Otomotif

Rekomendasi: 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik

Sedikit demi sedikit, berbagai macam kotoran yang menempel di cat mobil akan membuat kusam bahkan mengelupas. Untuk melindungi sekaligus menjaga kilapnya, Anda dapat memanfaatkan produk pelindung cat mobil.

Banyaknya merek pelindung cat mobil yang beredar takkan membuat Anda kehabisan pilihan. Beberapa yang terkenal misalnya Turtle Wax, Meguiar’s, dan KIT. Di artikel ini akan kami bagikan tips memilih sekaligus rekomendasi produk terbaiknya. Langsung mulai, yuk!

blank

Fungsi Pelindung Cat Mobil

blank

Pelindung cat mobil memiliki dua fungsi utama, yakni melindungi dan menjaga penampilan cat. Pasca diaplikasikan di permukaan cat, pelindung cat mobil membentuk lapisan tipis yang menjadi pelindung sekaligus membuat cat tampak mengilap.

Kendati demikian, lapisan pelindung ini tidak bertahan selamanya. Oleh karena itu, produk pelindung cat mesti diaplikasikan ulang dalam rentang waktu tertentu. Adapun frekuensinya berbeda dari produk ke produk.

Cara Memilih Pelindung Cat Mobil

Setelah tahu apa fungsinya, di bagian ini kami uraikan trik dalam memilih pelindung cat mobil terbaik. Mulai dari karakteristik tiap jenis, pengaplikasian yang cocok, serta tingkat abrasifnya.

Kenali Dulu Opsi yang Ada

blank

Secara umum, pelindung cat mobil dapat digolongkan menjadi empat jenis: wax, coating, sealant, dan paint protection film.

Perlu jadi perhatian bahwa penggunaan keempat istilah tersebut sering dipertukarkan satu sama lain oleh para produsen. Jadi, jangan terlalu kaku dalam memahami definisi-definisi di bawah ini.

  • Wax: Pelindung cat dari pencampuran bahan sintetis dan natural dari tanaman seperti carnauba. Bekerja dengan membuat lapisan tipis di permukaan cat untuk melindunginya dari paparan kotoran, sekaligus mencegah pemudaran.
  • Sealant: Pelindung cat yang sepenuhnya berbahan sintetis. Cairan sealant tidak hanya menempel di permukaan cat, namun juga menyatu dengannya, menghasilkan proteksi lebih kuat terhadap berbagai macam paparan, baik debu, air, panas, dan sinar UV.
  • Coating: Pelindung cat yang memiliki agen tertentu, misalnya keramik, kaca, dan yang lainnya. Selain memproteksi, coating biasanya juga memiliki properti pemulihan dengan memanfaatkan agen tersebut untuk mengisi baret-baret halus di permukaan cat.
  • Paint protection film (PPF): Lapisan film elastis dari bahan termoplastik yang ditempel di atas permukaan cat. PPF memiliki sifat self-healing yang membuat baret halus dapat hilang seketika dengan memanaskan permukannya. Biar begitu, pengaplikasian PPF cukup sulit sehingga harus dilakukan oleh profesional.

Bila Memilih Wax, Pilih Jenisnya Berdasarkan Usia Mobil Anda

blank

Kalau berniat memilih wax, Anda perlu tahu bahwa pelindung cat ini terbagi ke dalam tiga jenis lagi berdasarkan bentuknya, yaitu spray, liquid, dan paste.

Perbedaan bentuk ini memengaruhi kecocokannya dengan usia mobil. Sebab itu, pastikan memilih jenis wax yang sesuai dengan usia mobil Anda.

  • Mobil baru. Lapisan cat mobil yang usianya baru 1-2 tahun masih bagus. Karenanya, Anda cukup gunakan spray wax. Wax ini gampang diaplikasikan, namun proteksinya cepat memudar sehingga perlu lebih sering diaplikasikan ulang.
  • Mobil lama. Lapisan cat mobil yang tidak baru lagi membutuhkan proteksi lebih. Diperlukan juga wax yang punya daya pembersihan baik agar mengembalikan kilaunya yang mulai pudar. Liquid wax dan paste wax adalah wax yang tepat untuk itu. Karena karakteristik keduanya kurang lebih sama, tinggal tentukan saja bentuk mana yang menurut Anda lebih nyaman diaplikasikan.

