Lensa & Kamera

10 Rekomendasi Drone Terbaik

Unmanned aerial vehicle (UAV) atau lebih dikenal dengan sebutan drone, merupakan pesawat tanpa awak yang kerap dimanfaatkan untuk memotret atau merekam video dari udara. Di luar itu, ada juga drone balap yang digunakan untuk olahraga. Agar tahu jenis drone macam apa yang cocok dengan kebutuhan, Anda perlu mempelajari seluk beluknya terlebih dulu. Seluruhnya akan kami bahas pada artikel ini.

Salah satu produsen drone terbesar dan terbaik saat ini adalah DJI. Namun ada pula produsen lain yang menyediakan alternatif tak kalah bagus, misalnya Autel, Fimi, dan JJRC. Selain seluk beluk cara memilih, kami juga telah merangkum sepuluh drone terbaik yang beredar di pasar saat ini. Agar tak kelewatan, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Cara Memilih Drone

Memilih drone bukan perkara gampang. Selain harganya, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Di antaranya jenis drone itu sendiri, daya tahan baterai yang menjadi kunci durasi terbang, jangkauan kontrol, kualitas kamera—khusus drone berkamera, wind resistance, dan fitur tambahannya.

Kenali Dulu Jenis-jenis Drone Berdasarkan Fungsinya

Tidak semua drone dibuat setara. Variasi fitur pada masing-masing drone membuat peruntukkannya berbeda pula. Agar paham jenis drone apa yang paling tepat dengan kebutuhan, pertama-tama Anda perlu mengetahui jenis-jenis drone. Berikut ini adalah klasifikasinya.

Beginner/Toy Drone: Cocok untuk Latihan Para Pemula

Toy drone merujuk pada drone berukuran kecil yang harganya murah. Biasanya tidak dilengkapi kamera, kalaupun ada, kualitasnya takkan terlalu bagus. Selain itu, wind resistance-nya tidak terlalu baik. Wind resistance yang lemah juga membuatnya lebih cocok dipakai indoor. Fiturnya pun lebih sedikit, sebagaimana harganya yang jauh lebih murah dibanding camera drone berkualitas.

Toy drone pada dasarnya dapat beroperasi sebagaimana drone jenis lainnya. Hanya saja, produk yang lebih murah mungkin tidak menyediakan controller khusus, sehingga pengoperasian mesti dilakukan lewat aplikasi smartphone.

Drone ini umumnya dipakai sebagai drone latihan oleh pemula yang baru pertama kali mengoperasikan drone. Sehingga tidak rugi besar abila drone-nya rusak akibat ketidakmahiran.

Jika Anda termasuk pemula, tidak ada salahnya membeli toy drone sebagai media latihan. Setelah merasa mahir mengoperasikan toy drone, barulah Anda dapat membeli camera drone yang lebih baik. Di samping itu, sebagaimana namanya, toy drone juga dapat menjadi mainan asyik untuk buah hati tersayang Anda.

Camera Drone: Dibekali Kamera Berkualitas Tinggi untuk Produksi Konten

blank

Camera drone dibekali kamera beresolusi tinggi untuk memproduksi aerial footage yang tajam. Ukuran drone ini bervariasi, tapi umumnya lebih besar dibanding toy drone. Kemampuan terbangnya pun lebih lama, juga didukung oleh motor yang lebih bertenaga agar tak goyah oleh angin.

Salah satu fitur terpenting pada camera drone adalah gimbal. Yakni mekanisme penstabil kamera supaya tidak goyah sekalipun drone-nya bergetar karena motor yang menyala, bergoyang karena terpaan angin, atau gangguan lainnya. Apapun kondisinya, gimbal ini tidak boleh bergoyang.

Karena dibekali kamera bawaan yang kualitasnya setara DSLR profesional, drone ini jadi andalan para filmmaker untuk memproduksi aerial footage. Drone macam inilah yang dipakai untuk memproduksi aerial shot yang sering kita lihat di film. Tentu, untuk memproduksi aerial shot setara kualitas film, perlu camera drone yang lebih mahal.

