Written by 19:29 Hobi

10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik

Di antara berbagai pilihan cat untuk melukis, cat akrilik termasuk salah satu yang digandrungi banyak orang. Karakteristik cepat kering cat akrilik membuatnya ideal untuk pelukis yang ingin melakukan overcoating tanpa harus menunggu lama. Namun, di pasaran beredar banyak pilihan cat akrilik yang mungkin membuat Anda, terlebih bagi awam, bingung menentukan cat akrilik yang tepat.

Oleh karena itu, kami bermaksud menerangkan poin penting dalam pemilihan cat akrilik. Anda pun semakin mudah mendapati produk hanya dengan membandingkan cat akrilik terbaik yang juga hendak kami rekomendasikan. Sebelum lebih jauh, mari pahami terlebih dulu pengenalan singkat terkait cat akrilik. Selamat membaca!

Apa itu Cat Akrilik?

Cat akrilik merupakan pasta plastik berbasis polietilena yang dapat mengeras saat kering. Emulsi polimer akrilik ini ditambahkan dengan berbagai macam pigmen warna untuk menghasilkan warna-warna cat yang berbeda. Cat akrilik cenderung cepat kering dan membutuhkan larutan alkohol tertentu untuk menghapusnya.

Selain itu, cat akrilik juga dicampuri zat aditif tertentu untuk mendapatkan berbagai jenis cat dengan sifat beragam. Beberapa cat akrilik dibuat agar terlihat lebih tebal, tipis, atau lebih lama kering. Penambahan aditif juga dapat mengubah cara cat terlihat. Cat akrilik dapat dicampur dengan air untuk tampilan yang lebih lembut dan transparan.

Cara Memilih Cat Akrilik

Terutama bagi pemuka, memilih cat akrilik bukanlah perkara mudah. Untuk mendapatkan cat akrilik terbaik, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting agar Anda tidak salah memilih produk. Berikut kami rangkum panduan memilih cat akrilik sesuai kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan Grade-nya, Artist Quality atau Student Quality?

Cat akrilik dengan grade artist quality memiliki rentang warna yang luas, pigmen lebih halus dan banyak, serta tingkat permanen (permanence rating) yang tinggi. Warna cat akrilik artist quality lebih hidup dan berkonsistensi halus, membuatnya mudah dicampur maupun di-layer.

Di lain sisi, grade student quality sangat cocok bagi pemula karena harganya yang murah. Akan tetapi, cat  akrilik student quality memiliki pilihan warna lebih sedikit, level pigmentasi lebih rendah, serta terdapat kemungkinan dicampur dengan filler yang bisa melemahkan kekuatan warna.

Jika Anda menginginkan cat akrilik yang bagus tetapi budget Anda terbatas, maka jalan tengahnya adalah memilih cat akrilik kelas fine quality. Cat tipe ini menyediakan pigmentasi warna cukup baik dengan nilai jual yang ramah di kantong. Untuk mengetahui grade quality sebuah cat akrilik, Anda bisa mengecek kotak kemasan atau mengujungi website resmi produk.

Pilih berdasarkan Viskositas atau Kekentalan Cat

Viskositas adalah konsistensi atau kekentalan dari cat. Viskositas cat akrilik dibagi ke dalam dua tipe utama, yaitu heavy body acrylic dan fluid acrylic. Heavy body acrylic bersifat kental, berkonsistensi buttery mirip cat minyak yang mempertahankan bentuk sapuan kuas, serta memungkinkan pencampuran warna.

Lain halnya dengan fluid acrylic yang lebih cair, namun tetap memiliki konsentrasi pigmen yang sama, dan cocok untuk pekerjaan detail, staining, teknik cat air, dan dry-brush. Untuk seorang pemula disarankan memilih heavy body acrylic karena masih dapat dicairkan dengan air atau medium akrilik lainnya.

Periksa Ketahanan Warna Cat setelah Mengering pada Media Lukis

Permanence atau lightfastness lebih mudah dipahami dengan maksud “ketahanan luntur”, yaitu kemampuan pigmen mempertahankan kekuatan warna saat terekspos cahaya. Cat akrilik pada umumnya memiliki tingkat permanence lebih baik dibandingkan cat air dan cat minyak.

