Written by 10:38 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Mengecilkan Pori-pori

Ertos Pore Minimizer Serum

Pori-pori dianggap besar apabila berukuran lebih besar dari folikel rambut rata-rata. Salah satu treatment pori bisa dilakukan dengan menggunakan serum untuk mengecilkan pori-pori wajah. Beberapa titik yang umumnya terlihat pori terbuka adalah area sekitar pipi dan hidung. Pori-pori wajah yang besar perlu diberikan treatment khusus untuk mencegah penumpukan kotoran dan minyak.

Beredar banyak pilihan serum untuk mengecilkan pori-pori, mulai dari L’oreal, Innisfree, hingga merek lokal Wardah ikut memproduksinya. Anda kebingungan memilih yang mana? Tak usah risau karena kami akan memaparkan tips memilih serum yang bagus untuk mengecilkan pori-pori. Sebelum menengok daftarnya, mari kita pahami dulu mengapa pori-pori terbuka dan bagaimana dampaknya.

Apa Penyebab Pori-pori Wajah Membesar?

Apa Penyebab Pori pori Wajah Membesar

Walaupun folikel rambut dan kelenjar minyak terdistribusi ke sebagian besar tubuh, mereka lebih aktif di beberapa titik, terutama wajah. Kelenjar sebaceous di wajah termasuk aktif memproduksi minyak. Jumlah hormon dalam aliran darah membawa dampak besar terhadap seberapa banyak sebum yang diproduksi dan dikeluarkan melalui pori-pori.

Secara khusus, hormon testosteron menjadi salah satu penyebab meningkatnya aktivitas kelenjar minyak. Sebagai akibat dari aktifnya kelenjar minyak, maka produksi sebum secara berlebih tak terelakkan, di mana hal ini menyebabkan sebum “memaksa” keluar dari pori. Dengan kata lain, pori-pori wajah akan tampak lebih besar dan terbuka dari kondisi seharusnya.

Menurut beberapa studi, pori-pori terbuka dapat pula disebabkan oleh faktor bertambahnya usia. Proses penuaan secara alami mengurangi konsentrasi kolagen dan elastin pada kulit. Kolagen adalah protein elastis yang mempromosikan efek kulit kencang dan halus saat usia muda. Ketika terjadi penurunan kadar kolagen dan elastin akibat bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan pori-pori pun menjadi terbuka.

Faktor pemicu lain dari membesarnya pori-pori boleh jadi tidak bisa dihindari bagi sebagian orang. Sebagai contoh, orang yang lahir dengan ukuran folikel rambut besar memungkinkan terjadinya pembesaran pori. Banyak ahli kulit menjelaskan bahwa genetik berperan penting dalam masalah ini untuk beberapa orang, di mana cukup sulit mengontrol kondisinya jika tidak diberi treatment khusus.

Akibat dari Pori-pori Kulit yang Terbuka Lebar

Akibat dari Pori pori Kulit yang Terbuka Lebar

Sebagaimana telah diterangkan sebelumnya, pori-pori terbuka menjadi jalan untuk sebum keluar dan membentuk lapisan minyak di permukaan kulit. Kondisi demikian memungkinkan kotoran polusi dan sisa makeup menempel sekaligus menyumbat pori-pori bersama minyak itu sendiri.

Apabila tidak dibersihkan dan dibantu perawatan menggunakan serum, masalah semacam komedo dan jerawat rentan terjadi. Akumulasi minyak, kotoran, dan sisa riasan yang terperangkap di dalam pori-pori wajah menjadi lingkungan hidup bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri P. acnes akan mendorong pembentukan jerawat selama lingkungannya mendukung untuk hidup.

Bukan itu saja, selama tumpukan debu polusi dan minyak tidak diangkat dari pori-pori yang besar, sebagai efeknya kulit wajah terlihat lebih kusam. Saat mengenakan makeup pun, minyak berlebih akan membuat makeup cepat luntur. Apabila ingin menahan riasan lebih lama, Anda dapat menggunakan setting spray yang mudah ditemui di pasaran.

