Otomotif

10 Merk Aki Motor Terbaik dan Bagus Tahan Lama

Karena segala kebutuhan kelistrikan dari motor Anda memerlukan aki, alat ini menjadi bagian yang penting pada motor Anda. Oleh karena itu juga, Anda tentunya membutuhkan aki terbaik yang dapat memberikan performa terbaik dengan konsistensi yang tinggi.

Anda dapat memilih dari antara sepuluh rekomendasi aki motor terbaik yang akan kami berikan. PickyBest merekomendasikan merek-merek seperti GS Astra, Bosch, dan Quantum Federal. Pilih yang terbaik untuk mengoptimalkan pengalaman Anda dalam berkendara motor sehari-hari.

Cara Memilih Aki Motor

Untuk mempermudah Anda menemukan aki motor terbaik, mari simak tips memilih aki motor yang sudah kami susun di bagian ini. Berikut pembahasannya!

Tentukan Jenis Aki Sesuai Kebutuhan

Aki motor terbagi menjadi 2 jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda dan plus minus tersendiri. Berikut kami jelaskan perbedaan di antara keduanya.

Aki Basah: Aki Konvensional pada Kebanyakan Sepeda Motor di Pasaran

Aki basah atau juga disebut wet cell battery adalah aki yang memanfaatkan cairan elektroda (zuur dan accu) untuk menghantarkan listrik ke komponen kelistrikan di dalam aki. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari aki basah:

  • Lebih banyak digunakan pada motor yang beredar di pasaran saat ini.
  • Harganya lebih murah.
  • Memerlukan perawatan rutin yang lebih teliti.
  • Air aki harus diisi ulang secara rutin karena akan menguap perlahan-lahan.
  • Kurang tahan terhadap getaran dan goncangan.
  • Pada cuaca yang sangat dingin, air aki bisa membeku.

Aki Kering: Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Aki kering atau maintenance free cell adalah aki yang berisi cairan elektroda dengan bentuk seperti gel (tidak cair), sebab itulah disebut kering. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari aki kering:

  • Tidak membutuhkan perawatan rutin.
  • Cairan elektrodanya tersegel rapat sehingga volumenya tidak akan berkurang dan tidak perlu diisi ulang.
  • Tegangannya lebih stabil sehingga performanya pun lebih konsisten.
  • Tidak terpengaruh cuaca, temperatur, dan tahan guncangan.
  • Lebih sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan.
  • Harganya lebih mahal.

Cermati Kapasitas Aki

Kapasitas aki adalah besaran daya yang bisa disimpan dan dikeluarkan oleh aki. Kapasitas aki diukur menggunakan satuan Ah (ampere-hour) yang menunjukkan berapa daya listrik yang bisa dihasilkan aki setiap 1 jam. Jadi, bila sebuah aki memiliki kapasitas 3,5 Ah berarti aki tersebut dapat menghasilkan 3,5 ampere setiap jam.

Kapasitas aki motor umumnya bervariasi antara 3 – 9 Ah. Adapun rincian kapasitasnya berdasarkan jenis motor adalah sebagai berikut:

  • Motor matic antara 3 – 6 Ah
  • Motor bebek 5 Ah
  • Motor sport 7 – 9 Ah

Untuk mengetahui besaran kapasitas aki yang sesuai dengan motor, Anda bisa menyamakannya dengan aki lama bawaan motor Anda. Hindari membeli aki dengan kapasitas yang terlalu besar atau terlalu kecil karena bisa membebani sistem kelistrikan motor.

Pastikan Dimensinya Pas

Dimensi aki harus sesuai dengan ukuran tempat aki motor Anda. Bila terlalu kecil atau terlalu besar, aki tidak bisa dipasang. Saat memilih aki baru, samakan dimensi panjang, lebar, dan tingginya dengan dimensi aki lama bawaan motor Anda. Atau, Anda juga bisa mencari informasi ukuran aki untuk motor Anda di internet.

10 Rekomendasi Aki Motor Terbaik

Dengan fungsinya yang vital, Anda harus memastikan aki motor pilihan Anda bagus dan berkualitas. Berikut bisa Anda lihat beberapa rekomendasi aki motor terbaik sebagai pilihan.

1. GS ASTRA MF (GSMF-GTZ-5S)

Aki Motor Terbaik - GS ASTRA MF (GSMF-GTZ-5S)Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Tidak perlu menambah air aki berkat Valve Regulated Lead

GS ASTRA MF (GSMF-GTZ-5S) dibuat dengan teknologi Valve Regulated Lead Acid agar tidak perlu penambahan air aki. Berkat hal tersebut, Anda akanmenghemat waktu & biaya perawatan. Aki ini juga dapat menghasilkan daya yang tinggi pula untuk memberikan performa yang optimal.

