Written by 16:07 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik

Kabel data menjadi aksesori penting di zaman digital seperti sekarang. Selain memudahkan pertukaran data antarperangkat, kabel data juga dirancang agar mampu melakukan pengisian baterai smartphone. Namun, karakteristik kabel data cukup beragam.

Bila Anda bermaksud membeli kabel data, melalui artikel ini kami telah rangkum produk terbaik sebagai refensi Anda. Aukey, Anker, Baseus, dan masih banyak merek lain yang bisa Anda pilih. Sebelum menentukan, kami akan jelaskan tips memilihnya terlebih dulu. Mari disimak!

Cara Memilih Kabel Data

Tidak semua kabel data akan sesuai dengan perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengerti beberapa poin saat memilih kabel data, seperti jenis port, material pelindung kabel, hingga standar kecepatannya.

Sesuaikan dengan Port Konektor pada Smartphone, Micro-USB, USB Type-C, atau Lightning?

Pertama, pastikan kepala colokan kabel data yang hendak Anda beli sesuai dengan port atau lubang colokan pada smartphone Anda. Sebab, jika konektor dengan port-nya tidak sesuai, kabel data takkan bisa dicolok. Ingatlah poin ini agar produk yang telah Anda beli sia-sia karena tidak terpakai.

Jenis port konektor sendiri ada beberapa macam, di antaranya micro-USB yang biasa ditemukan pada smartphone keluaran lama, USB Type-C yang kerap dipakai pada smartphone masa kini, dan lightning khusus untuk produk dari Apple.

Berikut perbedaan di antara ketiga tipe ini:

Micro-USB

Micro-USB merupakan bentuk mini dari interface USB. Tipe konektor ini terdiri dari  5 – 10 pin. Micro-USB dapat ditemukan pada sejumlah perangkat, misalnya smartphone, perangkat GPS, powerbank, dan MP3 players. Walau dianggap sebagai konektor universal, Micro-USB dibedakan lagi menjadi micro-A, micro-B, dan micro-B v3.0.

USB Type-C

Sering dikenal dengan USB-C, port ini mempunyai 24 pin sistem konektor yang bisa diposisikan bolak-balik. Berdesain lebih kecil, tipis, dan ringan, port ini dapat terhubung ke smartphone, tablet, laptop, dan komputer. Salah satu keunggulan USB Type-C adalah menawarkan kemampuan fast charging.

Lightning

Dikembangkan secara eksklusif oleh Apple, port ini memiliki sistem konektor 30 pin untuk model lama, dan konektor 8 pin untuk model baru dengan bentuk simetris, ukuran lebih kecil, serta dapat diposisikan bolak-balik.

Oleh karena dikembangkan oleh Apple, tipe port kabel data ini dikhususkan untuk produk Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod agar bisa terhubung ke laptop atau komputer

Pastikan Jaket Kabel Terbuat dari Bahan yang Berkualitas

Kecepatan transfer data ditentukan oleh diameter logam konduktor di dalam kabel. Maka itu, saat memilih kabel data, jangan keliru memilih produk yang tampilannya tebal. Sebab, kabel data yang tampak tebal dan besar belum tentu memiliki diameter logam konduktor yang besar untuk menunjang transfer data.

Kemudian, pastikan pula Anda memilih material pelindung kabel data yang dilapisi karet berkualitas, seperti bahan TPE (thermoplastic elastomer) atau serat nilon rajut (braided nylon). Selain kedua bahan tersebut, PVC adalah bahan pelindung jaket kabel data paling umum. Mari kenali perbedaan karakteristik dari ketiga bahan ini.

  • TPE terbuat dari material plastik yang kuat dan elastis. Selain itu, bahan ini ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Biasanya, kabel data orisinal saat pertama kali membeli smartphone menggunakan bahan pelindung TPE.
  • Nilon merupakan bahan khusus yang ditambahkan untuk memastikan inti tembaga di dalam kabel data tidak mudah rusak akibat tekanan dari luar.
  • PVC menjadi material yang cukup umum digunakan. Sifat bahan ini tidak mudah terbakar, kuat, dan cukup tahan terhadap berbagai cuaca.

Agar Transfer Data Berlangsung Cepat, Pilih yang Minimal Berstandar USB 2.0

Anda mungkin kesulitan mengecek ketebalan diameter tembaga pada bagian dalam kabel. Sebagai alternatif untuk mendapatkan produk berkecepatan transfer tinggi, Anda bisa memilih kabel data yang setidaknya memiliki standar USB 2.0.

