Gaya & Penampilan

10 Rekomendasi Parfum Aroma Vanilla Terbaik

Vanila memiliki aroma yang manis dan menggugah selera, sehingga sering digunakan untuk penambah aroma pada parfum. Karena wanginya yang menyegarkan dan menenangkan, banyak orang menyukai parfum aroma vanila, baik wanita maupun pria. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Banyak merek parfum aroma vanila yang terdapat di pasaran, seperti The Body Shop, Carl & Claire, Zara, atau Dior. Brand-brand tersebut menawarkan aroma vanila mulai dari pure vanila hingga perpaduan dengan aroma lainnya yang menghasilkan aroma baru yang sensasional. Namun, manakah yang paling sesuai dengan kepribadian Anda?

Keistimewaan Parfum Aroma Vanilla

Dengan keharuman lembut dan hangat, parfum beraroma vanila dapat memberikan kenyamanan, ketenangan, serta meningkatkan mood. Perasaan saat menghirup parfum aroma vanila sama menyenangkannya seperti menghirup aroma kue yang sedang dipanggang.

Siapa pun cocok memakai parfum ini, baik wanita atau pria, tua atau muda, karena parfum aroma vanila memiliki karakter wewangian yang bersahaja. Keistimewaan lain dari parfum aroma vanila adalah wanginya yang tahan lama berkat vanillin yang bekerja menahan wangi vanila lebih lama dalam indra penciuman kita.

Aroma vanila pun mudah dikenali dan mempunyai sensasi tersendiri. Nah, jika Anda tertarik membeli sebuah parfum dengan aroma vanila, kami akan rekomendasikan produknya pada artikel ini. Namun, simak dulu cara memilih parfum aroma vanila pada bagian selanjutnya.

Cara Memilih Parfum Aroma Vanilla

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan parfum aroma vanila, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Pahami terlebih dahulu jenis parfum dan karakter aromanya, serta faktor lainnya. Untuk itu, mari simak penjabaran cara memilih parfum aroma vanila di bawah ini.

Pilih Berdasarkan Jenisnya: Eau de Parfum, Eau de Toilette, atau Eau de Cologne?

blank

Produk wewangian terdiri dari beberapa jenis. Tiga di antaranya adalah Eau de Parfum, Eau de Toilette, atau Eau de Cologne. Apa yang membedakan jenis wewangian tersebut? Kami akan menjelaskannya satu per satu.

Eau de Parfum 

Jenis wewangian ini mengandung minyak parfum sebesar 15 – 20% dan alkohol, dengan aroma yang kuat meski tidak sekuat parfum. EDP merupakan jenis parfum yang cukup mahal dan dikemas dalam botol kecil, cocok untuk dipakai di siang hari dengan ketahanan wangi sekitar 4 – 8 jam.

Eau de Toilette

Wewangian ini menawarkan aroma yang cenderung ringan, memiliki kandungan minyak parfum sekitar 5 – 15% dan alkohol, serta dijual dengan harga relatif murah. EDT dapat bertahan dalam 3 – 4 jam dengan sekali semprotan, dan cocok digunakan untuk malam hari atau saat musim panas.

Eau de Cologne

Wewangian ini memiliki kandungan 2 – 4% minyak parfum dan dijual dengan harga murah. Dengan aromanya yang ringan, cocok digunakan saat cuaca sedang panas atau di luar ruangan dengan level ketahanan hingga 2 jam. EDC tidak cocok untuk kulit sensitif karena mengandung alkohol dengan konsentrasi tinggi.

Kenali Karakter Aroma Parfum Vanilla yang Anda Sukai

blank

Parfum memiliki karakter yang dapat dirasakan melalui komposisi aromanya. Sama seperti komposisi musik yang terdiri dari rangkaian nada-nada indah, parfum terdiri dari komposisi aroma yang terangkai secara harmonis yang disebut dengan note.

Biasanya, ada tiga kategori notes pada sebuah parfum, yaitu top notes, heart notes/middle notes, dan base notes.

  • Top notes adalah aroma yang pertama kali menyapa Anda dan membuat kesan pertama dari sebuah parfum. Biasanya top notes beraroma segar dan tajam, seperti aroma lemon, jahe, atau buah berry. Dengan struktur molekul yang ringan, aromanya tidak bertahan lama di kulit.
  • Heart notes/middle note adalah aroma yang hadir begitu aroma top notes hilang. Aroma yang dihasilkan heart notes cenderung bulat dan menyenangkan, seperti aroma bunga, buah, atau rempah-rempah yang eksotis. Aromanya bertahan lebih lama dari top notes sebelum akhirnya base notes muncul.
  • Base notes adalah aroma penutup dan bertahan paling lama di kulit setelah notes lain memudar. Base notes adalah wewangian yang paling utama dan menjadi identitas sebuah parfum. Minyak pewangi dalam kategori ini cenderung dalam dan kaya, seperti vanila, sandalwood, atau musk.