Terdapat beberapa standar ketahanan luntur yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ASTM (American Society for Testing and Materials) International yang mengetes cat dengan simulasi 20 tahun gallery exposure. Tingkat standar tersebut dapat Anda tengok pada list berikut.

ASTM Permanence Standard

  • ASTM I = Exellent Lightfastness
  • ASTM II  = Very Good Lightfastness
  • ASTM III = Not Sufficiently Lightfast

Anda bisa mengecek tingkat ketahanan ASTM pada kemasan cat. Selain ASTM, terdapat standar manufaktur yang menerangkan tingkat permanen produk buatannya.

Typical Manufacturer Standard

  • **** or AA = Extremely permanent colors / Warna sangat permanen
  • *** or A = Durable colors / Warna tahan lama (tidak permanen/bisa luntur)
  • ** or B = Moderately durable colors / Warna lebih tahan lama, tapi lebih mudah luntur dibandingkan A
  • * or C = Fugitive Colors / Warna mudah memudar, menggelap, atau berubah dari waktu ke waktu akibat paparan kondisi lingkungan seperti cahaya, suhu, kelembapan, dan polusi

 

Tentukan Jenis Kemasan sesuai Kebutuhan terhadap Suatu Warna

Heavy body acrylic biasanya tersedia dalam kemasan tube atau jar. Pada umumnya, cat akrilik kemasan tube mempunyai ukuran lebih kecil yang membuatnya mudah dibawa untuk kelas melukis atau travelling ke spot melukis yang Anda inginkan. Sedangkan kemasan jar memiliki isi lebih banyak, cocok untuk Anda yang ingin menghemat.

Konsistensi tekstur cat dari dua macam kemasan ini sedikit berbeda. Cat pada kemasan tube bertekstur seperti pasta, sedangkan cat dalam kemasan jar cukup kental namun merata saat dituang. Jika Anda masih pemula, pilihlah cat akrilik berkemasan tube terlebih dahulu, lalu gunakan cat akrilik bekemasan jar ketika Anda menemukan merek dan warna favorit Anda.

Sementara itu, fluid acrylic lebih sering hadir dalam kemasan botol dengan tutup berbentuk screw tops atau dripper. Kemasan seperti ini akan mempermudah Anda menuang cat ke dalam palet. Sesuai namanya, cat akrilik fluid memiliki konsistensi lebih cair yang cocok diaplikasikan pada permukaan luas.

Poin-poin Lain yang Perlu juga Anda Perhatikan

Selain grade quality, viscosity, dan permanence rating, Anda patut memeriksa poin-poin penting lain untuk memastikan pilihan Anda terhadap cat akrilik sudah tepat. Apa saja?

Karakteristik Media Lukis/Gambar yang Anda Gunakan

Media lukis terdiri dari beragam material, bentuk, dan ukuran. Hasik lukisan dapat memberikan kesan artistik berbeda sesuai media lukisnya. Sebagai tambahan informasi, cat akrilik sejatinya ideal digunakan pada bermacam media, entahkah kanvas, kain, kertas, papan, batu, logam, atau bahkan bahan kulit.

Akan tetapi, media lukis kanvas khusus cat minyak atau media yang dilapisi minyak tidak cocok bila dipakai bersama cat akrilik. Cat akrilik juga sedikit sulit menempel pada media plastik. Jadi, pastikan Anda memilih media lukis yang tepat sebelum melukis dengan cat akrilik.

Perihal Warna terkait Level Kemampuan Anda dalam Melukis

Jika Anda tergolong beginner, mulailah menggunakan 10 warna dasar yang direkomendasikan banyak penggiat seni, seperti titanium white, cadmium yellow, cadmium orange, cadmium red, alizarin crimson, phthalo green, phthalo blue, dioxazine purple, burnt sienna, dan ivory black. Dengan kesepuluh warna dasar tersebut, Anda dapat bereksperimen mencampur warna untuk memperoleh warna sesuai keinginan. Anda juga dianjurkan memilih set cat akrilik agar lebih hemat.

