Hobi

10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik

Baitcasting reel adalah alternatif reel yang dapat Anda pakai untuk memancing dengan teknik casting. Selain akurasinya tinggi, reel ini juga lebih andal untuk memancing ikan besar seperti bass, yellowtail, dan banyak lagi. Kendati banyak diminati, karena tidak gampang dikuasai, banyak pemancing yang enggan pakai reel ini. Apakah Anda salah satunya?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar cepat mahir menggunakan baitcasting reel adalah memilih reel yang tepat. Banyaknya merek di lapangan, seperti Abu Garcia, Shimano, atau KastKing, mungkin akan membuat Anda bingung. Sebab itu, artikel ini akan membantu Anda memilih baitcasting reel beserta menengok rekomendasinya. Ikuti pembahasannya dengan teliti, ya!

Mengapa Pakai Baitcasting Reel?

Baitcasting reel merupakan penggulung senar pancing yang khusus digunakan untuk memancing dengan teknik casting. Sederhananya, casting adalah teknik di mana pemancing melemparkan lure (umpan buatan) ke sasaran lalu menggulungnya dengan cepat. Proses ini dilakukan berulang kali sampai umpan disambar ikan. Teknik ini memang menuntut akurasi dan stamina tinggi dari pemancing.

Teknik casting dapat memakai spinning reel maupun baitcasting reel, tergantung skenarionya. Bila hanya menyasar ikan ukuran kecil atau standar, spinning reel sudah cukup. Sementara ikan yang besar lebih ideal pakai baitcasting reel. Sebabnya, kemampuan drag reel ini lebih besar. Selain itu, ia dapat dipasangkan dengan senar pancing yang lebih berat, (biasanya 10 lbs ke atas) dan lebih kuat pula.

Meski demikian, pengoperasian reel ini cukup tricky. Pemancing perlu melakukan pra-tuning yang teliti, begitu pun kontrol yang presisi saat casting. Ketika lure dilempar, spool (tempat senar bergulung di reel) akan berputar mengulur senar. Jika tuning-nya kurang pas, spool dapat berputar lebih cepat dari laju senar dan menghasilkan bird’s nest alias backlash (kusut).

Sebelum lure-nya terkena permukaan air, pemancing juga perlu menyetop laju spool dengan jempol. Agar tahu timing penyetopan ini, diperlukan pengalaman dari latihan yang banyak. Inilah sebabnya mengapa baitcasting reel umumnya digunakan oleh pemancing berpengalaman. Karena itu, tentu saja bukan pilihan terbaik sebagai reel pertama untuk Anda yang baru ingin terjun ke olahraga ini.

Jadi, bila Anda sudah pernah mencoba casting dengan spinning reel, sekarang adalah saat yang tepat untuk memperluas skill Anda. Sedangkan Anda yang baru mau mulai belajar memancing sebaiknya gunakan spinning atau spincast reel saja terlebih dulu.

Cara Memilih Baitcasting Reel

Memilih baitcasting reel sama tricky-nya dengan penggunaannya. Ada banyak hal yang jadi pertimbangan, mulai dari penyesuaian posisi handel, gear ratio, bearing, kapabilitas drag, hingga sistem pengeremannya.

Sesuaikan Posisi Handel dengan Gaya Casting Anda

blank

Banyak yang bilang bahwa posisi handel reel harus mengikuti tangan dominan. Walaupun ini benar adanya, kenyataannya tidak selalu begitu. Banyak pula pemancing yang lebih nyaman menahan joran dengan tangan dominan dan reeling dengan tangan nondominan.

Di internet, perhatikanlah video pemancing profesional yang berhadapan dengan ikan besar yang memberi tarikan kuat. Jika mereka dominan tangan kanan dan reeling dengan tangan itu sementara menahan joran di tangan kiri, saat ikan menarik senar dengan sangat kuat, pemancing akan berhenti me-reeling dan menahan joran dengan tangan kanannya.

