Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

Bila Anda sedang berlibur di pantai atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, sunscreen atau tabir surya adalah barang yang wajib Anda gunakan. Produk ini akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Agar perlindungan lebih efektif, sebaiknya gunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Khusus untuk kulit berminyak, tersedia bermacam-macam merek sunscreen di pasaran, seperti Biore, Nivea, Etude House, dan lain-lain. Sebaiknya pilih sunscreen yang sesuai dengan masalah kulit Anda secara spesifik. Bagaimana memilih sunscreen yang paling tepat? Simak artikel ini untuk mengetahui panduannya dan rekomendasi produknya. Selamat membaca!

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Ada beberapa cara dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak, di antaranya adalah memilih produk berbasis air atau gel, mengecek formulasi, tingkat perlindungan, kandungan bahan aktif, dan lain-lain. Simak informasi lebih detailnya di bawah ini.

Pilih Sunscreen dengan Formula Berbasis Air atau Gel

Umumnya produk tabir surya tersedia dalam dua macam formula, yaitu formula berbasis krim dan gel. Tabir surya berbasis krim biasanya lebih berat dan cocok untuk semua jenis kulit. Karena dapat menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi, tabir surya jenis ini sangat direkomendasikan untuk kulit kering.

Untuk kulit berminyak atau berjerawat, gunakan tabir surya berbentuk gel, cair, dan semprot, karena formulanya lebih ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Selain itu, tabir surya yang berbasis air ini dapat memberikan tampilan yang tidak greasy.

Perhatikan Formula Berikut untuk Kulit Berminyak dan Acne-Prone

Beberapa sunscreen memiliki formula non-comedogenic, ada pula yang berformula oil-free. Apa definisi kedua istilah tersebut dan apa manfaatnya bagi kulit? Simak penjelasannya di bawah ini!

Formula Non-Comedogenic yang Tidak Menyumbat Pori-Pori

blank

Komedo merupakan sebum atau lemak yang menyumbat pori-pori di wajah. Produk non-comedogenic diklaim mengandung bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori dan bisa membiarkan kulit bernapas. Hal ini disebabkan karena formulanya yang lebih ringan dibandingkan yang lain.

Selain itu, produk jenis ini juga dapat menjaga kulit dari breakout, komedo, dan jerawat. Namun perlu diperhatikan penggunaannya, jangan sampai terlalu tebal. Jika tidak, pori-pori Anda kemungkinan besar akan tetap tersumbat.

Formula Bebas Minyak dengan Hasil Akhir Matte supaya Tidak Tampak Kusam dan Greasy

blank

Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan tabir surya dengan formula oil-free yang mengandung zinc oxide dan octinoxate. Produk bebas minyak biasanya cukup bisa menahan produksi minyak di kulit.

Di samping itu, produk jenis ini pun dapat membantu meredakan peradangan dan mencegah munculnya jerawat baru. Teksturnya yang cenderung kering menawarkan hasil akhir yang matte sehingga tidak tampak kusam di kulit.

Pilih yang Water-Resistant untuk Kegiatan Outdoor yang Banyak Mengeluarkan Keringat

blank

Sunscreen dengan formula yang tahan air (water-resistant) sangat ideal untuk Anda yang menggemari olahraga renang dan sering melakukan aktivitas fisik hingga berkeringat, terutama di bawah sinar matahari.

Namun, perhatikan durasi pemakaian saat Anda menggunakannya. Kebanyakan sunscreen memberikan perlindungan sekitar 45 menit saat berenang atau aktivitas air. Di sisi lain, produk tersebut dapat melindungi hingga 60 menit saat Anda berkeringat.

Pilih yang Mengandung SPF 30 atau Lebih Tinggi untuk Perlindungan Matahari yang Lebih Baik

blank

SPF, singkatan dari Sun Protection Factor, adalah kandungan dalam sunscreen yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Angka pada SPF merupakan acuan besarnya perlindungan yang diberikan pada kulit saat berada di bawah sinar matahari.

