Written by 15:11 Gaya & Penampilan

10 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik

Aigner No 1 Platinum Man

Peranan parfum bukan hanya sebagai aksesori penunjang penampilan. Lebih dari itu, parfum dapat menimbulkan kesan dari individu lain terhadap diri Anda. Sekarang ini, parfum telah menjadi bagian hidup para pria. Sudahkah Anda memiliki parfum sendiri yang selalu menemani kegiatan harian Anda? Jika belum, Anda perlu menemukan parfum pria terbaik yang akan kami bagikan dalam artikel ini.

Davidoff, Bvlgari, dan Montblack menyediakan seri parfum terbaik untuk pria masa kini. Banyaknya pilihan aroma, ukuran, dan jenis parfum terkadang membuat Anda bingung, bukan? Jangan khawatir! Kami akan mengajak Anda memilih parfum yang cocok dengan diri Anda. Simaklah artikel ini sampai tuntas, ya!

Cara Memilih Parfum Pria

Aroma khas dari parfum dapat meninggalkan bekas pada memori setiap orang yang pernah terikat pada momen-momen bersama Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai parfum terbaik yang menonjolkan karakter dan kepribadian dari diri Anda. Terdapat sejumlah hal yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan saat menentukan parfum. Di bagian ini, kami akan bahas tuntas cara memilih parfum pria terbaik. Silakan Anda catat poin-poin penting di bawah ini!

Pahami Jenis Parfum Berdasarkan Tingkat Konsentrasi dan Durasi Ketahanan Aromanya

Pahami Jenis Parfum Berdasarkan Tingkat Konsentrasi dan Durasi Ketahanan Aromanya

Setiap parfum pria non alkohol atau dengan alkohol dirancang dengan ketahanan aroma yang berbeda tingkatan. Pernahkah Anda mendengar istilah Extrait de Parfum, Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne, dan Eau Fraiche yang biasa tercantum pada botol parfum? Kelima istilah tersebut menjadi presentasi terkait tingkatan konsentrasi dan durasi ketahanan aroma dari sebuah parfum. Manakah yang Anda perlukan? Silakan dipahami perbedaan dari masing-masing jenis parfum ini, yuk!

  • Extrait de Parfum. Parfum jenis ini juga dikenal dengan parfum murni. Tingkat konsentrasi aroma yang dimiliki berkisar antara 15 – 40%. Namun, sebagian besar lainnya memiliki aroma konsentrat dengan persentase antara 20 – 30%. Jenis Extrait de Parfum adalah yang paling tinggi dan lama. Aroma yang dikeluarkan mampu bertahan 6 – 8 jam.
  • Eau de Parfum (EDP). Ingat, singkatan EDP umumnya merujuk pada Eau de Parfum, bukan Extrait de Parfum. Tingkat keharuman aroma konsentrat dari parfum pria awet wanginya jenis ini antara 15 – 20%. Lama aroma yang mengikat pada pakaian atau tubuh seseorang dari EDP kurang lebih 4 – 5 jam. Parfum tanpa alkohol atau dengan alkohol jenis EDP dijual dengan harga lebih murah. Namun, jenis parfum ini memiliki kadar alkohol yang lebih tinggi dibandingkan parfum. Jadi, pertimbangkan juga soal sensitivitas tubuh Anda terhadap alkohol.
  • Eau de Toilette (EDT). Tingkat konsentrasi wewangian jenis ini berkisar antara 5 – 15%. Dari segi harga, EDT tentu lebih murah dibandingkan EDP. Begitu pun dengan kemampuan bertahan aroma dari EDT yang hanya 2 – 3 jam sehingga lebih cocok dipakai untuk acara yang tak memakan waktu cukup lama.
  • Eau de Cologne (EDC). Jenis parfum EDC hanya memiliki konsentrasi keharuman 2 – 4%. Parfum jenis Eau de Cologne bernilai jual lebih ekonomis daripada jenis parfum lainnya. Bicara durasi ketahanan aromanya, EDC kurang lebih hanya bertahan hingga 2 jam. Umumnya, EDC perlu disemprotkan lebih banyak ke tubuh agar aroma wangi bisa tercium lebih kuat.
  • Eau Fraiche. Tipe parfum satu ini hanya menyimpan konsentrasi wewangian sebesar 3% atau kurang. Untuk menghadirkan wangi, Eau Fraiche diracik dengan mencampurkan bahannya dengan minyak fragrance. Setelah disemprotkan, parfum berjenis ini biasanya hanya melekat selama 1 jam. Eau Fraiche juga kerap disapa dengan perfume mist atau splash.

