Written by 00:47 Otomotif

10 Cairan Pembersih Kaca Mobil Terbaik yang Anti Jamur

Nutens Fine Glass Pembersih Jamur Kaca Mobil

Cairan pembersih kaca mobil akan menggantikan peran air biasa untuk membersihkan kaca depan. Cukup disimpan di washer reservoir, maka wiper akan bekerja lebih efektif dalam mengusir kotoran, debu, dan minyak yang sulit dihilangkan dari kaca. Selain berbentuk cairan, produk pembersih kaca mobil ini juga memiliki wujud krim yang juga ampuh dalam menghilangkan kotoran dan jamur.

Saat membeli cairan pembersih kaca mobil, perhatikanlah bahan yang terkandung dari setiap produk. Walaupun produk tersebut dikeluarkan oleh brand terkenal, belum tentu di dalamnya mengandung bahan yang tidak menyebabkan dampak buruk pada kaca mobil. Misalnya saja, kandungan deterjen pada cairan pembersih kaca mobil dapat menciptakan busa yang apabila tertinggal di kaca akan berubah menjadi kerak.

Deterjen juga dapat menyumbat lubang nosel di mobil Anda. Cairan pembersih kaca mobil yang mengandung banyak alkohol juga tidak baik karena bisa merusak kaca. Jadi, meskipun saat ini produk yang baik itu untuk wiper atau kaca pintu mobil dan kaca belakang bersifat aftermarket, Anda harus perhatikan juga komposisi kandungannya.

10 Rekomendasi Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik

Selain memastikan minim kandungan alkohol dan deterjen, periksa kembali bahan lain di dalam produk pilihan Anda. Umumnya, produsen menggunakan senyawa kimia berupa amonia untuk merumuskan cairan pembersih kaca mobil agar memiliki formula anti jamur. Jamur yang tercipta akibat kelembapan bintik air yang berbekas lama memang lebih mudah dihilangkan dengan produk berkandungan senyawa amonia.

Namun, untuk beberapa jenis kaca mobil tidak cocok dengan cairan pembersih kaca mobil anti jamur yang menyimpan kandungan amonia, seperti kaca mobil asal Jepang, Korea, dan Eropa. Sebagai alternatifnya, pilihlah produk yang mencantumkan keterangan “ammonia free” atau “safe for tinted windows” agar tidak membuat kaca makin buram dan mengganggu visibilitas.

Setelah memahami aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk car windows cleaner, berikut ini kami paparkan sepuluh cairan pembersih kaca mobil terbaik mulai dari merek-merek terkenal hingga produk tanpa merek (non-pabrik) yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

1. Waxco Nano Tech Glass Clean Polish Compound

Waxco Nano Tech Glass Clean Polish Compound

Kisaran harga: Rp69.000

Memberikan jarak pandang lebih jauh berkat kaca yang bersih dan jernih

Cukup lakukan pembersihan 1 kali setiap 2 minggu, Waxco Nano Tech Glass Clean Polish Compound akan mempertahankan kaca mobil yang jernih dan bebas noda. Untuk jamur akibat cuaca ekstrem atau noda membandel yang sulit dihilangkan, cairan pembersih kaca ini cukup digosokkan beberapa kali dan perusak keindahan kaca mobil Anda pun 100% hilang.

Sesuai namanya, produk pembersih kaca mobil ini terbuat dari bahan-bahan bermutu yang menerapkan nano technology. Bertipe compound, produk dari brand kenamaan ini juga dapat meratakan goresan dangkal akibat terpaan debu. Selain efektif membersihkan kaca dari lapisan jamur membandel, noda bintik air, dan bekas hujan asam, produk ini juga mampu bersihkan noda serangga, kotoran burung, oli, dan minyak akibat asap knalpot.

2. Sabusa Watersport & Crust Remover Pembersih Jamur dan Kerak

Sabusa Watersport Crust Remover Pembersih Jamur dan Kerak

Kisaran harga: Rp60.000

Bisa diaplikasikan ke kaca dan bodi mobil. Serbaguna!

Jamur pada kaca depan akan memengaruhi penglihatan Anda saat berkendara. Untuk menghilangkannya, Anda bisa serahkan semuanya pada cairan pembersih kaca mobil buatan Sabusa ini. Efektivitasnya dalam menghilangkan jamur dan kerak pada permukaan kaca depan ataupun pintu mobil tidak perlu diragukan lagi.

Penggunaannya hanya dengan dibalurkan dengan kuas lalu dilap dengan kanebo atau kain kering berpermukaan lembut. Jika ingin lebih maksimal, pakailah lap dari Sabusa yang terbuat dari microfiber glass cloth. Jika ingin menghilangkan kerak pada bodi mobil pun juga bisa, namun akan terasa optimal jika Anda gunakan lap Sabusa Microfiber for Exterior Detailing.

