Written by 05:41 Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi USB Flashdisk OTG Terbaik

SanDisk Ultra Dual Drive m3 0 16 GB

USB flashdisk OTG (on the go) adalah perangkat penyimpanan portabel yang kini mulai banyak digunakan. Bukan saja karena ukuran fisik yang mungil dengan kapasitas simpan besar, flashdisk OTG juga akan menunjang mobilitas setiap orang. Bagaimana tidak, untuk melakukan pemindahan dan penyimpanan data bisa dilangsungkan hanya dari perangkat smartphone atau perangkat elektronik yang mendukung port USB OTG.

Berbagai bentuk file dapat dikirim dan disimpan lebih mudah hanya melalui smartphone yang terhubung dengan flashdisk OTG. Total kapasitas dari setiap produk pun bermacam-macam, mulai dari 8, 16, 32, 64, 128, dan bahkan saat ini juga tidak sulit menjumpai flashdisk OTG berkapasitas hingga 256 GB di pasaran. Semakin besar ukuran, tentu berdampak pada nilai jual yang semakin tinggi.

Anda berencana membeli flashdisk OTG untuk mendukung pekerjaan atau tugas kampus? Banyak produk yang bisa Anda pilih. Merek-merek seperti Kingston, SanDisk, Adata, dan bahkan Samsung merilis banyak model flashdisk. Desainnya pun beragam, mulai dari ukuran kompak yang bisa ditaruh di kantong hingga desain imut yang pastinya disukai para wanita.

10 Rekomendasi USB Flashdisk OTG Terbaik

Saat memilih flashdisk OTG, sebaiknya mengutamakan produk yang menggunakan USB 3.0 atau lebih karena mendukung proses transfer berkecepatan tinggi. Meski begitu, flashdisk OTG dengan USB 3.0 ke atas juga bisa dihubungkan ke perangkat dengan port 2.0. Akan tetapi, kecepatan transfernya akan berkurang mengikuti standar kecepatan USB 2.0. Semakin kecil angka seri USB, maka kecepatan transfernya pun semakin rendah atau lambat.

Selain mempertimbangkan kapasitas simpan dan jenis konektor yang digunakan, bila memungkinkan Anda pilih juga flashdisk OTG yang dilengkapi fitur-fitur seperti waterproof, dustproof, dan shockproof. Semakin besar kapasitasnya, bagus desainnya, cepat proses transfernya, dan banyak fiturnya, tentu Anda semakin puas dengan produk yang telah dibeli.

Fitur tambahan berupa password juga akan meningkatkan perlindungan pada flashdisk OTG Anda agar tidak dipakai oleh orang yang tidak memiliki izin. Setelah menimbang-nimbang secara saksama, barulah Anda membeli produk di toko atau secara online. DI bawah ini kami tampilkan 10 merek USB flashdisk OTG terbaik yang bervariasi kapasitas simpan, dimensi ukuran, dan kecepatan transfernya. Selamat memilih!

1. Sandisk Ultra Dual Drive 3.0 32 GB

SanDisk Ultra Dual Drive 3 0 32 GB

Kisaran harga: Rp150.000

Menyediakan aplikasi khusus berbasis Google Play untuk mengefisienkan pengelolaan data

Sandisk merilis flashdisk OTG yang kompatibel untuk berbagai perangkat. Bagi pengguna smartphone Android dan komputer Mac tidak perlu memisahkan perangkat penyimpanan apabila memilih flashdisk satu ini. Hanya dengan harga di bawah 200 ribu, produk berkapasitas simpan 64 GB ini sudah bisa Anda gunakan.

Mengandalkan USB 3.0, kecepatan transfer bermacam ekstensi file dapat berlangsung cepat. Tentu saja, Sandisk Ultra Dial Drive 3.0 dibekali konektor ganda sehingga menjaga mobilitas Anda tanpa memedulikan perangkat. Ingin dicolok ke tablet maupun laptop yang masih menggunakan port USB 2.0 pun bisa.  Kabar bagus lagi, Sandisk Indonesia juga memberikan garansi resmi pada flashdisk OTG ini selama 5 tahun setelah pembelian.

2. Kingston DataTraveler microDuo 3C 32 GB

Kingston DataTraveler microDuo 3C 32 GB

Kisaran harga: Rp165.000

Berdesain mini dan kompak dengan pelindung port berwarna transparan

Tidak ingin menunggu lama setiap kali melakukan pemindahan data dari personal computer (PC)/smartphone ke flashdisk atau sebaliknya? Gunakanlah flashdisk OTG besutan Kingston ini. Menggunakan teknologi USB 3.0, Anda takkan lagi merasa jenuh hanya untuk menunggu proses pemindahan data mencapai 100%. Didesain dengan pelindung berbahan plastik transparan, masing-masing konektornya akan lebih terjaga dari benturan dan debu.

