Written by 10:58 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Mesin Jahit Portable Terbaik yang Terbukti Awet

FHSM 505A TIVAX Mesin Jahit 10 Pola Lubang Kancing Otomatis

Mesin jahit portable mempunyai ukuran lebih ringkas dibandingkan mesin jahit biasa. Itulah mengapa mesin jahit ini lebih mudah untuk disimpan ataupun dipindahkan. Bagi Anda yang pemula, memilih mesin jahit portable dapat menjadi langkah tepat karena tergolong awet dan kemudahan yang ditawarkan olehnya.

Layaknya mesin jahit berukuran besar, mesin jahit portable juga dirancang untuk kebutuhan menjahit pakaian ataupun beragam desain baju lainnya. Setiap produsen, seperti Butterfly, Singer, Brother, dan Janome, mengeluarkan mesin jahit portable terbaik dengan jenis dan fitur yang berbeda-beda. Pastikan Anda memilih produk yang tepat dengan kebutuhan!

10 Rekomendasi Mesin Jahit Portable Terbaik

Didesain dengan ukuran lebih kecil, pengoperasian mesin jahit portable juga lebih mudah dibandingkan mesin jahit manual (kayuh). Terdapat fitur-fitur pada mesin jahit ini yang semakin membantu proses menjahit lebih efisien, seperti membuat jahitan zig-zag, melubangi kancing, menjahit semi obras, dan membuat bordir manual. Manakah yang Anda butuhkan? Berikut kami rekomendasikan mesin jahit portable terbaik yang dapat Anda tentukan sesuai kebutuhan!

1. Janome PLT-3312

Janome PLT 3312

Kisaran harga: Rp1.590.000

Dilengkapi bulb light (bohlam) yang tertanam langsung alias built-in

Mesin jahit Janome memungkinkan Anda membuat lebih banyak pola jahitan. Disebutkan bahwa produk ini memiliki 12 fungsi jahitan dan 1 fungsi lubang kancing. Ketika ingin membuat lubang kancing, Janome PLT-3312 hanya perlu melakukan 4 tahapan. Sangat mudah, bukan?

Selain itu, pedal dengan sistem presser foot snap-on yang disertakan bukan hanya mudah digunakan, tetapi juga bisa diganti untuk berbagai variasi jahitan, misalnya untuk semi obras, semi neci, bordir, quilting, dan lain sebagainya. Mesin jahit portable dengan sistem spool atau bobbins bawah yang dilengkapi pemutus benang ini termasuk low watt karena hanya memerlukan konsumsi daya 85 watt.

2. ZZONE Handy Stitch Mesin Jahit Mini Portable

ZZONE Handy Stitch Mesin Jahit Mini Portable

Kisaran harga: Rp62.000

Kecil dan unik, cocok dijadikan suvenir ataupun hadiah!

Baju atau celana robek Anda kini tidak perlu dibawa ke tukang jahit atau tukang permak untuk diperbaiki. Cukup membeli ZZONE Handy Stitch, mesin jahit portable berukuran mini ini dapat membantu Anda memperbaiki pakaian yang robek tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk servis di luar. Berdimensi 8 x 20 x 4 cm, produk ini mudah disimpan, dibawa, ataupun digenggam.

Meski kecil, mesin jahit yang berbentuk seperti stapler ini begitu praktis digunakan. Pengoperasiannya memerlukan tenaga listrik yang beroleh daya dari 4 buah baterai di dalamnya. Dengan 2 extra needes, 3 extra bobbins, needle threader, dan free spindle, produk ini semakin mempermudah Anda dalam memperbaiki baju, celana, atau bahkan kemeja yang robek.

3. FHSM 505A TIVAX Mesin Jahit 10 Pola/Lubang Kancing Otomatis

FHSM 505A TIVAX Mesin Jahit 10 Pola Lubang Kancing Otomatis

Kisaran harga: Rp505.000

Bisa untuk menjahit maju dan mundur. Menarik!

Tidak akan membebani Anda setiap kali ingin memindahkan atau membawa mesin jahit portable ini bepergian, paling perlu sedikit upaya saja. Dirancang dengan kerangka bodi berbahan plastik, bobotnya pun sangat ringan. Sementara komponen inti terbuat dari besi yang solid sehingga ketahanannya pun terjamin. Untuk pengoperasiannya, diperlukan baterai AA atau adaptor DC dengan tegangan 6V.

