Written by 01:31 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik

Pabrikan laptop berlomba mengeluarkan produk andalannya. Tak ingin kalah, ASUS pun turut memproduksi laptop berkualitas mumpuni dengan rentang harga yang masuk akal. Namun, manakah laptop ASUS yang paling fit dengan tujuan penggunaan Anda?

Sebelum memilih, Anda perlu mengenali karakteristik laptop ASUS dari seri, fitur, dan karakteristik desainnya. Belum mendapat gambaran produk mana yang tepat untuk Anda? Pada artikel ini, telah dirangkum tips memilih laptop ASUS beserta pilihan produk terbaik versi PickyBest. Yuk, simak ulasannya hingga akhir!

Laptop ASUS, Kualitas Unggul dengan Harga yang Rasional

Sumber: Asus.com

ASUS merupakan salah satu produsen laptop kenamaan dengan price to performance yang cukup unggul. Varian laptop keluaran ASUS yang beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, mulai dari pemakai ringan hingga pro gamer yang memerlukan spesifikasi gahar.

Service center ASUS tersebar luas di berbagai kota di Indonesia, merupakan layanan purnajual produk gadget ASUS. Anda bisa mengeklaim garansi, maintenance rutin, serta membeli aksesori orisinal. Bila Anda sedang mencari laptop berkualitas dengan harga affordable, laptop produksi ASUS merupakan salah satu pilihan terbaik.

Cara Memilih Laptop ASUS

ASUS mengeluarkan berbagai varian laptop dengan spesifikasi berbeda-beda. Agar dapat menemukan produk yang cocok dengan Anda, berikut kami paparkan poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih laptop ASUS.

Pilih Seri Laptop sesuai Kebutuhan Utama Anda

Pertama-tama, Anda perlu memahami kebutuhan utama dari penggunaan laptop. Guna memudahkan, mari kenali beberapa varian laptop ASUS beserta peruntukannya yang dapat Anda jadikan gambaran.

ZenBook Series: Bentuk Slim dengan Tawaran Spesifikasi yang Tinggi

Sumber: Asus.com

Para pencari laptop mewah dengan spesifikasi tinggi akan menemukan kebutuhannya di lini seri ZenBook. Bodinya didesain elegan dengan ukuran slim, membuatnya mudah dibawa untuk penggunaan di luar rumah.

Jajaran laptop ASUS ZenBook ditenagai prosesor i7 dan i9 generasi terbaru, membuat aktivitas berat berjalan lancar. Selain itu, tampilan grafis beresolusi tinggi akan memanjakan mata Anda. Bila tertarik dengan seri laptop ZenBook, Anda perlu menyiapkan budget lebih karena rentang harganya cenderung lebih mahal.

VivoBook Series: Pilihan Ekonomis untuk Menunjang Penggunaan Ringan

Sumber: Asus.com

Seri VivoBook banyak dipilih oleh kalangan pelajar dan mahasiswa karena harganya yang terjangkau. Seri laptop ini lebih dari cukup untuk kebutuhan ringan, seperti penggunaan software pengolah kata dan angka, browsing, dan streaming.

Desain laptop ASUS VivoBook langsing dengan bobot ringan, menjadikannya mudah dimasukkan ke dalam tas. Selain VivoBook Classic. ASUS juga mengeluarkan VivoBook S Series dengan model lebih tipis, tampilan lebih mewah, namun harga pasarannya sedikit lebih tinggi dibandingkan seri Vivobook Classic.

ROG Gaming Series: Performa Andal untuk Game dengan Spesifikasi Berat

Sumber: Asus.com

ASUS ROG (Republic of Gamers) diperuntukkan bagi Anda yang menggemari gaming berat dengan pengaturan grafis paling tinggi. Untuk memenuhi kepuasan bermain, ASUS membenamkan prosesor paling powerful dilengkapi kartu grafis NVIDIA Geforce GTX.

ASUS menanamkan baterai berkapasitas besar yang tangguh hingga berjam-jam. Selain itu, ROG didukung sistem pendinginan kelas atas untuk menghindari overheat saat laptop dipakai dalam waktu cukup lama. Bila Anda pecinta gaming, ASUS ROG adalah opsi terbaik laptop gaming Anda.

