Hobi

10 Umpan Pancing Terbaik Tipe Alami dan Buatan (Lure), Pasti Jitu!

Memancing adalah hobi yang memerlukan kesabaran. Namun, kalau dalam waktu lama tak kunjung strike juga, barangkali ada yang salah dari umpan yang dipakai. Untuk meningkatkan frekuensi strike, Anda butuh umpan pancing terbaik nan jitu.

Ada banyak pilihan umpan pancing, mulai dari yang bermerek seperti Shimano dan Rapala, sampai produk rumahan. Agar lebih mudah, di artikel ini kami akan jelaskan caranya memilih. Lebih dari itu, kami juga telah mengumpulkan sepuluh umpan pancing terbaik dari berbagai jenis. Mulai pembahasannya, yuk!

Cara Memilih Umpan Pancing

Di bagian ini, kami membahas beberapa aspek yang paling esensial dalam memilih umpan pancing, mulai dari kecocokannya dengan karakteristik ikan, jenis umpan, warna, berat, bentuk, ukuran, kedalaman selam, serta aksinya.

Pelajari Karakteristik Ikan Sasaran

Pemilihan umpan berkaitan erat dengan karakteristik ikan yang mau disasar. Pertama yakni spesies ikan itu sendiri. Spesies air tawar seringkali memerlukan umpan yang berbeda dari spesies air asin.

  • Umpan yang dipakai di air tawar contohnya cacing, jangkrik, minnow, dan sejenisnya.
  • Umpan untuk ikan air asin contohnya adalah udang, cumi-cumi, gurita, dan banyak lagi.

Perilaku ikan sasaran sedikit banyak juga harus diketahui:

  • Ikan yang bersifat teritorial cenderung bereaksi agresif terhadap lure, karena dianggap sebagai musuh yang mengancam daerah kekuasaan.
  • Ikan yang non-teritorial hanya akan menyambar sesuatu yang dianggap makanan sehingga lebih sering tertarik dengan umpan alami atau lure yang serupa mangsanya.

Tentukan Jenis Umpan yang Tepat

blank

Umpan bisa dibedakan menjadi dua, yaitu umpan alami (bait) dan umpan buatan (lure). Apa yang membedakan keduanya:

  • Umpan alami adalah makhluk yang dimangsa oleh ikan, contohnya cacing, jangkrik, ikan kecil, udang, dan banyak lagi. Bait ini bisa dalam keadaan hidup (live bait), maupun mati.Tiap jenis bait umumnya dapat digunakan untuk memancing berbagai spesies ikan. Selain itu, harga umpan alami lebih murah ketimbang lure. Bahkan, beberapa jenisnya seperti jangkrik dan laron dapat Anda cari sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya.
  • Umpan buatan alias lure adalah objek yang secara khusus dibuat untuk menarik perhatian ikan. Lure biasanya dibentuk menyerupai ikan kecil atau binatang lain yang suka dimakan ikan. Jenis lure itu sendiri sangat banyak, seperti jigs, spinner, spoon, crankbait, dan seterusnya.Karena dapat dipakai berulang kali, lure cocok digunakan untuk Anda yang tidak mau ribet menyiapkan umpan hidup terlebih dulu. Lure juga menjadi pilihan yang lebih pas jika ikan yang didapat perlu dilepas lagi. Namun, tidak setiap lure akan jitu untuk tiap spesies ikan. Jadi, diperlukan ketelitian dalam memilih lure yang tepat untuk jenis ikan yang mau ditangkap.

Sesuaikan Warna Lure dengan Kondisi Perairan

blank

Warna lure ikut berkontribusi dalam meningkatkan potensi strike. Faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan dalam memutuskan warna lure yang tepat adalah kondisi perairan tempat memancing.

  • Untuk di perairan jernih, gunakanlah lure berwarna natural yang tidak terlalu mencolok. Air yang jernih membuat ikan leluasa mempelajari lure dari jarak jauh, sehingga tidak perlu warna mencolok untuk menarik perhatiannya.
  • Untuk perairan yang sedikit keruh, gunakan warna yang lebih mencolok untuk membantu ikan mendeteksi lure Anda.
  • Untuk perairan keruh atau situasi kurang pencahayaan seperti malam hari, umpan gelap justru lebih jitu. Di kondisi seperti ini, daripada warna, ikan lebih memerhatikan pergerakan dan bentuk lure melalui siluetnya di dalam air

Pastikan Berat Umpan Sesuai dengan Rekomendasi Joran

blank

Berat umpan sebaiknya mengikuti rekomendasi joran. Tidak kurang, tidak pula lebih. Hal ini penting untuk memaksimalkan jarak casting. Anda dapat mengetahui rentang bobot yang direkomendasikan di spesifikasi joran Anda.

