Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik

Apakah Anda pernah menjalani pemeriksaan kesehatan dengan cara memasukkan jari Anda ke sebuah alat, dan alat itu akan mendeteksi kadar kepekatan oksigen dalam darah dan denyut nadi Anda dalam bentuk angka dan grafik? Nama alat tersebut adalah pulse oximeter. Alat itu sangat penting untuk memantau kondisi seseorang yang mengalami gangguan kesehatan.

Kini, dengan model yang beragam dan harga terjangkau, Anda dapat melakukan pengecekan saturasi oksigen dan denyut nadi Anda dan keluarga di rumah atau di mana saja. Anda dapat membeli pulse oximeter keluaran produsen alat medis, seperti Yonker, Microlife, Serenity, dan sebagainya. Namun, pulse oximeter mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Simak informasinya di artikel ini!

Mengenal Pulse Oximeter beserta Fungsinya

Pulse oximeter adalah alat tes sederhana untuk mengukur tingkat saturasi oksigen (SpO2) dan denyut nadi (pulse rate) seseorang tanpa rasa sakit. Artinya, alat ini akan mengukur berapa banyak oksigen yang ada di dalam darah dan seberapa efisien oksigen itu dibawa ke ujung tubuh yang terjauh, termasuk lengan dan kaki.

Alat ini banyak digunakan oleh dokter untuk memantau kondisi pasien yang memiliki gejala pernapasan dan jantung atau mengalami gangguan tidur, termasuk juga pada bayi dengan kondisi rentan yang berada di unit perawatan neonatal.

Beberapa pulse oximeter tersedia dalam bentuk sederhana dan portabel, banyak digunakan oleh para atlet panjat tebing atau pilot untuk memantau kondisi mereka saat beraktivitas di ketinggian. Saat ini, pulse oximeter juga banyak digunakan untuk mendeteksi gejala silent hypoxia, yang merupakan indikasi pneumonia akibat COVID-19.

Cara Memilih Pulse Oximeter

Jika Anda membutuhkan pulse oximeter dan ingin membelinya, pertimbangkan hal-hal seperti tipe, ukuran, layar, tingkat akurasi, daya tahan baterai, dan lain sebagainya. Anda bisa mengetahui tentang informasi cara memilih pulse oximeter pada uraian kami berikut ini. Simak dengan cermat, ya!

Pilih Tipe Pulse Oximeter yang Sesuai Kebutuhan Anda

Agar pulse oximeter tepat guna, tentunya saat membeli alat tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah alat tersebut akan Anda gunakan hanya untuk pemeriksaan harian di rumah dan di luar rumah, atau untuk pemantauan secara terus menerus yang membutuhkan akurasi yang tinggi?

Fingertip Oximeter: Tipe Portable yang Murah dan Mudah Digunakan

Dengan bentuk yang portabel, fingertip oximeter sangat efisien dalam memantau kadar oksigen darah. Anda dapat menggunakan oksimeter jenis ini di manapun Anda berada. Selain nyaman dan mudah digunakan, harganya pun terjangkau.

Namun, fingertip oximeter hanya dirancang untuk pemeriksaan langsung (pembacaan cepat), bukan untuk pemantauan terus menerus. Sehingga hasil yang tertera pada layar tidak selalu akurat.

Handheld Oximeter: Menawarkan Tingkat Akurasi yang Lebih Tinggi

blank

Sumber: Contecmed.eu

Pulse oximeter jenis ini berukuran lebih besar daripada fingertip oximeter tapi tetap mudah dibawa. Dapat memberikan pembacaan yang lebih akurat dalam hitungan detik (pembacaan langsung), alat ini biasa digunakan untuk neonatus, pediatri, dan pasien dewasa.

Beberapa brand oksimeter genggam ini juga menyertakan fitur lain, seperti mengukur detak jantung atau tekanan darah. Selain itu, handheld oximeter juga dapat digunakan untuk pemantauan terus menerus. Biasanya dilengkapi memori yang dapat diunduh dan dilihat pada komputer.

Wrist Pulse Oximeter: Bagus untuk Memantau Kondisi Pasien saat Sedang Tidur

blank

Sesuai namanya, wrist pulse oximeter dipakai di pergelangan tangan seperti jam tangan, serta memiliki probe untuk pengukuran yang ditempatkan di jari telunjuk. Alat ini efisien untuk memantau kondisi saat tidur atau terus menerus, dan tidak ada kabel panjang yang akan tersangkut.

