Buku & Alat Tulis

10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik

Anda suka membuat kerajinan tangan dari kertas? Salah satu peralatan utama bagi perajin seperti Anda adalah lem kertas, yang digunakan untuk merekatkan kertas satu per satu beserta detail-detailnya. Lem yang Anda gunakan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan proyek Anda.

Jika Anda sedang mencari lem kertas, Anda bisa memilih di antara merek Joyko, Fox, Povinal, dan semacamnya. Sebaiknya Anda memilih lem dengan cara yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara memilih lem kertas sekaligus mendapatkan rekomendasi produk terbaiknya. Simak terus, ya!

Cara Memilih Lem Kertas

Jenis-jenis lem yang beredar di pasaran kini memiliki banyak pilihan variasi. Tidak hanya daya rekat, kepraktisan dan kenyamanan dalam penggunaannya pun diperhatikan oleh produsen. Secara umum, lem kertas terbagi berdasarkan tipe atau ukurannya. Mari kita bahas satu per satu karakteristiknya.

Pilih Berdasarkan Tipenya

Sekarang ini lem memiliki banyak jenis dan bentuknya, bisa berupa batangan, silikon, PVA, spray, tape, dan lain-lain. Anda dapat memilih sesuai kenyamanan Anda dalam menggunakannya. Ingatlah untuk selalu memperhatikan fungsi dan daya rekat lem tersebut.

Glue Stick: Ideal digunakan Untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

Tipe lem ini berbentuk batangan padat. Umumnya digunakan oleh perajin dan anak sekolah, karena mudah digunakan untuk membuat kartu atau permukaan yang lebih kecil. Terbuat dengan bahan dasar air, lem ini aman digunakan karena mudah dicuci, bebas racun, dan bebas asam.

Selain itu, lem batangan cepat kering dan tidak akan menimbulkan bekas berwarna. Jadi jangan khawatir bila Anda atau anak-anak melakukan kesalahan, karena lem tidak akan terlihat. Namun, daya rekat lem ini relatif kurang kuat, serta tidak bisa menempel pada bahan plastik.

PVA Glue: Lebih Mudah Dibersihkan Hanya Menggunakan Air dan Sabun

blank

PVA singkatan dari polyvinyl acetate, sebuah polimer kimia sintetis yang digunakan sebagai bahan dasar perekat. Lem PVA disebut juga dengan lem putih atau lem kayu, biasa digunakan untuk merekatkan kayu, kertas, atau kain. Dengan formula bahan yang ramah lingkungan, jenis lem ini aman digunakan dan tidak berbau.

Lem ini memiliki daya rekat yang relatif kuat meski tidak dapat digunakan untuk merekatkan benda berat seperti koin atau permata. Saat kering, lem tidak berwarna, serta mudah dibersihkan dengan sabun dan air. Perlu diingat, Anda harus menunggu lem ini benar-benar kering sebelum memindahkan hasil kerajinan Anda.

Glue Pen: Portabel dan Lebih Praktis digunakan

blank

Glue pen adalah perekat dengan tekstur cair yang dikemas dalam tabung berbentuk pena. Jika Anda memerlukan perekatan yang akurat dan presisi, lem jenis ini adalah pilihan yang tepat karena Anda dapat mengontrol banyaknya lem yang dikeluarkan.

Dengan keakuratan tersebut, lem jenis ini biasa digunakan untuk proyek seni dan kerajinan DIY. Dengan bentuknya yang ramping, glue pen mudah dibawa ke mana-mana dan praktis saat digunakan seperti Anda menggunakan pena.

Silicon Glue: Tahan terhadap Kelembapan, Panas, Pelapukan, dan Bahan Kimia

blank

Tipe lem yang satu ini memiliki daya rekat yang kuat. Silicon glue mampu mempertahankan bentuknya dan mengering seperti plastik atau karet. Selain bisa dipakai pada kertas, lem jenis ini juga dapat digunakan pada kaca dan busa.

Cocok untuk membuat kartu atau decoupage, lem jenis ini berwujud jernih, tidak berbau, dan bebas asam. Di samping itu, lem ini juga tahan terhadap kelembaban, panas, pelapukan, dan bahan kimia.

Spray Adhesive: Cocok Digunakan untuk Area yang Lebih Luas

blank

Jika Anda memerlukan perekat untuk digunakan pada area yang lebih luas, Anda dapat menggunakan lem jenis semprot ini. Seperti penggunaan alat semprot lainnya, lem ini sebaiknya digunakan di area terbuka atau berventilasi baik.

Saat menggunakannya, jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung. Dengan teknik penggunaan tersebut, jenis lem ini tidak cocok digunakan untuk membuat kartu atau kerajinan biasa.

