Peralatan Dapur

10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik

Anda hobi membuat kue untuk keluarga atau ingin memulai usaha pembuatan kue? Sudah pasti, loyang menjadi senjata andalan bagi Anda dalam membuat berbagai macam kue. Loyang memiliki bentuk, ukuran, dan bahan yang bervariasi, tentunya memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda satu sama lain.

Untuk dapat membuat bermacam-macam kue, lengkapi koleksi loyang Anda dengan beragam loyang dari Cooks Habit, Master Pastry, Ecomax, atau yang lainnya. Agar Anda tidak bingung dalam memilih loyang, simak cara memilih loyang beserta rekomendasi produk terbaik dalam artikel ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Loyang Kue

Sebelum menentukan loyang mana yang akan Anda beli, Anda perlu mengetahui tipe dan bahan loyang beserta kegunaannya. Berikut ini adalah poin-poin penting yang perlu Anda ingat dalam memilih loyang.

Pilih Berdasarkan Tipenya

Jika Anda ingin membuat kue tart, brownies, atau cupcake, Anda memerlukan loyang yang berbeda-beda bentuk maupun ukuran. Apa sajakah tipe loyang untuk membuat kue? Yuk, simak satu per satu.

Rectangular Bar Pan: Cocok untuk Ragam Hidangan Besar

Loyang ini berbentuk persegi panjang yang lebar dengan kedalaman hanya sekitar 1 inci dan bagian bawah yang rata. Biasanya loyang jenis ini terbuat dari logam atau kaca, dan digunakan untuk membuat kue yang berukuran cukup besar untuk bisa dipotong-potong dan dibagikan. Misalnya, kue batangan, dump cakes, poke cakes, brownies, fudge, dan lain-lain.

Jika Anda membuat kue dengan loyang jenis ini, Anda perlu menguasai trik untuk mengeluarkan kue dari loyang saat sudah dingin. Anda harus menempelkan piring kue pada bagian atas loyang yang terbuka, kemudian membalikkannya bersama-sama dengan loyang. Dengan begitu kue akan ikut terbalik dan turun ke atas piring. Namun Anda perlu berhati-hati saat melepaskan kue dari loyang agar kue tidak berantakan.

Loaf Pan: Cocok untuk Kue yang Memiliki Konsistensi Padat

blank

Loyang jenis ini berbentuk persegi panjang dengan lebar yang lebih sempit dan sisi yang dalam. Disebut loaf pan karena lazim dipakai untuk memanggang roti yang akan berbentuk persegi saat dibakar dan mengembang.

Namun tak hanya roti, loyang ini juga biasa digunakan untuk berbagai jenis kue atau makanan dengan tekstur yang padat, seperti pound cake, brownies, meatloaf, lasagna, pie, dan aneka dessert.

Springform Pan : Menghidangkan Kue Menjadi Lebih Mudah dan Fleksibel

blank

Sumber: Amazon.com

Loyang kue ini berbentuk lingkaran dengan dasar yang rata dan sisi melengkung yang cukup tinggi melingkari alasnya. Dapat digunakan untuk menempatkan adonan yang cair, loyang ini dilengkapi dengan penjepit dari pegas yang dapat membuka dan menutup kedua ujung sisi loyang dengan rapat dan kuat. Sehingga, adonan tidak akan menetes keluar dari loyang.

Setelah dipanggang dan didinginkan, penjepitnya bisa dibuka untuk melepaskan sisinya dan mengeluarkan kue untuk disajikan. Bagian alas loyang ini juga dapat dilepas, sehingga kue tetap bisa diletakkan di atas alas tersebut. Jika Anda ingin membuat cheesecake, crumb cake, ice cream cake, atau torte, springform pan adalah pilihan yang tepat.

Bundt Pan: Kue Lebih Cepat Matang secara Merata

 

blank

Sumber: Amazon.com

Digunakan untuk membuat kue berbentuk cincin, loyang ini berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Bagian bawah loyang berkubah untuk membentuk kue bundar, atau bersudut untuk kue yang lebih rumit. Dengan adanya lubang di tengah loyang, kue yang dalam dapat cepat matang dan lebih merata.

