Makanan & Minuman

10 Snack untuk Ibu Hamil Terbaik, Sehat dan Enak

Masa kehamilan menuntut ibu membuat berbagai penyesuaian, termasuk soal konsumsi snack. Tak boleh sembarangan, salah memilih snack dapat memberi dampak negatif terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin. Pilihlah snack sehat yang aman atau memang dibuat khusus untuk ibu hamil.

Ada banyak pilihan snack untuk ibu hamil yang tersedia di pasaran. Beberapa contoh mereknya adalah Fitbar, Francis Organic, dan Greenara. Biar tidak bingung, di artikel ini kami jelaskan caranya memilih. Selain itu, kami juga telah mengumpulkan sepuluh snack terbaik yang bisa Anda coba. Selamat membaca!

Cara Memilih Snack untuk Ibu Hamil

Kebanyakan snack belum tentu cocok dikonsumsi ibu hamil. Untuk menyeleksi snack yang tepat, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yakni kandungan nutrisinya, jumlah kalori, jumlah gula, dan bentuk snack-nya itu sendiri.

Untuk Membantu Perkembangan Janin, Pilih Snack yang Mengandung Nutrisi Berikut

Masa kehamilan adalah masa di mana Anda perlu meningkatkan asupan nutrisi. Tak hanya dari makanan pokok, snack yang dikonsumsi juga harus kaya nutrisi. Pasalnya, asupan nutrisi ini akan berkontribusi terhadap tumbuh kembang janin.

Berikut adalah beberapa nutrisi esensial yang perlu Anda cari dari snack Anda:

  • Kalsium. Bermanfaat untuk perkembangan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Asupan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil adalah 1.000 mg per hari.
  • Protein. Berperan krusial dalam pertumbuhan janin, terutama dalam pembentukan organ. Jumlah asupan protein yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 70 sampai 100 g (tergantung berat badan dan fase kehamilan).
  • Zat besi. Asupan zat besi perlu ditambah untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah agar ibu tidak gampang kelelahan atau mengalami anemia. Jumlah asupannya adalah 27 mg per hari.
  • Asam folat. Membantu mencegah munculnya neural tube defects atau kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Asupannya berkisar antara 600 sampai 800 mcg (mikrogram) per hari.

Biar Tidak Sembelit, Pilih yang Kaya Fiber/Serat

blank

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang umum dialami ibu hamil, terutama pada fase awal kehamilan. Salah satu sebab timbulnya gangguan ini adalah akibat perubahan hormon yang berdampak pada melambatnya pergerakan usus. Jika dibiarkan, sembelit dapat menimbulkan komplikasi, misalnya wasir.

Salah satu cara untuk mencegah dan meredakan sembelit adalah mengonsumsi snack yang kaya fiber. Pastikan mengonsumsi antara 25 sampai 30 g fiber tiap hari. Anda dapat memilih snack sehat kaya fiber, contohnya oatmeal, granola, biji chia dan banyak lagi. Biar makin efektif, minum air yang cukup serta lakukan latihan ringan di rumah.

Perhatikan Jumlah Kalorinya

blank

Dengan adanya bayi di dalam kandungan, Anda perlu meningkatkan asupan kalori. Normalnya, asupan kalori harian yang dibutuhkan perempuan adalah 2.000 kal. Di trimester pertama, asupan kalori yang dibutuhkan kemungkinan masih sama, alias tak perlu ditambah.

Mulai trimester kedua, Anda dapat menambah 300 sampai 350 kalori dalam asupan harian. Memasuki trimester ketiga, tingkatkan lagi mencapai 450 sampai 500 kalori. Jika Anda hamil kembar, intinya masing-masing bayi perlu asupan 300 kalori per hari.

Snack adalah makanan yang cocok untuk memenuhi penambahan kalori ini. Semangkok oatmeal, misalnya, mengandung sekitar 150 sampai 200 kalori. Anda bisa makan dua porsi per hari untuk memenuhi penambahan 300 kalori tadi.