Para dermatolog merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya SPF 30-50. SPF 30 dapat menghalangi 97% sinar UVB, sedangkan SPF 50 dapat menghalangi 98% sinar UVB. Semakin tinggi kandungan SPF, semakin besar pula perlindungan terhadap kulit. Namun, SPF yang tinggi juga memiliki kemungkinan dapat menyebabkan iritasi kulit, meskipun risikonya lebih kecil dibandingkan risiko iritasi kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain SPF, kita juga mengenal PA (Protection Guide of UVA) yang juga terdapat dalam tabir surya. PA merupakan perlindungan dari paparan sinar ultraviolet A (UVA). Nilai protektif PA ditulis dengan tanda plus (+), seperti PA+, PA++, PA+++. Semakin banyak tanda plusnya, level perlindungan kulit dari radiasi UVA pun semakin tinggi.

Perhatikan juga Kandungan Bahan Aktifnya

Sunscreen diciptakan dengan kandungan beberapa bahan aktif yang dapat membantu memberikan perlindungan pada kulit dan juga manfaat lainnya, seperti melembapkan, menutrisi, dan mengurangi tanda penuaan. Apa saja bahan aktif yang perlu Anda perhatikan dalam produk sunscreen? Simak uraiannya lebih lanjut di bawah ini.

Zinc Oxide dan Titanium Dioxide untuk Perlindungan dari UVA dan UVB

blank

Sinar UVA menyebabkan rusaknya struktur kulit dan mempercepat penuaan pada kulit, seperti munculnya kerutan dan bintik-bintik hitam. Sedangkan sinar UVB menyebabkan kulit terbakar, iritasi, atau kulit menjadi lebih gelap. Bila sering terpapar keduanya dapat menyebabkan kanker kulit. Karena itulah Anda perlu memilih tabir surya yang memiliki perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

Agar tidak salah pilih, carilah tabir surya dengan istilah “broad spectrum” yang tertera pada label kemasannya. Formulasi tabir surya antisinar UVA dan UVB ini menggunakan bahan aktif mineral alami zinc oxide dan titanium dioxide, yang bekerja memantulkan sinar matahari dari kulit Anda. Sedangkan bahan kimia yang memberikan perlindungan yang sama adalah bemotrizinol, avobenzone, dan biscotizole.

Hyaluronic Acid dan Vitamin E untuk Melindungi dan Menghidrasi Kulit

blank

Jika Anda mencari tabir surya untuk kulit berminyak dengan manfaat ekstra bagi kulit, Anda dapat memilih tabir surya yang mengandung bahan pelembap.

Contoh bahan pelembab utama dalam sunscreen untuk kulit berminyak adalah  hyaluronic acid, vitamin E, dan wortel. Selain melindungi kulit, komposisi bahannya juga mampu melembapkan dan aktif menghidrasi kulit.

Pilih Sunscreen yang Bebas Pewangi, Paraben, dan Alkohol untuk Kulit yang Sensitif

blank

Untuk memperpanjang umur simpan sunscreen sekaligus memberikan aroma wangi, biasanya produk diberi bahan kimia tambahan seperti paraben, wewangian buatan, alkohol, oxybenzone, octinoxate, dan pengawet lainnya.

Meskipun keamanan bahan aktif dalam sunscreen telah diuji ketat oleh FDA, namun bahan-bahan tersebut relatif berbahaya. Waspadalah saat Anda menggunakannya, karena dapat membahayakan kulit dengan reaksi alergi, iritasi, dan beberapa bahkan dapat menyebabkan tiroid. Karenanya, orang dengan kulit sensitif dan berjerawat harus menghindarinya.

Pilih Sunscreen yang Makeup-Friendly Jika Ingin Diaplikasikan di Bawah Riasan

blank

Menggunakan sunscreen sebelum menggunakan makeup akan memastikan bahwa kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari. Sunscreen yang makeup-friendly umumnya bertekstur ringan. Jika formulanya terlalu kental akan terasa berat dan berminyak.

Oleskan sunscreen secara tipis-tipis di wajah, leher, dan telinga Anda sebelum menggunakan makeup. Biarkan sunscreen meresap ke dalam kulit, jika perlu gunakan tisu untuk menghapus sisa residunya. Cuci tangan Anda untuk menghilangkan sisa sunscreen di tangan Anda sebelum mulai merias wajah. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan makeup di wajah Anda.

