Written by 11:17 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik

Selain dari paparan sinar matahari langsung, Anda dapat memperoleh vitamin D dari berbagai sumber makanan, misalnya jamur, brokoli, dan beberapa jenis minyak ikan. Namun, bila Anda mengalami kekurangan vitamin D, suplemen dapat dikonsumsi untuk mencegah kekurangan vitamin D.

Dari banyaknya pilihan yang tersedia, manakah produk yang tepat untuk Anda? Pada artikel ini, telah kami pilihkan sepuluh suplemen vitamin D dari Nutrimax, Prove, Puritan’s Pride, dan lainnya. Namun sebelumnya, kami akan paparkan terkait pentingnya vitamin D beserta cara memilihnya. Selamat membaca!

Siapakah yang Perlu Mengonsumsi Suplemen Vitamin D?

Seperti telah disebutkan di awal, vitamin D dapat diproduksi tubuh saat kulit terekspos sinar matahari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan seperti ikan, daging merah, telur, dan jamur. Namun, tidak semua orang mendapatkan vitamin D cukup dari kedua sumber tersebut. Dengan demikian, suplemen vitamin D bisa dikonsumsi sebagai pemenuh asupan vitamin D harian.

Di sisi lain, para pelaku vegan yang sedikit mengonsumsi makanan hewani juga tak jarang mengalami defisiensi vitamin D. Penyerapan vitamin D alami dari makanan dan sinar matahari pada penderita obesitas dan lansia juga kurang baik, sehingga kelompok ini direkomendasikan mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen.

Cara Memilih Suplemen Vitamin D

Di pasaran, banyak suplemen vitamin D yang beredar. Agar memperoleh produk yang tepat, apa saja poin-poin yang semestinya Anda jadikan perhatian? Simak bagian ini untuk mengetahuinya!

Pertama, Ketahui Dosis Vitamin D yang Anda Butuhkan Sehari-hari

Setiap individu membutuhkan dosis vitamin D yang berbeda, tergantung dari usia dan kondisi kesehatannya. Untuk bayi hingga usia 12 bulan, kebutuhannya adalah 400 IU (International Unit) per hari. Usia 1 – 70 tahun membutuhkan 600 IU vitamin D per hari. Sementara itu, individu berusia 70 tahun ke atas membutuhkan 800 IU vitamin D per hari.

Akan tetapi, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, dosisnya bisa lebih banyak lagi. Namun, konsumsi vitamin D di atas 4000 IU hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda akan hal ini untuk dosis yang aman.

Jika Anda hendak mengonsumsi suplemen vitamin D dengan tujuan hanya untuk mencegah kekurangan vitamin D, Anda bisa membeli suplemen vitamin D yang dijual bebas. Jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan pakai di kemasan, ya!

Pilih Bentuk Sediaan yang Nyaman untuk Anda Konsumsi

Suplemen vitamin D tersedia dalam beberapa bentuk, dari mulai tablet, kapsul, softgel, cairan tetes, hingga gummy. Jika Anda menginginkan suplemen yang lebih tahan lama saat disimpan, Anda bisa memilih bentuk tablet. Sifatnya yang kering membuat kandungannya lebih stabil serta tidak mudah ditumbuhi mikroba.

Namun, apabila Anda kesulitan menelan tablet karena ukurannya yang cukup besar atau alasan lain, pilihlah suplemen dalam bentuk kapsul atau softgel. Kapsul memiliki cangkang yang menjadikannya lebih licin, sedangkan softgel bertekstur lembut serta mudah dicerna tubuh.

Jika Anda menginginkan suplemen vitamin D untuk anak, pilihlah yang berbentuk cairan tetes atau gummy. Selain mudah dicerna, bentuk tetes dapat menghindari risiko tersedak. Sementara, bentuk gummy biasanya memiliki beragam rasa buah-buahan dengan mirip permen kenyal sehingga disukai anak-anak.

