Hobi

10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula

Sepatu trekking adalah kebutuhan paling krusial dalam kegiatan mendaki gunung atau trekking di jalur yang masih alami. Perjalanan panjang, medan berat, dan cuaca tidak menentu menuntut Anda untuk mengenakan sepatu trekking yang kuat, stabil, awet, dan nyaman dipakai.

Eiger, Arei, La Sportiva, dan merek lainnya menyediakan sepatu trekking terbaik. Sebelum memilih, ada baiknya Anda pahami cara memilih sepatu trekking yang tepat, serta melihat rekomendasinya, seperti yang akan PickyBest sajikan berikut ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Sepatu Trekking untuk Pemula

Di bagian ini, kami telah merangkum poin-poin yang bisa Anda pelajari dan jadikan pertimbangan dalam memilih sepatu trekking terbaik. Silakan dicatat, ya!

Pilih Material Sepatu sesuai Kebutuhan Medan Perjalanan Anda

Karena digunakan untuk menjelajahi alam dengan berbagai kondisi, sepatu trekking terbaik harus terbuat dari bahan yang tepat agar nyaman digunakan. Jangan sampai kaki Anda terasa tidak nyaman, panas, dan sesak akibat bahan sepatu trekking yang salah.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa jenis material sepatu trekking, seperti:

  • Full-grain leather: Material kulit sepenuhnya ini membuat sepatu trekking menjadi lebih tahan lama, cocok untuk mendaki medan yang berat dan tidak stabil. Namun bobotnya lebih berat dan agak pengap.
  • Split-grain leather: Material ini terdiri dari setengah kulit dan setengah sintetis, berbobot lebih ringan dan tidak membuat kaki pengap. Namun, material ini tidak tahan air dan tidak tahan lama.
  • Sintetis: Umumnya terbuat dari bahan nilon dan poliester, mempunyai bobot yang ringan, dan cepat kering saat terkena basah. Namun begitu, bahan ini kurang tahan terhadap air dan cepat rusak.

Pilih yang Kemampuan Tahan Airnya Baik dan Bobotnya Cukup Ringan

blank

Agar air hujan atau genangan tidak merembes ke dalam sepatu, diperlukan sepatu trekking terbaik yang kedap air (water-resistant, bukan sekadar waterproof), yang memiliki lapisan tambahan dari kulit atau resin.

Untuk menambah kemampuan kedap airnya, beberapa merek menggunakan serat pelapis tambahan (membrane). Dua merek pelapis terbaik adalah Gore-Tex® & eVent®. Biasanya, penggunaan pelapis ini terdapat pada sepatu outdoor yang banderol harganya cukup tinggi.

  • GORE-TEX® menggunakan lapisan poliuretan di kainnya untuk menyerap keringat dalam proses dua lapisan,
  • eVent® menggunakan Direct Venting Technology agar material memiliki ventilasi udara dan cepat kering. Membutuhkan lebih banyak perawatan daripada GORE-TEX®.

Ketahui Model Potongan sesuai Aktivitas Trekking Anda

blank

Model potongan yang salah dapat menyebabkan pergelangan kaki terkilir atau ada batu kecil masuk ke dalam sepatu Anda. Model potongan sepatu trekking terbaik terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Low-cut: Bentuknya mirip sepatu lari, cocok untuk pendakian ringan dan santai, trekking cepat atau trekking harian. Namun, sebaiknya gunakan di jalur buatan yang terawat dengan baik untuk menghindari cedera pergelangan kaki. Kurang cocok membawa beban berat.
  • Middle-cut dan high-cut: Memberikan lebih banyak perlindungan dan keseimbangan untuk pergelangan kaki, sebagai penyangga yang baik saat berjalan di jalur yang tidak rata. Cocok untuk berpetualang di pegunungan atau melintasi medan yang sulit.

Pilih Bahan Outsole Sepatu yang Fleksibel dan Ceruknya Dalam

blank

Anda memerlukan sepatu yang fleksibel untuk dipakai di segala medan. Untuk memilih sepatu dengan outsole yang fleksibel, ketuklah bagian bawah sepatu ke atas sebuah permukaan dan pilih sepatu yang outsole-nya menimbulkan suara samar, bukan suara yang tajam dan keras.

