Perlengkapan Rumah Tangga

10 Produk Pengusir Kecoa Paling Ampuh, Buktikan Sendiri!

Tak hanya mengganggu, kecoa adalah hama yang berbahaya buat kesehatan anggota keluarga di rumah. Patogen yang terkandung di dalam organ pencernaannya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Sebab itu, jangan sekali-kali menyepelekan kehadiran kecoa di rumah. Basmilah sampai ke sarangnya dengan produk pengusir kecoa yang tepat.

Ada banyak jenis produk pengusir kecoa yang bisa Anda pilih. Mulai dari yang tidak asing seperti semprotan, sampai perangkap, umpan, dan banyak lagi. Agar tidak bingung pilih yang mana, di artikel ini kami bahan tuntas cara memilihnya. Tak hanya itu, kami juga telah mengumpulkan sepuluh produk terbaik yang bisa langsung Anda beli. Ikuti pembahasannya sampai selesai, ya!

Cara Memilih Produk Pengusir Kecoa

Anda tentu ingin seluruh kecoa yang bersembunyi di rumah Anda habis tak bersisa, bukan? Sebab itu, pastikan produk pengusir kecoa yang Anda pilih memang terbukti ampuh. Pastikan pula jenis produk yang Anda punya pengaplikasian yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Ini Jenis-jenis Produk yang Terbukti Ampuh Mengusir Kecoa

Di antara sekian banyak jenis produk pengusir kecoa yang beredar di pasaran, tidak semuanya efektif. Sebab itu, di bawah ini telah kami rangkum jenis produk apa saja yang sudah terbukti ampuh buat mengusir kecoa.

Spray (Semprotan)

Semprotan aerosol insektisida bukanlah barang yang asing di rumah orang Indonesia. Meski yang lebih terkenal adalah semprotan pengusir nyamuk, sebenarnya ada juga semprotan khusus untuk mengusir kecoa. Dibanding semprotan nyamuk, formulasi semprotan kecoa agak beda. Sebab itulah, walaupun semprotan nyamuk mungkin bisa membunuh kecoa, efektivitasnya kurang maksimal.

Semprotan aerosol adalah produk terbaik bila Anda ingin membunuh kecoa di hadapan Anda secepat mungkin. Sebagian produk juga memiliki efek residu yang bertahan beberapa lama sehingga kecoa yang terpapar residu akan ikut mati. Selain itu, Anda juga bisa membasmi sarang dengan menyemprotkannya langsung ke lubang sarang.

Sayangnya, semprotan aerosol bukan solusi terbaik untuk membasmi sarang kecoa jika Anda tidak mengetahui letak sarang tersebut. Agar sempurna, pembasmian lewat semprotan aerosol bagusnya dikombinasikan dengan jenis umpan yang lebih efektif membasmi sarang.

Perlu diingat pula bahwa kandungan semprotan aerosol juga berbahaya buat manusia sehingga Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati.

Umpan Beracun

Produk berupa umpan beracun menyamarkan formula insektisida sebagai makanan untuk menarik perhatian kecoa. Kecoa yang memakan umpan ini kemudian menghasilkan efek berantai mematikan ke kecoa yang lain dalam empat proses berbeda.

Pertama adalah proses trophallaxis, di mana kecoa yang sudah memakan umpan membagikan umpan tersebut lewat mulut untuk dimakan kecoa yang lain. Kedua adalah proses coprophagy di mana sisa bahan aktif mematikan dari umpan keluar bersama feses dan dimakan oleh anak kecoa di sarang.

Ketiga adalah proses emitophagy di mana bahan aktif di dalam umpan merangsang kecoa untuk memuntahkannya. Muntahan yang mengandung bahan aktif ini lantas akan dimakan oleh kecoa yang lain. Dan yang terakhir adalah proses canibalism di mana bangkai kecoa yang sudah terbunuh oleh umpan dimakan oleh kecoa yang lain.