Loyang ini digunakan untuk memanggang kue dengan posisi terbalik, yaitu bagian atasnya berada di bawah. Setelah matang, kue diangkat dari loyang kemudian dibalik kembali ke posisi sebenarnya. Kegunaan loyang ini serbaguna, bisa dipakai untuk membuat kue bolu, bundt cakes, coffee cakes, puding, dan sebagainya.

Tart Pan: Membuat Kue Tart Menjadi Lebih Gampang

blank

Sepintas tart pan mirip dengan loyang kue pie. Namun, tart pan memiliki sisi yang lurus, sedangkan pie pan memiliki sisi yang miring. Hal itulah yang membuat kue-kue yang dibuat dengan menggunakan tart pan ini terlihat lebih rapi dan “profesional”.

Loyang ini mempunyai variasi di bagian pinggir, yakni bergalur atau polos. Umumnya, bagian bawah loyang ini dapat dilepas, sehingga Anda dengan mudah dapat melepaskan kue dari loyang tanpa merusak bagian pinggir kue. Gunakan loyang ini bila Anda membuat kue tart, kulit tart untuk kemudian diisi dengan krim kue, buah-buahan, atau curds.

Cupcake/Muffin Pan: Untuk Hidangan yang Lebih Kreatif

blank

Cupcake/muffin pan memiliki sejumlah lekukan untuk menempatkan adonan. Sekali panggang, loyang ini dapat menghasilkan beberapa porsi kue kecil dengan bentuk yang identik, seperti cupcake atau muffin.

Biasanya loyang ini memiliki lekukan untuk membuat selusin cupcake, tetapi ada kemungkinan loyang lain memiliki jumlah lekukan yang bervariasi. Meski bentuk kuenya identik, namun Anda dapat mengkreasikan topping yang berbeda-beda untuk menghasilkan kue mini yang menarik.

Pilih Berdasarkan Bahannya

Bahan pembuat loyang menjadi faktor penting selama pemanggangan berlangsung dan hasil kuenya. Loyang berbahan aluminium tentunya memberikan hasil pemanggangan yang berbeda dengan loyang berbahan hard anodized atau carbon steel. Berikut ini akan kami uraikan perbedaannya.

Aluminium: Lebih Tahan Lama dan Tidak Berkarat

blank

Sumber: Paderno.com

Aluminium sebagai konduktor panas yang baik dapat menghasilkan pemanggangan yang merata. Meski tahan lama dan tidak berkarat, namun hindari memilih loyang berbahan aluminium yang tipis, karena loyang akan melengkung saat terkena suhu tinggi. Untuk hasil yang terbaik, Anda dapat memilih loyang yang terbuat dari aluminium ukuran berat agar lebih tahan terhadap suhu tinggi.

Hard Anodized: Tahan Gores dan Tidak Lengket

Peralatan memasak yang berbahan hard anodized telah mengalami proses kimia, yaitu proses oksidasi pada permukaannya. Memiliki permukaan yang gelap, loyang ini tahan lama, tahan gores, dan antilengket, serta tidak menghitamkan makanan. Bahkan, beberapa loyang hard anodized memiliki lapisan antilengket tambahan. Untuk perawatannya, loyang jenis ini sangat mudah dibersihkan.

Carbon Steel: Kue Menjadi Lebih Cepat Matang

blank

Sumber: Amazon.in

Terbuat dari baja karbon, loyang ini memiliki lapisan antilengket standar dengan permukaan berwarna gelap. Saat digunakan untuk memanggang kue, bagian tepi kue terlalu cepat matang daripada bagian tengah. Karena tepi loyang miring, tepi kue yang dihasilkannya juga miring. Bila Anda ingin membuat kue yang bertumpuk dan mendekorasinya, loyang jenis itu tidak direkomendasikan karena hasilnya yang relatif kurang rapi.

10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih loyang, kini saatnya Anda memilih loyang yang akan menjadi andalan Anda dalam membuat kue. Pastikan Anda membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selamat memilih!

