Written by 16:04 Peralatan Dapur

10 Rekomendasi Wajan Pemanggang (Grill Pan) Terbaik

Banyak cara bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat. Salah satunya dengan mengadakan acara barbeque party di rumah. Untuk mendukung acara ini, Anda akan membutuhkan wajan pemanggang khusus atau yang biasa disebut grill pan. Grid logam pada permukaan grill pan dapat menyebarkan panas lebih merata. Jadi, masakan akan matang sempurna dalam waktu singkat.

Meskipun fungsi dasarnya sama, terdapat berbagai tipe grill pan, jika dilihat dari material dasar, bentuk, dan ukurannya. Merek yang beredar di pasaran pun beragam, seperti The Lodge, Maxim, dan Happycall, dengan harga yang tentu bervariasi. Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan grill pan impian sekaligus memberikan rekomendasi produk. Mari kita mulai pembahasannya!

Perbedaan Grill Pan dan Griddle Pan

Sumber: Shopee.co.id

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mengetahui perbedaan grill pan dengan griddle pan. Keduanya termasuk jenis wajan pemanggang, tetapi terdapat beberapa perbedaan karakteristik yang membuat hasil masakan keduanya sedikit berbeda. Pada permukaan grill pan, terdapat bagian gerigi naik-turun untuk memberikan efek burning pada hasil panggangan.

Sementara itu, griddle pan memiliki permukaan datar yang membuat tampilan hasil panggangan bersih polos. Sebagian orang lebih menyukai hasil panggangan grill pan karena efek burning-nya membuat tampilan masakan lebih menggugah selera. Meski begitu, Anda perlu mengontrol penggunaan minyak pada grill pan untuk menghindari hasil masakan terlalu oily.

Cara Memilih Wajan Pemanggang (Grill Pan)

Pada bagian ini, kami akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli produk grill pan. Di antaranya adalah material dasarnya, ukuran, bentuk, dan lain-lain. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pilih Grill Pan berdasarkan Material Body-nya

Mendapatkan grill pan yang cocok bisa dimulai dari mengetahui material dasarnya. Sedikitnya terdapat tiga jenis material yang paling umum digunakan, yakni cast iron atau besi cor, besi, dan keramik. Lalu, apa sih, karakteristik ketiga bahan tersebut?

Cast Iron: Menyimpan Panas dengan Baik untuk Masakan Matang Sempurna

Sumber: Ikea.co.id

Kelebihan cast iron terletak pada kemampuannya menyimpan panas sehingga masakan Anda dapat matang sempurna hingga ke dalam. Kandungan karbonnya yang lebih tinggi menghasilkan radiasi inframerah yang kuat. Grill pan dari material cast iron cocok untuk memanggang bahan masakan yang tebal seperti steak daging sapi.

Anda perlu memberikan perhatian ekstra dalam perawatannya karena sayangnya material ini mudah berkarat jika tidak dirawat dengan baik. Selain itu, wajan pemanggang dari cast iron kurang fleksibel untuk dibawa-bawa karena bobotnya sangat berat. Namun, bobot yang berat ini justru membuat build quality-nya kukuh sehingga relatif lebih tahan lama.

Besi: Membantu Anda Menghemat Waktu Karena Lebih Cepat Menghantarkan Panas

Sumber: Shopee.co.id

Material besi telah dikenal luas sebagai bahan konduktor yang sangat baik. Grill pan yang terbuat dari besi mampu menghantarkan panas dengan cepat ke seluruh permukaan pan. Hal ini membuat Anda bisa memotong waktu memanggang sehingga waktu Anda lebih banyak digunakan untuk menikmati quality time bersama orang terdekat.

Grill pan besi cocok untuk memanggang daging yang diiris kecil-kecil agar kematangannya dapat lebih mudah dikontrol. Namun, Anda perlu berhati-hati agar panggangan Anda matang merata dan tidak gosong. Tak hanya itu, material besi dapat memberikan tambahan kandungan zat besi pada masakan Anda, terutama jika yang dimasak bersifat asam.

