Written by 20:44 Otomotif

10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik

Perawatan kendaraan bermotor tidak cukup hanya dengan memberinya asupan bahan bakar atau memompa ban saja. Anda juga harus memperhatikan hal lain yang penting untuk menunjang kinerja mesin agar bekerja dengan baik. Salah satunya adalah penggunaan oli. Oli pada motor memiliki fungsi utama sebagai bahan pelumas untuk meminimalkan gesekan-gesekan antarkomponen dan mencegah mesin cepat aus.

Ada banyak jenis oli yang beredar di pasaran. Tidak sedikit juga orang yang masih bingung memilih oli apa yang paling sesuai untuk motornya. Pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih oli. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk oli terbaik dari berbagai merek, mulai dari Shell, Ipone, hingga Yamalube.

Cara Memilih Oli Motor

Selain berfungsi sebagai pelumas, oli pada motor juga memiliki peran penting dalam menjaga temperatur mesin agar tidak overheat. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai antikarat yang melapisi bagian mesin agar tidak berkontak langsung dengan udara.

Karena fungsinya yang sangat krusial bagi kesehatan mesin kendaraan, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih oli motor. Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih oli motor yang tepat untuk kendaraan Anda.

Pahami Dulu Perbedaan dari Berbagai Jenis Oli Motor

Terdapat berbagai jenis oli motor jika dilihat dari proses pembuatannya. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda dan tentu saja penggunaan yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin penjelasan berikut ini.

Oli Mineral: Membantu Adaptasi Mesin Motor yang Baru

Komponen mesin motor yang baru, masih memerlukan adaptasi untuk memaksimalkan performanya. Penggunaan oli mineral akan membantu proses adaptasi ini. Konstruksi molekulnya yang tidak rata mengakibatkan molekul oli saling menggerus satu dengan lainnya. Hal ini akan membuat komponen mesin baru dapat saling mengait lebih optimal.

Meski demikian, oli jenis ini mungkin tidak cocok untuk mesin motor teknologi terbaru. Mesin motor jenis ini biasanya membutuhkan oli yang lebih encer. Oli mineral tercipta dari mineral base oil yang diolah dari minyak bumi mentah dan ditambahkan zat aditif. Oli jenis ini memiliki indeks viskositas relatif rendah. Kandungan sulfur di dalamnya juga rentan menjadi penyebab timbulnya kerak pada mesin.

Oli Semi Sintetik: Kadar Penguapan yang Lebih Rendah

Oli semi sintetik mempunyai stabilitas molekul di atas oli mineral sehingga ketahanannya terhadap fluktuasi temperatur juga lebih baik. Oli semi sintetik terbuat dari oli mineral yang dicampur oli sintetik dengan perbandingan tertentu. Berkat kadar penguapan yang rendah, oli semi sintetik mampu menjaga volume oli pada ruang mesin agar tetap sesuai porsinya.

Di dalam oli sintetik terdapat kandungan deterjen untuk membersihkan kotoran pada mesin, seperti kerak dan endapan-endapan lain yang mengganggu kinerja mesin. Oli jenis ini juga lebih tahan terhadap proses oksidasi, membuat mesin lebih awet dan dingin. Dari segi harga, oli semi sintetik pun tergolong ekonomis.

Oli Full Sintetik: Cenderung Stabil pada Temperatur Tinggi (Less Volatile)

Oli full sintetik didapatkan dari proses kimiawi. Keunggulannya adalah tidak mengandung sulfur dan logam berat lainnya. Jadi, pelumasan mesin bisa lebih maksimal tanpa risiko pengendapan. Struktur molekul oli yang seragam membuatnya durable terhadap gesekan serta membuat suara mesin motor lebih smooth.

Oli full sintetik biasanya dibanderol dengan harga lebih tinggi dari oli semi sintetik. Hal ini wajar karena oli sintetik mampu mendinginkan mesin dengan lebih optimal ketika temperaturnya tinggi. Selain itu, pada oli sintetik tidak terdapat kandungan karbon reaktif penghasil asam. Jadi, mesin kendaraan Anda bisa lebih awet, dengan periode penggantian oli yang lebih lama.