Ini adalah refleks yang wajar, karena menurut penelitian tangan dominan kita memang 10 persen lebih kuat dibanding yang nondominan. Menahan joran dan melempar lure memerlukan kekuatan lebih dibanding reeling. Sebab itu, di atas kertas, lebih masuk akal memilih reel yang handelnya di tangan nondominan.

Tetapi, prinsip ini pun tidak mutlak karena ada pula yang melempar lure maupun reeling di tangan dominan. Pemancing seperti ini, setelah melempar lure akan mengoper joran ke tangan nondominan, lantas reeling dengan tangan dominan.

Karena cenderung subjektif, kami sarankan untuk menyesuaikan posisi handel dengan gaya casting Anda. Kalau Anda terbiasa reeling dengan tangan dominan, maka pilih yang handelnya di situ pula. Sebaliknya, bila Anda tipe pemancing yang bisa reeling dengan tangan nondominan, maka pilih reel yang posisi handelnya di tangan nondominan.

Tentukan Gear Ratio yang Pas

blank

Gear ratio menunjukkan berapa kali spool berputar setiap satu kali putaran handel. Reel dengan gear ratio 6.1:1, berarti satu kali putaran handel akan membuat spool berputar 6.1 kali. Semakin besar angkanya, semakin cepat putarannya. Maka, semakin cepat putaran spool, semakin banyak pula senar yang tergulung.

Kendati demikian, gear ratio terbaik tidak serta merta yang paling besar. Pasalnya, pada teknik tertentu gear ratio yang lebih kecil justru lebih baik. Misalnya saat menggunakan deep diving crankbait. Akibat bibirnya yang menahan air (hard pulling), semakin cepat ditarik, semakin besar pula resistansi yang dihasilkan. Dampaknya, diperlukan tenaga lebih besar ketika reeling.

Gear ratio besar baru diperlukan saat melakukan casting yang temponya cepat karena lebih efisien. Terutama di area perairan terbatas yang penuh vegetasi, sehingga lure dapat dijaga mengambang dekat permukaan. Lure yang biasa dipakai di gear ratio besar adalah lure seperti lipless crankbait, jig, worm, dan banyak lagi.

Pemancing profesional atau yang berpengalaman senang memakai reel dengan gear ratio 6.4:1 ke atas karena mengejar efisiensinya. Sementara saat perlu reeling lambat, mereka dapat menyesuaikan kecepatan reeling karena sudah punya feeling yang kuat. Hal ini belum bisa dilakukan mereka yang pemula, karena itu, jangan pakai yang gear ratio-nya tinggi. Pakai yang 6.4:1 ke bawah saja.

Sebagai faktor tambahan, Anda juga dapat memeriksa besar Inch Per Turn (IPT) yang menunjukkan seberapa banyak senar tergulung tiap satu kali handel berputar. Ukuran ini dapat memberi gambaran lebih detail terhadap kecepatan reel. Pasalnya, kecepatan gulung spool sebenarnya tidak hanya ditentukan oleh gear ratio, melainkan juga panjang senar dan ukuran spool-nya itu sendiri.

Perihal Jumlah Bearing, Apakah Lebih Banyak Lebih Baik?

blank

Salah satu aspek pertimbangan dalam memilih reel, baik baitcaster maupun yang lain, adalah jumlah bearing. Anggapan umum mengatakan bahwa semakin banyak jumlah bearing, semakin halus perputaran reel. Walau memang benar begitu, sebenarnya yang lebih penting bukan jumlah bearing-nya, melainkan kualitasnya. Dalam hal ini, kualitas lebih penting dari kuantitas.

Jumlah bearing yang dibutuhkan oleh reel hanya 3+1 atau 4+1. Dua atau tiga pada spool, satu pada drive shaft, dan satu anti-reverse bearing yang menyambung ke main shaft. Tetapi di pasaran Anda akan menemukan banyak reel yang memakai 7 sampai 9 bearing, bahkan belasan. Bearing tambahan ini diletakkan pada handel dan bagian-bagian lain yang, meskipun tidak esensial, diklaim dapat memuluskan perputaran.