Jalur trekking bisa saja penuh lumpur atau tanah licin yang bisa membahayakan perjalanan Anda. Pastikan Anda memilih sepatu trekking terbaik yang memiliki outsole dengan ceruk yang dalam, agar dapat mencengkeram permukaan tanah dengan baik sehingga tanah, lumpur, atau pasir masuk ke dalam celahnya.

Selain kedua hal di atas, kualitas sol sepatu juga perlu diperhatikan. Meski sering digunakan, sol sepatu yang berkualitas akan tidak mudah menipis dan menapak kuat saat berjalan di medan licin atau berbatu. Material outsole yang disarankan adalah rubber (karet) atau bahan sintetis serupa.

Pastikan Memilih Ukuran Sepatu yang Nyaman di Kaki Anda

blank

Ketahuilah berapa ukuran sepatu Anda dengan tepat. Pastikan ada ruang gerak untuk jari-jari kaki agar dapat digoyangkan. Saat tali sepatu diikat, jari-jari kaki tidak boleh menyentuh bagian depan sepatu.

Dalam memilih sepatu trekking terbaik, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya. Pilihlah sepatu yang berukuran satu kali lebih besar dari ukuran normal Anda.

Setelah dibeli, pakailah sepatu terlebih dahulu untuk melonggarkannya sebelum dipakai trekking untuk pertama kalinya.

10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula

Kini saatnya Anda memilih sepatu trekking berdasarkan rekomendasi dari kami berikut ini. Selamat berbelanja!

1. Co-Trek Pollock

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Dengan bahan kulit yang tahan lama dan outsole antiselip

Terbuat dari oil nubuck genuine leather yang tahan lama, material sepatu Co-Trek Pollock ini tahan air serta memiliki tekstur yang lebih halus dan sirkulasi udara lebih baik, sehingga kaki tidak cepat panas dan tidak mudah bau.

Dengan outsole yang terbuat dari karet grip Compound, sepatu trekking terbaik ini tidak mudah slip atau tergelincir meski di medan yang berat seperti tanah berbatu licin, lumpur, kerikil, dan sebagainya.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak mudah tergelincir saat melewati medan licin, berlumpur, atau berkerikil.
  • Bagian upper tahan air, bahannya menjamin tahan lama.
  • Area depan kaki terlindungi dari benturan bebatuan, akar pohon, hingga cegah cedera kuku berkat ujung sepatu berbahan karet tebal.
  • Lubang tali sepatu terbuat dari besi antikarat.
  • Nyaman karena cukup empuk dipijak lama-lama.
  • Endurance yang baik di segala medan.
  • Cegah kaki berkeringat berkat aliran udara yang baik.
  • Tersedia banyak pilihan warna.
  • Cocok juga buat dipakai harian.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Dapat dikatakan tidak ada karena, berdasarkan sejumlah review pengguna, sepatu trekking ini cukup disukai. Selain murah, kualitas yang ditawarkan juga tergolong baik.

Material Genuine Leather; Combine: Double Mesh; Insole: Eva Foot Bed; Midsole: Eva; Outsole: Rubber
Model potongan Mid-cut
Bobot 1,1 kg
Ukuran 39 – 44
Pilihan warna Coklat muda, coklat tua, khaki
Kisaran harga Rp351.250

2. Arei Nevis

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Memproteksi lebih optimal dengan pelindung ujung kaki dari karet

Sepatu trekking terbaik keluaran Arei ini terbuat dari bahan suede semi waterproof yang akan melindungi kaki Anda dari air dengan intensitas ringan serta sistem sol karet yang antiselip.

Dengan model mid-cut dan pelindung ujung kaki yang terbuat dari karet, Arei Nevis memberikan proteksi lebih optimal untuk kaki Anda saat kegiatan trekking dan hiking.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bagian outsole dirancang untuk melintasi medan berat.
  • Nyaman dipakai untuk lintasan trekking yang jauh.
  • Model pengait tali sepatu tampak keren.
  • Kemungkinan tergelincir sangat kecil.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bagian insole tidak begitu lembut karena produsen mengutamakan kekuatan sepatu untuk kebutuhan trekking.
  • Kurang cocok untuk pemakaian harian.
Material Bahan upper : suede leather and polyester mesh membrane; Mid sole : EVA; Outsole : Rubber
Model potongan Mid-cut
Bobot Tidak disebutkan
Ukuran 39 – 44
Pilihan warna Khaki, hitam, coklat
Kisaran harga Rp495.000

