Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik

Bagi setiap orang yang kerap bepergian dengan motor, tentu membawa jas hujan di bagasi menjadi langkah preventif yang penting dilakukan. Jas hujan tersedia dalam berbagai model, seperti jas hujan ponco, overcoat, training, dan bentuk setelan dengan bawahan rok atau secara utuh menyerupai gamis.

Jas hujan dari Axio, Twin Elephant. Takachi, dan Rosida dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan dan selera. Dari segala merek yang ada, PickyBest sudah merangkum sepuluh jas hujan terbaik. Yuk, simak rekomendasinya!

Cara Memilih Jas Hujan

Sebelum memilih jas hujan terbaik yang akan kami rekomendasikan, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui beberapa cara dalam memilih jas hujan. Sehingga Anda akan mendapatkan jas hujan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sekaligus gaya fashion Anda. Simak uraiannya berikut ini!

Pilih Berdasarkan Model Jas Hujan

Jas hujan terbaik terdiri dari beberapa model yang memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Model Ponco: Lebih Luas dan Mudah untuk Dipakai atau Dilepas

Model ponco adalah model jas hujan yang hanya terbuat dari satu bagian berbentuk persegi dengan tudung untuk menutupi kepala. Terbuat dari bahan tahan air dengan desain tanpa lengan dan berukuran besar, ponco memberikan banyak mobilitas, ruang, dan perlindungan mendasar agar Anda tetap kering, terutama saat Anda membawa barang.

Ponco lebih efektif jika digunakan dengan sepatu bot agar bagian kaki dapat tertutupi. Karena bentuknya yang sederhana, jas hujan ini mudah dipakai atau dilepas. Dengan harganya yang murah, jas hujan model ponco banyak dipakai masyarakat.

Namun, dengan bagian terbuka di bagian samping, air hujan dapat masuk dari samping. Terlebih jika hujan disertai dengan angin kencang. Sehingga, jas hujan ponco tidak direkomendasikan untuk dipakai saat mengendarai motor karena dapat membahayakan pemakainya.

Model Overcoat: Praktis untuk yang Suka Jalan Kaki atau Mendaki

blank

Overcoat merupakan jas hujan yang menyerupai mantel atau jaket panjang, lengkap dengan tudung dan bukaan depan. Selain praktis, jas hujan ini memiliki model yang bagus, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan jalan kaki atau mendaki.

Namun, overcoat kurang memberikan banyak ruang untuk bergerak karena modelnya yang lurus. Karena terdiri dari satu bagian atas saja, kemungkinan besar kaki Anda akan tetap basah terkena hujan, terutama saat Anda mengendarai motor atau sepeda di tengah hujan.

Model Setelan: Baik Digunakan Saat Mengendarai Sepeda atau Motor

blank

Jas hujan model setelan ini terbuat dari dua bagian, yakni bagian atas berbentuk kemeja dan bagian bawah berbentuk celana. Dengan demikian, jas hujan setelan ini akan melindungi tubuh dan kaki Anda sekaligus, sehingga cocok digunakan saat berkendara motor, terutama saat hujan lebat.

Kelemahan jas hujan setelan adalah butuh waktu yang cukup lama untuk memakainya. Beberapa jas hujan setelan mungkin akan terasa ketat atau kurang nyaman dipakai, terutama bila Anda menggunakan pakaian yang cukup tebal di dalamnya.

Sekarang ini, beberapa produsen membuat jas hujan setelan dengan model baru yang bawahannya berupa rok atau gamis, sehingga cocok untuk dipakai para muslimah.

Pilih Berdasarkan Material Bahannya, Apakah Water-Resistant atau Waterproof

blank

Jas hujan terbaik dibuat untuk melindungi Anda agar tidak basah terkena hujan. Untuk itu, jas hujan dibuat dari material bahan yang water-resistant atau waterproof. Apa perbedaan dari keduanya?