Produk ini dapat diandalkan untuk menjahit bentuk lurus, zig-zag, atau blind hem stitch. Memiliki fungsi 10 pola jahitan, mesin jahit dengan 2 benang ini akan membantu Anda menciptakan beragam busana indah. Dengan pedal kaki yang didesain nyaman, kaki Anda lebih betah setiap kali menginjaknya. Selain itu, produk ini juga dilengkapi lampu LED, penggulung sepul otomatis, serta 2 pengaturan kecepatan menjahit (low dan high).

4. Butterfly JHQ 3010

Butterfly JHQ 3010

Kisaran harga: Rp1.100.000

Ringkas dan hemat listrik

Butterfly JHQ 3010 adalah salah satu mesin jahit portable yang hemat listrik. Hanya memangkas daya 75 watt, Anda bisa hemat energi! Selain itu, produk yang bagus ini sudah dibekali kemampuan menjahit 10 jenis jahitan, termasuk semi obras. Jadi, apabila Anda membutuhkan mesin jahit portable yang bisa obras, produk ini patut dipertimbangkan.

Dengan pengendali kecepatan melalui pedal atau foot controller, Anda bisa mendapatkan hasil jahitan yang lebih rapi atau mempercepat proses menjahit. Berkat adanya lampu LED, Anda pun terbantu dalam melihat jalur jahitan untuk hasil lebih rapi. Produk ini didesain dengan ukuran mungil dan kompak sehingga ringan serta praktis untuk disimpan ataupun dipindahkan.

5. NL NP-7A Bag Closer Mesin Jahit Karung Beras Portable

NL NP 7A Bag Closer Mesin Jahit Karung Beras Portable

Kisaran harga: Rp980.000

Kecepatan motor 10.500 – 11.500 rpm, silakan atur sendiri!

Kami sengaja memasukkan mesin jahit ini ke dalam daftar rekomendasi, barangkali sebagian dari Anda membutuhkannya? Sesuai nama yang tertera, ini adalah mesin jahit untuk menjahit karung. Selain karung beras, Anda dapat menjahit dan menyegel karung goni, karung limbah, karung plastik, atau karung rumah tangga lainnya.

Hanya memakai 1 jarum dan 1 benang atau single stitch dan single needle, mesin jahit ini sangat mudah digunakan. Didesain dengan material yang kukuh dan dilengkapi sistem pelumas otomatis, putaran motor dipastikan lancar tanpa kendala. Selain itu, mesin jahit ini disertai fitur high speed bag closer yang akan mempersingkat pekerjaan Anda.

6. SINGER 1306 Start

SINGER 1306 Start

Kisaran harga: Rp1.600.000

Cukup menggunakan daya listrik sebesar 75 watt. Sangat hemat!

Produk dari SINGER cukup terkenal di dunia. Salah satu mesin jahit portable yang terbilang laris di pasaran adalah SINGER 1306 seri Start. Mesin jahit ini dapat dibeli oleh Anda untuk kebutuhan menjahit biasa atau membuka usaha tailor kecil-kecilan di rumah. SINGER membekali produk ini dengan 9 pilihan jahitan menggunakan 6 pola.

Ukuran fisik yang kecil memungkinkannya dipindah-pindahkan posisinya. Luar biasanya lagi, mesin jahit ini memiliki mesin dengan intensitas suara yang halus alias tidak berisik saat bekerja. Adanya tombol pengatur pola jahitan, pengatur tekanan benang, dan penyetel jahitan mundur, membuat mesin jahit ini semakin optimal dalam mempercepat proses kerja Anda!

7. Brother JV 1400

Brother JV 1400

Kisaran harga: Rp1.360.000

Mesin berkecepatan hingga 800 spm, pemotong benang manual, dan daya listrik 51 watt. Kurang apalagi?

Apabila Anda memperhatikan desain ketika mencari mesin jahit portable, kami sarankan Anda Brother JV 1400. Mengombinasikan warna putih dan merah muda, produk ini akan membuat Anda senang sekaligus mempercantik tampilan meja Anda. Selain berdesain cantik nan feminin, mesin jahit dengan getaran dan mesin halus ini juga termasuk tangguh untuk berbagai proyek menjahit Anda.

