Written by 01:42 Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik

Keseruan dalam bermain game kadang tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas visual. Agar terasa semakin nyata, Anda perlu menggunakan in-ear headphone yang didesain khusus untuk kebutuhan gaming. Earphone gaming dibedakan menjadi tipe berkabel dan tanpa kabel. Selain itu, fitur dan spesifikasi tambahan turut menambah pengalaman Anda setiap kali bermain game.

Mulai dari Plextone, Armaggeddon, Baseus, dan bahkan ASUS, masing-masing memproduksi earphone gaming berkualitas. Bingung memilihnya? Tenang saja karena di sini, kami akan bahas tips memilih earphone gaming serta rekomendasi produk terbaik yang tepat untuk kebutuhan gaming Anda! Jadi, simak ulasannya hingga tuntas, ya!

Cara Memilih In-Ear Headphone (Earphone) Gaming

Ada banyak earphone bagus di pasaran, namun tidak seluruhnya support untuk gaming. Sementara earphone yang support juga belum tentu nyaman saat dipakai. Jadi, dalam memilih earphone yang tepat untuk gaming dan nyaman dipakai, sebaiknya Anda pahami karakteristik produk secara menyeluruh. Simak di sini tips-nya!

Tentukan Preferensi, Ingin yang Berkabel atau Tanpa Kabel?

Jika Anda berencana menjadi seorang gamer, mulailah menentukan earphone gaming dari jenis koneksi yang dimiliki. Apakah earphone berkabel atau tanpe kabel (wireless)? Baik earphone gaming berkabel maupun nirkabel memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Bila Mengutamakan Kualitas Suara dan Minim Latensi, Pilihlah Earphone Berkabel

Kualitas suara yang dihasilkan earphone bergantung pada banyak faktor, bukan dari jenis koneksinya saja, namun kualitas driver-nya juga mempengaruhi. Namun, untuk bitrate yang ditawarkan earphone kabel memang jauh lebih tinggi daripada koneksi nirkabel. Earphone kabel sanggup memproses suara hingga 2.304 kbps, sedangkan earphone nirkabel umumnya hanya mencapai 768 kbps.

Selain itu, latensi atau lag pada earphone kabel juga tidak terlalu besar. Meski latensi terjadi hanya dalam hitungan milidetik, tetap ada pengaruh terhadap fokus pengguna. Banyak gamer PC lebih menyukai earphone kabel, mengingat mereka minim latensi dan tidak perlu mengisi daya. Bila Anda tertarik memilih earphone, pastikan Anda memilih earphone dengan kabel pipih yang tidak mudah kusut.

Jika Ingin Gerak Lebih Bebas, Pilihlah Earphone Tanpa Kabel (Wireless)

Earphone kabel kadang merepotkan karena kabelnya mudah kusut atau jangkauan geraknya terbatas, tidak seperti nirkabel yang memungkinkan Anda bergerak bebas dan tetap bisa berkomunikasi dengan teman bermain Anda. Selain itu, sebagian besar pemain game konsol menyukai earphone nirkabel karena lebih mudah disinkronkan ke banyak perangkat.

Meski demikian, earphone nirkabel masih tergantung pada pengisian daya. Umumnya Anda bisa bermain hingga 8 jam sebelum melakukan pengisian ulang (recharge). Tetapi, durasi hidup baterai bervariasi di setiap merek dan bergantung dari lama penggunaan. Beberapa produk bahkan bisa dipakai lebih dari 10 jam dengan teknologi seminirkabel (bisa disambungkan) dan fast charging.

Pilihlah Produk yang Eartips-nya Nyaman di Telinga

Banyak orang mempertimbangkan kualitas suara dan setiap detail lainnya sebelum berpikir tentang bagaimana earphone ini terasa di telinga mereka. Kebanyakan earphone terasa nyaman saat pertama kali dipakai, namun berubah setelah 4-5 jam berikutnya. Tingkat kenyamanan ini bisa dipengaruhi oleh bantalan eartips dan panjang nozzle yang digunakan.

