Written by 15:34 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik

Setelah kempis dan kering, sering kali timbul noda hitam bekas jerawat. Bekas jerawat ini pastilah mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan krim penghilang bekas jerawat. Krim khusus ini mengandung berbagai bahan aktif untuk menyamarkan noda bekas jerawat secara perlahan. Kulit halus dan cerah akan Anda raih dengan pemakaian rutin.

Selain Lanbena, Fruida, dan OXY, tersedia krim khusus untuk memudarkan bekas jerawat lain. Agar tidak salah membeli, kami sudah melakukan riset terhadap sejumlah krim penghilang bekas jerawat berkualitas. Sebelum memilih salah satunya, pastikan Anda mengetahui macam jenis bekas jerawat dan cara memilih produknya. Baca tuntas artikel ini untuk temukan produk yang sesuai kebutuhan Anda, ya!

Mengenal Ragam Luka Bekas Jerawat

Noda bekas jerawat yang berwarna kehitaman tergolong ringan sehingga lebih mudah dihilangkan. Noda kehitaman ini disebabkan oleh hiperpigmentasi yang akan memudar dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, noda hitam bekas jerawat tidak kunjung hilang sehingga perlu perawatan topikal untuk memudarkannya.

Kemudian, noda merah adalah bekas jerawat lain yang lebih sulit dihilangkan. Jenis ini memerlukan perlakuan laser vaskular atau V-Beam untuk menyingkirkan bintik kemerahan akibat jerawat. Pada kasus yang lebih parah, jerawat meninggalkan bekas bopeng atau rolling scars. Selain itu, ada pula boxcar scar, ice pick, dan keloid yang tidak bisa ditanggulangi hanya dengan krim penghilang bekas jerawat.

Bekas jerawat yang menyebabkan perubahan tekstur kulit memerlukan perawatan khusus dari klinik kecantikan atau rumah sakit. Bopeng dan boxcar scar misalnya, jenis bekas jerawat ini memerlukan penanganan auto microneedle, microneedle radio frequency, atau laser fraksional untuk merangsang pembentukan kolagen dan elastis.

Kenalilah berbagai jenis bekas jerawat ini agar Anda mengetahui penanganan yang tepat untuk mengatasi bekas jerawat Anda. Krim penghilang bekas jerawat hanya bekerja pada noda kehitaman karena hiperpigmentasi dan kemerahan karena inflamasi. Selalu periksa bahan aktif produk untuk mengetahui fungsi utamanya, apakah menghilangkan bekas jerawat akibat hiperpigmentasi atau inflamasi.

Cara Memilih Krim Penghilang Bekas Jerawat

Hal penting apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih krim penghilang bekas jerawat? Berikut ini tips memilih krim penghilang bekas jerawat dengan memperhatikan bahan aktif, unsur pendukung, dan harga jualnya. Selamat membaca!

Pilih Krim dengan Kandungan Efektif untuk Menghilangkan Bekas jerawat

Di antara bermacam bahan aktif, retinol atau retinoid, asam glikolat, vitamin B3 (niacinamide), vitamin C, dan allantoin adalah bahan yang mampu memudarkan noda bekas jerawat. Bahan-bahan ini bekerja dengan cara berbeda. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih krim penghilang bekas jerawat dengan bahan aktif yang sesuai.

Retinoid: Formula Ampuh untuk Hilangkan Noda Bekas Jerawat

Retinoid atau retinol merupakan bahan yang sering digunakan sebagai komponen dasar untuk fungsi menghilangkan bekas jerawat. Selain ditemukan dalam krim, bahan ini dipakai pula pada produk skincare lain, misalnya sabun muka dan serum.

Selain peranannya yang tak perlu diragukan lagi untuk urusan menyamarkan noda bekas jerawat, retinoid berguna pula untuk mencegah penuaan dini dengan meningkatkan kolagen dan regenerasi lapisan kulit baru agar kulit kencang dan bebas keriput.

Glycolic Acid: Membantu Penyembuhan Jerawat serta Menyamarkan Bekas yang Muncul

Untuk urusan mengeksfoliasi kulit, kandungan satu ini selalu menjadi andalan banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencerahkan warna kulit, temukanlah krim penghilang bekas jerawat berkandungan glycolic acid. Sama halnya dengan retinoid, glycolic acid termasuk salah satu bahan fenomenal untuk merawat kulit acne prone.

Anda tidak hanya merasakan efek penyamaran noda hitam bekas jerawat, tetapi pada jerawat yang sedang meradang, bahan ini akan mempercepat proses penyembuhan. Ketika dicantumkan sebagai bahan aktif pada sabun muka, glycolic acid akan membuang kotoran menumpuk di pori-pori secara optimal.

