Written by 02:36 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik

Toraya WD60 120 WH

Untuk meningkatkan kualitas belajar, gunakanlah meja belajar yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Baik pelajar tingkat dasar, perguruan tinggi, atau pekerja sekalipun, penting untuk memakai meja belajar yang nyaman. Dengan memakai meja belajar, risiko mengalami badan pegal akibat kebiasaan belajar dalam posisi tengkurap di kasur atau lantai bisa berkurang.

Jika Anda sedang mencari meja belajar untuk anak atau dipakai sendiri, pastiakn untuk mengecek kesesuaian meja dengan tubuh pengguna. Masih banyak poin penting lain untuk diperhatikan dalam memilih meja belajar. Kami akan menjelaskan selengkapnya melalui artikel ini. Tak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan meja belajar terbaik untuk anak maupun orang dewasa. Selamat membaca!

Cara Memilih Meja Belajar

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa pemilihan meja belajar merupakan hal mudah. Padahal, jika keliru dalam menentukan, meja belajar tidak akan berfungsi secara optimal dalam menjaga konsentrasi belajar dan memelihara kenyamanan selama proses belajar. Oleh karena itu, pertimbangkanlah poin-poin berikut ini sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada salah satu produk rekomendasi kami!

Periksa Tinggi dan Lebar Meja sesuai Postur Tubuh

Periksa Tinggi dan Lebar Meja agar Sesuai dengan Postur Tubuh

Ukuran meja belajar pastilah beragam karena dirancang untuk keperluan orang dengan postur tubuh dan tingkat usia berbeda. Bagi anak-anak, memakai meja belajar dengan lebar 90 – 110 cm dan kedalaman 50 – 60 cm termasuk ideal. Periksa juga ketinggian kaki meja dan pastikan posisi lutut serta siku tangan yang diletakkan di atas meja dapat membantu sudut 90o.

Supaya lebih fleksibel, carilah meja belajar yang ketinggiannya dapat diatur. Tidak masalah jika sedikit lebih mahal asalkan Anda atau anak Anda nyaman menggunakannya. Apalagi, meja yang ketinggiannya bisa diatur memungkinkan meja tersebut dipakai dalam waktu lama. Terutama buat anak-anak, saat tubuhnya berkembang menjadi lebih besar, ada kemungkinan meja belajar yang dia pakai sejak lama masih ideal untuk digunakan kembali.

Kenali Karakteristik dari Material Meja Pilihan Anda

Kenali Karakteristik dari Material Meja Pilihan Anda

Secara umum, meja belajar diproduksi dari bahan utama kayu, misalnya jenis kayu solid atau kayu jati yang diberi veneer. Selain material kayu, meja belajar juga bisa dibentuk dari material aluminium, besi, dan semacamnya. Pastikan meja yang Anda pilih terbuat dari material kukuh dan awet, serta nyaman selama dipakai belajar.

Untuk solid wood misalnya, jenis kayu ini mempunyai tekstur alami yang membuat meja belajar terlihat menarik. Harga jual meja bermaterial kayu alami juga lebih mahal. Meja belajar berbahan kayu cocok untuk segala usia dan jenis kelamin, baik pria ataupun wanita dapat memakai meja belajar dari kayu, apalagi kesan hangat yang tercipta akan memberi kesan nyaman selama penggunaan.

Hanya saja, meja yang tersusun dari kayu lebih rentan terhadap air, sehingga lebih cepat retak atau rusak. Di pihak lain, meja yang terbuat dari bahan MDF, particle board, dan semacamnya dengan lapisan veneer setebal 0,2 mm juga banyak dijumpai. Pilihlah meja belajar seperti ini apabila Anda mengharapkan produk yang ringan dan cukup kuat, serta bisa disesuaikan desainnya dengan dekorasi ruangan.