Oli Ester: Ideal untuk Mesin Motor Balap

Motor balap membutuhkan mesin berdaya tahan tinggi karena harus terus berpacu pada rpm (rotasi per menit) yang tinggi. Untuk itu, diperlukan oli motor terbaik yang mampu bertahan pada suhu ekstrem sekaligus menjaga performa mesin agar selalu pada kondisi terbaiknya.

Oli ester merupakan oli tercanggih saat ini, yang sangat baik dalam menjaga stabilitas temperatur dan mencegah mesin dari keausan. Semakin lama oli digunakan, performa mesin justru akan semakin optimal. Oli dengan kandungan ester adalah yang paling sering digunakan di arena balap.

Perhatikan Skala SAE yang Menandakan Tingkat Kekentalan Oli

Society of Automative Engineers atau disingkat SAE merupakan sebuah organisasi internasional yang mengeluarkan skala indeks kekentalan oli. Semakin kecil besaran SAE berarti oli tersebut semakin encer, begitu pula sebaliknya. Memahami tingkat kekentalan oli yang ideal untuk kendaraan Anda sangatlah penting untuk mencegah kerusakan dini pada mesin motor.

Oli dengan skala SAE lebih tinggi akan cocok digunakan untuk motor berusia lima tahun lebih. Sebab, tingkat kerapatan mesin biasanya sudah mulai berkurang. Untuk motor dengan mesin baru, Anda bisa memilih yang kadar SAE-nya lebih rendah karena komponen mesin masih terjalin dengan kerapatan maksimal. Anda disarankan memilih oli dengan skala SAE yang sama dengan oli yang dipakai sebelumnya. Sebagai opsi lain, Anda bisa menggunakan oli tipe multigrade yang mampu menyesuaikan tingkat kekentalan di range temperatur tertentu.

Pilih Oli dengan Kode API sesuai Standar atau Lebih Tinggi

Tolok ukur lain yang tidak kalah penting adalah nilai kode API (American Petroleum Institute). Kode API merupakan kode untuk mengenali spesifikasi oli yang cocok untuk sebuah kendaraan bermotor. Pastikan Anda memilih oli dengan kode API yang sesuai dengan motor Anda.

Terdapat dua jenis klasifikasi API untuk kendaraan, yakni kode API mesin bensin dan kode API mesin diesel. Untuk mesin bensin, kode diawali dengan huruf S, diikuti dengan huruf abjad lain. Misalnya SA, SB, SC, dan seterusnya. Semakin besar urutan huruf abjadnya, kemampuan oli tersebut dalam menahan gesekan lebih baik.

Pilihlah oli yang sesuai dengan intensitas penggunaan kendaraan Anda. Untuk penggunaan harian yang ringan dan jarak tempuh dekat, kode API dengan abjad kecil sudah cukup. Namun, jika Anda sering menggunakan motor untuk jarak tempuh jauh, sebaiknya pilih kode API dengan urutan abjad yang besar.

Kenali Kode JASO untuk Memudahkan Pemilihan Oli berdasarkan Jenis Kopling Motor Anda

Kode JASO merupakan klasifikasi jenis oli kendaraan yang diuji oleh Japanese Automative Standard Organization atau disingkat JASO. Kode JASO membagi kebutuhan oli berdasarkan jenis koplingnya, yaitu kopling basah dan kopling kering.

Pada kopling basah, bagian kopling motor terendam oli sehingga tidak cepat aus. Namun, risiko terjadinya slip menjadi lebih besar. Sementara itu, kopling kering artinya bagian kopling tidak dilapisi oli. Anda bisa membaca klasifikasi lengkapnya pada poin berikut ini.

JASO MA: Untuk Sepeda Motor dengan Kopling Basah

 

Kode JASO MA diperuntukkan bagi sepeda motor yang menggunakan kopling basah seperti pada motor bebek dan motor sport. Seiring waktu, standar JASO MA telah mengalami peningkatan. Yang terbaru saat ini adalah JASO MA2 yang kemampuan pelumasannya lebih baik berkat tambahan zat aditif. Formula oli JASO MA bersifat lengket agar bisa menempel pada mesin dengan lebih optimal.