Eartips biasanya memiliki ukuran yang bisa disesuaikan dengan lubang telinga, seperti S, M, dan L pada setiap sisi telinga. Misalnya telinga kiri nyaman dengan ukuran M, sementara yang kanan bisa mengisolasi suara dengan ukuran S, hal tersebut bukanlah masalah. Selanjutnya, nozzle yang dipakai pun harus pas. Nozzle yang pendek bisa tidak fit di telinga, sementara yang terlalu panjang bisa menyakiti telinga.

Bila Ingin Melakukan Voice Chatting, Pastikan Tersedia Mikrofon

Umumnya, sebagian besar earphone gaming mendukung mikrofon, baik inline ataupun removable. Adanya mikrofon memungkinkan pemain melakukan obrolan suara saat game berlangsung. Sayangnya, tidak semua mikrofon diciptakan sama. Mikrofon gaming harus menawarkan suara yang sangat jernih agar pemain lain memahami apa yang Anda katakan.

Selain itu, mikrofon juga harus bebas gangguan atau memiliki fitur noise cancelling. Earphone semacam ini dapat mengambil suara Anda tanpa membuat gamer lain mendengar suara lain di ruangan Anda. Peredam suara ini juga memungkinkan Anda bisa berteriak atau tertawa sekencang mungkin tanpa memekakkan telinga gamer lain.

Cek Kelengkapan Fitur yang Mungkin Berguna bagi Anda

Anda mungkin membutuhkan surround sound ketika memainkan game battle royal seperti PUBG atau Fortnite yang membutuhkan isyarat suara akurat dan terarah. Earphone dengan surround sound menawarkan soundscape 360 ​​derajat dengan banyak speaker menutupi telinga. Hal ini memudahkan Anda mendeteksi suara dengan tepat dari berbagai arah.

Sementara itu, Anda mungkin membutuhkan earphone yang dirancang khusus dengan Sound Isolating Design. Fitur ni memungkinkan Anda tetap fokus bermain game ketika berada di luar ruangan atau area terbuka. Selain itu, tambahan mikrofon dan remote inline untuk mengontrol lagu juga bisa dipertimbangkan ketika Anda memakai earphone untuk kebutuhan non-gaming.

Sejauh ini, earphone dengan audio jack 3.5 mm umumnya berfungsi di semua platform gaming. Namun karena fungsinya tergantung sortware tertentu, maka beberapa konsol mungkin tidak mendukung earphone tersebut. Jadi Anda harus memastikannya terlebih dahulu, apakah earphone tersebut kompatibel di smartphone, tablet, PC Windows, MAC, Xbox One, PS4, Nintendo Switch, dan sejenisnya.

Terakhir, Anda mungkin harus mempertimbangkan beberapa fitur di luar gaming seperti, jika Anda memakai earphone saat olahraga, maka pastikan terdapat fitur waterproof dan bersertifikat IPX. Sementara, bila Anda membawanya untuk perjalanan jauh seperti penerbangan, pastikan earphone didukung in-flight connector yang memungkinkannya berfungsi baik meskipun di dalam pesawat.

10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik

Selanjutnya kami akan menampilkan sepuluh pilihan earphone gaming dengan kualitas mumpuni. Manakah merek yang paling Anda suka, atau spesifikasi earphone gaming seperti apa yang Anda paling perlukan? Silakan pilih berdasarkan kebutuhan Anda!

1. dbE GE200 Professional Gaming Earphone

Memiliki karakter suara natural untuk bermain game maupun mendengarkan musik

dbE GE200 adalah earphone gaming yang didesain khusus untuk para pecinta game. Produk dari dbE Acoustics ini memiliki fitting yang pas di telinga, membuatnya nyaman ketika dipakai. Bahan yang digunakan pada housing-nya lebih kukuh dengan campuran aluminium. Dengan kabel yang lebih tebal, earphone ini dijamin tidak gampang kusut.

