Lensa & Kamera

10 Rekomendasi Tripod Terbaik

Tripod merupakan alat penunjang fotografi dan videografi yang patut dimiliki siapa pun yang menekuni kedua bidang tersebut. Alat ini berfungsi untuk mempermudah pengaturan komposisi ketika mengambil gambar, sekaligus menstabilkannya dari guncangan. Keberadaan tripod bahkan menjadi mutlak pada beberapa aliran fotografi, misalnya fotografi makro dan astrofotografi.

Ada banyak merek tripod berkualitas, misalnya Manfrotto dan Benro. Supaya tidak kesulitan cari yang tepat, kami akan terangkan cara memilihnya di artikel ini. Buat Anda yang enggan repot, kami pun telah rangkum sepuluh tripod terbaik versi PickyBest dari beragam jenis dan merek. Mulai pembahasannya, yuk!

Cara Memilih Tripod

Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tripod, di antaranya adalah jenis tripodnya itu sendiri, material bahan, jenis head, kapasitas beban maksimal, ketinggian, jumlah section, dan fitur tambahannya.

Tentukan Dulu Tripod Jenis Apa yang Anda Butuhkan

Ada banyak jenis tripod dengan jenis pengaplikasian yang berbeda pula. Variasi bentuk, ukuran, dan fitur memengaruhi skenario penggunaan, sekaligus harganya. Pilihlah jenis tripod yang tepat dengan jenis pemakaian Anda, sekaligus kemudahannya apabila perlu dibawa bepergian.

Mini

Sesuai namanya, tripod ini berukuran kecil. Biasanya, tripod ini digunakan bersama kamera yang bobotnya ringan seperti mirrorless, DSLR yang ukurannya lebih kecil, dan smartphone. Tripod ini ukurannya pendek, umumnya digunakan sambil dipegang atau diletakkan di atas meja.

Selain itu, tripod mini juga mudah dibawa-bawa karena dapat ditaruh di dalam tas ransel atau selempang, beberapa bahkan ada yang cukup kecil hingga masuk saku celana. Tripod mini umumnya digunakan untuk berswafoto dan vlogging.

Tripod mini dapat dibagi ke dalam beberapa kategori lagi, yakni:

  • Tripod pocket
  • Tripod tabletop (bukaan kaki lebih lebar agar mantap berdiri di atas meja)
  • Tripod gorillapod (memiliki kaki lentur yang bisa diikat ke berbagai tempat)

Travel

blank

Tripod travel adalah jenis tripod yang dirancang untuk menunjang kerja foto dan videografi maksimal sambil tetap mempertahankan portabilitas. Hasilnya, tripod ini dapat menyangga kamera dengan mantap di atas tanah, sekaligus nyaman dibawa berkat ukuran yang tak terlampau besar dan bobot ringan.

Kedua karakteristik tadi membuat tripod ini cocok untuk fotografer yang banyak bekerja di luar ruangan, khususnya untuk yang masih amatir. Berbagai jenis kamera ukuran kecil-menengah dapat dengan nyaman dipasangkan dengannya, selama tidak menggunakan lensa besar seperti telefoto.

Full-sized

blank

Tripod full-sized atau kadang juga disebut medium duty merupakan jenis tripod yang mampu dipakai pada pekerjaan berat level studio, namun tetap dapat dibawa bepergian, kendati tak senyaman tripod travel. Ukurannya lebih besar dengan bobot yang juga lebih berat. Tripod ini mampu memfasilitasi kamera profesional berukuran besar dengan lensa yang lebih besar pula.

Tripod ini ideal untuk para fotografer profesional yang memerlukan kestabilan lebih dalam pengambilan gambar. Maka itu, tripod full-sized senada juga dengan harganya yang lebih mahal sehingga mungkin kurang ramah untuk kantong fotografer amatir atau pemula.

Studio

blank

Sebagaimana namanya, tripod ini khusus dipakai di studio. Ukurannya yang besar dan berat menjadikannya sama sekali tak leluasa untuk dibawa-bawa. Dengan demikian, tripod ini hanya akan diperlukan oleh fotografer profesional untuk mendukung pekerjaan yang profesional pula.

