Written by 00:02 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Mesin Jahit Terbaik yang Bagus untuk Rumah Tangga

Jack A4 Mesin Jahit Otomatis

Mesin jahit dapat membuat bermacam jenis pakaian. Selain dipakai oleh profesional, para pemula juga dapat memiliki mesin jahit sendiri. Saat ini telah banyak diproduksi mesin jahit dengan fitur-fitur yang begitu memudahkan. Misalnya saja, fitur pengoperasian dengan komputer yang dapat mengatur gerak naik turun jarum, ketegangan jarum, dan memberikan pemberitahuan ketika terdapat kesalahan dalam pengoperasiannya.

Fitur lain seperti bordir dan membuat jahitan lurus juga memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin membeli mesin jahit untuk kebutuhan sendiri atau industri pakaian skala rumah tangga. Berbagai ukuran mesin jahit dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan, mulai dari full size hingga compact size yang portable dan mudah dibawa kemana-mana.

10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik di Indonesia

Saat memilih mesin jahit, Anda perlu memperhatikan fitur utama dari produk, apakah dioperasikan dengan komputer yang memudahkan atau memakai sistem elektronik untuk menaikturunkan jarum secara elektrik. Banyaknya pola jahitan yang mampu dibuat oleh mesin jahit juga perlu menjadi pertimbangan. Utamakan membeli mesin jahit yang dapat menghasilkan pola lurus dan zig-zag karena 2 jenis jahitan ini paling esensial dalam sebuah mesin jahit.

Selain itu, aksesori dan kaki atau sepatu pada mesin jahit Anda juga harus dipilih berdasarkan bentuknya, seperti walking foot, buttonhole foot, gathering foot, zipper foot, dan binding foot. Kemudian, fitur tambahan seperti lampu, knee filter, free arm sewing, dan pemotong serta pemintal benang juga termasuk aspek spesial yang setidaknya dimiliki oleh mesin jahit pilihan Anda.

Terakhir, performa menjahit berbagai jenis kain, seperti katun, kanvas, bahan kulit, dan fleece juga menjadi elemen lain yang akan memberikan akses lebih ketika Anda menjahit. Sesudah memahami secara singkat bagaimana memilih mesin jahit, di bawah ini kami telah kumpulkan sepuluh mesin jahit terbaik dari beragam merek. Mulai dari Butterfly, Janome, Messina, Riccar, dan Singer hingga Brother akan Anda temukan dalam daftar berikut!

1. Butterfly GN1/GN-1 Obras Benang 3

Butterfly GN1 Obras Benang 3

Kisaran harga: Rp750.000

Bisa untuk obras dan neci dengan hasil rapi

Jika Anda mencari mesin jahit untuk kebutuhan bisnis, pastikan membeli produk dengan fitur yang lebih lengkap. Butterfly GN1 dilengkapi fitur obras yang akan membuat tepi pakaian buatan Anda tidak berserabut. Jadi, cukup menyediakan satu alat ini, Anda tidak perlu melakukan obras secara terpisah di tukang mesin jahit yang memiliki mesin obras.

Dalam mengobras pun akan berlangsung cepat dengan hasil jahitan yang rapi berkat pola yang terbentuk dari 3 benang serta kecepatan mesin mencapai 2000 spm. Selain untuk obras, mesin jahit ini juga dapat digunakan untuk membuat jahitan tepi tatau neci.

2. Singer 4423 Heavy Duty Portable

Singer 4423 Heavy Duty Portable

Kisaran harga: Rp2.990.000

Memiliki tombol pengatur pola, pengatur posisi jarum, dan melakukan jahitan mundur

Singer 4423 memiliki material bodi dan kerangka yang kukuh karena menggabungkan material metal dan besi stainless steel. Digolongkan sebagai mesin jahit heavy duty, produk ini memiliki ketangguhan dalam menjahit bahan denim yang tebal. Meski demikian, untuk menjahit bahan berjenis kanvas pun juga bisa.

Mesin ini dapat dikontrol dengan mudah berkat aplikasi Singer Sewing Assistant App-nya. Selain itu, Singer tidak hanya menyajikan 23 pola jahitan dalam mesin ini, tetapi juga mampu membuat lubang kancing hanya dengan satu langkah. Dilengkapi bobbin drop in top-nya, Anda bisa memeriksa persediaan benang lebih mudah karena penutupnya transparan.