Untuk karakter suaranya bisa dibilang cukup natural. Bass-nya sangat punchy dan deep, meskipun ada sedikit decay. Sementara mid dan treble-nya sama-sama clear, terasa crisp dan energik. Anda bisa mendengar arah tembakan dengan jelas dari earphone ini, namun takkan mengganggu ketika dipakai mendengarkan musik.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 5 – 20.000 Hz
Sensitivitas 107 ± 3 dB
Impedansi 32 Ω
Mikrofon Tidak ada
Fitur Melakukan pemisahan frekuensi (frequency divider)
Kisaran harga Rp290.000

2. Plextone DX6 Gaming Earphone 3 Hybrid Drivers

Earphone premium yang unggul di segala hal

Plexton DX6 memiliki housing eksternal yang berkontur dengan kombinasi warna hitam dan transparan (abu-abu, hijau, merah). Dari plastik transparan ini Anda bisa melihat triple driver di dalamnya. Triple driver ini memungkinkan Anda mendapatkan audio yang jelas dan jernih, tanpa menyakiti gendang telinga Anda meski digunakan berjam-jam.

Earphone premium ini memiliki kabel unik, berkelas, dan antikusut. Selain itu, earphone ini disertai tombol multifungsi untuk mengontrol musik dan panggilan. Tercantum jack audio 3.5 mm berdesain L yang kompatibel dengan smartphone, laptop, serta komputer. Mikrofonnya juga memiliki isolasi kebisingan, sangat ideal untuk melakukan voice gaming.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 20.000 Hz
Sensitivitas 102 ± 3 dB
Impedansi 32 ± 15% Ω
Mikrofon Ada
Fitur Menggunakan 3 hybrid drivers
Kisaran harga Rp255.000

3. Plextone G20 In-Ear Gaming Headphone

Memiliki tampilan dan kualitas yang disesuaikan bagi para gamer

Rerata earphone gaming memiliki tren desain berwarna terang dan sporty. Sama seperti Plextone G20 yang memiliki opsi warna hijau muda, merah, dan hitam. Modul utamanya terbuat dari aluminium yang kukuh dengan logo Plexton klasik di tengahnya. Produk ini dilengkapi magnetik yang bisa membantu Anda mengamankan earphone saat tidak digunakan.

Plextone G20 mempunyai kabel pipih hijau bebas kusut dengan panjang hingga 2,2 m. Berkat kabel panjangnya, Anda leluasa bermain dari ponsel maupun PC. Dari segi suara, earphone ini menyuguhkan kejernihan dengan respon bass mengesankan. Tak lupa, Plextone menambahkan mikrofon dan fitur noise cancelling yang bisa meredam suara hingga 90 persen.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi Tidak ada keterangan
Sensitivitas Tidak ada keterangan
Impedansi Tidak ada keterangan
Mikrofon Ada
Fitur Noise cancelling
Kisaran harga Rp110.000

4. Armaggeddon WASP-5 Dual Microphone Gaming Earphone

Dilengkapi dengan dual driver dan dual mikrofon untuk memaksimalkan permainan

Earphone besutan Armaggeddon ini menggunakan dual driver yang memungkinkan Anda mendengarkan spektrum audio lebih luas. Didukung dual microphone, permainan tim Anda pun semakin maksimal. Mikrofon removable-nya dapat ditekuk, membuat Anda bebas menyesuaikan posisi ketika melakukan panggilan.

Armaggeddon juga menyertakan tiga pasang silika ear gel ukuran S, L, dan M yang sudah terpasang dan bisa disesuaikan. Adanya Y-cable memungkinkan produk ini dipakai pada laptop. Di bagian tengah earphone terdapat remote yang berguna untuk mengontrol volume suara, mikrofon on/off, dan play/pause.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 20.000 Hz
Sensitivitas 96 ± 3 dB
Impedansi 16 Ω
Mikrofon Ada
Fitur Dual microphone
Kisaran harga Rp299.000

5. Razer Hammerhead Pro V2 Gaming Earphone

Dengan body kukuh, lengkap oleh kabel antikusut

Razer terkenal oleh slogannya “For Gamer, by Gamer”. Sayangnya, Anda takkan menemukan slogan itu di earphone ini, melainkan hanya logo ular triskelion berwarna hijau. Hammerhead Pro V2 merupakan pengembangan dari pendahulunya yang didesain lebih tangguh berkat body aluminium kukuh serta kabel pipih yang tidak mudah kusut.

