Written by 01:44 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Laptop 4 Jutaan Terbaik

Modern ini, laptop menjadi kebutuhan vital sebagian besar orang. Tetapi, tidak semuanya punya dana untuk membeli laptop high perfomance yang harganya selangit. Asalkan cerdik, Anda bisa mendapatkan laptop berkualitas hanya dengan budget 4 jutaan, lho. Tentu peruntukkannya pun cenderung lebih terbatas.

Pilihan merek laptop pun beragam, beberapa yang paling terkenal adalah Lenovo, ASUS, dan HP. Supaya tidak bingung, kami akan menerangkan cara memilih laptop sesuai kebutuhan. Lebih dari itu, kami juga punya sepuluh rekomendasi laptop seharga 4 jutaan terbaik untuk pertimbangan Anda. Maka itu, ikuti artikel ini sampai selesai, ya!

Cara Memilih Laptop 4 Jutaan Terbaik

Untuk mendapatkan laptop seharga 4 jutaan, ada beberapa komponen laptop yang harus Anda perhatikan, seperti jenis prosesor, storage, dan memori. Lalu, pertimbangkan pula apakah komponen tersebut upgradeable atau tidak. Terakhir, ketahui fleksibilitas bodi layar dan sistem operasi pada paket penjualannya, ya.

Pilih yang Menggunakan SSD untuk Pengolahan Data Lebih Cepat

Anda tentu sudah mengenal hard disk drive (HDD) sebagai tempat penyimpanan data yang umum digunakan pada laptop dan komputer. Tetapi, jenis storage ini sudah mulai ditinggalkan, khususnya pada laptop-laptop keluaran baru. Tipe storage yang lebih banyak dipakai pada laptop modern adalah solid state drive (SSD).

Berbeda dengan HDD yang bekerja mengandalkan penggerak mekanik untuk membaca dan menulis data pada piringan magnetik, SSD sepenuhnya bekerja secara elektrik. Hasilnya, pengolahan data pada SSD berlangsung jauh lebih cepat. Plus, tidak ada suara ataupun getaran yang dihasilkan ketika komponennya bekerja.

Walaupun SSD cenderung memiliki kapasitas memori lebih kecil, Anda sebaiknya tetap pilih laptop yang sudah pakai SSD. Pasalnya, penggunaan SSD menghasilkan perbedaan performa yang sangat signifikan pada kemampuan baca-tulis data dan kecepatan penyelesaian kerja saat menjalankan aplikasi.

Memang, Anda bisa saja membeli laptop yang masih menggunakan HDD dan meng-upgrade-nya sendiri ke SSD pasca pembelian. Tetapi hal tersebut cenderung mubazir karena hanya akan membuat Anda keluar uang dua kali.

Pilih yang Sudah DDR4 agar Performa RAM Lebih Baik

Umumnya, pada laptop baru seharga 4 jutaan, kapasitas RAM paling tinggi yang bisa Anda dapat hanya 4 GB. Bukan kapasitas yang terlalu besar memang. Tetapi, kapasitas RAM bukan segalanya. Untuk performa yang lebih kencang, frekuensi dan latensinya juga perlu diperhatikan.

Frekuensi menunjukkan kecepatan RAM dalam memproses data. Sedangkan timing atau latensi adalah waktu yang diperlukan RAM untuk mengeksekusi perintah yang diberikan. Kombinasi keduanya menghasilkan access time, yaitu indikator yang menunjukkan seberapa cepat RAM dapat diakses. Semakin kecil access time-nya, semakin cepat pula performa RAM.

Jika Anda tidak ingin ambil pusing dengan pembahasan yang terlalu teknis, intinya, pilihlah RAM bertipe DDR4. Pasalnya, RAM tipe ini memiliki standar frekuensi lebih besar. Latensinya yang cenderung lebih lebar dari DDR3, dikompensasi oleh angka frekuensi yang besar ini. Hasilnya, access time tetap lebih kecil, membuat performa RAM secara keseluruhan lebih mumpuni.

