Written by 00:06 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Zat Besi Terbaik

Zat besi merupakan salah satu mineral yang berperan dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan fungsi sel-sel tubuh, metabolisme, dan masih banyak lagi. Selain dari makanan pokok, Anda bisa melengkapi kecukupan zat besi harian dengan konsumsi suplemen zat besi.

Blackmores, Iron Melts, dan Sangobion memproduksi suplemen dengan dosis dan jenis zat besi yang beragam. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Setelah itu, sepuluh suplemen zat besi terbaik versi PickyBest juga kami rekomendasikan. Selamat membaca!

Seberapa Penting Fungsi Zat Besi untuk Tubuh Anda?

Alasan utama tubuh membutuhkan zat besi dikarenakan mineral ini ikut berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Sebabnya, zat besi merupakan komponen utama pembentuk hemoglobin yang berfungsi mengikat oksigen.

Jika tubuh kekurangan zat besi, kualitas dan kuantitas hemoglobin akan menurun. Tanpa hemoglobin yang cukup, tubuh pun mengalami kekurangan oksigen. Dampaknya, tubuh mudah lelah, imunitas berkurang, hingga terpengaruhnya fungsi otak.

Pada wanita hamil, kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau berberat badan rendah. Parahnya lagi, kekurangan zat besi ikut berisiko menyebabkan kematian pada bayi baru lahir. Oleh karenanya, para ibu hamil perlu mencukupi zat besi hariannya selama kehamilan.

Mengetahui pentingnya zat besi bagi tubuh, upayakan agar Anda selalu memenuhi kebutuhannya setiap hari. Jika makanan yang Anda konsumsi belum mencukupi kebutuhan zat besi harian, suplemen zat besi dapat Anda gunakan sebagai nutrisi pelengkap. Namun, minta petunjuk dokter sebelumnya, ya!

Cara Memilih Suplemen Zat Besi

Saat membeli suplemen zat besi, Anda mesti memerhatikan sejumlah aspek, seperti sumber penghasil zat besi, jenis zat besi, hingga bentuk suplemennya.

Pertama-tama, Ketahui Kebutuhan Zat Besi Harian Anda

Kebutuhan zat besi harian setiap orang berbeda-beda, tergantung pada jenis kelamin, usia, dan kesehatannya. Sebagai contoh, di usia tertentu, bayi dan anak-anak membutuhkan zat besi lebih banyak dibandingkan orang dewasa karena tubuh mereka tumbuh lebih cepat.

Sejak bayi sampai remaja, kebutuhan zat besi semua anak umumnya sama. Sedangkan setelah remaja, kebutuhan zat besi perempuan meningkat karena selama menstruasi, mereka kehilangan banyak darah. Lalu, setelah menopause dan berakhirnya siklus menstruasi, kebutuhan zat besi seorang wanita pun kembali menurun.

Untuk memahami berapa total zat besi harian yang direkomendasikan, perhatikan tabel berikut!

UmurLaki-LakiPerempuanWanita HamilLaktasi
0 – 6 bulan0,27 mg*0,27 mg*
7 – 12 bulan11 mg11 mg
1 – 3 tahun7 mg7 mg
4 – 8 tahun10 mg10 mg
9 – 13 tahun8 mg8 mg
14 – 18 tahun11 mg15 mg27 mg10 mg
19 – 50 tahun8 mg18 mg27 mg9 mg
50+ tahun8 mg8 mg

Utamakan Zat Besi yang Berasal dari Sumber Hewani

Secara umum, ada dua jenis zat besi berdasarkan sumbernya, yakni heme dan nonheme.

  • Heme iron: zat besi dari sumber makanan hewani, misalnya daging merah, ikan, dan unggas.
  • Nonheme iron: zat besi dari sumber makanan nabati, seperti tumbuhan dan sayur, termasuk kacang-kacangan.

Nah, tubuh manusia biasanya lebih mudah menyerap zat besi dari sumber heme (hewani) dibandingkan sumber nonheme (nabati). Zat besi dari sumber hewani memiliki tingkat penyerapan antara 15 – 35%. Sedangkan, zat besi dari sumber nabati memiliki tingkat penyerapan antara 2 – 20% saja.