Perlu diingat bahwa anjuran jumlah asupan di atas adalah untuk ibu hamil dengan berat badan normal. Jika berat badan Anda di bawah rata-rata, kebutuhan kalori Anda bisa jadi lebih banyak, begitu pun sebaliknya.

Agar lebih jelas, silakan konsultasi dengan dokter kandungan. Anda juga bisa menghitungnya sendiri menggunakan kalkulator kebutuhan kalori yang bisa ditemukan di internet.

Ini Beberapa Contoh Snack yang Bisa Anda Coba

blank

Di atas, kami telah membahas nutrisi apa saja yang penting dikonsumsi oleh bumil. Agar lebih mudah, di bawah ini kami beri contoh beberapa snack yang mengandung variasi nutrisi di atas.

Tak perlu khawatir, rasa dari snack-snack di bawah ini juga tak kalah enak dari snack biasa. Yang jelas, tetap batasi konsumsinya agar tidak kelebihan gizi.

  • Kacang-kacangan. Tak hanya fiber dan protein, kacang juga kaya asam folat dan asam lemak seperti omega-3 dan omega-6. Nutrisi ini membantu perkembangan fungsi motorik dan kognitif bayi.
  • Cokelat hitam. Selain bersifat antioksidan dan antiperadangan, cokelat mengurangi risiko preeklamsia (tekanan darah tinggi) yang mengintai ibu hamil. Namun, pastikan cokelat yang Anda camil adalah cokelat hitam (dark chocolate). Pastikan pula kandungan kakaonya 60 persen ke atas.
  • Oatmeal. Tingginya kandungan kalsium, zat besi, dan asam folat dalam oatmeal bermanfaat untuk perkembangan bayi. Kalau tidak mau repot membuat bubur oatmeal, Anda bisa memilih oatmeal bar yang enak untuk dimakan langsung.
  • Buah kering. Nutrisi dalam buah kering boleh jadi setara atau sedikit lebih rendah dari buah segar. Yang jelas, konsumsinya tetap tergolong sehat buat ibu hamil. Selain dipenuhi vitamin dan fiber, buah kering juga sumber antioksidan. Contoh buah kering yang bisa Anda coba adalah kismis, kurma, ara, aprikot, dan banyak lagi.

Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi

blank

Dari beberapa contoh snack di atas, beberapa di antaranya mungkin ditambahi gula. Meski membuat rasanya lebih enak, konsumsi gula ibu hamil harus dibatasi untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.

Kelebihan gula dapat menyebabkan penurunan keterampilan kognitif dan kecerdasan verbal bayi. Lebih dari itu, gula juga meningkatkan risiko kelahiran prematur sampai 25 persen. Jadi, pilih yang bebas gula atau kandungan gulanya paling sedikit, ya.

Hindari juga Snack Ultra-Proses

blank

Selain menghindari snack dengan kandungan gula tinggi, sebisa mungkin hindari juga snack ultra-proses. Jika makanan segar yang tidak diproses (unprocessed food) adalah makanan dalam bentuknya yang asli—misalnya pisang segar, makanan ultra-proses ialah makanan yang telah diolah sehingga bentuknya beda dengan yang asli—contohnya keripik pisang.

Makanan ultra-proses telah kehilangan sebagian besar nutrisi aslinya. Sudah begitu, di samping kalori yang tinggi, terdapat tambahan pengawet, gula, pemanis buatan, dan zat aditif lainnya. Inilah yang membuatnya jadi tidak sehat dikonsumsi bumil. Sebab itu, snack ultra-proses sebaiknya dihindari saja. Beberapa contoh snack ultra-proses adalah es krim, keripik, ciki, wafer, biskuit, dan sejenisnya.

10 Rekomendasi Snack untuk Ibu Hamil Terbaik

Setelah memahami snack seperti apa yang boleh dikonsumsi ibu hamil, Anda dapat belanja sekarang juga. Tidak perlu beranjak, di bagian ini kami telah menyeleksi sepuluh snack ibu hamil terbaik yang bisa Anda coba. Selain sehat, rasanya pun enak!

