Written by 13:27 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Bedak untuk Kulit Berminyak Terbaik

Nars Soft Velvet Loose Powder

Kulit wajah sejatinya memang perlu mengeluarkan minyak wajah (sebum) untuk melindungi dan melembabkan kulit. Tapi jika produksi sebum berlebihan sampai-sampai tidak bisa terkontrol, maka hal tersebut bisa menjadi masalah. Penggunaan kosmetik yang tepat harus disesuaikan agar tidak memperburuk kondisi wajah berminyak. Seperti penggunaan bedak untuk kulit berminyak terbaik, Anda juga perlu mengetahui bagaimana kriteria produk yang tepat.

Apabila Anda punya wajah yang berminyak, maka pastikan bedak tersebut mempunyai label non-comedogenic atau non-acnegenic. Kedua jenis bedak tersebut akan membantu mencegah wajah mengalami bruntusan, komedo, atau bahkan jerawat. Selain itu, bedak jenis tersebut juga dapat mengurangi minyak berlebih di wajah dan tidak menyumbat pori-pori. Alternatif lain, Anda juga bisa mencari produk bedak untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan formula matte translucent. Pastikan setiap bedak tersebut tidak mengandung bahan dasar minyak (oil free).

Cara Memilih Bedak untuk Kulit Berminyak

Pada bagian ini, kami akan memaparkan trik memilih bedak terbaik untuk kulit berminyak. Apa kiranya poin-poin penting yang perlu ditengok sewaktu membeli produk? Selengkapnya dapat Anda lihat berikut ini!

Pilihlah Bedak Tabur yang Lebih Unggul dalam Mengontrol Minyak

Bedak tabur merupakan kosmetik yang sangat direkomendasikan untuk wanita pemilik kulit berminyak. Pasalnya, partikel bubuk bedak bertindak mengamini kebutuhan kulit wajah berminyak dengan melakukan covering wajah secara menyeluruh. Bubuk bedak tabur dapat menyebar dengan rata untuk membantu menyerap minyak yang membuat makeup luntur dalam waktu singkat.

Di samping berdaya coverage lebih baik untuk kebutuhan wajah berminyak, bedak tabur juga mengandung mineral yang baik untuk kulit. Bila Anda berencana membeli bedak tabur, periksalah kemasannya. Pilih wadah yang bertutup rapat sehingga bedak tidak akan tumpah saat Anda bawa bepergian. Kemudian, siapkan juga aplikator kuas besar untuk memulas bedak tabur karena jenis tersebut yang terbaik.

Utamakan yang Berformula Ringan dan Memiliki Label Non-comedogenic

Keluhan paling umum yang dilontarkan oleh perempuan dengan kulit wajah berminyak adalah sulitnya menghindari komedo dan jerawat. Masalah pembentukan bintik yang mengganggu tampilan wajah ini wajar karena tumpukan minyak lama-kelamaan mengundang bakteri penyebab jerawat. Untuk itulah penting bagi Anda memilih bedak berstatus non-comedogenic.

Bedak non-comedogenic tidak tersusun dari bahan-bahan yang memicu penyumbatan pori-pori wajah. Selain label non-comedogenic, upayakan pula mencari bedak berjenis non-acnegenic yang secara khusus membantu pencegahan jerawat semakin parah. Bila memungkinkan, belilah bedak yang mudah diaplikasikan dan selama penggunaan tidak menggumpal.

Jika Ingin Menggunakan Bedak Padat, Pilihlah yang Mengandung Formula Oil Control

Walau bedak padat kurang ideal untuk kulit berminyak, Anda tetap bisa memilih bedak padat dengan syarat mengantongi formula pengontrol minyak dan tidak dibekali properti foundation. Bahan-bahan oil control akan mencegah minyak menembus lapisan riasan dan merusaknya, serta membuat wajah terlihat halus dan matte. Kemudian, absennya komponen foundation akan membuat makeup Anda tetap natural dan tidak tebal.