Pilih Aroma Parfum yang Sesuai dengan Usia Anda

Produsen wewangian menghadirkan banyak sekali pilihan aroma parfum. Tujuan dari variasi aroma ini tak lain agar pengguna bisa menyesuaikannya dengan kelompok usia mereka. Anda yang berusia remaja belasan tahun akan terkesan aneh apabila menyemprotkan parfum untuk usia 30 atau 40 tahun ke atas. Karena itu, pahami juga poin satu ini, ya!

Usia SMA dan Remaja Belasan Tahun, Gunakan Parfum yang Beraroma Segar dan Kasual

Bagi remaja belasan tahun atau masih mendiami bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), pilihlah aroma parfum yang segar dan kasual. Anda bisa memilih aroma seperti citrus, floral atau aroma sabun. Bila Anda ingin nonton bioskop atau makan malam dengan pacar, Anda dapat memakai parfum beraroma vanilla yang akan menciptakan suasana romantis dan kesan manis.

Untuk Usia 20-an, Pakailah Parfum dengan Aroma yang Fresh dan Agresif

Untuk Usia 20 an Pakailah Parfum dengan Aroma yang Fresh dan Agresif

Anda sedang memasuki fase 20-an? Gunakan parfum yang mengedepankan kesegaran aroma. Pastikan untuk tidak memakai parfum dengan aroma yang menyengat. Saat ini pilihan parfum pria untuk usia 20-an semakin beragam, mulai dari aroma, bentuk botol, dan tingkat notes yang unik-unik. Bahkan, ada juga parfum jenis unisex yang mana dapat dipakai oleh Anda ataupun pasangan Anda. Hendak kencan di malam minggu? Anda bisa menggunakan parfum unisex bersama pasangan Anda sehingga aroma tubuh Anda pun serasi dengannya.

Bagi Usia 30-an, Anda Perlu Mengedepankan Aroma yang Maskulin dan Seksi

Bagi Usia 30 an Anda Perlu Mengedepankan Aroma yang Maskulin dan Seksi

Sewaktu usia remaja dan kepala dua, preferensi parfum yang disukai umumnya beraroma segar dan energik. Namun, saat menginjak usia 30-an, tak jarang orang mulai beralih ke parfum yang menyimpan aroma maskulin dan seksi. Kehidupan sosial dan karir menjadi alasan kenapa Anda tak bisa lagi asal dalam memilih parfum. Aroma yang tepat untuk Anda yang berusia 30-an antara lain amber, vanilla, oakmoss, sandalwood, dan/atau rempah-rempah lain.

Pada Usia 40-an, Aroma yang Elegan dan Mewah Lebih Disarankan

Pada Usia 40 an Aroma yang Elegan dan Mewah Lebih Disarankan

Pengalaman hidup yang banyak akan memupuk seseorang yang berusia 40-an semakin dewasa. Untuk urusan parfum, Anda perlu memilih aroma yang lebih elegan dan mewah sebagai wujud penggambaran karakter diri yang dewasa. Wangi yang elegan tidak menuntut pada tingkat ketajamanan aroma, melainkan kesan lembut dan sederhana. Pada usia 40-an, Anda memerlukan wewangian yang dapat menciptakan suatu kesan, entahkah kesan tenang, seksi, ataupun fresh and smart.