Pertimbangkan Desain dan Gaya Meja Belajar sesuai Kebutuhan

Pertimbangkan Desain dan Gaya Meja Belajar Sesuai Kebutuhan

Apa yang menarik dari sebuah meja belajar adalah desain dan gayanya. Bagi Anda yang juga mengutamakan aspek estetika, pastikan untuk memilih meja dengan model, desain, serta gaya sesuai selera. Yang paling laris di pasaran adalah meja belajar bergaya minimalis. Meja belajar minimalis dinilai cocok untuk ruangan yang tidak terlalu luas. Tampilannya yang apik dan tidak terlalu mencolok menjadikannya ideal untuk segala jenis usia, kelamin, dan kalangan.

Selain bergaya minimalis, ada lagi meja belajar yang dirancang agar bisa dilipat. Model meja semacam ini biasanya diperuntukkan bagi anak-anak yang masih duduk di bangku TK atau playgroup. Ukurannya pun kecil sehingga ringan dibawa dan terdapat karakter-karakter atau warna-warna lucu untuk membuat mood anak selalu terjaga ketika belajar.

Bagi Anda yang menyukai konsep tradisional dan mengedepankan daya guna pada sebuah meja, carilah meja yang terbuat dari material kayu. Meja belajar dari kayu umumnya tahan lama, namun kekuatannya dipengaruhi oleh jenis kayu yang digunakan. Ingat kembali bahwa meja berbahan kayu dipatok dengan harga cukup tinggi, begitu juga dengan meja minimalis yang mengedepankan desain elegan. Jadi, pikirkan kembali soal harga agar sesuai budget Anda.

Supaya Memudahkan, Pilih yang Berdesain Sederhana dan Dilengkapi Kursi

Supaya Memudahkan Pilih yang Berdesain Sederhana dan Dilengkapi Kursi

Walau lebih mahal, akan terasa memuaskan jika Anda menggunakan meja belajar dan kursi yang tampilannya matching. Anda bisa melakukan pembelian online meja belajar yang satu set dengan kursinya. Namun, akan lebih mudah jika Anda mendatangi toko furnitur untuk mengecek langsung kelengkapan barang.

Akhir-akhir ini, ada pula podusen yang merancang kursi dan rak dalam satu unit. Silakan Anda sesuaikan model kursi yang diinginkan dan selalu mengutamakan kenyamanannya. Selain itu, meja dengan desain sederhana juga bisa dijadikan opsi karena umumnya pas dengan berbagai interior dan segala usia. Meja belajar yang tampilannya simpel juga bisa dipakai bersama-sama, lho!

Cek juga Kelengkapan Fitur yang Meningkatkan Fungsionalitasnya

Cek Juga Kelengkapan Fitur yang Meningkatkan Fungsionalitasnya

Saat membeli meja belajar, termasuk penting memeriksa kelengkapan elemen-elemen pada meja Kalaupun sudah tersedia laci built-in untuk menaruh alat tulis, kalkulator, atau keperluan belajar lain, tentu Anda akan lebih terbantu dalam menata dan merapikan barang jika meja tersebut dilengkapi pencil box, tempat khusus dokumen, dan lainnya.

Beberapa jenis meja bahkan dilengkapi lapisan permukaan bebas noda. Dengan ketersedian aksesori-aksesori pelengkap semacam lapisan anti noda ini, Anda bisa menulis, membaca buku, atau mengerjakan tugas sembari minum kopi atau teh hangat tanpa khawatir noda minuman tumpah dan mengotori permukaan meja.

Pastikan Bentuk Produk saat Membeli, Jenis Rakitan atau Sudah Jadi?

Pastikan Bentuk Produk Saat Membeli Jenis Rakitan atau Sudah Jadi

Berencana membeli meja belajar secara online? Tidak masalah, asalkan Anda mengetahui betul detail dari produk yang Anda pilih. Sebagai contoh, komponen meja yang dapat dilepas pasang tentu memudahkan proses pengiriman, terutama ketika Anda memasukkannya ke ruang belajar, entah itu ruang tamu, kamar tidur, atau ruang khusus membaca.