Jika Anda seorang filmmaker, inilah drone yang mau Anda bawa pulang ke rumah.

Racing Drone: Khusus untuk Balapan

blank

Balap drone adalah olahraga yang sangat seru. Tak heran, makin banyak saja orang yang berminat menekuninya. Kalau Anda termasuk salah satunya, Anda memerlukan drone khusus balap.

Karena bertujuan untuk balapan, drone ini mengutamakan kecepatan, sehingga bobotnya dipangkas dengan membuang bagian-bagian yang tidak perlu. Pengoperasiannya sama-sama dilakukan lewat controller, namun dengan tambahan kacamata google khusus serupa VR headset yang memberi penggunanya perspektif orang pertama dari kamera drone tersebut. Istilahnya FPV (first person view).

Harga racing drone cukup bervariasi sehingga gampang disesuaikan dengan budget Anda. Selain itu, kebanyakan camera drone di pasaran juga bisa dimodifikasi menjadi racing drone.

Perhatikan Durasi Terbangnya

blank

Pilihlah drone yang durasi terbangnya cukup dengan kebutuhan Anda.

Durasi terbang ditentukan oleh daya tahan baterai. Agar daya tahannya lama, pilihlah yang kapasitasnya besar. Walaupun bukan satu-satunya aspek yang memengaruhi daya tahan, kapasitas baterai tetap dapat dijadikan acuan awal untuk memperkirakan durasi terbang sebuah drone.

Umumnya, durasi terbang drone berkisar dari 5 sampai 30 menit. Meski terkesan sebentar, dalam praktik, jangka waktu ini lama sekali. Apalagi mempertimbangkan bahwa Anda tentulah takkan membutuhkan aerial footage dengan durasi sepanjang itu. Lagipula, semakin lama drone terbang, kemampuan fokus Anda sebagai operator juga akan berkurang.

Supaya lancar dalam produksi konten, pilihlah drone dengan durasi terbang di antara 20 sampai 30 menit. Apabila ternyata kebutuhan Anda menuntut pengoperasian yang lebih lama dari itu, belilah baterai cadangan agar sesi pekerjaan Anda tidak tertunda karena harus isi ulang daya.

Sesuaikan Jangkauan Kontrolnya dengan Kebutuhan

blank

Setiap drone memiliki jangkauan maksimum sebelum ia tidak bisa menerima sinyal dari controller. Semakin luas jangkauannya, semakin mudah pula Anda mengambil gambar sebuah area sekaligus. Sebab itulah besar jangkauan kontrol terbaik menjadi relatif, tergantung kebutuhan tiap orang.

Untuk toy drone yang hanya Anda mainkan di dalam atau halaman belakang rumah, maka jangkauan kontrol beberapa meter saja cukup. Lain halnya bila Anda perlu mengambil aerial video di sebuah area yang luas. Dalam skenario ini, lebih baik gunakan drone berjangkauan kontrol beberapa ratus meter. Kalau perlu, pilih yang 1 kilometer ke atas.

Ini Beberapa Aspek Seputar Kamera yang Perlu Dipertimbangkan

Sebagai bagian terpenting drone, Anda mesti menaruh perhatian lebih terhadap kamera. Supaya video dan foto yang dihasilkan tak mengecewakan, terdapat beberapa aspek mendasar yang perlu Anda pertimbangkan.

Resolusi

blank

Anda akan merekam area luas dari atas udara. Agar setiap bangunan, pohon, dan segala objek yang Anda rekam dapat terlihat dengan jelas dan mendetail, Anda memerlukan kamera beresolusi tinggi. Untungnya, kebanyakan camera drone modern ini, bahkan yang entry level, sudah dilengkapi kamera beresolusi 2.7K. Sementara itu, produk yang lebih mahal setidaknya sudah beresolusi 4K.