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

Setelah mengetahui seluk beluk sunscreen untuk kulit berminyak, Anda sudah dapat melanjutkan ke bagian berikutnya, yaitu belanja! Kami telah menyediakan rekomendasi sepuluh produk sunscreen terbaik di bawah ini agar Anda lebih mudah dalam memilih. Selamat berbelanja!

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

blank

Sumber: Shopee.co.id

Berbahan alami yang menutrisi sekaligus melindungi dari sinar matahari

Sunscreen ini berbentuk gel yang ringan dan terasa dingin di kulit, ideal untuk menenangkan kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat. Produk ini mengandung banyak bahan alami yang mampu menutrisi kulit serta melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB.

Bahan-bahan yang terkandung dalam Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel di antaranya propolis yang menutrisi dan berperan sebagai antiseptik alami dan aloe vera yang menyegarkan kulit. Selain itu, juga terdapat kandungan green tea sebagai antioksidan dan antipenuaan, serta delima yang berperan sebagai moisturizer.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak membuat wajah berminyak dan kusam. Mengandung formula UVA dan UVB.
  • Teksturnya super ringan dan cepat meresap. Rasanya sangat ringan di wajah, lembap, dan tidak lengket di kulit.
  • Cocok untuk kulit berminyak, hasil akhirnya matte dan tidak bikin white cast.
  • Tidak ada bau menyengat, bahkan hampir tidak ada aromanya.
  • Makeup-friendly.
  • Harganya sangat terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • No water resistant, saat kena air cenderung meleleh.
Formula Gel
Bahan utama Propolis, niacinamide, hyaluronic acid, aloe vera, green tea, dan delima
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 45 PA++++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Tidak terlalu
Keunggulan Bebas alkohol dan silikon
Skin type Kulit berminyak dan acne prone skin
Pemakaian Wajah
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp65.000

2. Skin Aqua UV Moisture Gel

blank

Sumber: Rohto.co.id

Tabir surya sekaligus alas makeup untuk sehari-hari

Jika Anda selalu memakai makeup setiap hari, gunakan sunscreen yang juga berfungsi sebagai dasar makeup sekaligus pelindung kulit dari sinar matahari. Seperti Skin Aqua UV Moisture Gel dengan SPF 30 dan PA++, akan memberikan perlindungan 30x lebih lama dari paparan sinar UVB dan UVA.

Diperkaya dengan Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen, produk ini akan melembapkan dan melembutkan kulit. Bebas alkohol, zat pewarna, dan parfum, sunscreen ini aman dipakai di bagian wajah dan tubuh untuk sehari-hari. Selain mencegah timbulnya jerawat, produk ini juga bisa membuat wajah tampak lebih glowing.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk kulit yang berminyak atau kering.
  • Bisa bikin muka tampak glowing. Ada white cast-nya sedikit, namun cukup aman dan tidak bikin jerawatan.
  • Teksturnya gel, namun cenderung seperti cream. Meskipun begitu, formulanya gampang menyerap di kulit, ringan, dan nyaman dipakai.
  • Meskipun SPF-nya 30, namun proteksinya cukup ampuh untuk melawan UVA dan UVB.
  • Bisa digunakan untuk badan juga, bebas dari alkohol, pewarna, dan pewangi.
  • Harganya murah, dan bisa bikin bekas bruntusan dan jerawat yang hitam jadi hilang (untuk pemakaian lama).

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna merasa teksturnya agak lengket dan bisa bikin kulit tambah kusam atau oily.
  • Ada kemungkinan kecil menyebabkan kemerahan dan bentol-bentol pada muka yang sangat oily.
Formula Gel
Bahan utama Improved hyaluronic acid (AcHA), collagen, vitamin B5, vitamin C, dan vitamin E
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 30 PA++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Tidak disebutkan
Keunggulan Bebas alkohol, zat pewarna, dan parfum
Skin type Kulit normal dan berminyak
Pemakaian Wajah dan tubuh
Isi 40 gr
Kisaran harga Rp47.300

3. Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Perlindungan sekaligus perawatan kulit wajah sehari-hari

Tabir surya yang satu ini khusus untuk dipakai di wajah dan diformulasikan untuk semua jenis kulit. Mengandung SPF 50, produk ini bekerja dengan cara menghalangi 98% sinar UVB agar kulit wajah tidak gosong. Cocok untuk dipakai saat Anda sedang berlibur di pantai atau di bawah terik sinar matahari seharian.