3. Hi-Tec Ravus Vent Low WP

blank

Sumber: Hi-tec.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Gabungan kenyamanan dan keamanan yang maksimal

Hi-Tec Ravus Vent Low WP adalah gabungan antara sepatu dan boot dengan sifat nyaman dan bebas bergerak tapi tetap kuat dan aman. Dengan bahan berpori dan lapisan jala lembut serta lidah yang empuk untuk kenyamanan yang maksimal, sepatu ini berbobot ringan namun tahan lama.

Sepatu trekking terbaik tahan air ini juga menawarkan insole yang dapat dilepas, sol tengah dengan bantalan yang nyaman, serta lapisan membran untuk sirkulasi udara maksimum agar kaki tetap kering meski berada di lingkungan yang lembap.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Desain konstruksi yang sangat ideal untuk jalur pendakian.
  • Bagian pergelangan kaki terasa nyaman saat menggunakannya.
  • Model yang sederhana menjadikannya cocok dipadupadankan dengan pakaian harian.
  • Nyaman untuk pemula yang ingin hiking santai dengan jalur pendek.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Terdapat rasa kaku pada awal-awal pemakaian.
  • Disarankan memilih ukuran 2x lebih besar agar jari-jari kaki tidak menempel ujung sepatu.
  • Efek waterproof yang diklaim masih dirasa kurang oleh sebagian pengguna.
Material Upper: Suede with synthetic trim; Midsole: Compression-moulded EVA; Footbed: Moulded EVA; Outsole: Gum rubber
Model potongan Low-cut
Bobot 0,914 kg
Ukuran 5 – 11 (US size)
Pilihan warna Grey
Kisaran harga Rp1.150.000

4. Eiger Synapcer 1.0

Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Hiking tetap nyaman dengan sepatu berevaporasi tinggi

Eiger merancang sepatu trekking terbaik ini untuk aktivitas hiking dengan material kulit suede dan bahan karet untuk outsole, serta insole Ortholite yang memberikan bantalan agar kaki tetap nyaman saat berada di jalur yang sulit sekalipun.

Saat hujan atau panas tidak menjadi masalah, karena sepatu Eiger Synapcer 1.0 ini memiliki daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga sepatu cepat kering saat terkena air.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat enteng, membuatnya nyaman untuk hiking.
  • Pada bagian tapak dilengkapi jahitan agar sole semakin kuat.
  • Seri Eiger yang produksinya dilakukan di Indonesia.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk

  • Walau desainnya tampak kasual, sepatu ini lebih cocok hanya untuk kebutuhan hiking.
  • Bagi pemula yang kali pertama hiking mungkin merasa kurang nyaman dengan model high-cut-nya.
Material Upper: Suede leather; Insole: Ortholite; Outsole: Rubber
Model potongan High-cut
Bobot 1,2 kg
Ukuran 39 – 45
Pilihan warna Olive
Kisaran harga Rp1.049.000

5. Consina Explorer

Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Dengan lapisan yang menyejukkan dan bahan yang tahan lama

Sepatu trekking terbaik berpotongan tinggi ini merupakan produksi Consina dengan bahan kulit suede dan oiled nubuck, serta bagian atas berbahan jala untuk sirkulasi udara. Lapisan membran eVent pada sepatu ini membuatnya tahan air sekaligus menyejukkan, tidak terasa panas atau pengap.

Consina Explorer memiliki outsole terbuat dari karet vibram serta pelapis kaki dan tumit berbahan karet untuk memberikan perlindungan dan daya tahan yang lebih tinggi, menjadikannya sepatu gunung yang tahan lama, aman, dan nyaman dipakai.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kombinasi warna dan desain terlihat modern, cocok untuk jiwa muda.
  • Jaminan pijakan kuat berkat ousol Vibram-nya, Anda pun tidak perlu takut terpeleset.
  • Cegah kaki basah karena sudah terbukti waterproof.
  • Walau waterproof, sirkulasi udara yang optimal membuat kaki tidak gerah dan berkeringat.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tali sepatunya cukup mudah lepas walau sudah diikat keras.
  • Sebagian pengguna merasa harga sepatu ini cukup mahal untuk produk brand lokal.
Material Upper: Nubuck, suede leather, eVent® membrane; Outsole: Vibram rubber
Model potongan High-cut
Bobot 1,5 kg
Ukuran 40 – 43
Pilihan warna Cokelat
Kisaran harga Rp1.700.000