Sayangnya, wrist pulse oximeter kurang praktis untuk pembacaan langsung (cepat), karena perangkat harus dipasang ke pergelangan tangan dan jari telunjuk terlebih dahulu sebelum digunakan.

Pilih yang Ukurannya Pas dengan Jari Anda atau Keluarga Anda

blank

Saat memilih pulse oximeter, pastikan perangkat itu pas dengan ujung jari, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Sebab, jika terlalu ketat akan dapat mengakibatkan penyempitan atau memutus sirkulasi. Namun, jika terlalu longgar, alat tersebut bisa jatuh, atau memungkinkan cahaya masuk dan mempengaruhi pembacaan sehingga tidak akurat.

Beberapa pulse oximeter ada yang dirancang untuk pas dengan jari bayi baru lahir atau anak-anak. Untuk itu, diskusikan dengan praktisi Anda terlebih dahulu sebelum memilih unit yang pas. Atau, jika Anda membeli secara online, terlebih dahulu ukur jari Anda mulai dari ujung kuku hingga ke bagian paling bawah jari

Cari Perangkat yang Memenuhi Standar ISO, CE, atau SNI, dan Memiliki Akurasi ± 2-3%

blank

Pulse oximeter yang baik memiliki akurasi tinggi atau presisi. Untuk itu, pastikan produk yang Anda pilih telah lulus standar sertifikasi ISO (International Standard Organization) atau SNI (Standar Nasional Indonesia). Karena sertifikat label ISO dan SNI tidak akan diberikan bila tingkat akurasinya belum memenuhi standar. Sebagai catatan, ISO 80601-2-61:2011 telah diganti menjadi ISO 80601-2-61:2017.

Untuk memenuhi persyaratan akurasi dari standar teknis yang berlaku, perbedaan akar-rata-rata kuadrat antara oksimeter dan nilai sebenarnya harus di bawah 4% dalam rentang 70%-100% SpO2. Menurut WHO-UNICEF, akurasi SpO2 yaitu ±2% dalam kondisi penggunaan yang ideal, dan ±3% untuk semua pasien dan kondisi perfusi/pergerakan. Sementara untuk pengukuran denyut nadi optimalnya adalah ±3 bpm.

Pilih yang Memiliki Lampu Latar atau Layar yang Bisa Berputar untuk Memudahkan Pembacaan

blank

Ada dua jenis layar yang banyak digunakan pada pulse oximeter, yaitu LED dan OLED. Masing-masing layar memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal pembacaan hasil pulse oximeter. Anda dapat memilih produk tergantung kebutuhan dan budget Anda.

Layar LED umumnya lebih besar dan dapat memberikan kecerahan yang jauh lebih baik dibandingkan OLED. Namun, layar LED akan membutuhkan lampu latar (backlight) untuk iluminasi atau mengurangi polarisasi. Perangkat dengan layar LED biasanya dijual dengan harga relatif murah.

Sedangkan layar OLED memiliki waktu respons yang lebih cepat dibandingkan LED dan bisa dilihat dari banyak arah atau multi-angle. Dalam pengoperasiannya, layar OLED membutuhkan lebih sedikit daya meski memiliki banyak warna. Namun harga jualnya jauh lebih mahal.

Pilih yang Daya Tahan Baterainya hingga 30-40 Jam, atau Memiliki Fitur Hemat Baterai

blank

Karena digunakan pada banyak orang secara terus menerus, pulse oximeter harus dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Idealnya, produk dapat digunakan hingga 50 jam, serta memiliki fitur hemat daya otomatis, auto off, dan rechargeable.

Daya tahan baterai pada pulse oximeter umumnya tergantung dari jenis, jumlah, dan kualitas sel baterai yang digunakan. Contohnya, 2 baterai Alkaline AAA (1.5V, 600mAh), dengan konsumsi daya kurang dari 30mA, maka bisa beroperasi terus hingga 30 jam. Bila menggunakan baterai non-rechargeable seperti ini, pilih perangkat yang dapat mati secara otomatis setelah selesai digunakan agar dapat menghemat daya.

Agar dapat dipakai selama bertahun-tahun secara terus menerus, ada baiknya menggunakan baterai yang dapat diisi ulang (rechargeable). Optimalnya, baterai rechargeable ini harus bertahan hingga lebih dari 24 jam sekali isi ulang. Meski menurut UNICEF-WHO pengisian ulang 12 jam sekali pakai itu sudah cukup, tapi setidaknya perangkat harus tetap bisa digunakan meskipun saat diisi daya.