Pada produk-produk keluaran lama, Anda akan menemukan yang resolusinya masih 1080p. Produk seperti ini bisa juga dipilih jika budget Anda cenderung tipis. Gambar yang dihasilkan pun lumayan tajam selama tidak diperbesar.

Frame Rate

blank

Frame rate menunjukkan jumlah frame (gambar diam) yang bisa ditangkap oleh kamera tiap satu detik. Diukur dalam frames per second (FPS). Semua drone setidaknya memiliki frame rate 20 – 30 FPS. Pada produk yang lebih mahal, kameranya dapat merekam sampai 60 FPS, bahkan lebih. Frame rate lebih tinggi ini berguna jika Anda ingin membuat video slow motion. Jika tidak, 30 FPS sudah cukup.

Dynamic Range

blank

Dynamic range adalah kemampuan sensor dalam menangkap warna dari putih paling terang hingga hitam pekat. Hal ini berkaitan dengan akurasi sensor kamera dalam menangkap warna di pencahayaan berbeda. Jika Dynamic range besar, berarti warna asli sebuah objek fotografi pada pencahayaan gelap atau terang mampu ditangkap dengan lebih akurat alih-alih terlihat menghitam atau pucat.

Sayangnya, kebanyakan drone tidak mencantumkan besar dynamic range mereka. Sebab itu, Anda perlu mencari review tiap produk di internet. Karena dynamic range merupakan salah satu aspek esensial yang selalu dibahas pada review kamera—termasuk kamera drone—kami rasa Anda tidak akan kesulitan menemukan pembahasannya.

Ketahui Wind Resistance Drone Pilihan Anda

blank

Kian tinggi drone Anda terbang, makin kuat pula terpaan angin yang menghantamnya. Jika wind resistance-nya buruk, drone Anda takkan stabil, bahkan bisa mental ditiup angin. Sebab itu, ketahuilah wind resistance drone Anda. Jangan sekali-kali mencoba menerbangkan drone ketika kecepatan angin melebihi wind resistance maksimum drone.

Anda dapat melihat wind resistance maksimum sebuah drone pada tabel spesifikasi produk. Bila tidak ada, maka Anda dapat mengasumsikan bahwa wind resistance-nya berada di bawah rata-rata. Untuk memahami relasi antara resistansi angin drone dengan kecepatan angin di sebuah area, Anda dapat berpatok pada skala Beaufort.

Skala ini mengklasifikasi kecepatan angin ke dalam 12 tingkatan. Mulai dari yang paling tenang (level 1), hingga yang ganas (level 12). Setelah Anda mengetahui wind resistance maksimum drone, cari tahulah di mana levelnya dalam skala ini. Dari sini Anda dapat mengidentifikasi seberapa baik wind resistance drone Anda. Umumnya, camera drone berkualitas memiliki wind resistance di level 5.

Supaya yakin, sebelum menerbangkan drone, periksalah kecepatan angin dengan bantuan anemometer digital yang bisa Anda beli dengan harga tak terlalu mahal.

Ini Fitur-fitur Tambahan yang Mungkin Bermanfaat

blank

Drone dibekali segudang fitur untuk membuat pengoperasiannya makin mudah dan aman. Kendati begitu, tak semuanya esensial. Berikut ini kami bahas beberapa yang paling esensial dan populer.

  • HDR (high dynamic range) untuk memperbesar dynamic range asli kamera, dengan kompensasi frame rate yang menurun.
  • Headless mode agar orientasi drone konsisten mengikuti orientasi Anda. Sehingga ketika perlu belok, drone-nya berbelok ke arah kanan/kiri Anda.
  • Obstacle avoidance supaya drone secara otomatis menghindar ketika sensornya mendeteksi objek di lintasannya. Baik itu objek diam seperti pohon atau bangunan, maupun objek yang secara aktif mengarah ke drone, misalnya burung. Hanya tersedia pada drone di kelas harga lebih tinggi.
  • Integrated GPS untuk memudahkan navigasi dan pengaturan lintasan drone. Sayangnya, fitur ini akan cukup makan baterai. Harus diantisipasi dengan membawa baterai cadangan.
  • Return to home yang memungkinkan drone kembali ke titik semula takeoff. Hanya terdapat pada drone yang memiliki integrated GPS.
  • Follow-me mode supaya drone dapat terbang mengikuti objek tertentu secara otomatis tanpa perlu dioperasikan real-time.