Pilih Material dengan Mempertimbangkan Bobot, Kekokohan, serta Budget yang Tersedia

Di pasaran, Anda dapat melihat bagaimana harga tripod sangat bervariasi walaupun jenis, ukuran, fitur, bahkan mereknya sama. Salah satu faktor pembedanya adalah material yang dipakai sebagai rangka tripod tersebut, yang umumnya adalah plastik, alumunium, atau carbon fiber. Ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kemampuan kantong Anda.

Plastik

blank

Plastik umum digunakan pada tripod di kelas harga lebih murah, terutama tripod mini dan travel. Selain harga yang terjangkau, tripod berbahan plastik memiliki bobot yang ringan.

Sayangnya, tripod ini tidak cocok untuk kamera berbobot tinggi karena kurang kokoh dan stabil, juga mudah pecah. Faktor yang terakhir membuat Anda yang memilih tripod seperti ini harus ekstra hati-hati saat membawanya bepergian.

Aluminium

blank

Inilah material yang umum dipakai oleh tripod kebanyakan, baik di kelas harga murah, menengah, maupun tinggi. Alumunium merupakan metal yang kokoh dan tak mudah rusak.

Ketika mendapat tekanan di luar ketahanannya, bahan ini akan membengkok, tidak pecah seperti plastik, sehingga masih bisa diperbaiki selama kerusakannya tidak parah. Minusnya, bobot alumunium bukan yang paling ringan.

Carbon fiber

blank

Carbon fiber merupakan bahan yang paling kokoh dan ringan. Ketangguhannya berkali-kali lipat dari aluminium, sedangkan bobotnya lebih ringan dibanding tripod aluminium di ukuran yang sama.

Selain itu, zatnya juga lebih tahan karat. Alasan tersebut menjadikannya pilihan yang sangat tepat untuk fotografer yang banyak bekerja di luar ruangan. Tentu, kompensasi atas keistimewaan tersebut adalah harga yang kurang ramah kantong.

Sesuaikan Tipe Kepala Tripod dengan Kebutuhan

Aspek selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah tipe kepala tripod. Bagian inilah yang secara langsung menyangga kamera di atas tripod. Kepala tripod juga dibekali mekanisme untuk mengatur posisi kamera. Variasi jenis mekanisme ini kemudian berujung pada variasi tipe kepala tripod pula. Pilihlah yang paling ideal dengan kebutuhan serta preferensi Anda.

Ball head

Kepala ini memiliki bola besi yang dapat diputar ke segala arah, sehingga menghasilkan fleksibilitas dan kemudahan lebih dalam menggonta-ganti posisi kamera selama pengambilan gambar. Jenis kepala ini dapat digunakan untuk semua jenis fotografi. Pengoperasiannya yang sederhana juga membuatnya nyaman dipakai oleh profesional maupun pemula.

Tersedia juga variasi lain dari ball head yang menambahkan handel berbentuk mirip gagang pistol yang berguna memudahkan pengaturan posisi kamera. Model kepala ini biasa disebut pistol grip head.

3 way/pan and tilt head

Sebagaimana namanya, jenis kepala ini memiliki dua mekanisme terpisah. Satu untuk mengatur aksis horizontal (pan), serta satu lagi untuk aksis vertikal (tilt). Saat digunakan, pengguna perlu melepas lengan pengunci masing-masing aksis dan mengaturnya satu per satu.

Jenis kepala ini cocok digunakan pada berbagai macam jenis fotografi. Tapi, karena proses pengaturannya yang cenderung lamban, tripod ini lebih dapat diandalkan pada skenario fotografi yang lebih terkontrol. Misalnya, pada fotografi still life di studio, fotografi landscape, makro, dan sejenisnya.

Fluid head

Prinsip kerja fluid head sama dengan pan and tilt. Bedanya, jenis kepala ini dirancang untuk videografi. Selain dua mekanisme untuk mengantur pan dan tilt, terdapat fitur tambahan yang berfungsi mengatur besar friksi ketika melakukan kedua movement tersebut. Fitur ini sangat penting saat merekam video untuk memproduksi pergerakan kamera yang mulus dan konsisten.