1. Cooks Habit Loyang Bongkar Pasang

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Praktis dan antilengket, bisa untuk membuat kue apa saja

Loyang berdiameter 15 cm ini memiliki bagian pengunci di bagian sampingnya. Jika kue sudah matang dan Anda ingin mengeluarkannya dari loyang, Anda hanya tinggal membuka penguncinya dengan mudah. Dilengkapi dengan lapisan antilengket, sehingga tidak akan ada lagi bekas pinggiran kue yang tertinggal di loyang. Dengan Cooks Habit Loyang Bongkar Pasang, bikin kue jadi lebih praktis!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki bahan yang tebal.
  • Memiliki lock yang mudah dibuka dan ditutup.
  • Mudah digunakan dan dibersihkan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak tahan penyok.
Tipe Spring form
Bahan Tidak disebutkan
Ukuran Panjang: 15 cm; tinggi: 7,5 cm; diameter: 18cm; berat: 208 gr
Kisaran harga Rp94.905

2. Master Pastry Spring Form Non-Stick

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mudah dilepas-pasang, mudah dibersihkan

Ingin membuat kue berukuran sedang atau besar? Master Pastry Spring Form Non-Stick tersedia dalam beberapa ukuran dan memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari lapisan antilengket, penjepit yang dapat membuka sisi loyang, hingga tatakan yang bisa dilepas-pasang. Semua hal itu akan mempermudah Anda saat melepaskan kue dari loyang untuk disajikan, maupun saat membersihkannya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam beberapa pilihan ukuran.
  • Memiliki bahan yang tebal dan kokoh.
  • Memiliki lock yang aman dan lebih mudah dibuka dan ditutup.
  • Tidak lengket saat digunakan untuk baking.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak disarankan untuk adonan yang sangat cair karena akan merembes melalui sela-sela bagian bawah.
  • Tidak tahan penyok.

 

Tipe Spring form
Bahan Carbon steel
Ukuran Diameter: 20 cm; diameter+tatakan: 22,8 cm; tinggi: 7,5 cm; berat:  275 gr
Kisaran harga Rp66.300

3. Ecomax Loyang Kue Bolu HA-6040 Lyon Series

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Antilengket, tebal, dan tahan karat

Loyang kue bolu dari Ecomax ini memiliki desain yang cukup unik dan berkualitas. Dengan lapisan antilengket, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit margarin atau mentega sebelum menuangkan adonan. Dengan ketebalan 3 mm, loyang ini tidak mudah penyok dan tahan karat. Bahan loyang terbuat dari aluminium, aman untuk makanan dan mudah dibersihkan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki harga yang relatif lebih murah.
  • Memiliki struktur bahan yang tebal dan tidak mudah penyok.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak tahan gores.
  • Beberapa pengguna mengatakan lebih mudah penyok.
Tipe Bundt Pan
Bahan Aluminium
Ukuran P: 22 cm, l: 22 cm, t: 10 cm
Kisaran harga Rp39.900

4. Chefio Bundt Pan

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Desain elegan untuk menghasilkan kue yang cantik dan mewah

Memiliki desain yang elegan dengan alur kue yang tegas, Chefio Bundt Pan merupakan loyang kue bolu yang berkualitas premium. Dengan body kokoh dan tebal, loyang ini tahan panas dan antilengket, juga mudah dibersihkan. Hasil kuenya terlihat cantik dan mewah, cocok untuk sajian kue di acara spesial.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tahan lecet dan penyok.
  • Memiliki bahan yang tebal dan berat.
  • Tidak lengket saat digunakan.
  • Free kuas silikon untuk membersihkan loyang.
  • Cocok digunakan untuk baker

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki harga yang relatif lebih mahal.
  • Tidak dapat dibongkar pasang.
Tipe Bundt pan
Bahan Aluminium
Ukuran P: 24cm; l: 24 cm; t: 9 cm
Kisaran harga Rp250.000

5. Cooks Habit Loyang Kue Kering Persegi

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Multifungsi untuk membuat cookies sekaligus sebagai wadah saji

