Written by 02:28 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Saat hamil, diperlukan banyak nutrisi untuk memelihara kesehatan ibu hamil serta bayi yang dikandungnya. Salah satu nutrisi penting saat kehamilan adalah asam folat. Selain diperoleh secara alami dari makanan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai pelengkap asupan asam folat.

Ada banyak merek suplemen asam folat di pasaran, mulai dari Blackmores, Nature’s Plus, sampai Puritan’s Pride. Kalau Anda bingung harus pilih yang mana, kami hendak menerangkan cara memilih produk beserta mengumpulkan produk terbaik pilihan PickyBest. Ayo, kita mulai langsung pembahasannya!

Pentingnya Asam Folat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Asam folat adalah jenis vitamin B kompleks sintetis yang larut dalam air. Asam folat berguna berperan melancarkan pembentukan sel-sel baru. Pada ibu hamil, asam folat dapat mencegah keguguran dan gangguan kehamilan lainnya. Risiko kelahiran prematur pun dapat berkurang jika nutrisi ini dikonsumsi rutin selama kehamilan.

Di sisi lain, kondisi anemia yang kerap dialami ibu hamil dapat memicu komplikasi. Jika dibiarkan, keselamatan ibu dan bayi akan terancam. Guna mencegahnya, Anda perlu mencukupi asupan asam folat harian. Selain itu, asam folat juga membawa manfaat bagi janin dalam mengurangi risiko cacat lahir.

Asam folat dapat diperoleh dari berbagai makanan, seperti alpukat, pepaya, brokoli, kacang polong, kacang merah, hati sapi, dan telur. Namun, nilai asam folat dari makanan yang Anda konsumsi boleh jadi belum cukup untuk menjaga kondisi kehamilan. Supaya lebih maksimal, dukung pemenuhan asam folat Anda dengan mengonsumsi suplemen asam folat.

Cara Memilih Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Pada bagian ini, kami akan membahas hal-hal penting yang perlu Anda pahami sebelum membeli suplemen asam folat. Jenis asam folat, jumlah kandungan, nutrisi pelengkap, bentuk sediaan, serta izin edar menjadi aspek penting vital yang harus Anda periksa.

Kenali Jenis Kandungan Asam Folatnya

Di pasaran, Anda mungkin lebih sering menemukan suplemen berkandungan asam folat yang diproses secara sintetis. Meski demikian, beberapa pabrikan menyediakan asam folat alami dari ekstraksi buah-buahan. Walau berbeda sumber, formulasi kimia pada asam folat sintetis maupun alami tetaplah sama.

Beberapa bentuk asam folat alami pada suplemen dapat Anda temukan dengan sebutan folinic acid dan methylfolate. Untuk methylfolate, unsur ini juga sering ditulis dengan L-5-Methylfolate, L-Methylfolate, dan 5-MTHF. Cermatlah membaca label keterangan nutrisi pada kemasan produk untuk menemukan produk sesuai preferensi Anda.

Pilih Suplemen yang Dibuat Khusus untuk Penggunaan Ibu Hamil

Umumnya, suplemen asam folat memiliki dosis 400 mcg (mikrogram). Jumlah ini disarankan selama masa prakonsepsi. Sedangkan, suplemen yang dikhususkan untuk ibu hamil biasanya mengandung 600-800 mcg asam folat. Supaya memperoleh dosis yang sesuai, ada baiknya Anda pilih suplemen asam folat yang memiliki keterangan “Untuk Penggunaan Ibu Hamil”.

Sebelum membeli, telitilah besaran dosis yang tertera pada label nutrisi agar Anda dapat menyesuaikan pemakaian. Bila belum yakin, konsultasi terlebih dulu ke dokter untuk meminta panduan konsumsi suplemen beserta dosis yang paling dianjurkan. Yang jelas, batas aman maksimal konsumsi asam folat untuk orang dewasa dalam sehari adalah 1.000 mcg.

Pilih Suplemen yang Dilengkapi Berbagai Nutrisi Pendukung

Agar Anda dan bayi mendapatkan nutrisi lebih lengkap, pilihlah produk yang memiliki nutrisi pendukung. Misalnya, kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Selain itu, zat besi juga bagus dalam memperlancar sirkulasi oksigen. Anda juga dapat meminimalkan risiko bayi lahir prematur dan hipertensi dengan kandungan magnesium sebagai nutrisi pelengkap.