  • Water-resistant umumnya lebih ringan dan dapat menahan air, tetapi tingkat perlindungannya lebih rendah, hanya sampai tingkat tertentu. Memiliki lapisan bahan kimia pada permukaannya, material ini dapat menahan gerimis atau hujan ringan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
  • Waterproof adalah bahan yang kedap air sepenuhnya. Dibuat dengan menggunakan teknologi khusus, bahan ini paling ideal untuk menghadapi hujan lebat dan deras di alam luar. Namun, material ini kurang breathable karena bahannya yang tebal dan tanpa pori-pori.

Bahan-bahan water-resistant yang biasa dipakai untuk jas hujan adalah laminated cotton, nylon, dan polyester. Sedangkan, bahan-bahan waterproof yang sering digunakan adalah gore-tex, microfiber, dan polyurethane laminate.

Perhatikan Kadar Tahan Air dan Breathability-nya

blank

Bahan yang waterproof akan menahan air dan mencegah hujan atau kelembapan meresap ke dalam kain, sehingga Anda tetap kering dan nyaman. Sedangkan, kain yang breathable mampu meresap dan mengeluarkan uap air dari dalam kain ke luar.

Bahan dengan tingkat breathability (sirkulasi udara) yang tinggi akan membuat Anda tidak berkeringat, tetapi kurang memberikan kehangatan. Sementara yang rendah mampu mempertahankan kehangatan tetapi bisa membuat Anda merasa seperti di sauna.

Memilih bahan dengan kadar tahan air dan breathability sebuah jas hujan perlu disesuaikan dengan kegiatan yang Anda lakukan. Pastikan keduanya seimbang, yakni bisa menahan air hujan, baik sedang atau deras, sekaligus bisa bernapas. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kedap air dan breathability-nya.

Tingkat tahan air sebuah bahan berkisar antara:

  • 5.000 mm untuk menghadapi hujan ringan.
  • 10.000 mm – 15.000 mm untuk dipakai saat hujan deras atau cuaca bersalju dalam jangka waktu tertentu dengan aktivitas normal.
  • 20.000 mm atau lebih untuk kondisi cuaca dan aktivitas yang lebih berat.

Sedangkan, tingkat breathability sebuah bahan adalah:

  • 5.000 – 10.000 g/m² untuk menghadapi hujan di perkotaan, berkemah di tempat perkemahan, snowboarding, atau kegiatan outdoor santai.
  • 10.000 – 15.000 g/m² untuk kegiatan dengan intensitas cukup tinggi dan berkeringat, seperti berlari, berkuda, hiking, atau bermain ski di pedesaan.
  • 15.000 – 20.000 g/m² atau lebih untuk mendaki gunung yang lebih tinggi, snowboarding di pedalaman, menerobos jalur bersalju, atau bersepeda gunung.

Periksa Fitur Lainnya, seperti Tudung, Saku, Ritsleting, dll.

blank

Agar Anda lebih nyaman saat memakai jas hujan, ada beberapa fitur lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan, seperti:

  • Hood (tudung): Idealnya, tudung jas hujan haruslah yang pas di kepala Anda, agar tidak melorot karena licin atau saat Anda bergerak.
  • Saku: Pilihlah saku yang memiliki ritsleting atau penutup tambahan agar barang bawaan Anda lebih aman.
  • Ritsleting atau kancing: Periksa apakah jas hujan pilihan Anda memiliki ritsleting atau kancing yang naik hingga ke dagu Anda, serta memiliki tali pengikat untuk mencegah air masuk melalui bukaan.
  • Panjang: Pilihlah jas hujan yang bagian belakangnya berukuran lebih panjang dan bagian depan berukuran sedang agar pas dan tidak membatasi pergerakan.
  • Ukuran: Pilihlah ukuran jas hujan yang sedikit lebih besar dari tubuh Anda sehingga tangan Anda masih bisa bebas bergerak. Sisakan ruang untuk lapisan tambahan agar Anda nyaman saat menggunakannya.

Untuk Keselamatan, Pilih Jas Hujan dengan Garis Reflektif atau Warna yang Cerah

blank

Saat hujan deras, awan mendung dan suasana kelabu membuat visibilitas atau daya pandang menurun. Jas hujan dengan warna gelap akan sulit dilihat oleh orang lain, karena tersamar oleh cuaca. Demi keselamatan Anda, pilihlah jas hujan dengan warna cerah.