Sebab itu, jangan terpaku pada jumlah. Beri perhatian lebih pada kualitas bearing dan keseluruhan konstruksi reel itu sendiri. Bearing berkualitas baik umumnya terbuat dari stainless steel dan keramik. Keduanya tidak mudah berkarat sehingga performanya terjaga untuk waktu lama. Pada produk yang lebih murah banyak yang menggunakan chorme steel yang lebih cepat berkarat.

Lebih mudahnya, perihal kualitas, Anda dapat kembali ke pepatah lama “ada harga, ada rupa”. Misalnya, bila dihadapkan pada dua reel, yang satu dhargai 300 ribu dan punya 18+1 bearing, sedangkan yang satunya hanya 6+1 dengan harga 3 juta lebih. Kalau keduanya sama-sama terbuat dari stainless steel, lantas mana yang lebih baik?

Jawabannya tentu saja yang kedua karena dapat dipastikan walau bearing-nya hanya 6+1, kualitas stainless steel-nya jauh lebih bagus, begitupun konstruksi bagian reel yang lain. Apalagi bila reel ini dibuat oleh merek peranti pancing ternama seperti Shimano, Abu Garcia, Lew’s, dan sejenisnya. Brand-brand seperti ini biasanya memang tidak berlebihan memasang jumlah bearing.

Justru brand-brand kurang terkenal yang menjual produk murah yang kerap menyematkan banyak bearing sebagai gimmick. Jika Anda coba, saat-saat pertama penggunaan mungkin Anda bakal merasakan sensasi perputaran yang mulus. Tetapi setelah beberapa sesi, Anda akan merasakan penurunan kualitas yang signifikan karena kualitas materialnya yang murahan.

Periksa Besar Drag Maksimumnya

blank

Drag adalah piringan yang bergesek untuk memperlambat laju spool mengulur senar saat umpan disambar ikan. Drag bekerja sebagai rem untuk mengatur minimal besar tarikan pada senar sebelum spool-nya mengulur. Komponen ini bermanfaat untuk meringankan tensi pada senar agar tidak putus, sekaligus membuat ikan lebih cepat kehabisan energi.

Drag umumnya diatur sebesar 20 sampai 30 persen kekuatan maksimum senar. Contohnya, jika kekuatan maksimum senarnya 45 kilogram, maka drag harus diset di angka 9 sampai 13 kilogram. Berarti, ketika kekuatan tarikan ikan mencapai 9 kilogram, spool akan berputar untuk meringankan tensi senar.

Perbedaan jenis fishing mempengaruhi besar kekuatan yang diperlukan dari senar. Jadi, Anda sesuaikan saja maksimum drag dari reel dengan jenis fishing yang Anda lakukan. Pada sailfishing, drag yang diperlukan kira-kira 5 kilogram. Sementara bottomfishing mungkin perlu sampai 9 kilogram. Bila Anda bukan profesional, kemungkinan besar Anda tidak akan memerlukan drag di atas 11 kilogram.

Pilih Sistem Pengereman sesuai Preferensi

blank

Jika drag adalah rem yang mengurangi laju spool saat senar ditarik ikan, braking system (sistem pengereman) adalah rem yang menahan laju spool sebelum lure tercemplung ke air setelah kita melemparnya. Seperti telah dibahas, pengoperasian baitcasting reel menjadi sulit karena risiko terjadinya backlash jika spool terus berputar setelah lure tercemplung di air. Mekanisme rem inilah yang menghentikannya.

Ada tiga sistem pengereman pada baitcaster, yaitu magnetik, sentrifugal, dan manual. Sistem magnetik menggunakan medan magnetik yang dihasilkan oleh sejumlah magnet yang terletak di sisi seberang handel pada reel. Posisi magnet ini dapat diatur untuk mendekat atau menjauh dari spool. Sistem ini paling pas untuk pemancing yang baru pertama mencoba baitcaster.

Sistem sentrifugal bekerja lewat sejumlah pin yang memberi tekanan pada brake ring untuk memperlambat laju spool. Semakin kecil pengaturannya, semakin sedikit pin yang menekan brake ring. Begitu pun sebaliknya. Letaknya di reel sama seperti sistem magnetik, di sisi seberang handel. Sistem ini cocok digunakan baik oleh yang masih pemula dengan reel baitcaster maupun yang berpengalaman.

