Written by 04:39 Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Mendengarkan Musik

Sony MDR XB50AP Extra Bass

Kehadiran ponsel pintar dan berbagai aksesori pendukungnya membuat sebagian orang gemar menghabiskan waktu dengan perangkat tersebut. Mulai dari bersosial media, menonton film, hingga mendengarkan musik. Salah satu aksesori yang banyak digunakan adalah earphone terbaik atau in ear headphone. Peranti penyalur suara dari ponsel pintar dan perangkat sejenis ini bisa dibeli dengan mudah.

Beragam pilihan dengan karakteristik yang berbeda-beda tentu membuat produk ini semakin variatif. Adapun merk earphone terbaik yang umum ditemui adalah Sony, Sennheiser, JBL, dan sebagainya. Jika Anda sedang berencana untuk mengganti atau membeli earphone baru, kami sarankan Anda membaca tulisan ini hingga akhir. Di sini kami akan ulas perbedaan earphone dengan perangkat sejenis, cara memilih earphone, dan tentunya rekomendasi produk terbaik.

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree

Perbedaan Headset Headphone Earphone dan Handsfree

Banyak orang mengira kalau earphone bagus adalah aksesori yang sama dengan perangkat audio lain semisal headphone, headset, dan handsfree. Sebenarnya, keempat jenis perangkat ini hanya sama dari segi fungsi, namun fitur serta rancangan produk menyimpan perbedaan antara satu dengan yang lain. Seperti apa? Silakan disimak bagian ini agar Anda tak lagi keliru dalam membedakannya.

Headset

Headset

Headset merupakan perangkat audio yang menggabungkan dua device menjadi satu. Device yang dimaksud berguna untuk memberikan fungsi input suara (mikrofon) dan output suara (speaker). Dilihat dari bentuknya, headset kurang cocok untuk dipakai saat berada di luar ruangan. Hal ini dikarenakan ukuran headset yang besar dan bagian speaker menutupi seluruh telinga sehingga bisa menarik perhatian lebih saat digunakan.

Tujuan dari speaker headset yang menutupi telinga pemakai tak lain untuk menghasilkan suara yang terdengar maksimal. Biasanya perangkat ini dipakai untuk keperluan seperti mengedit video, audio, dan bermain game. Selain itu headset juga lebih ideal untuk perangkat utama semisal laptop dan personal computer (PC). Sementara untuk perangkat mobile yang berukuran kecil lebih baik memakai jenis lain.

Headphone

Headphone

Walaupun dari bentuk dan desain sekilas terlihat sama, sebenarnya headphone dan headset mempunyai beberapa perbedaan. Yang paling kontras bisa dilihat pada fitur perangkat dimana headphone tidak disertai mikrofon untuk mengirimkan suara dari mulut pengguna. Di negara-negara Eropa, headphone banyak dipakai meskipun berada di luar rumah.

Umumnya headphone digunakan saat lari pagi atau sore, sebagai teman agar tidak merasa jenuh. Desain yang dimiliki oleh produk penghasil suara ini juga beragam. Terutama untuk keperluan penggunaan mobile, pengguna diberi kebebasan memilih modelnya yang trendi ataupun berkesan elegan.

Earphone

Earphone

Earphone atau in ear headphone kerap dianggap sama dengan handsfree dan headset. Padahal, secara fungsi earphone jelas berbeda, meskipun ukuran dan bentuknya menyerupai handsfree. Earphone terbaik dapat dipilih untuk memberikan kenyamanan saat mendengarkan musik dan menyaksikan video berdurasi sambil tiduran.

Tak hanya itu, earphone berkualitas juga banyak disertai fitur lain seperti tombol audio tambahan untuk mengatur besar volume ataupun mengganti lagu dalam playlist. Salah satu keunggulan dari perangkat earphone adalah sisi kepraktisan yang diberikan, berbeda sekali dengan headphone atau headset dimana Anda akan sulit memakainya sambil golar-goler di kasur.