Meski memakan waktu beberapa jam sampai kecoa mati—dan sekitar beberapa minggu untuk membasmi seluruh populasi, cara kerjanya yang menimbulkan efek berantai membuat umpan menjadi produk paling ampuh untuk membasmi kecoa dalam jumlah banyak.

Anda pun tidak perlu repot-repot mencari sarang karena kecoa itu sendiri yang akan mengantarkan umpan Anda ke sana lewat efek berantai tadi. Jenis umpan itu sendiri ada beberapa, namun yang paling populer adalah gel.

Perangkap

Cara lain membunuh kecoa adalah memerangkapnya. Terdapat perangkap khusus yang bisa Anda beli. Perangkap ini modelnya bermacam-macam, namun yang paling umum adalah perangkap lem dan serbuk.

Perangkat lem memiliki lapisan lem yang sangat lengket dan menjebak kecoa saat mereka berjalan di atasnya. Setelah beberapa lama, kecoa yang terjebak akan mati. Perangkap seperti ini perlu diganti setelah lemnya mengering atau sudah terlalu banyak kecoa yang terjebak di dalamnya.

Kontras dengan perangkap lem yang mematikan pergerakan kecoa, perangkap serbuk membunuh tanpa memerangkap kecoa itu sendiri. Untuk memberi dampak mematikan, kecoa hanya perlu berjalan melewati bubuk yang sebelumnya sudah diaplikasikan. Jika kecoa tersebut sempat kembali ke sarang sebelum mati, serbuk ini dapat terkena kecoa yang lain dan membunuh mereka pula. Perangkap ini lebih fleksibel karena dapat diaplikasikan di tempat sempit.

Seperti semprotan, perangkap adalah produk yang cocok untuk membasmi kecoa satu per satu. Meski begitu, perangkap kurang ampuh untuk membasmi seluruh populasi sarang, terutama anak kecoa kecil yang biasanya tidak keluar dari sarang. Jika Anda berminat membeli produk ini, pastikan untuk melakukan pengamatan terhadap tempat yang biasa dilalui kecoa agar hasilnya efektif.

Kamper

Kamper atau kapur barus adalah jenis produk yang sudah cukup terkenal keampuhannya dalam mengusir hama, termasuk kecoa. Kamper mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai kecoa sehingga mereka bakal menjauh. Meski tidak terlalu mematikan, kamper sangat cocok ditaruh di sekitar area rumah yang ingin Anda jauhkan dari kecoa.

Essential Oils

Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah terbiasa menggunakan essential oils sebagai aromaterapi di rumah. Siapa sangka, rupanya minyak yang diekstrak dari tanaman ini terbukti cukup ampuh buat mengusir kecoa. Aromanya yang menyejukkan buat manusia, ternyata dibenci oleh kecoa.

Anda bisa mengaplikasikan essential oils sebagaimana aromaterapi biasa. Hal ini biasanya sudah cukup untuk membuat kecoa ogah mendekat. Letakkanlah di kamar tidur dan ruangan lain yang Anda inginkan untuk bebas dari kecoa. Bila dirasa kurang ampuh, Anda bisa meningkatkan efeknya dengan melarutkan essential oils ke dalam air dan menyemprotkannya ke area yang sering dilewati kecoa.

Perlu diketahui bahwa tidak semua essential oils ampuh untuk mengusir kecoa. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut di internet jenis essential oils apa saja yang efektif.

Bagaimana Dengan Pengusir Kecoa Ultrasonik?

Di pasaran, Anda bakal menemukan banyak pengusir kecoa elektronik berbasis gelombang ultrasonik. Alat ini bekerja dengan memancarkan gelombang suara ultrasonik, yaitu gelombang yang berfrekuensi di atas 20.000 Hz (batas pendengaran manusia). Meski tak terdengar di telinga kita, binatang dan serangga—termasuk kecoa—dapat mendengarnya dan secara instingtif menjauh darinya.

