Kosmetik & Kesehatan

10 Suplemen Vitamin E Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Vitamin E dikenal bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit, seperti mencegah penuaan dini sebagai agen anti-aging, menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, dan mengurangi bekas luka pascaoperasi. Vitamin yang mudah larut dalam lemak ini juga terbukti baik untuk meningkatkan kesuburan.

Dapatkan semua manfaat vitamin E tersebut dari suplemen vitamin E, seperti Blackmores, Wellness, Sea-Quill, dan sebagainya. Anda dapat menemukan merek-merek suplemen vitamin E terbaik di pasaran. Agar lebih mudah memilih, PickyBest telah merangkum sepuluh merek vitamin E terbaik untuk Anda.

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktik di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah obesitas dan penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktik, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Apa Fungsi Vitamin E untuk Kesehatan?

blank

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin larut lemak yang dapat ditemukan pada makanan, seperti minyak nabati, wheat germ, biji-bijian, dan kacang-kacangan seperti almon, kedelai, hazelnut, dan biji bunga matahari.

Fungsi utama vitamin E adalah sebagai antioksidan, sehingga banyak dihubungkan dengan berbagai organ tubuh, mulai dari mendukung kesehatan kulit, sistem imun, liver, kardiovaskular, pencegahan kanker, sistem reproduksi, dan sistem saraf.

Vitamin E terdiri dari 8 isomer, yaitu 4 tokoferol (α-, β-, γ-, dan δ-tokoferol) serta 4 tokotrienol (α-, β-, γ- , dan δ-tokotrienol). Jenis α-tokoferol merupakan bentuk paling aktif dalam tubuh manusia.

Selain pada sumber makanan yang telah disebutkan di atas, vitamin E juga terdapat dalam beberapa sayuran hijau, buah, telur, daging, dan makanan yang difortifikasi.

Sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan, AKG (angka kecukupan gizi) vitamin E yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Laki-laki usia 10 – 12 tahun 16.5 IU.
  • Laki-laki usia 13 – 80 tahun 22.5 IU.
  • Perempuan usia 10 – 64 tahun 22.5 IU.
  • Perempuan usia >65 tahun 30 IU.
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Cara Memilih Suplemen Vitamin E

Berikut poin-poin yang mesti Anda perhatikan saat memilih vitamin E. Di bagian ini, dr. Kurnia banyak membagikan pengetahuannya agar Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai. Simak dengan saksama, ya!

Pilih sesuai Tipenya, Alami atau Sintetis?

blank

Anda akan menemukan suplemen vitamin E alami dan sintetis di pasaran. Mari pahami penjelasan dari dr. Kurnia mengenai dua tipe vitamin E tersebut.

Vitamin E Alami

Terdiri dari satu isomer yang paling aktif, vitamin E alami mudah diserap dan dalam dosis kecil sudah memenuhi dosis yang diinginkan. Vitamin E alami merupakan hasil ekstraksi dari sumber alami, seperti minyak nabati dan bahan makanan sumber lainnya, tergantung dari jenis isomer yang ingin diambil.

Daya serap tubuh terhadap vitamin E alami tergantung individu, misalnya jumlah lemak, keberadaan vitamin larut lemak lain, dan kondisi saluran cerna.  Selain itu, untuk jenis alami, daya serapnya juga tergantung pada bentuknya, apakah bentuk esterifikasi (asetat dan suksinat) atau bukan. Bentuk esterifikasi perlu dihidrolisis terlebih dahulu menjadi tokoferol bebas.

Anda dapat mengenali suplemen mengandung vitamin E alami pada label kandungan di belakang kemasan yang umumnya tertera vitamin E tersebut alami/natural atau tidak. Selain itu, bisa juga dilihat dari pelabelan di mana penyebutan vitamin E alami dimulai dengan huruf “d” misal dα-tocopherol.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Vitamin E Sintetis

Vitamin E sintesis mengandung kedelapan isomer yang dimiiliki oleh vitamin E, serta dapat menjadi sumber antioksidan. Bentuk vitamin E sintesis berasal dari petroleum product melalui sintesis kimiawi atau fermentasi, bukan dari sumber alami.

