Written by 17:12 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik

Tubuh tidak mampu menghasilkan vitamin C sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan agar imunitas senantiasa terjaga, Anda dapat mengonsumsi asupan tinggi vitamin C. Sayangnya, tidak semua makanan seperti buah dan sayur mengandung vitamin C dalam jumlah cukup. Makannya, pemenuhan alternatif bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen vitamin C. Bila Anda termasuk jarang makan buah dan sayur berjumlah cukup, suplemen vitamin C patut dipertimbangkan.

Terdapat banyak pilihan suplemen vitamin C, dari mulai merek terkenal seperti Vitacimin, Enervon-C, Holisticare, hingga merek premium Puritan’s Pride dan Wellness. Beberapa orang mungkin bingung memilihnya, apakah Anda mengalami permasalahan serupa? Tenang! karena di sini, kami akan memberikan panduan memilih serta merekomendasikan suplemen vitamin C terbaik. Selamat membaca!

Peranan Vitamin C untuk Imunitas Tubuh dan Mencerahkan Kulit

Vitamin C atau asam askorbat adalah jenis vitamin mudah larut dalm air. Vitamin C dibutuhkan agar tubuh optimal melaksanakan fungsi kerja organ-organnya. Vitamin C berperan penting menjaga kekebalan atau imunitas tubuh. Pada kondisi sakit, seperti terserang batuk dan pilek, menjaga asupan vitamin C akan mempercepat proses pemulihan.

Rusaknya sel-sel tubuh akibat reaksi radikal bebas mampu ditangkal oleh vitamin C. Sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C menghambat penuaan dini, mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung. Untuk memperkuat sistem imun tubuh, vitamin C bertindak menyerap zat besi dari makanan agar tubuh tidak mudah sakit.

Belum berhenti, vitamin C merupakan nutrisi dengan peranan baik pula untuk kulit. Vitamin C sanggup mendorong pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting bagi tubuh untuk mempercepat perbaikan luka, mencegah keriput, membuat kulit tetap elastis dan kencang, serta efektif memelihara keremajaan dan meningkatkan kecerahan kulit.

Cara Memilih Suplemen Vitamin C

Pada musim penghujan, banyak orang memproteksi imunitas tubuh dengan rutin konsumsi vitamin C. Para pekerja aktif juga menjadikan vitamin C solusi untuk menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit. Jika Anda menghendaki hal yang sama, pastikan untuk cermat menentukan suplemen vitamin C. Berikut kami ajak Anda memahami poin-poin penting saat memilih suplemen vitamin C. Disimak dengan baik, ya!

Pilih Suplemen dengan Bentuk yang Praktis Dikonsumsi

Suplemen tidak hanya berbentuk tablet langsung telan, namun ada pula yang didesain dalam wujud tablet larut, bubuk seduh, dan tablet isap. Beberapa suplemen vitamin C juga mempunyai bentuk sirop dengan tambahan zat nutrisi lain di dalamnya. Sebaiknya Anda pilih yang paling mudah dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Kaplet (Kapsul/Tablet): Mudah Dibawa dan Diminum tanpa Perlu Dilarutkan

Suplemen vitamin C berbentuk kapsul atau tablet direkomendasikan bagi Anda yang lebih sering berada di luar rumah. Bentuk ini mudah dibawa bepergian karena cukup disimpan di dalam tas tanpa khawatir tumpah dan mengotori isi tas. Sewaktu melakukan perjalanan, menyediakan vitamin C dalam bentuk kaplet akan membantu tubuh tetap fit sampai tujuan.

Supaya tidak repot harus membeli berulang, kami menyarankan Anda membeli kaplet suplemen vitamin C berisikan 10 – 30 butir. Tengok pula tanggal kedaluwarsa agar semakin tenang mengonsumsinya. Satu lagi yang perlu diperhatikan, suplemen vitamin C berbentuk tablet dianggap lebih aman bagi lambung karena tidak memberikan reaksi asam berlebih.

Tablet Effervescent: Memiliki Rasa yang Enak, Nutrisinya Lebih Cepat Diserap Tubuh

Bila Anda menyukai cita rasa jeruk atau buah asam berkandungan vitamin C, suplemen berbentuk tablet effervescent pilihannya. Tablet effervescent adalah tablet larut air berisikan perpaduan asam dan natrium bikarbonat. Bentuk tabletnya sedikit lebih besar, menyerupai uang koin 1.000 versi lama. Untuk meminumnya, tablet dilarutkan ke air hingga terhasilkan karbondioksida, lalu akan timbul gelembung-gelembung udara.