Karena terbuat dari mineral alami zinc oxide, produk ini aman digunakan untuk sehari-hari. Formulanya tidak menyumbat pori-pori dan tidak lengket, tapi justru membuat kulit terasa lembap dan lebih dewy. Wajah Anda akan bebas dari minyak dan mulus tanpa beruntus.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sunscreen yang tidak bikin kulit kusam meskipun berada di luar seharian. Cocok untuk dipakai saat ke pantai dan tidak bikin kulit gosong.
  • Formulanya tidak gampang menyumbat pori dan tidak bikin breakout di wajah. Mudah dibersihkan dengan air dan tidak lengket di kulit.
  • Finish-nya lumayan dewy dan lembap. Tapi tidak terasa greasy dan gerah. Ada sedikit white cast, namun masih aman. Tidak bikin kulit berminyak dan beruntusan.
  • Sunscreen-nya cukup melembapkan di kulit, jadi tidak butuh moisturizer
  • Produk lokal dengan minimal ingredients, sangat cocok untuk kulit yang sensitif.
  • Aromanya enak seperti krim vanila yang lembut.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Formulanya tidak bisa langsung ditimpa dengan makeup seperti cushion atau foundation, karena akan pilling. Jadi, harus ditunggu sekitar 15 menit sampai sunscreen-nya benar-benar meresap.
  • Cukup sulit untuk di-blend di awal pemakaian, jadi butuh kesabaran ekstra. Namun saat sudah rata, cepat sekali menyerapnya.
  • Harganya cukup mahal dengan ukuran yang hanya 30 mL.
Formula Gel
Bahan utama Zinc oxide, titanium dioxide, salicylic acid, dan tranexamic acid
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50 PA ++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Tidak disebutkan
Keunggulan Bebas alkohol dan parfum
Skin type Kulit berminyak dan acne prone skin
Pemakaian Wajah dan leher
Isi 30 mL
Kisaran harga Rp265.000

4. AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

blank

Sumber: Axis-y.com

Melindungi kulit secara total dengan bahan-bahan alami ramah lingkungan

Tak tanggung-tanggung, produk ini memiliki SPF 50+ dan PA++++ untuk melindungi kulit Anda. Dengan level proteksi setinggi itu, produk ini akan memberikan perlindungan total pada kulit Anda dari sengatan sinar UVA dan UVB.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi lingkungan, sunscreen ini tidak hanya memberikan perlindungan, tapi juga memberikan penyembuhan kulit dari masalah jerawat dan beruntusan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sunscreen dengan proteksi tinggi terhadap UVA dan UVB (SPF 50+ PA++++).
  • Teksturnya ringan, mudah meresap, dan mudah dibaurkan di kulit.
  • Ada sedikit white cast seperti memakai tone-up, namun cuma sebentar dan lama-kelamaan akan membaur dengan warna kulit.
  • Memiliki kemampuan oil-control yang baik tanpa membuat kulit kering. Kulit terasa tetap terjaga kelembapannya.
  • Cocok untuk kulit yang berminyak, plus tidak gampang bikin kulit wajah beruntusan atau breakout.
  • Finish-nya matte dan dapat menahan minyak hingga seharian. Kalau terkena air cenderung kesat.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada kemungkinan menyebabkan reaksi gatal di bagian tertentu (seperti atas bibir atau dahi) yang cenderung sensitif.
  • Harga full size-nya cukup mahal dan sulit ditemukan.
Formula Cream
Bahan utama Calendula, green tea, squalane, grape, chamomile, allantoin, mugwort, dan syn-coll
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50+ PA++++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Iya
Keunggulan Produk vegan dan cruelty-free, bebas alkohol, pewarna, parfum, dan paraben
Skin type Kulit berminyak dan acne prone skin
Pemakaian Wajah dan leher
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp320.000

5. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+

blank

Sumber: Kao.com

Perlindungan yang merata dan maksimal untuk Anda yang aktif

Sunscreen keluaran Biore ini memiliki formulasi micro defense untuk memberikan perlindungan yang lebih merata di kulit Anda. Terlebih lagi, produk ini melindungi kulit wajah dan tubuh Anda dari radiasi sinar UVA dan UVB secara maksimal dengan SPF 50+/PA++++.