Sekilas, produk ini menawarkan solusi yang begitu sempurna: bebas dari kandungan kimia berbahaya, aman untuk anak-anak, harganya murah, dan pengaplikasiannya tidak repot karena tinggal dicolok ke sumber listrik.

Sayangnya, if it’s too good to be true, it probably is. Sampai hari ini belum ada riset yang mendukung efektivitas alat ini. Pasalnya, binatang yang bisa mendengar gelombang ultrasonik tentu sudah terbiasa mendengarnya sehingga bebunyian yang dipancarkan alat takkan mengganggunya lagi. Meski begitu, ada beberapa binatang yang memang terganggu dengan gelombang ultrasonik dalam pola tertentu.

Tapi, untuk memproduksi gelombang ultasonik seperti ini, diperlukan generator khusus yang sepsifikasinya jauh lebih tinggi dari alat pengusir kecoa yang beredar di pasaran. Alhasil, efektivitasnya hanya dibuktikan oleh testimoni positif dari pengguna yang hasilnya tidak benar-benar dapat disimpulkan disebabkan oleh alat tersebut. Jadi, lebih baik gunakan saja produk-produk yang memang sudah terbukti keampuhannya yang telah kami jelaskan di bagian sebelumnya.

10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik

Setelah memahami cara memilih produk pengusir kecoa, sekarang Anda bisa segera membelinya. Di bawah ini telah kami rangkum sepuluh produk terbaik dari berbagai jenis dan merek. Pilihlah yang paling pas dengan kebutuhan dan budget Anda.

1. HIT Anti Kecoa Spray

blank

Sumber: Hitexpert.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi pipa pemburu khusus untuk mengjangkau tempat tersembunyi

HIT adalah salah satu produsen produk anti serangga paling terkenal di Indonesia. Kualitas produk-produknya tak perlu diragukan lagi. Semprotan aerosol anti kecoa ini mengandung formulasi khusus yang dirancang untuk membunuh kecoa tiga kali lebih cepat dari produk lain.

Menariknya lagi, HIT mengimplementasikan pipa pemburu khusus yang berbentuk panjang dan tipis untuk membantu menyemprotkan produk ke tempat yang tersembunyi dan sulit dijangkau, misalnya lubang saluran air, sela-sela perabotan, kolong tempat tidur, dan seterusnya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh membunuh kecoa hanya dalam beberapa menit.
  • Efektif membunuh kecoa besar maupun kecoa kecil yang bersembunyi di sarang.
  • Pipa pemburu sangat memudahkan untuk meraih tempat-tempat yang sulit dijangkau.
  • Tak hanya kecoa, nyamuk dan serangga kecil lainnya juga ikut mati.
  • Bau tak terlalu menyengat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis produk Spray
Kisaran harga Rp28.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. HIT Anti Kecoa Gel

blank

Sumber: Hitexpert.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membunuh kecoa yang berkeliaran di malam hari

Kecoa adalah makhluk nokturnal, aktif di malam hari. Saat Anda tertidur, mereka keluar dari sarang dan mencari makan di penjuru rumah. Di sinilah Anda memerlukan HIT Anti Kecoa Gel.

Umpan gel ini akan disangka sebagai makanan oleh kecoa. Kecoa yang sudah terinfeksi ini akan mati dalam beberapa jam setelah ia kembali ke sarang. Bangkainya lantas dimakan oleh kecoa lain hingga menghasilkan efek berantai.