Pertimbangkan Fitur Lain seperti Bel atau Alarm, serta Ada atau Tidaknya Sertifikasi Tahan Air

blank

Agar lebih mudah dalam pemakaian, pilihlah pulse oximeter yang menyediakan fitur bel atau alarm yang dapat disetel untuk memberitahukan jika saturasi oksigen Anda di bawah nilai normal (≤ 90%), atau ketika detak jantung Anda kurang atau melebihi normal.

Pertimbangkan juga untuk memilih perangkat yang mudah dibersihkan, terutama saat terjadi kontak dengan cairan tubuh. Untuk itu, perangkat harus tahan air (pada derajat- peringkat IPX tertentu). Selain itu, pilih juga perangkat yang tahan banting dan getaran, terutama saat dipakai berlari atau yang lain.

Lihat juga Apakah Ada Garansi Produknya

blank

Perhatikan apakah produk yang Anda beli memiliki garansi. Dengan adanya garansi, Anda dapat “mengembalikan” atau “menukar” produk jika terjadi kerusakan. Apalagi, UNICEF-WHO merekomendasikan adanya garansi 2 tahun, dan wajib minimal 1 tahun.

10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih pulse oximeter berdasarkan poin-poin di atas, kini Anda sudah dapat memilih mana produk pulse oximeter yang sekiranya paling ideal untuk Anda. Tak perlu repot-repot melakukan survei, kami telah merangkum sepuluh produk pulse oximeter yang dapat Anda pilih salah satunya. Selamat belanja!

1. Yuwell Fingertip Pulse Oximeter YX 102

blank

Sumber: Yuwell.com

Tahan 17 jam untuk memantau kesehatan di manapun dan kapanpun

Sebagai orang yang sadar kesehatan, di masa pandemi ini tentunya Anda ingin dapat memantau kesehatan Anda dan keluarga. Salah satu yang Anda perlukan adalah pulse oximeter, alat yang mampu menampilkan konsentrasi oksigen darah dan status denyut nadi yang mudah dibawa dan mudah digunakan.

Dengan desain elegan, Yuwell Fingertip Pulse Oximeter YX 102 akan memungkinkan Anda untuk dapat memantau kesehatan Anda dan keluarga kapan saja dan di mana saja. Hebatnya, Anda dapat mengetahui hasilnya hanya dalam delapan detik! Menggunakan baterai AAA, produk ini dapat dioperasikan secara otomatis selama 17 jam.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Desainnya menarik, ringan, mungil, dan praktis dibawa kemana-mana.
  • Mudah digunakan dengan satu tombol pengaturan.
  • Hasil pengukuran muncul dalam 8 detik.
  • Fitur mati otomatis setelah 8 detik tidak digunakan.
  • Lebih tahan getaran dan goncangan sehingga pengukuran lebih akurat.
  • Tahan air dan bisa digunakan setelah latihan olahraga.
  • Bisa digunakan untuk dewasa atau anak-anak.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada fitur alarm.
  • Hanya memungkinkan pembacaan satu arah.
  • Baterai non-rechargeable.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 60 x 38 x 35 mm
Berat 45 g (tanpa baterai)
Layar display LED 1 warna
Layar fitur 1 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (25-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar
Fitur lain Indikator baterai, sertifikat tahan air (IPX1)
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA alkaline (17 jam)
Sertifikat tes uji Tidak disebutkan
Garansi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp298.000

2. Beurer PO 30 Pulse Oximeter

blank

Sumber: Beurer.com

Cocok untuk dibawa olahraga di dataran tinggi

Saat Anda memiliki masalah kesehatan atau sedang berolahraga di dataran tinggi, Anda memerlukan pulse oximeter untuk menentukan saturasi oksigen di dalam darah Anda. Perangkat tersebut haruslah mudah digunakan dan akan menampilkan nadi Anda secara grafis pada layar berwarna.