Cara Memilih Serum yang Bagus untuk Mengecilkan Pori-pori

Setelah memahami penyebab terbukanya pori-pori di kulit wajah, berikutnya kami akan mengulas bagaimana cara memilih serum untuk mengecilkan pori-pori. Pada umumnya, serum yang difungsikan sebagai pengecil pori bekerja dengan mengontrol produksi minyak. Selain itu, formula yang terkandung ikut memengaruhi kinerjanya. Penjelasan lebih lanjut bisa Anda baca di bagian ini!

Periksa Komposisi Kandungan dari Setiap Produk Serum

Sederet komponen telah teruji secara klinis mampu membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit lebih kencang. Mari temukan kandungan yang sesuai untuk masalah di kulit wajah Anda akibat terbukanya pori-pori wajah!

Vitamin C: Mencegah Infeksi Bakteri yang Memicu Pembentukan Jerawat

Vitamin C Mencegah Infeksi Bakteri yang Memicu Pembentukan Jerawat

Pembentukan jerawat dapat difaktori oleh infeksi ringan oleh bakteri penyebab jerawat yang berkoloni di lubang pori-pori. Saat bercampur dengan kotoran dan minyak alami yang menggumpal, bakteri Propionibacterium acnes pun bekerja semakin aktif. Untuk menghentikannya, Anda bisa memilih serum yang mengandung vitamin C.

Vitamin C akan meningkatkan kekuatan kulit serta mengurangi intensitas inflamasi akibat jerawat. Selain mencegah terbentuknya infeksi jerawat baru oleh bakteri, vitamin C juga dapat mendorong produksi kolagen sebagai pendukung proses regenerasi. Sel kulit yang rusak oleh infeksi jerawat dan radikal bebas pun secara perlahan membaik dan normal kembali berkat vitamin C.

Salicylic Acid: Membersikan Pori-pori Tersumbat dan Mengendalikan Minyak

Salicylic Acid Membersikan Pori pori Tersumbat dan Mengendalikan Minyak

Bermacam jenis produk skincare diperkaya oleh kandungan salicylic acid. Serum dengan kandungan asam salisilat dapat Anda pilih untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Formula salicylic acid akan mempermudah keluarnya sebum dan kotoran yang tersumbat di jaringan kulit.

Senyawa yang tergolong sebagai salah satu jenis beta hydroxy acid (BHA) ini sering direkomendasikan oleh dermatolog untuk membantu mengatasi jerawat. Alasannya, salicylic acid tidak cuma membersihkan pori-pori, melainkan ikut membantu mengurangi produksi minyak secara berlebih di kulit wajah.

Niacinamide: Meningkatkan Elastisitas Kulit yang Mendukung Pengecilan Pori

Niacinamide Meningkatkan Elastisitas Kulit yang Mendukung Pengecilan Pori

Niacinamide atau vitamin B3 kerap dijumpai pada krim, serum, atau produk lain. Kandungan ini terbukti mampu mengatasi kulit yang mengalami masalah pembesaran pori, warna kulit tidak rata, atau memiliki garis-garis halus. Niacinamide juga membantu menekan dampak buruk radikal bebas yang menimbulkan age spot.

Disarankan supaya Anda mencari serum yang mengandung niacinamide jika ingin mengecilkan pori-pori akibat paparan sinar matahari maupun sumbatan partikel eksternal dan sebum. Serum berkandungan niacinamide akan membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga pori-pori pun ikut mengecil.

Zinc: Mengurangi Kinerja Aktif dari Kelenjar Sebaceous dalam Produksi Minyak

Zinc Mengurangi Kinerja Aktif dari Kelenjar Sebaceous dalam Produksi Minyak

Beberapa serum diketahui efektif mengecilkan pori karena mengandung zinc di dalamnya. Zinc merupakan salah satu mineral yang biasa dipakai dalam perawatan jerawat (acne treatment). Berdasarkan riset dan praktik yang dilakukan pakar dermatologi, zinc memiliki properti antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan akibat tumpukan sel mati, kotoran, minyak, dan bakteri.

Bila dipadukan bersama AHA dan BHA, zinc termasuk efektif mengelupas sisa-sisa sel mati pada kulit serta mengurangi aktivitas kelenjar minyak yang terlalu aktif. Menariknya lagi, zinc ikut berperan dalam proses alami mematinya sel kulit dan memperbarui kondisi tersebut dengan menciptakan lapisan kulit baru lebih sehat. Tanpa zinc, proses pergantian sel kulit ini takkan terjadi, menyebabkan sel mati menumpuk di jaringan kulit.