Bagi Anda yang khawatir mengotori isi tas, bedak padat dengan formula oil control dapat menjadi alternatif bedak tabur. Untuk mengatasi kebingungan saat memilih, kami sarankan Anda mencari bedak padat yang mencantumkan keterangan “matte” atau “no-sebum” pada nama produk atau klaimnya. Jangan lupa untuk mengecek daya tahan produk dengan membaca review dari pengguna lain, ya!

10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak

Di Indonesia sendiri Anda bisa dengan mudah mendapatkan bedak yang cocok untuk kulit wajah berminyak. Berbagai pilihan merek lokal ataupun bukan tersedia, seperti Innisfree, Revlon, Make Over, Clinique, dan Ultima II. Apabila Anda belum menemukan produk yang tepat, kami sarankan Anda melihat rekomendasi bedak untuk kulit berminyak terbaik yang sudah kami rangkum berikut ini.

1. LA Girl Pro Face Matte Pressed Powder

Bedak padat yang terasa ringan untuk wajah berminyak

Jangan sampai Anda memilih produk kosmetik yang salah agar kulit berminyak di wajah tidak bertambah parah. Oleh karena itu, kami sarankan Anda menggunakan LA Girl Pro Face Matte Pressed Powder. Anda bisa memperoleh hasil riasan yang terlihat flawless sepanjang hari dengan memakai produk ini. Cukup mengaplikasikan dengan brush, Anda sudah bisa memperoleh tampilan yang sempurna. Pastinya, produk ini juga terasa ringan di wajah.

LA Girl juga menawarkan kemampuan menahan minyak dan coverage yang tinggi melalui produk ini. Dengan dua kelebihan tersebut, maka Anda yang punya kondisi wajah berminyak sangat ideal untuk menggunakan produk ini sebagai kosmetik sehari-hari. Anda juga tak perlu khawatir soal efek negatif yang mungkin dihasilkan karena bedak terbaik untuk kulit berminyak ini dipastikan tidak akan menyebabkan timbul jerawat dan komedo.

JenisBedak padat
Ukuran7gr
Kisaran hargaRp179.000

2. Innisfree No Sebum Mineral Powder

Mengendalikan sebum tanpa menghilangkan kelembapan kulit

Sudah dipakai lebih dari ribuan wanita Indonesia, menjadikan produk ini sebagai salah satu bedak untuk muka berminyak best seller dibandingkan produk serupa lainnya. Innisfree No Sebum Mineral Powder dirancang untuk keperluan wajah berminyak dengan cara kerja mengontrol produk sebum. Tekstur yang lembut dari bedak ini membuatnya nyaman saat menempel di kulit wajah.

Selain ampuh untuk mengendalikan kelebihan minyak pada wajah, Innisfree No Sebum Mineral Powder juga menjamin kulit wajah Anda terjaga kesegarannya. Meskipun bekerja menahan sebum, produk ini tidak akan membuat wajah kehilangan kelembaban alaminya. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu untuk menggunakan produk ini. Hasil akhir yang matte juga dapat diperoleh dengan pemakaian bedak unggulan Innisfree ini.

JenisBedak tabur
Ukuran5gr
Kisaran hargaRp63.000

3. Laura Mercier Loose Setting Powder

Sangat baik dalam menutupi kekurangan pada wajah

Meskipun mahal, Laura Mercier Loose Setting Powder tetap laku di pasaran. Dengan harga jual yang mencapai setengah juta, tentu membuat produk ini memasuki kelas premium dalam jajaran bedak untuk kulit wajah berminyak. Sebagaimana loose powder terlaris lainnya, Laure Mercier Loose Setting Powder juga mempunyai formulasi ringan yang dapat membaur secara merata pada kulit wajah.

Hasil yang ditampilkan setelah pemakaian bedak ini adalah matte dengan sentuhan sheer. Bagi Anda yang sudah didatangi dengan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan wajah, atau bentuk ketidaksempurnaan warna kulit juga bisa menggunakan produk ini. Tingkat coverage yang sangat baik dari Laura Mercier Loose Setting Powder akan menyamarkan kekurangan pada wajah. Dengan begitu, maka rasa percaya diri Anda dapat terpupuk kembali!