Sistem yang terakhir adalah menghentikan laju senar dengan jempol Anda sendiri. Setelah lure dilempar dan melayang di udara, letakkan jempol Anda di atas spool yang berputar. Begitu tercemplung, langsung tekan dengan spool-nya sampai berhenti. Teknik ini dinamakan “feathering” dan perlu banyak latihan untuk dikuasai. Bila Anda masih pemula, lebih baik andalkan dua sistem pengereman sebelumnya, sambil perlahan-lahan mempelajari teknik ini.

10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik

Setelah paham cara memilihnya, sekarang Anda makin mantap untuk menjajal baitcasting reel, bukan? Di bagian ini kami telah mengumpulkan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek.

1. Abu Garcia Pro Max Low Profile Reel

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kualitas unggul, harga terjangkau, enak buat pemula

Anda tentu menginginkan reel yang awet dengan harga yang ramah pula di kantong. Reel satu ini memenuhi keduanya berkat material konstruksi dari grafit yang kokoh, enteng, dan merupakan alternatif lebih terjangkau dari aluminium.

Produk buatan Abu Garcia ini juga ramah untuk Anda yang baru pertama kali mencoba baitcasting reel. Berkat sistem pengereman magnetik, risiko backlash pun dapat terminimalisir dengan mudah.

Gear ratio 7.1 : 1
Bearing 7+1 stainless steel
Drag maksimum 8,1 kg
Sistem pengereman MagTrax brake system (magnetik)
Kisaran harga Rp1.215.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Abu Garcia Revo SX RKT LP Reel

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat dipakai casting secepat yang Anda mampu

Jika Anda memerlukan baitcasting reel high perfomance untuk casting berulang-ulang secepat mungkin, dan siap merogoh kocek dalam, pilih reel Abu Garcia seri ini. Dengan gear ratio 9.0:1 dan jumlah bearing 9+1, Anda bisa casting secepat Anda mampu dengan putaran yang mulus.

Sistem pengereman yang terimplementasi pun mantap karena mengombinasikan rem magnetik dan sentrifugal untuk membagi pekerjaan. Sentrifugal untuk menahan laju senar pada paruh pertama casting, sedangkan magnetik pada paruh kedua ketika lajunya mulai melambat.

Gear ratio 9.0 : 1
Bearing 9+1 stainless steel
Drag maksimum 8,1 kg
Sistem pengereman Magnetic/Centrifugal
Kisaran harga Rp2.800.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. KastKing Spartacus Plus Baitcasting Reel

blank

Sumber: Kastking.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Hemat budget tapi kualitasnya unggulan

Untuk Anda yang budget-nya agak terbatas, ada merek KastKing yang menyajikan reel berkualitas dengan harga terjangkau. Pada seri Spartacus ini, KastKing mengimplementasikan sistem pengereman ganda magnetik dan sentrifugal untuk memastikan sesi casting Anda jauh dari backlash.

Konstruksi reel ini pun tahan karat. Tidak akan cepat rusak, walaupun sering digunakan di air asin sekalipun. Asyiknya lagi, semua gaya casting difasilitasi. Ada model yang posisi handelnya di tangan kanan maupun kiri, sehingga tak peduli yang mana tangan dominan Anda.

Gear ratio 6.3 : 1
Bearing 11+1 stainless steel
Drag maksimum 8 kg
Sistem pengereman Magnetic & Centrifugal
Kisaran harga Rp550.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. KastKing Brutus Baitcasting Fishing Reel

blank

Sumber: Kastking.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Performanya setara dengan reel yang harganya dua kali lipat

Kalau budget Anda bisa ditambah sedikit dari produk KastKing sebelumnya, maka seri Brutus ini lebih hebat lagi. Dengan ukuran spool lebih besar, inch per turn-nya mencapai 25,5. Alhasil, kecepatan putaran yang dihasilkan sangat tinggi, berguna untuk casting jarak jauh. Pantas saja, KastKing mengklaim performa reel ini setara dengan reel yang seharga dua kali lipat di atasnya!