Namun, jika Anda khawatir akan kekukuhan barang rakitan, meja belajar yang sudah jadi juga bisa menjadi opsi. Tetapi perhitungkan terlebih dahulu apakah produk jadi tersebut akan muat saat mengakses tangga, pintu, atau gerbang rumah Anda. Selalu teliti deskripsi setiap produk agar tidak kecewa setelah barang datang, ya!

10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik untuk Anak dan Dewasa

Di bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh pilihan meja belajar yang bagus dengan kualitas terbaik. Jadikanlah tips memilih meja belajar sebelumnya sebagai referensi supaya Anda mendapatkan produk yang tepat sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

1. Meja Belajar Anak Karakter + Kursi Akako

Meja Belajar Anak Karakter Kursi Akako

Kisaran harga: Rp188.500

Karakter lucu yang disukai putra-putri Anda!

Anak-anak pastinya akan lebih semangat belajar jika memakai meja ini. Bertipe knock down, meja belajar yang dijual satu set bersama kursi ini akan dapat dilepas dan dipasang dengan mudah, sehingga ideal dibawa untuk ke sekolah atau mengikuti perlombaan. Meja selebar 45 cm, sepanjang 50 cm, dan setinggi 42 cm ini cocok dipakai oleh anak mulai usia 2 – 10 tahun.

Kursinya berukuran 30 cm x 27 cm x 46 cm dapat menahan beban hingga 65 kg. Tersedia banyak pilihan karakter dengan warna-warna menarik, seperti Ultraman, Looney Tunes, Masha & The Bear, Tom & Jerry, dan Little Charmers. Terbuat dari bahan plastik tebal, meja belajar ini cukup kukuh dan tahan terhadap air. Bagian mejanya dapat dibuka dan dimanfaatkan untuk menyimpan alat tulis.

2. Infinity Hello Kitty Magnolia SDKT 121017 ML

Infinity Hello Kitty Magnolia SDKT 121017 ML

Kisaran harga: Rp645.000

Berikan meja belajar ini sebagai hadiah yang pasti disenangi anak perempuan Anda

Infinity Furniture mengeluarkan banyak barang furnitur kebutuhan rumah tangga. Meja belajar kombinasi warna merah mudah dan putih disertai desain karakter Hello Kitty ini cocok Anda hadiahkan kepada putri kesayangan untuk menjaga mood-nya selama belajar. Terdapat banyak kompartemen, seperti rak terbuka dan laci tertutup untuk menaruh bermacam barang keperluan belajar, termasuk tas sekolah di lemari sampingnya.

Mempunyai dimensi total 114 cm x 51 cm x 140 cm, meja belajar yang tersusun dari material particle board ini dapat bertahan hingga beberapa tahun. Jelas saja, Infinity Furniture merancang setiap sisi meja dengan ketebalan 12 mm. Sayangnya, meja belajar ini tidak dijual satu set dengan kursi, sehingga Anda perlu menyiapkan kursi belajarnya secara terpisah.

3. Grace MB GL – 971 Meja Belajar Anak

Grace MB GL – 971 Meja Belajar Anak

Kisaran harga: Rp450.000

Dilengkapi rak berpintu dengan kunci untuk mengamankan barang anak Anda

Jika Anda mencari meja belajar untuk anak yang terbuat daru kayu, kami harap produk satu ini dapat memantapkan pilihan Anda. Membeli produk ini juga tidak merepotkan karena didesain dengan model knock down alias dapat dilepas pasang. Selain memudahkan ketika proses pengiriman, meja ini juga tidak makan tempat di mobil pengangkut ketika Anda ingin melakukan pindah rumah.

Terbuat dari bahan kayu olahan, Grace MG GL – 971 memiliki warna Sonoma Oak yang berkesan warm, cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan Anda. Meja belajar dengan panjang 105 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 120 cm ini dilengkapi 1 lemari berpintu, 1 rak besar, 2 rak kecil, dan kompartemen lain di bagian bawah dan atas sebagai tempat menaruh berbagai stationery anak Anda.

