Written by 01:58 Peralatan Dapur

10 Rekomendasi Alat Pemanggang Terbaik

Ketika hendak mengadakan barbeque party, Anda perlu menyiapkan alat pemanggang. Belakangan, kompor dengan tungku pembakaran juga diproduksi sebagai pilihan bagi orang-orang yang ingin berbisnis di bidang kuliner. Apa pun kebutuhan Anda, pastikan untuk menggunakan alat pemanggang yang tepat.

Dari banyaknya pilihan, manakah produk yang paling cocok untuk Anda? Sebelum menentukan, kami akan menjabarkan poin pemilihan produk melalui artikel ini. Alat pemanggang terbaik besutan Progas, Niko, Akebonno, dan Modena pun kami rekomendasikan di sini. Ayo temukan produk yang memenuhi kebutuhan Anda!

Cara Memilih Alat Pemanggang

Pertama-tama, kami akan memaparkan poin-poin penting saat memilih alat pemanggang. Dari mulai lokasi penggunaan, bahan, bentuk, ukuran, hingga fitur tambahan, semuanya perlu Anda perhatikan.

Periksa Lokasi Penggunaan, Lebih Sering Indoor atau Outdoor?

Sebelum membeli alat pemanggang, tentukan dulu di mana Anda akan menggunakannya, apakah di luar ruangan (outdoor) atau di dalam ruangan (indoor). Dengan begitum, Anda lebih mudah menyesuaikan sumber pemanasnya.

Untuk Indoor, Anda Bebas Memilih Pemanggang dengan Sumber Panas Apa pun

Untuk penggunaan di dalam ruangan, Anda bebas menggunakan alat pemanggang dengan sumber panas gas atau listrik. Gas dapat mencapai titik panas lebih cepat, membuat proses pemanggangan lebih cepat. Proses menunggu alat pemanggang panas pun tidak perlu waktu lama. Jenis pemanggang gas cocok untuk memanggang daging, burger, iga, atau ikan.

Kemudian, sumber pemanas dari listrik cocok untuk di dalam rumah. Anda hanya perlu menyambungkan kepala colokan ke stopkontak. Jenis pemanggang listrik memang tidak sepraktis pemanggang gas, namun Anda bisa merasakan kemudahan tanpa perlu mengganti gas saat habis. Apa pun sumber dayanya, pilihlah pemanggang paling sesuai kebutuhan Anda.

Untuk Outdoor, Pilihlah Pemanggang yang Menggunakan Gas agar Praktis

Alat pemanggang untuk penggunaan di luar ruangan cocok digunakan untuk menjamu tamu atau mengadakan barbeque party. Karena diletakkan di luar, Anda mungkin sedikit repot ketika menggunakan pemanggang listrik. Pasanya, Anda harus menyiapkan stopkontak terlebih dulu.

Bila Anda akan lebih sering menggunakan alat pemanggang di ruangan terbuka, pilihlah pemanggang bersumber panas dari gas. Anda mungkin sedikit repot melakukan instalasi, pemindahan gas, dan sebagainya. Namun, tipe pemanggang gas memungkinkan Anda mengadakan pesta tanpa mengotori lantai rumah.

Pemanggang dengan Infrared Memberikan Hasil Panggang Lebih Merata

Untuk membuat hasil panggangan lebih merata, pertimbangkanlah membeli alat pemanggang berteknologi inframerah. Jenis pemanggang ini bekerja memancarkan sinar infrared untuk memberikan kematangan di dalam dan luar makanan secara merata. Kelebihan lainnya, alat pemanggang dengan inframerah juga tidak menghasilkan asap.

Meski bebas asap, alat pemanggang ini tetap mengeluarkan aroma sedap dari makanan yang dipanggang. Bila Anda penyuka cita rasa autentik, pilihlah alat pemanggang berteknologi inframerah. Hanya saja, pemanggang ini perlu waktu lebih lama untuk mencapai tingkat kematangan sempurna.