Di sisi lain, terdapat pula beberapa nutrisi yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebihan. Contohnya vitamin A, yang walaupun penting untuk pertumbuhan penglihatan dan fungsi imun bayi, jenis vitamin ini dapat menyebabkan kelainan bawaan lahir bila dikonsumsi terlalu banyak.

Pilihlah Sediaan Suplemen yang Mudah Anda Konsumsi

Suplemen asam folat umumnya memiliki bentuk sediaan tablet telan. Tetapi, tak jarang ditemukan ibu hamil mengalami kesulitan menelan. Bila Anda mengalami hal ini, carilah suplemen dalam bentuk permen gummy. Bentuk gummy yang kenyal serta bercita rasa manis membuatnya lebih mudah dikonsumsi.

Hanya saja, Anda perlu waspada terhadap jumlah kandungan gula pada jenis gummy. Selain tablet dan gummy, suplemen berbentuk kapsul lunak juga hadir dengan kelebihan mudah ditelan. Pilihlah bentuk suplemen yang membuat tidak keberatan setiap kali mengonsumsinya.

Pilihlah Produk yang Tersertifikasi BPOM atau GMP

Oleh karena dikonsumsi ketika hamil, suplemen asam folat yang Anda konsumsi harus dipastikan aman bagi Anda serta calon buah hati. Untuk itu, selalu utamakan produk yang memperoleh izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Anda bisa memastikan izin BPOM produk pada situs resmi https://cekbpom.pom.go.id/.

Namun, produk yang belum terdaftar di BPOM tidak berarti otomatis berbahaya. Boleh jadi, produk tersebut telah memenuhi sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) atau Cara Produksi yang Baik (CPB). Bila Anda ingin mengonsumsi suplemen dengan minim rasa khawatir, pastikan produk yang Anda beli sudah melalui proses uji dari lembaga-lembaga resmi, ya!

10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Setelah memahami poin-poin untuk ditinjau saat memilih produk, di bagian ini kami merekomendasikan Anda sepuluh produk suplemen dari berbagai merek ternama. Selamat menentukan!

1. NOW Foods Folic Acid 800 mcg

Sumber: Nowfoods.com

Pilihan utama para pelaku vegan atau vegetarian!

Produk ini diproses tanpa melibatkan GMO (Genetically Modified Organism). Selain itu, NOW Foods turut memastikan suplemen keluarannya ini aman dikonsumsi oleh Anda yang menerapkan vegetarian atau vegan lifestyle.

Dengan tambahan vitamin B12, suplemen ini membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Bila dikonsumsi teratur, Anda akan merasa lebih berenergi, terhindar dari mood swing, dan stres.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 800 mcg
Nutrisi pelengkapVitamin B12
SertifikasiGMP
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi250 butir
Kisaran hargaRp168.000

2. Blackmores i-Folic

Sumber: Kalcare.com

Perpaduan asam folat dan yodium untuk kebutuhan masa hamil dan prakonsepsi

Produk satu ini cocok buat Anda yang baru pertama kali mencoba suplemen asam folat. Dosis harian 500 mcg membuat Anda bebas khawatir terhadap asupan asam folat berlebihan.

Blackmores menyertakan yodium sebagai nutrisi pendukung untuk menunjang pekembangan otak, pendengaran, dan penglihatan bayi. Hadir dalam bentuk kapsul, suplemen ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang kesultian menelan.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 500 mcg
Nutrisi pelengkapYodium
SertifikasiBPOM SI164507081
SediaanKapsul
Aturan pakai1 kapsul per hari
Isi150 butir
Kisaran hargaRp146.000

3. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

Bisa diminum saat masa kehamilan maupun setelah melahirkan

Lebih mengutamakan produk yang mudah ditelan? Tablet suplemen berbentuk hati dari Nature’s Plus ini diklaim lebih mudah ditelan. Proses produksi melibatkan pengujian klinis mutakhir memberikan nilai plus produk ini.