Bila Perlu, Pilih yang Dilengkapi Kandungan Bermanfaat Lainnya

Anda membutuhkan suplemen yang tidak hanya mengandung vitamin D? Beberapa merek menawarkan suplemen vitamin D yang disertai tambahan vitamin dan mineral lainnya. Suplemen dengan kandungan tambahan ini lebih praktis karena dalam satu produk, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat.

Untuk Anda yang menginginkan vitamin yang juga dapat memelihara kesehatan mata, misalnya, Anda dapat memilih produk dengan tambahan vitamin A. Suplemen vitamin D yang mengandung kalsium juga bisa menjadi pilihan karena vitamin D membantu penyerapan kalsium. Sinergi ini akan menguatkan tulang, gigi, serta meningkatkan fungsi otot dan saraf.

Sebagai catatan, apabila Anda penderita diabetes, Anda lebih disarankan memilih produk yang bebas gula. Tidak hanya untuk penderita diabetes, Anda yang berisiko menderita diabetes atau sedang menjalani diet rendah gula juga sebaiknya memilih suplemen vitamin D tanpa tambahan pemanis.

Pilih Suplemen yang Tersertifikasi oleh Lembaga Berwenang

Sumber: Pom.go.id

Demi keamanan, pastikan untuk mengutamakan suplemen yang sudah tersertifikasi oleh lembaga berwenang. Untuk produk produksi dalam negeri, atau yang diedarkan luas di dalam negeri, Anda bisa mengecek sertifikasi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Selain BPOM, Anda mungkin akan menemukan produk impor yang mencantumkan sertifikasi non-GMO (Genetically Modified Organism). Suplemen bersertifikasi non-GMO berarti produk tersebut tidak melibatkan rekayasa genetika dalam prosesnya.

Bagi Anda yang mencari suplemen berstatus halal, beberapa produsen menyerahkan produknya untuk diperiksa oleh LPPOM MUI. Dengan memeriksa sertifikasi keamanan atau kehalalan pada produk yang hendak Anda piih, Anda pun bisa mempertimbangkan produk tersebut untuk masuk ke dalam wishlist.

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik

Sekarang, kami akan menampilkan kepada Anda sepuluh suplemen vitamin D rekomendasi kami. Selamat menentukan!

1. Nutrimax Vitamin D3 400 IU

Dilapisi bahan khusus yang membuatnya mudah ditelan

Tablet suplemen dari Nutrimax ini menggunakan coating terbaik yang menjadikannya tahan terhadap iklim tropis. Sifatnya yang licin dan ukurannya yang kecil membuat produk ini mudah ditelan. Jadi, suplemen ini cocok untuk Anda yang sering kesulitan menelan tablet.

Tak hanya itu, Nutrimax Vitamin D3 400 IU juga terbuat dari 100% bahan nonhewani, menjadikannya ideal dikonsumsi oleh Anda yang vegetarian. Mengantongi sertifikat BPOM dan halal, Anda yang cukup selektif memilih produk pun bisa mempertimbangkannya!

Bentuk SediaanTablet salut selaput
KandunganVitamin D3 400 IU
Aturan konsumsiSatu tablet sehari setelah makan atau sesuai anjuran dokter
Isi120 butir
SertifikasiBPOM SD202664321
Kisaran hargaRp99.000

2. Prove D3 Drop

Sumber: Kalbemed.com

Satu produk untuk dikonsumsi satu keluarga!

Mencari suplemen vitamin D yang bisa dikonsumsi seluruh keluarga? Prove D3 Drop adalah pilihan tepat. Suplemen dalam bentuk drop ini aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga lansia. Dengan satu produk, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin D keluarga Anda!

Produk ini tidak mengandung perasa, pengawet, dan alkohol. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dicampur ke makanan maupun minuman favorit Anda. Jangan khawatir, suplemen ini tidak akan mengubah rasa dari makanan atau minuman Anda.