Keramik: Mampu Menjaga Kandungan Nutrisi dalam Makanan

Sumber: Shopee.co.id

Grill pan dari keramik mampu menjaga kandungan air pada masakan sehingga nutrisi di dalamnya tidak mudah menguap. Selain itu, material ini memiliki kelebihan antigores dan antilengket sehingga perawatannya lebih mudah. Dengan material keramik, Anda tak perlu khawatir grill pan berkarat setelah lama digunakan.

Keunggulan istimewa bahan keramik adalah kemampuannya dalam mengempukkan daging. Hasil masakan daging pada perabot keramik relatif lebih empuk daripada ketika dimasak dengan material lainnya. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati ketika membersihkannya agar lapisan antigores tidak terkikis. Pilihlah bahan keramik dengan coating fosfor agar grill pan lebih mudah dibersihkan.

Sesuaikan Ukuran Grill Pan dengan Porsi Memasak Anda

Agar lebih convenient, sebaiknya Anda menyesuaikan ukuran grill pan dengan kebutuhan memasak. Grill pan yang terlalu kecil atau terlalu besar akan cukup menyulitkan Anda ketika memanggang. Ukuran standar grill pan ada pada kisaran 20 – 30 cm. Grill pan berdiameter di atas 30 cm masuk dalam kategori grill pan jumbo sehingga cocok untuk kegiatan barbeque party.

Untuk penggunaan sehari-hari di rumah, Anda lebih disarankan memilih grill pan berukuran standar. Ukuran standar membuatnya lebih mudah dibersihkan dan disimpan kembali karena tidak membutuhkan space yang terlalu besar di dapur Anda. Jika Anda sering mengadakan acara yang mengundang banyak orang, memanggang dengan grill pan besar tentu akan lebih cepat.

Pertimbangkan Bentuk Body Grill Pan untuk Kemudahan Memasak

Grill pan memiliki bermacam-macam variasi bentuk. Bila ditarik garis besarnya, bentuk umum grill pan adalah lingkaran dan segi empat. Ada juga grill pan yang disertai Handle grip dan tidak disertai Handle grip. Nah, dari berbagai bentuk tersebut, mana yang kira-kira lebih sesuai untuk Anda?

Bentuk Segi Empat: Permukaannya Terasa Lebih Luas

Grill pan berbentuk segi empat membuat permukaannya terkesan lebih luas berkat sudut-sudutnya. Jika Anda senang memanggang bahan masakan berukuran lebar seperti ikan dan steak, bentuk ini akan lebih nyaman karena permukaannya lebih lega.

Bentuk ini juga memungkinkan Anda memasukkan banyak bahan masakan sekaligus. Jadi, akan sangat menghemat waktu terutama bagi yang senang memasak banyak. Namun, grill pan segi empat mungkin akan lebih memakan ruang ketika disimpan.

Bentuk Lingkaran: Lebih Praktis

Grill pan berbentuk lingkaran adalah pilihan yang paling populer. Bentuk bulatnya membuat pan ini lebih hemat tempat dan mudah diletakkan di mana pun. Grill pan bulat juga cocok digunakan untuk memasak beramai-ramai karena masakan lebih mudah dijangkau dari sudut manapun.

Grill pan bulat seringkali digunakan sebagai wajan yakiniku karena lebih fleksibel. Selain itu, Anda bisa menggunakannya sebagai hot plate agar masakan dapat disajikan dalam keadaan panas lebih lama. Jika Anda lebih mengutamakan kemudahan penyimpanan, grill pan lingkaran akan menjadi pilihan yang tepat.

Grill Pan yang Dilengkapi Gagang Relatif Lebih Mudah Digunakan

Sumber: Signora.id

Grill pan terbuat dari material penghantar dan penyimpan panas yang baik sehingga membuatnya tidak cepat dingin setelah api dimatikan. Oleh karenanya, grill pan yang disertai gagang akan lebih nyaman untuk digunakan.

Keberadaan gagang akan membuat grill pan lebih stabil ketika digunakan karena Anda bisa menggenggamnya dan menjaganya agar tidak mudah bergerak. Selain itu, ia juga dapat melindungi tangan Anda dari sengatan panas. Namun, Anda tetap perlu waspada dengan cipratan minyak dari masakan Anda agar tak melukai tangan.