Kemampuan tubuh menyerap vitamin E sintetis tergantung dari jenis kandungannya. Sebab, tidak semua isomer dapat diserap dengan optimal. Oleh karena itu, diperlukan dosis 2 kali lebih besar untuk dapat menyamai dosis vitamin E alami.

Cara mengenali suplemen mengandung vitamin E sintetis adalah melihat bagian komposisi kandungan. Pelabelan untuk vitamin E sintetis dimulai dengan huruf “dl” dan diakhiri dengan “yl”, misalnya dl-α-tocopheryl.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Mana yang Lebih Baik, Vitamin E Alami atau Sintetis?

Pilihlah suplemen vitamin E alami karena dalam dosis yang lebih rendah, penyerapan dan bioavailabilitasnya lebih tinggi dibandingkan jenis sintesis, sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh tubuh.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Pilih yang Fokus sebagai Suplemen atau Multivitamin?

blank

Anda juga bakal menemukan vitamin E yang digolongkan sebagai suplemen dan multivitamin. Perbedaan mendasar dari kedua tipe produk ini adalah:

  • Suplemen cenderung difokuskan untuk mengatasi defisiensi vitamin, sehingga hanya berisi kandungan utama tunggal, misalnya vitamin E.
  • Multivitamin adalah produk yang mengandung beberapa bahan utama, misalnya kombinasi vitamin dan mineral.

Lantas, mana yang paling tepat untuk Anda? Simak penjelasan dari dr. Kurnia berikut.

Suplemen diberikan pada individu dengan indikasi utama mengalami defisiensi vitamin E karena masalah asupan, penyerapan, dan gangguan metabolisme lemak.

Contoh individu yang dianjurkan mengonsumsi vitamin E sebagai suplementasi:

  • Fibrosis kistik
  • Abetalipoproteinemia
  • Ataxia with vitamin E deficiency (AVED)
  • Sindrom usus pendek
  • Penyakit crohns

Selain itu, suplemen vitamin E juga dapat diberikan kepada penderita gangguan jantung, kulit, dan mata, preeklamsia, infertilitas, dan pasca pembedahan usus.

Bila memilih multivitamin, pilihlah vitamin E yang disertai dengan vitamin C dan beberapa jenis mineral, seperti selenium, zinc, copper, dan mangan. Vitamin C dan deretan mineral tersebut dibutuhkan untuk optimalisasi aktivitas antioksidan vitamin E di dalam tubuh karena proses regenerasi vitamin E terkadang turut melepaskan radikal bebas.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin E Terbaik

Sebelum membeli vitamin, terlebih dahulu Anda perlu berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi yang Anda alami, untuk memastikan apakah Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin E dalam jangka waktu tertentu. Kini, simak rekomendasi vitamin E terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda.

Sepuluh produk  suplemen vitamin E berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia Sitompul.

1. Blackmores Natural E 250IU

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengurangi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas

Bila Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari, vitamin E yang cocok untuk Anda adalah Blackmores Natural E 250IU. Dengan takaran dosis satu hari, suplemen ini menjadi antioksidan yang akan menjaga kadar vitamin E dalam tubuh Anda dan mengurangi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Suplemen ini juga berfungsi mendorong pemeliharaan fungsi jantung agar tetap sehat dan terhindar dari risiko jantung koroner, mengurangi oksidasi dari kolesterol jahat, serta meminimalisir penyumbatan di pembuluh darah.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopherol
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari setelah makan
Jumlah kandungan 250 IU (168 mg)
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Tidak disebutkan
Isi 50 kapsul
Kisaran harga Rp192.500

2. Wellness Natural Vitamin E 400 IU Water Soluble

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Satu softgel untuk memelihara kesehatan dan menghindari penyakit berat

Suplemen vitamin E terbaik dari Wellness ini memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar aliran darah, meningkatkan fertilitas, serta menjaga kesehatan prostat terutama bagi perokok.