JASO MB: Untuk Sepeda Motor dengan Kopling Kering

Kode JASO MB digunakan untuk oli kendaraan dengan sistem kopling kering yang digunakan pada motor jenis scooter matic. Karakteristik Oli bertipe JASO MB lebih licin karena tidak difungsikan untuk melumasi kampas koplingnya. Inilah sebabnya sebagian besar mesin motor matic memiliki suara yang agak kasar.

10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik

Pada section ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk oli motor terbaik dari berbagai merek yang ada di pasaran untuk membantu Anda menyortir pilihan. Dapatkan oli terbaik sesuai kebutuhan kendaraan Anda dengan mempertimbangkan poin-poin informasi pada bagian sebelumnya!

1.  Yamalube Super Matic Oil

Mengoptimalkan kinerja mesin motor matic premium

Pemilik motor matic premium seperti Aerox dan N-Max pasti menyadari maintenance motor jenis ini membutuhkan perhatian lebih, bila dibandingkan motor matic biasa. Salah satu komponen yang perlu dipilih secara hati-hati adalah oli yang menjadi penentu keawetan mesin motor Anda.

Oli full sintetik Yamalube Super Matic didesain untuk memenuhi kebutuhan berbagai motor matic. Formulasinya mudah menyebar dan masuk ke celah-celah tersempit, membuat mesin kendaraan terlumas sempurna. Berkat kandungan Molybdenum di dalamnya, tingkat gesekan berkurang signifikan, mesin motor Anda pun bekerja lebih optimal dan terjaga keawetannya.

Jenis oli Full sintetik
SAE 10W-40
API SL
JASO MB
Jenis motor 4-tak (N-Max, Aerox 155, Lexi)
Isi 1 L
Kisaran harga Rp47.000

2. Motul 5100 4T 15W-50

Sumber: Motul.com

Menghadirkan teknologi Technosynthese untuk perpindahan gigi lebih mulus

Bagi Anda yang sering mengendarai motor nonmatik untuk perjalanan jarak jauh, perhatikanlah aspek kemudahan mengganti gigi. Motul 5100 menggunakan teknologi Technosynthese untuk meningkatkan durabilitas gigi motor Anda agar menghasilkan perpindahan gigi yang halus dan nyaman.

Tak hanya itu, teknologi tersebut juga membuat mesin motor lebih tahan terhadap suhu panas, membuatnya cocok untuk durasi berkendara lebih lama. Di medan jalan berkelok ataupun menanjak sekalipun, motor Anda semakin berani melintasinya!

Jenis oli Ester
SAE 15W-50
API SM/SL
JASO MA2
Jenis motor 4-tak
Isi 1 L
Kisaran harga Rp128.000

3. AHM Oil SPX 2

Proteksi penuh untuk motor matic Honda Anda

Oli motor yang diformulasi oleh Honda R&D Jepang ini diciptakan untuk menyesuaikan kebutuhan seluruh motor matic merek Honda. Jika Anda memiliki motor matic Honda dan masih bingung menentukan produk oli yang tepat, AHM Oil SPX 2 adalah opsi paling aman yang bisa Anda pilih.

Seri SPX 2 (Super Protection Expert) difungsikan untuk memberikan perlindungan terbaik mesin motor matic Honda. Oli ini memberikan jaminan kekuatan performa mesin untuk berbagai kebutuhan berkendara seperti mendinginkan mesin dan perlindungan terhadap gesekan.

Jenis oli Full sintetik
SAE 10W-30
API SL
JASO MB
Jenis motor Matic keluaran Honda
Isi 800 mL
Kisaran harga Rp55.000

4. Shell Advance AX5

Sumber: Astraotoshop.com

Kebersihan mesin terjaga dengan teknologi Active Cleansing

Endapan dan kerak pada mesin kendaraan sering menimbulkan ketidaknyamanan seperti suara mesin kasar dan gesekan kuat. Ini sering terjadi pada kendaraan yang ada di kota-kota besar yang rawan macet. Jika Anda mengalami permasalahan tersebut, gunakan Shell Advance AX5 sebagai pelumas kendaraan Anda.