Wangi vanila dalam parfum tidak hanya beraroma manis, tapi juga ada yang beraroma spicy, fresh, dan fruity. Campuran bahan lain yang terkandung di dalamnya juga ikut menentukan karakteristik aroma parfum tersebut.

Pilih Parfum Berdasarkan Jenis Kelamin

blank

Parfum tidak hanya dipakai oleh wanita, tetapi juga bisa dipakai oleh pria tergantung karakter dari sebuah parfum. Wanita lebih menyukai parfum dengan aroma yang berkesan feminin dengan desain yang elegan dan lembut. Sedangkan pria lebih memilih parfum dengan karakter maskulin dengan desain yang lebih tegas dan gelap.

Beberapa produsen parfum mengeluarkan tipe parfum unis*ks yang dapat digunakan wanita maupun pria. Biasanya parfum unis*ks memiliki keharuman yang netral seperti aroma vanila, jahe, atau jeruk segar. Parfum universal ini dapat Anda pakai bersama pasangan Anda.

Agar Kualitasnya Terjamin, Pastikan Parfum yang Anda Beli Orisinal

blank

Saat membeli parfum, Anda pasti ingin mendapatkan kualitas terbaik yang ditawarkan oleh parfum tersebut. Namun, di pasaran saat ini banyak terdapat parfum tiruan, terutama parfum branded. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati, jangan sampai Anda membeli parfum palsu yang kualitasnya diragukan.

Untuk memastikan parfum yang Anda beli orisinal dan terjamin kualitasnya, maka sebaiknya Anda membeli parfum di butiknya langsung atau dari penjual yang terpercaya. Untuk mengetahui keaslian parfum, Anda perlu mencocokkan barcode yang ada pada kemasan. Terakhir, jangan mudah tergiur oleh penawaran harga yang murah.

10 Rekomendasi Parfum Aroma Vanilla Terbaik

Setelah memahami seluk beluk parfum vanila dan bagaimana cara memilih parfum yang benar, sekarang waktunya Anda memilih produknya. Dari sekian banyak merek parfum, kami telah mengerucutkan pilihan menjadi sepuluh parfum aroma vanila yang terbaik agar Anda lebih mudah saat memilih. Selamat belanja!

1. The Body Shop Vanilla Eau De Toilette

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Keharuman aroma vanila yang murni dan lembut

Bagi Anda penggemar aroma pure vanila, parfum dari The Body Shop ini patut dicoba. Aroma vanilanya murni, tidak berubah sejak awal penyemprotan, manis dan menyegarkan, lembut, tidak terlalu menyengat, juga tidak membuat mual.

Memiliki wangi yang tahan lama, produk ini dikemas di dalam botol mungil. Dengan begitu, Anda akan mudah membawanya ke mana-mana dan dapat menyimpannya di dalam tas atau pouch. Parfum ini cocok dipakai oleh wanita ataupun pria.

Jenis Eau de toilette
Karakter aroma Ekstrak vanila
Peruntukan Semua
Isi 30 mL
Kisaran harga Rp199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Carl & Claire Vanilla & Beyond

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Perpaduan vanilla dan musk yang mewah dan sempurna

Carl & Claire Vanilla & Beyond adalah pengharum tubuh yang memiliki wangi mewah. Aroma vanila yang manis dipadu dengan musk sebagai base notes menghasilkan keharuman sempurna, membuat Anda merasa positif dan tampil percaya diri. Apalagi, ketahanan parfum bisa mencapai sekitar 15 jam!

Botol kemasannya yang mungil pun menjadikannya tampak mewah. Bagi Anda, wanita yang menyukai kemewahan sekaligus gemar memberikan kebaikan ke sekitar Anda, parfum ini cocok untuk Anda gunakan sendiri atau sebagai kado untuk sahabat wanita Anda.