Beurer PO 30 adalah pulse oximeter buatan Jerman dengan layar berwarna dan tersedia dalam 4 tampilan, cocok digunakan untuk orang yang mengalami penyakit paru obstruktif kronik, asma bronkial, dan gagal jantung. Alat ini juga cocok untuk digunakan saat berolahraga di dataran tinggi, karena memiliki tali dan kantong sabuk.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ringan, ringkas, mudah dioperasikan, serta nyaman di jari.
  • Layar LED yang besar dan terang untuk pembacaan yang lebih jelas.
  • Memungkinkan untuk penyesuaian kecerahan layar.
  • Ada indikator baterai lemah dan fitur mati otomatis.
  • Mudah dibersihkan.
  • Display 4 arah yang mudah dibaca.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada fitur alarm.
  • Baterai tidak bisa diisi ulang.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 61 x 36 x 32 mm
Berat 57 g (termasuk baterai)
Layar display OLED 2 warna
Layar fitur 4 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (30-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai lemah
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA
Sertifikat tes uji CE
Garansi 5 tahun
Kisaran harga Rp735.000

3. Jumper JPD-500E Pulse Oximeter

Perangkat kecil berlayar besar, otomatis mati dalam 5 detik jika tidak digunakan

Jumper JPD-500E Pulse Oximeter terintegrasi dengan probe SP02 serta display nilai denyut nadi dan grafik bar detak jantung. Dengan layar HD yang besar,  pengoperasian alat ini sederhana hanya dengan satu tombol. Jika jari dilepas dari probe, alat ini akan otomatis mati dalam 5 detik.

Selain menampilkan SPO2 dan detak jantung, layar juga menampilkan indikator baterai, sehingga Anda dapat mengetahui kapan baterainya akan habis. Karena ukurannya yang kecil, pulse oximeter ini ringan dan mudah dibawa, serta cocok untuk dewasa, remaja dan anak.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Layar HD yang cerah dan besar.
  • Ukurannya mungil, ringan, dan nyaman dibawa.
  • Pengoperasiannya sederhana dengan satu tombol pengaturan.
  • Konsumsi daya rendah.
  • Dapat mati secara otomatis dalam 5 detik jika tidak digunakan.
  • Cocok digunakan untuk usia dewasa, remaja dan anak-anak.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya memungkinkan pembacaan satu arah.
  • Baterai tidak dapat diisi ulang.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 62 x 37 x 32 mm
Berat 28.7 g (tanpa baterai)
Layar display LED HD 1 warna
Layar fitur 1 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (25-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar
Fitur lain Indikator baterai lemah, indikator signal lemah/tidak stabil, alarm batasan nilai
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA
Sertifikat tes uji CE, ISO 13485, 510K
Garansi 1 tahun
Kisaran harga Rp319.000

4. Yonker Fingertip Pulse Oximeter

blank

Sumber: Yonker.cn

Perangkat kesehatan portabel canggih dengan variasi warna menarik

Yonker Fingertip Pulse Oximeter adalah peralatan kesehatan portabel dengan teknologi canggih. Alat ini memeriksa nilai kuantitatif saturasi oksigen dan detak jantung melalui jari, dan akan mati secara otomatis jika tidak ada sinyal selama 8 detik.

Dengan ukurannya yang kecil dan variasi warna yang menarik, perangkat ini cocok digunakan di daerah dataran tinggi, klub kebugaran, ruang pelatihan fisik, komunitas perawatan kesehatan, keluarga dan institusi medis, dan lain-lain.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kecil dan portable (mudah dibawa).
  • Banyak pilihan warnanya (putih-merah muda, putih-hijau tosca, putih-biru, putih-kuning).
  • Pembacaan yang nyaman dengan display 4 arah 6 mode.
  • Tampilan angka besar dan cerah.
  • Mati otomatis setelah 8 detik tidak digunakan.
  • Ada pengaturan fungsi alarm (suara bip, dll).
  • Bagian kontak jari bagian dalam terbuat dari silikon dan terasa nyaman.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baterai non-rechargeable.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 62 x 33 x 32 mm
Berat 28.7 g (tanpa baterai)
Layar display OLED 2 warna
Layar fitur 4 arah dengan 6 mode
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate
Akurasi SpO2 ± 2% (80-99%), ± 3% (70-79%)
Akurasi pulse rate ± 1% (30-240 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai, pengaturan alarm (suara bip)
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA alkaline
Sertifikat tes uji CE, ISO
Garansi 1 tahun
Kisaran harga Rp268.000

5. Microlife OXY 200 Pulse Oximeter

Ringan dan mudah dipakai untuk dewasa dan anak-anak

Merupakan perangkat non-invasif atau screening yang dilakukan di luar tubuh, Microlife OXY 200 Pulse Oximeter ditujukan untuk memeriksa saturasi oksigen dan hemoglobin arteri (Sp02) serta denyut nadi orang dewasa atau anak-anak.