10 Rekomendasi Drone Terbaik

Setelah paham aspek-aspek di atas, sekarang Anda takkan kebingungan lagi memilih drone di pasaran. Jangan pergi dulu, di bagian ini kami sudah merangkum sepuluh drone terbaik yang bisa ditemukan di pasaran saat ini. Adakah yang cocok buat Anda?

1. DJI Mavic Mini

blank

Sumber: Dji.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Murah, kecil, lincah, andal!

Mavic Mini adalah camera drone DJI berkualitas yang harganya murah. Ukurannya pun sangat minimalis. Dalam posisi terlipat, besarnya kurang lebih hanya setelapak tangan. Besar kontrolernya pun kurang lebih sama. Tak perlu ribet, ketika bepergian, Anda dapat memasukkan keduanya ke tas selempang dengan mudah.

Kamera yang diimplementasikan pada drone ini cukup andal memproduksi foto dan video tajam berkat resolusinya yang mencapai 2.7K. Jika menginginkan gambar lebih mulus, Anda dapat menurunkan resolusinya ke 1080p untuk mendapatkan frame rate 60 FPS. Hebatnya lagi, drone ini mampu terbang hingga jarak 4 kilometer dengan kecepatan tertinggi sampai 13 meter per detik!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efisiensi baterai luar biasa yang memberikan durasi terbang kurang lebih 20 sampai 30 menit (tergantung pemakaian dan kondisi medan).
  • Jika kehilangan koneksi saat berada di udara, drone akan kembali ke tempat takeoff secara otomatis.
  • Gimbal 3 aksisnya yang sangat stabil dan mulus.
  • Terdapat empat mode shot otomatis (Dronie, Circle, Helix, dan Rocket) yang memudahkan pemula mengambil video sinematik tanpa perlu mengatur pergerakan drone.
  • Harga kompetitif dengan performa yang berada di atas drone mini lain di kelas harganya.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak bisa tracking objek.
  • Ukuran yang minimalis dan warna bodinya yang dominan putih membuat drone susah dilihat jika diterbangkan tinggi/jauh.
  • Tidak ada obstacle avoidance.
Jangkauan kontrol 4 km
Durasi terbang 30 menit
Resolusi kamera 2.7K
Wind resistance 8 m/s (level 4)
Kisaran harga Rp5.799.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. DJI Mini 2

blank

Sumber: Dji.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Naik satu level dari pendahulunya!

DJI Mini 2 adalah upgrade dari Mavic Mini yang telah kami bahas di nomor sebelumnya. Peningkatan paling mencolok ada pada resolusi kameranya yang mencapai 4K. Mampu pula merekam hingga 60 FPS pada resolusi 2.7K—tak seperti Mavic Mini yang baru dapat mencapai 60 FPS di resolusi 1080p.