Salicylic Acid: Bahan yang Mampu Tangani Segala Jenis Bekas Luka

Krim yang mengandung bahan aktif asam salisilat dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat. Di saat kulit berjerawat, salicylic acid bertindak mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang terjadi. Senyawa alami ini dapat pula Anda gunakan pada bekas luka lain.

Namun perlu diperhatikan bahwa salicylic acid dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Bila kulit Anda tergolong kering dan sensitif, sebaiknya periksa kecocokan produk dengan kulit Anda. Sementara untuk kulit normal, dianjurkan mencari krim penghilang jerawat berkandungan salicylic acid dan moisturizer untuk mengurangi reaksi kulit kering.

Vitamin B3: Komponen Anti-Inflammatory yang Efektif Memudarkan Bekas Jerawat

Bahan dengan nama lain niacinamide ini efektif untuk mengatasi jerawat yang meradang. Apabila Anda memiliki kulit acne-prone dan khawatir terjadi peradangan jerawat yang membuat kulit memerah, Anda bisa menyediakan krim berkandungan vitamin B3 di rumah untuk meredakan kondisi.

Di samping sifatnya sebagai anti-inflammatory, bahan aktif satu ini akan mengurangi noda kehitaman yang disebabkan oleh pigmentasi.Vitamin B3 mampu menurunkan jumlah melanin yang diproduksi kuli. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi memperkuat pertahanan lapisan kulit paling luar serta menjaga kelembapannya.

Vitamin C: Cerahkan Wajah dengan Mengurangi Noda Hitam akibat Jerawat

Area kehitaman berukuran kurang lebih 1 – 2 cm pada wajah yang muncul dikarenakan jerawat bisa Anda hilangkan dengan krim yang mengandung vitamin C. Sudah bukan rahasia lagi vitamin C menjadi bahan yang sangat efektif mencerahkan warna kulit.

Oleh sebab itu, apabila Anda terganggu dengan bekas jerawat yang menghitam, pilihlah krim penghilang bekas jerawat yang dibekali unsur vitamin C di dalamnya. Selain mengatasi hiperpigmentasi pada area bekas jerawat, vitamin C juga membantu Anda terbebas dari flek hitam yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari.

Allantoin: Memperbaiki Permukaan Kulit Rusak melalui Regenerasi

Bahan aktif allantoin dapat Anda temukan pada beragam jenis produk skin care, misalnya serum, pembersih, dan pelembap wajah. Belakangan, produsen merumuskan krim penghilang bekas jerawat dengan tambahan allantoin untuk fungsi menyembuhkan kulit yang bermasalah. Anda kami sarankan memilih produk tersebut karena kandungan allantoin akan mempercepat regenerasi kulit.

Selain berperan memperbaiki kulit rusak melalui proses regenerasi, fungsi lain allantoin untuk menghidrasi kulit akan berguna pada bekas jerawat Anda yang areanya cenderung kering. Tak cuma itu, allantoin ternyata mampu melakukan eksfoliasi lembut sehingga permukaan kulit yang tidak rata akibat bopeng bekas jerawat akan membaik seiring waktu.

Pilih yang Sekaligus Bekerja Melembapkan Kulit

Sebelum terbentuk noda bekas jerawat, area di sekitar spot jerawat akan mengering. Hindari mengelupas kulit kering tersebut agar tidak terjadi iritasi. Dalam tujuan menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya Anda perhatikan juga kemampuan melembapkan dari sebuah produk.

Krim penghilang bekas jerawat yang mampu melembapkan akan memberi manfaat lebih. Jadi, pilihlah produk yang diperkaya komponen pelembap, contohnya ekstrak lidah buaya, madu, dan lendir siput. Beberapa produsen menggunakan pelembap hasil ciptaan lab yang juga ramah untuk kulit. Dengan adanya bahan pelembap, kulit Anda bukan hanya terbebas dari kering, namun terjadinya iritasi yang menyebabkan kemerahan pun dapat diminimalisir.

Pertimbangkan Memilih Produk dari Segi Keuangan

Untuk melihat perubahan atau mengetahui efektivitas krim penghilang bekas jerawat, umumnya diperlukan waktu kurang lebih 1 – 2 minggu. Sebaiknya Anda tidak tergiur dengan produsen yang mengklaim produk buatannya mampu memudarkan noda bekas jerawat dalam waktu singkat. Paling tidak butuh sekitar 1 bulan untuk memberi kesempatan sebuah produk bekerja sebelum Anda nilai efektivitasnya.