Perhatikan Bahan, Bentuk, dan Ukuran Piringan Pemanggang

Bahan, bentuk, dan ukuran pemanggang juga menentukan pilihan Anda. Pastikan Anda memilih bahan yang tidak lengket agar mudah dibersihkan. Beberapa produsen mengeluarkan pemanggang dengan piringan datar atau bergelombang. Perihal ukuran, pastikan Anda pilih sesuai jumlah makanan yang akan dipanggang.

Utamakan Bahan Piringan dengan Lapisan Antilengket serta Berdaya Hantar Panas yang Baik

Untuk pemanggang berbentuk piringan, carilah yang pelapisnya terbuat dari bahan antilengket, seperti keramik, cast iron, dan teflon. Pemanggang yang terbuat dari logam berlapis porselen juga memiliki sifat antilengket.

Produk pemanggang berbentuk piringan biasanya berbentuk wajan persegi, lingkaran, dan sebagainya. Bila Anda ingin memanggang lebih mudah, perhatikan bahan antilengket pada piringan pemanggang. Selain itu, pastikan pula bahannya memiliki daya hantar panas yang baik.

Pilih Pemanggang dengan Bentuk Piringan Bergelombang atau Datar?

Terdapat dua bentuk piringan alat pemanggang, yaitu datar dan bergelombang. Piringan bergelombang ditujukan untuk menghasilkan panggangan yang tidak terlalu berminyak. Sementara itu, pemanggang berpiringan datar membuat seluruh permukaan memperoleh panas merata.

Belakangan, Anda dapat menemukan pemanggang yang menggabungkan kedua tipe piringan tersebut. Piringan seperti ini dinamakan tray ganda, di mana satu sisinya mempunyai tekstur bergelombang, dan sisi selainnya bertekstur datar. Pemanggang dengan tray ganda lebih fleksibel untuk memasak berbagai jenis makanan.

Pastikan Tersedia Ukuran Piringan yang Pas untuk Berbagai Hidangan

Semakin luas permukaan pemanggang, semakin banyak makanan yang bisa dipanggang. Proses memanggang pun berlangsung lebih cepat. Panggangan seluas 50 – 60 cm2 cukup untuk memanggang dalam porsi banyak. Anda bisa memanggang ikan, daging maupun ayam secara bersamaan.

Bila ingin lebih praktis, Anda bisa memilih pemanggang yang menyediakan set piringan. Umumnya, pada satu set piringan tersedia piringan berukuran kecil, sedang, sampai besar. Di sisi lain, ada juga pemanggang dengan piringan luas yang dilengkapi termometer built-in. Alat pemanggang tersebut cocok untuk memasak banyak hidangan tanpa khawatir gosong.

Pilihlah Pemanggang yang Dilengkapi Fitur Penting

Beberapa pemanggang dilengkapi fitur untuk memudahkan Anda dalam memanggang. Salah satu fitur yang bisa Anda pertimbangkan adalah fitur penghantar panas. Fitur ini membuat waktu memanggang lebih cepat. Seperti poin sebelumnya, Anda bisa juga temukan produk yang dilengkapi built-in thermometer dan pengatur suhu.

Selain fitur-fitur tersebut, Anda mungkin tertarik dengan pemanggang yang bisa diisi air. Pemanggang seperti ini akan meminimalkan asap yang dihasilkan. Fitur yang paling direkomendasikan adalah micro-safety switch, di mana mampu mematikan pemanas otomatis ketika alat dipindahkan.

Pastikan Komponennya dapat Dilepas-pasang untuk Mempermudah Pembersihan

Sisa-sisa makanan dan lemak yang menempel pada piringan pemanggang harus Anda bersihkan secara rutin. Selain menjaga alat pemanggang tetap higienis, langkah pembersihan dapat meminimalkan piringan berkarat. Untuk itu, pilihlah pemanggang yang komponennya mudah dibongkar pasang.

Khusus pemanggang dengan lapisan piringan antilengket, Anda akan lebih mudah membersihkan sisa makanan dan minyak yang tersisa. Untuk kompor khusus pemanggang, pilihlah yang tungku pembakarannya dilapisi kaca antipanas sehingga hanya perlu digosok sampai bersih.