Karena merupakan drone mini, ukuran DJI Mini 2 tak jauh beda dengan Mavic Mini. Bobotnya pun sama. Kendati begitu, produk ini mampu melesat lebih cepat di udara dengan kecepatan maksimal sampai 16 meter per detik. Selain itu, kemampuan untuk memotret dalam format RAW menjadikan DJI Mini 2 pilihan yang lebih baik untuk para fotografer.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Motor bertenaga tapi tidak terlalu bising. Memberi performa lebih stabil di kondisi berangin.
  • Transmisi menggunakan teknologi Ocusync 2.0 yang menghasilkan jangkauan kontrol hingga 10 kilometer. Jauh lebih baik dari komunikasi Wi-Fi drone lain.
  • Terdapat mode tambahan pada shot otomatis, yakni Boomerang.
  • Ada mode panorama untuk mengambil gambar dalam angle besar 180 derajat.
  • Dapat memotret dalam format JPEG dan RAW. Memberi keleluasaan lebih untuk fotografer.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada obstacle avoidance.
  • Belum bisa tracking objek.
  • Sama seperti Mavic Mini, ukurannya yang kecil dan berwarna terang membuatnya sulit terlihat ketika terbang terlalu tinggi dan jauh.
Jangkauan kontrol 10 km
Durasi terbang 31 menit
Resolusi kamera 4K
Wind resistance 8,5 – 10,5 m/s (level 5)
Kisaran harga Rp7.099.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. DJI Mavic Air 2

blank

Sumber: Dji.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Lebih andal, tapi tetap minimalis

DJI Mavic Air 2 adalah drone yang fiturnya selengkap drone profesional, tetapi ukurannya tetap minimalis. Hanya sedikit lebih besar dari dua drone mini yang kami bahas sebelumnya. Kameranya memiliki sensor sangat besar yaitu 48 megapiksel. Sudah begitu didukung lagi dengan HDR. Hasilnya, warna dari semua objek yang terekam akan terlihat natural.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Frame rate mencapai 60 FPS pada resolusi 4K. Pada resolusi 1080p bahkan mencapai 240 FPS.
  • Sudah memakai kodek HEVC (H.265) yang menghasilkan file video lebih berkualitas dengan ukuran yang juga lebih kecil.
  • Sensor 48 megapiksel menangkap seluruh detail gambar dengan baik sehingga kualitas gambar tetap terjaga meski diperbesar berkali-kali.
  • Ada fitur FocusTrack atau mode follow me untuk membuat drone terbang mengikuti objek tertentu.
  • Mampu merekam video hyperlapse dengan resolusi 8K.
  • Sudah ada obstacle avoidance dengan sensor depan, belakang, dan bawah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jangkauan kontrol 10 km
Durasi terbang 34 menit
Resolusi kamera 4K
Wind resistance 8,5 – 10,5 m/s (level 5)
Kisaran harga Rp12.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. DJI Mavic 2 Pro

blank

Sumber: Dji.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Investasi jangka panjang untuk para profesional

Apabila Anda bukan lagi pemula, serta memiliki budget tebal, maka DJI Mavic 2 Pro adalah salah satu drone terbaik buat Anda. Drone profesional ini dibekali kamera Hasselblad L1D-20c yang memiliki teknologi Hasselblad Natural Colour Solution (HNCS). Berkatnya, kamera ini menghasilkan warna dengan akurasi terbaik tanpa perlu mengatur profile warna.

Kualitas gambarnya makin baik lagi karena memiliki sensor 1 inci. Lebih besar dari tiga produk sebelumnya. Hal ini menyebabkan sensor kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya. Aperture-nya pun bisa disesuaikan dari f/2.8 sampai f/11. Sangat berguna ketika mengambil gambar di malam hari.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dengan segudang fitur, DJI tetap berhasil mengemas pengoperasiannya menjadi sederhana berkat aplikasi yang intuitif.
  • Tidak kehilangan ketajaman gambar meski merekam di malam hari atau kondisi pencahayaan yang kurang.
  • Sudah pakai kodek (HEVC) H.265.
  • Memiliki sensor omnidirectional obstacle avoidance. Bisa mendeteksi objek dari segala sisi.
  • Dapat melakukan tracking objek yang bergerak cepat seperti mobil.
  • Kontrolernya sudah memiliki layar sendiri.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin terlalu mahal untuk beberapa orang.
Jangkauan kontrol 18 km
Durasi terbang 31 menit
Resolusi kamera 4K
Wind resistance 29 – 38 kph (level 5)
Kisaran harga Rp19.999.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

5. DJI Inspire 2

blank

Sumber : Dji.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Khusus untuk filmmaker profesional ber-budget lebih

DJI Inspire 2 merupakan drone DJI dengan spesifikasi paling tinggi pada rekomendasi kami kali ini. Dibekali pula dengan obstacle avoidance yang mampu mendeteksi objek sejak 30 meter. Jika pun terbentur, build quality Inspire 2 yang terdiri cangkang aluminium dan lengan karbon yang kokoh membuat drone ini takkan rusak semudah itu.