3. Nutens Fine Glass Pembersih Jamur Kaca Mobil

Nutens Fine Glass Pembersih Jamur Kaca Mobil

Kisaran harga: Rp76.500

Dijual lengkap satu paket, Anda tidak perlu beli kain lap secara terpisah

Apabila kaca mobil Anda merupakan produksi Jepang dan Eropa, cairan pembersih kaca mobil ini akan cocok karena tidak menyebabkan kerusakan atau meninggalkan residu. Selain untuk kaca mobil, Nutens Fine Glass juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda membandel pada kaca jendela rumah dengan cara pakai yang sama.

Berbeda dengan varian lain dari Nutens yaitu Waterspot Remover yang tidak dianjurkan ke kaca depan mobil, untuk Fine Glass ini aman diaplikasikan ke semua kaca mobil, termasuk kaca depan. Dalam satu set pembelian produk ini, Anda akan menerima 1 buah cairan pembersih kaca, 1 lembar kain lap microfiber, dan 2 buah sarung tangan.

4. Masterpiece Glass Compound

Masterpiece Glass Compound

Kisaran harga: Rp84.900

Produk yang aman meski mengenai kulit

Masterpiece Glass Compound dirancang untuk keperluan pembersihan noda bintik akibat cipratan air dan air hujan asam yang melekat lama pada kaca mobil sehingga berujung pada terbentuknya jamur. Tenang saja, pembersih kaca mobil ini dijamin aman untuk kaca mobil Eropa dan Jepang.

Selain itu, bahan-bahannya juga tidak berbahaya jika terkenal kulit. Jika kebanyakan produk menjual dalam bentuk set berisikan kain lap microfiber, Masterpiece justru mengganti kain pembersihnya dengan applicator pad high quality yang memiliki ketebalan ±2cm dengan diameter ±9,5 cm.

5. Glassmear Car Glass Cleaner

Glassmear Car Glass Cleaner

Kisaran harga: Rp36.000

Diklaim sebagai pelopor pembersih kaca mobil dan bodi mobil bersistem oles dengan hasil terang dan mengilap

Mulai noda ringan hingga membandel seperti jamur yang sulit dihilangkan mampu diusir hingga ke bagian dasarnya oleh cairan pembersih kaca mobil ini. Glassmear Car Glass Cleaner begitu terkenal reputasinya sehingga banyak orang Indonesia yang mempercayai produk satu ini.

Kualitas formula yang mumpuni dari produk ini bukan hanya ampuh dalam membasmi keberadaan jamur di kaca mobil, tetapi juga pada kaca gedung ataupun kaca-kaca di dalam rumah Anda, entah itu kaca jendela, kamar mandi, maupun cermin di kamar tidur Anda.

6. Soft 99 Glass Refresh

Soft 99 Glass Refresh

Kisaran harga: Rp245.000

Ingin lapisan coating baru lebih tahan lama? Bersihkan dulu coating lama dengan produk ini!

Soft 99 Glass Refresh adalah pembersih kaca mobil berkelas premium yang mengantongi banyak sekali kelebihan. Bertekstur compound yang mudah dibaurkan, kandungannya mampu membersihkan jamur, minyak, dan meratakan permukaan kaca dengan mengangkat sisa-sisa coating yang membekas sebelum diganti dengan coating baru.

Apabila Anda berencana membeli produk ini, pastikan tidak menerapkannya untuk bersihkan kaca yang retak, plastik bening, atau bagian dalam dari kaca. Hindari juga pengaplikasian pada kaca anti air semisal kaca spion karena dapat menyebabkan perubahan warna.

7. New Clean Wiper Wash

New Clean Wiper Wash

Kisaran harga: Rp211.680

Mampu cegah timbulnya jamur pada kaca mobil jika kaca rutin dibersihkan dengan wiper

Produk berwujud cair seutuhnya ini diformulasikan dengan bahan kimia yang secara khusus difungsikan untuk membersihkan kotoran membandel dan jamur yang sulit terangkat paca kaca mobil. Jika dipakai dengan benar, New Clean Wiper Wash akan mencegah jamur muncul kembali di kaca depan mobil.

Karena berjenis cairan wiper, tentu saja Anda bisa simpan ke washer reservoir agar tidak perlu mengelap kaca depan secara manual. Meski mengandung senyawa kimia, produk ini tidak akan merusak karet pada sisi-sisi mobil Anda. Dengan harga yang tertera, Anda akan dapatkan cairan pembersih kaca mobil bervolume 270 ml.