Bentuk SediaanCairan tetes
KandunganVitamin D3 400 IU
Aturan konsumsiDewasa dan anak di atas 1 tahun: satu kali sehari sekali tetes
Isi12,5 mL (± 450 tetes)
SertifikasiBPOM SI204611111
Kisaran hargaRp236.000

3. Puritan’s Pride Absorbable Calcium 1200 mg with Vitamin D 1000 IU

Dengan tambahan kalsium untuk memaksimalkan kekuatan tulang dan gigi

Tak hanya vitamin D, suplemen dari Puritan’s Pride ini juga dilengkapi kalsium sebanyak 600 mg per softgel-nya. Keduanya akan bersinergi untuk menjaga tulang dan gigi Anda tetap kuat.

Menariknya lagi, suplemen ini didesain dengan sistem rapid release. Sistem ini membuat cairan kalsium dan vitamin D pada suplemen ini langsung dilepaskan dan diserap tubuh setelah Anda menelannya.

Bentuk SediaanSoftgel
KandunganVitamin D (1.000 IU), calcium
Aturan konsumsiDewasa: dua softgel per hari
Isi100 butir
SertifikasiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp219.000

4. KAL D-3 Activgels 25 mcg

Turut memelihara kesehatan kulit dan mata berkat tambahan vitamin A

Suplemen satu ini dirancang dalam wujud ActivGels, alias liquid-fill softgel yang menjadikannya mudah ditelan dan dicerna. Di samping vitamin D, kandungan vitamin A sebesar 60 mcg dalam produk ini juga mendukung kesehatan mata dan kulit Anda.

KAL D-3 Activgels 25 mcg adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin D dan vitamin A harian. Satu lagi yang harus Anda tahu, sesuai namanya, suplemen ini mencantumkan vitamin D3 yang teruji lebih efektif di dalam tubuh manusia dibandingkan vitamin D2!

Bentuk SediaanSoftgel
KandunganVitamin A, vitamin D3 (1.000 IU), gelatin, glycerin, sunflower oil and safflower oil
Aturan konsumsiSatu softgel sehari
Isi100 butir
SertifikasiBPOM SI204302021
Kisaran hargaRp230.000

5. Nature’sPlus Animal Parade® Sugar Free Vitamin D3 500 IU

Vitamin D kunyah yang bebas gula untuk anak-anak

Untuk Anda yang hendak memberikan suplemen vitamin D untuk anak, kami merekomendasikan suplemen dari Nature’sPlus satu ini. Berbentuk tablet chewable dengan karakter hewan, anak-anak pun takkan keberatan setiap kali diajak mengonsumsi suplemen.

Produk ini hadir dalam varian rasa buah segar seperti ceri hitam, jeruk, anggur, semangka, dan masih banyak lagi. Alih-alih menyertakan pemanis buatan, produk ini menggunakan xylitol alami yang baik untuk gigi sebagai pemanisnya. Jadi, Anda bisa semakin tenang saat memberikannya kepada si kecil!

Bentuk SediaanTablet kunyah
KandunganVitamin D3 (500 IU), xylitol
Aturan konsumsiUntuk anak usia di atas 2 tahun: satu tablet sehari
Isi90 butir
SertifikasiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp375.000

6. Nordic Naturals Vitamin D3 Gummies

Produk untuk vegetarian yang bebas gula, pewarna, perasa, dan pengawet!

Produk satu ini diproses tanpa menerapkan rekayasa genetika yang terverifikasi. Selain itu, American Vegetarian Association juga turut melabelkan produk ini lolos uji, sehingga cocok dipilih bagi Anda yang mencari suplemen vitamin D untuk vegetarian.

Walau didesain untuk orang dewasa, Nordic Naturals memproduksi suplemen ini dalam wujud gummy bercita rasa wild berry. Rasa manis buah wild berry hadir tanpa tambahan gula. Selain itu, produk ini juga bebas dari pewarna, perasa, dan pengawet.

