Lensa & Kamera

10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah

Modern ini, keberadaan kamera closed circuit television (CCTV) sebagai instrumen keamanan sangatlah penting. Tidak hanya di ruang publik, melainkan juga di rumah kita masing-masing. Selain untuk memonitor rumah, kamera CCTV juga berguna sebagai jaring pengaman yang menyediakan bukti video atas aksi pencurian.

Ada banyak brand kamera CCTV yang beredar, seperti Hikvision, Reolink, dan EZVIZ. Supaya tidak bingung, kami jabarkan cara memilihnya di artikel ini. Selain itu, kami juga merekomendasikan kamera CCTV terbaik versi PickyBest. Pelajari bersama, yuk!

blank

Cara Memilih Kamera CCTV untuk Rumah

Akibat perannya yang sentral terhadap keamanan rumah, Anda perlu ekstra teliti dalam memilih kamera CCTV terbaik. Perhatikanlah jenis storage, jenis sistem kamera, resolusi, tipe bentuk, dan kelengkapan fiturnya.

Sesuaikan Jenis Storage Rekamannya dengan Budget dan Sumber Daya di Rumah

Pertama-tama, perhatikan jenis penyimpanan (storage) dari kamera CCTV terbaik. Terdapat dua jenis storage, yakni lokal dan cloud. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikanlah dengan budget dan sumber daya yang tersedia di rumah Anda.

Local Storage: Biaya Lebih Terjangkau di Segala Sisi

blank

Penyimpanan lokal artinya rekaman video dari CCTV tersimpan secara lokal di rumah melalui:

  • Kartu SD yang berada di dalam kamera
  • Perangkat tambahan seperti network video recorder (NVR) dan digital video recorder (DVR)
  • Jaringan lokal seperti network-attached storage (NAS)

Untuk penggunaan kamera CCTV terbaik di rumah, dua opsi pertama, yakni SD card dan NVR/DVR, lebih cocok. Ayo kita bahas singkat satu per satu.

Kartu SD

Kamera CCTV terbaik belakangan ini selalu dilengkapi dengan slot kartu SD.

Kelebihan:

  • Penyimpanan simpel karena tidak perlu beli perangkat tambahan selain kartu SD-nya itu sendiri yang harganya cenderung murah. Dengan demikian, biaya yang perlu dikeluarkan pun lebih sedikit.
  • Hasil rekaman juga mudah diakses dan di­-backup ke komputer.

Kekurangan:

  • Kalau kamera CCTV terbaik Anda dicuri, seluruh rekaman video ikut terbawa hilang. Hal ini membatalkan fungsi CCTV sebagai jaring pengaman yang memberikan bukti video saat kemalingan.
Jika memilih kamera CCTV yang memakai kartu SD, usahakan untuk meletakkannya di posisi yang sulit dijangkau atau tersembunyi.

Perangkat recorder NVR dan DVR

Penyimpanan lokal dapat pula memanfaatkan perangkat recorder NVR atau DVR.

Kelebihan:

  • NVR dan DVR bekerja sebagai storage yang terpisah dari badan kamera. Sehingga jika kamera dicuri, rekaman video sampai saat kamera diambil tidak akan hilang.
  • Dapat tersambung dengan banyak kamera sekaligus, sesuai jumlah channel-nya. Jika terdapat beberapa kamera di rumah, semuanya dapat terintegrasi dalam satu storage yang sama.

Untuk kekurangan dari dua perangkat ini, selengkapnya bisa Anda lihat pada halaman ini atau di sini.

Oleh karena cara kerjanya yang berbeda, DVR memang khusus digunakan untuk kamera CCTV analog, sedangkan NVR untuk CCTV digital alias internet protocol (IP).

Cloud Storage: Keamanan Maksimal dalam Melindungi Hasil Rekaman Video

blank

Cloud storage adalah metode penyimpanan data pada remote server yang diakses melalui jaringan internet. Pada kamera CCTV terbaik, rekaman video secara otomatis terunggah ke server cloud. Data pun selalu aman karena tidak mengandalkan media fisik yang bisa rusak atau dicuri. Selain itu, penyedia layanan cloud juga mengenkripsi data pengguna agar terlindung dari serangan hacker.