10 Rekomendasi Alat Pemanggang Terbaik

Berikutnya, kami rangkum sepuluhr alat pemanggang terbaik sebagai referensi Anda. Pilihlah produk dengan saksama, dari mulai ukuran, bahan, bentuk piringan, sumber pemanas, dan kelebihan yang ditawarkan. Selamat memilih!

1. Han River HRSKG01BK Grill Electric BBQ

Sumber: Shopee.co.id

Barbeque hot pot 2 in 1 cocok untuk shabu-shabu, bulgogi, dan hidangan lainnya

Tak hanya dilengkapi piringan bergelombang untuk memanggang daging atau sayuran, produk ini juga disematkan sebuah hot pot datar di bagian tengah. Pot berkedalaman 7 cm ini dilengkapi tutup kaca, menjadikannya cocok untuk menumis hingga mengolah masakan berkuah.

Material piringan pemanggang ini terbuat dari aluminium tebal yang kuat, antikarat, dan antilengket. Sumber panas dari listriknya memastikan masakan Anda matang lebih cepat dan merata, tanpa menghasilkan asap! Alat ini juga disertai fitur kontrol penyesuaian suhu lima tingkat. Api besar untuk memanggang, sedangkan api sangat kecil untuk menjaga suhu makanan tetap hangat.

Sumber daya Listrik
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Knop pengontrol multifungsi
Ukuran/dimensi 45 cm x 16 cm x 39 cm
Bobotkeseluruhan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp245.000

2. Butterfly P001-S Kompor Pemanggang Infrared

Sumber: Shopee.co.id

Yuk, panggang sate tanpa diganggu banyaknya asap!

Anda sering membakar sate, tetapi tidak nyaman dengan asap yang terlalu banyak? Beralihlah ke pemanggang dengan burner inframerah ini! Selain tidak berasap, teknologi infrared-nya memastikan sate matang secara merata. Selain itu, makanan pun Anda lebih higienis sebab tidak mengenai burner.

Berkat sistem pemanas inframerahnya, pemanggang ini lebih menghemat penggunaan gas dibandingkan burner api. Tentu saja, alat bisa langsung dibersihkan tanpa harus membuang sisa arang terlebih dulu. Dengan alat pemanggang ini, Anda tak perlu takut makanan gosong. Pasalnya, panas yang dihasilkan lebih stabil serta diatur levelnya melalui knopnya.

Sumber daya Gas
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Pemantik otomatis
Ukuran/dimensi 70 cm x 20 cm x 25 cm
Bobot keseluruhan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp840.000

3. Progas BBQ Grill 2 in 1

Sumber: Shopee.co.id

Desain portable yang cocok untuk berkemah

Jika Anda hendak berkemah dan ingin melakukan grill party di malam hari, Anda bisa membawa alat pemanggang ini. Selain berdesain compact, pemanggang ini dilengkapi koper penyimpanan yang menjadikan mudah dibawa-bawa. Untuk sumber panasnya berasal dari gas kaleng yang bisa Anda beli di berbagai pusat perbelanjaan.

Dengan produk ini, Anda tidak perlu membawa grill pan terpisah karena sudah built-in di atasnya. Bentuk piringannya pun unik, yakni bertekstur gelombang dengan lubang-lubang di tepi piringan untuk mengurangi minyak berlebih. Tenang saja, Progas telah menyematkan wadah penampung khusus agar minyak yang keluar bisa Anda buang di tempat seharusnya.

Sumber daya Gas
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur
Ukuran/dimensi 42 cm x 27 cm x 11 cm
Bobot keseluruhan 3,2 kg
Kisaran harga Rp390.000

4. Maspion BLG-PIBR37 Panggangan Bromo Grill

Sumber: Logamjawa.id

Model pemanggang klasik berbahan bakar arang

Meskipun banyak inovasi alat panggang yang bisa mengeliminasi asap, terkadang cita rasa bakaran khaslah yang dicari orang. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda tetap bisa menikmati rasa makanan yang smokey dengan produk satu ini. Bersumber panas dari arang, hasil panggangan pun kaya rasa yang menggugah selera.