Agar Lebih Leluasa Mengerjakan Task Berat, Pilih yang Storage dan RAM-nya Upgradeable

Dengan standar spesifikasi yang bisa Anda dapat dari laptop 4 jutaan, task berat seperti 3D rendering, editing video profesional, dan gaming barangkali berada di luar kapasitas laptop. Untuk menyiasatinya, Anda bisa pilih laptop yang komponen storage dan RAM-nya bisa di-upgrade.

Semakin diisi banyak data, semakin berkurang pula kecepatan SSD. Anda bisa maksimalkan lagi kecepatannya dengan melakukan upgrade ke kapasitas yang lebih besar. Dengan demikian, Anda dapat menyediakan ruang kosong lebih banyak untuk menjaga performanya. Sebelum upgrade, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis slot yang tersedia di motherboard.

RAM juga bisa ditambah kapasitasnya. Jika pakai DDR4, Anda bisa upgrade RAM sampai 16 GB. Sebelum itu, periksa dulu berapa jumlah channel pada sistem memori laptop Anda. Jika single channel, meskipun slotnya lebih dari satu, Anda cukup pasang satu keping memori. Kalau bisa multi-channel (dual, triple, atau quad), maka Anda bisa memasang lebih dari satu keping.

Kedua komponen ini umumnya selalu upgradeable pada segala macam laptop. Tetapi, terdapat beberapa laptop yang tidak memungkinkan hal tersebut. Karena itu, Anda harus tetap teliti.

Untuk Video Editing, Pilihlah Prosesor Quad Core dengan Clock Speed yang Mencukupi

Untuk keperluan content creation seperti edit video, pilihlah yang punya prosesor quad core dengan clock speed yang mencukupi. Clock speed menentukan kelancaran Anda ketika mengerjakan project. Sementara, multi core diperlukan untuk mempercepat waktu rendering video yang sudah jadi. Laptop 4 jutaan dengan spesifikasi seperti ini ada, tetapi lebih jarang, karena kebanyakan masih di level dual core.

Sebetulnya tidak hanya prosesor, kapasitas RAM juga sentral untuk kelancaran editing video. Tetapi, tidak seperti prosesor, RAM lebih besar kemungkinannya untuk bisa Anda upgrade kapan saja. Dengan begitu, Anda pun bisa kumpulkan dana setelah beli laptop agar kegiatan video editing makin lancar.

Standar spesifikasi laptop 4 jutaan yang dual core sebenarnya bisa saja dipakai editing video, asalkan tidak pakai program high-end macam Adobe Premiere, Sony Vegas, atau DaVinci Resolve. Anda bisa pakai program alternatif yang lebih ringan seperti Filmora, VSDC, dan HitFilm Express. Kalau performanya masih kurang bagus, Anda bisa siasati dengan memakai versi program yang lebih lawas.

Bila Mengutamakan Fleksibilitas, Pilih yang Layarnya Bisa Diputar 180°

Jika Anda membelikan laptop untuk buah hati yang masih anak-anak atau remaja, lebih baik pilih yang layarnya bisa diputar 180 derajat. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan engsel penghubung bodi dengan layar karena didorong terlalu jauh. Selain itu, fitur ini juga membuat laptop lebih nyaman dipakai karena dapat disesuaikan dengan garis pandangan.

Laptop yang menyediakan fitur ini, banyak juga yang menyediakan fitur 2 in 1 yang memungkinkan laptop dipakai sebagai tablet. Derajat putar layarnya dapat mencapai 360 derajat dan ditambahi fitur touchscreen. Anda bisa menggunakannya pada berbagai mode dan posisi, bahkan tanpa memerlukan meja.