Brother JV 1400 mampu menjahit bagian-bagian sempit pada pakaian, seperti lengan baju, kerah, dan bagian lainnya berkat fitur Free Arm Sewing-nya.  Saat membeli, Anda akan mendapatkan panduan pengoperasian serta Booklet Project Sewing (DIY Project) sehingga Anda bisa memanfaatkan mesin jahit ini untuk berkreasi.

8. Spring Come Mesin Jahit Tangan Mini Portable Strapless

Spring Come Mesin Jahit Tangan Mini Portable Strapless

Kisaran harga: Rp35.000

Mudah digunakan dan tidak menggunakan tenaga listrik atau baterai. Cocok dijadikan suvenir!

Spring Come merumuskan mesin jahit portable yang bukan hanya berukuran mini, tetapi dibentuk menyerupai stapler. Terbuat dari bahan bermutu serta didesain praktis dan ergonomis, tidak perlu keahlian khusus untuk bisa menggunakannya. Anda hanya perlu menekan layaknya menyetapler kertas dan jahitan akan tercipta dengan struktur kuat dan rapi.

Tentu saja, mesin jahit ini hanya diperuntukkan bagi kebutuhan ringan, seperti menambal pakaian robek, mejahit retsleting, dan sebagainya. Berukuran 2,5 x 10,5 x 6,5 cm dengan berat 120 gram, rasanya tidak ada masalah meskipun Anda membawa mesin jahit ini ke mana-mana.

9. Messina Paris P5721

Messina Paris P5721

Kisaran harga: Rp1.750.000

Dengan 21 variasi pola jahitan dan pelubang kancing 1 langkah

Mesin jahit Messna Paris P5721 diciptakan untuk berbagai kalangan, terutama buat pemula. Baik ibu rumah tangga, siswi SMK jurusan tata busana, atau siapa pun bisa belajar menjahit dengan mesin jahit ini. Fitur-fitur yang dihadirkan memudahkan pengguna dalam menghasilkan berbagai macam pakaian.

Didukung pula dngan 21 pola jahitan dasar dan dekoratif, produk ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang baru belajar menjahit alias pemula hingga level mahir tanpa harus membeli mesin jahit baru. Selain dilengkapi sistem Free Arm Sewing untuk menjahit bagain yang sulit dan melingkar, produk ini dapat juga menjahit bahan tipis, tebal, atau bahkan berlapis.

10. Riccar 320 Mesin Jahit Obras Neci Portable

Riccar 320 Mesin Jahit Obras Neci Portable

Kisaran harga: Rp2.050.000

Mempunyai 2, 3, atau 4 benag dengan 2 jarum untuk kebutuhan obras atau neci

Dari namanya, Anda tentu bisa menebak bahwa mesin jahit ini bukan hanya dibekali kemampuan menjahit biasa, tetapi juga mampu membuat obras atau membuat neci. Apabila Anda ingin mengikuti kursus menjahit hinga bisa membuka usaha tailor di rumah, produk ini akan menemani perjalanan Anda dari level pemula hingga profesional!

Walaupun mini dan bersifat portabel, Riccar 320 telah digunakan oleh banyak butik ataupun home industry sebagai alat produksi andalan karena dapat menghasilkan jahitan berkualitas tinggi. Untuk membuat obras, hasilnya akan rapi. Sementara untuk neci akan tercipta hasil bulat pipih. Mesin bersuara halus dari mesin jahit ini akan memberi kenyamanan Anda selama proses menjahit.

Kesimpulan

Mesin jahit portable akan sangat membantu kegiatan menjahit untuk skala rumah tangga ataupun industri kecil. Walaupun kebanyakan mesin jahit dilengkapi fitur membuat banyak pola jahitan, mulai dari 7, 8, 10, bahkan belasan, tetap saja mesin jahit portable tidaklah sebaik mesin jahit biasa dari segi durability.  Karena umumnya terbuat dari kombinasi plastik dan besi, maka mesin jahit portable akan rentan rusak ketika terkena benturan.

Jadinya, harap diperhatikan agar Anda berhati-hati setiap kali memakainya, terlebih ketika ingin memindahkan atau menyimpannya. Kemudian, untuk menjahit beberapa jenis kain dengan karakteristik dan tekstur tertentu, seperti kain yang bersifat stretchy atau melar, terkadang tidak dimampukan oleh mesin jahit portable. Tetapi, bila untuk aktivitas menjahit biasa, mesin jahit portable sudah lebih dari cukup.

(Visited 43 times, 1 visits today)