Pilih Serum yang Bersifat “Non-Comedogenic” atau “Non-Acnegenic

Pilih Serum yang Mencantumkan Label “Non Comedogenic” atau “Non Acnegenic”

Pori-pori terbuka sangat rentan terhadap masalah komedo dan jerawat. Terbentuknya lapisan minyak dan terjadinya akumulasi kotoran serta sebum pada pori mempermudah akses masuknya bakteri. Untuk men-treatment  kondisi ini, umumnya produk dirancang dengan komponen yang tidak menyumbat pori atau bersifat non-comedogenic dan non-acnegenic.

Periksalah serum yang hendak Anda pilih untuk merawat pori-pori, dan pastikan berlabel “Non-Comedogenic Tested” atau “Non-Acnegenic Tested”. Sebuah produk yang lolos uji tersebut lebih dipastikan aman untuk kulit wajah Anda karena mencegah penyumbatan pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Pilih Produk yang Berformulakan Bebas Minyak (Oil-Free)

Pilih Produk yang Berformulakan Bebas Minyak Oil Free

Penyebab utama mengapa pori-pori terbuka adalah produksi minyak berlebih yang berujung pada “pemaksaan” keluarnya kelebihan minyak tersebut. Jalan keluar minyak tersebut tak lain adalah pori-pori wajah. Supaya tidak memperburuk keadaan, lakukanlah perawatan dengan serum yang berbasiskan non-minyak.

Serum bersifat oil-free dapat Anda pilih. Meski tercantum bebas minyak, tidak menutup kemungkinan adanya komposisi minyak di dalam formulanya. Namun Anda tidak usah khawatir karena biasanya, produk berlabel oil-free atau oil-cut tidak mengantongi minyak dalam wujud formula kimiawi spesifik.

10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kami harap Anda mengerti betul aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih serum. Berikutnya, mari kita tengok kesepuluh merek serum wajah terbaik untuk mengecilkan pori-pori. Dengan rutin melakukan serum treatment ini, semoga masalah kulit Anda teratasi!

1. Charlotte Kay Vitamin C Serum

Charlotte Kay Vitamin C Serum

Kisaran harga: Rp300.000

Aman untuk kulit sensitif dan efektif menghilangkan komedo

Charlotte Kay Vitamin C Serum memanfaatkan vitamin C dalam komposisinya. Serum ini dapat dijadikan opsi oleh Anda yang ingin menyingkirkan komedo akibat pori-pori terbuka. Keberadaan vitamin C dan galactomyces ferment filtrate akan membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Charlotte Kay Vitamin C Serum mampu menyamarkan tanda penuaan seperti kerutan halus dan mengecilkan pori-pori besar. Anda cukup meneteskan serum ini sebanyak 2 – 3 tetes, teksturnya mudah merata ke seluruh wajah dan cepat meresap ke dalam kulit. Serum ini aman untuk kulit sensitif karena tidak menyebabkan iritasi, kemerahan, dan formula tanpa SLS, merkuri, ataupun paraben.

Komposisi bahanVitamin C, galactomyces ferment filtrate
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak diketahui
Formula bebas minyak

 

2. L’oreal Paris Revitalift Laser X3 Serum

Loreal Paris Revitalift Laser X3 Serum

Kisaran harga: Rp262.000

Hadir dalam 3 fungsi fantastis untuk kulit

Serum produksi L’oreal Paris berikut menawarkan efek anti-aging. Muncul dengan klaim memberikan 3 aksi pada kulit, yaitu recharge hydration, replump, dan refine pores. Jadi, selain membuat pori-pori mengecil, serum ini ikut menjaga kelembapan alami kulit. Fungsi replump dari Revilaift Laser X3 Serum menjadikan kulit elastis, kenyal, dan terasa halus saat disentuh.

Serum yang praktis satu ini bertekstur medium, alias tidak terlalu pekat ataupun cair. Di dalamnya tertera zat aktif berupa Pro-Xylene dari tumbuhan alami beechwood yang efektivitasnya teruji anti-aging bagaikan laser treatment. Anda yang berkulit kering dan sensitif tidak usah ragu memakai produk ini, kandungannya dipastikan paraben-free dan sulfate-free!