Jika Ingin Lebih Hemat, Pilih Laptop tanpa Sistem Operasi

Sebelum membeli laptop, Anda harus paham apa-apa saja yang termasuk dalam paket penjualannya. Jika laptop yang Anda beli sudah termasuk sistem operasi, maka harga yang Anda bayar sudah termasuk harga dari sistem operasi tersebut. Artinya, jika Anda mau lebih hemat, Anda bisa minta sistem operasinya tidak usah dimasukkan.

Tentu hal ini hanya berlaku bila diizinkan oleh toko tempat Anda membeli, tapi tidak ada salahnya memastikan dulu. Jika berhasil, toko biasanya tetap memasang sistem operasi DOS. Setelah laptop di tangan Anda, Anda bisa install sendiri sistem operasi yang Anda inginkan, misalnya Linux atau Ubuntu kalau Anda mau yang gratis.

10 Rekomendasi Laptop 4 Jutaan Terbaik

Jika Anda belum memiliki jajaran produk yang akan diincar, di bagian ini kami akan memberikan beberapa referensi laptop terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Tentu saja, laptop-laptop ini berada di kisaran harga 4 jutaan. Selamat memilih!

1. Lenovo Ideapad S145

Sumber: Lenovo.com

Dibekali Celeron 4205U yang mendukung kebutuhan gaming ringan

Ideapad S145 adalah salah satu laptop harga 4 jutaan yang tergolong mumpuni. Pasalnya, prosesor Celeron 4205U yang bersarang pada laptop ini memiliki clock speed lebih tinggi dibanding prosesor entry-level kebanyakan.

Anda bisa pakai laptop ini untuk task yang cukup demanding seperti desain grafis dan video editing ringan. Bahkan, saking baiknya performa prosesor 4205U ini, Anda juga bisa memakainya untuk gaming. Kebanyakan gim yang perlu spesifikasi low to mid dapat berjalan dengan cukup lancar.

Bahkan, gim-gim bertaraf AAA dari beberapa tahun ke belakang bisa Anda mainkan dengan penyesuaian setting yang pas. Yang penting, tetap perhatikan spesifikasi minimum yang disyaratkan masing-masing gim, ya.

Prosesor8th Gen Intel® Celeron® 4205U 1.8 GHz 2C/2T
Layar14” HD (1366×768) TN AG, 220nits, 45% NTSC
RAM4 GB DDR4
Storage256 GB SSD
Kartu grafisIntegrated, Intel® UHD Graphics 610
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.399.000

2. ASUS E402

Sumber: Asus.com

Memfasilitasi kebutuhan anak sekolah dan mahasiswa

Laptop ASUS satu ini paling cocok buat kebutuhan anak sekolah dan mahasiswa nonteknik. Jeroan AMD laptop ini menghasilkan performa cukup baik untuk menjalankan task ringan seperti program Ms. Office, browsing internet, dan desain grafis dua dimensi sederhana.

ASUS E402 juga lancar menjalankan aplikasi teleconference seperti Zoom dan Google Meet, sehingga cocok untuk menunjang kegiatan belajar online. Varian E402 ini memiliki RAM on board, sehingga tidak bisa Anda upgrade.

Sebagai gantinya, untuk meningkatkan kecepatan, Anda bisa upgrade kapasitas SSD-nya. Laptop ini pakai SSD SATA ukuran 2.5 inci, jadi jangan sampai salah beli jenis dan ukurannya, ya.

ProsesorAMD E2-7015 Processor 1.5 GHz (1M Cache, up to 1.5 GHz) 2C/2T
Layar14”HD (1366 x 768)
RAM4 GB DDR3
Storage256 GB SSD
Kartu grafisAMD Radeon™ R2 Graphics, AMD Radeon R5 M420, 2GB GDDR3
Sistem operasiWindows 10
Kisaran hargaRp4.699.000

3. Zyrex Sky 360 Mini

Sumber: Zyrex.com

Laptop 2 in 1 layar IPS dengan storage ekstra besar

Mau laptop yang sekaligus bisa jadi tablet? Laptop 2 in 1 dari Zyrex ini bisa menjawab keinginan Anda! Ketika ingin dipakai sebagai tablet, Anda tinggal memutar layarnya 360 derajat. Tentu saja layarnya pun sudah touchscreen.