Handsfree

Handsfree

Handsfree adalah perangkat audio yang sangat mirip dengan earphone. Perbedaan yang dimiliki hanya terletak pada fitur tambahan dimana handsfree umumnya punya fitur yang lebih banyak, seperti tombol pengatur besar kecil suara, untuk menghentikan dan melanjutkan lagu, dan mematikan panggilan, Handsfree juga sudah ditanami sifat multifungsi sehingga bukan hanya enak dipakai untuk mendengarkan musik, aktivitas seperti melakukan panggilan juga bisa.

Cara Memilih Earphone yang Bagus

Setelah mengenali perbedaan dari masing-masing produk yang punya kemiripan, di bagian ini kami akan memberikan panduan dalam memilih merk earphone terbaik. Pastikan sebelum membeli Anda sudah memahami poin-poin yang akan kami ulas berikut ini.

Pilihlah Jenis Earphone sesuai Kebutuhan Anda

Pilihlah Jenis Earphone Sesuai Kebutuhan Anda

Anda perlu memilih jenis earphone yang tepat. Ada tipe earbud, earfit, in ear monitors atau IEM, dan tipe earphone bluetooth. Mana jenis yang paling tepat untuk Anda? Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti dipakai kapan dan dimana. Karena setiap jenis earphone ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tipe Earbud

Earbud merupakan salah satu tipe earphone yang paling standar dan banyak dijumpai. Performa suara yang dikeluarkan cenderung lebih lebar dan terbuka karena desainnya yang tidak menutup seluruh lubang telinga. Biasanya earphone bertipe earbud ini punya speaker yang dibalut dengan plastik. Sebagian produk mempunyai bahan yang cukup keras dan mengganggu jika dipakai terlalu lama.

Earbud sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, seperti handsfree dan earpod. Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, handsfree punya kelebihan berupa tambahan perangkat masukan suara berupa mikrofon. Untuk earpod sendiri merupakan sebutan produk earphone keluaran Apple yang disertakan dalam produk pemutar musik iPod. Bentuk dari earpod cukup unik sehingga memberikan kesan berbeda saat dipakai.

Tipe Earfit

Apabila Anda ingin mendengarkan musik dengan sensasi suara yang tidak melebar, kami sarankan untuk membeli earphone bertipe earfit. Jenis ini mempunyai keunggulan dari segi desain dimana Anda bisa mengisi lubang telinga secara penuh. Tentunya, earphone tipe earfit akan menghasilkan suara yang lebih baik dibandingkan tipe earbud.

Pada bagian penghasil suara atau speaker, umumnya terdapat lapisan karet sehingga nyaman meskipun dipakai lama. Selain itu bahan karet juga dipilih untuk mencegah earphone jatuh saat mendapat guncangan akibat aktivitas Anda. Earphone jenis earfit sangat cocok dipakai untuk menemani kegiatan outdoor seperti jogging.

Tipe In-Ear-Monitor (IEM)

Untuk tipe yang satu ini dari sisi desain terlihat lebih stylish dan kekinian. Earphone IEM juga punya speaker yang bisa menyelip sempurna pada lubang telinga. Jenis earphone ini juga menyimpan keunggulan dari segi suara yang menggelegar meskipun dipakai dengan cara yang sama.

Kebanyakan produsen merancang earphone tipe IEM ini agar mendukung mobilitas yang tinggi karena mampu mengisolasi suara dengan baik. Dengan earphone in ear monitor, Anda bisa mendengarkan musik lebih leluasa tanpa khawatir mengganggu orang-orang di sekitar.

Tipe Bluetooth

Kebutuhan pasar yang terus meningkat diiringi dengan perkembangan pesat pada bidang teknologi membuat jajaran produk earphone turut berinovasi. Kehadiran earphone nirkabel menjadi salah satu yang paling dinanti oleh masyarakat. Kalau Anda tidak ingin terganggu dengan kabel panjang yang bisa kusut sewaktu-waktu, maka pilihlah earphone bertipe bluetooth.