Aki ini sudah terisi accu zuur dan setrum berstandar pabrik agar langsung dapat Anda gunakan tanpa perlu persiapan rumit. Cairan di dalamnya juga dijamin tidak tumpah atau bocor berkat separator AGM yang dipasang.

Jenis Aki kering
Tegangan 12 V
Kapasitas 3,5 Ah
Dimensi Tidak ada keterangan
Kisaran harga Rp243.470

2. Red Power GTZ5S

Aki Motor Terbaik - Red Power GTZ5SCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Tidak memerlukan perawatan apapun

Pilihlah aki motor Red Power GTZ5S sebagai bagian dari motor kesayangan Anda. Aki kering dirancang agar tidak memerlukan perawatan apapun, membuatnya sangat tepat untuk Anda yang tidak punya waktu untuk mengeceknya.

Dengan kapasitas 5 Ampere, aki ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi untuk membuat motor Anda senantiasa beroperasi dengan baik. Ketahanan dari produk ini juga dibuat dengan baik agar awet dan tahan dipakai untuk waktu yang lama.

Jenis Aki kering
Tegangan 12 V
Kapasitas 5 Ah
Dimensi 11,3 x 6,3 x 8,4 cm
Kisaran harga Rp84.800

3. Heybatt GTZ-5S Gel

Aki Motor Terbaik - Heybatt GTZ-5S GelCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Masa pakai 1,5 kali lebih lama berkat bahan gel

Heybatt GTZ-5S Gel adalah aki motor yang dibuat untuk beroperasi dengan fleksibel. Aki motor satu ini dapat digunakan untuk banyak sekali jenis motor, membuatnya cocok untuk digunakan oleh siapa saja.

Aki ini menggunakan gel sebagai material air akinya yang membuat umur penggunaannya 1,5 kali lebih panjang dibandingkan aki kering biasa. Berkat hal tersebut juga, Anda bisa langsung memakainya tanpa perlu mengecek atau menambahkan air aki.

Jenis Aki gel
Tegangan 12 V
Kapasitas 5 Ah
Dimensi 11,3 x 7 x 8,5 cm
Kisaran harga Rp105.000

4. Yuasa YTZ5-S MF

Aki Motor Terbaik - Yuasa YTZ5-S MFCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Antikarat dan cocok di daerah tropis

Yuasa YTZ5-S MF memiliki kinerja tinggi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan kendaraan Anda sepanjang waktu. Produk ini juga tidak memerlukan perawatan agar memudahkan Anda selama menggunakannya sekaligus menghemat waktu.

Yuasa juga telah membuat produknya ini antikarat agar tetap awet meski digunakan di Indonesia yang beriklim tropis. Material terbaik dan teknologi yang digunakan dalam proses produksinya menjamin Anda akan mendapatkan aki terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Jenis Aki kering
Tegangan 12 V
Kapasitas 3,5 Ah
Dimensi 11,5 x 7,2 x 8,6 cm
Kisaran harga Rp230.000

5. Motobatt Gel MTZ6S

Aki Motor Terbaik - Motobatt Gel MTZ6SCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Praktis tanpa air aki

Anda akan merasakan kemudahan ketika memakai Motobatt Gel MTZ6S karena dirancang bebas dari perawatan. Bahkan, Anda tidak memerlukan air aki karena telah diganti dengan gel. Berkat hal tersebut, Anda dapat menggunakan aki ini segera setelah Anda membelinya tanpa perlu pengisian awal.

Desainnya yang praktis dan mudah diaplikasikan membuatnya menjadi pilihan yang terbaik untuk menjadi sumber tenaga kelistrikan bagi starter, lampu, dll. Usia pemakaian yang lama juga tentunya akan membuatnya menjadi pilihan yang tepat dan memuaskan, sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Jenis Aki gel
Tegangan 12 V
Kapasitas 5 Ah
Dimensi 11,4 x 7 x 10,7 cm
Kisaran harga Rp261.000

6. Aspira GM5Z3B KIT

Aki Motor Terbaik - Aspira GM5Z3B KITCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Dipercaya para produsen kendaraan bermotor

Aspira GM5Z3B adalah salah satu produk andalan yang memiliki beragam kelebihan. Aki ini dibuat dengan kualitas Astra yang dapat dipercaya agar kuat dan awet saat dipasangkan pada motor Anda. Produk ini telah diisi dengan accu zuur berstandar pabrik agar dapat bekerja dengan baik.