Jenis Eau de Parfum
Karakter aroma Top notes: Nutty, floral; Middle notes: Lactonic, chestnut; Base notes: Vanilla, peru balsam, musk
Peruntukan Wanita
Isi 30 mL
Kisaran harga Rp279.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Nyaman dan hangat bagaikan aroma kue yang baru diangkat dari oven

Bayangkan aroma vanila berpadu dengan wangi ringan dari bunga anggrek putih, kayu cendana, dan gula pasir yang berkilau, itulah karakter wewangian yang bisa Anda dapatkan dari Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar.

Wanginya yang lembut, manis, dan menyegarkan akan membuat Anda merasa nyaman saat menggunakannya, seperti mencium aroma kue yang baru diangkat dari oven. Tersedia dalam kemasan botol cantik, parfum ini dapat bertahan sekitar 4 jam dan cocok untuk semua jenis kulit.

Jenis Tidak disebutkan
Karakter aroma Vanilla, sheer florals & sandalwood
Peruntukan Wanita
Isi 236 mL
Kisaran harga Rp178.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Zara Red Vanilla

blank

Sumber: Zara.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kombinasi yang hangat dan anggun dalam botol unik

Diformulasikan dari vanila, bunga iris, dan blackcurrant, Zara Red Vanilla memberikan wangi yang hangat dan anggun, serta wangi yang tahan lama. Parfum ini cocok buat siapa saja yang menyukai penampilan rapi dan wangi. Selain untuk diri sendiri, Anda juga bisa membelikan parfum ini untuk pasangan Anda.

Botolnya yang elegan mempunyai keunikan tersendiri. Dengan bentuk persegi dan berwarna merah marun, botolnya dapat mendeteksi malam hari saat musim dingin dengan berubah warna menjadi hitam. Saat itulah waktu yang tepat untuk memakai parfum ini!

Jenis Eau de toilette
Karakter aroma Blackcurrant, iris and vanilla
Peruntukan Semua
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp319.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Tom Ford Tobacco Vanille

blank

Sumber: Tomford.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Beraroma hangat dan pedas untuk Anda yang kuat dan cerdas

Aroma dari wewangian ini cukup berbeda dari parfum vanila pada umumnya. Tom Ford Tobacco Vanille memiliki wangi yang hangat dan pedas, karena dibuat dari daun tembakau, vanila, dan jahe sebagai bahan utamanya. Agar semakin kaya, ditambahkah pula ekstrak pewangi lain seperti kacang tonka krim, kakao, buah kering, dan kayu manis.

Dengan desain botol yang simpel dan cenderung maskulin, wangi parfum ini dapat membuat Anda semakin percaya diri, cerdas, dan kuat. Karakter wangi seperti itu cocok digunakan untuk pria dan wanita modern.

Jenis Eau de Parfum
Karakter aroma Tobacco leaf, vanilla, ginger
Peruntukan Semua
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp3.650.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Oullu Arcana

blank

Sumber: Oullu.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Bukalapak

Parfum spesial untuk wanita spesial

Bila Anda diundang ke acara khusus atau kencan dengan seseorang yang spesial, Anda perlu menggunakan parfum yang juga spesial. Anda akan merasa spesial dengan keharuman parfum ini yang beraroma hangat, dinamis, berani, dan menantang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbasis ambergris dan vanila, Oullu Arcana adalah parfum yang cocok untuk dipakai pada saat momen spesial. Satu yang perlu Anda tahu, parfum vanilla ini adalah produk buatan Indonesia yang telah bersertifikat BPOM dan dalam proses sertifikasi halal dari MUI.

Jenis Eau de Parfum
Karakter aroma Top: Licorice, almond; Heart: Ground pistachio, rhubarb; Base: Ambergris, vanilla
Peruntukan Wanita
Isi 50 mL
Kisaran harga Rp389.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

7. Jo Malone Blue Agava & Cacao

blank

Sumber: Jomalone.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Aroma bergairah seperti irama musik Latin

Perpaduan bahan-bahan yang terkandung dalam Jo Malone Blue Agava & Cacao ini menghasilkan aroma jeruk nipis yang segar dan penuh semangat di awal penyemprotan, kemudian berubah menjadi aroma cokelat susu panas yang lembut, hangat, dan menenangkan.

Terinspirasi dari irama musik Latin yang bergairah dan persuasif, aroma cologne ini memang terbilang unik karena dapat dikombinasikan dengan pewangi lain sesuai selera Anda tanpa membuat wanginya campur aduk. Untuk saat ini, Anda hanya bisa mendapatkan produk Jo Malone ini secara eksklusif melalui pesan online.