Pengemasan suplemen vitamin C dalam bentuk tablet larut air memiliki sejumlah keunggulan. Di samping praktis dibawa bepergian karena tidak mudah tumpah atau berantakan, tablet larut air membuat nutrisi vitamin C lebih cepat diserap dibandingkan tablet biasa. Suplemen vitamin C berupa tablet effervescent bercita rasa enak dan segar. Karena lebih cepat dicerna, tablet larut air memperkecil risiko iritasi lambung.

Bubuk: Bentuk Lebih Murni dengan Isi Lebih Banyak dan Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan bentuk tablet, suplemen vitamin C berwujud bubuk dinilai lebih murah. Misalnya saja, untuk kemasan 1 kg asam askorbat ditawarkan seharga Rp150.000 – Rp200.000. Dengan penghitungan rata-rata konsumsi 1.000 mg per hari, artinya Anda hanya menghabiskan uang sekitar 200 rupiah per hari. Karena kuantitasnya banyak, asam askorbat ini bisa dikonsumsi bersama keluarga Anda.

Vitamin C dalam bentuk bubuk tidak hanya ideal diminum sebagai suplemen harian, melainkan bisa dimanfaatkan sebagai penetral air minum dan air mandi dari kandungan klorin. Selain murah dan berkemampuan menghilangkan klorin, suplemen vitamin C bubuk umumnya dikemas dalam plastik biasa alias bebas bahan-bahan tambahan lain, sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan vitamin C murni.

Tablet Isap/Gummy Kunyah: Memberikan Sensasi seperti Mengemut Permen, Rasanya pun Enak

Tipe ini lebih banyak diperuntukkan bagi anak-anak. Tablet isap memberikan cita rasa yang enak seperti mengemut permen, begitu pun untuk bentuk gummy kunyahnya. Buat Anda yang ingin merasakan sensasi mengemut atau mengunyah permen manis, suplemen vitamin C berbentuk sweetlets atau gummy mengantarkan ada pada harapan tersebut.

Karena cukup lama berada di mulut, produsen biasanya memvariasikan cita rasa buah-buahan selain jeruk atau lemon, misalnya ceri acerola, anggur, dan sebagainya. Namun, suplemen vitamin C tipe ini cenderunt lebih mahal soal harga, sehingga perlu dipikirkan lagi soal efek konsumsi jangka panjang terhadap keuangan Anda.

Cermati Jumlah Vitamin C yang Terkandung, Pastikan Memenuhi Kebutuhan Harian

Agar tidak sia-sia, sangat dianjurkan untuk Anda mengetahui dulu berapa kebutuhan vitamin C harian. Hal ini dikarenakan kelebihan unsur vitamin C akan dibuang melalui urin. Di sisi lain, proses penyekresi tersebut membuat ginjal bekerja lebih aktif sehingga membawa risiko di kemudian hari. Maka darinya, penting sekali mengecek jumlah vitamin C harian yang Anda butuhkan.

Tabel berikut kami rangkum dari National Institute of Health mengenai jumlah vitamin C yang diperlukan masing-masing orang bergantung rentang usianya.

Rentang UsiaJumlah yang Direkomendasikan
Bayi 0 – 6 bulan40 mg
Bayi 7 – 12 bulan50 mg
Anak 1 – 3 tahun15 mg
Anak 4 – 8 tahun25 mg
Anak 9 – 13 tahun45 mg
Remaja pria 14 – 18 tahun75 mg
Remaja wanita 14 – 18 tahun65 mg
Pria dewasa > 18 tahun90 mg
Wanita dewasa > 18 tahun75 mg
Remaja hamil80 mg
Ibu hamil85 mg
Remaja pada masa menyusui115 mg
Ibu hamil pada masa menyusui120 mg
Catatan: Bagi perokok, tambahkan 35 mg untuk masing-masing rentang usia pada tabel di atas.

Sumber: National Institute of Health

Pilihlah yang Mampu Bertahan Lama di Tubuh dengan Daya Serap Optimal

Mengetahui sifat vitamin C yang water-soluble alias mudah larut dalam air, barang tentu ia tidak dapat diserap oleh lemak. Artinya, tubuh tidak bisa terlalu lama menyimpan vitamin C. Menurut beberapa keterangan, vitamin C hanya sanggup berada di dalam tubuh 2 – 4 jam saja sebelum dikeluarkan tubuh bersama urin.

Untuk mengoptimalkan daya serap suplemen vitamin C yang Anda minum, pilihlah produk yang mencatutkan beberapa komponen pendukung. Anda bisa memastikannya dengan mengecek kandungan di dalamnya, contohnya threonic acid atau asam threonat. Kandungan tersebut berfungsi memaksimalkan daya serap dan lamanya waktu vitamin C oleh sel-sel tubuh.