Endapan kerak dapat memperpendek usia mesin motor yang berujung pada kerusakan. Kandungan Shell Active Cleansing dapat mencegah molekul-molekul oli menggumpal, mesin Anda pun dapat terjamin terhindar dari pembentukan endapan.

Jenis oli Mineral
SAE 15W-40
API SL
JASO MA
Jenis motor 4-tak
Isi 1 L
Kisaran harga Rp39.500

5. Ipone R2000 RS Strawberry 2T

Sumber: Fast125.com

Pelumas motor dengan pilihan wangi unik stroberi

Oli identik dengan bau menyengat hidung, namun tidak dengan produk pelumas yang satu ini. Ipone R2000 RS menghadirkan oli dengan wangi stroberi untuk Anda yang terganggu dengan bau oli pada umumnya. Pelumas motor ini dilengkapi kemampuan mengurangi produksi asap kendaraan.

Menggunakan bahan baku synthetic plus, Anda tak perlu meragukan kekuatan proteksinya pada mesin kendaraan Anda. Tak hanya itu, produk ini hadir dalam range ukuran kemasan yang variatif, mulai dari 1 liter hingga ukuran terbesarnya 220 liter!

Jenis oli Semi sintetik
SAE
API TC
JASO FD
Jenis motor 2-tak
Isi 1 L
Kisaran harga Rp158.500

6. AHM Oil MPX 1

Sumber: Astra-honda.com

Kendaraan irit bertenaga dengan jaminan kualitas Honda

Satu lagi produk pelumas kendaraan bermotor keluaran Honda. Pada varian satu ini, Honda menyematkan teknologi lubrikasi yang tak hanya andal, namun juga mampu mengoptimalkan pengaturan mesin agar kendaraan Anda lebih irit bahan bakar sekaligus membuatnya lebih bertenaga.

Kemampuannya ini membuat jadwal pergantian oli Anda dapat dilakukan lebih lama sehingga lebih hemat budget. Pemiliki kendaraan motor jenis bebek dan sport akan puas bila mempercayakan pelumasnya pada oli rancangan Honda satu ini.

Jenis oli Mineral
SAE 10W-30
API SL
JASO MA
Jenis motor Motor bebek dan sport
Isi 800 mL
Kisaran harga Rp43.500

7. Liqui Moly Motorbike 4T 10W-40 Street

Memberikan proteksi mumpuni untuk semua kondisi jalan

Liqui Moly 10W-40 Street menghadirkan pelumas kendaraan yang mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan mesin motor Anda. Tak hanya memberikan lubrikasi optimal, oli ini juga memaksimalkan perlindungan mesin untuk segala kondisi jalan. Anda tak perlu lagi khawatir mesin cepat aus ketika menempuh jarak yang jauh, namun tetap bisa dibawa santai untuk pemakaian harian.

Oli motor ini memastikan kebersihan mesin tetap terjaga karena kadar viskositas rendah yang tidak menyebabkan penggumpalan. Tak hanya itu, oli motor full sintetik ini juga telah teruji optimal pada kendaraan yang menggunakan catalyctic converter.

Jenis oli Full sintetik
SAE 10W-40
API SN
JASO MA2
Jenis motor 4-tak
Isi 1 L
Kisaran harga Rp107.500

8. Fuchs Silkolene MAX Scoot 10W-40 4T

Antikarat dan minim gesekan untuk performa terbaik scooter matic Anda

Terbuat dari bahan baku zat aditif berteknologi tinggi, oli ini akan melumasi mesin motor Anda untuk menghasilkan performa terbaiknya bahkan di kondisi suhu ekstrem sekalipun! Scoot 10W-40T melindungi bagian dalam kendaraan Anda dengan kemampuan antikarat dan meminimalkan gesekan antarkomponen.