Gimbal head

Jenis kepala satu ini khusus digunakan ketika perlu menggunakan lensa ukuran besar. Tidak seperti tipe kepala lain yang menyangga kamera, bagian yang disangga oleh gimbal head adalah lensanya. Sebab, ketika memakai lensa besar, pusat massanya tidak lagi ada di kamera, melainkan di lensa.

Berkat adanya mekanismenya yang luwes, gimbal head cocok digunakan pada skenario fotografi yang memerlukan pergerakan cepat. Contohnya fotografi olahraga dan wildlife.

Pastikan Kapasitas Beban Maksimalnya Cukup untuk Menopang Bobot Kamera dan Lensa yang akan Dipakai

blank

Salah satu kelengkapan spesifikasi yang paling penting diperiksa adalah kapasitas beban maksimal yang mampu ditopang. Pastikan kapasitasnya lebih dari cukup untuk menopang kamera dan lensa yang berniat Anda pakai bersama tripod tersebut. Aspek ini sangat penting untuk menjamin kestabilannya saat dipakai.

Besaran angkanya relatif sesuai kebutuhan foto dan videografi masing-masing orang. Namun, patokan umumnya adalah minimal dua kali lipat beban kamera dan lensa. Dasarnya, ketika digunakan, tripod tak hanya menopang beban kamera dan lensa, tetapi juga tangan Anda.

Lebih Baik Pilih yang Ketinggiannya Mencapai Garis Mata

blank

Meski terdengar sepele, tinggi maksimal tripod adalah hal yang sangat penting dipertimbangkan. Ketinggian tripod yang ideal adalah yang menempatkan viewfinder kamera sejajar dengan garis mata Anda. Artinya, tinggi maksimum tripod itu sendiri ada di sekitar dagu. Jika tak ada yang sejajar, maka pilih yang lebih tinggi, karena bisa disejajarkan dengan memendekkan kaki-kakinya.

Tripod yang terlalu pendek membuat Anda perlu membungkuk tiap kali melihat viewfinder. Hal ini akan membuat cepat punggung pegal, terutama saat menjalani sesi pengambilan gambar yang lama. Belum lagi dampak jangka panjangnya pada postur tubuh jika menjadi kebiasaan rutin. Demi kesehatan diri sendiri, jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan aspek ini, ya!

Bagaimana Soal Jumlah Section?

blank

Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, untuk memudahkan penyesuaian tinggi sekaligus portabilitas, kaki tripod dapat terdiri dari section, umumnya adalah 3 atau 4 section.

  • Semakin banyak section-nya, tripod tersebut akan lebih pendek dan ringkas ketika terlipat. Kompensasinya, ukuran tiap section jadi lebih tipis, yang lantas berpengaruh pada kekokohan dan kestabilan tripod tersebut.
  • Semakin sedikit section-nya, maka stabilitasnya pun lebih baik. Namun, tiap section-nya lebih panjang, sehingga kalah ringkas.

Perlu dicatat pula bahwa jumlah section lebih banyak tidak lantas membuat tripod lebih tinggi. Jumlah section lebih banyak hanya memastikan bahwa tripodnya dapat dilipat lebih kecil.

Kesimpulannya:

  • Tripod dengan 3 section akan lebih stabil jika Anda menggunakan kombinasi kamera dan lensa yang cukup berat.
  • Tripod dengan 4 section akan cocok bila gear yang Anda pakai berukuran standar, atau lebih ringaks untuk dibawa-bawa jika Anda lebih sering mengambil gambar di luar ruangan.

Pilih Tipe Penguncian Kakinya sesuai Preferensi

 

Ada dua tipe penguncian kaki tripod, yakni twist dan flip.

  • Twist lock mengunci dan melepas kaki dengan cara diputar.
  • Flip lock pakai tuas yang diangkat untuk membuka, dan dirapatkan untuk mengunci.