Double-sided Tape: Memiliki Perekat Dua Sisi yang Mudah Digunakan

blank

Double-sided tape memiliki dua sisi perekat yang dapat merekatkan dua area permukaan sekaligus. Tersedia dalam bentuk gulungan dengan ukuran yang bervariasi, lem ini dapat digunakan pada kertas, papan, dan kartu.

Lem jenis ini sangat mudah dan cepat digunakan, karena Anda hanya tinggal menempelkan salah satu sisi perekatnya ke suatu permukaan benda, dan sisi lainnya lagi ke permukaan benda yang lain. Bekas perekatnya pun mudah dibersihkan.

Runner Tape: Untuk Penggunaan yang Lebih Bersih

blank

Lem yang satu ini terlihat rapi dan bersih. Mudah dan cepat saat digunakan, lem ini cocok dipakai untuk proyek anak-anak, sekolah, kantor, atau kerajinan rumah. Cara penggunaannya hanya perlu digulirkan, lem akan keluar dengan rapi sesuai gerakan Anda.

Karena menggunakan katrid isi ulang, lem ini tidak akan berceceran di tangan Anda atau pada permukaan benda yang Anda rekatkan. Runner tape ideal digunakan pada kertas foto dan permukaan yang sangat halus serta memerlukan perekatan yang presisi.

Pilih Berdasarkan Ukurannya

blank

Selain berdasarkan jenisnya, Anda juga perlu memilih berdasarkan ukurannya. Jika Anda sering membuat proyek seni atau kerajinan rumah, Anda bisa memilih ukuran lem yang besar agar lebih awet dan hemat biaya. Jadi Anda tidak harus sering-sering membeli lem.

Jika Anda tidak sering membuat proyek seni atau lebih banyak mengerjakan proyek kerajinan di luar rumah, Anda dapat memilih lem dengan ukuran kecil. Karena lem berukuran kecil lebih praktis dan mudah dibawa ke mana pun.

10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik

Kini Anda sudah mengenal jenis-jenis lem kertas. Hal berikut yang bisa Anda lakukan adalah belanja! Anda dapat memilih salah satu dari produk berikut yang telah kami kumpulkan sebagai referensi Anda. Ingat, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan cara memilih yang telah Anda baca di bagian atas.

1. JOYKO GS-100 Glue Stick

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mudah dan aman digunakan, praktis untuk dibawa

Anda tentu sudah familier dengan merek dari peralatan sekolah dan kantor yang satu ini. Joyko sudah terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan awet. Salah satu produknya adalah lem berbentuk batangan. Memiliki daya rekat yang kuat, Joyko GS-100 Glue Stick dijual dengan harga murah.

Karena berbahan non-toxic, lem ini aman digunakan oleh anak-anak saat mereka mengerjakan tugas kerajinan tangan dari sekolah. Bentuknya yang mungil membuatnya mudah dibawa dan muat dimasukkan ke dalam tas atau kantong.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai ukuran kemasan.
  • Harga relatif lebih murah.
  • Diproduksi oleh brand terkenal.
  • Mudah ditemukan di pasaran.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak disarankan untuk permukaan kertas yang sangat tebal.
Tipe Glue stick
Ukuran P: 8.2 cm x l: 2 cm, isi: 8 gr
Kisaran harga Rp2.210

2. Deli Adhesive Roller A490

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Merekat dengan rapi dan presisi, tanpa kotor dan bau

Ingin menggunakan perekat tapi tak ingin tangan Anda kotor terkena sisa lem? Solusinya adalah Deli Adhesive Roller A490, perekat yang bisa dipakai dengan cara digulirkan. Lem akan keluar dari mulut katrid dengan rapi dan presisi tanpa mengotori tangan Anda.

Memberikan pengalaman rolling yang sangat halus, lem ini juga tidak mengeluarkan bau menyengat serta cepat kering. Anda dapat menggunakannya untuk permukaan halus, seperti kertas, foto, cardboard, dan sebagainya. Jika lem sudah habis, Anda tinggal mengisi ulang ke dalam katrid yang ada.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam kemasan refill.
  • Tidak memiliki bau yang menyengat.
  • Dapat dilepas dengan mudah setelah dipasang.
  • Warna lem tidak meninggalkan kotor.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan lem sedikit kurang lengket.
Tipe Runner tape
Ukuran P: 6 mm x l: 8 m
Kisaran harga Rp12.000

3. Castol Contact Adhesive

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Serbaguna, dapat merekatkan berbagai bahan dengan kuat