Mengandung water capsule yang mencegah kulit kering dan ekstrak royal jelly sebagai bahan pelembap, sunscreen ini juga melindungi wajah dari jerawat, komedo, dan beruntusan. Tak perlu khawatir efek sunscreen akan hilang pada saat Anda berenang atau aktif di bawah terik matahari, karena produk ini waterproof.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya watery gel, ringan dan nyaman di kulit, ada sensasi dingin dari alkohol yang ketika sudah rata bakal menguap, tidak greasy dan lengket di kulit.
  • Cepat menyerap dan terasa enteng setelah di-apply, kulit jadi terasa lembap dan lembut tanpa white cast.
  • Lumayan menahan minyak di muka, seperti ada oil control-nya.
  • Tidak bikin pedih di mata dan tidak ada wanginya juga.
  • Formulanya tidak menimbulkan jerawat, beruntusan, dan komedo di wajah.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya lumayan mahal untuk ukuran 15 ml.
  • Terasa berat dan sedikit lengket saat pertama kali dipakai.
  • Bau alkoholnya lumayan strong dan kadang bikin muka agak kusam.
Formula Gel cair
Bahan utama Hyaluronic acid, royal jelly extract, dan bahan pelembap
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50+ PA++++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Iya
Keunggulan Bebas pewarna, non-comedogenic, dan allergy tested
Skin type Tidak disebutkan
Pemakaian Wajah dan leher
Isi 50g
Kisaran harga Rp116.161

6. N’pure Cica Beat The Sun

100% bahan alami, aman dipakai siapapun untuk sehari-hari

Sunscreen ini mengandung 5 jenis filter UV sebagai perlindungan kulit dari radiasi sinar matahari dengan formulasi SPF 50++ PA ++++. Dibuat dari 100% natural cica leaf water dan ekstrak bahan alami lainnya, produk ini tak hanya melindungi tapi juga melembapkan dan menenangkan kulit.

Karena berbahan alami, produk ini aman untuk semua jenis kulit, termasuk bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Dengan teksturnya yang cair, N’pure Cica Beat The Sun cepat meresap ke dalam kulit dan tidak membuat lengket, namun mampu menahan minyak di wajah. Kulit wajah Anda akan terasa lebih lembut dan glowing.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan, gampang meresap, tidak ada white cast dan tidak ada wewangian aneh-aneh, jadi aman untuk kulit sensitif.
  • Terasa lembut dan saat dipakai bikin muka kayak glowing.
  • Bisa dipakai di bawah make-up dan tidak bikin make-up kelihatan dempul.
  • Aman bagi bumil dan busui karena bebas dari alkohol, paraben, SLS, dll.
  • Cenderung melembapkan namun tidak greasy, jadi cocok untuk kulit berminyak dan kering.
  • Cocok digunakan saat kegiatan di luar ruangan karena kandungan SPF-nya yang tinggi dan packaging-nya travel friendly.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal untuk ukuran 35ml.
Formula Cream
Bahan utama Cica leaf water, chrysanthemum extract, chamomile extract, dan camellia sinensis leaf extract
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50 PA++++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Tidak disebutkan
Keunggulan Halal, dermatologically tested, bebas dari paraben, SLS, alkohol, silikon, dan parfum
Skin type Kulit berminyak dan berjerawat
Pemakaian Wajah
Isi 35 ml
Kisaran harga Rp149.000

7. Cosrx Aloe Soothing Sun Cream

blank

Sumber: Cosrx.com

Memberi kelembapan seperti menggunakan moisturizer

Ingin menikmati liburan musim panas dengan melakukan traveling? Jangan lupa, lindungi kulit Anda dari sengatan matahari dengan sunscreen. Gunakan sunscreen yang memiliki pelembap, seperti  Cosrx Aloe Soothing Sun Cream dengan formulasi sangat ringan dan melembapkan, membuat kulit tidak kering dan kusam.