Sesuaikan Juga Aroma Parfum dengan Karakter dan Kepribadian Anda

Sesuaikan Juga Aroma Parfum dengan Karakter dan Kepribadian Anda

Gambarkan seperti apa diri Anda saat ini. Dengan demikian, karakter dan kepribadian Anda bisa ditonjolkan dengan pemilihan aroma parfum yang sesuai. Apakah Anda merasa sebagai orang yang karismatik, elegan, ambisius, romantis, sporty, atau justru semua karakter tersebut menyatu dalam diri Anda? Gunakanlah parfum yang tepat!

Bagi pria berkarisma yang juga seorang petualang hidup, kami menyarankan Anda untuk menggunakan parfum dengan aroma rempah kayu (woody). Penggambaran kesan karakter yang hangat dan dekat dengan alam dapat ditonjolkan dengan aroma parfum semacam ini.

Kemudian, bila Anda termasuk pria yang kalem, tak neko-neko dan banyak drama dalam hidup, Anda dapat memakai parfum yang memiliki karakter aroma misterius, seperti musk. Dengan wewangian ini, Anda akan berhasil membuat wanita-wanita di sekitar semakin penasaran dengan diri Anda yang berkesan kuat dan misterius.

Jika Anda merasa sebagai pria yang romantis, gunakanlah wewangian dengan aroma bunga nan menyegarkan. Namun, untuk Anda yang hobi berolahraga (sporty), maka pilihan aroma parfum yang sesuai untuk memperlihatkan keenergikan yakni aquatic, citrus, atau green. Aroma-aroma tersebut dapat memancarkan kesan fresh dan semangat dari dalam diri Anda.

Kenali Tingkatan Aroma (Notes) Sejak Pertama Kali Parfum Disemprotkan

Kenali Tingkatan Aroma Notes Sejak Pertama Kali Parfum Disemprotkan

Bila Anda baru pertama kali mencoba parfum, mungkin timbul pertanyaan perihal tahapan perubahan aroma dari setiap parfum. Rata-rata produsen menuangkan lebih dari satu aroma dari setiap parfum untuk pria terbaik keluarannya. Umumnya, aroma-aroma tersebut dirancang agar keluar pada tiga tahapan, yakni top (head) notes, middle (heart) notes, dan base notes. Apa maksudnya?

  • Top Notes. Aroma yang muncul 15 menit pertama setelah penyemprotan. Top notes bersifat paling ringan dibandingakn dua notes lainnya sehingga dapat menciptakan kesan pertama yang memikat dari setiap parfum. Aroma yang umum ditawarkan pada fase top notes antara lain kelompok citrus (lemon dan bergamot orange.), buah-buahan (berry dan grapefruit), dan herbs (clary sage dan lavendel).
  • Middle Notes. Aroma kedua atau susulan yang muncul setelah aroma top notes. Middle notes bisa bertahan hingga 30 menit setelah penyemprotan. Tingkatan middle mengeluarkan aroma inti dari sebuah parfum (main fragrance). Middle (heart) notes biasanya terdiri dari kombinasi aroma buah-buahan dan bunga (floral). Terkadang produsen juga menyematkan campuran aroma eksotis semisal tembakau, cinnamon, dan cardamom.
  • Base Notes. Ini adalah lapisan aroma dasar yang memiliki molekul terbesar dan paling lama penguapannya. Karakter aroma yang dipunyai oleh base notes umumnya lebih berat. Aroma dasar ini dapat berbaur dengan middle notes untuk menciptakan harmoni yang menjadi identitas dari sebuah parfum. Base notes dirancang untuk memberikan kesan yang tahan lama menempel pada kulit dan pakaian hingga berjam-jam setelah top dan middle notes hilang menguap. Notes dasar ini umumnya memiliki kombinasi aroma dari campuran cedarwood, sandalwood, oakmoss, musk, patchouli, vanilla, dan amber.

10 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik

Selanjutnya, kami tampilkan parfum pria terbaik dari brand-brand yang terkenal akan produk-produk wewangiannya. Silakan beli salah satu atau lebih parfum yang paling menggambarkan karakter asli dari diri Anda!