Jenis Kompor Induksi memerlukan Material Grill Pan Khusus

Jika Anda menggunakan kompor induksi, perlu diperhatikan bahwa tidak semua grill pan cocok digunakan untuk jenis kompor ini. Terdapat dua material pan yang ideal untuk kompor induksi yakni bahan stainless steel dan besi. Hal ini karena kedua bahan ini memiliki daya magnetis yang bagus sehingga lebih mudah untuk cara pemanasan dengan metode induksi.

Tak sulit untuk mengetahui apakah wajan yang Anda inginkan cocok untuk kompor induksi karena biasanya informasi ini dicantumkan di kemasannya. Saat ini juga banyak tersedia wajan dengan tambahan pelat besi pada bagian bawahnya, agar dapat fleksibel digunakan untuk semua jenis kompor.

Pertimbangkan Ketersediaan Fitur Tambahan Lainnya

Anda mungkin menginginkan grill pan dengan kemampuan spesifik tertentu. Perhatikan apakah grill pan yang hendak Anda beli memiliki fitur tambahan yang Anda butuhkan. Grill pan dengan banyak fitur tentu akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Ekses Minyak Dapat Keluar dengan Mudah Berkat Fitur Oil Drain

Sumber: Shopee.co.id

Memanggang daging seringkali meninggalkan ekses minyak pada panggangan Anda. Meski tidak menggunakan minyak ketika memanggang, daging secara alami mengeluarkan minyak yang berasal dari lemak hewani. Minyak yang terlalu banyak akan mengurangi citarasa daging dan membuat tampilannya kurang appetizing.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih grill pan dengan fitur oil drain. Fitur ini dapat secara otomatis menguras minyak berlebih dari permukaan grill pan sehingga hasil panggangan daging lebih crispy dan tidak becek. Grill pan dengan fitur oil drain ini juga cocok bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi minyak.

Grill Pan Disertai Tutup untuk Cara Memasak Lebih Beragam

Sumber: Shopee.co.id

Jika Anda berencana menggunakan grill pan untuk jenis masakan lainnya, produk yang disertai tutup akan ideal. Grill pan yang disertai tutup membuat Anda dapat memasak tumisan hingga merebus. Keberadaan tutup juga menambah stabilitas sirkulasi panas sehingga masakan dapat matang lebih merata.

Sebaiknya pilih penutup grill pan berbahan kaca sehingga Anda bisa lebih mudah memantau proses memasak. Jika Anda hendak memasak menggunakan microwave, Anda perlu mengecek apakah tutup kaca tersebut aman dimasukkan ke dalamnya.

Fitur Sistem Pengunci Magnetis yang Bisa Membolak-balik Masakan

Bagi Anda yang takut terkena cipratan minyak panas, bentuk pan dua sisi dapat Anda pilih. Sistem pengunci magnetis membuat Anda dapat dengan bebas membolak-balik masakan tanpa khawatir minyak menyiprat ke tubuh Anda. Selain itu, pan dua sisi membuat masakan Anda lebih cepat matang karena panas terperangkap dengan baik.

Bentuk pan semacam ini biasanya dilengkapi gagang yang kuat untuk mendukung fungsinya. Double pan berkualitas tidak akan bocor ketika dibolak-balik karena sistem pengunci magnetis yang andal. Anda bisa memasak jenis masakan apapun dengan pan jenis ini. Kekurangan pan jenis ini ada pada banderol harganya yang cukup mahal.

10 Rekomendasi Wajan Pemanggang (Grill Pan) Terbaik

Di bawah ini kami telah menyiapkan 10 rekomendasi merek wajan pemanggang terbaik versi PickyBest. Jangan lupa untuk mempertimbangkan poin-poin yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya untuk mendapatkan produk yang paling sesuai. Simak review selengkapnya berikut ini.

