasikan ke kulit, Anda cukup memberi pijatan lembut, kulit mati pun langsung terangkat tanpa menyebabkan iritasi. Berkat kandungan retinol, vitamin E, dan hydrolyzed milk protein-nya, produk ini menghasilkan kulit lebih halus, lembut, dan cerah!

Jenis scrubMilk scrub
PelembapVitamin E, susu
AromaMilky
KemasanJar
Ukuran250 g
Kisaran hargaRp99.000

7. Ratu Mas Lulur Kocok – Seruni

Terbuat dari bahan herbal untuk berikan efek brightening

Apabila Anda dilanda stres karena aktivitas yang padat, mari tenangkan pikiran bersama body scrub Ratu Mas satu ini. Bahan-bahan alami yang terdiri dari temu giring, kemuning, kunyit, dan bunga kenanga mengeluarkan aroma herbal menenangkan.

Selain aromanya yang memberi efek relaksasi, kombinasi bahan-bahan herbal menawarkan performa baik dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Bagi Anda yang menyukai wewangian rempah, jangan lewatkan Ratu Mas Lulur Kocok – Seruni!

Jenis scrubHerbal scrub
PelembapPropylene glycol, glyceryl stearate
AromaRempah-rempah
KemasanBotol
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp26.000

8. Scarlett Body Scrub – Romansa

Sumber: Shopee.co.id

Cerahkan kulit Anda dengan produk lokal kepercayaan wanita Indonesia

Produk satu ini terkenal akan kemampuan mencerahkan kulit berkat kandungan glutathione di dalamnya. Tidak sekadar membuat kulit cerah, keberadaan vitamin E pada produk ini turut menutrisi dan memelihara kelembapan kulit. Kesegaran aroma floral menjadi nilai lebih produk ini.

Sebagai produk lokal, Scarlett Body Scrub varian Romansa termasuk salah satu yang best seller di Indonesia. Scrub-nya mudah diratakan, membuat Anda hanya perlu waktu maksimal 3 menit untuk melakukan perawatan. Setelahnya, kulit terasa bersih, lembap, dan halus tanpa residu yang menyebabkan efek licin.

Jenis scrubTidak disebutkan
PelembapVitamin E
AromaFloral fresh
KemasanJar
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp75.000

9. Cocona Care Body Scrub – Coconut

Solusi kulit mulus dan glowing bagi Anda yang berkulit kering

Anda bermasalah dengan kulit cukup kering? Hentikan keresahan Anda sekarang dengan body scrub ini! Mengandung virgin coconut oil, bubuk beras, dan biji alpukat, Cocona Care Body Scrub – Coconut memastikan kulit Anda cerah sekaligus lembap, tak peduli sekering apa pun kondisinya.

Salah satu kandungannya, yakni virgin coconut oil, menghadirkan aroma kelapa khas pantai pulau tropis. Sebagai brand yang mengutamakan bahan alami, Cocona Care menjamin produk ini bebas paraben, mineral oil, paraffin oil, silicone, dan pewarna buatan.

Jenis scrubButiran beras, biji alpukat
PelembapVirgin coconut oil, shea butter
AromaCoconut
KemasanJar
Ukuran240 g
Kisaran hargaRp195.000

10. Soap & Glory Flake Away Body Scrub

Sumber: Ulta.com

Bantu atasi kulit bersisik

Bila Anda menginginkan body scrub dengan aroma musk dan amber yang lembut, produk dari Soap & Glory satu ini perlu dijadikan wish list. Selain kedua aroma tersebut, terpancar pula keharuman fresh bergamot, mandarin, peach, stroberi, dan jasmine.

Body scrub besutan Soap & Glory ini optimal dalam menghilangkan efek kulit bersisik akibat tumpukan sel mati. Tekstur kulit kasar pun seketika halus pasca perawatan dengan produk ini.

Jenis scrubSugar scrub, sea salt scrub
PelembapShea butter, sweet almond oil
AromaFruity floral
KemasanJar
Ukuran300 mL
Kisaran hargaRp357.000

Lihat juga rekomendasi produk scrub lainnya di sini!

Scrub adalah proses peluruhan sel mati pada lapisan terluar kulit. Pada post ini kita telah membahas perihal body scrub. Selain body scrub, Anda perlu memelihara kesegaran sel kulit wajah dan bibir.

Face scrub dan lip scrub merupakan produk yang tepat untuk kedua fungsi tersebut. Di dalam artikel-artikel berikut, kami telah membahas poin pemilihan sekaligus rekomendasi face scrub dan lip scrub terbaik. Silakan dipilih!

10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik
10 Rekomendasi Lip Scrub Terbaik

Kesimpulan

Sejauh ini, Anda telah memahami bagaimana menentukan body scrub yang tepat. Sepuluh produk terbaik juga kami rekomendasikan untuk Anda. Terkait penggunaannya, pastikan Anda mengikuti panduan pakai yang tertera. Gunakanlah body scrub di kamar mandi pada kulit yang telah dibersihkan.

Dalam seminggu, cukup satu atau dua kali menggunakan body scrub. Supaya tidak kecewa dengan suatu produk, pilihlah yang berukuran kecil terlebih dulu. Di samping itu, kami juga menyarankan Anda membaca review pengguna lain terhadap suatu produk. Semoga Anda tidak salah pilih, ya!

(Visited 530 times, 14 visits today)