1. Hugo Boss Just Different Man

Hugo Boss Just Different Man

Kisaran harga: Rp600.000

Aroma fresh yang akan membuat orang lain dan pasangan nyaman di dekat Anda

Selaras namanya, Hugo mendatangkan parfum pria dengan edisi berbeda. Produk wewangian ini dirancang untuk membangkitkan rasa semangat pada setiap orang. Anda dapat memakai parfum aroma fresh ini untuk menghadiri jamuan makan malam bersama kolega kantor atau sebagai aksesori yang memberi kenyamanan terhadap pasangan Anda.

Karakter aroma yang spicy dapat menimbulkan kesan maskulin dan elegan. Setiap orang yang Anda lewati akan terpukau dengan aroma yang dihasilkan oleh parfum ini. Hugo menyematkan tiga level perubahan aroma. Sebagai top notes, parfum ini akan menyebarkan aroma granny smith apple dan mint. Disusul oleh aroma freesia dan basil pada fase pertengahan dan ditutup oleh paduan aroma cashmeran dan fir sebagai base notes-nya.

2. Davidoff The Game Man

Davidoff The Game Man

Kisaran harga: Rp635.000

Tercipta dari ide hebat perancang parfum ternama!

Komposisi aroma yang mengagumkan dari parfum pria merek Davidoff ini akan menjaga mood Anda seharian. Berjenis Eau de Toilette, wewangian ini akan menempel lama pada pakaian dan tubuh Anda. Selain menawarkan aroma yang lembut dan mengesankan, Davidoff menambah kelebihan lain berupa bentuk dan tampilan botol yang mewah layaknya parfum mahal. Padahal, parfum pria dengan aroma terbaik ini hanya dipasarkan tak sampai jutaan rupiah.

Davidoff The Game Man dirancang pada tahun 2012 dengan melibatkan perancang parfum ternama, Bernard Ellena. Komposisi aroma yang digunakan antara lain gin dan juniper berry pada top notes. Sebagai middle notes, Davidoff x Ellena memadukan aroma iris dan rempah kayu. Terakhir, parfum akan membekaskan aroma kayu eboni yang manis.

3. Benetton Inferno Paradiso Blue Men

Benetton Inferno Paradiso Blue Men

Kisaran harga: Rp280.000

Dengan aroma jeruk menyegarkan yang pantas dipakai ke berbagai acara

Bentuk botol yang cenderung bulat menjadi keunikan tersendiri dari parfum ini. Benetton menyajikan Inferno Paradiso Blue sebagai wewangian yang cocok untuk para pria modern. Aroma bergamot orange yang dibubuhkan dengan cendana, amber, dan bunga melati menjadi kombinasi kompak yang memancarkan kesan lembut pada setiap pemakainya.

Parfum untuk pria yang dirilis pada tahun 2001 ini sangat laris di pasaran. Bagaimana tidak, dengan tipe konsentrat EDT, Benetton Inferno Paradiso Blue Man hanya dipatok dengan harga di bawah 300 ribu. Meski ekonomis, parfum pria aroma manis ini tetap pantas Anda gunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari bekerja, kuliah, atau bahkan berolahraga di pusat kebugaran (gym).

4. La Rive Game for Men

La Rive Game for Men

Kisaran harga: Rp135.000

Wangi lama dan harganya cuma 100 ribuan!

Tunjukkan kepercayaan diri Anda hanya dengan memakai parfum ini. Sekali menyemprot La Rive Game for Men, orang-orang bukan hanya betah berlama-lama di dekat Anda, tetapi penasaran dengan karakter diri Anda yang begitu kuat. Aroma menyegarkan dari parfum pria murah ini dapat dipakai untuk segala umur. Keharuman musky yang berkekuatan sedang akan cocok pada setiap karakter orang.