Karena perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat perlu waktu yang tidak sebentar, sebaiknya sesuaikan produk dengan budget yang Anda miliki. Terlepas dari pamor brand-nya di mata pengguna, rata-rata krim penghilang bekas jerawat dibanderol seharga puluhan hingga ratusan ribu untuk netto 10 gram ke atas.

Selain ukuran, faktor penyebab perbedaan harga tersebut dipengaruhi dari seberapa banyak bahan aktif yang dicantumkan. Pilihlah krim dengan harga terjangkau agar setidaknya memungkinkan Anda melakukan repurchase ketika habis. Meskipun Anda berupaya membeli produk dengan harga bersahabat, tetap utamakan memilih produk berkualitas agar kinerjanya optimal.

10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik

Berikut kami tampilkan sepuluh krim penghilang bekas jerawat dengan bahan aktif, ukuran, dan harga yang variatif. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan bekas jerawat Anda. Selamat memilih!

1. Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Cream

Kembalikan wajah halus tanpa bopeng bekas jerawat

Aksi mengatasi tekstur kulit rusak akibat jerawat membuat krim ini ideal Anda gunakan untuk kurangi bopeng bekas jerawat. Kandungan ekstrak 90% lendir siput hitam dan centella asiatica meningkatkan kekenyalan dan meninggalkan kelembapan kulit. Krim ini tidak hanya membantu Anda mengatasi noda hitam bekas jerawat. Lebih dari itu, Snail Truecica Miracle Repair Cream juga akan menenangkan kulit iritasi.

Skin barrier yang lemah bakal diperbaiki oleh kombinasi bahan aktif yang tersimpan di dalamnya. Apabila wajah Anda kusam, krim sekaligus pelembap ini mempekerjakan Snail TruecicaTM 420.000 ppm untuk mencerahkan wajah. Kandungan tersebut juga aktif menghambat penuaan seperti garis halus dan kerutan. Adanya marine collagen, ceramide, dan peptide, krim ini semakin menutrisi kulit Anda.

Bahan aktif Black snail extract, centella asiaticaa extract, tea tree oil, ceramide
Fungsi pelembap
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp180.000

2. Roro Mendut Rempah Hitam Whitening Herbal Night Cream

Kebaikan bahan alami untuk cerahkan wajah kusam

Bahan-bahan rempah yang terkandung di dalam krim malam rumusan Roro Mendut ini memainkan fungsi mencerahkan kulit yang kusam. Selain menggunakan jintan hitam, tersedia pula bearberry extract, retinol, shea butter, vitamin C, dan L-Glutathione untuk mengurangi area kehitaman pada wajah yang merupakan hasil peninggalan jerawat.

Selain membantu memutihkan kulit melalui bahan-bahan alami, krim ini diperkaya vitamin untuk menyehatkan kulit. Roro Mendut menyebutkan bahwa produknya ini juga efektif menghilangkan komedo dan kulit beruntusan. Apabila Anda menghadapi masalah kulit kendur, Rempah Hitam Whitening Herbal Night Cream akan membuat tekstur kulit lembap, halus, dan elastis.

Bahan aktif Bearberry (arbutin), allantoin, vitamin C, vitamin E, shea butter, L-glutathione, jinten hitam, beras, kopi, biji pala
Fungsi pelembap
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp95.000

3. Safi White Expert Oil Control & Acne Cream

Segala masalah terkait jerawat mampu diatasi dengan baik

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kulit rentan berminyak sehingga kehadiran jerawat sulit dielakkan? Dengan produk ini, Anda tidak hanya merasakan wajah segar tanpa minyak berlebih, melainkan terbebas juga dari masalah jerawat. Kemampuannya mencegah jerawat tidak serta-merta karena wajah yang dibebaskan dari minyak, namun dikarenakan adanya formula anti-bakteri yang membuat jerawat enggan muncul.

Pada saat berjerawat pun, Safi White Expert Oil Control & Acne Cream akan memusnahkan bakteri aktif yang menyebabkan penyembuhan jerawat semakin lama. Kemerahan yang disebabkan peradangan mampu diredakan berkat natural lipid enhancer-nya. Gunakanlah krim ini secara berkala, dijamin wajah Anda lepas dari kondisi minyak berlebih, mudah berjerawat, dan bekas jerawat pun dibuat sirna!

Bahan aktif Zinc, habbatus sauda, lactic acid
Fungsi pelembap
Ukuran 15 g
Kisaran harga Rp56.000

4. Everwhite Acnepair Cream

Krim antijerawat yang juga optimal mencerahkan wajah

Everwhite Acnepair Cream adalah bentuk baru dari seri sebelumnya yang dikemas dalam kotak dan tube berwarna cokelat. Produk ini digadang-gadang sebagai salah satu acne cream terbaik. Meskipun teksturnya creamy, tidak ada kesan lengket yang ditimbulkan saat mengoleskannya. Malahan, produk ini tergolong cepat meresap sehingga Anda bisa melanjutkan aktivitas tanpa kelihatan seperti sedang memakai obat jerawat.