Earphone jenis ini akan memberikan kenyamanan lebih saat Anda menyetir mobil, menunggu teman di lobi, atau bersepeda. Tak sedikit orang yang memanfaatkan earphone bluetooth terbaik untuk menemani perjalannya sebagai alat mendengarkan panduan dari GPS. Kekurangan yang dimiliki oleh tipe ini umumnya hanya terletak pada segi harga yang kurang ekonomis, sehingga sulit menjangkau semua kalangan.

Sesuaikan Nilai Sensitivitas Earphone dengan Kenyamanan

Sesuaikan Nilai Sensitivitas Earphone Dengan Kenyamanan

Seberapa besar suara yang diciptakan bergantung pada tingkat sensitivitas dari earphone itu sendiri. Bila Anda menginginkan pengalaman mendengarkan musik secara maksimal tanpa khawatir membuat baterai boros, maka carilah earphone yang mempunyai sensitivitas tinggi. Angka sensitivitas ini bisa dilihat pada keterangan produk di kemasan atau produknya sendiri.

Satuan yang digunakan untuk mengukur nilai sensitivitas earphone adalah desibel atau mili watt. Untuk istilah dari sensitivitas itu sendiri dinamai Sound Pressure Level (SPL). Disarankan untuk memilih earphone yang bisa menjaga pendengaran Anda, karena itu Anda dapat memilih earphone dengan sensitivitas lebih kecil dari 85 dB.

Pilihlah Earphone yang Punya Rentang Frekuensi Besar

Pilihlah Earphone yang Punya Rentang Frekuensi Besar

Setiap produk earphone punya kemampuan merespon frekuensi dari gelombang suara dengan jarak yang berbeda-beda. Hal semacam ini bila diabaikan juga bisa memengaruhi kenyamanan saat digunakan. Earphone yang memegang kualitas baik mempunyai rentang frekuensi yang besar. Semakin besar rentang atau respon frekuensi dari sebuah earphone juga menentukan seberapa bagus akurasi suara yang dihasilkan.

Sesuaikan dengan Jenis Aliran Musik Kesukaan Anda

Sesuaikan Dengan Jenis Aliran Musik Kesukaan Anda

Dalam memilih earphone juga penting untuk menyesuaikan jenis musik yang kerap Anda dengar. Pasalnya, aliran musik yang sering didengarkan juga dapat memberikan referensi earphone seperti apa yang paling cocok untuk dibeli. Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik klasik dan rock, maka pilihlah earphone dengan jenis bright. Suara yang dihasilkan untuk earphone bright umumnya lebih treble atau nyaring.

Pecinta musik tipe metal atau hip-hop? Anda bisa memilih earphone yang berjenis suara warm. Suara yang dihasilkan oleh earphone tipe ini cenderung mengedepankan dentuman bass yang menggelegar sehingga suara vokal yang umumnya pelan akan dikesampingkan.

Pilihlah yang Menyatu Sempurna di Lubang Telinga

Pilihlah yang Menyatu Sempurna di Lubang Telinga

Tipe earphone earfit mungkin cocok untuk Anda yang tidak ingin menghasilkan efek suara terpecah ke luar. Namun yang tak kalah penting lagi, pastikan earphone tersebut benar-benar nyaman saat digunakan. Karena itu pilihlah produk yang tidak menyakiti telinga Anda pada beberapa jam atau bahkan menit saat digunakan.

Terutama bagi pemilik gendang telinga yang sensitif, membeli earphone yang perfect fit adalah keharusan. Anda bisa mencari produk yang disertai nestle atau bantalan lembut pada bagian penghasil suara ataupun bagian yang melingkari kuping. Dengan demikian maka risiko kuping terluka seperti memakai earphone berbahan karet akan berkurang.

Perhatikan Driver-nya, Dynamic atau Balanced Armature?

Dynamic atau Balanced Armature

Bagi yang awam, maka pemilihan komponen earphone semacam driver cukup penting. Secara umum earphone terdiri dari dua tipe driver, yakni tipe dynamic dan balanced armature (tipe BA). Setiap tipe driver mempunyai karaktistik suara dan cara kerja yang berbeda sehingga perlu disesuaikan dengan keinginan dan tujuan Anda.