TUF Gaming Series: Line-Up Laptop Gaming ASUS yang Lebih Terjangkau

Sumber: Asus.com

Ada kemungkinan, ASUS ROG tidak mampu dijangkau semua orang. Oleh karena itu, ASUS meluncurkan line-up laptop gaming dengan harga lebih bersahabat melalui seri TUF (The Ultimate Force). Dari segi material, seri TUF tidak seoptimal ROG. Namun, TUF Gaming Series sangat bisa diharapkan dari segi performa.

Sebelum diedarkan, ASUS melakukan pengujian berstandar militer. Pilihan laptop ASUS TUF Gaming Series dibedakan berdasarkan prosesor, kartu grafis, dan kapasitas storage. Anda dapat menemukan laptop seri ini pada kisaran harga belasan sampai puluhan juta.

ExpertBook Series: Diperuntukkan Khusus bagi Penggiat Bisnis

Sumber: Asus.com

ExpertBook Series adalah hasil rebranding dari seri ASUS Pro. Seri ini diperuntukkan bagi kalangan pebisnis. Untuk menggaet segmen pasar ini, ASUS menawarkan desain laptop yang mewah dengan gaya minimalis.

Di samping itu, bobot ringan membuat laptop seri ini mendukung mobilitas tinggi. ASUS memastikan performa laptop seri ExpertBook maksimal dalam menunjang kebutuhan setiap business person.

ChromeBook Series: Ramping dan Ringan, Ideal untuk Pengguna yang Mobile

Sumber: Asus.com

ASUS menciptakan laptop bersistem operasi Chrome OS yang programnya mayoritas menggunakan browser Google Chrome. Bobot laptop pada seri ini ringan serta berkinerja cepat, walaupun penggunaannya masih sangat terbatas.

Laptop seri ChromeBook cocok bagi pengguna yang mobile dengan kebutuhan pemakaian ringan. Di samping itu, ChromeBook Series telah disematkan fungsi yang mampu menjalankan berbagai aplikasi di Google Play Store.

Pertimbangkan Bobot dan Ukuran Layar Laptop sesuai Kenyamanan

ASUS menyediakan laptop dengan berbagai ukuran dan resolusi layar yang berbeda. Bobot dan ukuran layar laptop akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam mengoperasikannya. Anda hanya perlu menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang Sering Memakai Laptop di Luar Rumah, Pilih yang Bobotnya Kurang dari 1,5 kg

Bila Anda sering memakai laptop di luar rumah, cobalah memilih laptop dengan bobot antara 1 kg – 1,5 kg. ASUS menyediakan laptop berbobot ringan pada seri VivoBook, ExpertBook, dan ZenBook.

Kami kurang menyarankan laptop gaming seperti ASUS ROG untuk penggunaan mobile karena bobotnya mendekati atau bahkan lebih dari 2 kg. Bobot laptop yang terlalu berat akan membebani Anda saat beraktivitas di luar rumah.

Pilih Ukuran Layar 11 – 14 inci untuk Mobilitas Tinggi, atau 15 inci ke Atas jika Sebaliknya

Kami menyarankan laptop dengan rentang layar 11 – 14 inci bila Anda sering membawanya beraktivitas. Ukuran kecil lebih mudah disimpan ke dalam tas. Selain itu, rentang ukuran layar tersebut membuat laptop lebih ringan. Terkait layar, kami juga merekomendasikan Anda memilih laptop dengan resolusi layar minimal Full HD.

Sebaliknya, jika Anda jarang memakai laptop di luar rumah, lebih baik memilih laptop berukuran layar 15 inci atau lebih. Ukuran layar besar akan memuaskan kebutuhan multimedia dan hiburan Anda. Pada lini laptop ASUS, Anda bisa memilih ZenBook atau ASUS ROG yang memiliki ukuran layar lebih dari 15 inci.

Pilih yang Disertakan Fitur antara ErgoLift atau NumberPad

Beberapa laptop ASUS disematkan fitur ErgoLift dan NumberPad yang perlu dijadikan bahan pertimbangan tambahan.

ErgoLift: Desain Engsel yang Berfungsi sebagai Kaki Laptop saat Layar Dibuka

Sumber: Asus.com

ErgoLift merupakan teknologi dari ASUS yang menjadikan engsel laptop sebagai kaki saat laptop dibuka. Fitur ini menambah kenyamanan Anda saat mengetik berkat posisi keyboard lebih miring ke atas. Selain itu, sudut bukaan layar yang lebih lebar membuat Anda tidak perlu terlalu menunduk ketika melihat layar.