Pengoperasiannya yang mudah membuatnya cocok untuk penggunaan pribadi. Dengan bobot ringan dan portabel, mudah disimpan di rumah atau dibawa saat bepergian. Perangkat ini juga bisa digunakan di sektor medis, seperti rumah sakit atau klinik.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah dioperasikan, pengukuran nyaman.
  • Ringan dan portabel (mudah dibawa).
  • Layar LCD terang, dengan tampilan angka yang besar.
  • Ada indikator baterai lemah dan fitur mati otomatis.
  • Gratis soft bag dalam satu paket.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada fitur alarm.
  • Hanya memungkinkan pembacaan satu arah.
  • Baterai non-rechargeable.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 62 x 37 x 32 mm
Berat 50 g (termasuk baterai)
Layar display LED 1 warna
Layar fitur 1 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (30-99 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar
Fitur lain Indikator baterai, sertifikasi IP22
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA alkaline (30 jam)
Sertifikat tes uji CE, ISO
Garansi 5 tahun
Kisaran harga Rp640.000

6. Pulse Oximeter ChoiceMmed MD300M

Dengan layar beresolusi tinggi dengan fitur komplet

Jika Anda ingin perangkat yang dapat memeriksa saturasi oksigen (Sp02) dan denyut nadi yang lebih akurat dan fitur lebih lengkap, Anda dapat memilih tipe handheld. Salah satunya adalah Pulse Oximeter ChoiceMmed MD300M yang menawarkan layar besar 2.8” dengan resolusi tinggi ini.

Meski terdapat beberapa tombol pada perangkat, namun alat ini tetap sederhana dan mudah digunakan. Selain dapat menyimpan dan ulasan data selama 72 jam, alat ini juga menyediakan perangkat lunak MedView dan kabel USB untuk menganalisis data lebih lanjut pada PC, serta fitur-fitur lainnya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Desain yang kompak, mudah digunakan, dan penuh dengan fitur serta tombol yang sederhana.
  • Tampilan layar TFT besar dan beresolusi tinggi.
  • Fitur alarm suara dan visual dapat disesuaikan.
  • Ada indikator baterai lemah dan fitur mati otomatis.
  • Ada fungsi kunci untuk mencegah tombol ditekan tanpa sengaja.
  • Penyimpanan data besar, dan memungkinkan dipakai oleh 127 ID pasien berbeda.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baterai non-rechargeable.
  • Harganya mahal.
Tipe Handheld pulse oximeter
Dimensi 125 x 60 x 30 mm
Berat 195 g (tanpa baterai)
Layar display TFT multiwarna
Layar fitur 1 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate, perfusion index (khusus EU version)
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (30-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai lemah, pengaturan mode alarm audio dan visual, pengaturan level kecerahan 1-7
Spesifikasi baterai 3 x 1.5 V AAA alkaline
Sertifikat tes uji CE, ISO
Garansi 2 tahun
Kisaran harga Rp5.500.000

7. Serenity Pulse Oximeter SR-PO80

Tampil dengan display HD multiwarna dan 4 posisi tampilan layar

Pulse oximeter yang satu ini memiliki tampilan keren dengan display layar OLED HD multiwarna dan variasi warna pada perangkatnya. Selain berukuran kecil dan mudah dibawa, Serenity Pulse Oximeter SR-PO80 juga mudah digunakan dengan satu tombol, juga dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.

Dioperasikan dengan menggunakan 2 set baterai AAA, alat ini dapat mengukur denyut nadi, saturasi oksigen (SpO2), dan perfusion index. Produk ini juga sudah memenuhi standar keamanan dan kualitas ISO 9001, ISO 13485, CE dan FDA, dengan tingkat akurasi cukup tinggi.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kecil, ringan, dan portable (mudah dibawa).
  • Mudah digunakan dengan satu tombol pengoperasian.
  • Layar indikator besar.
  • Banyak pilihan mode display.
  • Ada fitur mati otomatis.
  • Bisa digunakan untuk dewasa, remaja, dan anak-anak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baterai non-rechargeable.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 62.2 × 37 x 33.1 mm
Berat 28.7 g (tanpa baterai)
Layar display OLED 2 warna
Layar fitur 4 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate, perfusion index
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (30-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave, perfusion index
Fitur lain Indikator baterai lemah, indikator signal lemah/tidak stabil, alarm batasan nilai
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA
Sertifikat tes uji ISO 9001, ISO 13485, CE dan FDA
Garansi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp410.000

8. CONTEC CMS50F Pulse Oximeter

Dapat menyimpan data untuk diunggah ke komputer

Pulse oximeter berbentuk jam tangan ini memiliki layar dengan resolusi tinggi dan multiwarna. Ringan dan nyaman dipakai, pengoperasian alat ini cukup sederhana dan mengonsumsi daya yang rendah. Data penyimpanan nilai SpO2 dan nilai denyut nadi dapat diunggah ke komputer.