Lem berikut ini berbahan dasar karet sintetis, disebut juga dengan lem kuning. Memiliki daya rekat yang tinggi dan tahan lama, lem ini dapat merekatkan bahan apa pun mulai dari kertas, karpet, tekstil, kayu, triplek, plastik, hingga keramik/porselen serta logam. Anda juga dapat merekatkan sol sepatu yang rusak dengan lem ini, hingga sepatu bisa digunakan lagi.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat pula digunakan untuk merekatkan kayu, triplek, gabus, tekstil, dan keramik.
  • Harga relatif lebih murah.
  • Tersedia dalam dua ukuran kemasan.
  • Free kuas untuk mengoleskan lem.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Produk agak sulit ditemukan di offline store.
Tipe Silicon glue
Ukuran 51 cc
Kisaran harga Rp9.999

4. FOX STiK Lem Putih PVAc

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Lem multifungsi untuk segala keperluan sekolah dan rumah tangga

Merek lem yang satu ini juga terkenal di Indonesia dengan kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi. Fox Stik Lem Putih PVAc merupakan lem yang bisa digunakan untuk merekatkan kertas, kain, karton, dan kayu. Anda dapat menggunakan lem ini untuk keterampilan sekolah dan keperluan rumah tangga.

Mengandung bahan yang rendah kimia dan ramah lingkungan, lem ini aman digunakan langsung dengan tangan. Karena setelah kering, lem akan mudah dikelupas dari tangan Anda, bahkan dapat mengelupas dengan sendirinya.

 2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Diproduksi oleh brand terkenal.
  • Dapat pula digunakan sebagai lem kayu.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.
Tipe PVA glue
Ukuran 60 gr
Kisaran harga Rp9.000

5. Deli Glue Stick Up Macaron

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Dengan desain menarik dan daya rekat kuat, tidak mengotori tangan

Deli Glue Stick Up Macaron memiliki bentuk seperti pena dengan desain dan warna yang menarik. Saat digunakan, lem tersalurkan secara halus ke permukaan benda yang akan direkatkan, sehingga tidak akan mengotori tangan.

Lem ini memiliki daya rekat kuat tapi mudah dicuci, cocok untuk digunakan pada permukaan halus atau kertas foto. Bahannya tidak mengandung asam dan pelarut, sehingga lem ini aman dipakai oleh anak-anak.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukuran dan bentuk sesuai genggaman tangan sehingga nyaman digunakan.
  • Mudah dibawa ke mana-mana.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.
Tipe Glue pen
Ukuran 2.2 gr
Kisaran harga Rp7.000

6. Povinal Liquid Adhesive

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Serbaguna untuk kayu, menjilid buku, hingga membuat slime

Untuk keperluan rumah, sekolah, kantor, atau kegiatan kerajinan lainnya, Anda tidak perlu menggunakan alat perekat yang berbeda-beda. Cukup satu lem, Povinal Liquid Adhesive, Anda dapat menggunakannya untuk keperluan merekat kayu, kertas, atau memperbaiki jilid buku yang terlepas.

Berbentuk cair, lem ini juga kerap dijadikan bahan baku pembuatan slime, mainan bertekstur kenyal dan lengket yang disukai anak-anak. Untuk menggunakannya, Anda dapat menggunakan tongkat kayu atau plastik guna mengeluarkan lem dari botol.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai ukuran kemasan.
  • Kemasan botol kokoh dan tidak mudah penyok.
  • Seorang pengguna mengatakan tekstur produk sangat bagus dan pas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak terdapat kuas untuk mengoleskan lem.
Tipe Silicon glue
Ukuran 500 mL
Kisaran harga Rp17.350

7. Joyko Glue Stick GS-114

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Lem berdaya rekat kuat dengan desain kemasan unik

Joyko mengeluarkan lem batangan dengan desain kemasan yang lucu dan unik serta warna yang menarik. Meski terkesan mainan, Glue Stick GS-114 ini memiliki daya rekat yang kuat, sehingga ideal digunakan untuk tugas keterampilan sekolah atau keperluan kantor. Aman digunakan karena dibuat dari bahan yang tidak beracun.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai desain kemasan yang lucu dan unik.
  • Seorang pengguna mengatakan bahwa lem menempel dengan sangat baik.
  • Seorang pengguna mengatakan bahwa bahan karetnya tebal dan kokoh.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.
Tipe Glue stick
Ukuran P: 9.5 cm x d: 2 cm, isi: 9 gr
Kisaran harga Rp6.300

8. SPRAYIDEA Super 88 Embroidery

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Lem semprot berwarna jernih untuk segala kebutuhan

SPRAYIDEA Super 88 Embroidery adalah lem berbentuk spray untuk digunakan pada area yang luas berbahan kertas, plastik, cardboard, fiber, kain, bordir, diorama miniatur, dan sebagainya. Lem ini memiliki warna jernih, sehingga tidak akan merusak warna produk.

