Written by 13:10 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik

Stylus pen adalah perangkat untuk mempermudah navigasi layar touchscreen pada tablet dan smartphone. Anda yang berprofesi sebagai ilustrator dan desainer grafis tentu sudah memahami pentingnya alat ini. Selain itu, stylus pen juga berguna untuk memberi catatan pada berbagai dokumen digital.

Banyak produsen device elektronik yang menyertakan stylus pen bawaan. Namun, jika device Anda tidak disertai stylus pen, Anda tetap bisa membeli produk keluaran Apple, Adonit, dan sebagainya. Supaya tidak salah beli, artikel ini akan membahas cara memilih stylus pen terbaik beserta rekomendasinya. Maka itu, simak sampai tuntas, ya!

Cara Memilih Stylus Pen

Stylus pen merupakan produk yang sangat variatif, memiliki rentang harga dari seratus ribu ke bawah, hingga berjuta-juta. Karena itu, untuk memahami produk apa yang paling cocok, ada beberapa aspek yang mesti Anda perhatikan, yaitu jenis, kompabilitas, jenis nib, dan fitur tambahannya.

Sesuaikan Jenis Stylus Pen Berdasarkan Fungsionalitasnya

Terdapat dua jenis stylus pen yang dapat Anda pilih. Keduanya sama-sama bisa dipakai mencatat dan menggambar, tetapi terdapat perbedaan detail yang patut Anda perhatikan sebelum membeli.

Stylus Aktif: Akurasi Lebih Maksimal dan Punya Palm Rejection

Stylus aktif merupakan stylus pen yang memiliki perangkat elektronik pintar. Untuk memakai alat ini, pengguna perlu menyambungkannya dengan program dari perangkat yang kompatibel. Hal inilah yang membuat akurasi sentuhannya sangat tinggi.

Stylus ini juga bisa mendeteksi intensitas tekanan untuk membuat perbedaan goresan. Sensitivitas ini sangat membantu pekerjaan seniman digital untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik.

Fitur palm rejection pada stylus pen aktif membuat pengguna dapat meletakkan tangan di atas layar ketika menggunakannya tanpa terdeteksi sebagai sentuhan. Postur tangan pun jadi lebih natural, sebagaimana menulis atau menggambar di atas kertas.

Di samping itu, fungsionalitas stylus pen aktif juga lebih tinggi karena bisa menjadi penghapus dan remote control untuk mengatur pengoperasian kamera dan pemutar musik.

Stylus Kapasitif: Bisa Digunakan pada Semua Device Berlayar Touchscreen

Tidak seperti stylus pen aktif yang hanya kompatibel dengan gawai tertentu, stylus pen pasif, atau lebih sering disebut kapasitif, dapat digunakan pada semua gawai. Karena hanya bekerja sebagai perantara muatan listrik dari jari ke layar, stylus pen jenis ini dapat beroperasi tanpa baterai sehingga bisa digunakan terus-menerus.

Oleh karena fungsionalitasnya yang demikian, harga stylus pen ini jauh lebih murah dibanding stylus pen aktif. Meski tidak seakurat dan sesensitif stylus pen aktif, beberapa produsen terkenal membuat stylus pen kapasitif yang cukup akurat.

Selain itu, untuk mengakali absennya fitur palm rejection, Anda bisa menggunakan sarung tangan lembut agar tangan tetap dapat menempel ke layar tanpa menimbulkan sentuhan. Hal ini membuat stylus pen kapasitif tidak boleh luput dari pertimbangan Anda.

Jika Memilih Stylus Aktif, Perhatikan Kompabilitasnya

Kalau Anda sudah mantap memilih stylus pen aktif, maka teliti kompabilitas dari produk yang Anda pilih. Kebanyakan stylus pen hanya dapat berfungsi pada gawai dari merek yang sama, misalnya Apple Pencil dengan iOS. Sedangkan, produsen yang hanya memproduksi stylus pen seperti Adonit atau Wacom, Anda bisa mengecek kompabilitasnya pada spesifikasi masing-masing produk.

Anda harus ekstra teliti dalam hal ini. Jangan sampai stylus pen aktif dengan harga cukup tinggi yang sudah Anda beli, tidak bisa dipakai dengan gawai Anda. Memang stylus pen tersebut tetap dapat digunakan sebagai stylus pen kapasitif, tetapi Anda tidak dapat mengoperasikan fitur-fitur pintar yang ada di dalamnya.