Bahan utama ekstrak daun aloe arborescens-nya membuat sunscreen ini seperti pelembap. Saat cuaca sedang panas, produk dari Cosrx ini akan memberi kesejukan dan ketenangan pada kulit Anda. Dengan desain kemasan yang ringkas, tabir surya ini mudah dibawa dan diaplikasikan meski saat Anda sedang bepergian.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya gampang di-blend dan cepat meresap.
  • Cocok untuk kulit berminyak, tidak ada white cast sama sekali, tidak ada bau yang mengganggu, dan tidak bikin muka greasy.
  • Hybrid sunscreen yang setelah dipakai tidak perlu menunggu untuk bisa bekerja dengan maksimal. Bisa langsung keluar rumah dan waterproof.
  • Formulanya tidak bikin iritasi, aman untuk kulit sensitif dan acne prone skin.
  • Efek soothing dari aloe vera-nya cukup berasa dan melembapkan di kulit.
  • Produknya mudah didapat di mana-mana dan harganya lumayan

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Agak bikin gerah saat dipakai di siang hari atau saat cuaca panas.
  • Sebagian pengguna merasa formulanya lengket dan pilling. Saat terkena keringat juga jadi luntur dan tampak putih-putih.
Formula Cream
Bahan utama Aloe arborescens leaf extract, vitamin E, dan titanium dioxide
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50+ PA+++
Non-comedogenic Tidak
Bebas minyak Iya
Water-resistant Iya
Keunggulan Dermatologically tested
Skin type Kulit berminyak, sensitif, dan acne prone skin
Pemakaian Wajah
Isi 50 ml
Kisaran harga Rp199.000

8. Envygreen Ultimate Sun Protection

blank

Sumber: Envygreen.id

Melindungi kulit dari sinar matahari sekaligus membantu proses whitening

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, lindungi kulit Anda dengan Envygreen Ultimate Sun Protection. Sunscreen ini akan mencegah efek buruk sinar matahari terhadap kulit karena memiliki SPF tinggi. Dengan tekstur yang ringan, tabir surya ini dapat melindungi kulit dengan baik dan membantu kulit yang sedang dalam proses perawatan whitening.

Dengan vitamin E yang menjadi salah satu bahan pembuatannya, produk ini cocok untuk kulit normal, kering, dan kombinasi. Formulasinya juga dapat menghidrasi kulit, sehingga ampuh untuk melembapkan kulit kering, menghilangkan kulit kusam, menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sunscreen-nya enak banget dan mudah diaplikasikan. Bisa bikin wajah fresh dan glowing tanpa ribet-ribet make up.
  • Teksturnya krim, lembut, dan ringan di kulit. Gampang di-blend dan tidak bikin lengket di kulit.
  • Tidak meninggalkan white cast, dan tidak bikin muka kusam atau berminyak.
  • Selain melindungi kulit, juga bisa melembapkan.
  • Meskipun ukurannya kecil namun cukup awet hingga 3 bulan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal untuk kantong pelajar.
Formula Cream
Bahan utama Olea europaea oil, vitamin E, glycerin, dan titanium dioxide
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen Tidak disebutkan
Non-comedogenic Tidak
Bebas minyak Tidak
Water-resistant Tidak disebutkan
Keunggulan Bebas alkohol, paraben, dan silikon
Skin type Kulit normal, kering, dan kombinasi
Pemakaian Wajah
Isi 5 gr, 20 gr
Kisaran harga Rp47.000 – Rp135.000

9. Etude House Sunprise Mild Airy Finish

Ringan dan lembut di kulit, namun kuat melindungi kulit

Brand dari Korea ini mengandung 100% mineral alami, seperti ekstrak biji bunga matahari dan lidah buaya, menghasilkan tekstur yang ringan dan lembut. Etude House Sunprise Mild Airy Finish dibuat khusus untuk kulit sensitif dan rapuh agar menjadi lebih sehat.