Jenis Eau de cologne
Karakter aroma Top note: Key lime; Heart note: Agava flower; Base note: Cedarwood
Peruntukan Semua
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp2.150.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

8. Spicebomb Viktor&Rolf Extreme

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Bukalapak

Ledakan aroma ekstrem untuk pria

Sesuai dengan nama produknya, Spicebomb, kemasan produk dari Viktor & Rolf ini berbentuk bom atau granat dengan desain yang maskulin tapi tetap elegan, sangat ideal dipilih oleh kaum pria.

Terbuat dari rempah-rempah seperti jintan, kayu manis, kunyit, tembakau, vanili, dan juga bourbon, membuat parfum untuk pria ini beraroma pedas yang ekstrem, lebih intens, dan pastinya tahan lama.

Jenis Eau de Parfum
Karakter aroma Cumin, cinnamon, saffron, tobacco, vanilla, bourbon
Peruntukan Pria
Isi 90 mL
Kisaran harga Rp1.976.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Bukalapak

9. Carolina Herrera 212 Sexy Men

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Aroma segar yang sensual dan magnetis

Parfum untuk pria ini memiliki keharuman vanila dan sandalwood segar yang dominan dengan karakter elegan dan maskulin. EDT keluaran Carolina Herrera ini cukup populer dengan wangi yang sensual dan magnetis, serta sentuhan powdery-nya yang melegenda.

Carolina Herrera 212 Sexy Men hadir dengan desain botol yang modern serta aroma kuat yang tahan lama. Anda bisa memakai parfum ini pada malam hari saat Anda berkencan atau menghadiri pertemuan penting. Dijamin, Anda akan memberikan kesan yang tak terlupakan!

Jenis Eau de toilette
Karakter aroma Olfactive family: Oriental vanilla; Top notes: Bergamot & tangerine; Heart notes: Cardamom & black pepper; Bottom notes: Sandalwood & vanilla
Peruntukan Pria
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp885.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Dior Hypnotic Poison

blank

Sumber: Dior.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ramuan ajaib dari empat aspek kontras yang menghipnotis

Bila menggunakan parfum ini, Anda akan menghipnotis banyak orang di sekitar Anda. Keharuman yang dihasilkan parfum ini bagai ramuan ajaib yang modern, feminin, dan berani, yang akan menyihir siapa pun yang menghirup aromanya.

Wewangian yang memikat dari Dior Hypnotic Poison ini adalah hasil gabungan 4 aspek yang kontras, yaitu bitter almond dan jintan, Jacaranda yang misterius, serta vanilla dan musk yang sensual. Dengan kemasan botol mungil yang unik, harga produk ini terbilang cukup mahal namun nilainya sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan.

Jenis Eau de toilette
Karakter aroma Almond, jasmine sambac, vanilla
Peruntukan Wanita
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp1.550.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Parfum Aroma Vanilla

Produk The Body Shop Vanilla Eau De Toilette Carl & Claire Vanilla & Beyond Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar Zara Red Vanilla Tom Ford Tobacco Vanille Oullu Arcana Jo Malone Blue Agava & Cacao Spicebomb Viktor&Rolf Extreme Carolina Herrera 212 Sexy Men Dior Hypnotic Poison
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Eau de toilette Eau de Parfum Tidak disebutkan Eau de toilette Eau de Parfum Eau de Parfum Eau de cologne Eau de Parfum Eau de toilette Eau de toilette
Karakter aroma Ekstrak vanila Top notes: Nutty, floral; Middle notes: Lactonic, chestnut; Base notes: Vanilla, peru balsam, musk Vanilla, sheer florals & sandalwood Blackcurrant, iris and vanilla Tobacco leaf, vanilla, ginger Top: Licorice, almond; Heart: Ground pistachio, rhubarb; Base: Ambergris, vanilla Top note: Key lime; Heart note: Agava flower; Base note: Cedarwood Cumin, cinnamon, saffron, tobacco, vanilla, bourbon Olfactive family: Oriental vanilla; Top notes: Bergamot & tangerine; Heart notes: Cardamom & black pepper; Bottom notes: Sandalwood & vanilla Almond, jasmine sambac, vanilla
Peruntukan Uniseks Wanita Wanita Uniseks Uniseks Wanita Uniseks Pria Pria Wanita
Isi 30 mL 30 mL 236 mL 100 mL 100 mL 50 mL 100 mL 90 mL 100 mL 100 mL
Kisaran harga Rp199.000 Rp279.000 Rp178.100 Rp319.000 Rp3.650.000 Rp389.000 Rp2.150.000 Rp1.976.500 Rp885.000 Rp1.550.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Tips Agar Aroma Parfum Anda Dapat Bertahan Lebih Lama

blank

Beberapa parfum memiliki ketahanan aroma yang tidak terlalu lama. Faktor kandungan minyak parfum yang lebih sedikit dibanding parfum lain umum menjadi penyebabnya.