Jas hujan dengan warna cerah akan menonjol dan mudah terlihat meskipun berada di tempat yang cukup jauh. Saat menyeberang jalan yang diguyur hujan pun, Anda akan terlihat jelas oleh pengemudi di jalan raya karena warna cerah jas hujan terbaik Anda.

Bila Anda ingin menggunakan jas hujan berwarna gelap, pastikan jas hujan Anda memiliki garis reflektif pada dada, punggung, atau lengan. Garis reflektifnya dapat memantulkan cahaya putih di bawah iradiasi cahaya yang kuat, sehingga Anda tetap terlihat dan dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Untuk Memudahkan Pemakaian, Pilih Jas Hujan dengan Ukuran Lebih Besar

blank

Sebagian jas hujan mungkin memiliki ukuran dari S hingga XXL, meskipun tidak ada standar yang pasti. Namun yang jelas, jas hujan akan dipakai di atas pakaian biasa. Untuk itu, pilihlah jas hujan yang dapat menutupi tubuh Anda dengan ukuran yang lebih besar dari pakaian Anda.

Pastikan bagian belakang jas hujan pilihan Anda lebih panjang daripada bagian depan agar Anda masih bisa bebas bergerak. Pastikan juga lengan jas hujan memiliki panjang yang tepat dan tidak terlalu terbuka, agar tangan tetap kering dan Anda lebih nyaman saat memakainya.

10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi jas hujan terbaik versi kami. Pastikan memilih produk yang paling sesuai terhadap kebutuhan penggunaan Anda dan yang terpenting, raincoat tersebut aman saat Anda pakai berkendara motor.

1. Axio Raincoat 882

Axio Raincoat 882

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Produk yang difavoritkan oleh banyak pengendara motor di Indonesia!

Axio merumuskan jas hujan waterproof ini memakai bahan taslan yang halus dan ringan serta tidak mengunci hawa panas saat dikenakan. Sifat elastis dari jas hujan terbaik ini membuatnya tak mudah sobek saat terkena gesekan. Secara fisik, Axio Raincoat 882 dilengkapi 2 lapis bahan.

Lapisan pertama menggunakan bahan vuring yang adem, Anda takkan kegerahan atau basah kuyup oleh keringat saat memakainya. Sementara di lapisan luar, Axio menyematkan bahan utamanya berupa taslan waterproof dan windproof.

Adanya spotlight police di bagian lengan, punggung, dan dada dapat bersinar. Berkat spotlight tersebut, Anda bisa lebih aman saat berkendara di malam hari. Selain itu, juga terdapat perekat di bagian lengan yang bisa diatur kekencangannya.

Bahan yang digunakan Vuring (lapisan dalam) dan taslan waterproof (lapisan luar)
Ukuran yang tersedia M – XXL
Warna yang tersedia Hitam, biru dongker, merah maroon, dan biru

2. Winland Jas Hujan Set Baju dan Celana

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Terbuat dari bahan yang tebal sehingga tidak mudah bocor dan rusak

Jas hujan setelan jaket dan celana ini memiliki desain stylish dengan pengerjaan yang halus sehingga dapat menunjang penampilan Anda. Selain itu, jas hujan ini juga dilengkapi setrip reflektif sebagai penunjang keselamatan di bagian belakang pinggang. Berkat fitur tersebut, Anda akan lebih aman berkendara di malam hari.

Jas hujan ini juga terbuat dari bahan polyester habotai yang tebal sehingga tidak mudah bocor dan rusak. Selain didukung pinggang dan manset yang elastis, produk ini juga dilengkapi lapisan sealant pada bagian dalamnya. Hal inilah yang membuat jas hujan ini tahan lama dan memiliki kinerja anti air yang lebih baik.