Keberadaan antioksidan di dalam Wellness Natural Vitamin E 400 IU ini berperan menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, serta memelihara keremajaan dan kelenturan kulit. Bersumber dari bahan alamiah, suplemen ini berbentuk softgel yang dapat diminum per hari.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopherol
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Tidak disebutkan
Isi 60 kapsul
Kisaran harga Rp325.000

3. Sea-Quill Vitamin E 400 IU

blank

Sumber: Halodoc.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Komposisi vitaminnya bekerja lebih efektif mencegah gangguan kesehatan

Merupakan vitamin E terbaik yang diekstrak dari wheat germ, Sea-Quill Vitamin E 400 IU efektif bekerja memutus rantai reaksi radikal bebas di dalam tubuh akibat radiasi sinar matahari. Hal itu berkat komposisinya yang alami lebih efektif dibandingkan vitamin E sintetik dengan laju kecepatan oksidasi lemak yang lebih lambat.

Selain menjaga kelembapan dan keremajaan kulit, suplemen ini juga menjaga daya tahan tubuh dan kesuburan. Bila dikonsumsi secara rutin, suplemen ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah, menurunkan risiko diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, katarak, serta gangguan kesehatan lainnya.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopheryl acetate
Aturan konsumsi 1 kapsul 1-2 kali sehari
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Wheat germ
Isi 120 kapsul
Kisaran harga Rp438.500

4. Nature’s Health Vitamin E 400 IU

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Meningkatkan sensitivitas insulin, memperlambat proses penyakit alzheimer

Vitamin E 400 IU keluaran Nature’s Health ini memiliki khasiat yang lebih optimal dibandingkan vitamin E sintetis. Sebagai antioksidan, suplemen ini tak hanya menjaga kesehatan kulit dan mata, tapi juga bantu meningkatkan sirkulasi darah, mencegah penjakit jantung, dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, suplemen vitamin E terbaik ini juga dapat membantu mencegah kram otot saat Anda berolahraga. Bagi penderita diabetes tipe 2 atau lanjut usia, suplemen ini berkhasiat meningkatkan sensitivitas insulin dan memperlambat proses penyakit alzheimer.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopherol
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Tidak disebutkan
Isi 100 kapsul
Kisaran harga Rp499.000

5. Nutrimax Vitamin E 400 IU Water Soluble

blank

Sumber: Halodoc.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan detoksifikasi optimal

Saat daya tahan tubuh menurun dan pikiran stres, Nutrimax Vitamin E 400 IU merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh Anda serta mengurangi stres. Kaya akan antioksidan, vitamin E terbaik ini juga bermanfaat melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan kesuburan.

Dengan formula water soluble, suplemen ini akan membantu penyerapan vitamin E saat asupan lemak dibatasi pada program diet dan gangguan liver. Diperkaya dengan chlorophyllin, manfaat suplemen ini bertambah untuk melindungi hati dan mengoptimalkan fungsi detoksifikasi.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopherol
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari setelah makan
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Chlorophyllin 29 mcg
Isi 30 kapsul
Kisaran harga Rp340.200

6. Now Vegetarian Dry E-400

blank

Sumber: Nowfoods.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Tokopedia

Terbuat dari sumber nabati untuk para vegetarian

Bila Anda seorang vegetarian atau vegan, Now Vegetarian Dry E-400 cocok untuk Anda karena terbuat dari bahan sumber nabati. Mengandung keutamaan antioksidan, suplemen ini larut dalam lemak dan mampu menetralkan radikal bebas serta menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Selain itu, vitamin E terbaik satu ini juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memelihara kesehatan sistem pembuluh darah.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopheryl succinate
Aturan konsumsi 1 kali perhari
Jumlah kandungan 400 IU (268 mg)
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Hypromellose (cellulose capsule), magnesium stearate (vegetable source), silicon dioxide, cellulose powder, soybean oil
Isi 100 kapsul
Kisaran harga Rp314.300