Maspion BLG-PIBR37 disertai tutup. Jadi, Anda tidak akan terganggu oleh asap yang dikeluarkan. Di saat bersamaan, hidangan pun menyimpan rasa spesial yang tidak bisa disajikan oleh pemanggang nonarang. Ukurannya tidak terlalu besar, Anda pun semakin praktis memindahkannya ke lokasi Anda ingin mengadakan barbeque party.

Sumber daya Arang
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur
Ukuran/dimensi 37 cm x 37 cm x 44 cm
Bobot keseluruhan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp399.755

5. Heles Harnic HSM 030 Electric Grill

Sumber: Shopee.co.id

Dua sisi piringan untuk hidangan yang matang merata

Pemanggang elektrik satu ini memiliki dua sisi piringan yang akan menjepit bahan makanan Anda. Kedua sisi piringannya akan memanas untuk melakukan proses pemanggangan secara bersamaan. Dengan demikian, Anda tidak perlu membolak-balik makanan. Cukup menunggu beberapa saat, makanan yang matang merata siap dihidangkan!

Pelat pemanggang dari Heles ini terbuat dari bahan antilengket. Tak cuma itu, alat pemanggang ini dilengkapi wadah minyak untuk menampung minyak ekses. Uniknya lagi, tersedia pula garpu khusus untuk membersihkan kulit daging yang melekat pada permukaan piringan. Bagaimana, tertarik membelinya?

Sumber daya Listrik
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Lampu LED indikator
Ukuran/dimensi 24 cm x 19 cm x tinggi tidak disebutkan
Bobot keseluruhan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp210.000

6. Niko NK-GR4 BBQ Grill

Sumber: Shopee.co.id

Dilengkapi tutup tungku dari kaca yang mudah dibersihkan

Jika Anda bermaksu menjual sosis bakar, Anda bisa mengandalkan pemanggang dari Niko satu ini. Terdiri dari 4 buah tungku pembakaran, Anda bisa memanggang lebih banyak sosis dalam satu kali panggangan. Anda juga bisa menghubungkannya dengan gas LPG ukuran 3 kg atau 12 kg sesuai kebutuhan.

Burner-nya terbuat dari infrared untuk menjamin setiap makanan matang dengan cepat dan serempak. Menariknya lagi, Niko menambahkan kaca pelindung tahan panas untuk meminimalkan asap, memastikan perataan panas, serta memudahkan proses pembersihan. Selain sosis, Anda bisa menggunakan pemanggang ini untuk berbagai olahan lain, seperti sate ayam, daging, ikan, dan bahkan sayuran!

Sumber daya Gas
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Pelindung kaca tahan panas
Ukuran/dimensi 58 cm x 40 cm x 18 cm
Bobot keseluruhan 9,7 kg
Kisaran harga Rp765.000

7. Akebonno TW-101 Mini Electric Grill Mr. Sate

Sumber: Akebonno-online.com

Ukurannya mini, mudah disimpan di berbagai tempat!

Pemanggang satu ini memiliki ukuran yang tergolong mungil, membuatnya cocok ditaruh di atas meja saat makan bersama. Selain mini, desain sleek dan bobot ringannya memungkinkan alat ini bisa disimpan di dalam lemari atau kolong meja saat tidak dipakai.

Bicara kualitas, pemanggang Akebonno ini telah dilapisi bahan antilengket. Tekstur permukaan bergelombang menjamin daging minim minyak, serta menampilkan hasil panggangan layaknya menggunakan arang. Adanya fitur pengatur suhu dan lampu indikator on/off membantu Anda peroleh level kematangan yang optimal.

Sumber daya Listrik
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Knop pengatur suhu, lampu indikator on/off
Ukuran/dimensi 19,5 cm x 24,5 cm x 7 cm
Bobot keseluruhan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp280.000

8. Severin RG 2686 Mini Raclette Grill

Sumber: Severin.com

Ingin memanggang dan menggoreng bersamaan? Gunakan produk ini!