Saat digunakan, kabut semprotannya halus sehingga distribusi semprotan bisa merata ke seluruh permukaan. Memiliki daya rekat tinggi, kualitas produk ini diklaim tak kalah dengan merek lem berbentuk spray lain yang sudah terkenal.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan lem sangat efisien dan praktis saat digunakan untuk mengelem prakarya.
  • Kemasan lebih kuat dan tahan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki waktu sedikit lebih lama untuk kering.
Tipe Spray adhesive
Ukuran 600 mL
Kisaran harga Rp33.900

9. SAZANAMI Double Sided Tape

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Dengan dua sisi perekat, dua benda menempel lebih erat

Lem dengan dua sisi perekat ini terbuat dari kertas tisu dengan lapisan acrylic base adhesive di kedua sisinya. Cara penggunaannya pun mudah disobek, jadi Anda tak perlu lagi mencari gunting atau cutter untuk memotongnya.

Sazanami Double Sided Tape mampu menempel di permukaan apapun, baik yang terbuat dari kertas, plastik, kaca, dan besi. Lem ini memiliki kegunaan seperti mounting, penyambungan komponen elektronik, dan lainnya, sehingga cocok untuk digunakan di sekolah, perkantoran, dan industri percetakan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga cenderung lebih murah.
  • Mudah ditemukan di berbagai toko perlengkapan alat tulis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pemakaian cenderung lebih boros.
Tipe Double-sided tape
Ukuran L: 24 mm x p: 8 m
Kisaran harga Rp3.000

10. Tombow Glue Tape PIT Power Egg

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Berdaya rekat 20% lebih kuat dengan perekatan yang lebih akurat

Anda pernah menggunakan tip-ex untuk menghapus tinta pulpen di kertas? Nah, penggunaan lem ini mirip dengan penggunaan tip-ex. Tombow Glue Tape PIT Power Egg sangat praktis dan mudah digunakan. Hasil pengelemannya pun rapi dan bersih karena teksturnya yang tidak cair.

Dengan daya rekat 20% lebih kuat dibanding lem kertas lainnya, lem ini dapat menempelkan kertas yang tebal dengan satu kali pengaplikasian. Ujung roller didesain sedemikian rupa agar penggunaanya lebih akurat dan presisi. Terlebih, kini tersedia fitur penutup ujung roller untuk melindungi lem dari debu dan menghindari pengaplikasian tanpa sengaja.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki ujung yang berbentuk pit power egg sehingga memudahkan Anda untuk mengelem bagian yang memutar.
  • Seorang pengguna mengatakan isi produk cukup banyak.
  • Mudah dibawa ke mana-mana.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga cenderung lebih mahal.
Tipe Runner tape
Ukuran P: 6 mm, l: 6 m
Kisaran harga Rp25.000

Tabel Perbandingan Lem Kertas

Produk JOYKO GS-100 Glue Stick Deli Adhesive Roller A490 Castol Contact Adhesive FOX STiK Lem Putih PVaC Deli Glue Stick Up Macaron Povinal Liquid Adhesive Joyko Glue Stick GS-114 SPRAYIDEA Super 88 Embroidery SAZANAMI Double Sided Tape Tombow Glue Tape PIT Power Egg
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Glue stick Runner tape Silicon glue PVA glue Glue pen Silicon glue Glue stick Spray adhesive Double-sided tape Runner tape
Ukuran P: 8.2 cm x l: 2 cm, isi: 8 gr P: 6 mm x l: 8 m 51 cc 60 gr 2.2 gr 500 mL P: 9.5 cm x d: 2 cm, isi: 9 gr 600 mL L: 24 mm x p: 8 m P: 6 mm, l: 6 m
Kisaran harga Rp2.210 Rp12.000 Rp9.999 Rp9.000 Rp7.000 Rp17.350 Rp6.300 Rp33.900 Rp3.000 Rp25.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Sekarang ini, lem tidak hanya berfungsi sebagai perekat dengan bentuk yang itu-itu saja. Kini ada banyak jenis dan bentuk lem yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat kerajinan kertas atau bahan lainnya.

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda dapat menentukan pilihan lem  kertas mana yang menurut Anda paling unggul dan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Selamat berkreasi!

Referensi

Best Glue for Paper – Finding the Right Paper Adhesive for Your Project
https://resin-expert.com/en/guide/best-glue-for-paper diakses pada 2 Agustus 2021

You may also like

Comments are closed.