Written by 14:42 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Pembersih dan Penghilang Bau

Karbol merupakan cairan pembersih tanpa deterjen yang biasa digunakan sebagai penghilang bau. Selain itu, karbol juga mengandung disinfektan yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan jamur. Anda bisa mengandalkan karbol sebagai pembersih kamar mandi, dapur, bahkan kandang hewan peliharaan Anda.

S.O.S, Supersol, SuperMOM, dan merk karbol lain menawarkan berbagai kelebihan dan wangi beragam. Jika Anda kesulitan memilih, kami akan membantu menjelaskan secara rinci mengenai kelebihan masing-masing produk melalui sepuluh rekomendasi karbol terbaik versi PickyBest di sini. Jadi, simak sampai habis, ya!

Kelebihan Karbol Dibandingkan Pembersih Lantai Biasa

Meski sama-sama berguna membersihkan dan membunuh bakteri, karbol berada satu tingkat lebih ampuh membasmi sarang kuman dibandingkan pembersih lantai biasa. Di antara yang termasuk tempat-tempat bersarangnya kuman tersebut antara lain kamar mandi, dapur, dan kandang hewan peliharaan.

Selain itu, sesuai fungsinya sebagai penghilang bau, karbol juga memiliki aroma yang lebih tajam dibandingkan pembersih lantai biasa. Hal ini diseimbangkan dengan tempat-tempat bersarangnya kuman yang umumnya memiliki bau lebih menusuk dibandingkan ruangan lain. Aroma yang lebih tajam ini terbukti ampuh mengalahkan aroma tak sedap dan menusuk dari tempat-tempat bersarangnya kuman tersebut.

Cara Memilih Karbol untuk Pembersih dan Penghilang Bau

Sebelum melanjutkan ke bagian rekomendasi produk, terlebih dahulu kami ingin berbagi tips dan cara memilih karbol yang tepat untuk Anda. Apa saja kira-kira? Silakan disimak, ya!

Pilih Karakteristik Karbol sesuai Tujuan Penggunaan

Hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih karbol adalah tujuan penggunaannya. Meski secara umum fungsi karbol itu sama, sebenarnya ada sedikit hal yang membedakan produk satu dengan yang lain berdasarkan fungsi spesifiknya.

Misalnya saja karbol dengan aroma serai. Selain berfungsi sebagai pembersih, karbol jenis ini juga bermanfaat sebagai pengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Jika di rumah Anda terdapat salah satu dari serangga pengganggu tersebut, maka karbol dengan aroma serai akan menjadi pilihan yang tepat.

Begitu pula karbol dengan aroma kuat. Jika Anda membutuhkan pembersih untuk area beraroma menusuk seperti kandang hewan peliharaan, sebaiknya pilih karbol beraroma kuat sebagai solusi. Sebaliknya, area tidak terlalu berbau bisa dibersihkan dengan karbol beraroma lembut.

Pilih Aroma Karbol yang Anda atau Keluarga Suka

Saat ini, karbol dari berbagai merk sudah tersedia dalam berbagai macam aroma. Ada aroma cemara, pinus, lemon, lemon pine, lemon mint, dan juga serai. Di antara berbagai pilihan aroma, Anda tentu leluasa memilih mana yang lebih Anda dan keluarga sukai.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan manfaat lain dari masing-masing aroma karbol. Tak hanya berfungsi sebagai pengganti obat nyamuk dan pengusir serangga, beberapa aroma juga bermanfaat sebagai aromaterapi untuk menenangkan jiwa. Hal ini tentunya dapat menambah pertimbangan Anda dalam menetapkan pilihan.

Pastikan Keamanannya untuk Anak dan Hewan Peliharaan

Setelah aroma dan tujuan penggunaan, tingkat keamanan produk juga penting Anda perhatikan. Aroma pinus, cemara, lemon, maupun serai memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, Anda tetap perlu mewaspadai apakah anggota keluarga atau hewan peliharaan Anda ada alergi terhadap aroma tertentu.

Kemudian, Anda juga harus memperhatikan kandungan produk. Pastikan produk pilihan Anda tidak mengandung fragrance sintetis atau zat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Jauhkan pula produk dari jangkauan anak-anak dan hewan agar tidak dimainkan tanpa sepengetahuan, apalagi sampai tertelan.

Sesuaikan Kemasannya dengan Frekuensi Penggunaan

Karbol yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis kemasan. Untuk ukuran, mulai dari 400 mL, 750 mL, 800 mL, hingga 1 L. Sedangkan untuk jenis kemasan, ada yang berbentuk pouch atau refill, ada pula yang berbentuk botol dan jeriken. Dibandingkan kemasan refill, kemasan jenis botol dan jeriken lebih mudah disimpan kembali.