Oleh karena itu, Anda perlu mengutamakan suplemen yang bersumber dari hewan (heme iron). Anda juga disarankan memilih suplemen yang diperkaya vitamin C. Keberadaan vitamin C akan memaksimalkan proses penyerapan zat besi, sehingga memberi nilai lebih untuk jenis nonheme iron.

Cermati Jenis Zat Besi untuk Mengetahui Jumlah Asli Kandungan Zat Besinya

Sumber: Puritan.com

Biasanya, unsur zat besi pada kemasan produk ditulis berbeda-beda. Dari semua unsur yang tertulis, beberapa mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Apa pun jenis zat besinya, selalu perhatikan nilai kandungan elemental iron yang menandakan jumlah asli zat besinya.

Sebagai contoh, ferrous fumarate mengandung elemental iron paling tinggi, yakni sekitar 33%. Selain itu, Anda juga dapat menemukan jenis zat besi ferrous sulfate dengan kadar elemental iron sekitar 20%, serta ferrous gluconate dengan kandungan sekitar 12%, atau bisa dibilang paling rendah.

Pilih Bentuk Suplemen yang Nyaman untuk Anda Konsumsi

Sama seperti kandungan yang terdapat di dalamnya, bentuk suplemen zat besi pun beragam. Selain berbentuk tablet, kapsul, dan cairan, ada juga yang berbentuk tablet kunyah atau gummy yang bisa dikonsumsi seperti camilan. Hal ini dilakukan karena zat besi sendiri memiliki rasa asli yang khas dan kuat.

Oleh karena itu, sebelum membeli, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai rasa, ukuran, dan bentuk suplemen tersebut. Dengan demikian, Anda dapat memilih bentuk suplemen yang nyaman untuk Anda konsumsi.

10 Rekomendasi Suplemen Zat Besi Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih suplemen zat besi, sekarang saatnya kami rekomendasikan produk-produk yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selamat menentukan!

1. Tonikum Bayer

Sumber: Bayer.co.id

Meskipun ekonomis, nutrisi yang ditawarkan tetap melimpah!

Selain mengandung zat besi, suplemen ini juga menawarkan berbagai mineral seperti kalsium, zinc, mangan, serta multivitamin berupa vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

Tonikum Bayer dapat dikonsumsi untuk membantu pemenuhan nutrisi Anda selama masa pertumbuhan, menstruasi, kehamilan, dan usia lanjut. Untuk memelihara kesehatan secara umum, percayakan produk ini!

Jenis zat besiFerro gluconate
Jumlah kandungan zat besi20 mg
Bentuk suplemenSirop
Dosis per hariDewasa atau wanita hamil: 1 sendok makan (15 mL) / anak-anak 6 – 12 tahun: ½ sendok makan
Isi kemasan33 mL
Kisaran hargaRp29.900

2. Ferospat Effervescent Tablet

Dikemas dalam bentuk tablet effervescent yang mudah dikonsumsi

Ferospat menghadirkan solusi untuk Anda yang susah menelan suplemen berbentuk tablet secara langsung. Suplemen satu ini dikemas dalam bentuk tablet effervescent yang dapat dilarutkan dalam segelas air.

Produk ini akan mendukung pemenuhan zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan mineral harian. Dengan demikian, ibu hamil, wanita dalam masa nifas dan menyusui, hingga usia lanjut dapat mengonsumsinya!

Jenis zat besiFe pyrophosphate mikroenkapsulasi
Jumlah kandungan zat besi175 mg
Bentuk suplemenTablet effervescent
Dosis per hari1 tablet
Isi kemasan10 butir
Kisaran hargaRp80.000

3. Iron Melts Dietary Supplement

Lengkap dengan vitamin C untuk mengoptimalkan absorpsi zat besi

Anda yang memerlukan suplemen zat besi bebas gluten dan laktosa dapat menyambut baik produk ini. Tak cuma itu, Iron Melts Dietary Supplement juga diperkaya asam folat, vitamin B12, hingga vitamin C yang akan membantu penyerapan zat besi.