Selain itu, cara mengaplikasikan parfum ke kulit juga berpengaruh besar. Bukan dengan cara menyemprotkan parfum sebanyak-banyaknya ke tubuh, tapi menyemprotkan parfum dengan cara yang benar dan di waktu yang tepatlah yang akan membuat aroma parfum bertahan lebih lama.

Berikut tips agar wangi parfum Anda lebih tahan lama. Simak dan praktikkan langsung, ya!

1. Gunakan parfum setelah Anda mandi

Sehabis mandi, pori-pori Anda akan terbuka, dan wangi parfum akan bertahan lebih lama di kulit yang pori-porinya sedang terbuka. Namun, jangan langsung menyemprotkan parfum pada kulit yang masih basah, karena akan mengurangi aromanya. Anda perlu mengeringkan kulit dengan handuk terlebih dahulu.

2. Kunci keharuman parfum dengan pelembap

Setelah mengeringkan kulit dengan handuk, jangan biarkan kulit menjadi kering sepenuhnya. Gunakan lotion atau pelembap tanpa pewangi terlebih dahulu, agar kulit menjadi lembap dan halus untuk dapat mengunci keharuman parfum dengan lebih baik. Setelah itu, barulah menyemprotkan parfum ke kulit Anda.

3. Semprotkan pada titik nadi Anda, seperti di pergelangan tangan, bagian dalam siku, dan bagian belakang telinga

Titik nadi adalah bagian pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit dan juga sebagai sumber panas yang ringan di tubuh manusia. Di tempat itulah parfum cocok digunakan dan akan bertahan lebih lama.

4. Biarkan parfum mengering di kulit Anda secara alami

Menggosok kedua pergelangan tangan Anda setelah disemprotkan parfum akan memecah bahan kimia dan membuat aroma teratas parfum akan hilang dengan cepat. Setelah menyemprotkan parfum ke titik nadi Anda, sebaiknya biarkan parfum mengering secara alami atau tunggu beberapa menit sebelum berdandan. Hal itu akan membuat aroma parfum Anda dapat bertahan lebih lama.

Yuk, cek rekomendasi parfum dari PickyBest lainnya!

Selain dari aroma, Anda juga bisa memilih parfum berdasarkan kategori pengguna, apakah untuk pria atau wanita? Bahkan, tak sedikit produsen menyediakan parfum untuk usia remaja.

Guna membantu Anda temukan parfum yang sesuai, kami sarankan Anda membaca rekomendasi parfum dari kami lainnya pada artikel berikut. Selamat memilih!

Kesimpulan

Parfum beraroma vanila disukai banyak orang, baik wanita maupun pria, karena aromanya yang hangat dan membuat nyaman,. Meski ketahanan parfum merupakan faktor yang relatif, namun wangi vanila bisa bertahan lebih lama tercium oleh indra penciuman manusia karena zat vanillin yang istimewa.

Siapa pun menyukai aroma vanila, dan siapa pun cocok menggunakan parfum aroma vanila. Namun dalam memilih parfum, selain mempertimbangkan faktor-faktor yang sudah dibahas sebelumnya, Anda juga perlu mempertimbangkan parfum vanila yang sesuai dengan kepribadian Anda. Nah, selamat menentukan pilihan!

Referensi

Vanilla perfume ingredient, Vanilla fragrance and essential oils
https://www.fragrantica.com/notes/Vanilla-74.html diakses pada 18 Maret 2021

11 Scents That Can Do Wonders For Your Well-Being
https://www.huffpost.com/entry/scents-and-wellbeing_n_5193609 diakses pada 18 Maret 2021

The 5 Types of Perfumes: Which is the Best?
https://gotofragrance.com/types-of-perfumes/ diakses pada 18 Maret 2021

The Difference Between Eau de Toilette and Parfum
http://www.theperfumeexpert.com/the-difference-between-eau-de-parfum-and-eau-de-toilette/ diakses pada 18 Maret 2021

Understanding Top, Middle And Base Notes In Perfume
https://www.edensgarden.com/blogs/news/understanding-top-middle-and-base-notes-in-perfume diakses pada 18 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.