7. Sundown Vitamin E

blank

Sumber: Amazon.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Suplemen dari Amerika yang bebas gluten dan bebas laktosa

Suplemen vitamin E terbaik ini merupakan produk Sundown, sebuah perusahaan Amerika yang berdiri sejak 1977. Dipercaya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas, suplemen ini juga menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, cocok untuk mendukung perawatan kecantikan Anda.

Telah teruji oleh pihak ketiga, suplemen ini juga aman dikonsumsi karena bebas dari rasa buatan, gluten, gandum, susu, dan laktosa.

Tipe Sintesis
Tipe senyawa dl-α-tocopheryl acetate
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Gelatin, vegetable glycerin, soybean oil
Isi 100 kapsul
Kisaran harga Rp133.800

8. Holistic Way Natural Source Vitamin E

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Bersumber dari alam untuk menjaga sistem kekebalan tubuh

Holistic Way Natural Source Vitamin E adalah suplemen vitamin E terbaik yang bersumber dari alam dan dibuat dengan cara cold-pressed. Dalam satu kemasan botol tersedia 90 softgel yang kaya antioksidan untuk membantu menyehatkan sel-sel tubuh.

Vitamin E juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Anda tidak perlu khawatir saat mengonsumsinya, karena suplemen ini tidak mengandung gluten, ragi, susu, pengawet buatan, warna, dan rasa.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopherol
Aturan konsumsi 1-2 kapsul perhari setelah makan
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Encapsulation aids
Isi 90 kapsul
Kisaran harga Rp299.000

9. Healthy Care Vitamin E 500IU

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Menjaga kesehatan jantung, memelihara kolesterol baik, hingga mengurangi gejala PMS

Dibuat di Australia, Healthy Care Vitamin E 500IU merupakan suplemen vitamin E sebagai antioksidan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, dan melindungi dinding arteri dari kerusakan akibat radikal bebas. Bagi wanita, suplemen ini juga dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Masih banyak lagi manfaat vitamin E terbaik lain yang bisa Anda dapatkan pada produk ini, seperti memelihara kolesterol sehat dalam tubuh dan menghambat oksidasi kolesterol LDL, mendukung kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka, dan sebagainya.

Tipe Sintesis
Tipe senyawa dl-α-tocopherol
Aturan konsumsi 1 kapsul 1-2 kali sehari setelah makan
Jumlah kandungan 500 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Soya oil
Isi 200 kapsul
Kisaran harga Rp329.000

10. Puritan’s Pride Vitamin E Naturally Sourced 400 IU

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penuaan dini

Saat Anda menjalani diet rendah lemak, asupan harian vitamin E alami mungkin kurang terpenuhi. Saat itulah Anda membutuhkan vitamin E yang 100% alami dari Puritan’s Pride Vitamin E Naturally Sourced 400 IU untuk menjaga kesehatan Anda.

Suplemen vitamin E terbaik ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, peredaran darah, melawan radikal bebas, dan mencegah penuaan dini. Tersedia dalam bentuk softgel yang mudah ditelan, suplemen ini dibuat tanpa pewarna, perasa buatan, pengawet, gula, laktosa, gluten, ragi, dan sodium.