Komposisi bahanPro-Xylene, fragmented hyaluronic acid, lipohydroxy acid
Non-comedogenic/non-acnegenic
Formula bebas minyak

 

3. La Roche-Posay Effaclar Pore-Refining Serum with Glycolic Acid

La Roche Posay Effaclar Pore Refining Serum with Glycolic Acid

Kisaran harga: Rp745.000

Serum khusus untuk pori terbuka, kulit aging, dan kulit berminyak

La Roche-Posay Effaclar Pore-Refining Serum with Glycolic Acid adalah serum yang banyak dipakai penduduk Eropa untuk mengecilkan pori-pori. Bersama komponen AHA-Glycolic Complex dan micro-exfoliating LHA, kemampuannya membersihkan pori dan meninggalkan kulit terkesan lembut sangatlah ampuh.

La Roche-Posay memastikan para pengguna nyaman setiap kali menggunakannya berkat tekstur ultra-fluid yang meresap dengan sangat cepat ke kulit. Gunakanlah sebagai night serum sehabis membersihkan wajah di malam hari, formulanya akan meminimalisir penampilan pori-pori yang terbuka saat Anda tidur.

Komposisi bahanAlpha hydroxy acid glycolic complex, micro-exfoliating lipohydroxy acid
Non-comedogenic/non-acnegenic
Formula bebas minyak

 

4. Innisfree Whitening Pore Synergy Serum

Innisfree Whitening Pore Synergy Serum

Kisaran harga: Rp470.000

Menyuguhkan fungsi perawatan pori dan pencerah kulit

Salah satu serum terbaik untuk mengecilkan pori-pori yang tampak di kulit wajah adalah Innisfree Whitening Pore Synergy Serum. Mengandalkan bahan organik tangerine dari pulau Jeju, Innisfree mengembangkan formula tersebut secara khusus untuk memaksimalkan fungsi, namun tetap aman bagi kulit. Setiap Jeju tangerine yang digunakan dipastikan bebas pestisida.

Innisfree Whitening Pore Synergy Serum bekerja mencerahkan dan meratakan warna kulit. Kebaikan citrus flavonoid dalam tangerine memungkinkan efek tersebut, sehingga serum ini layak dimasukkan ke wishlist Anda yang membutuhkan treatment pori-pori sekaligus whitening dalam satu produk.

Komposisi bahanJeju tangerine
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak diketahui
Formula bebas minyak

 

5. Ertos Pore Minimizer Serum

Ertos Pore Minimizer Serum

Kisaran harga: Rp82.000

Sudah melewati proses uji halal MUI dan keamanan BPOM

Ertos Pore Minimizer Serum termasuk salah satu serum yang bagus untuk mengecilkan pori-pori berlabel halal MUI. Dengan harga tak sampai ratusan ribu, serum berikut diformulasi khusus untuk meratakan kulit wajah yang memiliki enlarged pores dan dihinggapi bopeng-bopeng. Anda yang ingin mengatasi sekresi sebum berlebih perlu sekali mengandalkan produk ini!

Penampilan kulit wajah akan diperbaiki melalui komponen aktif di dalamnya. Cukup 1 bulan pemakaian, Ertos Pore Minimizer Serum berani menjamin 70% pori-pori terbuka tampak mengecil. Hasilnya, keluarnya minyak ke lapisan atas kulit berkurang, kulit pun terlihat semakin halus dan flawless. Bukan cuma itu, sensasi kulit kencang, lembap, dan bertekstur rata Anda miliki!

Komposisi bahanHamamelis virginiana extract (witch hazel), niacinamide
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak diketahui
Formula bebas minyak

 

6. Wardah Purifying Facial Serum

Wardah Purifying Facial Serum

Kisaran harga: Rp46.000

Serum berkualitas prima dengan harga kaki lima

Banyak perempuan yang puas setelah rutin memakai Wardah Purifying Facial Serum. Pasalnya, serum merek lokal ini bukan cuma membuat lebih lembut, namun juga singkat dalam urusan memperkecil pori. Dengan mengutamakan water-based formula, serum tinggi seaweed extract ini mudah meresap ke lapisan kulit.