Aki yang Anda beli juga akan memiliki usia pemakaian yang panjang berkat kualitas proses produksinya. Kualitas dari aki satu ini juga telah diakui karena dipakai oleh hampir seluruh produsen kendaraan bermotor di Indonesia.

Jenis Aki basah
Tegangan 12 V
Kapasitas 5 Ah
Dimensi 12,1 x 6,1 x 13,1 cm
Kisaran harga Rp150.300

7. Bosch RBTZ-5S

Aki Motor Terbaik - Bosch RBTZ-5SCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim di jalan

Dapatkan Bosch RBTZ-5S untuk menjadi sumber tenaga listrik yang ideal untuk sepeda motor kesayangan Anda. Karena dirancang sebagai aki kering yang maintenance free, kebutuhan kelistrikan motor Anda dipastikan akan selalu tercukupi dengan baik.

Aki motor dari Bosch ini mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi ekstrim di jalan agar tetap memberikan performa yang maksimal. Umur aki ini juga panjang, menjadikannya awet untuk waktu yang lama. Meski mampu memberi tenaga yang lebih, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini dijamin aman.

Jenis Aki kering
Tegangan 12 V
Kapasitas 3,5 Ah
Dimensi 11,3 x 7 x 8,5 cm
Kisaran harga Rp164.900

8. Quantum Federal GTZ 5S Kit

Aki Motor Terbaik - Quantum Federal GTZ 5S KitCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Aman dari kebocoran air aki

Quantum Federal GTZ 5S Kit adalah aki yang awet dan tahan lama. Kemampuannya untuk dapat menyimpan setrum lebih lama membuat aki satu ini tidak akan cepat rusak dan kehilangan muatan listriknya. Telah tersedia juga air aki yang siap untuk diisi agar aki dapat segera dipakai.

Kelebihan yang dimiliki aki ini adalah teknologinya yang membuat Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengecek atau menambah air akinya. Air aki yang ditampung di dalam produk ini juga dijamin tidak bocor ataupun tumpah agar selalu bekerja dengan optimal.

Jenis Aki kering
Tegangan 12 V
Kapasitas 3,5 Ah
Dimensi 11,3 x 7 x 8,5 cm
Kisaran harga Rp152.440

9. Kayaba GM5Z-3B

Aki Motor Terbaik - Kayaba GM5Z-3BCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Hanya butuh didiamkan 2-3 jam setelah diisi elektrolit

Sepeda motor Anda membutuhkan aki basah dalam pengoperasiannya? Jadikan Kayaba GM5Z-3B solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda! Cukup dengan mendiamkannya selama 2-3 jam setelah diisikan elektrolit, aki ini sudah siap untuk digunakan dengan daya maksimal yang dihasilkannya.

Jenis Aki basah
Tegangan 12 V
Kapasitas 7 Ah
Dimensi 12 x 6 x 13 cm
Kisaran harga Rp107.900

10. Powerplus GTZ5S

Aki Motor Terbaik - Powerplus GTZ5SCek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Menghasilkan daya start yang tinggi

Powerplus GTZ5S tidak memerlukan perawatan apapun sehingga sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang. Aki ini sudah langsung terisi dengan accu zuur dan dapat menghasilkan daya start yang tinggi, menjaminnya berkerja maksimal.

Kemampuannya untuk menghasilkan daya berkekuatan tinggi sebesar 4 ampere dengan ketahanan yang sangat baik akan membuat Anda puas menggunakannya. Kepuasan Anda juga akan semakin terjamin karena produk ini tidak memerlukan penambahan atau pengecekan air aki.

Jenis Aki kering
Tegangan 12 V
Kapasitas 4 Ah
Dimensi 11,3 x 6,3 x 8,4 cm
Kisaran harga Rp115.000

Yuk, cek juga rekomendasi perlengkapan motor dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Ada banyak pilihan aki motor yang bagus di pasaran. Pastikan Anda memilih aki motor berdasarkan harga, jenis, serta kesesuaiannya dengan spesifikasi motor Anda. Kapasitas aki yang beragam juga mengharuskan Anda lebih selektif dalam memilih aki motor.

Penggunaan aki motor yang berkualitas akan membuat perjalanan Anda minim gangguan. Jadi, manakah aki motor terbaik dari rekomendasi kami yang cocok dengan motor Anda? Semoga artikel ini membantu!

  • Seluruh materi pada konten ini dikurasi secara independen oleh PickyBest. Kami mungkin mendapatkan sedikit komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Namun tenang, tidak ada penambahan biaya apa pun bagi Anda.

You may also like

Comments are closed.