JenisBedak tabur
Ukuran29gr
Kisaran hargaRp598.000

4. MAC Blot Powder Pressed

Suguhkan pesona menakjubkan berupa wajah “bebas dosa”

Diklaim dapat mengontrol minyak hingga belasan jam, MAC Blot Powder Pressed langsung diburu oleh para wanita di Indonesia. Bedak yang dirancang dengan tekstur padat ini bekerja dengan memberikan warna rata pada kulit. Partikel bedak yang tipis dapat menyempurnakan riasan wajah dengan hasil yang alami dan sheer. Jika Anda masih belum menemukan bedak yang awet untuk kulit berminyak terbaik, maka disarankan untuk mencoba produk unggulan MAC ini.

MAC Blot Powder Pressed sudah dijamin aman karena telah melewati proses uji dermatologi. Hasil yang diperoleh pun menakjubkan, kulit wajah mendapatkan tampilan yang tanpa cela serta tidak menimbulkan jerawat setelah pemakaian berhari-hari. Anda bisa menggunakan bedak padat ini sebagai setting makeup untuk mendatangi acara-acara resmi ataupun tidak resmi.

JenisBedak padat
Ukuran12gr
Kisaran hargaRp420.000

5. Nars Soft Velvet Loose Powder

Mengantongi formula pengontrol minyak yang terbukti ampuh

Setelah menggunakan foundation favorit, jangan lupa untuk melanjutkan proses touching makeup dengan Nars Soft Velvet Loose Powder. Tujuannya agar alas bedak bisa bertahan lebih lama di wajah. Bedak untuk kulit berminyak dan jerawat persembahan Nars ini bukan hanya mampu bekerja sebagai setting foundation, tetapi juga menawarkan efek anti aging seperti menyamarkan tampilan garis halus dan pori-pori wajah besar. Kemampuan tersebut hadir lewat teknologi bernama soft focus finish dari produk ini.

Bicara mengenai oil control-nya, Nars Soft Velvet Loose Powder ini sudah dibuktikan oleh banyak wanita sebagai bedak yang ampuh untuk menahan minyak berlebih pada wajah seharian. Pada kondisi cuaca yang cukup ekstrim, bedak tabur dari Nars ini akan sangat membantu menjaga riasan wajah terhadap tampilan kilap akibat minyak yang tak terkontrol. Dengan segudang keunggulannya, tentu tidak ada alasan lagi untuk Anda melewatkan kosmetik untuk wajah berminyak ini.

JenisBedak tabur
Ukuran10gr
Kisaran hargaRp605.000

6. Revlon Touch & Glow

 

Membuat kulit wajah halus dengan warna rona merata

Punya kulit normal cenderung berminyak atau kombinasi? Gunakan saja Revlon Touch & Glow ini. Diklaim sebagai bedak tabur yang dapat mengeliminasi kilap, membuat wajah Anda tampak sempurna saat ditatap oleh banyak pasang mata. Tekstur yang halus dengan formulasi bahan yang terjamin kualitasnya, Revlon Touch & Glow sangat ringan di wajah. Bahkan, Anda serasa tidak seperti menggunakan makeup!

Bedak untuk kulit berminyak dan kusam dari Revlon ini menawarkan sejumlah performa seperti meratakan warna rona kulit. Lewat formulasi spesial menjadikan produk ini dapat mengontrol minyak sekaligus melembabkan kulit wajah dalam jangka waktu cukup lama. Belum selesai sampai situ, produk ini juga punya kandungan khusus yang dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah Anda. Revlon Touch & Glow tersedia dalam 3 varian warna, yakni creamy beige, creamy ivory, dan soft beige.

JenisCushion
Ukuran24gr
Kisaran hargaRp63.000

7. Make Over Silky Smooth Translucent Powder

 

Dilengkapi moisturizer untuk cegah dehidrasi pada kulit wajah

Tidak suka dengan produk kosmetik yang memberi kesan berat pada wajah? Tenang, Anda mempunyai alternatif bedak untuk kulit berminyak remaja yang ringan di wajah dari Make Over. Tekstur yang lembut dari kosmetik ini dapat Anda gunakan sebagai setting makeup sehari-hari. Sesuai dengan namanya, Make Over Silky Smooth Translucent Powder ini dapat memberikan warna cerah yang merata pada kulit wajah Anda.