Perihal ini, tidak ada jawaban benar dan salah. Sepenuhnya kembali pada preferensi masing-masing orang. Kendati begitu, banyak yang beranggapan bahwa twist lock lebih cepat dibuka dan ditutup.

Jika Anda baru pertama kali membeli tripod dan tidak pernah merasakan pengoperasian keduanya, mampirlah ke toko perlengkapan fotografi terdekat untuk mencobanya secara langsung.

Beberapa Fitur Tambahan yang Perlu Dipertimbangkan

blank

Supaya tripod pilihan Anda makin fungsional, periksalah fitur tambahan apa saja yang ditawarkan. Variasi fitur tambahan ini ada banyak sekali, tetapi beberapa yang populer adalah sebagai berikut.

  • Bubble level berfungsi untuk mengukur apakah posisi horizontal tripod sudah rata.
  • Hook yang terletak di bawah center column untuk menggantung tas dan benda lainnya. Berfungsi pula untuk menambah bobot tripod agar lebih stabil.
  • Center column yang bisa dibalik, sehingga kamera dapat diletakkan di bagian bawah untuk mengambil gambar low angle.

10 Rekomendasi Tripod Terbaik

Di atas telah kami jabarkan beberapa aspek mendasar yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tripod. Sebelum berburu produk di toko aksesori fotografi dan lapak daring, mari periksa dulu sepuluh tripod terbaik yang kami rekomendasikan di bawah ini. Siapa tahu langsung ketemu yang cocok!

1. Manfrotto Compact Light Aluminium Tripod MKCOMPACTLT-BK

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tripod compact yang tak bikin repot dibawa bepergian

Desainnya yang compact menjadi daya tarik utama tripod terbaik dari Manfrotto ini. Bentuknya ringkas, kecil, dengan ball head yang membuat pengubahan posisi kamera menjadi mudah dan cepat.

Berkat bahan alumuniumnya yang enteng, tripod jenis travel ini nyaman dibawa hunting foto ke mana pun. Kentengannya ini tentu menjadikannya pilihan yang lebih cocok untuk kamera dengan lensa ukuran standar.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sangat enteng.
  • Meski tipis, kaki-kakinya cukup kuat dan stabil.
  • Mudah dan cepat dipersiapkan.
  • Kaki dengan 4 section untuk hasil lipatan yang lebih pendek dan ringkas.
  • Memakai ball head yang mudah dioperasikan.
  • Harga kompetitif.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tak terdapat banyak fitur tambahan.
  • Pendek. Beberapa orang mungkin harus membungkuk untuk melihat viewfinder kamera.
  • Tidak ada quick release.
Jenis Travel
Material Aluminium, technopolymer
Berat 0,84 kg
Tinggi minimal/maksimal 39/131 cm
Kapasitas bobot maksimum 1,5 kg
Tipe head Ball
Jumlah section 4
Tipe penguncian kaki Flip
Kisaran harga Rp790.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Manfrotto PIXI EVO 2 MTPIXIEVO-BK

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pilihan sederhana yang tepat untuk mendukung kerja content creator

PIXI EVO 2 adalah tripod mini yang akan disukai oleh para content creator. Produk ini dapat menyangga DSLR dengan lensa ukuran standar, mirrorless, bahkan smartphone.

Produksi konten video dengan tripod terbaik ini terasa lebih profesional. Di samping itu, produk ini juga dapat menjadi tripod cadangan fotografer profesional manakala perlu melakukan pengambilan gambar di angle yang rendah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki lapisan plastik bertekstur matte yang elegan, nyaman digenggam, dan tak mudah gores.
  • Build quality apik.
  • Kapasitas bobot 2,5 kilogram yang tergolong besar untuk jenisnya.
  • Mudah digunakan.
  • Ukuran minimalis yang memudahkan penyimpanan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya efektif digunakan di atas bidang yang rata.
  • Tidak begitu fleksibel untuk penggunaan luar ruangan.
Jenis Mini
Material Aluminium, technopolymer
Berat 0,26 kg
Tinggi minimal/maksimal 20 cm
Kapasitas bobot maksimum 2,5 kg
Tipe head Ball
Jumlah section 2
Tipe penguncian kaki Button
Kisaran harga Rp649.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Manfrotto Befree GT Carbon Fibre Tripod MKBFRTC4GT-BH