4. Zyo LFT 6030 Meja Belajar Lipat

Zyo LFT 6030 Meja Belajar Lipat

Kisaran harga: Rp49.000

Meja belajar lipat portable yang ideal dipakai di berbagai ruang

Zyo LFT 6030 merupakan meja belajar model lipat khusus anak-anak. Meja ini bisa Anda belikan kepada si kecil yang hobi menggambar di masa-masa pertumbuhannya. Apabila ingin mengikuti perlombaan mewarnai, meja ini dapat dibawa dengan mudah karena kedua kakinya yang gampang dilipat, bahkan oleh anak Anda sendiri.

Desainnya simpel berbalut warna-warna menarik, anak Anda bisa memilih berdasarkan kesukaannya. Meja belajar portable berukuran 60 x 30 x 25 cm ini terbuat dari material MDF finishing duco yang ringan serta tidak mudah kotor. Selain warna biru, Zyo LFT 6030 menawarkan varian warna lain, seperti merah dan hijau. Bisa untuk belajar, menggambar, menulis, sampai meletakkan laptop!

5. Funika 13225EX Expresso

Funika 13225EX Expresso

Kisaran harga: Rp718.000

Meja belajar yang juga ideal dipakai bekerja!

Funika adalah brand asal Indonesia yang sudah lama memproduksi furnitur-furnitur rumah tangga. Funika 13225EX Expresso merupakan salah satu meja belajar terbaik keluarannya. Dirancang 2 in 1, meja multifungsi ini bergaya minimalis dengan sentuhan material enginered E1 particle board. Tenang saja, mateiral tersebut terjamin kuat, tahan lama, dan tidak berbau.

Buat Anda yang mencari meja belajar awet dalam jangka waktu lama, meja dari Funika ini pilihannya! Anda bisa menaruh satu unit komputer pada meja berdimensi 120 x 51 x 120 cm ini. Sebagai pelengkap, Funika menambahkan rak dengan empat kompartemen bertingkat untuk menaruh buku catatan, dokumen, aksesori, dan barang keperluan Anda lainnya.

6. Pro Design Kido Meja Belajar Anak – Light Blue

Pro Design Kido Meja Belajar Anak – Light Blue

Kisaran harga: Rp1.250.000

Konsep modern dan minimalis yang membuat anak Anda terpukau

Kenalkan konsep minimalis kepada anak Anda sejak dini dengan memberikannya meja belajar dari Pro Design ini. Kido Meja Belajar Anak terbuat dari material PVC lamination sehingga tampilannya begitu apik dan timeless. Anak Anda terdukung aktivitasnya oleh meja ini, entah itu untuk belajar menulis, membaca, ataupun menggambar.

Meja belajar berukuran P 63 x L 77,5 x T 70 cm ini tidak bersifat mobile karena bobotnya mencapai 24 kg. Berjenis knock down, Anda bisa merakit meja belajar sembari ditemani anak guna melatih kemampuan berpikirnya. Tidak perlu kursi tambahan karena Pro Design telah menyatukan meja dan kursi pada satu unitnya! Bahkan, pada bagian bawah kursi tersedia rak penyimpanan. Menarik!

7. Livien Patrick Meja Belajar

Livien Patrick Meja Belajar

Kisaran harga: Rp2.305.000

Meja belajar minimalis yang sangat comfy!

Gaya minimalis pada meja ini cocok untuk Anda yang peduli terhadap aspek design dan keeleganan. Livien Patrick menyusun tepian meja belajar berikut dari kombinasi bahan kayu solid mahoni dan MDF. Sedangkan kinfolk series sebagai tempat utama menaruh buku dan barang lain pada meja dari particle board dan HPL yang terbukti tahan lama.

Menyoal kelengkapan, Anda akan menemukan storage laci dan rak kecil tanpa laci untuk menyimpan aksesori, alat tulis, dan peralatan belajar lainnya. Meja belajar dengan panjang 100 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 190 cm dari Livien Patrick ini adalah representasi dari gaya minimalis berpadu rustic. Buat aktivitas belajar lebih seru dengan meja belajar yang comfy ini!