Perhatikan Jenis Nib-nya untuk Mengatur Intensitas Tekanan dengan Layar Gawai

Stylus pen memiliki berbagai jenis mata pena (nib). Kebanyakan produsen memakai bahan karet dengan ujung segitiga tumpul agar tidak menggores layar gawai. Terdapat juga produsen yang menggantinya dengan bahan plastik yang lebih licin, misalnya Apple Pencil. Kemudian, Anda dapat menemukan beberapa produk yang memiliki nib berbentuk kuas yang diklaim lebih sensitif.

Selain itu, ada lagi produk dengan mata runcing seperti bolpoin yang diberi piringan kecil di atasnya. Piringan ini berfungsi sebagai pelindung agar mata pena tidak langsung bersentuhan dengan layar, sekaligus menambah presisi karena bersifat transparan sehingga pengguna dapat melihat permukaan layar dengan lebih leluasa.

Meski nib pada stylus pen telah didesain agar tidak menggores layar, lebih baik Anda tetap melapisi layar gawai dengan screen protector. Jika Anda sering menggambar, gunakanlah matte screen protector yang memiliki lapisan bertekstur untuk menciptakan sensasi menggambar di atas kertas. Selain itu, pelindung layar jenis ini juga tidak mudah meninggalkan noda dan gampang dibersihkan.

Ingin Lebih Praktis? Pilih yang Bisa Dijadikan Pulpen

Untuk Anda yang tidak ingin ribet, pilih saja stylus pen yang juga bisa menjadi bolpoin biasa. Produk seperti ini menawarkan dua mata pena yang berada pada masing-masing ujung.

Sebagaimana bolpoin, Anda bisa mengisi ulang tintanya ketika habis. Fungsi 2 in 1 ini banyak terdapat pada stylus pen rilisan produsen pulpen ternama, seperti Faber-Castell dan Staedtler.

10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik

Di bagian ini, kami akan rekomendasikan sepuluh produk stylus pen pilihan versi PickyBest. Ingat ya, pertimbangkan dulu jenis, kompabilitas, jenis nib, dan ada atau tidaknya fungsi bolpoin sebelum menjatuhkan pilihan!

1. Faber-Castell Mini Vernate

Stylus 2 in 1 yang menempel di saku

Mini Varnate adalah varian stylus pen kapasitif dari Faber-Castell yang memiliki fungsi 2 in 1, kombinasi antara stylus pen dengan pulpen analog. Untuk menulis di atas kertas, Anda bisa putar badan pulpen untuk mengeluarkan nib. Sedangkan untuk memakai stylus pen, Anda tinggal balik ujungnya. Betapa praktis!

Nib-nya yang berbentuk bulat tanpa sudut membuat stylus pen ini aman bersentuhan dengan layar gawai Anda. Dari segi material, stylus pen ini juga kukuh karena terbuat dari metal. Pada badan alat juga terdapat klip untuk mengaitkan pulpen ke dalam saku.

Jenis stylus penKapasitif
KompabilitasSemua jenis gawai touchscreen
Jenis nibKaret
Kisaran hargaRp30.000

2. Adonit Pro 4

Sumber: Adonit.net

Dibekali ujung precision disc untuk meningkatkan presisi

Adonit Pro 4 adalah produk yang bakal menghapus keraguan Anda tentang keakuratan stylus pen kapasitif. Bagaimana tidak, perangkat ini dilengkapi nib dari disc yang memungkinkan mata stylus pen dibuat lebih runcing untuk menghasilkan presisi lebih.

Anda yang sebelumnya sering menggambar dengan stylus pen lain, mungkin pernah merasa terganggu karena tidak bisa melihat garis yang Anda gambar akibat tertutup nib stylus pen yang besar. Precision disc pada stylus pen ini dibuat transparan agar Anda leluasa melihat apa yang sedang Anda gambar di layar.

Disc yang menambah surface area lebih ini pun membuatnya sangat cocok digunakan pada iPad yang punya sistem deteksi surface lebar mengikuti ukuran jari. Jika Anda menggunakan perangkat lain pun, stylus pen produksi Adonit ini akan bekerja sama baik.

Jenis stylus penKapasitif
KompabilitasSemua jenis gawai touchscreen
Jenis nibPrecision disc
Kisaran hargaRp496.000

3. Apple Pencil 2

Sumber: Apple.com

Stylus pen paling ideal buat pengguna iPad Pro

Untuk Anda yang memiliki iPad Pro dua generasi terakhir, jangan ragu lagi untuk membeli Apple Pencil generasi kedua. Dua perangkat ini bekerja sangat serasi dengan berbagai fitur yang tidak akan Anda temukan pada produk lain.