Untuk professional, lebih baik mengutamakan cat akrilik dengan sediaan warna berkualitas baik. Produk ini sering dijual dalam series di mana beberapa warna memiliki pasaran harga murah, sedangkan sisanya sedikit mahal. Ada juga produsen menawarkan opsi lebih terjangkau dengan mensubstitusi pigmen sintetis, namun intensitas warna dan ketahanan (permanence)-nya kurang.

Atur Sendiri Waktu Pengeringan Cat dengan Retarding Medium atau Membeli Cat Akrilik Terbuka (Open Acrylic)

Keunggulan cat akrilik adalah berkarakter cepat kering. Hanya saja, menggunakan cat akrilik berarti harus menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Bila tidak, cat keburu mengering pada kuas atau palet cat. Di samping itu, untuk membuat blending effect di atas kanvas akan sedkit sulit jika menggunakan cat akrilik.

Bila Anda memerlukan waktu lebih untuk mengecat, Anda bisa menggunakan retarding medium atau open acrylic. Retarding medium adalah aditif yang dapat memperlambat waktu pengeringan cat akrilik seperti halnya cat minyak. Medium ini juga memudahkan pencampuran warna, serta memungkinkan Anda menciptakan blending effects.

Sementara itu, hadirnya open acrylic merupakan solusi yang memiliki karakteristik mirip cat minyak. Open acrylic atau cat akrilik terbuka diformulasikan agar waktu pengeringannya lebih lama. Hal tersebut membuatnya sempurna bagi Anda yang melakukan banyak blending effects.

Lakukan Penyesuaian Luas Bidang Gambar yang Ingin Anda Buat dengan Jumlah (Volume/Isi) Cat yang Diperlukan

Oleh sebab karakter dasar yang fast dry, penggunaan cat akrilik menjadi sedikit tricky. Jika Anda sedang melukis dan tiba-tiba cat Anda habis, lukisan setengah jadi Anda boleh jadi mengering ketika Anda menyiapkan cat baru. Bisa juga warna yang baru tidak sesuai dengan warna sebelumnya yang tentu memengaruhi hasil akhir lukisan Anda.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda perlu menyiapkan jumlah cat yang Anda perlukan sesuai dengan luas bidang gambar, serta warna tepat agar terjadi harmoni. Tak cuma itu, Anda perlu memastikan kecukupan warna putih karena warna tersebut akan lebih sering terpakai.

10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik

Jika Anda telah memahami aspek penting dalam pemilihan cat akrilik, di bagian ini kami sediakan sepuluh cat akrilik terbaik untuk Anda jadikan referensi. Kami harap Anda berhasil temukan satu produk tepat agar kegiatan melukis dan hasil karya Anda tampak perfect!

1. Fila Giotto Decor Acrylic Matt

Melekat sempurna pada berbagai media lukis

Formula harmless dan nontoxic cat akrilik Fila aman untuk anak-anak. Dengan water-based formula-nya, cat asal Italia ini memberikan efek matte yang indah tanpa waktu lama untuk mengering. Cat ini juga mulltiguna untuk mengecat berbagai media, dari mulai kardus, kayu, kaca, kulit, tembikar, keramik, plastik, batu, tanah liat, dan logam.

Cat akrilik yang mudah diaplikasikan ini tersedia dalam 24 warna yang bisa dipadupadankan untuk menciptakan warna-warna baru. Anda tak perlu khawatir cat mengotori tangan dan kuas karena cat akrilik satu ini dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan air hangat dan sabun.