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Mendukung kerja yang lebih berat, sambil mempertahankan kemudahan mobilisasi

Manfrotto Befree GT adalah tripod travel yang dirancang untuk melakukan kinerja lebih berat. Kapasitas beban maksimumnya mencapai 10 kilogram, menjadikannya stabil menopang kamera dan lensa berukuran besar.

Kendati begitu, aspek portabilitasnya pun tak diabaikan. Berkat bahan carbon fiber, tripod terbaik ini hanya berbobot 1,5 kilogram. Tentu tergolong ringan, mengingat kemampuannya yang berada di atas rata-rata tripod sejenis.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality yang solid.
  • Tetap stabil saat memakai lensa yang panjang.
  • Cepat dipersiapkan.
  • Seluruh penguncian bekerja baik sehingga tripod terasa stabil.
  • Ball head yang memiliki penyesuaian friksi (gesekan) untuk menambah presisi dalam mengatur posisi kamera.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menggunakan mounting plate Arca berukuran kecil yang kurang umum. Bila rusak atau hilang mungkin cukup sulit mencari gantinya.
Jenis Travel
Material Carbon fiber
Berat 1,55 kg
Tinggi minimal/maksimal 43/162 cm
Kapasitas bobot maksimum 10 kg
Tipe head P
Jumlah section 4
Tipe penguncian kaki Twist
Kisaran harga Rp6.290.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Slik LiTE AL-420S

blank

Sumber: Slik.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pilihan bijak untuk pegiat fotografi alam

Ini adalah tripod travel yang layak dipilih oleh pegiat fotografi alam. Tak hanya berbobot enteng, Slik LiTE AL-420S juga dibekali segudang fitur yang memudahkan pemakaian di luar ruangan. Misalnya, Rapid Flip Mechanism (RFM) yang membuat tiap kaki dapat dimiringkan hingga 180 derajat, memudahkan penempatan tripod bahkan di permukaan yang tak rata sekalipun.

Ekspedisi foto Anda di tengah alam pun jadi makin leluasa berkat lampu LED yang terdapat pada central column tripod terbaik ini. Bermanfaat untuk menambah penerangan saat melakukan pemotretan di malam hari. Selain itu, lampu ini dapat berfungsi pula sebagai senter cadangan manakala senter utama yang Anda bawa kehabisan daya.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Center column bisa dibalik.
  • Walaupun center column ditinggikan sampai habis, stabilitasnya tetap terjaga.
  • Meski tidak ada spike, bantalan karet pada ujung kaki cukup mantap menggigit permukaan.
  • Selain memudahkan penempatan, RFM juga memungkinkan pengambilan gambar low angle.
  • Lampu LED terang.
  • Harga sangat kompetitif.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Stabilitasnya berkurang bila diterpa angin.
  • Lebih cocok digunakan dengan kamera ukuran kecil.
Jenis Travel
Material Tidak disebutkan
Berat 0,78 kg
Tinggi minimal/maksimal 0,158/1,014 cm
Kapasitas bobot maksimum Tidak disebutkan
Tipe head Ball
Jumlah section 4
Tipe penguncian kaki Flip
Kisaran harga Rp1.190.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Benro KH26P

blank

Sumber: Benrousa.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tripod video yang mumpuni sekaligus nyaman dipakai

Benro KH26P adalah tripod yang khusus dirancang untuk keperluan videografi. Bobotnya lebih tinggi demi meningkatkan stabilitas. Mekanisme head-nya dibuat lebih canggih dengan kemampuan mengatur friksi seketika saat melakukan panning. Hasilnya, movement kamera menjadi lebih fluid.