Bentuk SediaanGummy
KandunganVitamin D3 (1.000 IU), gula
Aturan konsumsiSatu gummy sehari atau sesuai anjuran dokter
Isi60 butir
SertifikasiNon-GMO
Kisaran hargaRp239.000

7. Nature’s Answer Vitamin D3 Drops

Berbentuk minyak zaitun murni yang kaya manfaat

Berbeda dengan suplemen lain dalam daftar ini, produk dari Nature’s Answer ini tergolong unik karena berwujud cairan tetes hasil ekstraksi buah zaitun. Produk ini layak dipertimbangkan oleh Anda yang kesulitan menelan atau penyuka extra virgin olive oil.

Oleh karena berbentuk drop, suplemen ini lebih cepat diserap oleh tubuh. Nature’s Answer menjamin produknya ini salt-free, soy-free, corn-free, wheat-free, yeast-free, sugar-free, milk-free, dan preservative-free. Soal warna keemasan dan rasa saat dikonsumsi, semuanya alami khas minyak zaitun!

Bentuk SediaanCairan tetes
KandunganVitamin D3 (4.000 IU), extra virgin olive oil
Aturan konsumsiDua tetes sehari atau sesuai petunjuk dokter
Isi15 mL (± 240 tetes)
SertifikasiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp390.000

8. Naturelo Vegan Vitamin D3

Sumber: Naturelo.com

Berbahan dasar 100% tanaman alami yang cocok untuk vegan

Naturelo menghadirkan Vegan Vitamin D3 khusus sebagai suplemen pemenuh vitamin D harian para vegan. Produk ini terbuat dari bahan utama lichen liar tanpa tambahan kedelai, gluten, gula, ragi, susu, kacang, kafein, pengawet, dan bahan hewani apa pun.

Naturelo memastikan seluruh bahan-bahannya tidak melibatkan rekayasa genetika. Dengan vitamin D berjenis cholecalciferol, tubuh Anda pun mendapatkan vitamin D yang sama seperti yang diproduksi tubuh saat terpapar matahari, tanpa harus menerima risiko dari paparan matahari berlebih!

Bentuk SediaanKapsul
KandunganVitamin D3 (2.500 IU) from wild-harvested Lichen
Aturan konsumsiSatu kapsul per hari
Isi180 butir
SertifikasiNon-GMO, GMP
Kisaran hargaRp550.000

9. Holistic Way Vitamin D3 1000 IU

Membantu penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi

Jumlah vitamin D3 sebanyak 1.000 IU dalam suplemen ini akan mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor di tubuh Anda. Bentuk tablet kering membuat usia simpan produk ini lebih lama.

Tanpa dilengkapi bahan lain, Holistic Way Vitamin D3 1000 IU cocok Anda pilih apabila hanya memerlukan suplemen khusus vitamin D. Apalagi, harga terjangkau dengan isi ratusan butir memungkinkan Anda hemat pengeluaran hingga berbulan-bulan!

Bentuk SediaanTablet
KandunganVitamin D3 (1.000 IU)
Aturan konsumsiSatu tablet sehari atau sesuai anjuran dokter
Isi100 butir
SertifikasiGMP
Kisaran hargaRp129.000

10. Nature’s Way Vitamin D3 2000 IU

Ramah lingkungan dengan botol yang terbuat dari plastik daur ulang

Nature’s Way Vitamin D3 2000 IU dikemas menggunakan botol yang terbuat dari 97% plastik daur ulang post-consumer. Hal ini menjadikan produk ini ramah lingkungan.

Di samping tanpa tambahan gula, suplemen satu ini juga bebas dari gluten, produk susu, pewarna buatan, perasa, dan pengawet. Jadi, bagi Anda yang peduli lingkungan atau memiliki alergi terhadap gluten, cobalah produk ini!