Suplemen ini cocok untuk anak-anak, ibu hamil, dan vegetarian. Terlebih bagi anak-anak, mereka bakal menyukai suplemen ini berkat bentuknya yang berupa chewable tablet. Saat dikunyah, tabletnya akan meleleh di mulut, bersamaan dengan hadirnya rasa strawberry yang nikmat!

Jenis zat besiFerrous fumarate
Jumlah kandungan zat besi25,4 mg
Bentuk suplemenGummy
Dosis per hari1 – 2 tablet
Isi kemasan50 butir
Kisaran hargaRp175.000

4. NaturesPlus Iron Tablets

Hadir khusus untuk Anda yang vegetarian

Bagi Anda pelaku vegetarian lifestyle, NaturesPlus Iron Tablets akan menjawab kebutuhan. Sebab, suplemen ini dipastikan gluten-free. Tak hanya itu, Biotron process dari amino acid chelation mencegah kebaikannya tidak dirusak asam lambung. sehingga penyerapan di usus lebih maksimal.

NaturesPlus Iron Tablets juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Belum usai, suplemen ini sekaligus membantu menghasilkan energi, mengatasi keletihan, dan mencegah anemia, lho!

Jenis zat besiSoy amino acid chelate (nonheme iron)
Jumlah kandungan zat besi40 mg
Bentuk suplemenTablet
Dosis per hari2 tablet
Isi kemasan90 butir
Kisaran hargaRp168.000

5. Sangobion VITA-TONIK

Sumber: Shopee.co.id

Rasa manisnya akan menutupi rasa khas dari zat besi

Produk dalam bentuk tablet dan gummy kurang cocok untuk Anda? Tak perlu risau! Pasalnya, Sangobion menawarkan suplemen berbentuk sirop. Hadir dengan rasa cranberry yang manis, kekhasan rasa besi pun berkurang setiap kali Anda meminumnya.

Sangobion Vita-tonik direkomendasikan bagi Anda yang ingin melengkapi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Di samping itu, produk ini juga berperan sebagai penambah darah.

Jenis zat besiElemental zat besi
Jumlah kandungan zat besi15 mg
Bentuk suplemenSirop
Dosis per hari2 sendok makan (30 mL)
Isi kemasan250 mL
Kisaran hargaRp27.800

6. Puritan’s Pride Iron

Sumber: Puritan.com

Diproses dengan bahan baku dan standar kualitas terbaik

Suplemen dengan tambahan bahan vegetable cellulose dan crospovidone ini bebas pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Berkat karakteristik demikian, produk ini sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan suplemen bebas zat aditif.

Saat diproduksi, Puritan’s Pride Iron diawasi secara ketat agar tetap menerapkan standar kualitas terbaik. Menariknya lagi, suplemen ini juga terjamin aman untuk Anda yang memiliki alergi terhadap gluten, laktosa, maupun tepung.

Jenis zat besiElemental zat besi (ferrous sulfate)
Jumlah kandungan zat besi65 mg
Bentuk suplemenTablet
Dosis per hari1 tablet
Isi kemasan100 butir
Kisaran hargaRp360.000

7. Swisse Ultiboost Iron

Dipercaya banyak orang lebih dari dua dekade!

Swisse menyertakan vitamin C ke dalam suplemennya ini. Berkat komponen bersifat antioksidan tersebut, persentase penyerapan zat besi  pun semakin tinggi. Bahkan, vitamin C-nya ikut me-maintenance sistem imunitas tubuh.

Selain vitamin C, Swisse Ultiboost Iron dibekali bahan lain berupa spirulina sebagai sumber zat besi tambahan. Sudah melewati riset hingga lebih dari 25 tahun, kredibilitas pun tak perlu diragukan!