Kabel data dengan standar USB 2.0 memungkinkan data rate mencapai 480 Mbit/s. Selain itu, USB 2.0 biasanya masih bisa terhubung pada port USB 3.0. Namun, bila Anda ingin fleksibel melakukan pengiriman data dengan lebih cepat, kabel data dengan standar USB 3.0 ke atas tentu lebih direkomendasikan.

Untuk Smartphone yang Mendukung Fast Charging, Pastikan Kompatibel dengan Standar Teknologi yang Diusung

Jika smartphone Anda mempunyai teknologi fast charging, Anda harus memastikan kabel data kompatibel dengan standar teknologi fast charging pada smartphone Anda. Hal ini penting diperhatikan karena standar teknologi fast charging yang disematkan pada smartphone cukup beragam.

Beberapa standar teknologi fast charging paling umum antara lain:

  • Dash Charge dari OnePlus
  • Quick Charge 4.0/4.0+ dari Qualcomm
  • Quick Charge 3.0 dari Qualcomm
  • Samsung Adaptive Fast Charging
  • TurboPower dar Motorola
  • Pump Express dari Mediatek
  • OPPO VOOC dari Oppo

Sekarang, coba perhatikan jenis teknologi fast charging yang terdapat di smartphone Anda. Setelah mengetahuinya, Anda pun bisa lebih memastikan kompatibilitas kabel data yang hendak Anda pilih.

Bagi Pengguna Apple, Pastikan Kabel Data Punya Standar MFi

Jika Anda pengguna produk dari Apple, maka pastikan kabel data Anda memiliki standar MFi (Made for iPhone/iPad/iPod). Apple menyebutkan bahwa pengguna yang tidak menggunakan aksesori resmi dari Apple kemungkinan besar akan menemui beragam masalah, dari mulai kabel mudah rusak, ujung konektor cepat panas atau tidak pas saat terpasang, hingga rusaknya perangkat iOS.

Di pasaran sendiri, beredar cukup banyak kabel data untuk produk Apple yang palsu atau tidak resmi. Supaya menemukan produk orisinal, perhatikan kemasan kabel data dan kabel datanya sendiri, lalu pastikan terdapat logo Mfi pada kemasannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa merujuk ke laman resmi Apple yang menjelaskan perihal aksesori konektor Lightning palsu.

Sesuaikan Panjang Kabel dengan Penggunaan

Panjang kabel data merupakan aspek lain yang penting juga untuk Anda perhatikan. Semakin panjang kabel, maka hambatan dalam hantar sinyal yang muncul pun semakin besar. Singkatnya, kabel data yang terlalu panjang dapat membuat kecepatan hantaran makin berkurang.

Umumnya, panjang kabel kabel data yang ideal adalah 1 – 2 meter. Sementara, panjang kabel data resmi keluaran produsen biasanya berukuran 1 meter. Pilihlah kabel yang panjangnya sesuai kebutuhan Anda, namun tetap lebih disarankan agar Anda memilih kabel data yang panjangnya kurang dari 2 meter.

10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik

Setelah mengenal poin apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih kabel data, berikut kami siapkan sepuluh produk pilihan yang dapat menjadi referensi Anda. Pilihlah kabel data yang kompatibel dengan perangkat Anda, ya!

1. Aukey CB-AKL1

Sumber: Aukey.life

Lapisan fiber kevlar membuat kabel menjadi sangat kuat dan lentur

Aukey memproduksi kabel data ini dari lapisan fiber kevlar yang tak cuma kuat, tetapi juga menjadikannya awet dan tahan lama. Bila Anda banyak bergerak saat melakukan transfer data, kabel data ini tergolong lentur sehingga tidak mudah putus.

Dengan kemampuan transfer data mencapai 480 Mbps, Aukey CB-AKL1 sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan Anda mentransfer file video, foto, maupun musik dengan cepat. Produk ini telah tersertifikasi Mfi dari pihak Apple, sehingga bagi pengguna produk Apple tetap dapat memakai produk ini.