Moisturizer yang terkandung dalam produk ini mempunyai kemampuan untuk melembabkan dan menjaga dehidrasi kulit dengan sangat baik. Dengan dukungan high performance particle powder, produk ini tidak akan menyumbat pori-pori meskipun mampu menahan produksi sebum dengan level yang optimal. Make Over Silky Smooth Translucent Powder tersedia dalam 5 varian warna yaitu porcelain, rosy, champagne, toffee, dan snow.

JenisBedak tabur
Ukuran35gr
Kisaran hargaRp120.000

8. Clinique Stay-Matte Sheer Pressed Powder

Sudah satu paket dengan cermin dan aplikator berbentuk spons

Sedang mencari bedak padat untuk kulit berminyak? Kami rekomendasikan Clinique Stay-Matte Sheer untuk Anda. Bedak padat dari Clinique ini mempunyai formula khusus yang dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Hasil matte yang sempurna ditawarkan oleh produk ini lewat tekstur yang ultra-sheer dari tiap partikel bedak yang dihasilkan. Ingin memperoleh hasil riasan yang cerah bersinar? Produk ini juga bisa diandalkan!

Clinique Stay-Matte Sheer Pressed Powder memungkinkan Anda untuk melakukan re-touch up makeup tanpa harus melakukannya dari lapisan paling bawah. Anda bisa menggunakan produk ini pada seluruh wajah atau khusus pada daerah yang berminyak. Clinique menyertakan spons atau kuas bedak sebagai alat untuk membaurkannya di wajah. Untuk kulit kombinasi atau berminyak, Anda bisa serahkan urusan atur mengatur riasan dengan bedak ini.

JenisBedak padat
Ukuran7,6gr
Kisaran hargaRp385.000

9. Palladio Rice Powder

Cocok juga untuk kulit kering dengan garis-garis halus!

Tidak punya budget lebih tapi tetap menginginkan produk bedak untuk kulit berminyak dan berkomedo terbaik?  Tenang, kami punya alternatif produk dari Palladio. Dapat diaplikasikan dengan spons atau kuas, menambah nilai praktis dari pemakaian produk ini. Sebagai tambahan untuk setting makeup atau dipakai sendirian, Palladio Rice Powder bisa melakukannya! Bedak ini sebenarnya bukan hanya bisa untuk kulit berminyak, untuk kulit normal, kering, sensitif, dan kombinasi juga bisa.

Untuk kulit yang kering disertai garis halus, bedak ini bisa menyamarkan kekurangan tersebut sehingga kulit wajah jadi kelihatan mulus. Meskipun murah, Palladio Rice Powder termasuk salah satu produk yang cukup sulit dicari di gerai-gerai atau drugstore terdekat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membeli produk ini secara di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya.

JenisBedak tabur
Ukuran17gr
Kisaran hargaRp197.000

10. Ultima II Wonder Wear Pressed Powder

Berikan hasil matte dan glowing yang tampak alami tanpa efek keabuan

Bedak padat dari Ultima II diklaim mampu menahan minyak dan riasan wajah hingga 18 jam pemakaian. Kilap wajah akibat keringat dan sebum bisa terkontrol dengan baik oleh produk ini. Tampilan matte ditawarkan oleh Ultima II tanpa menyebabkan efek kulit yang kering dan kaku. Produk ini selain cocok untuk kulit yang berminyak, juga bisa dipakai oleh Anda dengan kondisi kulit yang normal.

Kemampuan coverage dari Ultima II Wonder Wear Pressed Powder terbilang sangat bagus. Selain memberi hasil matte, bedak padat untuk kulit berminyak ini juga menghasilkan efek glowing alami tanpa disertai warna keabuan. Anda bisa membawa produk ini kemana-mana dengan menyimpannya dalam pouch karena bersifat travel friendly. Butuh base makeup yang dapat menahan riasan wajah seharian? Serahkan saja pada Ultima II Wonder Wear Pressed Powder!