Hebatnya lagi, layar laptop ini sudah jenis IPS yang akurasi dan konsistensi warnanya lebih tinggi. Ketika dipakai menonton video, konsistensi warnanya tidak akan berubah walau Anda pandang dari samping.

Dari segi storage, produk buatan lokal ini menawarkan kapasitas ekstra besar dengan kombinasi prime storage eMMC 32 GB, plus secondary-nya SSD 256 GB. Normalnya, Anda tidak akan mendapatkan total storage sebesar ini pada laptop 4 jutaan, apalagi pada produk yang telah dilengkapi fitur 2 in 1 seperti ini.

ProsesorIntel® Celeron® N3350 1.1 GHz 2C/2T
Layar11.6″ (1920 x 1080) IPS
RAM4 GB DDR4
Storage256 SSD, 32 GB eMMC
Kartu grafisIntegrated
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.599.000

4. HP 14S-DK1001AU

Sumber: Shopee.co.id

Satu dari sedikit laptop 4 jutaan yang punya backlit keyboard

Kalau Anda sering nongkrong di kafe, Anda tidak bakal minder bawa laptop ini. Tampilannya yang polos dengan warna silver kekuningan memberikan kesan classy. Orang tidak akan menyangka harga laptop ini hanya 4 jutaan.

Belum lagi, laptop ini memiliki keyboard dengan backlit sehingga Anda bisa mengetik dengan leluasa di tempat gelap. Di samping itu, performa laptop entry-level dari HP ini sama sekali tidak buruk berkat prosesor yang adem dan storage SSD yang kapasitasnya lumayan.

Untuk menggenjot performanya, Anda bisa meng-upgrade komponen SSD dan RAM sesuai kebutuhan. Tetapi, kalau kebutuhan Anda hanya pengoperasian aplikasi Microsoft Office dan desain grafis ringan, komponen bawaan HP 14S-DK1001AU sudah lebih dari cukup, kok!

ProsesorAMD Athlon™ Silver 3050U (2.3 GHz base clock, up to 3.2 GHz max boost clock, 1 MB L2 cache, 2 cores)
Layar14″ diagonal HD SVA BrightView micro-edge WLED-backlit (1366 x 768)
RAM4 GB DDR4
Storage256 GB SSD
Kartu grafisAMD Radeon™ Graphics
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.999.000

5. Lenovo Ideapad 330-15IGM

Sumber: Lenovo.com

Varian terjangkau dari Lenovo untuk kebutuhan office, teleconference, dan browsing internet

Lenovo Ideapad 330-15IGM adalah salah satu produk alternatif untuk mendukung kegiatan pelajar, mahasiswa, bahkan pekerja kantoran. Prosesor dual core-nya memungkinkan Anda untuk melakukan multi tasking dengan leluasa, selama program-program yang dijalankan hanya sebatas office, teleconference atau browser internet saja.

Bodi laptop ini cukup bongsor karena layarnya pun ekstra besar, yakni 15.6 inci. Belum lagi, laptop ini juga dibekali dengan DVD-ROM yang lumayan berguna kalau Anda masih senang pakai media penyimpanan CD/DVD.

Namun, bodi yang besar dan tambahan perangkat tersebut membuat laptop ini cenderung kurang nyaman buat dibawa-bawa karena bobotnya lumayan berat, yaitu sekitar 2 kilogram ke atas.