3. Jack A4 Mesin Jahit Otomatis

Jack A4 Mesin Jahit Otomatis

Kisaran harga: Rp6.572.500

Dilengkapi lampu LED untuk membuat penglihatan lebih fokus

Mesin jahit ini mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga lebih cocok untuk kebutuhan industri kelas kecil hingga menengah. Pada Jack A4, terdapat 1 jumlah jarum dan 2 jumlah benang. Ketika digunakan, mesin ini akan menghasilkan berbagai pola jahitan dengan panjang 5 mm.

Anda dapat membuat bermacam pakaian lebih cepat karena Jack A4 dibekali tenaga motor berkecepatan 5000 rpm. Luar biasanya lagi, mesin jahit ini dilengkapi fitur pengatur kecepatan (speed) mesin melalui tombol yang tertera di badannya. Produk ini dilengkapi berbagai fitur otomatis, seperti potong benang dan pengangkat sepatu.

4. Riccar 320 Mesin Jahit Obras Neci Portable

Riccar 320 Mesin Jahit Obras Neci Portable 1

Kisaran harga: Rp2.250.000

Dilengkapi free arm portable yang dapat mengobras bagian sudut sempit

Riccar 320 dapat dijadikan opsi oleh Anda yang mencari mesin jahit dengan tambahan fitur obras dan neci. Produk ini menawarkan kemudahan sehingga cocok dipakai oleh pemula sekalipun. Memiliki 2 jarum, produk ini dapat membuat hasil neci bulat pipih dengan 3 benang dan menciptakan obrasan yang rapi dan berkualitas menggunakan 4 benang.

Menjahit dengan alat ini bukan hanya mudah, tetapi juga nyaman karena getaran mesinnya yang rendah. Untuk dipakai lama pun tidak menjadi kekhawatiran karena mesin jahit yang dapat menjahit 1300 jahitan per menit ini hanya membutuhkan 65 watt sehingga tergolong low watt. Built-in dengan LED light, aktivitas menjahit Anda bisa lebih jelas untuk bagian yang rumit.

5. Messina Paris P5721

Messina Paris P5721 1

Kisaran harga: Rp1.650.000

Mesin jahit dengan konsumsi daya 85 watt. Hemat listrik!

Mencari mesin jahit yang dapat menghasilkan banyak pola jahitan? Produk satu ini dapat menjadi opsi lain untuk Anda. Dengan harga terjangkau, Messina Paris P5721 mampu menciptakan 21 jenis atau pola jahitan. Bagian kerah, lengan, atau sulit lainnya pada pakaian bisa dijahit dengan mudah berkat fitur free arm portable yang disematkan.

Messina Paris P5721 adalah mesin jahit portable multifungsi yang terbilang tangguh. Bagaimana tidak, produk ini mampu menjahit bahan tebal seperti Levis 3 lapis. Untuk menjahit bahan spandek dengan detail dan kerapian tinggi sekalipun juga bisa. Pada bahan yang tipis, mesin jahit ini tidak akan membuat kerutan sehingga hasil pakaian terjamin bagus.

6. Janome 419S

Janome 419S

Kisaran harga: Rp2.649.000

Dilengkapi starter kit dan hardcover untuk menutup mesin agar tidak berdebu

Mesin jahit persembahan Janome dapat digunakan oleh penjahit yang telah mahir atau pemula sekalipun. Dirancang secara portabel, bahkan penggunaannya tetap optimal meski tidak memakai meja dan kaki. Ketika membeli, terdapat starter kit berisikan 1 botol minyak pelumas 80 ml, 10 pcs jarum kaos, 70 pcs jarum jahit, gunting kain, gunting benang, 1 kotak jarum pentol, rader, jarum kembar ukuran 2 mm, dan masih banyak lagi.

Janome 419S dirancang dengan ukuran ringkas sehingga mudah dipindahkan. Menggunakan motor semi heavy duty, ketahanannya semakin lama untuk menciptakan berbagai jenis pakaian melalui 21 pola jahitan dan 1 fungsi pelubang kancingnya. Selain itu, produk ini juga dilengkapi auto needle threader sehingga Anda dapat memasukkan benang ke jarum secara otomatis.

7. Butterfly JH 8530A

Butterfly JH 8530A

Kisaran harga: Rp1.679.000

Nilai lebih yang terletak pada alat pemasang benang otomatis

Dengan harga yang tergolong murah, mesin jahit ini menawarkan 23 pola jahitan yang variatif. Anda bisa menggunakan satu produk untuk merancang berbagai model pakaian dengan bermacam jahitan, mulai jahit lurus, semi obras atau neci, membuat lubang kancing, membordir bulan sabit, dan membordir bentuk jajaran genjang.