Jenis zat besiIron amino acid chelate
Jumlah kandungan zat besi20 mg
Bentuk suplemenTablet
Dosis per hariDewasa: 1 tablet
Isi kemasan30 butir
Kisaran hargaRp293.100

8. Solgar Chelated Iron

Sumber: Solgar.com

Dengan vegetable cellulose yang cocok untuk vegan

Lebih dari 70 tahun Solgar berkomitmen mengembangkan produknya. Salah satu suplemen zat besi yang dikeluarkannya ini diklaim ramah di perut. Selain itu, setiap tabletnya juga mengandung vegetable cellulose yang menjadikannya ideal dikonsumsi para vegan.

Jenis zat besiIron bisglycinate
Jumlah kandungan zat besi25 mg
Bentuk suplemenTablet
Dosis per hari1 tablet
Isi kemasan100 butir
Kisaran hargaRp360.000

9. Nutrilite Kids Chewable Iron

Sumber: Amway.id

Jaga anak tetap lincah dengan tetap memenuhi asupan zat besi hariannya

Sesuai namanya, Nutrilite Kids Chewable Iron merupakan suplemen zat besi yang dikhususkan untuk anak. Makanya, produk ini dirancang dalam bentuk tablet kunyah bercita rasa vanilla agar disukai anak.

Kandungan yang lengkap membuat suplemen ini mampu menjaga anak Anda bebas bergerak dengan aktif dan lincah. Bagi Anda yang mempertanyakan keamanan produk, Nutrilite Kids Chewable Iron terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi SI044512061.

Jenis zat besiFerrous lactate
Jumlah kandungan zat besi3,67 mg
Bentuk suplemenTablet kunyah
Dosis per hariUsia 1 – 3 tahun: 1 – 2 tablet / Usia 4 tahun ke atas: 1 – 3 tablet
Isi kemasan80 butir
Kisaran hargaRp199.000

10. Blackmores Bio Iron Advanced

Didukung vitamin C, B, dan betakaroten untuk memaksimalkan peranannya

Diklaim memiliki efek samping mual dan sembelit lebih rendah, Anda tak boleh melewatkan kesempatan mencoba produk satu ini. Blackmores memastikan zat besi pada suplemen produksinya berikut berdaya serap lebih baik, terlebih bila dikonsumsi mengikuti aturan pakai yang tertera.

Guna meningkatkan penyerapan zat besinya, ditambahkan vitamin C. Selain itu, tersemat pula vitamin B dan beta-carotene yang bakal memperkaya kebaikannya. Anda vegan atau vegetarian? Tak masalah, Blackmores Bio Iron Advanced vegan dan vegetarian-friendly, kok!

Jenis zat besiIron (II) glycinate
Jumlah kandungan zat besi76,88 mg
Bentuk suplemenTablet
Dosis per hari1 tablet
Isi kemasan30 butir
Kisaran hargaRp250.000

Hal-hal yang Mesti Anda Perhatikan saat Mengonsumsi Suplemen Zat Besi

Jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi, jangan lupa untuk selalu memerhatikan dosis dan aturan minum yang dianjurkan. Bila mengalami mual, muntah, sakit perut, diare, sembelit, atau efek samping lainnya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Selama mengonsumsi suplemen zat besi, sebaiknya Anda makan makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Namun, ingatlah agar tidak mengonsumsi suplemen dan makanan di waktu bersamaan. Pasalnya, hal tersebut dapat menghambat penyerapan zat besi.

Hal lain yang mungkin perlu Anda perhatikan adalah perihal penyimpanan kemasan suplemen. Pastikan suplemen Anda jauh dari jangkauan anak-anak. Anda bisa menyimpannya di lemari yang tinggi dan terkunci. Jangan sepelekan hal ini karena anak-anak rentan keracunan bila tak sengaja mengonsumsi zat besi tanpa anjuran dokter.

Kesimpulan

Sebelum memutuskan memilih produk yang akan dikonsumsi, kami menyarankan Anda agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Oleh karenanya, suplemen zat besi bukanlah dietary supplement yang bisa dikonsumsi dengan dosis sembarangan.

Berdasarkan kesepuluh suplemen zat besi rekomendasi kami, manakah yang hendak Anda pilih? Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran pakai agar tidak mengalami overdosis. Semoga terbitnya artikel ini berhasil membantu Anda tetap sehat dan aktif!

(Visited 82 times, 2 visits today)