Kingston DataTraveler microDuo 3C menawarkan total kapasitas 32 GB. Meski ukuran fisiknya hanya 2,9 x 1,6 x 0,8 cm, kecepatan transfer yang dimampukan mencapai 100 MB per detik, lho! Selain itu, keberadaan interface Tipe C pada flashdisk OTG ini mendukung peralihan ke generasi interface terbaru.

3. Adata UD320 64 GB

Adata UD320 64 GB

Kisaran harga: Rp164.000

Dapat dimanfaatkan pula sebagai penghubung mouse, keyboard, dan printer. Multifungsi!

Apakah Anda mencari flashdisk OTG berkapasitas super besar? Kami rekomendasikan Adata UD320 ini sebab mampu menampung data hingga 64 GB. Film, buku, musik, atau dokumen pekerjaan Anda dapat dikumpulkan hanya ke dalam satu unit penyimpanan! Konektor USB dan OTG pada flashdisk ini dilengkapi penutup sehingga Anda tidak usah khawatir akan ujung konektor rusak akibat patah dan berdebu.

Yang membuatnya lebih keren lagi, flashdisk OTG ini memiliki bagian tengah yang difungsikan sebagai port USB standar. Jadi, Anda bukan hanya diberi akses pemindahan data dari komputer/laptop ke flashdisk dengan mudah, tetapi menghubungkan mouse, printer, keyboard, atau flashdisk lain pun bisa pula hanya dengan satu produk ini.

4. Sandisk Ultra Dual Drive m3.0 16 GB

SanDisk Ultra Dual Drive m3 0 16 GB

Kisaran harga: Rp69.000

Kompatibel untuk sebagian besar perangkat Android, termasuk PC Mac!

Ultra Dual Drive m3.0 merupakan flashdisk OTG seri lain dari Sandisk yang dapat menjadi opsi alternatif untuk Anda. Perangkat ini memungkinkan berbagai bentuk konten data dari komputer dan laptop Anda kirimkan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data. Sama dengan dua produk sebelumnya, pada seri ini Sandisk juga menyuguhkan mini storage device yang bisa terhubung ke perangkat Android dan komputer Mac.

Bicara kecepatan, flashdisk OTG ini menawarkan kecepatan transfer data ke komputer mencapai 130 MB/s. Selain itu, aplikasi Sandisk Memory Zone yang dapat diunduh melalui Google Play juga memudahkan Anda mengelola dan mem-backup data dari perangkat Android Anda.

5. Vandisk V60N 16 GB

Vandisk V60N 16 GB

Kisaran harga: Rp85.000

Model tutup 2 sisi untuk mengamankan konektor

Anda khawatir dengan flashdisk OTG yang kedua ujung konektornya tidak diberi pelindung tutup? Mungkin Vandisk V60N berikut menjadi produk yang Anda cari-cari. Didesain dengan model tutup 2 sisi, setiap ujung konektor akan semakin terjaga dari benturan atau tekanan benda lain yang memungkinkannya bengkok dan patah.

Terdapat tali yang built-in sejak awal pembelian, Anda juga semakin tenang karena bisa menggantung flashdisk untuk mencegah terjadinya kehilangan. Selain kompatibel pada perangkat komputer dan laptop bersistem operasi Windows 98/SE ke atas, flashdisk OTG ini juga dapat terhubung baik pada perangkat Mac 8.6 dan Linux 2.4.0 ke atas.

6. Flashdisk OTG Philips Dueto Edition USB 2.0 16 GB

Flashdisk OTG Philips Dueto Edition USB 2 0 16GB

Kisaran harga: Rp63.000

Hadir dalam variasi warna biru, abu-abu, dan ungu yang trendi

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Philips juga mengeluarkan flashdisk OTG ke pasaran. Dueto Edition USB 2.0 ini mengadopsi konsep minimalis berpadu ukuran kompak sehingga membuatnya fleksibel dipakai di mana pun. Selain itu, flashdisk ini juga menjamin kinerja optimal dengan dukungan garansi mencapai 1 tahun.

Harganya yang ekonomis cocok untuk Anda yang kebanyakan perangkatnya masih mengandalkan port USB 2.0  Sistem drag dan drop file semakin mempercepat dan memudahkan Anda tatkala mengelola file pada komputer dan laptop menuju smartphone atau sebaliknya.

7. Sandisk W448 OTG Flashdisk USB 2.0 16 GB

Sandisk W448 OTG Flashdisk USB 2 0 16 GB

Kisaran harga: Rp53.000

Disertai aplikasi untuk memudahkan manajemen data melalui perangkat Android

Buat ruang lebih lega pada smartphone Anda dengan selalu membawa flashdisk OTG besutan Sandisk ini. Kapasitasnya yang menyentuh angka 16 GB memaksimalkan bermacam data untuk di simpan ke dalamnya. Warna hitam dengan bodi berkontur memberikan daya tarik tersendiri yang membuat flashdisk ini tampak elegan.

Meski berbekal konektor USB 2.0, Sandisk W448 ini kompatibel dengan berbagai perangkat. Tidak perlu melakukan instalasi program khusus untuk memakai produk ini. Cukup dicolok, Anda sudah bisa melakukan drag and drop data dari satu perangkat ke perangkat lain. Praktis!