Sedangkan berat lure biasanya selalu diinformasikan oleh penjual. Tapi, bila lure yang mau Anda beli tidak mencantumkan berat, ada baiknya Anda tanyakan dulu. Anda pun dapat menimbangnya sendiri dengan timbangan digital pasca pembelian.

Perihal Ukuran dan Bentuk, Ini Pertimbangannya

blank

Tak hanya berat, ukuran dan bentuk lure juga perlu ditentukan dengan jeli. Prinsipnya, makin besar umpan, makin besar pula ikan yang bisa ditangkap. Dengan kata lain, kalau yang mau dipancing adalah ikan berukuran kecil, maka hindari lure yang terlalu besar.

Umpan yang lebih besar juga menjadi pilihan baik di perairan keruh ataupun saat malam hari karena getaran yang dihasilkan di air lebih besar pula. Sementara itu, ukuran yang kecil lebih pas untuk perairan jernih karena lebih natural.

Cari Tahu Kedalaman Selamnya

blank

Kedalaman selam lure penting diperhatikan karena berkaitan langsung dengan potensi strike. Umpan harus dapat menjangkau ikan sasaran di kedalaman mereka biasa berenang.

Tingkat kedalaman untuk tiap spesies ikan berbeda-beda. Sebab itu, pelajari dulu di kedalaman berapa ikan sasaran Anda lebih sering berkeliaran. Berikut beberapa contohnya:

  • Ikan nila banyak berkeliaran di kedalaman 1 sampai 3 meter.
  • Ikan kakap putih baru ditemukan di kedalaman 1,5 hingga 8 meter.
  • Ikan tuna baru dapat ditemukan 50 meter ke bawah.

Perhatikan Aksi Umpan

blank

Aksi adalah bagaimana lure berperilaku di dalam air. Tiap jenis lure memiliki aksi yang berbeda-beda.

  • Minnow, misalnya, bergerak meliuk-liuk menyerupai ikan yang sedang berenang.
  • Popper beraksi menyentak air, menghasilkan percikan dan suara percikan air yang menyerupai ikan kecil yang sedang kesulitan.

Sebelum membeli umpan, ketahui dulu seperti apa aksinya. Pasalnya, beberapa spesies memiliki mangsa tertentu yang memiliki pola gerakan spesifik. Dengan begitu, Anda dapat memilih umpan yang memiliki aksi serupa dengan mangsa ikan sasaran Anda.

10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik

Setelah memahami penjelasan di atas, kini Anda sudah siap untuk memburu umpan pancing terbaik. Dari banyaknya umpan yang beredar di pasaran, kami telah mengumpulkan sepuluh yang terbaik.

1. Hengjia Minnow Fishing Lures

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Minnow lure yang menyala dalam gelap

Minnow adalah salah satu lure yang paling sering digunakan pemancing. Lure ini dapat menarik perhatian berbagai macam ikan. Baik yang hidup di air tawar maupun laut.

Minnow lure dari Hengjia ini menawarkan banyak variasi warna. Bahkan, produk ini makin menarik lagi karena dapat menyala dalam gelap. Sangat pas buat Anda yang hobi memancing di malam hari.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terdapat bulu di bagian ekor untuk menarik perhatian ikan.
  • Tersedia banyak pilihan warna.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Lure
Ukuran 9 cm
Berat 7,2 g
Kisaran harga Rp15.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Storm Gomoku Koika

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Lure jig untuk melakukan jig casting (jigging)

Buat Anda yang senang melakukan teknik jigging, atau mau belajar melakukannya, Anda membutuhkan lure jig. Meski memerlukan latihan untuk benar-benar menguasainya, teknik ini terkenal jitu untuk menangkap ikan besar seperti kakap.

Storm Gomoku Koika adalah salah satu jig yang paling kami rekomendasikan. Berkat pilihan warna dan motifnya yang banyak, Anda dapat membeli beberapa untuk tiap kondisi perairan berbeda.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kualitas bahan bagus.
  • Punya aksi yang bagus di dalam air.
  • Kailnya kuat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Lure
Ukuran 5 cm
Berat 20 g
Kisaran harga Rp65.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Rapala CountDown Magnum

blank

Sumber: Rapala.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Salah satu lure air asin terbaik menurut IGFA

Rapala CountDown Magnum adalah salah satu lure air asin terbaik menurut International Game Fish Association (IGFA).