Fitur ErgoLift dapat ditemukan pada seri laptop tipis ASUS, misalnya ZenBook. Oleh karena setiap laptop memerlukan sistem pembuangan panas yang baik, desain ErgoLift mengoptimalkan keluarnya udara panas. Tak cuma itu, kualitas suara yang dikeluarkan speaker juga lebih baik berkat desain engsel ini.

NumberPad: Memudahkan Proses Komputasi dan Input Data Numerik

Sumber: Asus.com

ASUS berinovasi menciptakan fitur NumberPad untuk mempermudah Anda melakukan input data numerik. Fitur canggih ini ditempelkan pada bagian touchpad.

Saat dinonaktifkan, touchpad akan nampak seperti touchpad laptop pada umumnya. Namun, ketika fungsi NumberPad diaktifkan, akan muncul deretan angka berikut simbol pengoperasian bilangan untuk kebutuhan komputasi.

10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik

Setelah mengenali poin-poin pemilihan laptop ASUS, sekarang Anda bisa menentukan salah satu laptop terbaik dari ASUS. Pastikan memilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. ASUS VivoBook 14 A412FA

Sumber: Asus.com

Tersedia dalam 4 pilihan warna colorful yang cocok untuk jiwa muda

VivoBook 14 A412FA hadir dalam pilihan warna-warna cerah, ideal untuk anak muda yang aktif dan dinamis. Bentuknya yang cukup slim serta bobot kurang dari 2 kg menjadikan laptop ini travel friendly! Meskipun ukuran layarnya hanya 14 inci, bezel tipis membuat screen to body ratio laptop ini mencapai 87%.

SeriVivoBook
Bobot1,5 kg
Dimensi (w x d x h)32,2 x 21,2 x 1,99 cm
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i3 8145U
Memori4GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, total up to 12 GB SDRAM
Kapasitas storage256GB/512GB PCIe® SSD
Interface1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 2.0, 1 x USB 3.1 Type C port(s), 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1), 1 x HDMI
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp7.249.000

2. ASUS ZenBook 13 UX333FN

Sumber: Asus.com

Dimensi layar kecil dengan daya tahan baterai mencapai belasan jam!

ASUS ZenBook 13 memiliki bentang layar 13,3 inci yang memungkinkan penggunaan di luar rumah setiap hari. Dibalik dimensi layar yang kecil, laptop ini memiliki ketahanan baterai impresif hingga 14 jam. Bila tertarik membeli laptop ini, ASUS menghadirkan 3 pilihan warna elegan, yaitu royal blue, rose gold, dan icicle silver.

SeriZenBook
Bobot1,19 kg
Dimensi (w x d x h)30,2 x 18,9 x 1,69 cm
Ukuran layar13,3 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i7-8565U
Memori16GB 2133MHz LPDDR3 onboard
Kapasitas storage512GB PCIe® 3.0 x2 SSD
Interface1 x USB 3.1 Gen 2 Type-C™ (up to 10 Gbps), 1 x USB 3.1 Type-A (up to 10 Gbps), 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x HDMI, 1 x MicroSD card reader
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp17.499.000

3. ASUS VivoBook S14 S433FL

Sumber: Asus.com

Tepian diamond cut dan finishing bertekstur untuk tampilan lebih bergaya

Ingin memakai laptop ASUS bergaya mewah? VivoBook S14 merupakan pilihan tepat berkat desain diamond cut di tepian bodinya. Sewaktu membuka laptop, Anda akan melihat tombol Enter yang standout dikelilingi aksen warna neon. Belum berhenti, ASUS turut menerapkan finishing bertekstur yang membuat tampilannya lebih stylish.

SeriVivoBook
Bobot1,4 kg
Dimensi (w x d x h)32,49 x 21,35 x 1,59 cm
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i5-10210U
Memori8GB 2666MHz DDR4
Kapasitas storage512GB PCIe SSD
Interface1 x USB 3.2 Gen 1 Type-C™, 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2 x USB 2.0, 1 x HDMI, 1 x Audio combo jack, 1 x MicroSD card reader, 1 x DC-in
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp13.499.000

4. ASUS Chromebook C214MA

Sumber: Asus.com

Laptop plus tablet yang cocok untuk kegiatan belajar siswa sekolah

ASUS Chromebook C214MA menyasar penggunaan gadget ringan seperti kegiatan edukasi. Desain sederhana dilengkapi engsel putar 360° memungkinkan proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu, laptop 2 in 1 ini dilengkapi dengan stylus pen untuk memenuhi kebutuhan kreatif siswa. Terdapat pula bumper karet sebagai pelindung laptop saat terkena tumpahan air.