KompabilitasMFi
Jenis port konektorUSB A ke Lightning
Material jaketKevlar
Data rate480 Mbps
Panjang kabel1,2 meter
Kisaran hargaRp176.000

2. VYATTA T CABLE

Sumber: Shopee.co.id

Sistem proteksi berlapis membuat penggunaan kabel data sangat aman

VYATTA T CABLE memiliki lima sistem proteksi untuk menjamin keamanan saat digunakan. Kelima proteksi itu adalah proteksi terhadap korsleting, tegangan berlebih, suhu panas, arus berlebih, dan proteksi terhadap daya berlebih.

Kabel data ini sangat direkomendasikan untuk kebutuhan gaming. Pasalnya, desain konektor kabel dirancang agar memberikan kenyamanan genggaman saat melakukan aktivitas gaming. Lebih dari itu, produk ini juga diklaim delapan kali lebih kuat dari kabel data lain!

KompabilitasQC 3.0
Jenis port konektorUSB A ke USB Type-C
Material jaketTidak disebutkan
Data rate480 Mbps
Panjang kabelTidak disebutkan
Kisaran hargaRp48.000

3. UNEED Kabel Data Magnetic USB Type C to Type C

Jaminan transfer data dan pengisian daya cepat untuk Anda yang sibuk

Kemampuan UNEED Kabel Data Magnetic USB Type C to Type C dalam pengisian daya yang cepat menjadikannya berharga bagi pengguna yang super sibuk.  Kabel data ini memiliki daya hisap magnet yang lebih kuat sehingga bisa mengurangi kemungkinan ponsel jatuh saat proses charging.

Kestabilan transmisi data dan pengisian data pun lebih stabil berkat desain 14 pin yang tersemat. Dengan teknologi yang secara otomatis mengisi daya smartphone ketika transfer data, maka baterai tidak boros akibat menopang beban proses transfer data.

KompabilitasVOOC, Dual Engine Fast Charging, QC 3.0, QC 4+, Huawei Fast Charge & Huawei Super Charge
Jenis port konektorUSB Type-C ke USB Type-C
Material jaketTidak disebutkan
Data rate480 Mbps
Panjang kabelTidak disebutkan
Kisaran hargaRp139.000

4. Baseus Tungsten Gold

Sumber: Baseus.com

Memiliki kemampuan mengontrol arus dan voltase dengan teknologi chip e-marker

Jika Anda mempunyai banyak perangkat dengan konektor USB type-C, kabel data keluaran Baseus satu ini layak dipilih. Dengan daya mencapai 100 W, kabel data ini menjamin kecepatan smartphone charging dalam waktu singkat. Walau demikian, teknologi chip e-marker-nya memastikan pengisian berjalan aman.

Jaket kabel berbahan nylon membuat kabel lebih tahan lama, tidak mudah rusak, dan tidak gampang putus saat digunakan jangka lama. Produk ini hadir dalam satu varian warna saja, yakni hitam. Sementara panjangnya, Anda bisa memilih yang sepanjang 1 meter maupun 2 meter.

KompabilitasSegala device dengan USB Type-C
Jenis port konektorUSB Type-C ke USB-C
Material jaketNilon
Data rate480 Mbps
Panjang kabel1 meter
Kisaran hargaRp129.000

5. Aukey CB-CD2

Sumber: Aukey.id

Kombinasi nilon dan shielding aluminium untuk durabilitas yang maksimal

Dengan kecepatan transfer data mencapai 5 Gbps, Anda yang tidak suka menunggu lama saat proses transfer data dapat memilih Aukey CB-CD2. Apalagi, bahan nilon yang melapisi bagian luar tembaga, serta shielding aluminium membuat kabel ini berdaya tahan sangat baik, alias tidak mudah aus dan robek.

Konektor bertipe USB-C memungkinkan kabel data ini tersambung ke banyak perangkat, dari mulai smartphone, tablet, hingga laptop. Hal menarik lainnya, Aukey CB-CD2 mendukung quick charge, baik untuk standar USB 3.0 maupun USB 2.0.

KompabilitasTidak disebutkan
Jenis port konektorUSB-A ke USB Type-C
Material jaketNilon
Data rate5 Gbps
Panjang kabel1 meter
Kisaran hargaRp160.000

6. McDodo CA7360 USB-C to Lightning Quick Charge

Sumber: Mcdodo.co

Baik untuk charging maupun data transferring, semuanya unggul!