Menariknya lagi, DJI mengimplementasikan baterai ganda pada drone ini. Bertujuan agar ketika salah satu baterainya mengalami masalah, baterai satunya masih dapat memasok energi untuk membawa drone kembali ke titik takeoff. Baterai LiPO ini pun memiliki mekanisme self-heating yang membuat efisiensi energinya takkan berkurang meski berada di temperatur rendah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kameranya bisa diganti.
  • Frame rate mencapai 60 FPS pada resolusi 4K.
  • Dalam mode Sport, kecepatannya dapat mencapai 94 kilometer per jam.
  • Dapat mentransmisikan live view sampai 1080p. Mendukung pula FPV.
  • Aplikasi DJI GO 4 punya segudang fitur.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mahal untuk beberapa orang.
Jangkauan kontrol 7 km
Durasi terbang 37 menit
Resolusi kamera 6K
Wind resistance 10 m/s (level 5)
Kisaran harga Rp42.999.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Autel EVO II Pro 6K

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Didukung kamera resolusi 6K dengan sensor 48 megapiksel

Di lini profesional, drone buatan Autel satu ini tidak kalah dari produk-produk DJI. EVO II Pro menawarkan kamera beresolusi 6K dengan sensor 48 MP. Meski ukuran sensornya bukan yang terbesar, hasil rekaman di malam hari tetap minim noise berkat teknologi hyper light. Menariknya lagi, Autel mengecat bodi produk mereka ini dengan warna jingga agar lebih mudah terlihat ketika terbang di langit yang cerah.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa pakai HDR sampai di resolusi 4K.
  • Mampu memotret dalam format RAW maupun JPG.
  • Daya tahan baterai tidak jauh dari klaim.
  • Kamera bisa diganti
  • Warna jingganya terlihat mencolok di atas langit. Lebih sulit hilang dari pandangan.
  • Harga kompetitif di kelasnya.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Desain controller terasa canggung.
  • Sebagian fitur baru bisa diakses setelah menghubungkan smartphone ke
  • controller.
  • Tidak ada mode panorama.
Jangkauan kontrol 9 km
Durasi terbang 40 menit
Resolusi kamera 6K
Wind resistance 39-46 mph (level 8)
Kisaran harga Rp28.949.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Fimi X8SE 2020

blank

Sumber: Fimi.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Fitur lengkap, harga tak mahal!

Fimi X8SE menjadi bukti bahwa drone 4K yang berkualitas tak harus mahal. Di kelas harganya, drone ini penuh dengan fitur yang mestinya baru bisa didapatkan pada kelas harga yang lebih tinggi. Selain kamera beresolusi 4K, juga ada fitur HDR, dan tracking. Alhasil, drone ini dapat dipakai buat membabat pekerjaan drone profesional. Meski kualitasnya memang takkan setara.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah pakai kodek HEVC.
  • Daya tahan baterai cukup baik dengan durasi terbang yang tak jauh dari klaim.
  • Bisa menayangkan rekaman secara real time ke media sosial.
  • Sudah bisa memotret dalam format RAW maupun JPEG.
  • Motornya bandel. Mampu mencapai kecepatan maksimal 18 meter per detik.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitas gambar kurang baik pada malam hari karena sensornya yang kecil.
  • Belum ada obstacle avoidance. Perlu ekstra hati-hati terutama saat mengaktifkan fitur tracking objek.
Jangkauan kontrol 8 km
Durasi terbang 35 menit
Resolusi kamera 4K
Wind resistance 50 kph (level 6)
Kisaran harga Rp7.050.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