1. SOYJOY

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Snack kedelai yang memberi rasa kenyang lebih lama

SOYJOY adalah nutrition bar yang terbuat dari campuran kacang kedelai dan buah kering. Snack ini memiliki kandungan fiber dan protein yang tinggi. SOYJOY juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Asyiknya lagi, SOYJOY tersedia dalam beragam varian rasa, mulai dari chocolate almond, banana, raisin almond, strawberry, dan crispy vanilla.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Non-GMO dan bebas gluten.
  • Rasanya lezat, teksturnya enak buat dikunyah.
  • Tidak kelewat manis sehingga tidak bikin enek.
  • Rendah lemak.
  • Kedelai dan potongan buahnya utuh (bukan makanan ultra-proses).

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 160 kkal
Jumlah gula 0 g
Kisaran harga Rp9.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Chocolate Monggo Dark Chocolate 69% Cocoa

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cokelat batangan yang aman dikonsumsi bumil

Cokelat batangan dari Yogyakarta ini adalah kabar baik buat para bumil pecinta cokelat. Menggunakan cokelat hitam, kandungan kakao di dalamnya mencapai 69 persen.

Berarti, kandungan antioksidan dan gizi lainnya lebih tinggi dari cokelat biasa. Kandungan utamanya pun cocoa butter yang artinya kandungan cokelatnya lebih banyak ketimbang campuran gula dan bahan tambahan lainnya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa dikonsumsi vegan.
  • Kandungan antioksidan tinggi.
  • Terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas pewarna.
  • Bersertifikat BPOM.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasanya mungkin sedikit lebih pahit dari cokelat batangan biasa.
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp49.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Chocolate Monggo Dried Coconut Flakes

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Rasakan manfaat kelapa kering yang gurih dan manis

Kelapa bermanfaat buat ibu hamil karena kelapa merupakan sumber fiber, kalsium, vitamin E, dan berbagai nutrisi lainnya.

Produk ini menyajikan manfaat kelapa dalam bentuk coconut flakes alias kelapa kering yang dimasak dengan santan dan gula jawa, menghasilkan cita rasa gurih dan manis dengan sedikit rasa asin. Anda bisa memakannya langsung atau dicampur ke sereal ataupun penganan ringan lainnya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memakai pemanis alami, gula jawa.
  • Bersertifikat BPOM.
  • Dibuat dari buah kelapa produksi lokal Yogyakarta.
  • Bebas pewarna dan perasa buatan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp23.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Francis Organic Roasted Almond

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kacang almon panggang antiribet

Kacang almon panggang adalah snack yang cocok buat Anda yang ogah ribet. Cukup letakkan di dalam stoples dan Anda bisa mencamilnya kapan pun Anda mau.

Biar tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja, kacang almon panggang produksi Francis Organic ini menawarkan tiga varian rasa: tawar, asin, dan madu. Alhasil, sesi maraton tayangan favorit pun jadi lebih asyik!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kacang almon utuh berkualitas tinggi dari California.
  • Varian rasa asin datang dengan garam yang terpisah sehingga jika Anda mau mengolah kacangnya saja, hidangan Anda tidak keasinan.
  • Lebih sehat dari roasted almond lain karena dipanggang dengan olive oil.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin sedikit mahal buat beberapa orang.
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp129.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Francis Organic Organic Mexican Chia Seeds

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kaya nutrisi, cocok menjadi campuran penganan lain!