Selain  asam folat, Anda juga menerima vitamin B6 dan B12 untuk cegah anemia serta dukung pembentukan organ tubuh bayi. Suplemen ini juga memperbaiki kualitas laktasi, yang berarti Anda tetap bisa konsumsi pasca melahirkan.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatCalcium-L-5-methyltetrahydrofolate, 400 mcg
Nutrisi pelengkapVitamin B6 dan B12
SertifikasiGMP
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi90 butir
Kisaran hargaRp168.000

4. Folavit 400 µg

Sumber: Lazada.co.id

Selain membantu program kehamilan, ideal pula diminum saat hamil

Folavit 400 µg biasa dikonsumsi oleh wanita yang menjalani promil. Sementara ketika hamil, asupannya dapat ditingkatkan menjadi dua tablet per hari, atau sesuai anjuran dokter.

Suplemen pabrikan lokal ini bekerja membentuk sel-sel DNA yang memastikan janin tumbuh sempurna tanpa kelainan otak dan saraf. Bila Anda mencari suplemen dengan isi tidak terlalu banyak, Folavit dapat dijadikan opsi utama.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 400 mcg
Nutrisi pelengkapVitamin B12
SertifikasiBPOM SD091536141
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi10 butir
Kisaran hargaRp9.600

5. Nature’s Bounty Folic Acid

Bantu cegah dan ringankan sembelit yang kerap dialami ibu hamil

Anda yang sebelumnya mengalami defisiensi asam folat, barangkali dapat mencoba dosis tinggi yang ditawarkan Nature’s Beauty pada produk ini. Suplemen asam folat ini juga dapat menjadi produk lanjutan bagi Anda yang baru hamil setelah sebelumnya mengonsumsi asam folat 400 mcg pada masa prakonsepsi.

Dengan suplemen ini, Anda juga tidak perlu merisaukan masalah sembelit yang kerap menimpa ibu hamil. Pasalnya, setiap tablet Nature’s Bounty Folic Acid dibekali selulosa sayur untuk mencegah sembelit. Tulang Anda dan janin pun menjadi lebih kuat berkat dicalcium phosphate yang turut terkandung di dalamnya.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 800 mcg
Nutrisi pelengkapVegetable cellulose, dicalcium phosphate
SertifikasiGMP
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi250 butir
Kisaran hargaRp169.000

6. Elevit Pregnancy Multivitamin

Dukung penuh perkembangan janin di setiap tahap kehamilan

Di delapan minggu pertama kehamilan, tubuh memerlukan dukungan nutrisi dalam jumlah tinggi. Dengan Elevit Pregnancy Multivitamin, Anda tak sekadar menerima asupan asam folat harian. Lebih dari itu, suplemen produksi Bayer ini juga menyediakan kebaikan berbagai macam vitamin dan mineral penting lain.

Dengan takaran nutrisi yang disesuaikan, Anda bisa melewati masa kehamilan lebih tenang. Bukan hanya Anda tentunya, tetapi bayi Anda juga memperoleh dukungan perkembangan di semua tahap kehamilan!

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 800 mcg
Nutrisi pelengkapZat besi, yodium, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, asam pantotenat, biotin, asam askorbat, colecalciferol, dl-alpha tocopheryl, kalsium, zinc, selenium, magnesium, copper, manganese
SertifikasiTidak ada keterangan
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi100 butir
Kisaran hargaRp760.000

7. Vitafusion Prenatal Gummy Vitamins

Jaminan bebas gluten dengan cita rasa manis manis dalam wujud gummy

Apabila Anda mencari suplemen yang mengandung asam folat alami, Vitafusion Prenatal Gummy Vitamins adalah produk yang tidak boleh Anda skip. Hadir dalam bentuk permen gummy dengan dua pilihan rasa buah, suplemen ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang sulit menelan.

Vitafusion menyematkan komposisi vitamin esensial dan mineral tambahan ke dalam produk ini. Sementara itu, omega-3 DHA yang ikut terkandung bakal membantu sistem saraf pusat, otak, dan kesehatan mata janin. Satu lagi, suplemen ini juga aman untuk Anda yang alergi terhadap gluten, lho!

Jenis dan jumlah kandungan asam folatFolat, 600 mcg (asam folat 360 mcg)
Nutrisi pelengkapVitamin A, C, D, E, B6, B12, iodine, zinc, sodium, biotin, niacin
SertifikasiGMP
SediaanPermen gummy
Aturan pakai2 gummy per hari
Isi180 butir
Kisaran hargaRp520.000

8. Afolat

Bantu lancarkan program kehamilan yang Anda dan pasangan rencanakan

Sewaktu hamil, suplemen produksi lokal ini akan membantu Anda terhindar dari risko risiko anemia maupun hipoksemia. Menariknya, suplemen ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang merencanakan kehamilan.