Severin RG menggunakan lapisan antilengket yang memungkinkan Anda memanggang daging tanpa menambahkan sedikit minyak atau mentega. Produk ini bisa menjadi pilihan Anda yang mengontrol asupan lemak harian.

Alat pemanggang ini terbagi menjadi dua tingkat. Tingkat atas didesain bergelombang untuk memanggang beraneka daging. Sementara di tingkat bawah terdiri dari 4 buah mini pan untuk menggoreng telur, omelette, sosis, dan sebagainya. Pemanggang ini dapat dibongkar pasang sehingga mudah untuk dibersihkan.

Sumber daya Listrik
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Tombol on/.off dengan lampu
Ukuran/dimensi 21 cm x 21 cm x 12 cm
Bobot keseluruhan 1,6 kg
Kisaran harga Rp799.000

9. Modena BB 1046 G 4 Burner Grill BBQ

Sumber: Modena.co.id

Dilengkapi pengatur ketinggian panggangan untuk kematangan yang pas

Modena memproduksi alat pemanggang dengan pengatur ketinggian panggangan untuk memastikan hidangan matang luar dalam. Fitur pengatur ketinggian ini bisa disetel sesuai kebutuhan Anda hingga maksimal 20 cm.

Didukung 4 buah tungku infrared berbahan bakar gas tekanan rendah, pemakaian gas tetap irit. Pada bagian atas tungku pembakaran terpasang kaca pelindung sebagai penyebar panas yang merata. Produk ini cenderung awet berkat tray-nya yang terbuat dari stainless steel sehingga antikarat.

Sumber daya Gas
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Pengatur ketinggian panggangan, tutup antipanas
Ukuran/dimensi 57,5 cm x 42,5 cm x 20 cm
Bobot keseluruhan 8,5 kg
Kisaran harga Rp835.000

10. Huan Yi HY9098 Electric Barbeque Grill Set 3 Piringan

Satu alat pemanggang dengan 3 pilihan piringan

Produk ini dibekali 3 pilihan bentuk piringan, yakni baking tray berlapiskan antilengket pada tingkat paling atas, panggangan stainless steel di bawahnya, dan dua mini pan di tingkatan paling bawah. Mulai dari menumis, memanggang, sampai menggoreng, semua bisa dilakukan dengan alat ini!

Anda bisa memakai alat ini untuk memanggang daging dan ikan, menggoreng telur, bahkan menumis sayur sekaligus. Oleh karena tidak mengeluarkan asap, Huan Yi HY9098 cocok Anda jadikan panggangan indoor. Meski tampak detail, susunan komponennya dapat Anda lepas. Dengan begitu, kebersihan alat tetap terjaga!

Sumber daya Listrik
Teknologi infrared
Ketersediaan fitur Stainless steel heating, anti-scalding anti-slip handkerchief
Ukuran/dimensi 25 cm x 15 cm x 8 cm
Bobot keseluruhan 1,3 kg
Kisaran harga Rp295.000

Lihat juga rekomendasi wajan panggang terbaik di sini!

Dari mulai proses pemanggangan sampai pembersihan, Anda akan merasakan kemudahan dengan memakai wajan khusus pemanggang. Biasa disebut grill pan, produk ini dapat Anda jadikan alternatif untuk aktivitas memanggang di rumah.

Apa saja yang mesti diperhatikan ketika Anda bermaksud membeli wajan panggang? Untuk memahami lebih lanjut, kami telah merangkum cara memilih beserta produk rekomendasinya pada halaman berikut. Silakan dibaca!

10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik

Kesimpulan

Berdasarkan lokasi penggunaan, alat pemanggang dibedakan menjadi indoor dan outdoor. Sumber pemanas memang memengaruhi lokasi penggunaan alat, namun Anda juga harus menyesuaikan karakteristik pemanggang dengan kebutuhan.

Selain untuk memanggang, sejumlah produk dirancang dengan kemampuan tambahan, seperti menggoreng dan menumis. Saat memilih alat pemanggang, penting untuk memastikan komponennya mudah dibersihkan. Jadi, mana produk pemanggang yang hendak Anda pilih? Selamat menentukan!

(Visited 139 times, 3 visits today)