6. La Sportiva TX4 Mid GTX

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Kenyamanan maksimal untuk ekspedisi jarak jauh dan medan sulit

Bila Anda melakukan ekspedisi jarak jauh di medan yang cenderung lembap, La Sportiva TX4 Mid GTX ini ideal untuk Anda gunakan. Dengan bobot ringan di bawah 1 kg, kaki Anda tetap nyaman dan tidak mudah lelah meski Anda membawa beban tas yang berat di lapangan.

Dilengkapi dengan lapisan Gore-Tex®, sepatu trekking terbaik ini tahan air dengan sirkulasi udara maksimum, menjaga kedua kaki tetap kering, lega, dan tidak sesak. Ditambah climbing zone di bagian ujung bawah sepatu yang akan memudahkan Anda saat melewati area berbatu atau memanjat tebing.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat ringan, desain fleksibel, namun tetap memberi perlindungan yang baik di pergelangan kaki.
  • Nyaman dipakai, terutama pada area telapak yang terasa lembut saat memijaknya.
  • Sensitivitas dan kelekatan karet pada outsole sangat ideal untuk medan ringan hingga ekstrem.
  • Terbukti tahan air (waterproof).
  • Ada pilihan warna-warna yang keren.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Talinya cukup tipis sehingga cukup susah dijepit/diikat.
  • Dukungan/support akan lebih optimal dirasakan pemilik kaki yang sehat dan kuat.
Material Uppers: Suede leather + protective 1,5 mm PU TechLite rand and toe cap; Lining: Gore-Tex® Extended Comfort; Midsole: Shock absorbing, injected EVA; Footbed: 4mm Ortholite Approach; Sole: Vibram Mega-Grip
Model potongan Mid-cut
Bobot 0,92 kg
Ukuran 36 – 45,5
Pilihan warna Carbon/Flame, Pine/Kiwi, Clay/Kale
Kisaran harga Rp3.580.000

7. Outdoor Pro Lynk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Menjaga kestabilan di tumit dan temperatur kaki

Sepatu trekking terbaik ini memiliki hybrid-tube frame pada bagian tumit untuk menjaga kestabilan dan momentum traksi, serta pro-enduro rubber outsole untuk menjaga performa pijakan kaki di berbagai permukaan segala medan saat trekking.

Outdoor Pro Lynk tahan terhadap segala kondisi alam dan cuaca. Dengan model yang ergonomis dan nyaman dipakai, temperatur kaki pun tetap terjaga saat musim dingin atau tergenang air.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Keren dari segi tampilan, baik sepatu maupun boksnya.
  • Midsole yang empuk mampu meredam pijakan di medan keras untuk meminimalisir kaki lelah.
  • Bagian depan sepatu telah dijahit untuk menambah ketahanan sepatu.
  • Dilengkapi mesh untuk mencegah kaki berkeringat.
  • Area leher dalam empuk, membantu kurangi risiko cedera pergelangan kaki.
  • Bagian depan dan belakang sepatu dilengkapi pelindung benturan.
  • Rentang size terbilang luas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Belum waterproof.
Material Upper : Polyester webbing,universal strapping system; Insole      : Soft Eva pressed; Outsole: Non-Marking Rubber, Rock-Grip
Model potongan Mid-cut
Bobot Tidak disebutkan
Ukuran 39 – 44
Pilihan warna Abu-abu, cokelat, tosca
Kisaran harga Rp395.000

8. Arei Endurus Low Shoes

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia

Fleksibel dan stabil saat melakukan aktivitas outdoor

Sepatu dengan model low cut memberikan kemudahan pergerakan kaki saat beraktivitas di alam terbuka, seperti yang ditawarkan oleh Arei Endurus Low Shoes ini. Ditambah sol dari karet dengan daya cengkeram kuat, membuat sepatu lebih stabil saat melewati medan yang cukup sulit dan mengurangi risiko tergelincir.