Loyang produksi Cooks Habit yang satu ini didesain khusus untuk membuat kue kering atau cookies dengan oven toaster. Karena loyang antilengket, cookies mudah diangkat dari loyang tanpa ada remah yang menempel di loyang jika cookies sudah matang. Bentuknya persegi panjang dan tipis membuatnya multifungsi, karena bisa digunakan untuk wadah saji.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kue menjadi lebih cepat matang.
  • Memiliki bahan yang tebal dan anti-lengket.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengklaim bahwa bahan produk tidak terlalu tebal.
Tipe Rectangular bar pan
Bahan Teflon
Ukuran Lingkar luar: 25 x 18 x 2 cm; lingkar dalam: 21.5 x 16 x 2 cm; berat: 221 gr
Kisaran harga Rp75.905

6. Big J Loyang Kue Medium Loaf Pan

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memanggang kue jadi lebih tenang dengan lapisan antilengket

Terbuat dari carbon steel, Big J Loyang Kue Medium Loaf Pan bisa digunakan di oven listrik atau gas. Karena loyang memiliki lapisan antilengket, kue tidak akan menempel di loyang saat dipanggang. Bahannya aman untuk makanan, loyang ini pun bisa digunakan untuk menyimpan makanan di freezer.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai ukuran.
  • Tidak lengket saat proses baking.
  • Harga cenderung lebih murah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Seorang pengguna mengatakan ukuran produk lumayan kecil.
Tipe Loaf Pan
Bahan Carbon steel
Ukuran Ukuran atas: 25.5×13.5×5.8 cm; ukuran bawah: 19.5×10 cm, ketebalan: 0.5 mm
Kisaran harga Rp53.910

7. Maxim Bakeware Loyang Kue Teflon Cookie Sheet

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Kue kering matang secara merata dan tidak lengket di loyang

Maxim telah dikenal sebagai merek yang memproduksi alat-alat dapur berkualitas, salah satunya adalah loyang kue. Terbuat dari carbon steel yang dilapisi antilengket Black Diamond, loyang ini membuat kue kering matang secara merata saat dipanggang. Tidak akan membuat kue lengket di loyang, materialnya pun aman dan mudah dibersihkan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat pula digunakan sebagai wadah saji.
  • Memiliki bahan yang kuat, halus, dan tidak lengket.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna mengatakan loyang tidak tahan penyok.
Tipe Rectangular bar pan
Bahan Carbon steel
Ukuran P: 32 cm; l: 22 cm; t:1,8 cm
Kisaran harga Rp87.600

8. Suggo Tulban Multi Pan

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Antilengket dan antikarat, kue matang secara merata

Bila Anda ingin membuat kue bolu dengan bentuk yang tidak biasa, gunakan  Suggo Tulban Multi Pan dengan motif diamond. Dilengkapi dengan tutup, loyang terbuat dari bahan aluminium casting yang sangat baik dalam menghantar panas, akan membuat kue matang secara merata. Selain tebal dan kuat, loyang ini juga dilapisi non-stick coating teflon antilengket dan antikarat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Hasil baking lebih mulus dan tidak lengket.
  • Bahan tebal dan kuat.
  • Tutup kaca tidak mudah retak/pecah.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pegangan pada tutup kaca sedikit longgar.
  • Tidak ada tambahan alas untuk loyang di kompor.
Tipe Bundt pan
Bahan Aluminium
Ukuran Diameter: 24, 5 cm ; tinggi: 9,7 cm, berat: 2000 gr
Kisaran harga Rp97.000

9. Maxim Bakeware Muffin 6 Lubang

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Cetakan serbaguna untuk membuat makanan manis atau gurih

Loyang produksi Maxim ini memiliki 6 lubang cetakan. Sekali panggang, Anda dapat menghasilkan setengah lusin muffin atau kue mangkuk. Tidak hanya kue manis yang dapat Anda buat di loyang ini, tapi juga makanan alternatif seperti egg tart atau egg muffin untuk sarapan. Loyang dilapisi antilengket, sehingga mudah dibersihkan. Anda tak perlu repot-repot lagi untuk membersihkannya.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Free satu buah cake
  • Bisa dikreasikan untuk beragam hidangan muffin.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak dapat untuk memanggang di atas kompor.
Tipe Cupcake/muffin pan
Bahan Carbon steel
Ukuran P: 26,3 cm; l: 18,5 cm; t: 3,3 cm; diameter cup muffin: 6,7 cm
Kisaran harga Rp90.600