8. JJRC X16

blank

Sumber: Jjrc.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Drone murah meriah yang mampu memotret dalam resolusi 6K

Buat Anda yang sekadar hobi menerbangkan quadcopter, atau baru mau belajar cara mengoperasikan drone, JJRC X16 dapat menjadi pilihan yang baik. Selain harganya yang tak bikin kantong jebol, spesifikasi drone ini cukup relatif mewah untuk harganya. Resolusi fotonya mencapai 6K, sementara untuk video 1080p. Motornya pun sudah brushless sehingga bakal lebih awet.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Motor sudah brushless.
  • Build quality tidak terkesan murahan.
  • Daya tahan baterai cukup baik untuk kelas harganya.
  • Aplikasi intuitif.
  • Harga sangat kompetitif.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak begitu stabil.
  • Tidak bisa on-board recording. Perekaman hanya bisa dilakukan dari Wi-Fi smartphone. Alhasil, kualitasnya sangat bergantung pada kelancaran Wi-Fi smartphone Anda.
  • Kualitas foto 6K-nya buruk.
Jangkauan kontrol 500 m
Durasi terbang 25 menit
Resolusi kamera 6K
Wind resistance Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp1.500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

9. JJRC H36

blank

Sumber: Jjrc.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Tokopedia Cek harga di Blibli

Micro drone murah meriah yang cocok untuk pemula

Micro drone seperti JJRC H36 ini tentu bukan untuk dipakai fotografi. Dengan ukurannya yang kecil, drone ini umumnya dipakai untuk balapan. Tinggal tambahkan kamera FPV yang bisa Anda beli terpisah. Lajunya pun cukup cepat selama tidak kena terpaan angin. Produk ini juga bisa Anda jadikan hadiah untuk buah hati. Berkat controller-nya yang mungil, si kecil takkan kesulitan mengendalikannya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kontrol stabil dan responsif.
  • Mudah dimodifikasi.
  • Daya tahan baterai yang pendek dikompensasi waktu pengecasan yang pendek pula. Paling lama hanya satu jam.
  • Fitur yang tersedia cukup banyak.
  • Ada pelindung baling-baling supaya lebih aman saat dimainkan anak-anak.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mudah mental bila kena terpaan angin.
  • Ukuran controller agak kecil. Kurang nyaman untuk yang bertangan besar.
Jangkauan kontrol 30 m
Durasi terbang 5 menit
Resolusi kamera Tidak ada kamera
Wind resistance Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp200.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia Cek harga & diskon di Blibli

10. MJX Bugs 12 EIS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Salah satu yang terbaik di kelas harga 5 juta ke bawah

Ini adalah satu lagi drone murah meriah yang resolusinya 4K. MJX Bugs 12 EIS hanya dibanderol 2 jutaan saja untuk spesifikasinya yang cukup apik. Selain kamera beresolusi 4K, drone ini juga dilengkapi motor brushless dan GPS.

Fitur GPS ini menyebabkan drone-nya dapat otomatis kembali ke titik takeoff apabila kehilangan sinyal. Fitur ini menjadi penting karena transmisi sinyal drone ini mengandalkan Wi-FI smartphone yang kekuatan sinyalnya kerap naik-turun.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Meski tak ada gimbal, mekanisme Electronic Image Stabilization yang diimplementasikan memberi kinerja sama baiknya.
  • Dynamic range cukup besar sehingga mampu menangkap tekstur awan dan asap yang mengambang di udara.
  • Bisa tracking objek dengan fitur follow me.
  • Ada fitur headless mode sehingga tidak bingung menentukan orientasi drone saat terbang.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jangkauan kontrol inkonsisten karena bergantung pada kekuatan Wi-Fi smartphone.
Jangkauan kontrol 450 meter
Durasi terbang 22 menit
Resolusi kamera 4K
Wind resistance Level 4
Kisaran harga Rp2.799.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Drone