Bentuk SediaanSoftgel
KandunganVitamin D3 2000 IU
Aturan konsumsiSatu softgel sehari atau sesuai anjuran dokter
Isi240 butir
SertifikasiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp460.000

Tabel Perbandingan Suplemen Vitamin D​

ProdukNutrimax Vitamin D3 400 IUProve D3 DropPuritan’s Pride Absorbable Calcium 1200 mg with Vitamin D 1000 IUKAL D-3 Activgels 25 mcgNature’sPlus Animal Parade® Sugar Free Vitamin D3 500 IUNordic Naturals Vitamin D3 GummiesNature’s Answer Vitamin D3 DropsNaturelo Vegan Vitamin D3Holistic Way Vitamin D3 1000 IUNature’s Way Vitamin D3 2000 IU
BentukTablet salut selaputCairan tetesSoftgelSoftgelTablet kunyahGummyCairan tetesKapsulTabletSoftgel
KandunganVitamin D3 400 IUVitamin D3 400 IUVitamin D (1.000 IU), calciumVitamin A, vitamin D3 (1.000 IU), gelatin, glycerin, sunflower oil and safflower oilVitamin D3 (500 IU), xylitolVitamin D3 (1.000 IU), gulaVitamin D3 (4.000 IU), extra virgin olive oilVitamin D3 (2.500 IU) from wild-harvested LichenVitamin D3 (1.000 IU)Vitamin D3 2000 IU
Aturan konsumsiSatu tablet sehari setelah makan atau sesuai anjuran dokterDewasa dan anak di atas 1 tahun: satu kali sehari sekali tetesDewasa: dua softgel per hariSatu softgel sehariUntuk anak usia di atas 2 tahun: satu tablet sehariSatu gummy sehari atau sesuai anjuran dokterDua tetes sehari atau sesuai petunjuk dokterSatu kapsul per hariSatu tablet sehari atau sesuai anjuran dokterSatu softgel sehari atau sesuai anjuran dokter
Isi120 butir12,5 mL (± 450 tetes)100 butir100 butir90 butir60 butir15 mL (± 240 tetes)180 butir100 butir240 butir
SertifikasiBPOM SD202664321BPOM SI204611111Tidak disebutkanBPOM SI204302021Tidak disebutkanNon-GMOTidak disebutkanNon-GMO, GMPGMPTidak disebutkan
Kisaran hargaRp99.000Rp236.000Rp219.000Rp230.000Rp375.000Rp239.000Rp390.000Rp550.000Rp129.000Rp460.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi susu untuk tulang dan sendi dari PickyBest!

Selain dari suplemen, Anda juga dapat melengkapi kecukupan vitamin D harian dengan mengonsumsi susu. Produk susu untuk tulang yang beredar mengandung vitamin D disertai kalsium dengan takaran beragam.

Selain bagus untuk tulang, beberapa produk dilengkapi nutrisi yang juga baik untuk pemeliharaan sendi. Bila berminat, Anda bisa menengok produk rekomendasi dari kami pada artikel berikut!

Kesimpulan

Saat memilih suplemen vitamin D, Anda patut menghitung kebutuhan asupan harian berdasarkan usia maupun kondisi kesehatan Anda. Selain itu, pilihlah produk yang teruji aman oleh lembaga sertifikasi yang berwenang. Supaya hasilnya lebih efektif, utamakan produk berkandunga vitamin D3.

Berdasarkan kesepuluh produk yang telah direkomendasikan, kami harap Anda menemukan suplemen vitamin D yang tepat sesuai kebutuhan. Walau pengonsumsiannya praktis, jangan lupa untuk mengutamakan vitamin D dari sumber alami, ya!

Referensi

Vitamin D 101 — A Detailed Beginner’s Guide
https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-101 diakses pada 1 Desember 2021

Do You Need a Vitamin D Supplement? Everything to Know
https://www.everydayhealth.com/vitamin-d/you-need-vitamin-d-supplement-everything-know diakses pada 1 Desember 2021

Vitamin D: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning
https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-929/vitamin-d diakses pada 1 Desember 2021

(Visited 194 times, 4 visits today)