Everwhite mengombinasikan sejumlah bahan aktif untuk menangani permasalahan jerawat, di antaranya tea tree oil dan kefir. Namun siapa sangka, formulanya dilengkapi arbutin, glutathione, niacinamide, dan vitamin C yang bekerja sama mencerahkan wajah dengan menyamarkan segala noda gelap pada kulit wajah. Baik noda yang disebabkan jerawat ataupun sengatan matahari, segalanya akan pudar dengan krim ini.

Bahan aktif Niacinamide, salicylic acid, collagen, centella asiatica, glutathione, arbutin, vitamin C, vitamin E, tea tree oil
Fungsi pelembap
Ukuran 15 g
Kisaran harga Rp75.000

5. Zoya Cosmetics Acne Spot Treatment Cream

Banyak yang merasakan bekas jerawat memudar hanya dalam 1 minggu pemakaian

Krim dengan tekstur gel ini mengandung bahan utama tea tree oil yang akan merawat kulit iritasi akibat jerawat. Di tempat lain, tea tree oil akan mengontrol produksi minyak. Dikombinasikan dengan salicylic acid, Zoya Cosmetics Acne Spot Treatment Cream mempercepat pengempisan jerawat.

Tak hanya aktif menangani jerawat, Zoya Cosmetics mencantumkan bahan lain berupa allantoin ke dalam krim ini untuk menindaklanjuti bekas jerawat menghitam agar memudar dalam waktu relatif singkat. Efek menenangkan kulit berjerawat juga akan Anda rasakan saat mengenakan produk ini.

Bahan aktif Allantoin, salicylic acid
Fungsi pelembap
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp32.000

6. Lanbena Acne Scar Removal Cream

Tidak hanya bekas jerawat, luka karena kulit terbakar dan goresan pun sanggup ditangani krim ini!

Lanbena Acne Scar Removal Cream adalah salep untuk mengatasi bekas luka yang disebabkan oleh jerawat. Produk dalam wujud gel ini menjadi salah satu krim penghilang bekas jerawat terbaik di banyak negara. Di sisi menyamarkan luka akibat jerawat, Anda bisa menggunakan krim ini untuk memulihkan kulit yang mendapati bekas gigitan serangga.

Bahkan, Lanbena mengklaim krim berkandungan ekstrak rempah alami racikannya ini efektif menghilangkan bekas luka bakar, goresan, dan bekas luka operasi. Siapa saja boleh menggunakan produk ini, termasuk Anda yang mungkin bermasalah dengan kulit sensitif. Cukup dioleskan 3 – 4 jam sekali dalam sehari, gel lembutnya akan beroperasi mengurangi bekas luka yang mengganggu penampilan.

Bahan aktif Centella asiatica, allantoin, ginseng, white tea, rhodiola
Fungsi pelembap
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp230.000

7. Mineral Botanica Reduces Acne and Spots Treatment

Efektivitasnya memudarkan bekas jerawat tak perlu diragukan lagi

Spot treatment unggulan Mineral Botanica kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengurangi kehitaman bekas jerawat. Komposisi BHA yang terkandung memastikan produk ini efektif mengeksfoliasi noda-noda gelap pada kulit agar wajah terlihat cerah kembali.

Mineral Botanica Reduces Acne and Spot Treatment bukan sebatas memudarkan noda hitam yang ditimbulkan oleh jerawat. Akan tetapi, noda hitam karena paparan matahari dan faktor usia juga akan disingkirkan olehnya. Tekstur menyerupai losion cair menjadikan produk ini cepat terserap ke lapisan kulit. Aromaya enak, Anda pun nyaman sewaktu menggunakannya.

Bahan aktif BHA
Fungsi pelembap Tidak dicantumkan
Ukuran 10 ml
Kisaran harga Rp46.000

8. Frudia Citrus Brightening Cream

Bantu kembalikan pesona wajah yang cerah tanpa dark spot!

Krim wajah berkemasan jar ini kaya akan komposisi baik untuk mencerahkan wajah. Sesuai nama produk, Fruide Citrus Brightening Cream mengandung vitamin C yang berasal dari buah citrus. Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C pada krim ini akan merawat kulit sehat, serta mewujudkan wajah bercahaya dengan memudarkan noda kehitaman akibat jerawat.