Di samping fungsi utamanya mengecilkan pori, Wardah Purifyin Facial Serum ikut mempromosikan kulit cerah dan bebas minyak. Serum yang nyaman dipakai dan tidak lengket ini juga diperkaya komponen pelembap alami berupa witch hazel extract. Kulit mulus dan bebas pori-pori besar bukan lagi mimpi!

Komposisi bahanSeaweed extract, witch hazel extract
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak diketahui
Formula bebas minyakTidak diketahui

 

7. Nacific Fresh Herb Origin Serum

Nacific Fresh Herb Origin Serum

Kisaran harga: Rp246.000

Merek serum dari Korea yang kerap disebut “damn serum”!

Serum asal Korea, Nacific, ikut meramaikan pasar lokal dengan serum yang diklaim mampu mengencangkan kulit melalui penekanan sebum berlebih. Serum non-comedogenic berikut wajib dipilih untuk Anda yang ingin segera lepas dari masalah penyumbatan pori.

Dirumuskan dari bahan-bahan alami yang optimal membersihkan pori-pori tersumbat, melawan tanda penuaan seperti kerutan halus, dan meningkatkan elastisitas kulit, Nacific Fresh Herb Origin Serum akan meninggalkan tampilan kulit lembap, kencang, lembut, dan bersinar. Menariknya lagi, serum ini mengantongi antioxidant patented ingredients yang efektif mendorong produksi kolagen.

Komposisi bahanAloe barbadensis leaf water, glycerin, aspalathus linearis extract, dll
Non-comedogenic/non-acnegenic
Formula bebas minyak

 

8. Clinique Pore Refining Solutions Correcting Serum

Clinique Pore Refining Solutions Correcting Serum

Kisaran harga: Rp840.000

Menjadikan kulit bebas minyak, pori-pori ikut mengecil!

Ingin mengontrol minyak dengan bantuan serum? Anda bisa melirik serum pengecil pori keluaran Clinique. Dirancang dalam komposisi oil-free, serum ringan ini bakal menekan sekresi sebum berlebih yang berujung pada pembukaan dan penyumbatan pori.

Selain mengontrol aktivitas kelenjar minyak, Clinique Pore Refining Solutions Correcting Serum sekaligus mencegah kulit gelap oleh oksidasi kotoran di dalam pori. Serum wajah berkandungan glycerin dan hyaluronic acid ini berguna melembapkan dan memberikan elastisitas kulit tahan lama untuk Anda yang menghadapi masalah kulit kendur.

Komposisi bahanRosmarinus officinalis leaf extract, salvia sclarea extract, sea whip extract, glycerin, dll
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak diketahui
Formula bebas minyak

 

9. First Lab Probiotic Pore Tightening Essence

First Lab Probiotic Pore Tightening Essence

Kisaran harga: Rp265.000

Ucapkan “Sayonara!” pada pori-pori lebar

Sudah mencoba berbagai perawatan untuk mengecilkan pori-pori, namun belum berhasil? Tidak perlu worry karena First Lab menawarkan solusi perawatan praktis kepada Anda dalam bentuk serum. Cukup gunakan Probiotic Pore Tightening Essence, komponen probiotik yang telah dipatenkan oleh ILDONG Pharmeceutical Korea akan meminimalkan tampilan pori.

Bakteri probiotik hasil fermentasi memunculkan senyawa asam laktat, memberi fungsi penurunan pH kulit guna mencegah pertumbuhan bakteri yang membahayakan kulit. Untuk Anda yang ingin memperbaiki kulit rusak, First Lab Probiotic Pore Tightening Essence akan menciptakan barrier kuat agar terhindar dari efek radikal bebas.

Komposisi bahanProbiotics
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak diketahui
Formula bebas minyakTidak diketahui

 

10. SkinMiso Pore Corset Serum

SkinMiso Pore Corset Serum

Kisaran harga: Rp300.000

Optimal dalam menghidrasi kulit dan mengontrol sekresi sebum

Pori-pori yang terlihat besar mulai mengganggu Anda? Mari berkenalan dengan SkinMiso Pore Corset Serum, sebuah produk cetusan brand dari Korea berukuran mungil untuk mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori. Diperkaya ekstrak belimbing gunung (hajra), kandungan tersebut mendukung proses sekresi sebum oleh kelenjar sebaceous.