Seri ini juga menyingkirkan beberapa komponen seperti boom mic, dan menggantinya dengan remote inline dan built-in microphone. Sebab dua komponen tesebut, Anda lebih praktis saat bermain game maupun mendengarkan musik saat bepergian. Satu lagi, audio yang dihasilkan Razer Hammerhead Pro V2 didukung bass berat dan akustik jernih.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 20.000 Hz
Sensitivitas 102 ± 3 dB
Impedansi 32 ± 15% Ω
Mikrofon Ada
Fitur 3 Quick Action Control buttons, stereo sound isolating design
Kisaran harga Rp975.000

6. Baseus GAMO Wired 3.5mm Earphones H15

Dilengkapi fitur yang super mendukung kenyamanan pada saat gaming

Baseus GAMO model H15 ini memiliki beberapa fitur yang bisa menjadikannya earphone gaming terbaik. Pertama, earphone ini disematkan jack audio 3.5 mm yang dirancang siku sehingga memungkinkan entri miring pada perangkat. Ketika jari-jari Anda bermain game smartphone dalam orientasi lanskap, takkan ada gangguan dari kabel!

Desain Baseus ini juga tampak keren dengan opsi warna hitam dan kombinasi merah/hitam. Selain itu, Baseus Gamo H15 dibekali transmisi suara Hi-FI yang super sensitif, Anda pun mudah mengidentifikasi gerak musuh dalam game. Tak ketinggalan, dual microphone memungkinkan Anda mengubah mode earphone tradisional maupun dikonversi sebagai earphone gaming.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 20.000 Hz
Sensitivitas Tidak ada keterangan
Impedansi 32 Ω
Mikrofon Ada
Fitur High sensitivity Hi-FI sound transmssion, mikrofon dapat dilepas-pasang
Kisaran harga Rp160.000

7. QCY T5 Earphone Bluetooth TWS

Bermain game tanpa kabel dengan koneksi lancar dan jernih

Mengadopsi teknologi Bluetooth 5.0, earphone gaming QCY ini memiliki delay 65ms  yang dapat disamakan seperti tanpa delay! Fitur Noise Cancellation pun tercantum guna mendukung audio yang jelas dan jernih. Komponen bass, alto, dan treble-nya juga seimbang, cocok untuk audiophile seperti gaming dan mendengarkan musik.

Oleh karena tampilannya yang sporty dan ergonomis, sekilas produk ini mirip dengan Apple AirPods di bagian batangnya. Bantalannya dapat mengikuti kontur telinga, serta fitur water resistant membuat produk ini ideal juga dipakai olahraga. Bicara ketahanan daya, earphone ini mampu aktif selama kurang lebih 4 jam.

Tipe koneksi Tanpa kabel (wireless)
Respons frekuensi Tidak ada keterangan
Sensitivitas Tidak ada keterangan
Impedansi Tidak ada keterangan
Mikrofon Tidak ada
Fitur Noise isolation, touch control, Advanced Audio Coding, master earbud switch & anti-interference, IPX4 waterproof, sweatproof, rain resistant, dll
Kisaran harga Rp359.000

8. Fantech EG-1 In-Ear Headphone for Gaming

Produk terjangkau dengan kualitas suara mengesankan

Tak sampai setengah juta, Anda bisa memperoleh earphone gaming penuh gaya dengan kualitas audio mengesankan. Tidak seperti earphone gaming lainnya yang mengutamakan bass tinggi, produk ini lebih crisp dan jernih sehingga bisa digunakan untuk mendengarkan musik dan bermain game pada saat bersamaan.