Untuk Sealant, Pilih Jenis sesuai Efek yang Diharapkan

blank

Anda lebih tertarik pada sealant karena proteksinya yang meresap ke lapisan cat? Bila demikian, Anda harus mempertimbangkan lagi efek apa yang Anda harapkan dari pengaplikasian sealant. Pasalnya, ada dua jenis sealant yang menghasilkan efek berbeda.

  • Proteksi tahan lama. Kalau mengutamakan proteksi yang tahan lama agar tidak perlu sering diaplikasikan ulang, pilihlah acrylic sealant. Pengaplikasian yang lebih jarang juga berarti produk lebih lama habisnya, lantas membuat biaya perawatan lebih hemat.
  • Penampilan berkilau. Bila ingin mobil terlihat lebih berkilau, pilihlah polymer sealent. Produk ini merupakan campuran dari banyak bahan. Itulah yang menyebabkan permukaan cat jadi lebih berkilau jika dibandingkan acrylic sealant.

Bila Tertarik Pakai Coating, Pilihannya Ada Beberapa

blank

Coating mengandung agen yang berbeda-beda. Namun, yang paling populer setidaknya ada tiga, yaitu glass coating, ceramic coating, dan nano coating.

Masing-masing agen ini punya karakteristik yang berbeda. Pilihlah yang Anda rasa paling cocok dengan mobil Anda.

  • Glass coating. Mengandung agen silika (bahan utama pembuat kaca). Coating ini lebih mudah dan cepat diaplikasikan karena sifat materialnya yang melekat pada permukaan cat lebih cepat mengering. Kilau yang dihasilkan pun terlihat seperti kilau kaca.
  • Ceramic coating. Terdiri dari material yang mirip seperti glass coating, namun lapisan yang dihasilkan lebih keras dan tebal. Proteksi yang dihasilkan ceramic coating sangat tinggi, bahkan terhadap paparan zat asam dan alkali yang menjadi kelemahan glass coating.
  • Nano coating. Partikelnya berukuran mikroskopik. Keunggulannya, partikel yang kecil dapat masuk sampai ke pori-pori cat untuk menghasilkan daya waterproofing yang lebih tinggi.

Kalau Mobil Anda Bercat Gelap, Hindari yang Bersifat Abrasif

blank

Sebagian pelindung cat mobil ada yang bersifat abrasif. Produk seperti ini biasanya sekaligus polish yang bertujuan mengikis lapisan teratas cat yang sudah kusam agar lapisan di bawahnya yang masih cerah naik ke permukaan.

Produk yang abrasif sebaiknya jangan digunakan di mobil bercat gelap. Pasalnya, produk yang abrasif dapat menghasilkan baret halus yang di atas cat gelap akan terlihat lebih mencolok. 

10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik

Sudah paham aspek apa saja yang penting diperhatikan dalam memilih pelindung cat mobil? Kalau begitu, mari beranjak ke bagian yang ditunggu-tunggu: belanja! Di bawah ini sudah kami rangkum sepuluh pelindung cat mobil terbaik dari berbagai jenis dan merek.

1. Turtle Wax Carnauba Paste Cleaner Wax

Mencegah oksidasi penyebab cat kuning kusam

Carnauba wax adalah wax natural yang reputasinya dalam melindungi cat mobil tak perlu dipertanyakan lagi. Produk ini bersifat hidrofobik sehingga mencegah timbulnya oksidasi pada cat yang jadi penyebab cat kuning kusam. Tak hanya itu, paste wax ini juga andal dalam mengilapkan permukaan cat serta mempertahankannya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menghilangkan baret halus.
  • Membuat cat mengilap seperti kaca.
  • Tidak meninggalkan residu pasca pengaplikasian.
  • Terdapat aplikator sponge di dalam kemasan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Paste wax
Kisaran harga Rp115.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Turtle Wax ICE Spray Wax

Spray wax pelindung cat mobil multifungsi

Bukan hanya cat, kaca mobil juga perlu perlindungan. Untuk juga melindunginya, normalnya Anda memerlukan produk khusus pelindung kaca. Namun, jika Anda membeli produk satu ini, Anda dapat melindungi cat dan kaca mobil sekaligus.

Turtle Wax ICE Spray adalah wax pelindung cat yang multifungsi. Selain cat, produk ini dapat juga diaplikasikan di bagian eksterior mobil yang lain seperti kaca. Formulanya pun bersifat nonabrasif agar cocok dengan segala jenis permukaan.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bersifat hidrofobik.
  • Efektif membuat cat mengilap.
  • Tidak menyisakan residu apapun.
  • Pengaplikasian mudah dan cepat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Spray wax
Kisaran harga Rp166.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Meguiar’s G30118 NXT Polymer Paint Sealer

Memiliki sifat pemulihan

Melindungi cat memang penting, tapi lebih asyik lagi kalau produk yang dipakai punya sifat pemulihan seperti polymer sealant produksi Meguiar’s ini. Formulanya yang canggih bekerja meminimalisir baret halus dan lecet. Dampaknya, kilau cat terlihat lebih mendalam.