Dari berbagai pilihan yang ada, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda terbilang sering menggunakan karbol, sebaiknya Anda memilih kemasan dengan jenis botol atau jeriken. Sebaliknya, jika Anda hanya sesekali menggunakannya, Anda tentu cukup membeli yang kemasan refill saja.

10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Pembersih dan Penghilang Bau

Setelah Anda menguasai cara memilih karbol yang tepat, sekarang kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan untuk Anda. Silakan pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

1. S.O.S Karbol Wangi – Lemon Pine

Sumber: Shopee.co.id

Lulus uji laboratorium 99% ampuh membunuh kuman

Karbol yang tersedia dalam berbagai ukuran kemasan ini mampu memberikan keharuman lemon pine tahan lama untuk lantai dan kamar mandi Anda. Cocok juga untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan, karena produk ini dapat menghilangkan bau menyengat yang berasal dari bekas kotoran mereka.

Karbol ini telah lulus uji laboratorium, sehingga 99% ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab berbagai penyakit, dari mulai E. coli penyebab diare dan masalah pencernaan, S. aures penyebab masalah kulit, S. typhimurium penyebab demam tifus, hingga P. aeruginosa penyebab infeksi saluran pernafasan.

AromaLemon pine
KemasanPouch
Ukuran750 mL
Kisaran hargaRp14.000

2. Supersol Karbol Wangi – Lemon Mint

Sumber: Shopee.co.id

Tekstur kental yang semerbak dan ekonomis

Karbol dengan tekstur kental ini efektif membunuh kuman dan memberikan keharuman semerbak yang tahan lama. Dengan aroma lemon mint yang segar, produk ini dapat menumbuhkan rasa nyaman.

Produk ini dapat membersihkan lantai secara menyeluruh dan menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. Lantai dan kamar mandi Anda pun terasa lebih bersih dan kesat. Supersol Karbol Lemon Mint ini juga ampuh membersihkan bak sampah, got, dan sumber bau lainnya.

AromaLemon
KemasanBotol
Ukuran850 mL
Kisaran hargaRp23.600

3. SuperMOM Karbol Sere

99,9% ampuh membasmi kuman dan bakteri berdasarkan uji Sucofindo

Dengan kemasan jeriken, karbol satu ini memiliki isi lebih banyak, cocok untuk Anda yang sering menggunakan pembersih. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan berbagai tempat, mulai dari kamar mandi, kandang hewan peliharaan, hingga pabrik dan gudang.

Karbol berbahan baku minyak serai atau citronella oil ini aman digunakan karena tidak mengandung insektisida dan bahan kimia berbahaya. Wangi serainya mampu mengusir nyamuk, semut, lalat, tikus, dan serangga lainnya. Produk ini pernah diuji di gudang daging dan terbukti ampuh menghilangkan bau menusuk.

AromaSerai
KemasanJeriken
Ukuran5 L
Kisaran hargaRp79.900

4. Wipol Karbol Cemara

Sumber: Lazada.co.id

Membuat lantai kesat, bebas kuman, dan tampak berkilau

Karbol ini diperkaya dengan pine action yang efektif menghilangkan bau tak sedap di lantai, dapur, kamar mandi, got, tempat sampah, dan kandang hewan peliharaan. Produk yang memiliki aroma cemara ini dapat memberikan kesegaran alami di dalam rumah sehingga keluarga dan anak-anak lebih nyaman bermain di lantai.

Wipol Karbol Cemara ini cocok untuk membersihkan lantai Anda agar terasa higienis, kesat, dan tampak berkilau. Berkat formulanya yang aktif dan efektif membunuh kuman, karbol ini tentu lebih maksimal melindungi seluruh anggota keluarga Anda!

AromaCemara
KemasanBotol
Ukuran750 mL
Kisaran hargaRp21.400

5. Bebek Karbol Wangi – Serai

Sumber: Shopee.co.id

Wangi serainya tidak terlalu menyengat

Karbol satu ini lebih efektif menghilangkan noda yang mengganggu di kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lainnya. Selain dapat menghilangkan bau tak sedap, Bebek Karbol Wangi Serai ini juga efektif membunuh kuman dan bakteri-bakteri penyebab berbagai penyakit.

Dengan aroma serai yang tidak terlalu menyengat, karbol ini tidak akan menggangu pernapasan. Bila Anda mengutamakan produk yang dapat memberikan kesegaran dan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga, karbol dengan aroma serai ini layak dipertimbangkan.