ProsesorIntel® Celeron ® CPU N4000 @ 1,10GHz 2C/2T
Layar15.6” HD (1366 x 768)
RAM4 GB DDR4
Storage500 GB HDD
Kartu grafisIntegrated, Intel® UHD Graphics 600
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.544.000

6. ASUS A407MA

Sumber: Asus.com

Memiliki bobot sangat ringan untuk mempermudah mobilisasi Anda

Kalau Anda punya mobilitas tinggi dan pengin laptop yang enak dibawa bepergian, produk ASUS satu ini tercipta buat Anda. Bagaimana tidak, bobot laptop ini hanya sebesar 1.5 kilogram. Mudah ditaruh di dalam tas, sekaligus nyaman ketika ditenteng.

Performanya pun cukup baik dalam membabat task-task ringan berkat perpaduan prosesor dual core, RAM 4GB, dan SSD yang lapang. Bezel atau bingkai di sekeliling layar laptop ini lumayan tipis, sehingga memberi imersi lebih bagi pengguna.

Belum berhenti di situ, ASUS A407MA juga dilengkapi sensor sidik jari untuk membuka kunci desktop. Berkatnya, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengetikkan kata sandi atau PIN!

ProsesorIntel® Celeron® N4000 Processor (4 M Cache, up to 2.6 GHz) 2C/2T
Layar14.0″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC

With ASUS Splendid

RAM4 GB DDR4
Storage256GB SSD
Kartu grafisIntegrated, Intel® UHD Graphics 600
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.199.000

7. Zyrex Sky 232 Mini

Sumber: Zyrex.com

Laptop minimalis untuk menunjang pembelajaran anak sekolah

Jika Anda ragu memberi laptop ke anak karena khawatir malah dipakai main gim, inilah laptop yang Anda butuhkan. Pasalnya, spesifikasi laptop ini sama sekali tidak ideal untuk gaming, tetapi lebih dari cukup untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Zyrex Sky 232 Mini memang dirancang khusus untuk anak sekolah. Terlihat dari ukurannya yang kecil, tidak lebih besar dari buku paket anak Anda. Laptop ini cukup spesial karena dilengkapi layar berpanel IPS dan storage SSD berkapasitas besar.

Performanya untuk menjalankan program-program penunjang pembelajaran seperti office, internet browser, dan Zoom tidak usah Anda ragukan. Untuk membuat anak fokus belajar di depan laptopnya, produk ini sangat layak dipertimbangkan!

ProsesorIntel® Celeron® N3350 (1.1GHz up to 2.4GHz , 2MB Cache) 2C/2T
Layar11.6″ FHD (1920 x 1080) IPS
RAM4 GB DDR4
Storage256GB SSD
Kartu grafisIntegrated
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.099.000

8. ASUS X441MA

Sumber: Shopee.co.id

Dilengkapi teknologi SonicMaster untuk hasil audio yang lebih jernih

Salah satu kelemahan laptop entry-level yang paling umum adalah audio dari speaker-nya cenderung cempreng dan kurang bassy saat memutar musik. ASUS berusaha mengubah stigma tersebut dengan membekali sistem SonicMaster pada seri X441MA ini. Teknologi ini diklaim dapat menghasilkan suara yang jernih, bass lebih nendang, dan surround sound seperti asli.

Agar hasil audio lebih optimal, Anda bisa memilih beberapa mode tuning sesuai penggunan, misalnya gaming, musik, menonton film, dan speech. Selain itu, ASUS juga membekali produk ini dengan teknologi Eye Care untuk mengurangi intensitas sinar blue light yang terpapar ke mata. Fitur ini lumayan penting untuk memelihara kesehatan mata, terutama buat Anda yang hobi berlama-lama di depan laptop.