Hebatnya lagi, tinggi maksimum tripod terbaik ini mencapai 182 cm. Anda yang tingginya di atas rata-rata sekalipun bakal dibuat nyaman karena tidak perlu menunduk saat melakukan perekaman.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Untuk ukuran video tripod, harganya relatif terjangkau.
  • Panning dan tilting terasa mulus tapi tak berlebihan.
  • Kakinya memiliki spike bawaan yang bisa dikeluarkan dengan melepas lapisan karet yang menutupinya.
  • Mudah disejajarkan.
  • Mekanisme penguncian kaki kuat, tapi mudah dilepas sehingga penyesuaiannya tidak ribet.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Build quality bukan yang terbaik. Rawan rusak jika terkena benturan—yang sering kali tak terhindarkan ketika dibawa bepergian. Sebab itu, lebih baik hanya digunakan indoor saja.
Jenis Video
Material Aluminium
Berat 4 kg
Tinggi minimal/maksimal 87,5/184,5 cm
Kapasitas bobot maksimum 5 kg
Tipe head Fluid
Jumlah section 3
Tipe penguncian kaki Twist
Kisaran harga Rp3.215.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Benro T880EX

blank

Sumber: Benroeu.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bisa untuk foto dan video

Di lini travel tripod Benro, kami merekomendasikan seri T880EX. Ini adalah tripod entry level yang cocok untuk fotografer pemula. Build quality-nya cukup baik dengan material aluminium yang lumayan kokoh. Mampu menopang berat hingga 2 kilogram. Lebih dari cukup untuk kamera DSLR dengan lensa standar, apalagi mirrorless.

Menariknya, Benro T880EX juga bisa digunakan sebagai video tripod. Pasalnya, terdapat spreader pada kaki untuk menambah kestabilan. Di head-nya pun terdapat lengan untuk memudahkan pengoperasian pan dan tilt sederhana.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga sangat terjangkau.
  • Serbaguna. Cocok untuk pemula yang ingin mencoba semuanya.
  • Meski bukan yang teringan, cukup leluasa dibawa bepergian.
  • Stabilitas terjaga selama berada di permukaan rata.
  • Mudah dipersiapkan.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Stabilitas menurun jika section dibuka maksimal.
  • Kepala dan beberapa bagiannya terbuat dari plastik. Perlu ekstra hati-hati saat dibawa bepergian agar jangan sampai terbentur.
  • Relatif pendek. Sebagian orang mungkin perlu membungkuk saat menggunakannya.
Jenis Travel
Material Aluminium
Berat 1,38 kg
Tinggi minimal/maksimal 46/145 cm
Kapasitas bobot maksimum 2 kg
Tipe head Pan and tilt
Jumlah section 4
Tipe penguncian kaki Flip
Kisaran harga Rp415.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Peak Design Travel Tripod

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kombinasi sempurna antara durabilitas dan portabilitas

Bila Anda siap merogoh kocek lebih dalam, pilihlah travel tripod dari Peak Design satu ini. Seluruh rangkanya terbuat dari carbon fiber, menghasilkan keseimbangan sempurna antara durabilitas dan portabilitas. Ketika dilipat, diameternya hanya sebesar botol minum. Tak perlu tas terpisah, tripod ini dapat dengan mudah masuk ke ransel yang Anda gunakan sehari-hari.

Kakinya yang terdiri dari lima section sama sekali tak terasa rapuh, sekalipun dibuka sampai penuh. Pokoknya, tripod terbaik ini benar-benar tangguh. Bahkan, saking percaya dirinya Peak Design terhadap ketangguhan produk ini, mereka sampai berani memberikan garansi seumur hidup!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Durabilitas nomor satu.
  • Sangat portabel. Panjangnya hanya 39 cm dalam posisi terlipat.
  • Desain ball head unik yang menjadi satu dengan center column. Meningkatkan stabilitasnya.
  • Paket penjualan sudah termasuk mount untuk smartphone.
  • Terdapat varian yang terbuat dari aluminium dengan selisih harga yang signifikan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin terlalu mahal untuk beberapa orang.
Jenis Travel
Material Carbon fiber
Berat 1,29 kg
Tinggi minimal/maksimal 14/152,4 cm
Kapasitas bobot maksimum 9,1 kg
Tipe head Ball
Jumlah section 5
Tipe penguncian kaki Aluminum cams
Kisaran harga Rp10.499.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Sirui A-1205