Formulasinya membantu mengurangi minyak pada wajah, dan dapat digunakan sebagai alas makeup dengan hasil matte. Dengan label SPF50 dan PA+++, tabir surya ini memberikan perlindungan yang kuat pada kulit saat terpapar sinar matahari sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya agak kental tapi sangat mudah dibaurkan. Ringan dan cepat meresap, tidak berminyak sama sekali.
  • Meninggalkan sedikit white cast tapi hanya sebentar, setelah itu akan menyatu dengan warna kulit dan membuatnya satu tingkat lebih cerah.
  • Bisa digunakan sebagai base make up, hasil akhirnya matte, tidak lengket dan sangat cocok buat pemilik oily skin.
  • Dipakai sampai siang hari tidak bikin kusam, dan bisa membantu mengurangi minyak.
  • Harganya cukup terjangkau dengan isi 55 ml.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki aroma fresh floral seperti bedak bayi yang lumayan kuat.
  • Kandungan alkoholnya lumayan tinggi.
Formula Cream
Bahan utama Ekstrak aloe vera, kaktus, hyaluronic acid, ekstrak alang, ekstrak biji bunga matahari, acai berry, acerola, portulaca oleracea, dll
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50+ PA+++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Iya
Keunggulan Natural ingredients, bebas sebum
Skin type Kulit sensitif
Pemakaian Wajah dan badan
Isi 55 ml
Kisaran harga Rp128.000

10. Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50+/PA+++

blank

Sumber: Nivea.co.id

Perlindungan ganda untuk kulit berminyak dan kombinasi

Nivea merupakan salah satu merek perawatan kulit yang sudah lama dikenal di seluruh dunia. Produk Nivea terkenal dengan kualitasnya yang tinggi, salah satunya adalah Sun Protect & White Oil Control Serum. Produk ini memberi perlindungan ganda untuk kulit Anda dengan SPF50+ PA+++ serta vitamin E untuk menutrisi dan menjaga kelembapan kulit.

Diperkaya dengan ekstrak licorice dan L-Carnitine, tabir surya ini juga membantu mengurangi minyak berlebih, sehingga makeup yang Anda gunakan akan lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Formulasi serumnya ringan dan mudah meresap, menjadikan produk ini mudah diaplikasikan. Produk ini ideal untuk kulit berminyak dan kombinasi.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya ringan dan gampang diratakan.
  • Tidak menimbulkan white cast, malah bikin kulit kelihatan agak glowing.
  • Tidak bikin kulit semakin berminyak, namun kadang bisa greasy.
  • Lembut di kulit, tidak bikin panas dan perih.
  • Hampir tidak ada aromanya, jadi bisa dipakai buat yang tidak suka skincare berbau wangi.
  • Gampang dicari dan affordable.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian pengguna merasa jika sunscreen-nya bikin pilling, gerah dan tidak nyaman. Untuk kulit yang oily malah jadi tambah kusam.
Formula Cream
Bahan utama L-Carnitine dan vitamin E
Perlindungan UVA dan UVB Ada
Tingkatan sunscreen SPF 50+ PA+++
Non-comedogenic Iya
Bebas minyak Iya
Water-resistant Tidak disebutkan
Keunggulan Non acnegenic dan bebas parfum
Skin type Kulit berminyak dan kombinasi
Pemakaian Wajah
Isi 30 ml
Kisaran harga Rp62.900