Tipe Alami
Tipe senyawa d-α-tocopheryl acetate
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari setelah makan
Jumlah kandungan 400 IU
Bentuk Kapsul lunak
Kandungan tambahan Gelatin, soybean oil, vegetable glycerin
Isi 100 kapsul
Kisaran harga Rp325.000

Tabel Perbandingan Vitamin E

Produk Blackmores Natural E 250IU Wellness Natural Vitamin E 400 IU Water Soluble Sea-Quill Vitamin E 400 IU Nature’s Health Vitamin E 400 IU Nutrimax Vitamin E 400 IU Water Soluble Now Vegetarian Dry E-400 Sundown Vitamin E Holistic Way Natural Source Vitamin E Healthy Care Vitamin E 500IU Puritan’s Pride Vitamin E Naturally Sourced 400 IU
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Alami Alami Alami Alami Alami Alami Sintesis Alami Sintesis Alami
Tipe senyawa d-α-tocopherol d-α-tocopherol d-α-tocopheryl acetate d-α-tocopherol d-α-tocopherol d-α-tocopheryl succinate dl-α-tocopheryl acetate d-α-tocopherol dl-α-tocopherol d-α-tocopheryl acetate
Aturan konsumsi 1 kapsul perhari setelah makan 1 kapsul perhari 1 kapsul 1-2 kali sehari 1 kapsul perhari 1 kapsul perhari setelah makan 1 kali perhari 1 kapsul perhari 1-2 kapsul perhari setelah makan 1 kapsul 1-2 kali sehari setelah makan 1 kapsul perhari setelah makan
Jumlah kandungan 250 IU (168 mg) 400 IU 400 IU 400 IU 400 IU 400 IU (268 mg) 400 IU 400 IU 500 IU 400 IU
Bentuk Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak Kapsul lunak
Kandungan tambahan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Wheat germ Tidak disebutkan Chlorophyllin 29 mcg Hypromellose (cellulose capsule), magnesium stearate (vegetable source), silicon dioxide, cellulose powder, soybean oil Gelatin, vegetable glycerin, soybean oil Encapsulation aids Soya oil Gelatin, soybean oil, vegetable glycerin
Isi 50 kapsul 60 kapsul 120 kapsul 100 kapsul 30 kapsul 100 kapsul 100 kapsul 90 kapsul 200 kapsul 100 kapsul
Kisaran harga Rp192.500 Rp325.000 Rp438.500 Rp499.000 Rp340.200 Rp314.300 Rp133.800 Rp299.000 Rp329.000 Rp325.000
Periksa ketersediaan Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Blibli Cek di Tokopedia Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Tokopedia Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Blibli Cek di Tokopedia Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Blibli Cek di Tokopedia

Tip dan Saran dari dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

blank

Bagaimana dosis dan aturan pakai vitamin E untuk kondisi spesifik?

  • Fibrosis kistik direkomendasikan 5 – 10 IU/kgBB.
  • Abetalipoproteinemia direkomendasikan 100 – 200 IU/kgBB.
  • Sindrom usus pendek 200 – 3600 IU per hari.

Untuk kondisi lain sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan serta tidak melebihi angka yang dapat ditoleransi (tolerable upper intake level).

Panduan dalam mengonsumsi suplemen vitamin E

Sesuai sifat dasarnya yang larut dalam lemak, maka vitamin E sebaiknya dikonsumsi segera setelah makan.

Apabila sedang mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu, karena vitamin E dapat berinteraksi dengan obat-obat tersebut. Misalnya, pada konsumsi fat blocker, apabila dikonsumsi bersamaan maka akan menurunkan penyerapan vitamin E.

Yuk, cek rekomendasi suplemen dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Vitamin E memiliki peranan baik di dalam tubuh, dari mulai menunjang kesehatan kulit, sistem imun, sistem reproduksi, sistem saraf, liver, kardiovaskular, bahkan pencegahan kanker. Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin E tanpa arahan dokter.

Selalu ikuti anjuran pakai untuk menghindari overdosis atau efek yang kurang optimal. Kesepuluh suplemen vitamin E terbaik rekomendasi kami di atas dapat Anda temukan di apotek atau marketplace. Kiranya, mana suplemen vitamin E yang paling cocok untuk Anda?

You may also like

Comments are closed.