Dari hasil beberapa studi pun diambil kesimpulan bahwa suplemen berkandungan threonic acid membuat vitamin C bertahan hingga 24 jam di dalam tubuh. Dalam rentang waktu tersebut, vitamin C akan diserap secara perlahan-lahan (time-release) untuk jangka waktu yang sama.

Terasa Lebih Lengkap jika Tersedia Kandungan Penting Lainnya

Bagi Anda yang ingin mendapatkan asupan nutrisi lain dari suplemen yang dikonsumsi sehari-hari, kami merekomendasikan produk yang dilengkapi bahan penting lain. Anda bisa temukan suplemen yang tidak hanya mengandung vitamin C, melainkan tersedia pula nutrisi lain, misalnya vitamin C kompleks, zinc, dan ekstrak sayur-sayuran tinggi serat.

Suplemen vitamin C dengan tambahan nutrisi lain semisal di atas sangat baik mendukung kinerja vitamin C menjaga tubuh tetap fit. Sebut saja vitamin C kompleks yang berguna dalam proses metabolisme, serta untuk pemeliharaan kesehatan kulit dan membran mukosa. Jika Anda sedang menjalankan diet seimbang, cobalah mengambil suplemen vitamin C bercampurkan nutrisi baik lainnya.

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik

Pada bagian ini, kami telah merangkum sepuluh suplemen vitamin C terbaik dalam sebuah list. Beberapa bisa Anda temukan dan beli di minimarket atau supermarket, sedangkan untuk merek-merek tertentu dapat dicari di drugstore. Tak ingin repot keluar rumah? Beli saja secara online melalui situs marketplace yang telah kami sediakan di setiap produk rekomendasi. Selamat memilih!

1. Enervon-C Multivitamin Tablet

Lengkap dengan vitamin B komples untuk pengoptimalan pertahanan tubuh

Enervon-C Multivitamin merupakan suplemen vitamin C yang dapat diperoleh secara bebas di apotek. Pengonsumsiannya pun bisa dengan atau tanpa resep dokter. Produk berbentuk tablet ini tidak hanya menyiapkan kebaikan vitamin C, tetapi susunan vitamin B kompleks turut tersedia di dalamnya.

Bagi Anda yang menginginkan pemenuhan vitamin C dan B harian agar tidak mudah terserang penyakit, suplemen ini patut ditaruh dalam kotak obat dan vitamin di rumah. Di samping menjaga daya tahan tubuh melalui vitamin C, kehadiran vitamin B pada Enervon-C Multivitamin memungkinkan pasien yang memerlukan vitamin B kompleks ideal menggunakannya.

BentukKaplet (kapsul/tablet)
Kandungan vitamin C500 mg
Kandungan nutrisi lainVitamin B kompleks
Isi1 strip 4 butir
Kisaran hargaRp8.500

2. Nutri-Biotech The Right C

Mengandung metabolit unik untuk tingkatkan penyerapan vitamin C

Penyerapan vitamin C di dalam tubuh tidaklah sama, tergantung komponen pendukung yang digunakan oleh masing-masing suplemen. Bagi Anda yang menginginkan suplemen vitamin C dengan tingkat penyerapan baik, The Right C produksi Nutri-Biotech merupakan pilihan tepat.

Suplemen ini mengandung formula metabolit kompleks bernama Riboperine® serta teknologi EnterCellTM dan MultiPath®. Ketiga kombinasi ini hanya ditemukan pada suplemen The Right C. Perpaduan di antara komponen ini membantu meningkatkan penyerapan asam askorbat ke dalam tubuh. Pembentukan kolagen untuk kulit dan rambut sehat, serta daya tahan tubuh kuat menjadi ganjarannya.

BentukKaplet (kapsul/tablet)
Kandungan vitamin C300 mg
Kandungan nutrisi lainTidak ada keterangan
Isi1 botol 30 butir
Kisaran hargaRp98.000

3. Holisticare Super EsterC Non-Acidic Vitamin C

Bentuk ester vitamin C dengan daya serap cepat dan bertahan lama

Holisticare mempromosikan suplemen vitamin C besutannya dengan berbagai kelebihan. Mengandalkan bentuk ester dari vitamin C, Super EsterC memastikan proses serap lebih cepat dan optimal oelh tubuh. Produk ini memungkinkan Anda yang berkegiatan aktif untuk membawanya ke mana-mana. Dengan tutup ulir, setiap tablet di dalamnya tak mudah tumpah atau berantakan.