Tipe dynamic dapat dipilih untuk Anda yang ingin merasakan kualitas bersih, jernih, dan bagus dalam reproduksi bas tanpa distorsi berlebihan. Untuk tipe balanced armature atau tipe BA lebih unggul dari karakteristik suara yang diciptakan, yakni sangat bagus dalam menghasilkan nada mid-high. Namun kekurangan dari tipe balanced armature ialah kemungkinan distorsi yang besar akan terjadi.

10 Rekomendasi Earphone Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Kami harap Anda sudah paham bagaimana cara memilih earphone yang bagus. Sekarang, Anda bisa langsung memilih merk earphone terbaik yang akan kami bagikan daftarnya berikut ini. In ear headphone atau earphone berikut mengantongi spesifikasi yang berbeda-beda, karena itu pilihlah yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

1. OASE MD-K10

OASE MD K10

Tetap nyaman saat berolahraga berkat fitur sweatproof-nya

Diproduksi oleh brand smartphone asal Tiongkok, Oppo. Earphone bertipe in ear monitor ini dibekali dengan teknologi nirkabel sehingga bisa beroperasi secara wireless. Ukuran aksesori yang cukup ringkas sehingga cocok untuk dipakai berolahraga.

Sudah ditanamkan fitur sweatproof (anti keringat) sehingga Anda tak perlu khawatir earphone rusak saat terkena kucuran keringat di area telinga. Jangkauan bluetooth dari earphone ini mencapai 10 meter. Perlu diisi ulang sebelum bisa menggunakan earphone wireless terbaik ini. Desain produk yang memungkinkan dipakai di kepala.

JenisNeckband bluetooth
Sensitivitas42dB
FrekuensiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp200.000

2. Sennheiser MX 375

Sennheiser MX 375

Produk earphone keluaran brand ternama di dunia

Desain yang elegan, ergonomis, dan berdimensi ringkas sehingga ringan dan mudah untuk dibawa berpergian. Mampu mengeluarkan suara bass yang memukau. Berjenis earbud dengan diameter speaker yang cukup besar sehingga kurang cocok untuk telinga beberapa orang.

Sayangnya, Sennheiser MX 375 dianggap memiliki harga yang terbilang mahal untuk earphone yang belum dibekali fitur bluetooth. Namun karena target konsumennya orang kelas menengah, maka hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Apalagi kelebihan dari earphone berkabel adalah kiriman suara yang lebih jernih.

JenisEarbud
Sensitivitas122dB
Frekuensi18 – 22kHz
Kisaran hargaRp260.000

3. Xiaomi Mi Piston 3

Xiaomi Mi Piston 3

Lapisan silikon pada earbud menjadikannya sangat nyaman di telinga

Earphone ini pernah mendapuk trophy dari ajang Red Dot Design Award pada tahun 2015 yang diadakan di Jerman dari aspek desain produk. Merupakan versi penyempurnaan dari versi sebelumnya (Xiaomi Mi Piston 2.1) Harganya terjangkau untuk earphone dengan kemasan plastik premium dan kokoh.

Pada bagian earpiece terbuat dari campuran logam dan plastik dengan sudut 70° mengarah ke bawah untuk mencegah jatuh atau bergeser. Bagian speaker dilapisi oleh silikon earbud yang bisa masuk ke dalam lubang telinga secara sempurna, tentu sangat nyaman ketika digunakan.

Dibekali teknologi diafragma metal aerospace bertumpuk yang sudah dipatenkan sehingga mampu mengeluarkan suara optimal pada rentang frekuensi menengah dan rendah. Desain enclosure transmission line klasik sehingga rongga suara dapat dilewati oleh suara bas yang lebih panjang untuk kualitas suara dan efek stereo yang lebih maksimal.

JenisIn-ear monitor
Sensitivitas93dB
Frekuensi20 – 20kHz
Kisaran hargaRp82.500

4. Razer Hammerhead Pro V2

Razer Hammerhead Pro V2

Kabel bertipe flat yang meminimalisir terjadinya kusut

In ear headset dengan balutan warna hijau stabilo yang modern. Razer Hammerhead Pro V2 merupakan hasil rancang ulang dari versi sebelumnya untuk memberikan daya tahan lebih lama dan berfokus pada kekuatan bodinya. Kabel bertipe datar (flat style) sehingga risiko mengalami kusut lebih kecil dan memungkinkan Anda memasukkan earphone ini ke dalam kantung celana.