Data tersebut dapat dikirim secara real-time ke komputer (hanya untuk probe Lei Mo). Perangkat ini dapat digunakan dalam keluarga, rumah sakit, bar oksigen, perawatan kesehatan, sebelum atau sesudah berolahraga, dan lain-lain. Namun, tidak disarankan penggunaannya selama proses olahraga.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Volume kecil, ringan dan nyaman dibawa.
  • Pengoperasian produk sederhana, konsumsi daya rendah.
  • Mode display dan kecerahan layar dapat diubah.
  • Ada indikasi suara denyut nadi, dan alarm saat baterai lemah.
  • Memungkinkan data real-time dan data penyimpanan yang dapat diunggah ke komputer.
  • Termasuk fungsi jam.
  • Baterai rechargeable.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mahal.
  • Kurang cocok digunakan selama berolahraga.
Tipe Wrist pulse oximeter
Dimensi 61 × 56 × 24 mm
Berat 60 g (termasuk baterai)
Layar display OLED multiwarna
Layar fitur 1 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate, waktu
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (30-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai lemah, indikator tegangan lemah, pengaturan kecerahan
Spesifikasi baterai 1 x rechargeable lithium (20 jam)
Sertifikat tes uji CE
Garansi 1 tahun
Kisaran harga Rp1.500.000

9. Pulse Oximeter Care7 OLED Screen

blank

Sumber: Shopee.co.id

Dengan pilihan warna dan display layar yang dapat diganti

Pulse Oximeter Care7 memiliki dual color OLED screen dan tampilan layar yang dapat diganti. Akurasi pengukuran SpO2 dan denyut nadinya menggunakan anti-motion technology, hingga menghasilkan akurasi SpO2 senilai 70% – 100%, 2%, dan denyut nadi sebesar 25 bpm – 250 bpm, 1%

Tersedia dalam beberapa pilihan warna, perangkat ini berukuran kecil dan mudah dibawa. Pada display alat ini bukan hanya menampilkan gelombang SpO2 dan graphic bar denyut nadi, tapi juga terdapat indikator baterai lemah pada saat baterai perlu diganti. Jika kadar oksigen rendah, alarm alat ini pun akan berbunyi.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bentuk kompak, mudah dibawa.
  • Banyak pilihan warnanya (kuning-abu, hijau-putih, putih-abu)
  • Pengoperasian mudah.
  • Layar OLED berwarna ganda dan dapat diubah arah tampilannya.
  • Pengukuran akurat dengan teknologi antigerak.
  • Ketahanan terhadap cahaya sekitar dan gangguan cahaya buatan manusia.
  • Pengukuran pada perfusi rendah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baterai non-rechargeable.
Tipe Fingertip pulse oximeter
Dimensi 57 x 38 x 31 mm
Berat 47 g (tanpa baterai)
Layar display OLED 2 warna
Layar fitur 2 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%)
Akurasi pulse rate ± 1% (25-250 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai lemah, fitur mati otomatis, alarm
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA alkaline (18 jam)
Sertifikat tes uji Tidak disebutkan
Garansi 1 tahun
Kisaran harga Rp439.000

10. Yonker Handheld Pulse Oximeter

Lebih akurat dan lengkap dengan tiga pilihan probe dan tiga macam alarm

Menyediakan tiga pilihan probe, Yonker Handheld Pulse Oximeter dapat digunakan untuk dewasa, anak-anak, dan bayi baru lahir. Dengan pendeteksian yang lebih akurat, perangkat ini cocok untuk pemantauan jangka panjang.