Berbahan genuine leather semi waterproof di bagian atas, sepatu trekking terbaik ini juga akan melindungi kaki Anda dari air dengan intensitas ringan. Di bagian dalam sepatu diberikan pelindung ujung kaki berbahan karet, jadi kaki Anda akan tetap nyaman selama perjalanan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Didesain khusus untuk mendaki dengan mempertahankan model yang keren.
  • Bahan midsole dipastikan memberi kenyamanan selama penggunaan.
  • Struktur grip system rubber sole yang menjamin posisi kaki tetap stabil dan tidak gampang tergelincir saat pendakian.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya ada satu pilihan warna.
  • Masih semi-waterproof, kurang cocok untuk trekking di medan yang banyak genangan.
Material Upper: Genuine leather and polyester mesh membrane; Midsole : EVA; Outsole : Rubber
Model potongan Low-cut
Bobot Tidak disebutkan
Ukuran 40 – 44
Pilihan warna Khaki
Kisaran harga Rp649.000

9. Eiger Cypress TX

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan kenyamanan luar-dalam untuk segala medan

Produk keluaran Eiger lain yang dapat diandalkan saat hiking dan trekking adalah Cypress TX. Dengan nubuck leather sebagai material utama dan dibuat dengan teknologi tropic shell, konstruksi sepatu ini dapat mencegah air masuk ke dalam sepatu, membuat kaki tetap kering saat sepatu terkena basah.

Untuk menjaga stabilitas dan keamanan pergelangan kaki atau jari kaki saat terjadi benturan, sepatu trekking terbaik ini menggunakan teknologi heel support system dan pelindung jari kaki dari karet. Disempurnakan dengan insole Ortholite dan outsole vibram tubava yang membuat kaki Anda tetap nyaman saat menjelajahi medan berat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menerapkan konstruksi khusus untuk mencegah kaki basah, berkeringat, dan bau.
  • Daya cengkeram sepatu terhadap medan yang memuaskan.
  • Sistem proteksi di bagian depan dan belakang sangat kuat menahan berbagai benturan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bahan nubuck (bagian luar kulit sapi)-nya lebih rentan berubah warna.
  • Model yang tampak bulky.
Material Upper: Nubuck; Midsole: EVA Phylon; Outsole: Vibram Tubava Compound
Model potongan Mid-cut
Bobot 1,5 kg
Ukuran 38 – 45
Pilihan warna Grey, black, blue
Kisaran harga Rp1.200.000

10. Co-Trek Tortoise

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Berdaya cengkeram kuat di medan yang sulit

Kekuatan daya cengkeram outsole sepatu yang satu ini tidak perlu diragukan, karena terbuat dari XC Gripper karet grip compound yang antislip. Dengan ceruk outsole-nya yang dalam, Co-Trek Tortoise mampu menerjang tanah, lumpur, kerikil, dan sebagainya dengan stabil tanpa khawatir terpeleset.

Dibuat dari bahan oil nubuck genuine leather, sepatu trekking terbaik ini hadir dengan sirkulasi udara dan booties construction yang tahan air, membuat kaki Anda tidak pengap, tetap kering, tidak mudah bau di segala kondisi cuaca dan medan yang Anda lalui.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Midsole empuk.
  • Area depan dilengkapi toe cap yang cukup keras.
  • Outsole didesain menjulur hingga ke setengah bagian depan sepatu.
  • Bagian leher/kerah (collar) berbahan tebal untuk memperkecil risiko kaki lecet.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sistem pengikatan tali (lacing system) tidak mengikat sampai atas, sehingga perlu waspada saat menghadapi medan menurun.
Material Material: Genuine Leather, Combine Double Mesh; Insole: Eva Foot Bed ; Midsole: Eva; Outsole: Rubber
Model potongan Mid-cut
Bobot 0,95 kg
Ukuran 39 – 44
Pilihan warna Abu-abu, hitam, coklat
Kisaran harga Rp525.000