Meski kecil, biji chia menyimpan segudang manfaat untuk bumil. Tak hanya kaya fiber dan zat besi, biji chia juga merupakan sumber omega-3. Biji chia produksi Francis Organic ini dapat Anda stok di rumah untuk campuran oatmeal, sereal, trail mix, jus buah, salad, roti, dan penganan lainnya. Anda pun bisa memakannya secara langsung, jika tak keberatan dengan rasanya yang hambar.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok buat topping atau campuran segala macam makanan dan minuman.
  • Non-GMO.
  • Bermanfaat juga untuk ibu menyusui.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bukan snack paling ideal untuk dimakan langsung.
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. East Bali Cashews Granola Bites

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Granola bite-sized untuk bekal beraktivitas di luar

Bosan dengan granola sebagai sereal? East Bali Cashews menyulap snack sehat ini menjadi bentuk bite-sized praktis yang bisa dimakan langsung tanpa perlu dicampur susu.

Buat Anda yang masih beraktivitas di luar, tak ada salahnya menyiapkan snack ini di tas Anda untuk mengisi perut di antara jam makan. Menyenangkannya lagi, terdapat empat varian rasa yang semuanya enak!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kemasan reasealable sehingga snack tetap awet meski sudah dibuka.
  • Rasanya lezat dengan tekstru renyah.
  • Minim gula tapi tetap manis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 130 kkal
Jumlah gula 3 g
Kisaran harga Rp29.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. East Bali Cashews Roasted Cashew Snack

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kelezatan kacang mete panggang dari Bali

Kami yakin Anda sudah tahu betapa lezatnya kacang mete. Tapi, ternyata tak hanya lezat, kacang yang berasal dari jambu monyet ini juga bermanfaat buat ibu hamil.

Snack kacang mete dari East Bali Cashews ini lebih sehat lagi karena melewati proses pemanggangan, bukan digoreng. Uniknya, snack ini juga dicampur dengan kelapa kering agar rasanya lebih bervariasi di lidah.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas pengawet, pewarna, dan penguat rasa buatan.
  • Sudah terdaftar di BPOM.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 222 kkal
Jumlah gula 3,5 g
Kisaran harga Rp18.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Greenara Dried Apricot

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Manfaat aprikot kering untuk tumbuh kembang bayi

Khasiat aprikot begitu banyak, baik untuk kesehatan kulit, jantung, mata, sistem pencernaan, sampai bayi dalam kandungan. Kekayaan nutrisinya akan membantu tumbuh kembang bayi.

Selain memakannya dalam bentuk segar, Anda juga bisa menikmatinya dalam bentuk kering seperti yang ditawarkan oleh Greenara. Selain bisa dimakan langsung, Anda juga bisa mencampurnya dengan sereal oatmeal.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas gula dan pemanis tambahan.
  • Cita rasa masam bakal disenangi bumil yang sering mengidam makanan masam.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 8 kal
Jumlah gula 1,87 g
Kisaran harga Rp37.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Greenara Dark Raisin

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kismis kualitas premium yang bebas dari pemanis tambahan

Kismis biasanya dijadikan campuran kue, tapi tahukah Anda bahwa anggur kering ini juga nikmat buat dicamil? Kismis dari Greenara ini adalah salah satu snack kismis terbaik yang bisa Anda temukan.

Pasalnya, kismis ini berasal dari Amerika yang rasa dan kualitasnya diklaim lebih premium. Rasa manisnya pun alami tanpa diberi gula atau pemanis tambahan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas pemanis dan pengawet buatan.
  • Rasa kismis lebih enak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 299 kal
Jumlah gula 59,19 g
Kisaran harga Rp45.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Kalbe Fitbar

blank

Sumber: Kalbe.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Snack bar populer yang kaya fiber dan praktis dikonsumsi

Snack sehat terakhir yang kami rekomendasikan adalah Fitbar, produk populer yang bisa Anda temukan di minimarket terdekat. Terbuat dari campuran oat, quinoa, dan whole wheat, produk ini kaya akan serat.