Bekerja dengan memperkuat sel telur dan meningkatkan kualitas sperma, Afolat akan meningkatkan peluang kehamilan. Sama seperti produk rekomendasi keempat, suplemen ini dapat Anda beli per strip untuk percobaan.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 400 mcg
Nutrisi pelengkapTidak ada
SertifikasiBPOM SD061528391
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi10 butir
Kisaran hargaRp14.800

9. GNC Folic Acid

Sumber: Gnc.com

Ramah untuk Anda yang alergi terhadap gluten dan kedelai

GNC Folic Acid tersusun dari kombinasi utama folic acid, dextrose, dan whole brown rice powder. Produk berlabel gluten-free dan soy-free ini dirancang untuk memaksimalkan pembentukan DNA selama fase perkembangan janin.

Jika Anda mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah saat hamil, kandungan dextrose dalam produk ini akan membantu mengembalikan kadar gula darah normal kembali.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatAsam folat, 400 mcg
Nutrisi pelengkapTidak ada
SertifikasiBPOM SI054520821
SediaanTablet
Aturan pakai1-2 tablet per hari
Isi100 butir
Kisaran hargaRp247.000

10. Puritan’s Pride Folate 1333 mcg DFE

Sumber: Puritan.com

Cocok untuk Anda yang mengutamakan produk tanpa zat aditif

Belum menemukan produk sesuai kebutuhan? Barangkali, suplemen besutan Puritan’s Pride ini berhasil mengakhiri pencarian Anda. Produk asal Amerika Serikat ini tinggi asam folat yang akan memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda selama fase kehamilan.

Walau belum diuji oleh FDA atau tersertifikasi BPOM, suplemen ini dipastikan bebas dari pemanis, pewarna buatan, pengawet, gula, tepung, pati, gluten, susu, laktosa, kedelai, ragi, dan sodium. Bila Anda cukup selektif dalam memilih suplemen, absennya zat aditif tersebut mungkin menjadi nilai lebih buat Anda.

Jenis dan jumlah kandungan asam folatFolat, 1333 mcg (asam folat 800 mcg)
Nutrisi pelengkapTidak ada
SertifikasiTidak ada keterangan
SediaanTablet
Aturan pakai1 tablet per hari
Isi250 butir
Kisaran hargaRp160.000

Untuk Promil Selanjutnya, Mulailah Konsumsi Suplemen Asam Folat Tiga Bulan Sebelumnya

Bayi dapat mengalami cacat tabung saraf sejak usia kandungan baru berjalan 25-29 hari. Salah satu manfaat terbesar suplemen asam folat adalah menurunkan risiko terjadinya hal ini. Masalahnya, dalam rentang waktu tersebut, kebanyakan perempuan belum sadar bahwa dirinya hamil. Inilah alasan mengapa Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat sejak sebelum masa kehamilan.

Beberapa ahli kesehatan bahkan menganjurkan perempuan yang telah subur untuk tetap konsumsi asam folat secara rutin. Jadi, jika Anda baru merencanakan kehamilan, Anda dapat mulai mengonsumsi asam folat dari sekarang. Sedangkan untuk Anda yang sudah dalam masa kehamilan, rencanakanlah untuk mengonsumsi asam folat tiga bulan lebih awal pada promil berikutnya.

Kesimpulan

Dari sepuluh produk di atas, adakah suplemen yang tepat dengan kebutuhan Anda? Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen asam folat, kami menyarankan Anda menemui dokter terlebih dulu. Pasalnya, penggunaan suplemen asam folat berlebihan dapat menyebabkan gangguan tubuh seperti mual dan kejang-kejang.

Saat memilih suplemen, perhatikanlah beberapa aspek seperti jenis kandungan, dosis, nutrisi pendukung, bentuk sediaan, sampai sertifikasi mereknya. Perihal isi kemasan, Anda bisa mencoba produk yang dijual dalam jumlah sedikit untuk mengetes kecocokannya. Kami harap artikel ini membantu Anda temukan suplemen asam folat yang tepat untuk mendukung kehamilan!

(Visited 71 times, 1 visits today)