Tabel Perbandingan Sepatu Trekking untuk Pemula

Produk Co-Trek Pollock Arei Nevis Hi-Tec Ravus Vent Low WP Eiger Synapcer 1.0 Consina Explorer La Sportiva TX4 Mid GTX Outdoor Pro Lynk Arei Endurus Low Shoes Eiger Cypress TX Co-Trek Tortoise
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Material Genuine Leather; Combine: Double Mesh; Insole: Eva Foot Bed; Midsole: Eva; Outsole: Rubber Bahan upper : suede leather and polyester mesh membrane; Mid sole : EVA; Outsole : Rubber Upper: Suede with synthetic trim; Midsole: Compression-moulded EVA; Footbed: Moulded EVA; Outsole: Gum rubber Upper: Suede leather; Insole: Ortholite; Outsole: Rubber Upper: Nubuck, suede leather, eVent® membrane; Outsole: Vibram rubber Uppers: Suede leather + protective 1,5 mm PU TechLite rand and toe cap; Lining: Gore-Tex® Extended Comfort; Midsole: Shock absorbing, injected EVA; Footbed: 4mm Ortholite Approach; Sole: Vibram Mega-Grip Upper : Polyester webbing,universal strapping system; Insole : Soft Eva pressed; Outsole: Non-Marking Rubber, Rock-Grip Upper: Genuine leather and polyester mesh membrane; Midsole : EVA; Outsole : Rubber Upper: Nubuck; Midsole: EVA Phylon; Outsole: Vibram Tubava Compound Material: Genuine Leather, Combine Double Mesh; Insole: Eva Foot Bed ; Midsole: Eva; Outsole: Rubber
Model potongan Mid-cut Mid-cut Low-cut High-cut High-cut Mid-cut Mid-cut Low-cut Mid-cut Mid-cut
Bobot 1,1 kg Tidak disebutkan 0,914 kg 1,2 kg 1,5 kg 0,92 kg Tidak disebutkan Tidak disebutkan 1,5 kg 0,95 kg
Ukuran 39 – 44 39 – 44 5 – 11 (US size) 39 – 45 40 – 43 36 – 45,5 39 – 44 40 – 44 38 – 45 39 – 44
Pilihan warna Coklat muda, coklat tua, khaki Khaki, hitam, coklat Grey Olive Cokelat Carbon/Flame, Pine/Kiwi, Clay/Kale Abu-abu, cokelat, tosca Khaki Grey, black, blue Abu-abu, hitam, coklat
Kisaran harga Rp351.250 Rp495.000 Rp1.150.000 Rp1.049.000 Rp1.700.000 Rp3.580.000 Rp395.000 Rp649.000 Rp1.200.000 Rp525.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi perlengkapan pendaki gunung dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Berdasarkan tips cara memilih dan rekomendasi sepatu trekking yang telah kami uraikan dalam artikel ini, kami harap Anda dapat menentukan pilihan sepatu mana yang paling cocok untuk Anda.

Tidak ada salahnya memilih sepatu trekking terbaik dengan model tertentu berdasarkan selera dan budget Anda, tetapi pastikan sepatu trekking yang Anda pilih dapat memberi perlindungan dan kenyamanan pada kaki Anda saat melakukan petualangan. Happy trekking!

Referensi

5 Tips for Choosing Hiking Boots
https://www.active.com/outdoors/articles/5-tips-for-choosing-hiking-boots diakses pada 18 April 2021

How to choose hiking boots and shoes
https://www.kathmandu.com.au/summit-journal/expert-advice/how-to-choose-the-best-hiking-boots diakses pada 18 April 2021

How To Choose The Best Trekking Shoes In India – The Ultimate Trekking Shoe Guide 2020
https://indiahikes.com/choosing-trekking-shoes/#gref diakses pada 18 April 2021

Expert Advice – How to choose trekking/hiking shoes
https://www.salewa.com/expert-advice-how-to-choose-trekking/hiking-shoes diakses pada 18 April 2021

Waterproof, GORE-TEX and eVent explained
https://blog.gooutdoors.co.uk/waterproof-goretex-event-explained/ diakses pada 18 April 2021

4 Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Baik
https://areioutdoorgear.co.id/blogs/news/4-tips-memilih-sepatu-gunung-yang-baik diakses pada 18 April 2021

How to select a perfect pair of hiking shoes
https://www.bikatadventures.com/Home/Blog/how-to-choose-trekking-shoes diakses pada 18 April 2021

You may also like

Comments are closed.