Parfum ini membuka diri dengan aroma water notes dan rosemary. Selanjutnya, La Rive Game for Men akan menyebarkan aroma kapulaga, sequoia, dan forest accord. Pada tahap akhir, parfum pria eksklusif berkemasan botol biru yang bening ini akan meninggalkan jejak aroma patchouli dan musk yang kalem dan bertahan lama. Bagi Anda yang ingin tampil lebih percaya diri setiap hari, segera miliki parfum La Rive ini!

5. Aigner No 1 Platinum Man

Aigner No 1 Platinum Man

Kisaran harga: Rp698.000

Wewangian berbotol mewah yang menonjolkan maskulinitas pada setiap pria!

Aigner tak pernah main-main dalam meluncurkan produk parfum untuk konsumen setianya di berbagai dunia. Pada edisi No 1 Platinum Man, Aiger mewujudkan parfum yang sangat cocok untuk menonjolkan kesan maskulin pada setiap pria. Desain botol berbahan logam perak-putih yang berkilau dan mewah menjadi alasan utama kenapa Anda harus memiliki parfum pria terbaik ini.

Pada semprotan pertama, Aigner No 1 Platinum Man akan menghadirkan komposisi aroma mandarin orange, bergamot orange, mint, tamarind, black pepper, cloves, dan ozonic notes. Untuk middle notes-nya, tertuang aroma woody notes, spicy notes, cardamom, dan coriander. Di fase akhir, aroma vanilla, crystal amber, exotic wood, musk, cashmeran, olibanum, patchouli, dan sandalwood akan bertahan.

6. Davidoff Cool Water Man

Davidoff Cool Water Man

Kisaran harga: Rp340.000

Buat setiap wanita terpikat dengan aroma elegan yang dipancarkan

Davidoff telah dikenal banyak orang perihal kemewahan parfumnya. Pada edisi Cool Water Man, Davidoff menerapkan konsep maskulinitas dan elegan yang tertuang pada tampilan botol dan pilihan aromanya. Adapun aroma yang terkandung pada parfum pria terbaik ini antara lain mint, lavender, rosemary, ketumbar, geranium, minyak neroli, bunga melati, sandalwood, cedarwood, musk, amber, dan tembakau.

Kesegaran aroma aquatic dari parfum pria original ini dapat menunjang aktivitas harian Anda. Dengan sekali penyemprotan, parfum Davidoff Cool Water Man akan bertahan dari pagi hingga sore hari. Jika Anda memerlukan parfum pria yang tahan lama, jangan lewatkan produk satu ini. Hanya perlu merogoh uang tak sampai 400 ribu, Anda sudah bisa memakai parfum pria kalem tahan lama ini setiap hari.

7. Bravas XOX Man EDP

Bravas XOX Man EDP

Kisaran harga: Rp26.000

Halal, tahan lama, dan dibandrol dengan harga murah. Kurang apalagi?

Bagaimana jika Anda mengetahui ada parfum pria terbaik berjenis EDP yang telah mendapat sertifikasi halal? Bravas XOX Man adalah parfum yang mengantongi kriteria tersebut. Bukan cuma halal, parfum pria terlaris di Indonesia ini hanya dijual dengan harga 20 – 30 ribuan. Dengan harga berikut, Anda sudah bisa memilih empat pilihan aroma parfum yang masing-masing berukuran 100ml.

Meski sangat terjangkau dari segi harga, parfum pria tahan lama dengan bentuk botol persegi ini akan meningkatkan gaya dan kepercayaan diri Anda. Produk berkomposisi alkohol, aqua, propelene glycol, fragrance, dan hydrogenated castrol oil dapat bertahan hingga 6 jam. Jika Anda mencari parfum pria murah dan beraroma awet, segera beli Bravas XOX Man sekarang juga!

8. Etienne Aigner X Limited EDT

Etienne Aigner X Limited EDT

Kisaran harga: Rp262.500

Telah diedarkan sejak tahun 1997 sampai saat ini!