ProsesorIntel® Celeron® N4020

(1.10 GHz up to 2.80 GHz, 4MB Cache) 2C/2T

Layar14.0″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
RAM4 GB
Storage1 TB HDD
Kartu grafisIntegrated
Sistem operasiWindows 10 Home
Kisaran hargaRp4.199.000

9. Lenovo Ideapad V130-15IGM

Sumber: Lenovo.com

Memiliki proteksi lebih untuk melindungi kepentingan pebisnis

Kalau Anda sedang cari laptop untuk memfasilitasi kebutuhan entrepreneurship, seri Ideapad dari Lenovo satu ini tidak akan membuat kecewa. Performanya sangat oke untuk menjalankan program-program esensial, plus aplikasi bisnis penunjang trading dan macam-macam lainnya.

Di samping itu, hal lain yang istimewa dari laptop ini adalah fitur keamanannya yang menjamin perlindungan data bisnis Anda dari serangan hacker. Laptop ini memiliki cip Trusted Platform Module (TPM) yang akan mengenkripsi data dan password yang tersimpan di laptop.

Kemudian, webcam pada Lenovo Ideapad V130-15IGM juga dapat ditutup sehingga Anda tidak perlu khawatir kameranya kena hack dan merekam profil Anda tanpa sepengetahuan Anda.

ProsesorIntel® Celeron ® CPU N4000 @ 1,10GHz 2C/2T
Layar15,6 HD LED (1366 X 768)
RAM4 GB DDR4
Storage500 GB HDD, 1 slot SSD M.2 NVMe
Kartu grafisIntegrated, Intel® UHD Graphics 600
Sistem operasiWindows 10
Kisaran hargaRp4.544.000

10. Axioo MyBook 11 Lite

Meski harganya terjangkau, tetapi sudah pakai panel layar IPS!

Axioo MyBook 11 Lite cukup istimewa karena memiliki layar berpanel IPS sekaligus antiglare. Ketika Anda pakai menonton video, kualitas gambar akan terjaga meski dilihat dari berbagai sudut, plus tidak banyak cahaya yang terpantul dilayar sehingga lebih nyaman di mata.

Di samping itu, produk lokal ini sudah pakai eMMC, yakni storage flash yang, meskipun lebih lambat dari SSD, tetapi jauh lebih cepat dari HDD. Ada pula storage tambahan berupa micro SD yang Anda dapat gratis.

Dari segi jeroan, Axioo MyBook 11 Lite dibekali prosesor Intel Atom, yang sebenarnya agak outdate. Namun, prosesori ini memiliki 4 core sehingga performanya sudah cukup untuk mengerjakan tugas-tugas ringan.

ProsesorIntel Quad Core 1.4 GHz up to 1.92 GHz, 2 MB cache 4C/4T
Layar11.6″ (1366 x 768) FHD IPS Display
RAM4GB DDR3
Storage64GB eMMC + free micro SD 64GB
Kartu grafisIntegrated
Sistem operasiWindows 10
Kisaran hargaRp2.715.000