Earphone ini dibekali mikrofon ganda. Satu boom microphone yang mampu meredam noise dan dapat dilepas, dan satunya inline micrphone yang terintegrasi dengan remote tiga tombol. Hanya saja, desain unit Fantech EG-1 cenderung tebal, membuatnya cukup berat dipakai dalam waktu lama.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 20.000 Hz
Sensitivitas 102 ± 3 dB
Impedansi 18 ± 15% Ω
Mikrofon Ada
Fitur Auto switching mode detachable microphone, remote control 3 tombol
Kisaran harga Rp229.000

9. ASUS ROG Cetra

Earphone gaming yang dibuat khusus untuk game mobile dan bisa dipakai di luar ruangan

ROG Cetra adalah jenis earphone gaming yang dikeluarkan ASUS untuk pengguna mobile. Visi tersebut menjadikan desain produk begitu praktis, ringan, nyaman, dan optimal tanpa mengurangi kualitas suara untuk gaming. Selain bass yang kuat dan audio yang diunggulkan, digunakan pula ASUS Essence Driver 10mm yang memungkinkan setiap detail suara sekecil apapun bisa Anda dengar dengan jelas.

Selain itu, ASUS ROG Cetra telah dilengkapi konektor USB C sebagai pengganti jack audio 3.5 mm yang kompatibel dengan perangkat PC, PS4, smartphone dengan Android terbaru, dan Nintendo Switch. Port USB C-nya memungkinkan transmisi data dan pengiriman daya lebih optimal. Belum usai, Anda akan bebas melakukan gaming berkat Active Noise Cancellation (ANC) dan Ambient Mode untuk mengurangi noise saat di tempat umum.

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 40.000 Hz
Sensitivitas 102 ± 3 dB
Impedansi 16 Ω
Mikrofon Ada
Fitur Active noise cancellation, ambient mode, koneksi USB-C untuk terhubung ke smartphone, PC, Mac, dan Nintendo Switch
Kisaran harga Rp1.549.000

10. Rexus Gaming Earphone ME-2 with Dual Microphone

Produk lokal dengan desain yang bergaya dan kualitas suara yang seimbang

Earphone ini memiliki desain revolusioner dengan earbuds silikon lembut dilengkapi earclaw atau pengait agar tetap erat di telinga. Rexus memastikan produk ini nyaman tanpa gangguan suara melalui teknologi peredam kebisingan. Anda bisa menggunakan produk dalam 4 ukuran yang bisa disesuaikan dengan telinga Anda.

Dua tipe mikrofon pada Rexus ME-2 dapat Anda atur sendiri penggunaannya sesuai kebutuhan. Saat bermain game, dianjurkan memakai mikrofon tongkatnya agar suara yang dikirim lebih maksimal. Bila Anda mencari earphone gaming yang unggul mengeluarkan suara bass, earphone ini menyuguhkan suara frekuensi bawah secara detail!

Tipe koneksi Dengan kabel (wired)
Respons frekuensi 20 – 20.000 Hz
Sensitivitas 105 ± 3 dB
Impedansi 16 Ω
Mikrofon Ada
Fitur Multifungsi untuk menerima telepon, mendengarkan musik, dan discord, earbud silikon dengan teknologi noise reduction
Kisaran harga Rp139.000

Lihat juga rekomendasi produk kebutuhan gaming lainnya di sini!

Setelah nyaman dengan audio yang jernih dan minim latensi, Anda dapat memperoleh kenyamanan tambahan dengan menggunakan perlengkapan gaming khusus.

Selain earphone, aktivitas gaming terasa lebih hidup dengan mouse gaming dan keyboard gaming. Gunakanlah produk yang memenuhi karakter Anda bermain game. Cek produk rekomendasinya berikut ini!

10 Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik
10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik

Kesimpulan

Kegiatan bermain game di smartphone, tablet, hingga laptop semakin asik dengan dukungan earphone gaming berkualitas. Anda pun leluasa memainkan permainan mode online maupun offline! Berdasarkan kesepuluh produk yang telah kami rekomendasikan, manakah earphone gaming yang paling Anda minati?

Selalu perhatikan keunggulan dari setiap produk agar menambah kepuasan Anda. Jika game Anda terdapat fitur online cooperation play, tentu earphone gaming yang dilengkapi mikrofon akan cocok. Apapun kriteria yang Anda perlukan, utamakan agar earphone gaming pilihan Anda mampu memenuhinya. Happy gaming, guys!

(Visited 375 times, 19 visits today)