AromaSerai
KemasanJeriken
Ukuran4 L
Kisaran hargaRp60.900

6. Biosol Biang Karbol Wangi

Sumber: Blibli.com

Dengan aroma pinus yang segar dan tahan lama

Jika Anda dan keluarga menyukai aroma pinus, Biosol Biang Karbol Wangi mungkin akan menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, karbol berikut mampu memberikan keharuman pinus yang lebih segar dan tahan lama.

Produk ini telah teruji 99% efektif membunuh kuman, sehingga akan menjadi pilihan tepat untuk membersihkan berbagai ruangan di rumah Anda. Lantai bersih dan bebas kuman serta melepaskan aroma menenangkan menjadi perpaduan sempurna sebagai wujud cinta Anda kepada keluarga.

AromaPinus
KemasanPouch
Ukuran700 mL
Kisaran hargaRp11.400

7. Yuri-Sol Natural Pine Disinfectant

Sumber: Yurishop.co

Mengandung disinfektan dengan formula pine oil alami

Yuri-Sol Natural Pine mengandung formula pine oil alami yang efektif membunuh kuman dan bakteri. Karenanya, tak hanya digunakan untuk membersihkan toilet dan berbagai sudut ruangan rumah, produk ini juga ideal untuk membersihkan selokan, kandang hewan, bahkan area rumah sakit!

Selain itu, penggabungan antara pembersih higienis dengan pembasmi kuman dan wewangian cemara membuatnya disukai mereka yang menggemari wangi segar khas cemara.

AromaCemara
KemasanPouch
Ukuran630 mL
Kisaran hargaRp15.100

8. Prokleen Karbol Sereh

Dibuat dengan teknologi dari Australia yang aman di tangan

Prokleen Karbol Sereh telah menjadi produk terpercaya oleh banyak hotel, restoran, pabrik, dan industri lainnya. Karbol beraroma serai ini patut Anda pilih karena dibuat dengan formulasi dan teknologi dari Australia.

Produk ini telah terbukti ampuh membunuh kuman dan menghilangkan bau. Selain itu, produk yang diklaim aman di tangan dan ramah lingkungan ini juga dapat mengusir nyamuk dan berbagai jenis serangga lainnya.

AromaSerai
KemasanJeriken
Ukuran5 L
Kisaran hargaRp70.000

9. Toppas Karbol Serai

Sumber: Blibli.com

Dilengkapi izin Kemenkes untuk menjamin keamanannya

Sesuai namanya, Toppas Karbol Serai ini mengandung extract serai asli yang dapat memberikan keharuman eksotis dan nyaman di penciuman. Aroma serainya ampuh mengusir nyamuk dan serangga seperti lalat, semut, dan kecoa.

Produk ini dijamin memiliki wangi yang segar dan tahan lama. Dengan bahan aktif disinfektan menjadikannya mampu membunuh kuman. Selain itu, Toppas Karbol Serai juga mengantongi izin Kemenkes RI No. HK.07.Alkes/IV/457/AK.1/2014.

AromaSerai
KemasanBotol
Ukuran500 mL
Kisaran hargaRp4.750

10. B29 Karbol Wangi

Sumber: Blibli.com

Formulasi disinfektan alami utuk basmi bakteri dan kuman penyebab penyakit

B29 Karbol memiliki keharuman khas cemara yang segar dan menenangkan. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan berbagai area, mulai dari lantai, toilet, selokan, tempat sampah, dan bahkan kandang hewan peliharaan!

Produk ini diformulasikan dengan disinfektan nabati yang ampuh menghilangkan kuman dan berbagai bakteri penyebab penyakit. Selain itu, hanya dengan menyemprotkannya, B29 Karbol akan mengusir atau membunuh kutu-kutu dan lalat.

AromaPinus
KemasanPouch
Ukuran777 mL
Kisaran hargaRp10.400

Kesimpulan

Secara umum, karbol memiliki manfaat yang sama, yaitu membersihkan sekaligus membunuh kuman dan menghilangkan bau. Namun begitu, produsen karbol menyediakan banyak variasi, sehingga Anda bisa memilih yang lebih spesifik sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda.

Berdasarkan sepuluh rekomendasi karbol terbaik di atas, sudahkah Anda menemukan yang cocok? Jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan pakai yang tertulis di label kemasan, ya! Semoga setelah membaca artikel ini, Anda berhasil menemukan karbol sesuai kebutuhan bersih-bersih Anda.

(Visited 68 times, 1 visits today)