Alat ini juga menyediakan tiga macam alarm, yaitu alarm kata, audio, dan visual. Selain itu, perangkat ini juga mendukung tiga bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Spanyol, dan Turki.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa untuk pemantauan dalam waktu lama.
  • Cocok untuk dewasa, anak-anak, dan bayi baru lahir. Ada tiga probe yang dapat dipilih.
  • Pengaturan tingkat klinis medis.
  • Layar OLED resolusi tinggi dan dapat diatur tingkat kecerahannya.
  • Bisa menyimpan hingga 500 set data dari pengukuran SpO2 atau PR, serta dapat menampilkan grafik tren dari waktu ke waktu.
  • Alarm tiga mode notifikasi: alarm kata, audio dan visual. Mendukung bahasa Inggris, Spanyol, Turki.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baterai non-rechargeable.
  • Harganya mahal.
Tipe Handheld pulse oximeter
Dimensi 68.6 x 26.8 x 130 mm
Berat 124 g (tanpa baterai)
Layar display OLED multiwarna
Layar fitur 1 arah
Layar backlight Ada
Parameter SpO2, pulse rate, temperatur, waktu
Akurasi SpO2 ± 1.5% (80-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (25-200 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai lemah, pengaturan mode alarm (kata, audio, dan visual), pengaturan kecerahan
Spesifikasi baterai 3 x 1.5 V AAA
Sertifikat tes uji CE, TUV
Garansi 1 tahun
Kisaran harga Rp2.900.000

Tabel Perbandingan Pulse Oximeter

Produk Yuwell Fingertip Pulse Oximeter YX 102 Beurer PO 30 Pulse Oximeter Jumper JPD-500E Pulse Oximeter Yonker Fingertip Pulse Oximeter Microlife OXY 200 Pulse Oximeter Pulse Oximeter ChoiceMmed MD300M Serenity Pulse Oximeter SR-PO80 CONTEC CMS50F Pulse Oximeter Pulse Oximeter Care7 OLED Screen Yonker Handheld Pulse Oximeter
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Fingertip pulse oximeter Fingertip pulse oximeter Fingertip pulse oximeter Fingertip pulse oximeter Fingertip pulse oximeter Handheld pulse oximeter Fingertip pulse oximeter Wrist pulse oximeter Fingertip pulse oximeter Handheld pulse oximeter
Dimensi 60 x 38 x 35 mm 61 x 36 x 32 mm 62 x 37 x 32 mm 62 x 33 x 32 mm 62 x 37 x 32 mm 125 x 60 x 30 mm 62.2 × 37 x 33.1 mm 61 × 56 × 24 mm 57 x 38 x 31 mm 68.6 x 26.8 x 130 mm
Berat 45 g (tanpa baterai) 57 g (termasuk baterai) 28.7 g (tanpa baterai) 28.7 g (tanpa baterai) 50 g (termasuk baterai) 195 g (tanpa baterai) 28.7 g (tanpa baterai) 60 g (termasuk baterai) 47 g (tanpa baterai) 124 g (tanpa baterai)
Layar display LED 1 warna OLED 2 warna LED HD 1 warna OLED 2 warna LED 1 warna TFT multiwarna OLED 2 warna OLED multiwarna OLED 2 warna OLED multiwarna
Layar fitur 1 arah 4 arah 1 arah 4 arah dengan 6 mode 1 arah 1 arah 4 arah 1 arah 2 arah 1 arah
Layar backlight Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada
Parameter SpO2, pulse rate SpO2, pulse rate SpO2, pulse rate SpO2, pulse rate SpO2, pulse rate SpO2, pulse rate, perfusion index (khusus EU version) SpO2, pulse rate, perfusion index SpO2, pulse rate, waktu SpO2, pulse rate SpO2, pulse rate, temperatur, waktu
Akurasi SpO2 ± 2% (70-100%) ± 2% (70-100%) ± 2% (70-100%) ± 2% (80-99%), ± 3% (70-79%) ± 2% (70-100%) ± 2% (70-100%) ± 2% (70-100%) ± 2% (70-100%) ± 2% (70-100%) ± 1.5% (80-100%)
Akurasi pulse rate ± 2% (25-250 bpm) ± 2% (30-250 bpm) ± 2% (25-250 bpm) ± 1% (30-240 bpm) ± 2% (30-99 bpm) ± 2% (30-250 bpm) ± 2% (30-250 bpm) ± 2% (30-250 bpm) ± 1% (25-250 bpm) ± 2% (25-200 bpm)
Tampilan grafik Pulse bar Pulse bar, pulse wave Pulse bar Pulse bar, pulse wave Pulse bar Pulse bar, pulse wave Pulse bar, pulse wave, perfusion index Pulse bar, pulse wave Pulse bar, pulse wave Pulse bar, pulse wave
Fitur lain Indikator baterai, sertifikat tahan air (IPX1) Indikator baterai lemah Indikator baterai lemah, indikator signal lemah/tidak stabil, alarm batasan nilai Indikator baterai, pengaturan alarm (suara bip) Indikator baterai, sertifikasi IP22 Indikator baterai lemah, pengaturan mode alarm audio dan visual, pengaturan level kecerahan 1-7 Indikator baterai lemah, indikator signal lemah/tidak stabil, alarm batasan nilai Indikator baterai lemah, indikator tegangan lemah, pengaturan kecerahan Indikator baterai lemah, fitur mati otomatis, alarm Indikator baterai lemah, pengaturan mode alarm (kata, audio, dan visual), pengaturan kecerahan
Spesifikasi baterai 2 x 1.5 V AAA alkaline (17 jam) 2 x 1.5 V AAA 2 x 1.5 V AAA 2 x 1.5 V AAA alkaline 2 x 1.5 V AAA alkaline (30 jam) 3 x 1.5 V AAA alkaline 2 x 1.5 V AAA 1 x rechargeable lithium (20 jam) 2 x 1.5 V AAA alkaline (18 jam) 3 x 1.5 V AAA
Sertifikat tes uji Tidak disebutkan CE CE, ISO 13485, 510K CE, ISO CE, ISO CE, ISO ISO 9001, ISO 13485, CE dan FDA CE Tidak disebutkan CE, TUV
Garansi Tidak disebutkan 5 tahun 1 tahun 1 tahun 5 tahun 2 tahun Tidak disebutkan 1 tahun 1 tahun 1 tahun
Kisaran harga Rp298.000 Rp735.000 Rp319.000 Rp268.000 Rp640.000 Rp5.500.000 Rp410.000 Rp1.500.000 Rp439.000 Rp2.900.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Agar lebih mudah memantau kesehatan diri Anda dan keluarga, terutama  mengenai tingkat kepekatan darah dan denyut nadi, Anda dapat membeli sebuah pulse oximeter dan menggunakannya di rumah. Namun sebelumnya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting yang telah kami uraikan dalam artikel ini.