Etienne Aigner X Limited dihadirkan dalam bentuk EDT dengan tingkat konsentrasi tinggi. Dituangkan dalam botol bermaterialkan flakon kaca, parfum pria terbaik ini akan memperlihatkan kesan cool dan maskulin saat Anda menyemprotkannya di luar rumah. Jika Anda menginginkan parfum yang terkenal sejak lama, maka Etienne Aigner X Limited merupakan pilihan yang tepat.

Produk ini dirilis pada tahun 1997 dan masih laris hingga sekarang. Hal tersebut menjadi bukti betapa mengagumkannya parfum pria maskulin satu ini. Menyinggung soal aromanya, Etienne Aigner X Limited menyediakan karakter aroma citrus dengan sentuhan buah-buahan yang cocok dipakai untuk menemani waktu kerja Anda. Untuk komposisi aromanya sendiri, parfum ini terdiri dari paduan jasmine, patchouli, orange, rose, amalfi lemon, dan sandalwood.

9. Montblanc Starwalker Men EDT

Montblanc Starwalker Men EDT

Kisaran harga: Rp515.000

Kombinasi aroma rempah dan buah segar yang bikin setiap orang betah berlama-lama di dekat Anda

Wewangian dengan sentuhan kayu pedas dari Montblanc disukai oleh banyak wanita. Jika Anda sedang mengincar seorang perempuan di kampus atau kantor Anda, segera miliki parfum pria yang disukai wanita ini. Parfum ini akan memperlihatkan sosok maskulinitas dalam diri Anda, terlebih bila karakter dan kepribadian Anda kuat, maka peluang Anda membuatnya jatuh hati semakin besar.

Berjenis Eau de Toilette, Montblanc menyertakan konsentrasi senyawa aromatik yang berkisar antara 5 – 10%. Produk hasil rancangan Michel Almairac ini menyajikan kombinasi jeruk mandarin, bambu, dan bergamot sebagai aroma top notes. Kemudian, wewangian rempah cendana, cedar, dan white musk muncul sebagai middle notes. Pada fase akhir, Montblanc Starwalker Man EDT meninggalkan aroma pala, jahe, dan cemara resin yang oriental.

10. Bvlgari BLV Man EDT

Bvlgari BLV Man EDT

Kisaran harga: Rp650.000

Pancarkan aroma berkelas pada saat acara-acara penting

BLV Pour Homme dari Bvlgari terbuat dari kombinasi fragrance dan air yang cukup banyak. Parfum pria terbaik satu ini dirancang oleh Bvlgari bersama perancang kenamaan, Alberto Morillas, pada tahun 2001. Bertipe Eau de Toilette, tentu parfum ini dapat mengharumkan tubuh Anda pada acara-acara jamuan makan atau temu bisnis.

Bagi Anda yang memiliki pasangan, jangan sampai melewatkan produk satu ini. Alasannya, Bvlgari memilihkan karakter aroma fresh spicy yang dapat menggambarkan sosok pria bersemangat namun tetap kalem dalam diri Anda. Dengan demikian, pasangan Anda akan semakin jatuh hati dan tidak ingin jauh-jauh dari Anda pada momen-momen penting.

Kesimpulan

Jadikan parfum pria terbaik sebagai aksesori pendukung aktivitas Anda sehari-hari. Pilihlah aroma yang pas dengan karakter serta kepribadian Anda. Jika ingin mengadakan pertemuan dengan teman atau rekan kerja, Anda bisa memakai parfum andalan Anda. Tapi ingat, jangan sampai menyemprotkan parfum secara berlebihan karena aroma yang menyengat dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Yang terpenting dalam memilih parfum adalah memahami jenis dan tingkatan perubahan aroma (notes) yang dimiliki. Menyesuaikan parfum dengan usia juga tak kalah penting. Dengan demikian, Anda lebih nyaman saat berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda merasa artikel tentang cara memilih parfum dan rekomendasi merek parfum pria terbaik ini bermanfaat, jangan lupa untuk menyebarkannya ke akun jejaring sosial Anda!

(Visited 16 times, 1 visits today)