Kualitas (grade)Student quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanJar
Ideal untuk media lukisCardboard, kayu, kaca, kulit, terracotta, keramik, plastik, batu, dan tanah liat atau logam yang telah dibentuk (modelling)
Pilihan warnaWhite, Orange, Primary Yellow, Red, Magenta, Cobalt Blue, Emerald Green, Ultramarine Blue, Raw Umber, Violet, dan Black
Volume satuan25 mL
Kisaran hargaRp87.500

2. Reeves Fine Artist Acrylic Paint

Set cat akrilik grade artist quality yang ramah kantong

Cat akrilik kualitas artist ini berasal dari Australia. Hadir dalam dua pilihan set, yaitu 5 dan 10 warna, masing-masing menawarkan kualitas warna menyala serta pigmented. Reeves Fine Artist Acrylic Paint bersifat serbaguna, juga fleksibel sehingga tak menimbulkan crack saat cat kering. Selain bersifat washable, cat ini juga memiliki tingkat ketahanan sangat baik.

Media yang bisa dilukis dengan cat akrilik ini pun bermacam-macam, mulai dari kanvas, kertas, kayu, kain, sampai kaca, menjadikannya versatile untuk Anda yang hobi melukis ke berbagai media lukis. Produk ini bisa digunakan langsung dari tube-nya untuk membuat efek impasto dan volume, atau dicairkan dengan air untuk membuat teknik watercolor.

Kualitas (grade)Fine-artist quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanTube
Ideal untuk media lukisKanvas, kertas, kayu, kain, dan kaca
Pilihan warnaPale Lemon Yellow, Lime Yellow, Lemon Yellow, Orange, Flesh, Fluorescent Pink, Vermilion, Rose Madder, Violet, Prussian Blue Hue, Cobalt Blue, Light Green, Viridian, Bronze, dan lain-lain
Volume satuan75 mL
Kisaran hargaRp38.000

3. Liquitex Heavy Body Acrylic Paint

Cat kental dan kaya pigmen untuk menciptakan warna vibrant

Liquitex Heavy Body Acrylic Paint memiliki viskositas serta pigmentasi tinggi. Hal tersebut membuat kegiatan melukis menjadi lebih mudah sekaligus hemat. Cat akrilik ini juga sangat bagus dalam menciptakan efek goresan pisau dan sapuan kuas tajam nan jelas, Anda pun bisa menonjolkan tekstur yang Anda inginkan.

Cat akrilik dengan finish satin ini juga dijamin fleksibel, durable, non-yellowing, UV resistant, dan waterresistant. Produk kebutuhan seni besutan Liquitex ini juga memegang Approved Safety (AP) seal yang berarti tidak mengandung bahan-bahan bersifat toxic, apalagi harmful bagi manusia.

Kualitas (grade)Artist quality
Tipe viskositasHeavy body acrylic
Jenis kemasanTube
Ideal untuk media lukisKanvas, kertas foto, plester dan batu bata, tanah liat dan tembikar, kertas, kayu, kulit, dan kaca
Pilihan warnaYellow,  Cadmium-Free Yellow Light, Indian Yellow, Vivi Red Orange, Quanacridone Red-Orange, Naphthol Crimson, Pyrrole Crimson, dan lain-lain
Volume satuan59 mL
Kisaran hargaRp144.000

4. Angelus Acrylic Leather Paint

Ingin melukiskan kreasi Anda ke produk kulit? Bisa!

Diformulasi khusus untuk produk kulit, cat akrilik ini memberikan hasil halus tanpa retak atau pengelupasan meski kulit tersebut dilipat-lipat. Angelus Acrylic Leather Paint dapat Anda pakai pada media produk seperti tas, sepatu, ikat pinggang, dompet, jaket kulit, sofa, dan sebagainya.

Angelus juga mendesain produk ini berbahan dasar air, bukan thinner maupun alkohol, menjadikannya aman bagi lingkungan serta Anda sebagai pengguna tak perlu khawatir akan efek yang ditimbulkan. Produk ini juga mudah dibersihkan. Hanya dengan membilas pakai air, kuas-kuas Anda akan bersih kembali.

Kualitas (grade)Artist quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanJar
Ideal untuk media lukisKulit, kanvas, karet, dan plastik
Pilihan warnaBlack, Neutral, White, Brown, Chocolate, Dark Brown, English Tan, Light Brown, Orange, Saddle, dan lain-lain
Volume satuan30 mL
Kisaran hargaRp118.900

5. Marie’s Acrylic Colours Set 12 Pcs

Dikemas dalam tube @12 mL yang memenuhi standar internasional

Dibuat sesuai kebutuhan seniman dan standar internasional, cat akrilik ini banyak digemari para pekerja seni. Marie’s Acrylic Colours menyediakan warna-warna indah, cepat kering, permeabilitas udara yang baik, kekuatan menempel yang kuat, water resistant, serta dipastikan tidak mudah pudar.