Anda dapat mengaplikasikan HIT Anti Kecoa Gel di tempat yang sering dilewati kecoa seperti dapur, wastafel, dan seterusnya. Produk ini pun cukup hemat karena dapat bertahan hingga 45 hari. Untuk treatment yang lebih menyeluruh, Anda dapat mengombinasikannya dengan HIT Anti Kecoa Spray.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh mengurangi populasi kecoa secara signifikan.
  • Efektif buat kecoa besar maupun kecil.
  • Tidak berbau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rumah yang memelihara kucing/anjing perlu mengawasi peliharaannya agar tidak menangkap kecoa yang sudah terinfeksi gel.
Jenis produk Umpan gel
Kisaran harga Rp59.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Combat Roach Killer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Aman buat rumah yang memiliki binatang peliharaan

Daripada bikin seisi rumah bau dengan semprotan aerosol yang juga berbahaya bila terhirup, lebih baik pakai produk umpan. Combat Roach Killer adalah salah satu produk umpan terbaik yang bisa Anda beli.

Dibanding produk umpan lainnya, produk ini lebih spesial karena menyediakan station (wadah) khusus untuk memuat umpan tersebut, sehingga takkan tidak sengaja terjilat oleh binatang peliharaan di rumah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Satu kemasan berisi enam umpan yang masing-masing dapat digunakan untuk tiga bulan.
  • Ampuh untuk kecoa besar maupun kecil.
  • Fleksibel diletakkan di mana saja. Bahkan bisa ditempel di dinding karena ada perekat bawaan di bagian bawah station.
  • Cocok buat rumah yang memiliki binatang peliharaan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bukan produk yang tepat jika Anda ingin kecoa mati dalam sekejap.
Jenis produk Umpan
Kisaran harga Rp125.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Hoy Hoy Trap A Roach

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perangkap kecoa bebas insektisida

Bila Anda kurang suka produk berkandungan insktisida karena juga berbahaya buat manusia, Anda bisa coba Hoy Hoy Trap A Roach. Produk ini merupakan perangkap kecoa bebas insektisida.

Kecoa bakal tertangkap oleh lem super lengket dan mati perlahan dalam beberapa jam. Asyiknya lagi, tidak ada bangkai kecoa yang tercecer di sekeliling rumah karena semuanya mati di dalam perangkap ini.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Satu kemasan terdiri dari lima perangkap yang masing-masing dapat dipakai hingga 3 sampai 4 minggu.
  • Tidak perlu repot dibersihkan karena setelah penuh oleh kecoa produk dapat langsung dibuang ke tempat sampah.
  • Dampaknya dapat dimaksimalkan dengan menempatkan beberapa perangkap sekaligus di beberapa titik di rumah.
  • Paket penjualan sudah termasuk umpan untuk mengundang kecoa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bentuk produk yang seperti mainan rumah-rumahan mungkin bakal menarik perhatian anak-anak.
Jenis produk Perangkap
Kisaran harga Rp48.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Seroxil Pembasmi Semut dan Kecoa

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ampuh membasmi kecoa, bahkan pada yang menunjukkan resistansi pada insektisida

Cukup sudah momen santai bersama keluarga di rumah rusak gara-gara kehadiran kecoa terbang yang muncul entah dari mana. Parahnya lagi, kecoa seperti ini cukup sulit untuk benar-benar dibasmi.

Semprotan Seroxil ini dirancang khusus untuk itu. Formula insektisida alphacypermethrin dan flufenoxuron-nya menawarkan solusi ampuh, bahkan pada kecoa yang menunjukkan resistansi pada insektisida.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tak hanya kecoa, ampuh juga buat membunuh segala macam serangga merangkak maupun terbang lainnya.
  • Tidak berbahaya bila terkena hewan peliharaan.
  • Ada kemasan isi ulang 1 liter.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harus pakai masker dan sarung tangan saat dipakai karena dapat menyebabkan alergi jika terkena kulit.
Jenis produk Spray
Kisaran harga Rp44.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Hogasan Cairan Anti Serangga

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Semprotan insektisida yang nyaris tidak menyisakan bau