Setelah mengetahui cara membeli pulse oximeter dan mendapat rekomendasi, kami harap Anda sudah dapat menentukan mana pulse oximeter yang paling tepat untuk Anda dan keluarga. Ketahui juga tindakan apa yang tepat setelah menerima data kesehatan dari perangkat tersebut. Selamat memantau kesehatan secara mandiri!

Referensi

Pulse Oximetry: The Definitive Guide for Monitoring Oxygen Saturation
https://www.cablesandsensors.com/pages/what-is-pulse-oximetry-the-definitive-guide-for-monitoring-oxygen-saturation-levels diakses pada 28 April 2021

Why do we use pulse oximetry?
https://www.medicalnewstoday.com/articles/318489 diakses pada 28 April 2021

Pulse oximetry
https://en.wikipedia.org/wiki/Pulse_oximetry diakses pada 28 April 2021

Introduction to Pulse Oximeters
https://www.sunsethcs.com/blog/introduction-to-pulse-oximeters/ diakses pada 28 April 2021

FINGER PULSE OXIMETER INFORMATION
https://www.turnermedical.com/FINGER_PULSE_OXIMETER_s/22.htm diakses pada 28 April 2021

HANDHELD PULSE OXIMETER INFORMATION
https://www.turnermedical.com/HAND_HELD_PULSE_OXIMETER_s/37.htm diakses pada 28 April 2021

WRIST PULSE OXIMETER INFORMATION
https://www.turnermedical.com/WRIST_PULSE_OXIMETER_s/38.htm diakses pada 28 April 2021

Akurasi Pulse Oximeter Melalui Standar dan Pengujian
http://smtp.lipi.go.id/berita727-Jaminan-Akurasi-Pulse-Oximeter-Melalui-Standar-dan-Pengujian.html diakses pada 28 April 2021

The use and regulation of pulse oximeters
https://www.gov.uk/guidance/the-use-and-regulation-of-pulse-oximeters-information-for-healthcare-professionals#regulation-of-pulse-oximeters diakses pada 28 April 2021

Difference Between LED and OLED
https://electronicscoach.com/difference-between-led-and-oled.html diakses pada 28 April 2021

Pulse Oximeter with Alarm
https://www.turnermedical.com/PULSE_OXIMETER_WITH_ALARM_s/72.htm diakses pada 28 April 2021

You may also like

Comments are closed.