Untuk menggambar, Apple Pencil bekerja sangat responsif. Tidak ada jeda antara gerakan stylus pen dengan garis yang muncul di layar. Karena merupakan jenis stylus pen aktif, daya baterai produk ini harus diisi ulang. Uniknya, baterai Apple Pencil dapat diisi secara nirkabel.

Saat tidak digunakan, Anda bisa menempelkan stylus pen ini ke sisi kanan bodi iPad secara magnetik. Kekuatan magnetnya pun cukup tinggi. Meskipun Anda goyangkan iPad-nya, stylus pen Anda tidak akan copot.

Jenis stylus penAktif
KompabilitasiPad Air generasi 4, iPad Pro 12.9 inci generasi 3 dan 4, iPad Pro 11 inci generasi 1 dan 2
Jenis nibPlastik
Kisaran hargaRp2.030.000

4. Wacom Bamboo Sketch

Sumber: Wacom.com

Presisi maksimal untuk para seniman digital

Sebagai alternatif Apple Pencil, Anda juga bisa pilih Wacom Bamboo Sketch. Dengan reputasinya sebagai produsen tabel grafis ternama di kalangan desainer grafis, kualitas stylus pen buatan perusahaan Jepang ini tidak perlu diragukan.

Pada varian ini, Wacom menawarkan pena berpresisi tinggi berkat nib yang kecil dan bobot perangkat yang ringan. Karena dirancang untuk menggambar, stylus pen ini bisa dipakai untuk membuat sketsa yang detail.

Meskipun sudah bisa mendeteksi intensitas tekanan, Anda juga bisa mengganti tingkat kekerasan nib-nya untuk menghasilkan intensitas garis yang berbeda. Selain itu, produk ini juga terintegrasi dengan program gambar terkenal seperti Adobe Draw, Adobe Sketch, dan Autodesk SketchBook.

Jenis stylus penAktif
KompabilitasiPad dan iPhone
Jenis nibRuncing
Kisaran hargaRp1.950.000

5. Logitech Crayon

Sumber: Logitech.com

Membuat pembelajaran anak menjadi lebih intuitif dan kreatif

Logitech Crayon adalah stylus pen yang diciptakan untuk mendukung proses belajar anak. Seperti diketahui, anak lebih mudah menyerap materi pelajaran ketika menulis atau membuat catatan dengan gaya bahasanya sendiri. Begitupun dengan anak Anda, penggunaan stylus pen ini pada iPad memudahkannya untuk membuat catatan tanpa perlu boros kertas. Materi yang sudah tercatat pun lebih praktis untuk di-review.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi pembelajaran yang semakin digital juga membuat banyak materi pelajaran tersedia secara digital. Anak Anda bakal lebih mudah mempelajarinya karena dia bisa memberi corat-coret catatan untuk membantunya mengerti. Penggunaan perangkat akan membuat pembelajaran jadi lebih intuitif dan kreatif!

Jenis stylus penAktif
KompabilitasiPad
Jenis nibKaret silikon
Kisaran hargaRp1.450.000

6. Spigen Stylus Pen

Sumber: Spigen.com

Memiliki kualitas baik dengan harga terjangkau

Jika Anda menginginkan stylus pen kapasitif yang berkualitas tapi harganya tetap terjangkau, Anda bisa pilih produk ini. Spigen Stylus Pen adalah produk yang cukup komprehensif, bisa dipakai untuk menulis dan memiliki sensitifitas cukup baik untuk menggambar. Bodi yang terbuat dari alumunium juga terasa kukuh dan ringan.

Material karet pada nib stylus pen ini diklaim sangat lembut, alias takkan meninggalkan goresan pada layar. Pergerakannya pun juga lincah berkat bentuknya yang melingkar tanpa sudut. Penampilannya yang seperti pulpen, lengkap dengan klip pengait, memberi kesan elegan.

Jenis stylus penKapasitif
KompabilitasSemua jenis gawai touchscreen
Jenis nibKaret
Kisaran hargaRp145.000

7. Faber-Castell NEO Slim

Memiliki estetika premium untuk para entrepreneur

Dengan penampilannya yang elegan dan berkelas, stylus pen 2 in 1 dari Faber-Castell ini cocok digunakan oleh para entrepreneur. Dalam pertemuan rapat, Anda bakal terlihat elegan saat mengayunkan produk ini di gawai maupun kertas.