Untuk menyimpan di cloud, pengguna perlu berlangganan layanan cloud yang biasanya disediakan oleh produsen CCTV. Pengguna dapat memilih paket layanan berdasarkan kapasitas yang disediakan dan jumlah kamera yang didukung. Semakin besar kapasitas dan banyak kameranya, maka semakin tinggi biayanya. Tidak jarang, ada juga kamera CCTV terbaik yang menyediakan layanan gratis, tetapi kapasitas dan dukungan jumlah kameranya sedikit.

Selain harus mengeluarkan biaya untuk langganan, poin lain yang sering membuat orang berpikir dua kali untuk pakai penyimpanan cloud adalah keharusan adanya jaringan Wi-Fi yang selalu aktif di rumah. Supaya video selalu terekam, jaringan internet tidak boleh mati, bahkan saat ditinggal bepergian.

Jika ukuran file video cenderung besar, maka bandwith yang terpakai pun bakal meningkat drastis, yang lantas berdampak pada kenaikan tarif internet yang harus dibayar tiap bulan.

Tentukan Jenis Kameranya, Analog atau IP?

Terdapat dua jenis kamera CCTV terbaik, yakni analog dan IP. Selain harga, keduanya juga memiliki perbedaan karakteristik lain yang mungkin menguntungkan atau merugikan untuk Anda. Maka itu, sesuaikan dengan budget dan jenis sistem CCTV yang cocok dengan rumah Anda.

Analog: Harga Lebih Terjangkau dan Instalasi Lebih Simpel

blank

CCTV analog mentransmisikan video lewat sinyal analog ke DVR untuk diubah menjadi digital agar bisa disimpan di hard drive. DVR-nya sendiri dapat tersambung ke banyak kamera melalui kabel, tergantung jumlah channel-nya. Kamera CCTV terbaik jenis ini sebenarnya sudah agak outdated, tetapi justru itu harganya menjadi lebih murah.

Meski begitu, karena masih harus membeli DVR yang dijual terpisah, biaya yang perlu dikeluarkan menjadi cukup banyak. Sebab itu, CCTV analog lebih masuk akal digunakan untuk orang yang perlu memasang banyak CCTV di sekitar rumah. Dengan harga satuan kamera yang lebih murah, biaya total yang dikeluarkan—termasuk dengan DVR—bakal menjadi lebih murah dibanding memborong CCTV IP.

IP: Kualitas Gambar Lebih Bagus dan Minim Kabel

blank

Kamera CCTV IP menawarkan teknologi terbaru, seperti sensor canggih yang memungkinkan cakupan area lebih luas. Hasil videonya pun lebih bagus dan instalasinya lebih rapi karena tidak banyak kabel. Tidak heran, harganya di atas kamera analog, tetapi bukan berarti mahal.

Kamera IP membutuhkan NVR sebagai media penyimpanan. Bedanya, kalau analog harus tersambung lewat kabel ke DVR, kamera IP dapat tersambung lewat kabel ataupun wireless ke NVR. Sistem keamanannya pun lebih baik karena berlapis dengan sekuriti dari jaringan Wi-Fi. Sudah begitu, videonya pun terenkripsi, sehingga secara keseluruhan lebih tahan terhadap serangan hacker.

Akibat harganya yang lebih tinggi, kamera CCTV terbaik jenis IP lebih cocok untuk rumah yang tidak perlu banyak kamera. Meskipun begitu, apabila budget-nya besar, membeli paket CCTV IP yang terdiri dari banyak kamera dan satu NVR adalah opsi yang paling ideal.

Pilih yang Resolusinya Minimal 1080p

blank

Resolusi adalah aspek yang teramat penting dalam memilih kamera CCTV terbaik. Jangan sampai wajah maling yang membobol rumah tidak bisa diidentifikasi karena kualitas video tangkapannya jelek.

Besaran resolusi adalah penentu utama kualitas video tersebut. Semakin besar resolusinya, maka semakin bagus gambarnya. Kualitasnya tetap terjaga bahkan setelah di-zoom berkali-kali.

Pastikan memilih kamera CCTV terbaik yang resolusinya paling tidak 1920 x 1080 atau biasa disebut 1080p. Untungnya, kebanyakan CCTV modern sudah berada di resolusi ini. Harganya pun cukup terjangkau, sehingga tidak ada alasan untuk mengambil yang resolusinya di bawah ini.

Sedangkan jika memiliki budget lebih besar, tentu resolusi di atas 1080p akan jauh lebih baik. Resolusi lebih tinggi yang bisa ditemukan di pasaran adalah 1440p (4MP), 1920p (5MP), dan 4K (8MP). Semakin besar resolusi kamera, semakin tinggi pula harganya.