Marie’s Acrylic Colours bisa Anda aplikasikan untuk kegiatan melukis maupun menulis pada media lukis semacam kertas, kayu, tekstil, semen, atau bahkan bambu. Produk dengan hasil warna cemerlang ini ideal untuk anak-anak yang baru belajar melukis. Harga pasaran yang relatif terjangkau untuk set cat akrilik berisi 12 warna membuat orang tua tetap hemat, namun kebutuhan anak terhadap bakat seni terpenuhi.

Kualitas (grade)Student quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanTube
Ideal untuk media lukisKertas, kayu, kain, semen, dan bambu
Pilihan warnaTitanium White, Lemon Yellow, Yellow Ochre, Vermillion, Crimson Red, Burnt Sienna, Burnt Umber, Emerald Green, Viridian, Ultramarine Blue, Phtalo, dan Black
Volume satuan12 mL
Kisaran hargaRp52.500

6. Mr. Hobby Acrysion

Bebas berkreasi menambah detail pada action figure Anda!

Cat akrilik merek Jepang ini dapat digunakan untuk melukis secara konvensional dengan kuas atau menggunakan air brush untuk hasil lebih merata. Waktu kering Mr. Hobby Acrysion lebih cepat daripada cat-cat lain, membaut efisiensi pengguna waktu meningkat untuk pengerjaan lukisan Anda.

Mr. Hobby Acrysion merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang bermaksud mempelajari teknik melukis gundam, model kit, atau mainan plastik dengan kuas. Proses detailing juga lebih lancar menggunakan cat akrilik berikut. Produk ini bisa langsung diterapkan langsung dari botolnya atau dicairkan lagi dengan air atau thinner.

Kualitas (grade)Fine quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanJar
Ideal untuk media lukisMainan plastik (action figure)
Pilihan warnaBrown, Copper, Flat Red, Hull Red, Off White, Shine Red, Emerald Green, Light Blue, Aircraft Gray, dan lain-lain
Volume satuan10 mL
Kisaran hargaRp32.000

7. Tesla Paints Acrylic

Produk lokal yang tahan hingga puluhan tahun

Tesla Paints Acrylic merupakan produk lokal dengan nilai pasaran low price. Cat ini memiliki tingkat ketahanan tinggi, yakni AA pada Typical Manufacturer Standard. Pigmentasi warna cat akrilik ini berdaya rekat yang sanggup bertahan selama puluhan tahun. Produk ini akan nyaman dipakai pemula berkat pemakaiannya yang mudah.

Tesla Paints Acrylic memiliki daya tutup yang opaque untuk hasilkan warna pekat. Cat akrilik ini dirancang dalam jar berukuran 125 ml. Walau harga jual cat tergolong ramah kantong, Tesla menjamin produk ini mampu bersaing dengan cat akrilik keluaran merek-merek internasional lainnya.

Kualitas (grade)Student quality
Tipe viskositasSoft body acrylic
Jenis kemasanJar
Ideal untuk media lukisKanvas, denim, resin, kertas, die-cast, lukisan mural, bahan kulit, kayu, kaca, gelas, dan plastik
Pilihan warnaWhite, Yellow, Orange, Red, Gree, Blue, Black, Burn Sienna, dan lain-lain
Volume satuan125 mL
Kisaran hargaRp25.000

8. Sakura Acrylic Color

Tersedia 57 pilihan warna yang menjadi solusi ketika Anda kehabisan warna tertentu

Cat akrilik satu ini bersifat transparan. Pigmen warna Sakura Acrylic Color berasal dari bahan berkualitas tinggi yang mampu ciptakan warna cerah. Karena tipe cat didesain transparan, cat ini bisa diandalkan untuk berbagai teknik penciptaan gambar layaknya memakai cat minyak.