Akses nib-nya sama-sama dari depan sehingga Anda tidak perlu membolak-balik alat untuk berganti fungsi. Perangkat terbuat dari bahan stainless steel yang keras sekaligus ringan.

Bodinya ramping sehingga sangat nyaman digenggaman. Di samping itu, sebagai pulpen, Faber-Castell NEO Slim memiliki kapasitas tinta yang besar. Anda tidak perlu khawatir tinta habis di tengah pekerjaan saat sedang membuat dokumen penting.

Jenis stylus penKapasitif
KompabilitasSemua jenis gawai
Jenis nibStainless steel
Kisaran hargaRp378.000

8. WACOM Bamboo Tip

Sumber: Wacom.com

Membuat catatan lebih elaboratif

Anda yang rutinitasnya sibuk dan punya banyak agenda tentu memerlukan catatan pengingat. Stylus pen produksi Wacoom satu ini dirancang agar membuat catatan pada gawai dapat dilakukan lebih cepat dan praktis. Anda bisa membuat catatan di smartphone atau tablet dengan memanfaatkan ujung runcing yang sangat responsif.

Wacom Bamboo Tip merupakan stylus pen kapasitif yang cukup unik karena memiliki baterai. Hal ini diperlukan karena stylus pen ini memiliki fitur tambahan untuk mengoptimasi performanya. Terdapat tombol yang mengatur peruntukkan nib sesuai jenis gawai, khususnya antara perangkat Android dan iPad Pro.

Jenis stylus penKapasitif
KompabilitasiPad, iPhone, Android
Jenis nibRuncing
Kisaran hargaRp1.220.000

9. Adonit Snap 2

Sumber: Adonit.net

Mempermudah pengambilan swafoto dengan fungsi shutter remote

Adonit Snap 2 adalah stylus pen unik yang menonjolkan kemampuannya sebagai remote control untuk iPhone. Tombol shortcut pada produk ini bisa berfungsi sebagai shutter kamera ponsel. Anda pun dapat mengambil swafoto dengan lebih mudah. Fungsi pen-nya sendiri bisa diperuntukkan untuk mengedit foto yang sudah diambil dengan menambah sentuhan pribadi.

Tentu saja, dengan ujung runcingnya, stylus pen buatan Adonit ini juga sangat presisi untuk dipakai menggambar. Meski begitu, karena dirancang untuk iPhone, Anda barangkali tidak akan membuat sketsa yang terlalu rumit karena layar cenderung kecil. Hal yang sama juga membuat fitur palm rejection yang biasanya ada pada stylus pen aktif absen dari produk ini.

Jenis stylus penAktif
KompabilitasiPhone 6 atau lebih tinggi
Jenis nibRuncing
Kisaran hargaRp543.000

10. ESR Digital Stylus

Sumber: Esrgear.com

Stylus kapasitif berkualitas tinggi dengan harga yang ramah di kantong

ESR Digital Stylus adalah alternatif stylus pen kapasitif bermutu tinggi dengan harga bersahabat. Anda yang memakainya untuk menggambar bakal dipuaskan dengan akurasi cukup baik berkat model nib-nya yang runcing. Sedangkan Anda yang hanya memakainya untuk menulis, bakal dimanjakan respon nib yang instan, nyaris tanpa jeda.

Menariknya, meski berjenis kapasitif pulpen pintar ini memanfaatkan daya baterai agar bisa hidup. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir pemakaian jadi terbatas, sebab baterai dari ESR Digital Stylus dapat bertahan hingga sepuluh jam. Ketika tidak digunakan pada posisi menyala, perangkat juga bakal menghemat daya dengan mematikan diri secara otomatis.

Jenis stylus penKapasitif
KompabilitasSemua jenis gawai touchscreen
Jenis nibRuncing
Kisaran hargaRp358.000

Kesimpulan

Stylus pen memang sangat berguna, terutama untuk Anda yang sering menulis atau menggambar di gawai. Agar tidak kecewa karena salah beli, beberapa aspek harus diperhatikan agar mendapat produk terbaik, mulai dari jenis stylus pen, kompabilitas, jenis nib, dan fungsi tambahan sebagai bolpoin.

Dari sepuluh rekomendasi produk kami, adakah yang Anda sukai? Kalau Anda belum berpengalaman, sebaiknya pilih stylus pen yang kompatibel dengan smartphone dan tablet Anda. Semoga Anda bisa menemukan stylus pen yang cocok untuk kebutuhan Anda, ya!

(Visited 263 times, 3 visits today)