Semprotan insektisida pada umumnya meninggalkan bau menyengat yang lama hilangnya setelah disemprot. Tidak demikian buat semprotan satu ini. Ketika disemprotkan, Hogasan hanya menyisakan bau mild yang tidak menyakiti indera penciuman. Setengah jam kemudian, bau ini akan hilang seluruhnya. Alhasil, keluarga dapat langsung kembali ke dalam ruangan tanpa terpapar sisa insektisida di udara.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak hanya ampuh buat kecoa, tapi juga semut, rayap, tomcat, kelabang, kutu, laron, bahkan cicak.
  • Aman disemprotkan di tempat tidur hewan peliharaan agar terbebas kutu.
  • Aman disemprotkan ke tanaman biar tidak ditinggali serangga.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis produk Spray
Kisaran harga Rp75.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Bayer Maxforce Forte 0,05 Gel

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Umpan beracun yang mengatasi masalah kecoa di tempat usaha

Anda yang punya tempat usaha, baik toko, rumah makan, atau kafe pasti juga mengalami masalah kecoa. Tentu Anda tidak mungkin menyemprotnya dengan semprotan insektisida di hadapan pelanggan saat jam operasional. Sebab itu, Anda mesti mengusirnya lewat cara yang tidak langsung, yakni umpan beracun. Bayer Maxforce Forte 0,05 Gel adalah produk yang tepat buat itu.

Umpan beracun berbentuk gel ini memiliki warna coklat muda. Tidak kentara jika Anda aplikasikan di permukaan gelap. Pengaruhnya pun sangat ampuh dan cepat. Kecoa akan bergelimpangan mati di hari yang sama. Menariknya, sekali pengaplikasian, gel dapat bertahan hingga satu bulan. Artinya, produk takkan cepat habis sehingga lebih hemat buat kantong Anda!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah diaplikasikan di mana saja.
  • Mengandung atraktan, senyawa yang merangsang indera penciuman serangga sehingga tertarik mendekat.
  • Keampuhannya langsung menunjukkan hasil dalam hitungan 24 jam saja.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis produk Umpan gel
Kisaran harga Rp149.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Bagus Kapur Ajaib

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kapur insektisida yang tak asing lagi buat orang Indonesia

Orang Indonesia mana yang tak mengenal kapur ajaib? Produk ini cukup unik karena berbentuk seperti kapur tulis. Namun, jika kapur tulis digores di papan tulis, kapur ajaib digores di permukaan yang sering dilewati kecoa. Fungsi syaraf kecoa akan hilang dalam waktu empat jam setelah terkena kapur ajaib. Setelah mencapai sepuluh jam, kecoa akhirnya mati.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bentuknya yang padat dan tidak mudah patah memudahkan penyimpanan.
  • Harga sangat terjangkau.
  • Ampuh juga membasmi semut dan kutu.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pengaplikasiannya mesti jauh dari jangkauan anak-anak karena serbuk hasil goresan gampang terhisap.
Jenis produk Umpan
Kisaran harga Rp10.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. SanGreat Bye Bye Kecoa Gel

 

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ucapkan bye-bye pada kecoa di rumah!

Melihat kecoa mati memang asyik, namun, apa yang menjadi racun buat kecoa, seringkali juga menjadi racun buat manusia. Itu sebabnya mengapa produk satu ini menjadi spesial. SanGreat Bye Bye Kecoa gel adalah olahan essential oil, sehingga tidak beracun.

Meski tidak membunuh, aromanya yang wangi tidak disukai oleh kecoa. Jika rutin diaplikasikan, kecoa akan terkena efek trauma dan segera minggat dari rumah Anda!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bukan racun. Sepenuhnya terbuat dari bahan natural sehingga aman buat keluarga.
  • Pengaruhnya cukup ampuh asalkan jumlah pengaplikasian gelnya memadai dengan luas ruangan. Lebih banyak lebih baik.
  • Karena tidak membunuh, tidak perlu repot membersihkan bangkai kecoa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Keampuhan produk mungkin tidak sama untuk tiap kecoa.
Jenis produk Umpan gel
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. SanGreat Bye Bye Kecoa Spray

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tersedia juga dalam bentuk spray!