Diciptakan untuk kebutuhan para gamers yang menginginkan pengalaman luar biasa untuk berbagai tipe permainan. Terdapat tiga tombol tambahan untuk mengatur besar suara, kecil suara, dan menjawab atau mematikan panggilan. Kompatibel untuk banyak perangkat audio baik itu mobile ataupun komputer, termasuk iPod, iPhone, dan iPad.

JenisIn-ear monitor
Sensitivitas116 ±3dB
Frekuensi20 – 20kHz
Kisaran hargaRp225.000

5. JBL T290

JBL T290

Balutan desain ergonomis untuk menjamin kenyamanan saat digunakan

Tipe kabel earphone terbaik di dunia ini pipih sehingga memobilisasi kebutuhan yang lebih fleksibel tanpa gangguan kabel mengalami kusut. Salah satu earphone terbaik di dunia yang sudah dipakai oleh banyak sekali orang. JBL telah menyematkan earphone ini dengan built-in mikrofon untuk menunjang komunikasi.

Bagian penghasil suara (output) diklaim mampu mengeluarkan dentuman bass yang mendalam dengan menyeimbangkan kualitas vokal yang jernih. Dibekali fitur untuk menerima panggilan suara atau mengganti kontrol melalui tombol pengontrol yang berada di kabel atas dekat earbud.

JenisIn-ear monitor
Sensitivitas102 ±3dB
Frekuensi20 – 20kHz
Kisaran hargaRp341.000

6. Sennheiser OMX 185

Sennheiser OMX 185

Earphone yang sangat ideal untuk penggiat olahraga

Cocok untuk Anda yang memerlukan earphone sebagai teman berolahraga karena punya desain ergonomis dengan tambahan penahan telinga (flexible hook). Sennheiser OMX 185 menyajikan audio yang detail dan tajam, membuatnya dipilih oleh para audiophile dan bahkan artis-artis beken.

Meskipun ukuran kabel sangat kecil dan berdesain mewah, earphone ini tidak memegang konsep flat style (kabel pipih) sehingga risiko kabel kusut dan putus bisa saja terjadi. Apabila Anda bermaksud membeli earphone untuk olahraga, Sennheiser OMX 185 didesain dengan bentuk yang ideal serta berobot ringan.

JenisEarbud
Sensitivitas122dB
Frekuensi18 – 20,5kHz
Kisaran hargaRp995.000

7. Philips SHE 8500

Philips SHE 8500

Kisaran harga: Rp240.000

Ringkasan Spesifikasi

Produk earphone terbaik keluaran Philips ini dipasarkan dengan harga cukup terjangkau. Philips menerapkan magnet Neodimium untuk memastikan suara yang dikeluarkan benar-benar jernih dan bersih. Earphone ini menjamin tidak terjadinya kebocoran suara berkat karet silikon yang membalut sempurna bagian speaker.

Pancaran suara yang lebih cepat tidak akan terganggu oleh campuran suara dari luar. Dilengkapi dengan 3 pilihan earplug yang dapat disesuaikan dengan ukuran lubang telinga. Tak hanya itu, Philipis SHE 8500 mampu menciptakan suara dengan rentang frekuensi tinggi. Namun, produk ini kurang cocok diletakkan dalam poket celana karena kabel yang mudah terllit dan tersangkut.

JenisIn-ear monitor
Sensitivitas102dB
Frekuensi18 – 22,5kHz
Kisaran hargaRp250.000

8. Armaggeddon Mark 5

Armaggeddon Mark 5

Kompatibel untuk berbagai merek smarpthone

Armaggeddon Mark 5 adalah salah satu earphone gaming yang sudah dibekali kabel pipih sepanjang 1.2 meter. Walaupun berkabel panjang, Armaggeddon Mark 5 menjamin hasil suara yang gahar saat dipakai mendengarkan musik ataupun bermain video game.