Tentukan Bentuk dan Tipe Kamera CCTV Berdasarkan Aplikasinya

blank

Kamera CCTV ada banyak bentuknya. Variasi bentuk ini bukan hanya soal estetika, melainkan berpengaruh pada pengaplikasiannya.

  • Kamera CCTV berbentuk bullet paling ideal dipakai di area memanjang seperti lorong.Desain seperti ini membuat kamera dapat menangkap gambar hingga jarak jauh. Instalasinya pun mudah karena cukup di-mount ke dalam bracket yang tertanam di dinding.
  • Kamera CCTV berbentuk dome unggul pada viewing angle-nya yang luas, cocok diletakkan pada area lebar seperti halaman rumah.Lensa kamera yang tertutup lapisan pelindung membuat orang tidak bisa melihat ke mana lensanya mengarah. Hal yang sama juga membuatnya lebih sulit dipreteli maling, maupun dimanipulasi dengan menggeser bidang pandangnya.
  • Kamera CCTV bertipe PTZ atau pan, tilt, zoom yang bisa menoleh kanan-kiri dan atas-bawah, serta melakukan zoom, menghasilkan fleksibilitas lebih dan bidang pandang ekstra luas.Biasanya, kamera ini dioperasikan tenaga sekuriti untuk ruang publik. Meski begitu, untuk pemakaian di rumah, kamera ini dapat pula diprogram otomatis.
  • Kamera CCTV yang mampu merekam video dalam sudut 360 derajat. Artinya, segala sudut dapat dicakup oleh kamera dalam mode perekaman panoramic.Biasanya kamera ini dilengkapi fitur PTZ untuk memaksimalkan pengoperasian. Kamera ini lebih pas digunakan di tengah area yang kelihatan dari seluruh sudut.

Beberapa Fitur Esensial yang Patut Anda Pertimbangkan

Kamera CCTV dibekali segudang fitur yang membuatnya semakin fungsional. Beberapa fitur bahkan berfungsi preventif untuk melindungi rumah dari orang jahat. Sebab itu, fitur-fitur esensial ini sebaiknya ikut Anda pertimbangkan dalam memilih kamera CCTV terbaik.

Motion Sensor untuk Memperingatkan Gerak-gerik Orang Mencurigakan di Sekitar Rumah

blank

Motion sensor atau deteksi gerakan adalah fitur yang memperingatkan pemilik rumah ketika mengangkap gerak-gerik mencurigakan di sekitar rumah. Fitur ini sebaiknya ada pada kamera CCTV terbaik Anda karena sangat bermanfaat ketika rumah sedang ditinggal pergi atau ketika malam hari saat seluruh anggota keluarga sedang terlelap.

Biasanya, fitur ini bekerja dengan menembakkan sinar inframerah. Saat aktif, jika kamera menangkap gerakan, sistem akan memberi peringatan ke smartphone melalui aplikasi. Beberapa juga ada yang bekerja dengan alarm.

Selain untuk memantau dan mencegah tindak kriminal, fitur ini juga dapat diimplementasikan di situasi lainnya. Misalnya untuk menyalakan bel rumah secara otomatis ketika ada tamu yang datang. Bisa juga untuk memantau anak-anak dan binatang peliharaan agar tidak mendekati area yang dilarang di rumah.

Night Vision untuk Pengambilan Gambar saat Malam Hari

blank

Kebanyakan tindak kriminal terjadi di malam hari, sehingga fitur night vision untuk CCTV mutlak dipilih. Fitur ini memastikan kamera dapat merekam gambar dengan baik meski berada di pencahayaan yang kurang dengan menyorot sinar inframerah dari LED yang terdapat di dalam kamera. Semakin banyak LED-nya, semakin baik fungsi night vision-nya.

Terdapat dua opsi CCTV night vision, yakni yang hitam putih atau berwarna. Yang berwarna memiliki kualitas gambar lebih baik karena ikut menangkap pencahayaan ambient dari lingkungan sekitar. Tetapi, harga kamera CCTV terbaik berwarna cenderung lebih mahal dari yang hitam putih.