SeriChromebook
Bobot1,2 kg
Dimensi (w x d x h)29,2 x 19,9 x 1,59 – 2,01 cm
Ukuran layar11,6 inci
Resolusi layarHD+ (1366 x 768)
ProsesorIntel® Celeron® Dual-Core N4000 Processor 1.1 GHz (4 M Cache, up to 2.6 GHz)
Memori4 GB Onboard memory
Kapasitas storageeMMC 32GB
Interface1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 2 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support, 1 x Volume up/down, 1 x micro SD card
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp5.299.000

5. ASUS ROG Zephyrus M GU502GU-I7661T

Sumber: Blibli.com

Performa gaming juara dengan model lebih ramping

Bagi Anda penggemar aktivitas gaming dengan suara nyaring dan jernih, ASUS membenamkan ESS Sabre HiFi DAC bersertifikasi Hi-Res Audio untuk menunjang kualitas audio pada laptop ini. Selain itu, laptop ini menawarkan keunggulan refresh rate hingga 144 Hz, serta response time mencapai 3 ms yang menjamin tidak adanya ghosting dan tearing pada layar.

SeriROG
Bobot1,91 kg
Dimensi (w x d x h)36 x 27,5 x 2,6 cm
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i7-9750H 2.6GHz up to 4.5GHz
MemoriDDR4 8GB 2666MHz SDRAM
Kapasitas storage512GB SSD NVME PCIe®
Interface1 x USB 3.2 Gen 2 Type C DisplayPort™ 1.4 and Power Delivery ,1 x USB 3.2 Gen 2 Type A, 2 x USB 3.2 Gen 1 Type A, 1 x HDMI 2.0b, 1 x 3.5 mm Audio Jack, 1 x Audio Jack Mic-in, 1 x RJ45, 1 x Kensington Lock
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp22.799.000

6. ASUS ZenBook 14 UM431DA

Sumber: Asus.com

Serba bisa untuk menunjang produktivitas di mana pun dan kapan pun

Produk ini merupakan versi lebih tinggi dari ZenBook 13 dengan prosesor AMD Ryzen untuk mengimbangi produktivitas Anda. Selain itu, pada bagian audio tertanam speaker menghadap atas yang tersertifikasi Harman Kardon sehingga suara yang dihasilkan pun lebih jelas, jernih, dan bulat.

SeriZenBook
Bobot1,39 kg
Dimensi (w x d x h)32,4 x 21,2 x 1,59 cm
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorAMD Ryzen™ 5 3500U
Memori8GB 2400MHz DDR4
Kapasitas storage512GB PCIe® x2 SSD
Interface1 x USB 3.1 Gen, 1 Type-C™ (up to 5Gbps), 1 x USB 3.1 Gen, 1 Type-A (up to 5Gbps), 1 x USB 2.0, 1 x Standard HDMI, 1 x SD card reader, 1 x Audio combo jack, 1 x DC-in
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp9.699.000

7. ASUS ExpertBook B9450FA

Sumber: Asus.com

Laptop bisnis dengan fitur keamanan data tingkat tinggi

Waktu adalah segalanya bagi pebisnis sehingga device yang digunakan harus menunjang kecepatan dan efisiensi. ASUS ExpertBook B9 ditenagai prosesor i7 untuk mengakomodir segala kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, terdapat fitur keamanan tingkat perusahaan yang mampu melindungi data dan privasi Anda, seperti webcam shield dan IR camera. Denga laptop ini, Anda dapat mengintegrasikan laptop dan smartphone melalui fitur MyASUS.

SeriExpertBook
Bobot0,995 kg
Dimensi (w x d x h)32 x 20,3 x 1,49 cm
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i7-10510
Memori16GB 2133MHz LDDR3 onboard (dual channel support)
Kapasitas storage1TB PCIe® Gen3 x4 SSD
Interface2 x Thunderbolt™ 3 USB-C™ (up to 40Gbps, DisplayPort and power delivery support), 1 x USB 3.1 Gen 2 Type-A, 1 x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1 x Kensington® lock slot, 1 x Audio combo jack
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp29.999.000

8. ASUS TUF A15 FX506IV

Durabilitas tinggi yang diuji dengan standar militer!

