Otomotif

10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik

Munculnya goresan pada cat mobil bisa dikatakan hal wajar. Karena sebabnya macam-macam, kita sering kali tidak menyadari kemunculannya, sehingga cukup sulit untuk dicegah. Akan tetapi, selama goresannya tidak parah, Anda bisa tangani sendiri dengan bantuan produk penghilang goresan mobil.

Ada banyak pilihan produk yang tersedia, mulai dari keluaran Turtle Wax, Meguiar’s, sampai 3M. Supaya tidak dibuat bingung, kami kupas cara memilihnya di artikel ini. Selain itu, kami juga merekomendasikan penghilang goresan mobil terbaik versi PickyBest. Kita bahas bersama, yuk!

Cara Memilih Penghilang Goresan Mobil

Supaya goresan di mobil hilang, memilih penghilang goresnya tidak bisa sembarangan. Pertimbangkanlah kedalaman goresan, jenis dan bentuk kompon (basis material yang biasa dipakai untuk produk ini), kemungkinan memakai produk selain kompon, dan alat serta bahan tambahan lainnya untuk menyempurnakan hasil.

Periksa Dulu, Sedalam Apa Goresannya?

Cat mobil terdiri dari tiga lapisan, dari yang paling dalam hingga terluar di antaranya primer, base color coat, dan clear coat. Berpatokan dari sini, periksalah seberapa dalam goresan di mobil Anda. Sebab, kedalaman goresan menentukan bisa atau tidaknya goresan untuk Anda tangani sendiri.

Produk penghilang gores kebanyakan dapat menghilangkan goresan halus di bagian clear coat tanpa masalah. Jika goresan mencapai bagian base color coat atau primer, Anda memerlukan produk yang lebih abrasif. Apabila lebih dalam lagi, yakni yang menembus lapisan primer dan memperlihatkan panel metal bodi mobil, lebih baik Anda minta bantuan profesional untuk menanganinya.

Cara memeriksa kedalaman goresan cukup sederhana, tinggal mengukurnya dengan kuku jari. Bila kuku Anda terbenam, maka goresan relatif dalam (kasar). Jika tidak, maka yang tergores kemungkinan hanya bagian clear coat-nya saja (halus). Karena kedalamannya sering tidak konsisten, pengukuran ini perlu dilakukan di sepanjang goresan. Sesuaikan pengaplikasian produk dengan variasi kedalaman baret.

Jenis Kompon Apa yang Lebih Cocok, Polishing, Rubbing, atau Cutting?

blank

Umumnya, bahan utama produk penghilang goresan mobil adalah kompon (compound). Kompon adalah zat abrasif yang mengikis lapisan cat untuk meratakan permukaannya supaya goresan tertutup.

Kompon mampu pula menyingkirkan oksidasi yang mengakibatkan cat terlihat kusam dengan mengikis permukaan lama untuk memunculkan permukaan di bawahnya yang masih cemerlang.

Kompon dibedakan menjadi tiga jenis, yakni kompon polishing, rubbing, dan cutting. Sesuaikanlah jenis kompon yang Anda gunakan dengan kedalaman goresan mobil. Jangan pilih yang terlalu kuat kalau goresannya tak seberapa dalam. Agar terhindar dari penipisan cat yang tidak perlu.

Kompon Polish

Kompon polish alias polishing compound adalah jenis kompon yang tidak terlalu abrasif. Jenis ini biasa digunakan untuk goresan yang tidak terlalu dalam. Kompon ini bermanfaat pula untuk menyingkirkan oksidasi ringan yang membuat cat terlihat kusam.

Di samping itu, pada baret yang dalam, kompon polish juga dapat digunakan setelah kompon rubbing atau cutting sebagai finishing untuk membuat hasilnya lebih cemerlang.