1. Han River HRSKG01BK 2 in 1 Grill Electric BBQ

Sumber: Shopee.co.id

Dapatkan fungsi memanggang dan merebus dalam satu pan praktis

Penggemar Drama Korea pasti tidak asing lagi dengan kegiatan memanggang yang dibarengi dengan memasak rebusan sayuran. Jika Anda menginginkan style memanggang ala Korea, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada permukaannya terdapat dua kompartemen terpisah untuk fungsi memanggang dan merebus.

Bagian panci rebusan dilengkapi dengan tutup kaca agar rebusan Anda lebih cepat matang. Permukaan pan dilengkapi dengan coating antilengket dan smoke-free untuk mengurangi timbulnya asap selama proses memanggang. Tak hanya itu, Anda dapat menyesuaikan temperaturnya dengan lima pilihan tingkatan panas

Material body Aluminium
Ukuran 45 x 16 x 39 cm
Sumber pemanas Listrik
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp230.000

2. The Lodge Square Grill Pan – 10,5 Inch

Spesialis pemanggangan dengan build quality yang kukuh

Pan ini cocok untuk Anda yang hobi memanggang daging dengan berbagai style seperti grilling, searing, broiling, dan sejenisnya. Terbuat dari material cast iron yang terkenal dengan kualitas materialnya, The Lodge Square Grill Pan memiliki build quality kukuh dan sangat tahan panas. Grill pan ini dapat Anda gunakan untuk jangka waktu yang lama jika Anda merawatnya dengan baik.

Grid logam pada permukaannya tegas dan tebal sehingga akan menghasilkan grill mark yang jelas pada masakan Anda, membuat tampilannya lebih cantik dan menggugah selera. Pada bagian ujung atas dan bawah juga dilengkapi handle untuk mengontrol gerak pan ketika memasak serta memudahkan penyimpanan dengan cara digantung.

Material body Cast iron
Ukuran 10,5 inch / ± 26,6 cm
Sumber pemanas Kompor gas, griller, kompor induksi
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp1.828.000

3. BOLDë Super Grill Pan Blackpink – 28 Cm

Grill pan ramah lingkungan tanpa kandungan bahan kimia berbahaya

Jika Anda berencana memulai hidup sehat, Anda bisa mengawalinya dengan menggunakan perabot memasak dari BOLDë yang satu ini. Grill pan ini terbuat dari bahan keramik berlapis granit yang bebas dari bahan kimia berbahaya bagi tubuh. Selain itu, materialnya dilengkapi dengan Eco Green Technology sehingga lebih ramah lingkungan.

Desain pan terdiri dari perpaduan warna hitam dan merah muda yang elegan dengan freckle putih khas granit. Coating granit membuat grill pan ini antilengket dan antigores. Bagian Handle grip terbuat dari material kayu yang mantap digenggam dan menancap kuat karena menggunakan sistem rivet. Anda bisa dengan mudah menggantungnya karena terdapat lubang kecil di ujung handle.

Material body Keramik dengan coating granit
Ukuran 28 cm
Sumber pemanas Semua jenis kompor
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp220.000

4. Happycall Double Pan Titanium Jumbo – 30 Cm

Double pan kualitas premium untuk hasil masakan layaknya chef profesional

Happycall terkenal dengan produk double pan berkualitas dan best seller. Hal ini tidak mengherankan karena wajannya terbuat dari material berkualitas dan teruji. Pada produknya yang satu ini, Happycall menggunakan bahan baku high-quality titanium untuk membuat masakan layaknya koki profesional dengan effortless. Pelapisnya dilengkapi teknologi oil tray yang mampu mencegah peresapan cairan sehingga pan senantiasa bersih dan antilengket.

Pan atas dan bawah dihubungkan dengan segel silicone gasket tersertifikasi FDA sehingga lebih aman dari kebocoran dan mampu memerangkap panas agar masakan lebih cepat matang. Tak hanya itu, bagian Handle grip dilengkapi klep magnet untuk kuncian yang presisi membuat pan benar-benar tertutup rapat. Anda pun bisa membolak-balik masakan dengan aman dan nyaman.