Umpan ini tangguh untuk memburu ikan agresif seperti tarpon, tuna, dan wahoo. Bibir yang terbuat dari metal dan kail besinya memastikan lure ini dapat dipakai berulang-ulang. Pokoknya awet!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan kedalaman selam.
  • Aksinya menyerupai ikan betulan.
  • Antikarat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Lure
Ukuran 14 cm
Berat 36 g
Kisaran harga Rp190.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Shimano ColtSniper Lure

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Jig berkualitas tinggi untuk dipakai lagi dan lagi

Shimano ColtSniper Lure adalah jig yang dapat diandalkan. Selain membuat lemparan casting lebih jauh, daya selamnya juga bagus. Kualitas materialnya pun tinggi, dirancang sebagai lure yang awet untuk dipakai lagi dan lagi. Setelah membeli lure ini, jangan heran kalau Anda jadi lebih sering strike!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aksi bagus.
  • Mudah di-casting.
  • Banyak pilihan warna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Lure
Ukuran Tidak ada
Berat 30 g
Kisaran harga Rp60.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Umpan Ikan Kiki & Riri

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pelet beraroma spesial dengan harga terjangkau

Pelet adalah umpan andalan banyak pemancing. Tak hanya harganya murah, umpan ini juga jitu untuk menangkap berbagai jenis ikan air tawar. Pelet dari Kiki & Riri ini adalah pelet yang kami rekomendasikan. Aromanya yang spesial bakal mengundang ikan untuk mendekat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga murah.
  • Mudah dipersiapkan. Tinggal diaduk dengan air panas.
  • Biar makin jitu, bisa dicampur dengan umpan lain.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya cocok untuk ikan air tawar.
Jenis Pelet
Ukuran Tidak ada
Berat Tidak ada
Kisaran harga Rp7.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Empress Sarden

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Sarden kaleng ekstra amis untuk umpan pancing

Sarden Empress adalah sarden kaleng yang di samping bisa dimakan manusia, juga sering dijadikan umpan pancing. Di dalamnya, ikan sarden beraroma amis dicampur dengan minyak.

Setelah dilempar ke air, aromanya akan menyebar cepat dan memancing rasa lapar ikan. Produk ini juga bisa dicampur pelet untuk makin meningkatkan aromanya.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Selama kaleng masih tertutup, masa penyimpanannya lama.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Bait
Ukuran Tidak ada
Berat Tidak ada
Kisaran harga Rp7.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Rapala X-Rap

blank

Sumber: Rapala.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mudah di-casting, jaraknya pun maksimal

Rapala X-Rap adalah lure yang menawarkan performa konsisten. Meski ukurannya tidak terlihat besar, lure ini menghasilkan casting yang jaraknya sangat jauh.

Casting­-nya itu sendiri mudah, sekalipun di kondisi yang sulit seperti cuaca berangin dan sejenisnya. Kualitas kailnya pun tinggi dan tetap tajam meskipun sudah strike berkali-kali.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Awet.
  • Kail antikarat.
  • Cocok untuk pemancing yang punya gaya agresif.
  • Cocok untuk banyak jenis spesies ikan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Pelet
Ukuran 10 cm
Berat 13 g
Kisaran harga Rp159.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Chasebaits The Ultimate Squid

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Lure cumi-cumi super realistis

Begitu realistisnya cara lure ini berenang, besar kemungkinan Anda mengiranya sebagai cumi-cumi sungguhan. The Ultimate Squid memang memiliki desain khusus yang mengimitasi aksi cumi-cumi sungguhan semirip mungkin.

Hebatnya lagi, terdapat dua variasi cat, UV dan glow, untuk digunakan sesuai kebutuhan situasi perairan dan intensitas pencahayaan sekitar.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mata 3D-nya menyerupai cumi-cumi sungguhan.
  • Pergerakan tentakel sangat natural.
  • Gerakan sayapnya terlihat asli.
  • Banyak varian warna dan ukuran.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat sebagian orang.
Jenis Lure
Ukuran 15 cm
Berat Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp240.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Halco Roosta Popper

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Popper lure untuk memancing ikan predator

Popper adalah jenis lure yang dirancang untuk bergerak di permukaan air. Desainnya kepalanya yang unik berfungsi untuk memecah air, menghasilkan gelembung dan suara yang mirip ikan kecil yang sedang kesulitan.