Efek kenyang yang dihasilkan setelah mengonsumsi snack ini bertahan lebih lama. Kemasannya yang praktis pun membuat Fitbar menjadi snack yang mudah dinikmati oleh ibu hamil yang masih beraktivitas di luar rumah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Banyak variasi rasa.
  • Kemasan praktis.
  • Bebas kolesterol dan lemak trans.
  • Sumber antioksidan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 90 kal
Jumlah gula 4 g
Kisaran harga Rp58.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Snack untuk Ibu Hamil

Produk SOYJOY Chocolate Monggo Dark Chocolate 69% Cocoa Chocolate Monggo Dried Coconut Flakes Francis Organic Roasted Almond Francis Organic Organic Mexican Chia Seeds East Bali Cashews Granola Bites East Bali Cashews Roasted Cashew Snack Greenara Dried Apricot Greenara Dark Raisin Kalbe Fitbar
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jumlah kalori 160 kal Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 130 kal 222 kal 8 kal 299 kal 90 kal
Jumlah gula 0 g Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 3 g 3,5 g 1,87 g 59,19 g 4 g
Kisaran harga Rp9.900 Rp49.900 Rp23.000 Rp129.000 Rp100.000 Rp29.900 Rp18.900 Rp37.500 Rp45.000 Rp58.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Di antara sepuluh produk di atas, adakah yang bikin Anda tertarik ngemil? Sebelum borong, pastikan snack tersebut sudah sesuai dengan aspek-aspek yang kami jelaskan di bagian cara memilih.

Meskipun snack-snack di atas aman dan bermanfaat buat ibu hamil, pastikan untuk selalu mengonsumsinya dengan bijak. Mudah-mudahan Anda segera menemukan snack untuk ibu hamil yang membuat Anda dan bayi di kandungan lebih sehat, ya!

Referensi

Best Healthy Pregnancy Snacks to Satisfy Your Cravings
https://www.whattoexpect.com/pregnancy/eating-well/best-healthy-pregnancy-snacks/ diakses pada 14 Oktober 2021

Get the Calcium You Need During Pregnancy
https://www.webmd.com/baby/get-the-calcium-you-need-during-pregnancy diakses pada 14 Oktober 2021

Constipation and pregnancy: What to know
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324379 diakses pada 14 Oktober 2021

5 Tips to Prevent Constipation During Pregnancy
https://www.verywellfamily.com/tips-for-constipation-in-pregnancy-2760018 diakses pada 14 Oktober 2021

How Many Calories Do You Need During Pregnancy?
https://www.whattoexpect.com/pregnancy/calories-diet/ diakses pada 14 Oktober 2021

Benefits of Nut Consumption During Pregnancy
https://www.news-medical.net/health/Benefits-of-Nut-Consumption-During-Pregnancy.aspx diakses pada 14 Oktober 2021

6 nuts you SHOULD eat in pregnancy
https://www.madeformums.com/pregnancy/6-nuts-you-should-eat-in-pregnancy/ diakses pada 14 Oktober 2021

Can I Eat Chocolate When Pregnant? Research Says ‘Yes’ — in Moderation
https://www.healthline.com/health/pregnancy/chocolate-when-pregnant diakses pada 14 Oktober 2021

5 Rahasia Memilih Cokelat yang Sehat
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/inilah-tips-memilih-cokelat-yang-sehat/ diakses pada 14 Oktober 2021

Is Oatmeal Good for Pregnancy?
https://momlovesbest.com/oatmeal-during-pregnancy diakses pada 14 Oktober 2021

Which fruits should you eat during pregnancy?
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757 diakses pada 14 Oktober 2021

Here’s Another Good Reason to Limit Your Sugar Intake During Pregnancy
https://www.whattoexpect.com/news/pregnancy/can-too-much-sugar-affect-babys-cognitive-abilities/ diakses pada 14 Oktober 2021

11 Foods and Beverages to Avoid During Pregnancy – What Not to Eat
https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-to-avoid-during-pregnancy diakses pada 14 Oktober 2021

Yuk, Mengenal Makanan Ultra-Proses dan Efeknya Bagi Kesehatan!
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631255/yuk-mengenal-makanan-ultra-proses-dan-efeknya-bagi-kesehatan diakses pada 14 Oktober 2021

You may also like

Comments are closed.