Vitamin C dalam bentuk ester pada suplemen ini mempunyai pH netral sehingga aman untuk lambung. Sementara itu, bentuk ester dari vitamin C-nya diklaim mampu bertahan di dalam tubuh 2 kali lebih lama dibandingkan vitamin C biasa (asam askorbat).

BentukKaplet (kapsul/tablet)
Kandungan vitamin C320 mg
Kandungan nutrisi lainCitrus bioflavonoid
Isi1 botol 30 butir
Kisaran hargaRp53.000

4. Nutrimax C+ Junior

Berbentuk tablet kunyah rasa jeruk yang aman untuk anak-anak

Para orang tua yang menginginkan agar anak-anaknya terjaga sistem imunnya bisa memberi kepercayaan pada Nutrimax C+ Junior. Suplemen vitamin C berkandungan calcium ascorbate ini dipastikan aman bagi lambung dan ginjal. Produk ini mudah diserap tubuh, sehingga membuat daya tahan tubuh anak lebih kebal terhadap penyakit dan infeksi.

Nutrimax melengkapi suplemen berbentuk tablet isap dan kunyah ini dengan Phytogreen. Phytogreen merupakan konsentrat sayuran yang difungsikan untuk memberi penjagaan lebih terhadap kesehatan pencernaan anak. Meski kaya akan campuran sayur, suplemen ini bercita rasa jeruk yang nikmat. Anak-anak pun dijamin suka karena setiap tabletnya berdesain miniatur binatang.

BentukTablet kunyah
Kandungan vitamin C150 mg
Kandungan nutrisi lainPhytogreen (brocolli, spirullina, carrot, spinach, chlorella, black currant seed, evening primrose)
Isi1 botol 60 butir
Kisaran hargaRp300.000

5. Vitacimin Vitamin C 500 mg

Banyak pilihan rasa, mudah dicari, praktis disimpan di dalam saku celana!

Cukup terkenal di Indonesia, Vitacimin dapat ditemukan di minimarket terdekat. Harga yang murah membuat banyak orang membeli produk ini. Pada satu tablet Vitacimin terkandung 500 mg vitamin C siap cerna. Bukan hanya rasa lemonnya yang terkenal, tetapi bagi Anda yang kurang suka rasa asam bisa memilih varian jeruk dengan sensasi kenikmatan serupa.

Untuk memperluas target konsumennya, Vitacimin menyediakan pilihan rasa selain Fresh Lemon dan Sweet Orange, yaitu Juicy Blueberry dan Tropical Fruitpunch. Biasanya, suplemen ini dijual dalam bentuk strip yang masing-masing berisikan 2 tablet vitamin.

BentukTablet isap/kunyah
Kandungan vitamin C500 mg
Kandungan nutrisi lainTidak ada keterangan
Isi1 strip 2 butir
Kisaran hargaRp2.350

6. Redoxon Double Action

Didukung zinc 10 mg untuk support jaringan tubuh

Redoxon mengembangkan produk vitamin keluarannya menyesuaikan kebutuhan pasar. Jika sebelumnya Redoxon hanya mengantongi kandungan vitamin C, pada seri Double Action berikut terdapat formula tambahan berupa zinc. Zinc sendiri merupakan mineral yang mendukung peranan vitamin C dalam perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan jaringan tubuh.

Saat terkena flu, demam, gusi berdarah, sariawan, dan luka pada kulit, meminum sebutir Redoxon Double Action akan membantu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Tak cuma dikemas dalam wujud effervescent tablet, Redoxon menyediakan 2 pilihan rasa, yakni jeruk dan blackcurrant. Mana rasa yang Anda suka? Jangan tunggu lebih lama lagi, beli sekarang, yuk!

BentukTablet effervescent
Kandungan vitamin C1.000 mg
Kandungan nutrisi lainZinc
Isi1 tube 10 butir
Kisaran hargaRp37.400

7. Puritan’s Pride C-1000 mg

Diperkaya wild rose ship untuk kulit awet muda dan senantiasa lembap

Asupan vitamin C tak hanya menguntungkan Anda dari dalam. Pada luar tubuh, vitamin C membantu meningkatkan penampilan kulit. Jika Anda bermaksud memelihara kecantikan, mulailah rutin meminum vitamin C. Puritan’s Pride C-1000 mg menjadi produk rekomendasi untuk Anda yang mendambakan kulit segar dan bebas kusam.

Meski dipersembahkan oleh brand kenamaan, Puritan’s Pride, suplemen vitamin C ini tidak dijual dengan harga mahal. Pada setiap butirnya bukan cuma vitamin C yang siap menyehatkan tubuh, melainkan ada pula bioflavonoids dan wild rose hips untuk fungsi anti-aging, regenerasi, dan melembapkan kulit.