Bahan yang digunakan Polyester habotai
Ukuran yang tersedia M – XXL
Kisaran harga Rp125.000

3. Tiger Head Jas Hujan Setelan Felix 68289

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Desain eksklusif dan modernnya membuat Anda tetap gaya dalam keadaan hujan

Tiger Head Jas Hujan Setelan Felix 68289 ini dibuat menggunakan bahan PVC berkualitas tinggi sehingga tidak mudah sobek. Selain itu, jas hujan ini juga dilengkapi dengan teknologi water resistance yang membuatnya lebih kedap air.

Jas hujan terbaik yang merupakan produk asli Indonesia ini hadir dengan desain yang eksklusif dan modern. Berkat jas hujan ini, Anda akan tetap tampil gaya walaupun dalam keadaan hujan. Produk ini tersedia dalam 7 varian warna menarik sehingga Anda bisa lebih leluasa memilih sesuai warna favorit Anda.

Bahan yang digunakan PVC
Ukuran yang tersedia L
Kisaran harga RP103.600

4. CANEL & CO Jas Hujan Keselamatan

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Dilengkapi setrip reflektif sebagai penunjang keselamatan saat berkendara di malam hari

Jas hujan ini terbuat dari bahan berkualitas baik dengan pengerjaan yang halus. Dilengkapi ritsleting pada bagian dalam dan kancing snap pada bagian luar sehingga tidak tembus angin. Tak hanya itu, adanya topi yang dapat dilepas membuat jas hujan ini lebih inovatif.

Jas hujan ini memiliki kinerja anti air yang sangat baik karena dilengkapi lapisan sealant pada bagian dalamnya. Selain itu, jas hujan ini juga dilengkapi strip reflektif 360 derajat sebagai penunjang keselamatan di bagian belakang pinggang. Fitur tersebut akan membuat Anda lebih aman berkendara di malam hari.

Bahan yang digunakan Nylon coated PVC
Ukuran yang tersedia All size
Kisaran harga Rp94.900

5. Capilari XWR 100

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Dilengkapi jahitan full seam seal dengan bahan halus dan ringan yang sudah teruji anti air

Capilari XWR 100 terbuat dari bahan waterproof dan windproof yang sudah teruji anti air. Bahan tersebut begitu halus dan ringan sehingga sangat nyaman ketika dikenakan. Jas hujan ini akan maksimal melindungi Anda karena dilengkapi penutup kepala dan karet dengan tali pengikat pada bagian celananya.

Dengan model jahitan full seam seal atau lapisan double seal hotpress membuat jas hujan ini anti bocor dan tahan lama. Anda juga akan lebih percaya diri ketika mengenakannya karena memiliki desain yang trendi. Jas hujan ini juga dapat dilipat dalam bentuk tas kecil sehingga memudahkan Anda ketika membawa dan menyimpannya.

Bahan yang digunakan Taslan baloon
Ukuran yang tersedia All size
Kisaran harga Rp196.350

6. Elephant Brand Jaket Celana Gudetama Edition

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Ukuran lebar dan tidak terlalu panjang untuk pergerakan yang mudah

Jas hujan Gudetama Edition ini adalah satu jas hujan model setelan yang cocok digunakan untuk beraktivitas di luar. Ukurannya sendiri didesain lebar agar mampu digunakan oleh seluruh orang dewasa, baik itu laki-laki atau perempuan. Warna jas hujan ini dibuat cukup pekat agar mampu memantulkan cahaya ketika terserot lampu kendaraan.

Bahan PVC yang dipakai akan mampu melindungi tubuh Anda dari hujan dengan intensitas sedang sekalipun. Bagian bawah jas hujan juga memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang supaya Anda bisa tetap leluasa ketika berjalan ataupun bergerak. Terdapat juga tudung untuk melindungi kepala dan rambut agar semakin aman dari basahnya air hujan.

Bahan yang digunakan PVC
Ukuran yang tersedia All size
Kisaran harga Rp105.000

7. Sea Lion Jas Hujan B01

Sea Lion Jas Hujan B01

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Jas hujan yang tahan lama dan tidak mudah rusak

Sea Lion mengandalkan bahan 100% polyester nylon yang berkualitas dan telah teruji kekuatannya. Jas hujan terbaik ini hadir dalam bentuk setelan. Tersedia celana yang panjang hingga menutupi kaos kaki dengan sempurna dan bagian lengan yang tersemat karet untuk mencegah angin dan air masuk ke dalam.