8. Sandisk iXpand Mini Flashdisk Lightning USB 3.0 32 GB

Sandisk iXpand Mini Flashdisk Lightning USB 3 0 32 GB

Kisaran harga: Rp400.700

Lengkap dengan iXpand Sync di App Store yang memungkinkan Anda mengelola data berbasis cloud

iXpand Mini adalah flashdisk OTG tipe lightning yang diperuntukkan bagi pengguna perangkat iOs, seperti iPhone dan iPad ke komputer. Produk ini mampu mentransfer data berupa foto, video/film, dan musik sebanyak apapun dengan begitu cepat. Bagaimana tidak, Sandisk mengadopsi teknologi USB 3.0 sehingga menjamin proses transfer yang lebih singkat

Selain menawarkan kapasitas tampung 32 GB, masih ada pilihan kapasitas 64 dan 128 GB. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir membuat memori iPhone dan iPad Anda penuh oleh data-data pribadi Anda. Selain mengandalkan port lightning USB 3.0 yang super cepat, flashdisk OTG ini juga dibekali software yang dapat melindungi data di dalamnya dengan password.

9. Samsung USB 3.0 Flash Drive DUO 128 GB

Samsung USB 3 0 Flash Drive DUO 128 GB

Kisaran harga: Rp499.000

Casing produk berbahan metal yang tangguh dan dilengkapi 5 proof technology

Anda membutuhkan flashdisk OTG yang bukan cuma berperforma tinggi, tetapi juga berdaya tahan tangguh? Produk rumusan Samsung ini menawarkan teknologi magnetic proof, temperature proof, x-ray proof, serta pastinya waterproof dan shockproof. 5 proof technology tersebut akan membuat flashdisk OTG Anda awet lebih lama.

Selain menjamin keamanan produk dari benturan, air, suhu tinggi, dan paparan sinar x-ray, Samsung USB 3.0 Flash Drive DUO juga menyediakan daya simpan data sebesar 128 GB. Tidak cuma itu, flashdisk ini juga mengadopsi port USB tipe A dan USB micro B agar kompatibel ketika dihubungkan ke komputer maupun gadget.

10. Addlink T50 OTG Flash Drive 32 GB

Addlink T50 OTG Flash Drive 32 GB

Kisaran harga: Rp249.000

Tersedia dalam dua pilihan warna hijau dan biru metalik yang eye-catching

Addlink T50 OTG Flash Drive mempunyai ukuran mini dan tampak mengagumkan dengan tampilan sporty berbalut casing yang translucent shiny, membuatnya sangat menarik dipandang! 2 in 1 flash drive ini memungkinkan Anda menghubungkan perangkat ke komputer ataupun smartphone berkat dukungan USB OTG-nya.

Walaupun berdimensi 3,1 x 1,2 x 0,4 cm dan hanya berbobot 4 gram, flashdisk OTG ini tidak akan hilang berkat warna casing-nya yang berkilau dan eye-catching. Kemudian, untuk mendukung aktivitas transfer data, Addlink mengadopsi USB 2.0 dan micro USB OTG. Satu lagi, apabila Anda ingin mencari kapasitas yang lebih kecil, Addlink T50 OTG Flash Drive juga menyediakan kapasitas lain, yaitu 8 GB dan 16 GB.

Baca juga rekomendasi USB flashdisk non-OTG dan hardisk eksternal terbaik lainnya!

Meskipun flashdisk OTG memberikan akses tambahan yang mempermudah pengguna ketika ingin mentransfer data ke gadget-nya, tidak jarang juga orang-orang lebih prefer menggunakan flashdisk biasa karena berbagai pertimbangan. Apakah Anda salah satunya?

Nah, di bawah ini, kami cantumkan tautan yang akan mengajak Anda melihat list USB flashdisk terbaik tanpa fitur OTG. Selain itu, bagi Anda yang khawatir kehilangan flashdisk, kami sarankan memilih perangkat penyimpanan portabel berupa hardisk eksternal. Rekomendasi produk terbaik dari USB flashdisk non-OTG dan external hardisk dapat Anda simak selengkapnya di sini!

10 Rekomendasi USB Flashdisk Terbaik
10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik

Kesimpulan

Selain memperhatikan spesifikasi utama dari flashdisk OTG yang ingin dibeli, sebaiknya Anda periksa juga komponen tambahan pada produk. Misalnya saja, adanya lubang kecil di pojok flashdisk akan berguna untuk dipasangkan tali sehingga Anda bisa menggantung produk di rumah agar tidak hilang atau terselip.

Selain itu, karena umumnya flashdisk OTG mempunyai dua konektor, yaitu USB dan USB OTG, pastikan kedua sisi konektor dilengkapi penutup sehingga terhindar dari risiko bengkok atau bahkan patah. Dengan meninjau elemen-elemen tersebut, flashdisk OTG milik Anda tentu akan lebih tahan lama.

 

(Visited 237 times, 1 visits today)