McDodo CA7360 USBC to Lightning Quick Charge mampu melakukan pengisian daya hingga full battery hanya dalam satu jam. Kabel data ini juga bisa nonaktif otomatis saat pengisian daya mencapai 100%. Teknologi ini memungkinkan baterai lebih awet dan memiliki masa pakai lebih lama.

Selain unggul untuk urusan charging, produk satu ini juga optimal dalam melakukan data transferring. Satu lagi yang perlu Anda ketahui, kabel data dari McDodo ini dilengkapi teknologi reconnecting per dua jam guna memastikan setiap device tetap terhubung satu sama lain.

KompabilitasMFi
Jenis port konektorUSB-C ke Lightning
Material jaketNilon
Data rateTidak disebutkan
Panjang kabel1,2 meter
Kisaran hargaRp124.000

7. Anker Powerline+ USB C to USB 3.0 Cable A8168HA1

Sumber: Anker.com

Durabilitas tinggi menjamin usia lima kali lebih lama dibandingkan produk lain

Bahan nilon premium membuat produk ini sanggup bertahan lima kali lebih lama dari kabel data lain. Dari segi performa, data rate mencapai 5 Gbps tergolong sebagai super-speed, yang menjadikannya sangat cepat dalam melakukan kirim-terima data.

Tersematnya advance technology besutan Anker juga membuat kabel data ini diklaim lebih cepat dan aman saat melakukan recharging. Anda tak perlu ragu memilih produk ini. Pasalnya, jumlah pengguna kabel data ini telah tercatat mencapai 20 juta lebih.

KompabilitasGalaxy Note 8, Galaxy S8/S8+/S9, HTC 10, Sony XZ, LG V20/G5/G6, Xiaomi 5
Jenis port konektorUSB-C ke USB-A
Material jaketNilon
Data rate5 Gbps
Panjang kabel0,9 meter
Kisaran hargaRp400.000

8. Fuse Chicken TITAN M

Menggunakan dua lapisan baja yang sangat kuat, namun tetap fleksibel

Kelebihan utama pada kabel data ini terletak pada struktur pembungkus yang terbuat dari lapisan baja. Bukan hanya satu lapis, melainkan terdiri dari dua lapis baja sehingga menjadikannya sangat kuat. Meskipun terlapisi dengan baja, fleksibilitas dari kabel ini tetap diutamakan.

Didukung dengan garansi seumur hidup meski terbatas, kabel data ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mengutamakan kekuatan dan keawetan kabel. Dengan panjang 1 meter, kabel data ini takkan membuat tas Anda tampak berantakan.

KompabilitasAndroid
Jenis port konektorUSB-A ke Micro-USB
Material jaketStainless steel
Data rateTidak disebutkan
Panjang kabel1 meter
Kisaran hargaRp132.000

9. UGREEN 18W Micro USB Fast Charging Cable US290

Sumber: Ugreen.com

Tersedia dalam berbagai ukuran panjang yang bisa Anda sesuaikan

Sematan teknologi keamanan yang versinya selalu ditingkatkan membuat produk ini layak dipilih oleh Anda yang mengutamakan keselamatan. Kemampuan dalam mencegah ponsel Anda dari arus berlebih secara efektif menjadi kelebihan yang bisa diperhitungkan.

UGREEN tersusun dari bahan premium yang didesain secara cermat, sehingga memungkinkan kabel data bertahan lebih lama pada tingkat pemakaian sering. Jika Anda memerlukan kabel data dengan pilihan panjang yang cukup luas, produk ini hadir dalam ukuran panjang mulai 0,5 meter hingga 3 meter.

KompabilitasQC 3.0, Huawei FCP, Samsung AFC
Jenis port konektorUSB-A ke Micro-USB
Material jaketNilon
Data rate480 Mbps
Panjang kabel3 meter
Kisaran hargaRp79.000

10. Anker 2020 Special Edition 24K Gold USB C to Lightning Cable A8843

Sumber: Anker.com

Suguhan mewah berupa lapisan emas 24K untuk pengguna Apple

Produk ini sangat unik dan mewah berkat desain kepala yang berlapiskan emas 24 karat. Produk edisi spesial 2020 dari Anker ini memenuhi standar presisi yang tinggi, bahkan beberapa bagiannya harus dipasang dengan tangan melalui proses konstruksi yang cukup panjang.