Dirancang dengan bentuk portable, produk berdimensi 45 x 25 x 37 cm ini mudah disimpan tanpa memakan banyak tempat. Bobotnya yang hanya 7 kg membuat mesin jahit ini ringan dibawa kemana-mana. Tenang saja, produk ini hanya memerlukan daya 85 watt agar bisa nyala, termasuk menyalakan indikator lampu agar memberi penerangan khusus.

8. Brother GS 2700

Brother GS 2700

Kisaran harga: Rp2.390.000

Daya listriknya hanya 51 watt. Biaya listrik takkan membengkak!

Foot controller atau pedal dari mesin jahit ini dibuat nyaman meski Anda menjahit dalam waktu lama. Sewaktu pembelian, Brother menyertakan DVD yang berisikan instruksi lengkap terkait pemakaian alat sehingga produk ini tidak menyebabkan kebingungan meski dipakai oleh penjahit pemula sekalipun.

Memasukkan benang ke jarum juga dibuat mudah berkat fitur auto needle threader yang dibenamkan. Free arm sewing pada mesin ini akan memudahkan Anda tatkala memasukkan benang ke jarum. Menjahit dengan alat ini juga memberi kenyamanan karena tidak menimbulkan suara dan getaran yang mengganggu.

9. Janome CT 2480 LX

Janome CT 2480 LX

Kisaran harga: Rp3.750.000

Mumpuni dalam menjahit pakaian berbahan tipis dan tebal sekalipun

Janome CT 2480 LX adalah mesin jahit dengan 25 pola jahitan, 1 langkah untuk melubangi kancing, dan pemasuk benang otomatis (auto needle threader). Bermacam jenis bahan, entah itu tipis ataupun tebal, semua bisa dijahit sempurna oleh mesin jahit yang tangguh ini.

Janome merancang produk ini dengan kerangka berbahan aluminium sehingga mampu melindungi mesin dengan optimal serta membuat usia mesin jahit secara keseluruhan lebih kuat dan tahan lama. Untuk Anda yang hobi dibidang crafting ataupun fashion, produk ini tentu sangat pas untuk mengakomodir berbagai keperluan Anda.

10. Juki HZL G-110

Juki HZL G 110

Kisaran harga: Rp6.250.000

Ingin menjahit bahan tebal seperti denim yang berlapis? Bisa kok!

Opsi terakhir kami pilihkan dari Juki dalam seri HZL G-110. Mesin jahit ini dioperasikan dengan komputer untuk mempermudah pekerjaan menjahit Anda. Dirancang khusus dengan banyak kelebihan membuat hasil jahitan berkualitas industri. Dengan mesin yang tangguh serta tidak banyak menimbulkan getaran pada meja, proses menjahit berlangsung nyaman.

Tidak tanggung-tanggung, Juki HZL G-110 dibekali kemampuan untuk membuat 110 pola jahitan built-in. Menariknya lagi, mesin jahit ini memiliki 1 font bordir huruf dan angka. 8 model pelubang kancing juga meningkatkan hasil produksi yang semakin variatif.

Baca juga rekomendasi mesin jahit portable terbaik lainnya!

Selain berukuran full-size, banyak pula mesin jahit berskala rumah tangga yang dirancang dalam bentuk portable. Apabila Anda tidak memiliki meja jahit khusus, Anda bisa membeli mesin jahit portable karena kemudahannya untuk disimpan saat tidak digunakan.

Selain berbentuk seperti mesin jahit pada umumnya, ada pula mesin jahit jenis portable yang dihadirkan dalam bentuk menyerupai stapler sehingga mudah dibawa bepergian. Penasaran dengan kualitas mesin jahit portable dan mini ini? Anda bisa lihat lebih lanjut dalam artikel berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah dari kesepuluh produk tersebut Anda telah mendapatkan salah satu mesin jahit terbaik yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. Semisal tujuan Anda membeli bukan untuk bisnis, lebih baik memilih produk portabel dengan ukuran ringkas meski tidak dilengkapi banyak fitur.

Akan tetapi, bila Anda berencana membuat usaha butik kecil-kecilan di rumah, seperti menjual atau menyewa kebaya dan jenis pakaian lain, Anda bisa memilih mesin jahit yang memiliki fitur lebih lengkap. Saat memilih, periksalah ketersediaan suku cadang dari mesin jahit pilihan Anda. Utamakan membeli produk dari brand terkenal agar suku cadangnya lebih mudah ditemukan ketika Anda harus melakukan reparasi.

(Visited 32 times, 1 visits today)