Audio Recording untuk Melengkapi Video

blank

Beberapa kamera CCTV terbaik dibekali mikrofon untuk merekam suara. Fitur ini tidak seesensial fitur-fitur sebelumnya. Walaupun demikian, keberadaannya akan sangat menguntungkan di skenario tertentu. Misalnya ketika rumah sedang dibobol maling. Perekam audio dapat mengambil sampel suara pelaku untuk memudahkan identifikasi di pihak berwajib.

Di situasi lain, jika CCTV mendukung fitur bicara dua arah, pemilik rumah dapat berkomunikasi dengan orang yang berada di dekat CCTV. Misalnya untuk menyambut tamu atau memberi arahan dengan kurir pengantar paket tanpa perlu bertatap muka. Fitur ini semakin cocok untuk dipertimbangkan karena keberadaannya tidak membuat harga kamera naik signifikan.

Jika Dipakai untuk Luar Ruangan, Pastikan Waterproof

blank

CCTV luar ruangan mutlak harus tahan air. Ketahanan kamera CCTV terbaik terhadap air diukur melalui rating Ingress Protection (IP). Rating IP digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas isolasi bodi perangkat elektronik terhadap material asing seperti air, debu, dan sejenisnya.

Rating IP untuk CCTV umumnya berkisar dari IP65, IP66, dan IP67.

  • Digit angka pertama menunjukkan ketahanannya terhadap debu. Rating 6 merupakan yang paling tinggi, yang berarti debu sama sekali tidak bisa masuk ke perangkat.
  • Digit angka kedua menunjukkan ketahanannya terhadap air. Rating 5 berarti tahan terhadap semburan air, 6 berarti tahan terhadap semburan air yang lebih kuat lagi, dan 7 artinya tahan direndam di dalam air hingga kedalaman 1 meter.

Semakin tinggi rating IP-nya maka semakin baik. Rating ini pun tidak terlalu mempengaruhi harga. Jadi, jika dihadapkan pada beberapa pilihan kamera CCTV yang waterproof di rentang harga yang sama, pilihlah yang rating IP-nya paling tinggi.

10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah

Sekarang Anda sudah memahami cara memilih kamera CCTV. Di bagian ini, kami telah kumpulkan sepuluh kamera CCTV terbaik dari berbagai macam produsen. Pilihlah dengan mempertimbangkan performa dan fiturnya serta kesesuaiannya dengan budget Anda.

1. BARDI Smart Indoor PTZ Camera

blank

Sumber: Bardi.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

CCTV dalam ruangan yang minimalis dengan audio dua arah

CCTV ini adalah kamera dalam ruangan yang mampu mentransmisikan suara secara dua arah dari pengguna lewat aplikasi smartphone, ke orang yang berada di dekat kamera. Fitur ini membuatnya sangat cocok dijadikan nanny cam di kamar anak.

Kamera CCTV terbaik produksi BARDI ini sudah dilengkapi night vision dan pendeteksi gerakan. Kepalanya pun dapat diputar 360 derajat dan dimiringkan 60 derajat sehingga sangat fleksibel untuk diletakkan di seluruh ruangan.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Instalasi mudah.
  • Desain menarik.
  • Kualitas video baik.
  • Mendukung two-way communication.
  • Bisa diakses dari jarak jauh melalui app.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kamera mudah dilepas dari bracket-nya sehingga rawan diambil maling jika penempatannya tidak hati-hati.
Jenis kamera IP
Tipe kamera PTZ 360
Jenis storage SD Card (maksimal 128 GB) dan cloud
Resolusi 1080p
Kisaran harga Rp410.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Reolink RLC-410W

blank

Sumber: Reolink.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Dilengkapi 18 LED inframerah untuk performa night vision di atas rata-rata

Untuk penggunaan outdoor, produk Reolink satu ini dapat diandalkan. Dibekali 18 LED infrared, kamera ini menghasilkan performa night vision yang cakupannya hingga 30 meter. Konektivitasnya pun simpel karena mendukung wireless yang diperkuat dengan dua antena.