Proteksi yang ditawarkan produk ini pun tidak sembarangan. Dengan Hydrophobic Polymer Technology, paparan air tidak dapat meresap ke permukaan cat. Cat pun terhindar dari risiko oksidasi dan korosi.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Daya tahan lama.
  • Kilau mendalam.
  • Ampuh menyamarkan baret halus.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Polymer sealant
Kisaran harga Rp446.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Meguiar’s G18309 Ultimate Fast Finish

Hanya butuh hitungan menit untuk diaplikasikan

Apakah Anda orang bermobilitas tinggi yang tak punya waktu untuk berlama-lama mengaplikasikan pelindung cat? Jika demikian, pilihlah Meguiar’s G18309 Ultimate Fast Finish.

Seperti namanya, produk ini dapat diaplikasikan dalam waktu singkat tanpa memerlukan buffer pad. Hebatnya, meski pengaplikasiannya singkat, daya tahannya bisa sampai satu tahun!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pengaplikasian tidak sampai setengah jam.
  • Menghasilkan finish yang licin dan mulus mengilap.
  • Setelah memudar tidak menyisakan residu.
  • Bersifat hidrofobik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Spray wax
Kisaran harga Rp360.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Nanotech Protection Graphene Hybrid

Ketahanan air lebih tinggi

Anda yang sering mengendarai mobil jarak jauh membutuhkan pelindung cat yang lebih hidrofobik. Graphene coating dari Nanotech Protection ini adalah produk yang sesuai.

Pasalnya, graphene coating punya kerapatan lebih tinggi karena partikel nanonya. Sekalipun menerjang hujan badai atau genangan berlumpur, durabilitasnya takkan kendor!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Finish sangat slick.
  • Bisa juga dipakai untuk cat motor.
  • Daya tahan lama.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Graphene coating
Kisaran harga Rp165.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Nanotech Protection Ceramic Spray

Menghasilkan efek daun talas

Nanotech Protection Ceramic Spray adalah ceramic coating berbasis SiO2 yang memiliki tingkat kekerasan 7H. Dampaknya, produk ini bersifat hydrophobic extreme, menghasilkan efek daun talas yang membuat air menggumpal dan jatuh. Cat pun bakal terlindungi dari efek oksidasi yang membuatnya kusam.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efek glossy-nya ekstrem.
  • Relatif mudah diaplikasikan.
  • Bisa diaplikasikan ke kaca mobil.
  • Dapat menjadi top up coating untuk mempertebal proteksi dari coating sebelumnya.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Ceramic coating
Kisaran harga Rp450.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Talas Nano Sealant Coating

blank

Sumber: Talas.co.id

Partikel nano untuk menutup pori-pori permukaan cat

Meski terlihat padat, permukaan cat mobil sebenarnya memiliki banyak pori-pori. Paparan debu, air, dan zat lainnya dapat masuk dari pori-pori tersebut lantas menurunkan kualitas cat. Sebab itu, pori-pori ini mesti ditutup oleh lapisan pelindung cat berpartikel nano, seperti Talas Nano Sealant Coating ini.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menyamarkan baret halus.
  • Daya tahan lama (3-6 bulan).
  • Tidak meninggalkan residu.
  • Pengaplikasian mudah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Nano coating
Kisaran harga Rp79.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. KIT Grand Prix Cleaner Wax

Memadukan cleaner dan wax

KIT Grand Prix Cleaner Wax adalah wax yang mengombinasikan cleaner dan wax jadi satu. Dengan kata lain, produk ini tak hanya melindungi dan mengilapkan, namun juga membersihkan. Kalau mobil Anda punya noda membandel seperti bekas getah atau jamur, maka inilah produk yang Anda butuhkan!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cat jadi lebih kinclong.
  • Sanggup menghilangkan noda dan goresan halus.
  • Harga terjangkau.
  • Tidak menyisakan residu.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Liquid wax
Kisaran harga Rp15.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. KIT New Car Paste Wax