Tabel Perbandingan Laptop 4 Jutaan

ProdukLenovo Ideapad S145ASUS E402Zyrex Sky 360 MiniHP 14S-DK1001AULenovo Ideapad 330-15IGMASUS A407MAZyrex Sky 232 MiniASUS X441MALenovo Ideapad V130-15IGMAxioo MyBook 11 Lite
Prosesor8th Gen Intel® Celeron® 4205U 1.8 GHz 2C/2TAMD E2-7015 Processor 1.5 GHz (1M Cache, up to 1.5 GHz) 2C/2TIntel® Celeron® N3350 1.1 GHz 2C/2TAMD Athlon™ Silver 3050U (2.3 GHz base clock, up to 3.2 GHz max boost   clock, 1 MB L2 cache, 2 cores)Intel® Celeron ® CPU N4000 @ 1,10GHz 2C/2TIntel® Celeron® N4000 Processor (4 M Cache, up to 2.6 GHz) 2C/2TIntel® Celeron® N3350 (1.1GHz up to 2.4GHz , 2MB Cache) 2C/2TIntel® Celeron® N4020 (1.10 GHz up   to 2.80 GHz, 4MB Cache) 2C/2TIntel® Celeron ® CPU N4000 @ 1,10GHz 2C/2TIntel Quad Core 1.4 GHz up to 1.92 GHz, 2 MB cache 4C/4T
Layar14” HD (1366×768) TN AG, 220nits, 45% NTSC14”HD (1366 x 768)11.6″ (1920 x 1080) IPS14″ diagonal HD SVA BrightView micro-edge WLED-backlit (1366 x 768)14” HD (1366 x 768)14.0″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) Anti-Glare 60Hz Panel with   45% NTSC with ASUS Splendid11.6″ FHD (1920 x 1080) IPS14.0″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) Anti-Glare 60Hz Panel with   45% NTSC15,6 HD LED (1366 X 768)11.6″ (1366 x 768) FHD IPS Display
RAM4 GB DDR44 GB DDR34 GB DDR44 GB DDR44 GB DDR44 GB DDR44 GB DDR44 GB4 GB DDR44GB DDR3
Storage256 GB SSD1 TB HDD256 SSD, 32 GB eMMC256 SSD500 GB HDD256GB SSD256GB SSD1 TB HDD500 GB HDD, 1 slot SSD M.2 NVMe64GB eMMC + free micro SD 64GB
Kartu grafisIntel® UHD Graphics 610AMD Radeon™ R2 Graphics, AMD Radeon R5 M420, 2GB GDDR3IntegratedAMD Radeon™ GraphicsIntegrated, Intel® UHD Graphics 600Integrated, Intel® UHD Graphics 600IntegratedIntegratedIntegrated, Intel® UHD Graphics 600Integrated
Sistem operasiWindows 10 HomeWindows 10Windows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 HomeDOSWindows 10
Kisaran hargaRp4.399.000Rp4.699.000Rp4.599.000Rp4.999.000Rp4.544.000Rp4.199.000Rp4.099.000Rp4.199.000Rp4.544.000Rp2.715.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Banyak, ya, hal yang harus diperhatikan dalam membeli laptop? Mulai dari dalaman seperti prosesor, memori, dan storage, hingga aspek eksternal seperti fleksibilitas dan isi paket penjualan. Untuk memilih laptop terbaik di harga 4 jutaan, Anda memang dituntut untuk lebih teliti dan rajin membanding-bandingkan harga dari berbagai toko.

Jika Anda cenderung awam, kami sarankan pilih laptop yang pakai SSD dan RAM upgradeable. Pasalnya, kapabilitas laptop di harga 4 jutaan beda-beda tipis saja, yakni untuk office, internetan, dan content creation ringan. Pada akhirnya, tetap disarankan meng-upgrade memori dan storage agar laptop semakin fungsional. Mudah-mudahan, Anda bisa menemukan laptop 4 jutaan yang sesuai buat Anda, ya!

Sumber

SSD vs HDD: which is best for your needs?
https://www.techradar.com/news/ssd-vs-hdd-which-is-best-for-your-needs diakses pada 8 Desember 2020

DDR4 (Double Data Rate 4) Definition
https://techterms.com/definition/ddr4 diakses pada 8 Desember 2020

How to Tell If You Can Upgrade Your Laptop
https://www.laptopmag.com/articles/laptop-upgrade-checker diakses pada 8 Desember 2020

How to choose the right computer for video editing: 4 key specs to check
https://www.videomaker.com/buyers-guide/how-to-choose-the-right-video-editing-workstation diakses pada 8 Desember 2020

Laptop 4 Jutaan, SSD 256GB: Bisa Gaming dan Murah? Review Lenovo Ideapad S145 – Youtube
https://www.youtube.com/watch?v=y7eR7hkEUl0 diakses pada 8 Desember 2020

Want to buy Laptop without Windows operating system?
https://laptopwithlinux.com/laptop-without-windows-operating-system diakses pada 8 Desember 2020

(Visited 193 times, 3 visits today)