Karena merupakan kamera outdoor, RLC-410W tentu tahan air. Di rating IP66, Anda bebas meletakkannya di manapun tanpa khawatir rusak. Pengoperasian kamera CCTV terbaik ini juga mudah berkat dukungan aplikasi yang intuitif.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bidang pandang luas.
  • Kualitas video jernih baik di siang hari maupun malam hari.
  • Motion sensor sangat sensitif.
  • Mudah dipasang.
  • Mendukung DVR dan NVR.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jangkauan Wi-Fi tidak terlalu luas.
Jenis kamera IP
Tipe kamera Bullet
Jenis storage Lokal (microSD, NVR) dan cloud
Resolusi 4 MP (1440p)
Kisaran harga Rp999.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada

3. Reolink RLC-511W

blank

Sumber: Reolink.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

CCTV 5 MP untuk video super jernih

Untuk Anda yang budget-nya lebih, produk Reolink ini sangat pantas dipertimbangkan. Dengan resolusinya yang amat tinggi, gambar tetap jernih meskipun rekamannya di-zoom berkali-kali. Night vision-nya pun naik satu level dibanding produk Reolink sebelumnya berkat penyematan 24 LED inframerah.

Kamera CCTV terbaik ini memiliki kemampuan zoom optik hingga empat kali. Bidang pandangnya pun terhitung luas untuk ukuran kamera bullet, yakni 31 sampai 90 derajat, sesuai pengaturan zoom optiknya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kualitas video malam hari sangat baik.
  • Jangkauan Wi-Fi luas dan stabil.
  • Dibekali built-in microphone.
  • Build quality kokoh dengan bodi metal.
  • Mudah di-setup.
  • Motion sensor sensitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Motion sensor yang sangat sensitif mungkin sering memicu false alarm.
Jenis kamera IP
Tipe kamera Bullet
Jenis storage Lokal (microSD, NVR) dan cloud
Resolusi 5 MP (1920p)
Kisaran harga Rp1.799.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. EZVIZ C6N

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat diintegrasikan dengan program home assistant

Produk satu ini dirancang untuk penggunaan dalam ruangan. Pengoperasiannya dapat diintegrasikan dengan program home assistant di rumah, baik Google Assistant maupun Alexa.

Karena diposisikan di dalam rumah, mungkin ada kalanya Anda menginginkan sedikit privasi. Untuk itu, kamera CCTV terbaik ini dibekali mode tidur untuk mematikan sementara fungsi perekamannya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Instalasi mudah.
  • Hasil video tajam.
  • Tersedia video infra red untuk kondisi gelap total.
  • Motion sensor sensitif.
  • Mendukung two-way communication.
  • Tersedia cloud storage.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis kamera IP
Tipe kamera Dome PTZ
Jenis storage Lokal (microSD, NVR) dan cloud
Resolusi 1080p
Kisaran harga Rp365.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. EZVIZ C3W Pro

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mendukung perekaman night vision berwarna

EZVIZ juga menyediakan solusi CCTV luar ruangan. Varian kamera CCTV terbaik yang satu ini dipersenjatai resolusi 4 MP dan teknologi night vision yang mendukung perekaman berwarna di malam hari.

Hebatnya lagi, kamera ini juga mendukung standar kompresi terbaru H.265 yang menghasilkan video berukuran lebih kecil. Alhasil, storage dapat menyimpan video lebih banyak dalam kualitas yang sama baik.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Instalasi dan penyetingan mudah.
  • Hasil rekaman malam hari baik berkat fitur infra red.
  • Desain keren.
  • Build quality solid, cocok untuk pengunaan
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis kamera IP
Tipe kamera Bullet
Jenis storage microSD (maksimal 256 GB) dan cloud
Resolusi 4 MP (1440p)
Kisaran harga Rp1.085.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Wyze Cam v3

blank

Sumber: Wyze.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Memiliki aperture besar untuk menangkap lebih banyak cahaya di malam hari

Melihat bentuk kamera ini, Anda mungkin menyangka bahwa Wyze Cam V3 adalah kamera indoor. Siapa sangka, kamera ini juga dapat digunakan di luar ruangan. Performanya pun jempolan, terutama pada malam hari berkat aperture alias bukaannya yang mencapai F/1.6.

Kamera CCTV terbaik berukuran minimalis ini juga dibekali starlight sensor yang membuat kemampuannya dalam menangkap pencahayaan ambient sangat baik dan minim noise. Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi alarm bawaan yang bunyinya kencang.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Performa baik di pencahayaan rendah.
  • Kualitas gambar apik.
  • Mendukung two-way communication.
  • Mudah dipasang.
  • Tersedia fitur real time alerts untuk memberi peringatan ketika ada orang yang menyusup ke area rumah.
  • Build quality kokoh, tahan terpaan cuaca.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jangkauan Wi-Fi kurang luas dan cenderung inkonsisten.
Jenis kamera IP
Tipe kamera Tidak disebutkan
Jenis storage microSD dan cloud
Resolusi 1080p
Kisaran harga Rp899.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Xiaomi Mi 360° Home Security Camera 2K

blank

Sumber: Mi.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi deteksi gerakan yang didukung teknologi AI

Xiaomi juga tidak mau ketinggalan membuat CCTV. Produknya ini dirancang sebagai kamera dalam ruangan yang cukup kapabel. Dilengkapi kemampuan deteksi gerakan yang didukung teknologi artificial intelligence (AI) supaya meminimalisir alarm palsu.