Gear ratio 6.3 : 1
Bearing 4+1 stainless steel
Drag maksimum 6 kg
Sistem pengereman Magnetik
Kisaran harga Rp650.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Shimano SLX 150XG

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Dilengkapi bodi HAGANE dan rem VBS

Pada varian SLX yang cukup terjangkau ini, bodinya memakai teknologi HAGANE khas Shimano. Terbuat dari campuran metal yang rigid seperti aluminium dan magnesium, menghasilkan reel yang enteng tapi kuat dan tarikannya mulus.

Kecepatan laju senar saat casting pun lebih konsisten berkat sistem pengereman VBS yang bekerja lebih kuat untuk menahan laju di awal casting saat kecepatan sedang tinggi-tingginya, lalu berkurang sedikit demi sedikit setelah lajunya melambat.

Gear ratio 8.2 : 1
Bearing 3+1 stainless steel
Drag maksimum 5 kg
Sistem pengereman Sentrifugal
Kisaran harga Rp1.390.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Shimano Curado DC 151XG

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dibekali teknologi pengereman digital dengan mikrokomputer canggih

Shimano membekali Curado DC dengan segudang teknologi, tercermin dari harganya yang cukup tinggi. Salah satu yang paling menarik adalah pengereman digital I-DC 4. Mikrokomputer ini memonitor kecepatan spool 1000 kali tiap detik. Lantas secara otomatis mengaplikasikan pengereman sesuai porsi yang dibutuhkan. Hasilnya, nihil backlash dan jarak casting pun semakin jauh.

Gear ratio 8.5 : 1
Bearing 6+1 stainless steel
Drag maksimum 5 kg
Sistem pengereman Digital
Kisaran harga Rp3.100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Daiwa Tatula CT 100 HSL

blank

Sumber: Daiwa.us

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ucapkan selamat tinggal pada backlash

Salah satu fitur spesial Daiwa Tatula CT adalah T-Wing System yang melancarkan laju senar yang terulur dari spool. Tidak ada risiko macet, apalagi backlash. Hasilnya, lemparan Anda menjadi lebih jauh dan akurat. Dengan harga yang terbilang mahal, tentu reel ini tahan lama berkat material bodi dari aluminium. Antikarat, enteng, tapi tetap bertenaga!

Gear ratio 7.3 : 1
Bearing 7+1 stainless steel
Drag maksimum 6 kg
Sistem pengereman Magforce Z (magnetik)
Kisaran harga Rp2.500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Okuma Scorpio Low Profile Baitcast Reel SP101H-A

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kualitas tahan lama dengan harga terjangkau

Meski harganya terjangkau, reel Okuma ini cukup tahan lama. Bodinya yang berbahan grafit antikarat memastikan reel tidak rusak walau sering digunakan. Sedangkan spool-nya mudah dan cepat digonta-ganti dengan spool access port yang ada di samping bodi. Cocok sekali menjadi baitcasting reel pertama Anda yang masih pemula!

Gear ratio 7.2 : 1
Bearing 5+1 stainless steel
Drag maksimum 5 kg
Sistem pengereman Magnetik
Kisaran harga Rp650.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Maguro Soliz

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Murah meriah tapi tidak murahan

Jika budget benar-benar terbatas, sasarlah reel buatan Maguro. Harganya murah, tetapi kualitasnya jempolan. Varian Soliz satu ini, misalnya, memiliki spesifikasi yang cukup baik dengan perpaduan gear ratio 7:1 dan bearing berjumlah 8+1 untuk mendukung casting yang cepat dengan tarikan yang mulus. Sistem pengeremannya pun magnetik sehingga nyaman untuk para pemula.