Jika Bye Bye Kecoa Gel kurang cocok buat Anda karena, misalnya, tempat pengaplikasiannya dilewati banyak orang sehingga gel sering terinjak, maka Anda dapat mencoba Bye Bye Kecoa Spray.

Kandungannya sama-sama natural dan bebas racun. Dalam bentuk semprotan, Anda dapat menyemprotkannya ke tempat yang biasa dilalui kecoa dengan lebih leluasa.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bentuk semprotan mungkin lebih nyaman buat beberapa orang.
  • Biar hasil makin efektif, sebaiknya disemprot menjelang malam karena kecoa banyak berkegiatan di malam hari.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Keampuhan produk mungkin tidak sama untuk tiap kecoa.
Jenis produk Spray
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Produk Pengusir Kecoa

Produk HIT Anti Kecoa Spray HIT Anti Kecoa Gel Combat Roach Killer Hoy Hoy Trap A Roach Seroxil Pembasmi Semut dan Kecoa Hogasan Cairan Anti Serangga Bayer Maxforce Forte 0,05 Gel Bagus Kapur Ajaib SanGreat Bye Bye Kecoa Gel SanGreat Bye Bye Kecoa Spray
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis produk Spray Umpan gel Umpan Perangkap Spray Spray Umpan gel Umpan Umpan gel Spray
Kisaran harga Rp28.000 Rp59.000 Rp125.000 Rp48.000 Rp44.000 Rp75.000 Rp149.000 Rp10.000 Rp50.000 Rp50.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Dari sepuluh produk di atas, manakah yang mau Anda andalkan untuk mengusir kecoa di rumah? Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan untuk memilih jenis produk yang paling cocok dengan kondisi rumah Anda.

Selain menggunakan produk pengusir kecoa, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan di rumah. Sebab, kecoa sangat senang tinggal di tempat yang kotor. Mudah-mudahan Anda segera menemukan produk pengusir kecoa terbaik!

Referensi

What Are Essential Oils, and Do They Work?
https://www.healthline.com/nutrition/what-are-essential-oils diakses pada 9 Oktober 2021

Roach Repellent: A Simple Guide to What Works
https://cockroachfacts.com/roach-repellent/ diakses pada 9 Oktober 2021

Essential Oils for Roaches: Pest-Free With Just a Spray Bottle?
https://cockroachfacts.com/essential-oils-for-roaches/ diakses pada 9 Oktober 2021

Do Roaches Come Out More After Spraying?
https://www.go-forth.com/blog/post/do-roaches-come-out-more-after-spraying diakses pada 9 Oktober 2021

A Handy Guide to Choosing the Best Roach Spray
https://cockroachfacts.com/best-roach-spray/ diakses pada 9 Oktober 2021

How Well Do Cockroach Traps Work?
https://www.cockroachzone.com/how-well-do-cockroach-traps-work/ diakses pada 9 Oktober 2021

A Guide to Choosing and Using Roach Bait Gel
https://cockroachfacts.com/roach-bait-gel/ diakses pada 9 Oktober 2021

Why slower roach bait control is better than the fast kill sprays
https://www.naturepest.com/articles/why-slower-roach-bait-control-is-better-than-the-fast-kill-sprays/ diakses pada 9 Oktober 2021

Does Camphor Kill Cockroaches? [A Case Study] https://homepestdoctor.com/does-camphor-kill-cockroaches/ diakses pada 9 Oktober 2021

Are ultrasonic pest repellers effective?
https://www.mcgill.ca/oss/article/technology-you-asked/are-ultrasonic-pest-repellers-effective diakses pada 9 Oktober 2021

Ultrasonic Pest Control: Does it Really Work?
https://www.familyhandyman.com/article/ultrasonic-pest-control-does-it-really-work/ diakses pada 9 Oktober 2021

You may also like

Comments are closed.