Hasil akhir dari cat akrilik ini tampak transparan atau glossy. Cat ini memiliki rentang warna sangat luas, dengan pilihan mencapai 58 warna. Banyaknya pilihan warna tersebut akan memberikan Anda akses mendorong kreativitas tanpa limitasi, bahkan Anda bisa melakukan pencampuran untuk menghasilkan warna unik yang diinginkan.

Kualitas (grade)Fine quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanTube
Ideal untuk media lukisKanvas dan kertas
Pilihan warnaSap Gree, Permanent Yellow, Raw Sienna, Burnt Umber, Carmine, Light Blue, Phthalo Green, Primary Cyan, dan lain-lain
Volume satuan75 mL
Kisaran hargaRp38.500

9. TiTi Acrylic Colors Set 12 Pcs

Produk bebas racun yang aman digunakan anak-anak

Produk yang berasal dari Korea Selatan ini mempunyai pigmentasi bagus, Kemampuannya mengeluarkan warna opaque menjadi salah satu kelebihan produk ini. TiTi Acrylic Colors bersifat non-toxic yang tentunya aman untuk segala umur, khususnya anak-anak yang masih dalam tahap belajar. Tekstur lembut turut memudahkan pengguna setiap kali melukis.

Berbeda dengan merek premium lain, TiTi termasuk brand legendaris yang produk keluarannya mudah Anda dapati di tempat fotokopi hingga book store terdekat. Oleh karena ramah kantong, cat akrilik berkemasan tube ini pas menjadi teman harian untuk menemani kegiatan prakarya anak di sekolah.

Kualitas (grade)Student quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanTube
Ideal untuk media lukisTidak disebutkan
Pilihan warnaWhite, Yellow, Orange, Red, Yellow Green, Viridian, Cobalt Blue, Ultramarine, Violet, Yellow Ochre, Brown, dan Black
Volume satuan12 mL
Kisaran hargaRp37.800

10. Faber-Castell 12 Acrylic Colours

Bantu kembangkan jiwa seni anak Anda dengan budget minim!

Cat akrilik rumusan Faber-Castell satu ini menawarkan pilihan warna cerah yang sangat cocok dengan selera anak-anak. Produk ini bisa diaplikasikan ke berbagai media, seperti kanvas, kaos, kayu, kaca, sepatu, tas, dan sebagainya. Cat ini mengering dengan cepat dan tidak akan luntur bila terkena air.

Faber-Castell 12 Acrylic Colours lengkap dengan 12 warna dasar yang dapat membantu anak Anda mengasah jiwa seninya. Sediaan warna tersebut bisa dicampur untuk menciptakan warna baru yang sebelumnya tidak disediakan. Produk ini juga memberikan bonus palette dan grip brush.

Kualitas (grade)Student quality
Tipe viskositasFluid acrylic
Jenis kemasanTube
Ideal untuk media lukisKanvas, gelas, kaca, kayu, sepatu, tas, kaos, dan sebagainya
Pilihan warnaTidak disebutkan
Volume satuan12 mL
Kisaran hargaRp77.250

Kesimpulan

Sampai bagian ini, harapan kami Anda tidak bingung lagi menentukan cat akrilik sesuai keperluan. Utamakanlah membeli produk yang ideal menunjang kegiatan melukis Anda, terutama pada media lukis spesifik. Bagi pemula sebaiknya pilih cat akrilik dalam set belasan warna. Sementara profesional mungkin lebih tertarik membeli cat akrilik grade artist quality yang sedikit mahal, tetapi kualitas pigmentasi yang unggul.

Berdasarkan rekomendasi produk kami di atas, adakah cat akrilik terbaik sesuai preferensi Anda? Dalam proses pembelian, perhitungkan dulu berapa volume yang Anda butuhkan terhadap luas bidang lukisan yang ingin dibuat. Sediakan warna dasar lebih banyak, khususnya warna-warna yang akan sering Anda gunakan. Selamat berkreasi!

(Visited 6.327 times, 78 visits today)