8. Toraya WD60-120 WH

Toraya WD60 120 WH

Kisaran harga: Rp1.600.000

Dilengkapi adjuster yang dapat diatur pada permukaan lantai tidak rata

Toraya WD60-120 WH menawarkan konsep desain simpel dan minimalis. Balutan warna putih yang mendominasi pada kaki, meja, hingga laci membuat segala aktivitas belajar dan tugas yang Anda kerjakan terasa lebih menyenangkan. Laci pada meja ini dilengkapi rel besi yang memperlancar keluar masuknya laci, lalu ada juga handle di bagian bawah untuk memudahkan Anda ketika menarik laci.

Toraya mengusung meja belajar minimalis berikut dari material kayu mahoni asli berpadu MDF dan NC system sebagai finishing-nya. Uniknya, pada meja belajar ini juga tercatut adjuster  (penyeimbang) untuk mengatur posisi meja pada permukaan yang tidak rata.

9. Best Furniture RC MB0608

Best Furniture RC MB0608

Kisaran harga: Rp599.000

Sangat cocok untuk kalangan pelajar dan pekerja!

Apakah Anda sedang mencari meja belajar untuk anak Anda yang telah memasuki bangku SMA sederajat? Apakah Anda seorang mahasiswa/i atau pekerja yang membutuhkan meja dengan berbagai kelengkapan guna menunjang proses pengerjaan tugas kampus dan kantor? Siaap pun Anda, Best Furniture RC MB0608 pilihannya!

Best Furniture menawarkan 3 varian warna pada meja ini, yakni Beige Brown, Dark Brown, dan Dark Grey.  Jika untuk anak-anak, karakter Desk Story imajiner lucu pada pintu lemari akan disenangi anak Anda. Sementara bagi mahasiswa dan pekerja, meja belajar ukuran 115 x 40 x 120 cm berbasis particle board ini akan sangat berguna untuk menyimpan koleksi buku, menaruh laptop, hingga memajang foto-foto pada kompartemen atasnya.

10. IKEA PAHL

IKEA PAHL

Kisaran harga: Rp999.000

Minimalis namun kukuh, luas namun bobotnya tak sampai 10 kg!

Tidak suka dengan meja belajar berdesain kompleks? IKEA PAHL pastilah menjadi pilihan tepat untuk Anda. Kombinasi dua warna tanpa disertai elemen pelengkap seperti laci, rak, dan sebagainya, meja dari susunan particle board, fibreboard, plastik ABS,  dan baja ini dapat membuat siapa pun fokus saat belajar dan mengerjakan tugas di atasnya.

IKEA PAHL bertipekan knock down alias dapat dirakit, cocok untuk Anda yang ingin bergonta-ganti lokasi belajar sesuai mood. Ketinggian kaki meja belajar IKEA berikut dapat Anda atur sesuai kebutuhan mulai 59 – 72 cm dengan melakukan pengubahan pada kenop kakinya. Di samping itu, pada setiap sisi kaki meja disediakan jalur khusus untuk menaruh stopkontak multi lubang agar kabelnya tidak berantakan. Unik!

Kesimpulan

Meja belajar akan membantu Anda atau anak-anak lebih berkonsentrasi. Kenyamanan menjadi elemen penting untuk diutamakan saat memilih produk. Ingatlah kembali bagaimana cara memilih meja belajar yang bagus dan benar pada tulisan ini sebelum Anda menentukan salah satu produk rekomendasi kami di atas.

Agar meja belajar yang telah Anda beli awet dan tahan lama, pastikan agar Anda selalu merawatnya secara rutin. Menjaga kebersihan meja sangatlah penting. Bukan sebatas membuat meja berumur panjang, tetapi Anda akan lebih nyaman dalam belajar jika menggunakan meja yang bebas dari debu.

 

(Visited 4.157 times, 2 visits today)