Paste wax yang diformulasikan khusus untuk mobil baru

Apakah Anda baru beli mobil? Jangan terlena dengan catnya yang kinclong. Kalau dibiarkan saja, kilau tersebut akan memudar tanpa Anda sadari. Segera beri perlindungan dengan KIT New Car Paste Wax. Produk berbahan carnauba wax ini diformulasikan khusus untuk kebutuhan cat mobil baru.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak abrasif.
  • Ampuh membersihkan noda membandel.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Paste wax
Kisaran harga Rp35.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. 3M SJ6595 Paint Protection Film

Meminimalisir baret dan penyok ringan

PPF merupakan pelindung cat terbaik jika dilihat dari kemampuannya dalam meminimalisir baret dan penyok skala kecil. Bergantung pada seberapa tebal lapisan, benturan yang normalnya akan menyisakan bekas kentara pada cat bisa jadi tak terlihat. Kalau hal ini bikin Anda tertarik, maka kami merekomendasikan PPF dari 3M satu ini.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sepenuhnya transparan.
  • Melindungi cat dari goresan hasil benturan ringan.
  • Ampuh melindungi dari cairan kimia berbahaya.
  • Material fleksibel dapat mengikuti kontur permukaan yang kompleks.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pengaplikasiannya agak sulit. Mungkin perlu ditangani profesional.
Jenis Paint protection film
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Pelindung Cat Mobil

Produk Turtle Wax Carnauba Paste Cleaner Wax Turtle Wax ICE Spray Wax Meguiar’s G30118 NXT Polymer Paint Sealer Meguiar’s G18309 Ultimate Fast Finish Nanotech Protection Graphene Hybrid Nanotech Protection Ceramic Spray Talas Nano Sealant Coating KIT Grand Prix Cleaner Wax KIT New Car Paste Wax 3M SJ6595 Paint Protection Film
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Paste wax Spray wax Polymer sealant Spray wax Graphene coating Ceramic coating Nano coating Liquid wax Paste wax Paint protection film
Kisaran harga Rp115.000 Rp166.000 Rp446.000 Rp360.000 Rp165.000 Rp450.000 Rp79.000 Rp15.000 Rp35.000 Rp249.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Pelindung cat adalah solusi cerdas dalam menjaga kualitas cat mobil sekaligus mengembalikan kilau dari yang sudah kusam. Agar mendapat produk yang paling cocok, pastikan Anda menyeleksi produk sambil mempertimbangkan trik memilih yang telah kami jelaskan.

blank

Perlu kami ingatkan untuk memerhatikan keamanan diri Anda ketika mengaplikasikan produk. Gunakanlah sarung tangan dan pelindung lain agar tidak terjadi kontak langsung dengan kulit Anda. Semoga produk yang Anda pilih nanti sukses membuat mobil Anda makin kinclong, ya!

Referensi

Car Polish vs Car Wax: What’s the Difference?
https://www.familyhandyman.com/article/car-polish-vs-car-wax/ diakses pada 3 Desember 2021

What’s better? Wax, sealant or ceramic coating?
https://www.youtube.com/watch?v=Yxz3zSVIm-g diakses pada 3 Desember 2021

Ini Bedanya Paint Protection Film dengan Coating untuk Mobil
https://otomotif.tempo.co/read/1450864/ini-bedanya-paint-protection-film-dengan-coating-untuk-mobil diakses pada 3 Desember 2021

The Best Car Wax for Your Ride
https://www.caranddriver.com/features/a26799109/best-car-wax/ diakses pada 3 Desember 2021

Memilih Antara Liquid Wax atau Paste Wax, Lebih Baik yang Mana?
https://www.gridoto.com/read/222022727/memilih-antara-liquid-wax-atau-paste-wax-lebih-baik-yang-mana diakses pada 3 Desember 2021

Best Car Paint Sealants: Protect Your Vehicle From Debris and Make It Shine
https://www.thedrive.com/reviews/28495/best-car-paint-sealants diakses pada 3 Desember 2021

Ada Banyak Jenis Coating Cat Mobil, Mana yang Benar? Mana yang Bagus?
https://www.gridoto.com/read/221916145/ada-banyak-jenis-coating-cat-mobil-mana-yang-benar-mana-yang-bagus diakses pada 3 Desember 2021

The difference between nano coating, glass coating and ceramic coating
https://cartecworld.com/the-difference-between-nano-coating-glass-coating-and-ceramic-coating/ diakses pada 3 Desember 2021

How To Choose A Ceramic Coating: What Does And Doesn’t Matter
https://canadiangearhead.com/how-to-choose-a-ceramic-coating/ diakses pada 3 Desember 2021

You may also like

Comments are closed.