Ikan predator sangat tertarik dengan lure macam ini. Produk Halco ini merupakan salah satu popper yang paling laris di pasaran.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok buat ikan predator.
  • Banyak pilihan warna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat sebagian orang.
Jenis Lure
Ukuran Tidak disebutkan
Berat 30 g
Kisaran harga Rp140.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Storm Flutterstick

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Cocok buat ikan air tawar maupun asin

Storm Flutterstick adalah lure yang dirancang untuk long casting. Lure ini punya aksi meliuk-liuk saat bergerak secara horizontal, maupun saat tenggelam, membuatnya menarik untuk disambar oleh ikan-ikan yang melihat. Menariknya lagi, lure ini dapat digunakan untuk ikan air tawar maupun air asin.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Material durabel.
  • Finish berkualitas yang terlihat natural.
  • Banyak pilihan warna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis Lure
Ukuran 4,5 cm
Berat 5 g
Kisaran harga Rp99.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Umpan Pancing

Produk Hengjia Minnow Fishing Lures Storm Gomoku Koika Rapala CountDown Magnum Shimano ColtSniper Lure Umpan Ikan Kiki & Riri Empress Sarden Rapala X-Rap Chasebaits The Ultimate Squid Halco Roosta Popper Storm Flutterstick
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Lure Lure Lure Lure Pelet Bait Pelet Lure Lure Lure
Ukuran 9 cm 5 cm 14 cm Tidak ada Tidak ada Tidak ada 10 cm 15 cm Tidak disebutkan 4,5 cm
Berat 7,2 g 20 g 36 g 30 g Tidak ada Tidak ada 13 g Tidak disebutkan 30 g 5 g
Kisaran harga Rp15.000 Rp65.000 Rp190.000 Rp60.000 Rp7.000 Rp7.000 Rp159.000 Rp240.000 Rp140.000 Rp99.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Sudah tak sabar pergi ke pemancingan langgangan dengan umpan pancing baru Anda? Sebelum memilih salah satu produk di atas, pastikan Anda sudah menyeleksinya berdasarkan aspek-aspek yang kami jelaskan di cara memilih, ya.

Setelah membeli umpan baru, jangan lupa untuk melakukan evaluasi tiap habis memancing. Hal ini penting untuk mengukur performanya. Anda lantas dapat membandingkan hasilnya dengan umpan-umpan lain yang Anda miliki. Semoga umpan pancing baru Anda jitu, ya!

Referensi

A simple guide on how to choose a fishing lure
https://seahawkfishing.com/how-to-choose-a-fishing-lure/ diakses pada 7 November 2021

How to Pick Freshwater Fishing Lures
https://www.wikihow.com/Pick-Freshwater-Fishing-Lures diakses pada 7 November 2021

Lure or Live Bait? Understanding the Pros and Cons of Each
https://vanislemarina.com/lures-or-bait/ diakses pada 7 November 2021

Most Common Types of Fishing Lures – All You Need to Know
https://fishingbooker.com/blog/most-common-types-of-fishing-lures-all-you-need-to-know/ diakses pada 7 November 2021

How to Choose the Right Fishing Lure Color
https://www.themeateater.com/fish/freshwater/how-to-choose-the-right-fishing-lure-color diakses pada 7 November 2021

How to choose lure colors – Right colors for the right situation that help catch bass
https://www.youtube.com/watch?v=yOu6iAMsa7g diakses pada 7 November 2021

How To Match Your Lure Weight To Your Rod Rating (To Maximize Casting)
https://www.youtube.com/watch?v=9zglq5buXyk diakses pada 7 November 2021

Fishing Lures: How To Choose The Right Size Lure (With Capt. C.A. Richardson)
https://www.youtube.com/watch?v=f0FiOkwStIc diakses pada 7 November 2021

Fishing Lure Sizes
https://www.lenthompson.com/fishing-lure-sizes.html diakses pada 7 November 2021

The 8 Steps Breakdown: Lure Depth
https://www.youtube.com/watch?v=y3zvkfDSYg0 diakses pada 7 November 2021

Different Lure Actions for Different Fish
https://www.berkley-fishing.com/pages/berkley-ae-different-lure-actions-for-different-fish diakses pada 7 November 2021

You may also like

Comments are closed.