10. Pero Torte Cake Mold

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Bukalapak

Lapisan granit untuk membuat kue tart cantik

Tebal namun ringan, itulah karakter dari alat dapur yang dilapisi dengan coat granit. Begitupun halnya dengan Pero Torte Cake Mold ini. Loyang untuk membuat kue tart ini memanggang kue secara merata dengan hasil kue yang cantik. Meski memiliki gerigi di sisinya, loyang ini mudah dibersihkan setelah digunakan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki bahan yang tebal namun ringan.
  • Memiliki finishing bergerigi yang bagus.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Coating rentan terkelupas.
Tipe Tart pan
Bahan Cast granit
Ukuran D: 24 cm; t: 4 cm
Kisaran harga Rp99.000

Tabel Perbandingan Loyang Kue

Produk Cooks Habit Loyang Bongkar Pasang Master Pastry Spring Form Non-Stick Ecomax Loyang Kue Bolu HA-6040 Lyon Series Chefio Bundt Pan Cooks Habit Loyang Kue Kering Persegi Big J Loyang Kue Medium Loaf Pan Maxim Bakeware Loyang Kue Teflon Cookie Sheet Suggo Tulban Multi Pan Maxim Bakeware Muffin 6 Lubang Pero Torte Cake Mold
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Spring form Spring form Bundt Pan Bundt pan Rectangular bar pan Loaf Pan Rectangular bar pan Bundt pan Cupcake/muffin pan Tart pan
Bahan Tidak disebutkan Carbon steel Aluminium Aluminium Teflon Carbon steel Carbon steel Aluminium Carbon steel Cast granit
Ukuran Panjang: 15 cm; tinggi: 7,5 cm; diameter: 18cm; berat: 208 gr Diameter: 20 cm; diameter+tatakan: 22,8 cm; tnggi: 7,5 cm; berat:  275 gr P: 22 cm, l: 22 cm, t: 10 cm P: 24cm; l: 24 cm; t: 9 cm Lingkar luar: 25 x 18 x 2 cm; lingkar dalam: 21.5 x 16 x 2 cm; berat: 221 gr Ukuran atas: 25.5×13.5×5.8 cm; ukuran bawah: 19.5×10 cm, ketebalan: 0.5 mm P: 32 cm; l: 22 cm; t:1,8 cm Diameter: 24, 5 cm ; tinggi: 9,7 cm, berat: 2000 gr P: 26,3 cm; l: 18,5 cm; t: 3,3 cm; diameter cup muffin: 6,7 cm D: 24 cm; t: 4 cm
Kisaran harga Rp94.905 Rp66.300 Rp39.900 Rp250.000 Rp75.905 Rp53.910 Rp87.600 Rp97.000 Rp90.600 Rp99.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Loyang memiliki bentuk yang bervariasi sesuai kegunaannya dalam pembuatan kue atau roti. Dalam memilih loyang, Anda perlu memilih loyang yang antilengket agar kue tidak cepat gosong atau rusak akibat sulit dikeluarkan dari loyang.

Dari rekomendasi yang telah kami berikan, kami harap Anda dapat menemukan loyang yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selamat membuat kue!

 

Referensi

13 Different Types of Cake Pans (User Guide)
https://www.homestratosphere.com/types-of-cake-pans/ diakses pada 29 Juni 2021

Types of Cake Pans
https://www.webstaurantstore.com/article/71/types-of-cake-pans.html diakses pada 29 Juni 2021

50 Tropical Kitchen Ideas (Photos)
https://www.homestratosphere.com/tropical-kitchen-ideas/ diakses pada 29 Juni 2021

Types Of Bakeware
https://www.recipetips.com/kitchen-tips/t–585/types-of-bakeware.asp diakses pada 29 Juni 2021

Cake Pans – Which pan should I buy?
https://blog.gygi.com/blog/2019/02/21/cake-pans-which-pan-should-i-buy/ diakses pada 29 Juni 2021

You may also like

Comments are closed.