Pelumas satu ini ideal digunakan untuk motor matic, terutama model scooter keluaran Yamaha. Tak hanya terbatas untuk motor matic, sistem mesin motor bebek berkapasitas <125 cc juga cocok dilumasi dengan produk ini.

Jenis oli Semi sintetik
SAE 10W-40
API SL
JASO MA2
Jenis motor 4-tak
Isi 800 mL
Kisaran harga Rp62.400

9. Enduro Matic-G

Sumber: Blibli.com

Pelumas berdaya tahan tinggi hingga ribuan kilometer

Anda tak perlu khawatir lagi mesin motor matic cepat panas karena beban kerja yang berat. Enduro Matic-G memastikan motor matik Anda berjalan smooth dengan temperatur terjaga di berbagai kondisi jalan, termasuk jalanan kota yang macet atau lokasi jalan pegunungan berkelok-kelok.

Oli motor ini terbuat dari base oil sintetik berkualitas yang telah melewati beragam tahapan pengujian untuk memastikan kualitasnya memenuhi standar. Tak main-main, ketahanan olinya bisa diandalkan hingga jarak 7.500 kilometer!

Jenis oli Semi sintetik
SAE 20W-40
API SL
JASO MB
Jenis motor Matic
Isi 800 mL
Kisaran harga Rp30.000

10. Castrol Power 1 Scooter

Sumber: Castrol.com

Dilengkapi teknologi canggih untuk optimalisasi kinerja motor

Dikembangkan dengan teknologi canggih saat ini, Castrol membenamkan banyak fitur pada produk pelumas matic-nya yang satu ini. Di antaranya teknlogi Scootek yang mampu menjaga stabilitas temperatur tanpa mengorbankan kualitas performanya.

Selain itu, teknologi tersebut membuat oli ini dapat mengisi celah-celah terkecil komponen mesin untuk mengurangi intensitas gesekan antarmesin. Dibenamkannya Power Release Technology™ diklaim mampu memberikan feel lebih smooth dan cepat ketika pengendara menarik tuas gas. Apakah Anda tertarik mencoba dua teknologi advance ini?

Jenis oli Semi sintetik
SAE 10W-40
API SL
JASO MB
Jenis motor 4-tak (skuter matic)
Isi 800 mL
Kisaran harga Rp44.000

Tanda-tanda Motor sudah Harus Ganti Oli

Sebaik apa pun kualitas oli yang Anda gunakan, akan tiba saatnya Anda harus mengganti oli lama Anda dengan yang baru. Penggantian oli sebaiknya dilakukan secara berkala agar mesin kendaraan dapat lebih tahan lama dan nyaman ketika digunakan. Sebenarnya, mesin kendaraan Anda akan memberikan beberapa pertanda dengan sendirinya ketika oli harus segera diganti.

Tanda awal yang bisa langsung Anda rasakan adalah temperatur mesin yang lebih tinggi dari biasanya. Hal ini terjadi karena oli tidak lagi memiliki kemampuan yang baik untuk meratakan kalor. Selanjutnya, Anda bisa mengecek warna dan tingkat kepekatan oli Anda. Oli harus segera diganti bila warnanya hitam pekat dan sangat encer.

Pertanda lain adalah volume oli pada mesin berkurang. Volume oli normal biasanya sekitar 850 ml untuk motor berkapasitas 150 cc. Ketika volume oli jauh di bawah itu, artinya oli Anda sudah memerlukan penggantian. Kendaraan yang lebih sering digunakan akan cenderung lebih sering membutuhkan penggantian oli.

Kesimpulan

Perkara memilih oli motor memang tidak boleh sembarangan. Anda dituntut menggunakan oli motor terbaik agar performa mesin bisa terus diandalkan. Baik motor semi sintetik, full sintetik, mineral, maupun oli ester, kenali terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan motor Anda. Dengan oli yang tepat, keawetan mesin motor Anda pun semakin terjaga.

(Visited 112 times, 2 visits today)