Tabel Perbandingan Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel Skin Aqua UV Moisture Gel Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ N’pure Cica Beat The Sun Cosrx Aloe Soothing Sun Cream Envygreen Ultimate Sun Protection Etude House Sunprise Mild Airy Finish Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50+/PA+++
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Formula Gel Gel Gel Cream Gel cair Cream Cream Cream Cream Cream
Bahan utama Propolis, niacinamide, hyaluronic acid, aloe vera, green tea, dan delima Improved hyaluronic acid (AcHA), collagen, vitamin B5, vitamin C, dan vitamin E Zinc oxide, titanium dioxide, salicylic acid, dan tranexamic acid Calendula, green tea, squalane, grape, chamomile, allantoin, mugwort, dan syn-coll Hyaluronic acid, royal jelly extract, dan bahan pelembap Cica leaf water, chrysanthemum extract, chamomile extract, dan camellia sinensis leaf extract Aloe arborescens leaf extract, vitamin E, dan titanium dioxide Olea europaea oil, vitamin E, glycerin, dan titanium dioxide Ekstrak aloe vera, kaktus, hyaluronic acid, ekstrak alang, ekstrak biji bunga matahari, acai berry, acerola, portulaca oleracea, dll L-Carnitine dan vitamin E
Perlindungan UVA dan UVB Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada
Tingkatan sunscreen SPF 45 PA++++ SPF 30 PA++ SPF 50 PA ++ SPF 50+ PA++++ SPF 50+ PA++++ SPF 50 PA++++ SPF 50+ PA+++ Tidak disebutkan SPF 50+ PA+++ SPF 50+ PA+++
Non-comedogenic Iya Iya Iya Iya Iya Iya Tidak Tidak Iya Iya
Bebas minyak Iya Iya Iya Iya Iya Iya Iya Tidak Iya Iya
Water-resistant Tidak terlalu Tidak disebutkan Tidak disebutkan Iya Iya Tidak disebutkan Iya Tidak disebutkan Iya Tidak disebutkan
Keunggulan Bebas alkohol dan silikon Bebas alkohol, zat pewarna, dan parfum Bebas alkohol dan parfum Produk vegan dan cruelty-free, bebas alkohol, pewarna, parfum, dan paraben Bebas pewarna, non-comedogenic, dan allergy tested Halal, dermatologically tested, bebas dari paraben, SLS, alkohol, silikon, dan parfum Dermatologically tested Bebas alkohol, paraben, dan silikon Natural ingredients, bebas sebum Non acnegenic dan bebas parfum
Skin type Kulit berminyak dan acne prone skin Kulit normal dan berminyak Kulit berminyak dan acne prone skin Kulit berminyak dan acne prone skin Tidak disebutkan Kulit berminyak dan berjerawat Kulit berminyak, sensitif, dan acne prone skin Kulit normal, kering, dan kombinasi Kulit sensitif Kulit berminyak dan kombinasi
Pemakaian Wajah Wajah dan tubuh Wajah dan leher Wajah dan leher Wajah dan leher Wajah Wajah Wajah Wajah dan badan Wajah
Isi 50 ml 40 gr 30 ml 50 ml 50g 35 ml 50 ml 5 gr, 20 gr 55 ml 30 ml
Kisaran harga Rp65.000 Rp47.300 Rp265.000 Rp320.000 Rp116.161 Rp149.000 Rp199.000 Rp47.000 – Rp135.000 Rp128.000 Rp62.900
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Memilih sunscreen harus sesuai dengan jenis kulit agar hasilnya lebih efektif. Untuk kulit berminyak, hindari produk dengan bahan-bahan yang akan membuat kulit wajah tambah berminyak, berjerawat, atau beruntusan. Perhatikan cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang telah kami uraikan di atas.

Selain menggunakan sunscreen, pastikan juga Anda merawat kulit wajah dengan rangkaian perawatan kulit lainnya agar kulit tetap sehat, bersih, dan segar. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam pencarian sunscreen yang paling cocok untuk Anda. Semoga kulit Anda tetap sehat, ya!

Referensi

How to choose a sunscreen for oily skin?
https://www.watsons.co.id/blog/en/skincare-tips/choose-sunscreen-oily-skin/ diakses pada 22 Agustus 2021

The Great Sunscreen Buying Guide
https://www.healthcentral.com/article/sunscreen-buying-guide diakses pada 22 Agustus 2021

7 Important Things to Consider When Buying Sunscreen
https://www.dermstore.com/blog/7-tips-when-buying-sunscreen/ diakses pada 22 Agustus 2021

How to choose the best sunscreen, according to these dermatologists
https://www.nbcnews.com/better/lifestyle/how-choose-best-sunscreen-according-these-dermatologists-ncna1002451 diakses pada 22 Agustus 2021

What Do Sunscreen Numbers and +++ Mean?
https://www.pinkparlour.asia/id/stories/what-do-sunscreen-numbers-mean-does-spf-100-gives-double-the-coverage-of-spf-50/ diakses pada 22 Agustus 2021

Benefits of Hyaluronic Acid
https://www.thebodyshop.in/benefits-of-hyaluronic-acid diakses pada 22 Agustus 2021

A Beginner’s Guide to Vitamin E and What It Does for Your Skin
https://www.allure.com/story/vitamin-e-skin-care diakses pada 22 Agustus 2021

Every Sunscreen Question You Have, Answered
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-guide diakses pada 22 Agustus 2021

You may also like

Comments are closed.