Material body Titanium
Ukuran 30 cm
Sumber pemanas IH, kompor elektrik, kompor gas, vitro ceramic
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp999.000

5. Xinmao Square Grill Pan – 20 Cm

Sumber: Shopee.co.id

Mini grill pan harga terjangkau dan mudah dibawa-bawa

Jika Anda malas menggunakan grill pan berukuran besar, produk ini layak Anda pertimbangkan untuk dimiliki. Diameternya hanya 20 cm membuat Anda tidak membutuhkan banyak ruang untuk menaruhnya. Istimewanya lagi, bagian gagang terbuat dari kayu yang bisa dilipat ke depan agar penyimpanannya semakin convenient. Tak hanya itu, Anda bisa mendapatkan grill pan ini dengan harga empat puluh ribuan saja!

Grill pan ini cocok dibawa traveling atau untuk kegiatan alam seperti berkemah karena ukurannya yang mini dan mudah disimpan. Coating terbuat dari bahan teflon antilengket sehingga Anda bisa memasak tanpa minyak di atasnya. Pada bagian pinggir wajan terdapat saluran khusus yang berfungsi untuk memisahkan minyak dari bahan masakan untuk menjaga tekstur panggangan Anda.

Material body Aluminium berlapis teflon
Ukuran 20 cm
Sumber pemanas Semua jenis kompor
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp45.000

6. Hi-Cook Grill Plate GP-25

Grill plate yang memberikan pengalaman ala restoran all you can eat

Apakah Anda penggemar restoran all you can eat? Jika ya, grill plate satu ini wajib Anda masukkan wishlist! Hi-Cook Grill Plate dapat memberikan Anda pengalaman memanggang seperti di restoran all you can eat. Produk ini terdiri dari badan grill yang terbuat dari stainless steel serta piringan grill antilengket untuk menaruh daging atau menu yakiniku lainnya.

Material stainless steel memiliki bobot yang ringan serta tahan terhadap korosi sehingga Anda bisa lebih tenang menggunakannya sehari-hari. Dengan produk ini, Anda bisa menikmati menu yakiniku di rumah bersama keluarga dan kerabat terdekat, hal ini tentunya juga dapat menghemat budget Anda daripada harus mengeluarkan biaya untuk makan di restoran.

Material body Stainless steel
Ukuran 25 cm
Sumber pemanas Kompor Gas, kompor listrik
Handle grip Tidak
Kisaran harga Rp165.000

7. Moegen Bulgogi Pan – 32 Cm

Grill pan multifungsi dengan fitur oil drain dan tutup kaca tempered glass

Jika Anda tengah mencari grill pan yang dapat digunakan untuk memasak dengan berbagai cara, produk ini dapat mengakhiri pencarian Anda. Dengan bentang pan sebesar 32 cm yang disertai tutup kaca tempered glass, Anda dapat bebas berkreasi memanggang, menumis, bahkan merebus! Grill pan ini dilengkapi dengan fitur oil drain yang menguras ekses minyak dan mengeluarkannya lewat pengunci yang berada di tengah permukaan wajan.

Kuncian ini bersifat fleksibel yang bisa dikencangkan atau dikendurkan sesuai jenis masakan Anda. Untuk hasil panggangan lebih sehat dan minim minyak, kendurkan kunciannya. Sedangkan untuk masakan rebusan, kencangkan kuncian agar tidak terjadi kebocoran. Tak hanya itu saja, lapisan coating marble membuat wajan ini mudah dibersihkan, antilengket, dan tahan goresan.

Material body Tidak disebutkan
Ukuran 32 cm
Sumber pemanas Kompor gas, kompor listrik
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp225.000

8. Cypruz Grilled Pan BBQ – 28 Cm

Penyajian masakan lebih mudah dengan cekungan di kedua sisi grill pan

Menyajikan masakan ke wadah seringkali menjadi hal yang merepotkan, apalagi jika Anda memasak dalam porsi cukup banyak. Worry no more, Cypruz Grilled Pan satu ini dapat menjadi andalan Anda untuk menuangkan masakan dengan mudah. Ini berkat desain cekungan di kedua sisinya yang memudahkan Anda menuang masakan dari pan ke piring saji.