Earplug-nya dirancang agar pas untuk ukuran lubang telinga setiap orang sekaligus memastikan tidak terjadinya kebocoran suara. Earphone ini dapat dipakai untuk mendengarkan musik di dalam pesawat terbang tanpa menimbulkan gangguan radiasi berkat fitur airline adaptor-nya.

JenisIn-ear monitor
Sensitivitas96dB
Frekuensi20 – 20kHz
Kisaran hargaRp150.000

9. Basic IE-85

Basic IE 85

Tersedia dalam 2 pilihan warna yang universal

In ear headphone ini menawarkan kenyamanan walaupun menyumbat lubang telinga hingga berjam-jam. Pada earplug-nya disediakan silikon yang empuk sehingga tidak membuat telinga sakit meskipun dipakai seharian.

Suara yang diciptakan earphone ini bersih dan jernih dengan dentuman bas yang cukup besar. Sudah dilengkapi dengan mikrofon untuk mendukung aktivitas menerima panggilan suara. Earphone awet dengan tombol tambahan untuk menjawab telepon ini hadir dalam pilihan warna hitam dan putih.

JenisIn-ear monitor
SensitivitasTidak disebutkan
FrekuensiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp120.000

10. Sony MDR XB50AP Extra Bass

Sony MDR XB50AP Extra Bass

Earpiece berbahan silikon yang mengunci sempurna untuk hambat suara masuk dari luar

Sony MDR XB50AP Extra Bass adalah earphone bass terbaik dengan bobot ringan yang diklaim sangat baik dalam mengeluarkan efek dentuman bas. Dengan fitur extra bass, produk ini seakan membuat Anda seperti sedang berada di ruang musik pribadi atau klub malam.

Produk ini dipadukan dengan magnet khusus yang bergetar kencang dan stabil saat memperoleh sinyal yang bertenaga. Cocok dipakai untuk beragam merk smartphone. Rentang frekuensi mencapai 24.000 Hz, sangat besar sehingga memastikan nada high-mid diperoleh dengan mudah.

JenisIn-ear monitor
Sensitivitas106dB
Frekuensi4 – 24kHz
Kisaran hargaRp600.000

Pahami Cara Memakai Earphone yang Benar

Pahami Cara Memakai Earphone yang Benar

Perkataan umum agar menikmati sesuatu tidak berlebihan juga berlaku untuk aktivitas mendengarkan musik dengan earphone. Dari berbagai sumber ditemukan kalau earphone tidak baik jika dipakai terlalu sering, apalagi dengan volume suara yang kencang. Kebiasaan ini bisa menyebabkan telinga menjadi tuli secara perlahan. Maka dari itu, selalu kenali batas pemakaian agar gangguan pendengaran tidak terjadi pada Anda.

Saat memakai earphone terbagus, jangan menggunakan volume suara terlalu keras melebihi 85 desibel karena bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di telinga yang mengarah pada tuli permanen. Ambil jeda sekitar 15 menit saat mendengarkan musik di dalam kendaraan. Selain itu, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan earphone paling bagus berukuran kecil sehingga menyalurkan suara langusng ke dalam telinga.

Tindakan semacam itu bisa menyebabkan saluran udara terhalangi oleh earphone sehingga memungkinkan terjadinya penumpukan bakter dan infeksi telinga. Bahkan, pemakaian earphone yang tidak benar secara berkelanjutan juga memunculkan risiko buruk terhadap otak dan jantung. Ini dikarenakan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat audio satu ini memberikan efek kerusakan kolateral untuk otak dan hati.

Kesimpulan

Mendengarkan musik melalui earphone dapat menjadi pengalaman menyenangkan dan adiktif bagi kebanyakan orang. Saat di perjalanan, menunggu antrian, atau olahraga, Anda bisa memasang earphone yang telah kami rekomendasikan ke telinga. Pasang earphone, pilih musik atau lagu yang diinginkan, lalu putar, praktis, bukan? Meski menyenangkan, batasi penggunaan earphone agar tidak mengganggu pendengaran, ya!

(Visited 128.319 times, 320 visits today)