JenisBedak padat
Ukuran10gr
Kisaran hargaRp185.000

Tips Makeup Tahan Lama pada Kulit Wajah Berminyak

Berhasil menemukan bedak terbaik untuk kulit berminyak Anda? Baiklah, langkah berikutnya yang kami rasa penting untuk Anda ketahui adalah bagaimana membuat riasan tahan lebih lama di wajah Anda yang berminyak. Selengkapnya terangkum di section ini!

Bersihkan Kulit Wajah agar Makeup Tidak Cepat Luntur

Sebelum mengaplikasikan bedak, terlebih dahulu bersihkan kulit wajah Anda dari minyak yang melekat. Caranya dengan memakai pembersih wajah yang diformulasi bahan khusus untuk mengangkat minyak dan kotoran, biasanya berbentuk facial foam dengan busa melimpah.

10 Merek Pembersih Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Setelah Bersih, Kompres Seluruh Wajah dengan Es Batu

Kulit wajah sudah bersih dan terasa kesat? Mari kompres dengan es batu secara merata ke seluruh wajah Anda. Proses ini bertujuan mengencangkan dan mengecilkan pori-pori wajah yang kemudian berdampak pada terkontrolnya minyak wajah. Lakukan pengompresan es batu maksimal 3 – 5 menit, ratakan es batu secara perlahan.

Aplikasikan Primer dan Pelembap pada Area yang Rentan Berminyak

Pasca mengompres wajah dengan batu es, berikutnya Anda perlu siapkan kulit wajah dengan mengaplikasikan makeup primer. Makeup primer tidak hanya efektif mengendalikan minyak, tetapi juga membantu pengecilan pori, meningkatkan kesan matte pada kulit berminyak, dan membuat foundation lebih tahan lama. Penggunaan primer di daerah rawan minyak semacam Zona T akan membantu makeup tetap stay untuk waktu lebih lama.

10 Merek Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Gunakan Foundation Berlabel Bebas Minyak untuk Tampilan Matte

Apakah Anda ingin membuat riasan menempel lebih sempurna di wajah? Kami harap Anda tidak keberatan mengenakan pelembap yang akan menjaga makeup lebih melekat. Gunakanlah pelembap bertekstur ringan dan berbahan dasar air atau oil free formula secara tipis. Setelah itu, barulah terapkan foundation yang juga berformula khusus melembapkan kulit dan oil free. Hindari pemakaian foundation dengan hasil akhir satin, shimmery, atau efek serupa yang menyebabkan wajah mirip kilang minyak.

10 Merek Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak

Terapkan Bedak, Lalu Kunci Makeup dengan Setting Spray

Berikutnya, aplikasikanlah bedak pada lapisan teratas. Lebih disarankan untuk menggunakan bedak tabur yang dapat menahan minyak lebih baik serta menjaga foundation lebih terkunci. Setelah terbaurkan secara merata, akhiri rangkaian ber-makeup dengan menyemprotkan setting spray yang berfungsi mengunci seluruh layer riasan tidak mudah rusak. Pakailah setting spray berjenis mattifying supaya tampilan wajah Anda lebih matte dan tidak mengilap, ya!

10 Merek Bedak Tabur Terbaik untuk Mengontrol Minyak
10 Merek Setting Spray Terbaik untuk Makeup Tahan Lama

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan bedak untuk kulit berminyak terbaik setelah penggunaan alas bedak atau tanpa alas bedak. Sebelum mengaplikasikannya, pastikan wajah dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Pada area-area yang mempunyai kelebihan minyak, seperti dagu, hidung, dan dahi dibersihkan dulu pakai kertas minyak, air hangat, atau toner. Disarankan saat meakaianya juga jangan berlebihan, tapi cukup pada area wajah yang berminyak saja sebagai set makeup atau touch up.

(Visited 53.734 times, 154 visits today)