8. Unelco Glass Renew

Unelco Glass Renew

Kisaran harga: Rp104.400

Aman digunakan untuk hilangkan lapisan jamur di seluruh jenis kaca mobil

Bila Anda mencari pembersih kaca mobil yang tidak hanya berperan menjernihkan, melainkan juga mengilapkan kaca, Unelco Glass Renew merupakan opsi terbaik untuk Anda. Dibandingkan produk sebelumnya, tentu produk ini lebih murah karena dengan seratusan ribu saja, Anda sudah bisa membawa pulang cairan pembersih kaca bervolume 240 ml.

Kemasannya pun didesain menarik sehingga tidak terlihat seperti produk murahan. Membahas performa, Unelco Glass Renew mengantongi formula khusus yang maksimal dalam membersihkan kaca mobil secara efektif dan aman. Tumpukan bintik-bintik air, noda organik, mineral, debu jalan, dan bahkan kotoran hewan dapat diusir secara sempurna..

9. HM+ Obat Jamur/Kerak Kaca

HM Obat Jamur Kerak Kaca

Kisaran harga: Rp18.000

Meski alcohol based, kandungannya mudah terurai oleh udara

HM+ Obat Jamur/Kerak Kaca merupakan cairan pembersih berbasis alkohol yang diklaim tidak akan merusak partikel film pada kaca mobil Anda. Pasalnya, bahan dasar alkohol yang digunakan seperti etanol dan isopropil alkohol bersifat dingin sehingga mudah teroksidasi oleh udara. Dengan kata lain, cairan kimia berkandungan alkohol ini hanya berisiko kecil menimbulkan kerusakan kaca mobil.

Meski mudah menguap oleh udara, kandungan alkoholnya mampu memereteli lapisan jamur atau kerak yang tebal sekalipun. Untuk pemakaiannya disarankan dicampur berama sampo mobil dengan perbandingan 1:1. Setelah tercampur, tambahkan lagi dengan air bersih menggunakan rasio yang asma. Setelah itu, barulah Anda bebas gunakan ke area pada kaca ataupun body mobil yang ditempeli noda.

10. Nerds Glass Scrub

Nerds Glass Scrub

Kisaran harga: Rp70.000

Bebas senyawa asam, membuatnya aman untuk kaca mobil Jepang dan Eropa

Pembersih kaca mobil ini mempunyai tekstur krim yang berperan layaknya scrub. Partikel-partikel kecil di dalamnya berkinerja baik dalam mengusir jamur kaca akibat waterspot. Alhasil, permukaan kaca yang halus, bening, dan mengilap akan membawa kesenangan tersendiri untuk Anda.

Nerds Glass Scrub berformulakan cerium oxide yang menjadikannya mungkin untuk menghaluskan permukaan kaca. Tidak usah khawatir, produk ini tidak menyertakan kandungan asam sehingga aman dipakaikan pada kaca mobil Jepang dan Eropa.

Baca juga rekomendasi pembersih kaca jendela rumah terbaik lainnya!

Meskipun beberapa jenis cairan pembersih kaca mobil bisa juga digunakan untuk menghilangkan partikel kotoran pada kaca di jendela rumah, sebaiknya Anda gunakan produk khusus yang memang penggunaannya ditujukan untuk kaca rumah.

Beberapa brand seperti Mr. Muscle, Cling, dan Yuri merilis produk pembersih kaca untuk jendela rumah yang bisa Anda pilih berdasarkan kekuatan daya pembersih dan aromanya. Ayo simak lebih lanjut dan temukan pembersih kaca terbaik untuk kaca rumah Anda dalam artikel berikut.

Kesimpulan

Agar tidak lupa, kami ingatkan kembali agar Anda memilih cairan pembersih kaca mobil dengan melihat jenis kaca pada mobil Anda. Jika diproduksi oleh pabrikan asal Jepang, Korea, dan Eropa, sebaiknya memilih produk yang bebas senyawa amonia atau berlabelkan “safe for tinted windows” pada kemasannya.

Selain itu, apabila Anda ingin membersihkan kaca film pada mobil yang terdapat jamur atau kotoran binatang yang berkerak, sebaiknya Anda gunakan air biasa untuk menghilangkannya. Jika memakai cairan pembersih yang tinggi akan bahan kimia, struktur kaca film bisa rusak dan menyebabkan munculnya semacam efek pelangi.

Saat membersihkan kaca pun, akan lebih efektif jika Anda menggunakan lap berjenis chamois sintetis. Bahan lap ini terbuat dari polyvinyl alcohol (PVA) atau lebih akrab dengan sebutan kanebo. Alasannya, lap kanebo mempunyai daya serap tinggi sehingga mampu membuat jamur dan kotoran yang melekat di kaca terserap secara maksimal. Selain itu lap kanebo juga dapat membantu mengilapkan kaca mobil seperti sedia kala apabila pemakaiannya tepat.

(Visited 40 times, 1 visits today)