Sesuai namanya, kamera CCTV terbaik ini juga mendukung perekaman 360 derajat tanpa titik buta. Kerennya lagi, terdapat fitur bicara dua arah untuk berkomunikasi dengan penghuni rumah saat Anda sedang di luar.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudut pandang luas.
  • Kualitas video jernih.
  • Performa low light yang baik.
  • Kualitas audio jelas meskipun banyak background noise.
  • Penyetingan mudah.
  • Bisa two-way communication.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada power adapter di paket penjualan.
Jenis kamera IP
Tipe kamera PTZ 360
Jenis storage microSD, NAS, dan cloud
Resolusi 1296p
Kisaran harga Rp398.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. ANNKE C500 – 5MP Super HD PoE IP Security Camera

blank

Sumber: Annke.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Diklaim menghasilkan gambar lebih jernih dibanding CCTV 5MP lainnya

Untuk meningkatkan kualitas video dari resolusinya yang besar, ANNKE C500 dilengkapi sensor OmniVision yang disesuaikan oleh ratusan profesional untuk menghasilkan gambar yang diklaim lebih jernih dari CCTV 5 MP lain.

Di samping itu, kamera CCTV terbaik ini juga mendukung kompresi video H.265+ yang menghasilkan ukuran file lebih kecil dan latensi streaming lebih rendah. Teknologi waterproof-nya pun termasuk unggul di kelasnya dengan rating IP67.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kualitas visual sangat baik.
  • Tidak kehilangan detail warna meski berada di tempat gelap.
  • Motion sensor bisa diandalkan.
  • Mudah diinstal.
  • Sudah mendukung PoE.
  • Tersedia dalam bentuk bullet dan turret.
  • Sudah mengimplementasikan teknologi H.265+ sehingga lebih hemat storage.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis kamera IP
Tipe kamera Bullet
Jenis storage microSD, NAS, dan cloud
Resolusi 5 MP (1920p)
Kisaran harga Rp764.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Hikvision DS-2CE16U1T-ITPF

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kamera CCTV analog resolusi 4K murah meriah

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kamera 8 MP alias 4K ini harganya murah sekali. Hal ini disebabkan kamera CCTV terbaik buatan Hikvision ini masih mengusung sinyal analog. Seperti telah kami jelaskan, kamera analog memerlukan tambahan DVR.

Dengan harga satuan kamera yang terjangkau, produk ini cocok untuk Anda yang rumahnya besar sehingga memerlukan banyak kamera. Biaya total yang perlu Anda keluarkan pun lebih sedikit, bahkan setelah ditambah DVR.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bodi plastik tapi kokoh.
  • Kualitas video bening dan jelas.
  • Kinerja apik di malam hari.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak di-support oleh semua DVR.
  • Tidak dilengkapi built-in microphone.
Jenis kamera Analog
Tipe kamera Bullet
Jenis storage Lokal (DVR/NVR)
Resolusi 8 MP (4K)
Kisaran harga Rp726.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. BARDI Smart Outdoor Static IP Camera

blank

Sumber: Bardi.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memuat fitur-fitur esensial di harganya yang hanya 400 ribuan

Produk terakhir di daftar rekomendasi kami kali ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang budget-nya terbatas. Dengan harga 400 ribuan, Anda mendapatkan  kamera CCTV terbaik beresolusi 1080p yang memuat fitur-fitur esensial seperti deteksi gerak dan bicara dua arah.