Produk DJI Mavic Mini DJI Mini 2 DJI Mavic Air 2 DJI Mavic 2 Pro DJI Inspire 2 Autel EVO II Pro 6K Fimi X8SE 2020 JJRC X16 JJRC H36 MJX Bugs 12 EIS
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jangkauan kontrol 4 km 10 km 10 km 18 km 7 km 9 km 8 km 500 m 30 m 450 meter
Durasi terbang 30 menit 31 menit 34 menit 31 menit 37 menit 40 menit 35 menit 25 menit 5 menit 22 menit
Resolusi kamera 2.7K 4K 4K 4K 6K 6K 4K 6K Tidak ada kamera 4K
Wind resistance 8 m/s (level 4) 8,5 – 10,5 m/s (level 5) 8,5 – 10,5 m/s (level 5) 29 – 38 kph (level 5) 10 m/s (level 5) 39-46 mph (level 8) 50 kph (level 6) Tidak disebutkan Tidak disebutkan Level 4
Kisaran harga Rp5.799.000 Rp7.099.000 Rp12.000.000 Rp19.999.000 Rp42.999.000 Rp28.949.000 Rp7.050.000 Rp1.500.000 Rp200.000 Rp2.799.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Supaya Lebih Aman, Pelajarilah Regulasi Pengoperasian Drone yang Berlaku di Indonesia

blank

Karena Anda akan menggunakan drone di ruang publik, lebih baik pelajari dulu regulasi pengoperasiannya demi keamanan bersama. Anda dapat mempelajarinya di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 47 Tahun 2016 dan Peraturan Menteri 180 Tahun 2015.

Prinsip utamanya adalah, Anda dapat menerbangkan drone dengan bebas pada ketinggian di bawah 150 meter. Kalau mau melewati itu, maka perlu izin resmi lembaga terkait. Anda juga dilarang terbang di sekitar bandara dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) lainnya. Lebih lengkapnya, silakan baca peraturan-peraturan tadi.

Di samping itu, sebagai prinsip universal, selama terbang, pastikan drone selalu terlihat oleh mata Anda. Walaupun Anda masih mendapatkan transmisi video dari controller, hindari menerbangkannya lebih jauh dari penglihatan. Hindari juga menerbangkan drone saat hujan dan berangin, sekalipun spesifikasinya mampu mengatasi kondisi tersebut.

 

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh drone di atas yang menarik perhatian Anda? Memilih drone memang tidak segampang kedengarannya. Harus selalu mempertimbangkan aspek seperti jenis drone itu sendiri, daya tahan baterai yang menjadi kunci durasi terbang, jangkauan kontrol, kualitas kamera, wind resistance, dan fitur tambahannya.

Bila Anda benar-benar pemula, belilah drone yang harganya lima juta ke bawah dari merek seperti MJX, Fimi, dan sejenisnya. Begitu Anda sudah terbiasa dengan pengoperasiannya, barulah lirik drone produksi DJI yang harganya lebih mahal. Mudah-mudahan Anda segera menemukan drone yang cocok, ya!

Referensi

The Ultimate Drone Buying Guide
https://www.teds.com.au/blog/the-ultimate-drone-buying-guide diakses pada XXX

A beginner’s guide to buying your first drone
https://www.popsci.com/choose-right-drone-for-you/ diakses pada XXX

Drone Battery Life: How to Make the Most Out of it?
https://www.mydronelab.com/blog/extending-drone-battery-life.html diakses pada XXX

Beaufort scale
https://www.wikiwand.com/en/Beaufort_scale#/Modern_scale diakses pada XXX

A Beginners Guide to FPV Drones
https://rotorriot.com/pages/beginners-guide diakses pada XXX

What Are GPS Drones, and Why Does It Matter
https://www.droneblog.com/2020/11/21/what-are-gps-drones-and-why-does-it-matter/ diakses pada XXX

You may also like

Comments are closed.