BentukKaplet (kapsul/tablet)
Kandungan vitamin C1.000 mg
Kandungan nutrisi lainBioflavonoids, wild rose hips
Isi1 botol 100 butir
Kisaran hargaRp174.500

8. K-Vit C Plus Teavigo

Lawan tanda penuaan dengan antioksidan dari vitamin C dan teh hijau

Walaupun hal yang alami, penuaan menjadi momok bagi beberapa orang, khususnya wanita. Untuk Anda yang ingin membuat kulit bebas tanda-tanda penuaan, cukupilah asupan vitamin C harian. Andalkanlah K-Vit C Plus Teavigo yang di samping efektif menjaga daya tahan tubuh, juga optimal memperlambat proses penuaan.

K-Vit C Plus Teavigo menggabungkan dua bahan utama terbaik berupa vitamin C dan teh hijau. Ekstrak teh hijau di dalamnya mengandung minimal 94% epigallocatechingallate (EGCG) dan maksimal 5% berupa catechin. Di balik manfaatnya yang sangat baik untuk kulit, antioksidan dari teh hijau dan vitamin C pada produk ini akan menjauhkan penyakit jantung serta rusaknya sel-sel saraf.

BentukTablet effervescent
Kandungan vitamin C200 mg
Kandungan nutrisi lainTeh hijau
Isi1 tube 10 butir
Kisaran hargaRp84.000

9. Wellness Excell-C + Beta Glucan

Perkuat imunitas dengan mengaktifkan sel-sel pelawan bakteri, virus, dan jamur

Suplemen ini memperdaya bentuk buffer dari vitamin C, yakni 82% ascorbic acid dan 18% calcium ascorbate, sehingga gangguan pencernaan dapat ditekan. Terlepas dari kelebihannya yang cepat serap, Wellness Excell-C + Beta Glucan memungkinkan imunitas meningkat. Belum berhenti di situ, beta 1,3 glucan dalam suplemen ini juga berguna mengatasi infeksi bakteri, vrus, dan jamur.

Beta glucan yang diperoleh dari sel saccharomyes cerevisae bertindak pula sebagai antioksidan, serta memproteksi tubuh dari efek toksin sinar X-ray ataupun pada terapi radiasi. Meminum rutin suplemen vitamin C produksi Wellness turut memperkuat dinding pembuluh darah agar jantung senantiasa sehat.

BentukKaplet (kapsul/tablet)
Kandungan vitamin C300 mg
Kandungan nutrisi lainBeta-glucan
Isi1 botol 30 butir
Kisaran hargaRp175.000

10. Vitalong C

Dengan time-release system yang mendukung penyerapan berkala

Dijual seharga puluhan ribu, Anda bisa memperoleh kebaikan vitamin C dengan sistem time-release. Sebagai tambahan informasi, time-release adalah teknologi pelepasan berkala yang memungkinkan tubuh menerima asupan vitamin lebih lama. Vitalong C memiliki kapsul lepas berkala tersebut, sehingga lebih aman untuk lambung dan tubuh pun merasakan dampaknya hingga belasan jam.

Pada sebutir kapsul Vitalong C tersimpan ascorbic acid 500 mg. Cukup diminum 1 kapsul setiap hari, dukungan penuh yang diberikan membuat Anda tak mudah sakit saat menjalani rutinitas harian. Selain itu, suplemen vitamin C ini dapat pula diminum untuk membantu pemulihan pasca sakit.

BentukKaplet (kapsul/tablet)
Kandungan vitamin C500 mg
Kandungan nutrisi lainTidak ada keterangan
Isi1 botol 30 butir
Kisaran hargaRp65.000

Kesimpulan

Vitamin C adalah komponen nutrisi yang sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh sehat. Pemenuhan asupannya dengan bantuan suplemen vitamin C merupakan hal praktis untuk dilakukan. Anda sudah menengok sepuluh produk terbaik rekomendasi kami, manakah yang paling Anda minati? Kami ingatkan kembali untuk mengecek terlebih dahulu berapa banyak vitamin C yang Anda butuhkan setiap hari, ya!

Suplemen vitamin C yang bagus sebaiknya Anda pilih juga. Caranya dengan mengutamakan produk yang mempunyai sistem pelepasan berkala (time-release). Berkat sistem ini, sel-sel tubuh secara berangsur melalui aliran darah akan menyerap setiap kandungannya, sehingga pencukupan akan vitamin C berlangsung sepanjang hari. Di sisi lain, proses perilisan berkala ini lebih aman untuk lambung. Semoga Anda sehat selalu!

(Visited 1.255 times, 7 visits today)