Gear ratio 7 : 1
Bearing 8+1 stainless steel
Drag maksimum Tidak disebutkan
Sistem pengereman Magnetik
Kisaran harga Rp500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Maguro Troy

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Peningkatan di beberapa sisi dari reel Maguro sebelumnya

Tambah 50 ribu lagi dan Anda mendapatkan seri Troy dari Maguro yang lebih unggul pada beberapa aspek. Frame-nya terbuat dari aluminum yang lebih awet dan tangguh. Pengeremannya pun diubah pakai sentrifugal yang menghasilkan jarak casting lebih jauh. Selain itu, terdapat model handel sebelah kiri maupun kanan untuk memfasilitasi yang mana pun gaya casting Anda.

Gear ratio 7 : 1
Bearing 8+1 stainless steel
Drag maksimum Tidak disebutkan
Sistem pengereman Sentrifugal
Kisaran harga Rp550.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Baitcasting Reel

Produk Abu Garcia Pro Max Low Profile Reel Abu Garcia Revo SX RKT LP Reel KastKing Spartacus Plus Baitcasting Reel KastKing Brutus Baitcasting Fishing Reel Shimano SLX 150XG Shimano Curado DC 151XG Daiwa Tatula CT 100 HSL Okuma Scorpio Low Profile Baitcast Reel   SP101H-A Maguro Soliz Maguro Troy
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Gear ratio 7.1 : 1 9.0 : 1 6.3 : 1 6.3 : 1 8.2 : 1 8.5 : 1 7.3 : 1 7.2 : 1 7:01 7:01
Bearing 7+1 stainless steel 9+1 stainless steel 11+1 stainless steel 4+1 stainless steel 3+1 stainless steel 6+1 stainless steel 7+1 stainless steel 5+1 stainless steel 8+1 stainless steel 8+1 stainless steel
Drag maksimum 8,1 kg 8,1 kg 8 kg 6 kg 5 kg 5 kg 6 kg 5 kg Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Sistem pengereman MagTrax brake system (magnetik) Magnetic/Centrifugal Magnetic & Centrifugal Magnetik Sentrifugal Digital Magforce Z (magnetik) Magnetik Magnetik Sentrifugal
Kisaran harga Rp1.215.000 Rp2.800.000 Rp550.000 Rp650.000 Rp1.390.000 Rp3.100.000 Rp2.500.000 Rp650.000 Rp500.000 Rp550.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Sudah siapkah Anda menjajal teknik casting dengan salah satu baitcasting reel di atas? Atau justru Anda sudah terbiasa dan sedang mencari yang baru? Apa pun alasan Anda, dalam memilih baitcasting reel Anda harus selalu memperhatikan penyesuaian posisi handel, gear ratio, bearing, kapabilitas drag, dan sistem pengeremannya.

Kalau ini pertama kalinya Anda membeli baitcasting reel, lebih baik pilih yang memakai rem magnetik dan harganya sesuai budget. Pasalnya, karena tak bisa sepenuhnya dimatikan, rem magnetik memastikan laju lemparan senar tidak terlampau cepat, sehingga Anda dapat melatih timing rem jempol perlahan-lahan. Mudah-mudahan Anda menemukan baitcasting reel yang paling cocok, ya!

Referensi

Types of Fishing Reels: The Complete Guide
https://fishingbooker.com/blog/types-of-fishing-reels/ diakses pada 23 Maret 2021

Do You Cast a Baitcaster Farther Left Handed or Right?
https://www.fieldandstream.com/casting-techniques-for-baitcaster-reels/ diakses pada 23 Maret 2021

The left vs. the right
https://www.bassmaster.com/bernie-schultz/left-vs-right diakses pada 23 Maret 2021

Choosing the Right Gear Ratio Fishing Reel
https://www.wired2fish.com/fishing-tips/choosing-the-right-gear-ratio-fishing-reel/ diakses pada 23 Maret 2021

The Truth About Reel Bearings
https://www.sportfishingmag.com/truth-about-reel-bearings/ diakses pada 23 Maret 2021

How to Utilize Your Fishing Reel’s Max Drag Settings
https://www.sportfishingmag.com/fishing-reels-max-drag-debate/ diakses pada 23 Maret 2021

Different Braking Systems on Baitcaster Reels
https://fishingmyway.co/different-braking-systems-on-baitcaster-reels/ diakses pada 23 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.