Night vision-nya juga bisa diandalkan karena, meskipun hitam putih, menghasilkan gambar yang cukup jernih. Pengoperasiannya pun dipermudah dengan aplikasi yang bisa diunduh ke smartphone Anda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Two-way communication.
  • Instalasi dan penyetingan mudah.
  • Kualitas gambar apik.
  • Tidak kehilangan warna di kondisi pencahayaan rendah.
  • Kabel bawaannya panjang.
  • Dirancang khusus untuk penggunaan outdoor.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Gambar pecah jika di-zoom.
Jenis kamera IP
Tipe kamera Bullet
Jenis storage SD Card (maksimal 128 GB) dan cloud
Resolusi 1080p
Kisaran harga Rp450.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Kamera CCTV untuk Rumah

Produk BARDI Smart Indoor PTZ Camera Reolink RLC-410W Reolink RLC-511W EZVIZ C6N EZVIZ C3W Pro Wyze Cam v3 Xiaomi Mi 360° Home Security Camera 2K ANNKE C500 – 5MP Super HD PoE IP Security   Camera Hikvision DS-2CE16U1T-ITPF BARDI Smart Outdoor Static IP Camera
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis kamera IP IP IP IP IP IP IP IP Analog IP
Tipe kamera PTZ 360 Bullet Bullet Dome PTZ Bullet Tidak disebutkan PTZ 360 Bullet Bullet Bullet
Jenis storage SD Card (maksimal 128 GB) dan cloud Lokal (microSD, NVR) dan cloud Lokal (microSD, NVR) dan cloud Lokal (microSD, NVR) dan cloud microSD (maksimal 256 GB) dan cloud microSD dan cloud microSD, NAS, dan cloud microSD, NAS, dan cloud Lokal (DVR/NVR) SD Card (maksimal 128 GB) dan cloud
Resolusi 1080p 4MP (1440p) 5MP (1920p) 1080p 4MP (1440p) 1080p 1296p 5MP (1920p) 8MP (4K) 1080p
Kisaran harga Rp410.000 Rp999.000 Rp1.799.000 Rp365.000 Rp1.085.000 Rp899.000 Rp398.000 Rp764.000 Rp726.000 Rp450.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan, adakah yang cocok dengan Anda? Saat memilih CCTV, perhatikan jenis storage, jenis sistem kamera, resolusi, tipe bentuk, hingga kelengkapan fiturnya agar Anda memperoleh produk sesuai kebutuhan.

blank

Jika Anda baru pertama kali pasang CCTV, utamakan memilih CCTV luar ruangan yang memiliki deteksi gerak. Pasalnya, fitur ini sangat esensial untuk memperingatkan Anda terhadap kehadiran maling. Mudah-mudahan, Anda dapat menemukan CCTV terbaik untuk rumah Anda, ya!

Referensi

Home security 101: Local vs. cloud camera storage
https://www.cnet.com/news/home-security-101-local-vs-cloud-camera-storage/ diakses pada 25 Februari 2021

Security Camera Recorders: DVR/NVR vs SD Card vs Cloud, Which One to Choose
https://www.zositech.com/security-camera-recorders-buying-guide/ diakses pada 25 Februari 2021

One Option You Shouldn’t Overlook When Setting Up a Security Camera
https://www.nytimes.com/wirecutter/blog/security-camera-cloud-storage/ diakses pada 25 Februari 2021

Pro’s and Cons for IP vs. Analog Video Surveillance
https://www.securitymagazine.com/articles/88854-pros-and-cons-for-ip-vs-analog-video-surveillance diakses pada 25 Februari 2021

Sama-sama Kamera Pengawas, Apa Bedanya IP Camera dan CCTV?
https://tekno.kompas.com/read/2020/07/05/10170047/sama-sama-kamera-pengawas-apa-bedanya-ip-camera-dan-cctv-?page=all diakses pada 25 Februari 2021

Security Camera Resolution: A Major Factor Contributes to Crisp Images
https://reolink.com/security-camera-resolution-comparison-examples/ diakses pada 25 Februari 2021

What Are the Different Types of CCTV Camera?
https://www.caughtoncamera.net/news/different-types-of-cctv/ diakses pada 25 Februari 2021

Different CCTV camera types and what they offer
https://www.ifsecglobal.com/video-surveillance/cctv-camera-types-explained/ diakses pada 25 Februari 2021

The Beginner’s Guide to Motion Sensors
https://www.safewise.com/resources/motion-sensor-guide/ diakses pada 25 Februari 2021

How to Choose the Best Night Vision CCTV Cameras
https://network-data-cabling.co.uk/blog/night-vision-cctv/ diakses pada 25 Februari 2021

Can I Record Sound on my Surveillance Cameras?
https://www.caughtoncamera.net/news/can-i-record-sound-on-my-surveillance-cameras/ diakses pada 25 Februari 2021

You may also like

Comments are closed.