Selain mempercantik desainnya, pelapis dari bahan marble membuat wajan ini lebih mudah dibersihkan dan aman dari zat kimia berbahaya. Sebagai proteksi tambahan, bagian handle dilapisi dengan kayu yang dapat menghalau panas dengan baik. Anda pun bisa menggeser grill pan dengan lincah tanpa takut panas.

Material body Tidak disebutkan
Ukuran 28 x 28 x 4,5 cm
Sumber pemanas Semua jenis kompor
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp257.000

9. Omicko Multi Grill Pan

Sumber: Shopee.co.id

Menghasilkan tekstur panggangan berbeda dalam satu grill pan

Grill pan ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil panggangan yang polos dan burn dalam satu waktu. Wajan persegi panjang ini terbagi menjadi 2 area, satu sisi merupakan wajan polos (griddle pan), sedangkan sisi lainnya terdapat tonjolan logam grilling. Dua tekstur ini akan menghasilkan tampilan masakan yang berbeda.

Terbuat dari material baja tebal berlapis marble untuk memastikan build quality yang kukuh dan antilengket. Pada bagian sisinya terdapat saluran khusus yang berfungsi menampung ekses minyak agar tidak mengontaminasi masakan Anda. Hasil grill menjadi lebih sehat dengan kandungan minyak yang minim.

Material body Besi baja berlapis marble
Ukuran 47 x 27 x 2 cm
Sumber pemanas Tidak disebutkan
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp155.000

10. Maxim Superlite Grill Pan Multiguna – 28 Cm

Cara memasak lebih beragam dengan dua tekstur pan

Satu lagi produk grill pan yang dapat menghasilkan dua tekstur panggangan yang berbeda dalam satu wajan. Berbeda dengan Omicko grill pan, Maxim menambahkan sekat khusus agar pan terbagi menjadi dua bagian yang berbeda. Hasilnya, Anda bisa memanggang daging sapi atau ayam sekaligus memasak rebusan.

Dilengkapi dengan non-stick black diamond coating, Anda tak perlu khawatir dengan goresan atau bahan masakan akan menempel pada pan. Pegangan melekat kuat dengan lapisan tahan panas membuat grip-nya lebih mantap untuk menambah kenyamanan Anda saat menggunakan wajan ini. Tertarik membelinya?

Material body Aluminium, coating black diamond
Ukuran 28 cm
Sumber pemanas Kompor gas, kompor induksi
Handle grip Ya
Kisaran harga Rp467.000

Cara Merawat Grill Pan

Sama seperti perabotan masak lainnya, grill pan juga memerlukan perawatan agar tetap nyaman setiap kali digunakan dan usia pakainya bisa lebih lama. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya jangan langsung mencuci grill pan dalam keadaan panas karena dapat mengurangi kualitas materialnya. Tunggu hingga suhunya menurun, kemudian bersihkan sisa minyak dengan lap agar proses pencucian lebih mudah.

Setelah minyak terangkat, cuci grill pan menggunakan sabun dan bilas dengan air hangat. Selalu simpan kembali grill pan Anda dalam keadaan kering agar potensi timbulnya karat dapat berkurang. Untuk mencegah scratch akibat gesekan dengan perabotan lain, sebaiknya simpan grill pan dengan cara digantung alih-alih menumpuknya dalam kabinet.

Kesimpulan

Memasak menggunakan grill pan memberikan pengalaman memasak yang berbeda dengan wajan biasa. Sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek pada produk grill pan sebelum membelinya agar barang yang Anda dapatkan bisa sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi Anda.

Saat produk grill pan sudah ada di tangan, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik agar dapat Anda gunakan untuk waktu yang lama. Jika wajan pemanggang Anda awet, Anda bisa mengalihkan budget untuk hal lainnya yang lebih penting. Kunci perawatan grill pan ada pada pembersihan dan penyimpanannya. Semoga artikel ini bisa memudahkan Anda dalam pencarian grill pan impian Anda, ya!

(Visited 883 times, 11 visits today)