Laptop ini bisa menjadi pilihan jika Anda tengah mencari laptop gaming yang kuat dan tahan banting. Terdapat 2 pilihan sasis yang sama-sama tangguh, yakni fortress grey dan bonfire black. Durabilitas produk ini telah melalui uji MIL-STD-810H, menjadikannya lebih tahan terhadap benturan, guncangan, dan suhu ekstrem.

SeriTUF
Bobot2,3 kg
Dimensi (w x d x h)35,9 x 25,6 x 2,49 cm
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorAMD® Ryzen™ 7 4800H
Memori8 GB DDR4 3200MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket for expansion, total up to 32 GB SDRAM, Dual-channel
Kapasitas storage512 M.2 NVMe PCIe SSD
Interface1 x COMBO audio jack, 2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1), 1 x Type-C USB 3.2 (Gen 2) with display supportDP1.4, 1 x Type-A USB2.0, 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, HDMI support 2.0b, 1 x AC adapter plug
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp20.290.000

9. ASUS ZenBook 14 UX433FN

Sumber: Asus.com

Portabel untuk kebutuhan kreatif Anda di segala lokasi

Zenbook 14 UX433FN memiliki bodi 13% lebih ramping dari versi terdahulu dengan layar NanoEdge di empat sisinya. Berkat rancangannya tersebut, laptop ini dikategorikan sebagai salah satu laptop 14 inci paling kecil di dunia.

Anda bisa mengharapkan laptop ini untuk kualitas visual terbaik berkat sematan teknologi ASUS Splendid dan ASUS Tru2Live Video-nya. Kedua teknologi tersebut sanggup menunjang kebutuhan Anda untuk urusan produksi konten.

SeriZenBook
Bobot1,19 kg
Dimensi (w x d x h)31,9 x 19,9 x 1,59 cm
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i7-8565U
Memori16GB 2133MHz LPDDR3 onboard
Kapasitas storage512GB PCIe® 3.0 x2 SSD
Interface1 x USB 3.1 Gen 2 Type-C™ (up to 10Gbps), 1 x USB 3.1 Type-A (up to 10Gbps), 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x HDMI, 1 x MicroSD card reader
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp17.499.000

10. ASUS VivoBook S14 S430UA

Sumber: Asus.com

Bodi berwarna ekspresif yang memanjakan mata

Laptop ini menyediakan empat pilihan warna ekspresif yang bisa disesuaikan dengan kepribadian Anda. Di samping colorful, VivoBook S14 S430UA juga telah dibekali NanoEdge tiga sisi yang inovatif, touchpad bertekstur, dan engsel ErgoLift.

Bentuk super tipis dan bobot ringan memberikan sifat laptop yang ultraportable. Bagi Anda yang tak ingin dibebani laptop saat bepergian, VivoBook S14 S430UA layak dimasukkan ke dalam daftar pilihan!

SeriVivoBook
Bobot1,4 kg
Dimensi (w x d x h)32,34 x 22,55 x 1,8 cm
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
ProsesorIntel® Core™ i3-8130U
Memori4GB 2400MHz DDR4
Kapasitas storageSATA 1TB 5400RPM 2.5′ HDD + Intel® Optane™ 16GB M.2
Interface1 x Type-C™ USB 3.1 Gen 1, 1 x Type-A USB 3.1 Gen 1, 2 x USB 2.0, 1 x HDMI, 1 x Combo audio jack, 1 x MicroSD card reader
ErgoLift
NumberPad
Kisaran hargaRp6.999.000

Kesimpulan

Untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas kuliah, atau PR sekolah optimal didukung oleh laptop ASUS. Dari penggunaan ringan sampai berat, termasuk gaming dan aktivitas hiburan lain, ASUS menyediakan pilihan laptop dengan spesialisasinya masing-masing.

Anda mungkin akan memperoleh gambaran performa hanya dengan mengecek spesifikasi laptop. Namun, agar lebih yakin lagi, kami menyarankan Anda menonton review banyak pengguna di YouTube atau blog pribadi. Semoga Anda berhasil menemukan laptop ASUS terbaik sesuai kebutuhan!

(Visited 303 times, 1 visits today)