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tripod carbon fiber yang tak bikin kantong jebol

Tripod terbaik berbahan carbon fiber tak selalu harus mahal. Sirui A-1205 yang hanya dibanderol di bawah tiga juta ini menjadi buktinya. Pas sekali untuk pemula atau fotografer yang masih merintis di tahap awal. Kendati begitu, performa yang ditawarkan travel tripod ini tidak sembarangan, sehingga para profesional pun juga menyukainya.

Stabilitasnya tinggi, takkan goyah meski harus menopang kamera dan lensa ukuran besar. Tak gentar pula saat diterpa angin kencang. Kalaupun ternyata dirasa kurang stabil, Sirui telah menempatkan hook di bawah center column. Tinggal gantungkan tas atau benda lainnya untuk menambah kemantapan tripod.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Enteng.
  • Ukuran kecil yang mudah dimasukkan ke tas.
  • Mudah dan cepat dipersiapkan.
  • Ada lapisan grip khusus agar ketika dipakai di tempat dingin, tangan tidak ikut kedingingan saat memegang tripod.
  • Kaki dapat dimiringkan hingga 180 derajat.
  • Center column dapat dibalik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Stabilitas berkurang begitu kakinya dipanjangkan penuh.
Jenis Travel
Material Carbon fiber
Berat 1 kg
Tinggi minimal/maksimal 26/140 cm
Kapasitas bobot maksimum 10 kg
Tipe head Ball
Jumlah section 4
Tipe penguncian kaki Twist
Kisaran harga Rp2.500.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Sirui 3T-35K

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Meski berjenis tabletop, pemakaiannya cukup serbaguna

Jangan salah sangka, meski berjenis tabletop, skenario penggunaan tripod terbaik ini sangat banyak. Bisa dipakai untuk mengambil still video, swafoto, vlogging, dan shot dari angle tinggi/rendah.

Berbagai skenario penggunaan tersebut dimungkinkan oleh bobotnya yang enteng, sekaligus kapasitas bobotnya yang besar. Penyesuaian ketinggiannya makin dipermudah dengan center column yang bisa dilepas.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kokoh. Kapasitas beban maksimumnya di atas rata-rata tripod tabletop lainnya.
  • Ringan dan ukurannya kecil ketika terlipat.
  • Center column bisa diperpanjang dan dilepas. Memudahkan penyesuaian tinggi.
  • Ada karabriner di paket penjualan. Memudahkan tripod intuk digantung.
  • Head dapat diputar 90 derajat untuk memotret dalam orientasi potrait.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang stabil saat digunakan bersama lensa yang besar.
Jenis Tabletop
Material Aluminium
Berat 0,43 kg
Tinggi minimal/maksimal 11,4/34,1 cm
Kapasitas bobot maksimum 4 kg
Center column P
Jumlah section 2
Tipe penguncian kaki Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp850.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Joby GorillaPod Rig

blank

Sumber: Joby.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

GorillaPod kokoh dan serbaguna untuk vlogging lancar jaya

GorillaPod adalah jenis tripod mini yang diciptakan khusus untuk content creator. GorillaPod dari Joby ini adalah salah satu yang terbaik di pasaran. Kakinya yang dilengkapi flexible joint terasa sangat kuat dan kaku. Ketika dibengkokkan dalam posisi tertentu, bentuknya selalu terjaga. Alhasil, GorillaPod ini menjadi sangat serbaguna.