Formula alami berupa krokot memberikan soothing dan cooling sensation terhadap kulit, serta ekstrak bunga helichyrsum sebagai essential oil untuk mengurangi jerawat. Bertekstur menyerupai gel dengan warna frosty, serum ini tetap ringan dan warnanya berubah bening setelah diaplikasikan. SkinMiso Pore Corset Serum beraroma segar yang tidak menyengat, memberi kenyamanan selama penggunaan.

Komposisi bahanCamellia sinensis leaf extract, terminalia chebula fruit extract, portulaca oleracea extract, helichrysum arenarium extract
Non-comedogenic/non-acnegenicTidak disebutkan
Formula bebas minyak

 

Langkah Mudah untuk Mencegah Pori-pori Terbuka

Langkah Mudah untuk Mencegah Pori pori Terbuka

Kendatipun sulit melawan faktor genetik dan bertambahnya usia yang memengaruhi kondisi kulit, Anda tetap bisa menerapkan beberapa aktivitas untuk memelihara tampilan kulit muda dan terbebas dari pori-pori terbuka.

Berikut ini caranya:

  • Mulailah rutin mencuci muka dengan pembersih yang cocok untuk kulit Anda. Apabila mendapati kulit sedikit kering pasca mencuci muka, aplikasikan toner dan moisturizing untuk menenangkan dan melembapkan kulit. Sementara khusus kulit berminyak, carilah cleanser yang tidak mengandung minyak, wax, atau fatty agents.
  • Melakukan exfoliating satu atau dua kali dalam seminggu akan membantu memelihara kecerahan kulit Anda, serta mampu menyingkirkan segala kotoran pada pori wajah. Utamakan produk exfoliator berkandungan salicylic acid atau glycolic acid yang menjanjikan pembersihan sel mati secaa menyeluruh. Treatment ini dilakukan sesuai kebutuhan kulit agar tidak memicu kulit kering dan iritas.
  • Jagalah kulit Anda agar senantiasa lembap atau well-hydrated. Cukup gunakan moisturizer rutin di pagi sebelum beraktivitas dan malam hari menjelang tidur. Pelembap akan membantu kulit terhindar dari overproduction sebum, namun tetap utamakan pelembap berformula non-occlusive, non-comedogenic, dan oil-free agents.
  • Karena sinar UV menjadi salah satu penyebab pori-pori membesar, penting menerapkan sunscreen sebagai penutup makeup atau skincare routine Anda. Meskipun cuaca berawan atau Anda hanya beraktivitas indoor, tetap aplikasikan sunscreen (SPF 30 atau lebih) berlabel non-comedogenic untuk memproteksi kulit.

Baca juga rekomendasi serum wajah terbaik lainnya di sini!

Serum wajah diformulasi dengan bahan khusus lain untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, beberapa produk serum juga dirancang untuk memberikan kesegaran pada wajah sehabis pemakaian makeup.

Anda yang tertarik memiliki serum untuk melembapkan dan menyegarkan wajah dapat menengok rekomendasinya dalam ulasan berikut!

Kesimpulan

Terbukanya pori-pori memudahkan kotoran, debu polusi, sisa makeup, hingga minyak terkumpul. Jika dibiarkan, bakteri pun hadir melakukan perannya membentuk komedo dan jerawat. Rutin memakai serum untuk mengecilkan pori-pori akan mendukung proses treatment pori-pori yang terbuka tadi, sehingga wajah bebas dari bakteri, tampilan wajah Anda pun semakin gorgeous!

Setelah membaca penjelasan kami mengenai serum wajah untuk mengecilkan pori-pori, tentunya Anda tidak kesulitan lagi dalam menentukan produk, bukan? Kami ucapkan selamat memilih! Apabila artikel ini mempunyai values untuk Anda, mari bagikan ke teman-teman Anda atau Anda bisa juga mem-bookmark artikel ini untuk dibaca kemudian hari. Danke!

(Visited 43 times, 1 visits today)