Bahan yang digunakan Polyester nylon
Ukuran yang tersedia XL (keterangan dari Tokopedia)
Warna yang tersedia Hijau militer, merah maroon, dan navy

8. Jas Hujan Sun Flower

Jas Hujan Sun Flower

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Bahan berlapis pada atasan yang melipatgandakan kemampuannya dalam mencegah air hujan merembes ke badan

Sistem dua lapis bahan dengan model jahitan double seal hotpress membuat setiap lipatan jas hujan terbaik ini semakin kuat. Pada bagian punggung jas, Sun Flower menyematkan spotlight besar yang memancarkan cahaya saat terkena sinar lampu dari pengendara motor lain.

Demi mengoptimalkan keselamatan sekaligus kenyamanan dalam berkendara, jas hujan ini dibuat dengan bahan yang lembut, halus, ringan, dan awet.

Bahan yang digunakan Vuring (lapisan dalam) dan taslan waterproof dan windproof (lapisan luar)
Ukuran yang tersedia M, L, dan XL
Warna yang tersedia Hitam, biru terang, biru gelap, cokelat, hijau, hijau army, hijau stabilo, merah, merah muda, oranye, ungu, abu-abu, kuning, tosca, loreng tentara, dan lain-lain

9. Jas Hujan Rosida Sporty 882

Jas Hujan Rosida Sporty 882

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menjaga badan tetap kering saat berkendara dalam tingginya intensitas hujan

Jas hujan terbaik antirembes Rosida terbuat dari 2 lapisan utama. Bagian luar memakai taslan waterproof dan windproof yang tebal. Sedangkan untuk bagian dalam Rosida mengandalkan vuring yang adem dan lembut. Demi memastikan keselamatan setiap pengguna, Rosida melengkapi jas hujan ini dengan lapisan pemantul cahaya yang melingkari badan.

Bahan yang digunakan Taslan dan vuring
Ukuran yang tersedia M – XXXXL
Warna yang tersedia Merah, biru, merah muda, tosca, biru dongker, dan hitam

10. Eiger Rexon 1.0 Rainsuit

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Terdapat lapisan untuk menjaga tubuh agar tidak kegerahan

Eiger Rexon 1.0 Rainsuit merupakan satu jas hujan untuk Anda yang selalu berkendara di jalanan atau sering melakukan aktivitas di luar. Bahan yang digunakan mampu melindungi tubuh dari hujan dengan intensitas deras serta menjaganya agar tetap kering. Jas hujan ini juga memiliki lapisan yang breathable untuk menjaga suhu tubuh Anda tetap stabil serta tidak membuat kegerahan.

Satu garis reflektor memanjang di bagian tengah badan mampu memantulkan cahaya dengan baik, hal ini agar pengendara lain bisa mengetahui posisi di mana Anda sedang berada. Tidak hanya itu, terdapat juga sepasang saku berukuran relatif besar di bagian depan dan di balik jas hujan yang bisa digunakan untuk menyimpan dompet atau barang kecil semacamnya.

Bahan yang digunakan PVC
Ukuran yang tersedia S, M, L, XL, XXL
Kisaran harga Rp105.000

Kesimpulan

Kebutuhan setiap orang terhadap jas hujan berbeda-beda. Bagi Anda yang memerlukan jas hujan terbaik untuk berkendara motor, Anda bisa memilih jas yang memanjang ke bawah. Pilihlah produk berbentuk setelan dimana tersedia bagian untuk melindungi badan dan kaki secara terpisah.

Hindari jenis jas hujan ponco atau kelelawar untuk berkendara karena ada bagian yang mengibas sehingga bisa membahayakan pengendara lain. Selalu utamakan produk yang menjamin keamanan Anda saat memacu kendaraan roda dua, ya. Selamat belanja!

You may also like

Comments are closed.