Desain eksterior yang ramping dan melengkung membuat kabel data ini lebih aman, nyaman, dan terjamin tidak mudah rusak. Bagi pengguna perangkat iOS, kabel data besutan Anker ini kompatibel pada seri iPhone 11, iPhone X, iPhone 8, iPad Pro, hingga AirPods.

KompabilitasMFi
Jenis port konektorUSB C ke Lightning
Material jaketStainless steel
Data rate480 Mbps
Panjang kabel1,8 meter
Kisaran hargaRp1.619.000

Tabel Perbandingan Kabel Data

ProdukAukey CB-AKL1VYATTA T CABLEUNEED Kabel Data Magnetic USB Type C to Type   CBaseus Tungsten GoldAukey CB-CD2McDodo CA7360 USB-C to Lightning Quick ChargeAnker Powerline+ USB C to USB 3.0 CableFuse Chicken TITAN MUGREEN 18W Micro USB Fast Charging CableAnker 2020 Special Edition 24K Gold USB C to   Lightning Cable
KompabilitasMFiQC 3.0VOOC, Dual Engine Fast Charging, QC 3.0, QC 4+, Huawei Fast Charge &   Huawei Super ChargeSegala device dengan USB Type-CTidak disebutkanMFiGalaxy Note 8, Galaxy S8/S8+/S9, HTC 10, Sony XZ, LG V20/G5/G6, Xiaomi 5AndroidQC 3.0, Huawei FCP, Samsung AFCMFi
Jenis port konektorUSB A ke LightningUSB A ke USB Type-CUSB Type-C ke USB Type-CUSB Type-C ke USB-CUSB-A ke USB Type-CUSB-C ke LightningUSB-C ke USB-AUSB-A ke Micro-USBUSB-A ke Micro-USBUSB C ke Lightning
Material jaketKevlarTidak disebutkanTidak disebutkanNilonNilonNilonNilonStainless steelNilonStainless steel
Data rate480 Mbps480 Mbps480 Mbps480 Mbps5 GbpsTidak disebutkan5 GbpsTidak disebutkan480 Mbps480 Mbps
Panjang kabel1,2 meterTidak disebutkanTidak disebutkan1 meter1 meter1,2 meter0,9 meter1 meter3 meter1,8 meter
Kisaran hargaRp176.000Rp48.000Rp139.000Rp129.000Rp160.000Rp124.000Rp400.000Rp132.000Rp79.000Rp1.619.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Pemilihan kabel data yang tepat akan membantu Anda melakukan transfer data maupun pengisian daya. Jika kecepatan transfer data sangat Anda butuhkan, prioritaskan kabel data yang unggul dari dari segi data transfer, begitu pun sebaliknya. Namun, tak sedikit pula produk yang menawarkan dua keunggulan sekaligus.

Di samping performa, kompabilitas adalah hal yang paling utama untuk Anda perhatikan. Oleh sebab itu, pilihlah kabel data dengan konektor sesuai perangkat Anda. Bagi pengguna Apple, perhatikan kabel data yang tersertifikasi resmi, ya. Semoga Anda berhasil temukan kabel data yang paling tepat!

Referensi

Micro USB / USB Type C / Apple Lightning: Everything you need to know about Smartphone Cables
https://asia.ipitaka.com/blogs/news/everything-you-need-to-know-about-smartphone-cables diakses pada 29 Desember 2020

How to Choose a Durable USB Cable
https://zendure.com/blogs/news/how-to-choose-a-durable-usb-cable diakses pada 29 Desember 2020

5 Hal yang Wajib Diketahui Tentang USB
https://www.jagatreview.com/2016/07/5-hal-yang-wajib-diketahui-tentang-usb/ diakses pada 29 Desember 2020

What Is Fast Charging?
https://sea.pcmag.com/batteries-power/20670/what-is-fast-charging diakses pada 29 Desember 2020

Quick, Rapid, Fast, and Power Delivery charging explained: What you need to know about charging your smartphone (2019 edition)
https://www.androidpolice.com/2019/04/12/quick-rapid-turbo-and-fast-charging-explained-what-you-need-to-know-about-charging-your-smartphone/ diakses pada 29 Desember 2020

Mengenali aksesori konektor Lightning palsu atau tidak resmi
https://support.apple.com/id-id/HT204566 diakses pada 29 Desember 2020

(Visited 80 times, 1 visits today)