Kerennya lagi, Joby GorillaPod Pig dilengkapi dua lengan tambahan. Ketika vlogging, lighting dan mikrofon Anda dapat diletakkan di sini. Alhasil, setup menjadi lebih ringkas. Sangat membantu terutama untuk Anda yang melakukan seluruh produksi vlog sendirian tanpa bantuan kru.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Flexible joint yang mempertahankan bentuk. Ketika diikat di pohon atau permukaan lain, tidak usah khawatir jatuh karena ikatannya terlepas.
  • Kokoh dan stabil menopang DSLR full sized sekalipun.
  • Sudah ada mount untuk GoPro pada paket penjualan.
  • Bentuk ringkas.
  • Dapat dipersiapkan secara instan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin terlalu mahal untuk beberapa orang.
  • Lengannya tak sekokoh kaki.
Jenis GorillaPod
Material ABS Plastic, nylon Webbing, stainless steel, TPE, aluminium
Berat 0,84 kg
Tinggi minimal/maksimal 33 cm
Kapasitas bobot maksimum 5 kg
Tipe head Ball
Jumlah section ×
Tipe penguncian kaki ×
Kisaran harga Rp990.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Tripod

Produk Manfrotto Compact Light Aluminium Tripod   MKCOMPACTLT-BK Manfrotto PIXI EVO 2 MTPIXIEVO-BK Manfrotto Befree GT Carbon Fibre Tripod   MKBFRTC4GT-BH Slik LiTE AL-420S Benro KH26P Benro T880EX Peak Design Travel Tripod Sirui A-1205 Sirui 3T-35K Joby GorillaPod Rig
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Travel Mini Travel Travel Video Travel Travel Travel Tabletop GorillaPod
Material Aluminium, technopolymer Aluminium, technopolymer Carbon fiber Tidak disebutkan Aluminium Aluminium Carbon fiber Carbon fiber Aluminium ABS Plastic, nylon Webbing, stainless steel, TPE, aluminium
Berat 0,84 kg 0,26 kg 1,55 kg 0,78 kg 4 kg 1,38 kg 1,29 kg 1 kg 0,43 kg 0,84 kg
Tinggi minimal/maksimal 39/131 cm 20 cm 43/162 cm 0,158/1,014 cm 87,5/184,5 cm 46/145 cm 14/152,4 cm 26/140 cm 11,4/34,1 cm 33 cm
Kapasitas bobot maksimum 1,5 kg 2,5 kg 10 kg Tidak disebutkan 5 kg 2 kg 9,1 kg 10 kg 4 kg 5 kg
Tipe head Ball Ball P Ball Fluid Pan and tilt Ball Ball P Ball
Jumlah section 4 2 4 4 3 4 5 4 2 ×
Tipe penguncian kaki Flip Button Twist Flip Twist Flip Aluminum cams Twist Tidak disebutkan ×
Kisaran harga Rp790.000 Rp649.000 Rp6.290.000 Rp1.190.000 Rp3.215.000 Rp415.000 Rp10.499.000 Rp2.500.000 Rp850.000 Rp990.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Yuk, cek rekomendasi kamera dan aksesori kamera dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh rekomendasi kami di atas yang membuat Anda tertarik? Ada atau tidak, yang jelas terdapat banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli tripod, dari mulai jenis tripod, material bahan, jenis head, kapasitas beban maksimal, ketinggian, jumlah section, hingga fitur tambahannya.

Kalau Anda merupakan fotografer pemula yang baru pertama kali beli tripod, kami sarankan belilah tripod travel yang harganya pas dengan budget Anda. Kami harap Anda segera menemukan tripod terbaik yang cocok untuk kebutuhan dasar Anda!

Referensi

Carbon fiber vs aluminum tripod – which should you choose for photography?
https://www.digitalcameraworld.com/tutorials/carbon-fiber-vs-aluminum-tripod-which-should-you-choose-for-photography diakses pada 22 Mei 2021

Tripod Buying Guide: What Photographers Need to Know
https://www.adorama.com/alc/tripod-buying-guide-what-photographers-need-to-know/ diakses pada 22 Mei 2021

How to Choose and Buy a Tripod
https://photographylife.com/how-to-choose-and-buy-a-tripod-for-a-dslr-camera diakses pada 22 Mei 2021

The Tripod Explained
https://www.bhphotovideo.com/explora/photography/buying-guide/the-tripod-explained diakses pada 22 Mei 2021

You may also like

Comments are closed.