Kandungan lain berupa flavonoid membantu menenangkan kulit yang kemerahan. Krim yang berasal dari 61% ekstrak kulit jeruk ini kompatibel untuk segala kondisi kulit, terutama kulit kusam dan banyak dihinggapi noda-noda bekas jerawat. Anda yang kulitnya sensitif tidak perlu khawatir semisal tertarik menggunakan krim ini. Pasalnya, Fruida Citrus Brightening Cream telah memperoleh sertifikasi aman sebagai produk yang tidak menyebabkan iritasi.

Bahan aktif Niacinamide, vitamin E, vitamin C
Fungsi pelembap
Ukuran 55 g
Kisaran harga Rp380.000

9. BioAqua Pure Skin Acne Rejuvenation Cream

Ekonomis, penggunaan berkala takkan membuat kantong jebol

Sebenarnya, BioAqua Pure Skin Acne Rejuvenation Cream tidak hanya efektif menghilangkan bekas jerawat. Formula kombinasi dari kolagen, alpha arbutin, ekstrak benih mentimun, jojoba oil, olive oil, dan vitamin E memungkinkan krim ini ideal diterapkan untuk merawat permukaan kulit yang terdapat bekas operasi dan stretch mark.

Kendati didesain agar berkinerja optimal, krim ini tetap ramah Anda aplikaiskan ke seluruh bagian tubuh berkat komposisinya yang berasal dari natural plants. BioAqua Pure Skin Acne Rejuvenation Cream juga efektif untuk mengecilkan pori-pori. Tingkat penyerapannya yang baik akan membuat Anda nyaman tanpa dihantui kesan lengket.

Bahan aktif Alpha arbutin, collagen, cucumber seed extract, jojoba oil, olive oil, vitamin E
Fungsi pelembap
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp17.800

10. OXY Anti Pimple Mark

Ampuh mengatasi berbagai bentuk kerusakan kulit

OXY Anti Pimple Mark, sebagaimana namanya, adalah produk krim dengan fungsi utama mencerahkan area kulit yang ditandai sebagai bekas jerawat. Kemampuan tersebut hadir berkat kandungan ascorbyl glucoside-nya. Tak cuma itu, OXY melengkapi krim ini dengan arbutin dari bearberry alami untuk singkirkan dark spot akibat faktor lain. Salicylic acid­-nya akan membantu memperkecil pori-pori terbuka sekaligus merontokkan sel kulit mati.

Sementara itu, sematan komponen allantoin dari tanaman comfrey akan berguna meredakan kulit gatal dan melembutkan tekstur kulit. Ketidaksempurnaan seperti kemerahan, bopeng, komedo, dan kondisi lain mampu dicegah krim ini melalui kandungan isopropyl methylphenol-nya. Hasilnya bukan sekadar bekas jerawat tersamarkan, namun kulit bersih, lembut, dan tanpa blemishes akan Anda miliki.

Bahan aktif Salicylic acid, beta-carotene, ascorbyl glucoside, citric acid, allantoin, isopropyl methylphenol, arbutin
Fungsi pelembap
Ukuran 12 g
Kisaran harga Rp102.000

Lihat juga rekomendasi produk yang cocok untuk kulit berjerawat lainnya terbaik di sini!

Apabila wajah Anda rentan berjerawat, pemilihan produk untuk merawat ataupun merias wajah pun harus disesuaikan kondisi kulit. Mulai dari serum, sabun muka, pelembap, dan sunscreen harus diperhatikan karakteristiknya apakah cocok dengan kulit berjerawat Anda.

Untuk mengurangi risiko timbul masalah lain akibat kesalahan memilih produk, kami menyarankan Anda agar cermat memilih produk. Pastikan Anda menggunakan produk khusus kulit berjerawat. Berikut telah kami rangkum pilihan produk yang cocok untuk kulit berjerawat Anda.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat
10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Kesimpulan

Segala hal berkaitan krim penghilang bekas jerawat telah kami ulas pada artikel ini, bagaimana menurut Anda? Kulit yang dipenuhi bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu, Anda perlu mengusirnya dengan mengenakan krim penghilang bekas jerawat yang tepat.

Pada dasarnya, krim yang diklaim mampu menghilangkan bekas jerawat dirumuskan untuk tujuan meningkatkan kecerahan kulit. Jadi penting bagi Anda agar selalu memperhatikan bahan pencerah yang terkandung di dalamnya. Gunakan secara teratur krim yang sudah Anda beli agar memperoleh hasil maksimal. Dan, jangan lupa bookmark artikel ini apabila Anda rasa bermanfaat, ya!

(Visited 58.672 times, 163 visits today)