Kompon Rubbing

Dibanding kompon polishing, sifat abrasi dari kompon rubbing lebih tinggi. Produk ini dipakai pada penanganan goresan yang dalam dan oksidasi yang parah. Selain itu, kompon rubbing dapat digunakan pula untuk menghilangkan bekas paint transfer (cat dari benda lain yang menempel di cat mobil kita karena melakukan kontak). Akibat daya kikisnya yang lebih tinggi, pengaplikasiannya harus lebih hati-hati.

Kompon Cutting

Cutting compound digunakan untuk menyebut kompon yang lebih abrasif dari rubbing compound. Jenis ini paling ideal untuk digunakan pada baret atau oksidasi yang kondisinya parah.

Jika dua jenis kompon sebelumnya gagal menghilangkan goresan di mobil Anda, maka inilah alternatif terakhirnya. Bila kemudian gagal juga, tandanya Anda harus menyerahkan penanganan pada profesional.

Pertimbangkan pula Bentuk Komponnya sesuai Kemudahan, Cair atau Pasta?

blank

Kompon tersedia dalam dua bentuk, cair dan pasta. Dari segi efektivitas, keduanya kurang lebih sama. Yang membedakan hanya kemudahan pengaplikasiannya saja. Kalau Anda punya mesin poles di rumah, kompon pasta akan bekerja lebih maksimal. Tetapi kalau Anda tidak punya, pilihlah kompon cair yang sangat mudah diaplikasikan dengan tangan.

Selain Kompon, Alternatif yang Nonabrasif juga Dapat Dipertimbangkan

blank

Kompon adalah zat abrasif yang mengikis lapisan cat untuk menutup goresan. Artinya, Anda tidak boleh sering-sering memakainya supaya lapisan cat mobil tidak tipis. Baret-baret kecil yang tidak mengganggu mata sebenarnya lebih baik dibiarkan saja. Tetapi, kalau Anda benar-benar tidak suka, Anda dapat coba produk penghilang goresan mobil yang nonabrasif.

Misalnya stratch repair kit yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Atau pen touch yang tinggal diolesi langsung ke goresan. Wax yang normalnya dipakai untuk coating permukaan juga kerap kali mampu menyembunyikan—bukan menghilangkan—goresan tipis.

Efektivitas produk nonabrasif tentu tidak setara dengan kompon. Kadang-kadang malah tidak efektif sama sekali. Tetapi, sebelum ke kompon, tidak ada salahnya mencoba produk seperti ini terlebih dulu. Toh, tidak ada dampak negatif dan harganya pun relatif murah.

Sisihkan Dana Lebih untuk Menyempurnakan Hasil

blank

Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang mulus seperti baru, pemakaian produk penghilang gores saja tidak cukup. Maka itu, Anda perlu menyisihkan budget untuk membeli beberapa alat dan produk tambahan yang menyempurnakan hasil perbaikan.

Anda perlu membeli application pad untuk mengoleskan kompon ke goresan di permukaan cat mobil. Kalau budget berlebih dan mau hasil pekerjaan lebih maksimal, Anda juga dapat membeli mesin poles, baik yang berjenis dual action ataupun rotary.

Di sepanjang proses, kain microfiber atau handuk juga dibutuhkan untuk mengelap. Setelah pengaplikasian kompon selesai, Anda dapat menambahkan polish, wax, atau glaze—salah satu sajauntuk memberi proteksi tambahan sekaligus membuat permukaan cat makin kinclong.

10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik

Setelah mengupas poin-poin pemilihan penghilang goresan mobil, sudah siapkah Anda untuk memilih produk? Di bagian ini, kami mengumpulkan sepuluh produk pilihan yang barangkali efektif untuk menghilangkan goresan mobil Anda.

1. Turtle Wax Rubbing Compound Heavy Duty Cleaner

Memuluskan goresan kasar agar cat kembali seperti baru

Kompon rubbing heavy duty bekerja memuluskan goresan yang kasar. Tidak hanya itu, produk ini juga mentransformasi cat mobil yang kusam karena berumur jadi seperti baru kembali.

Kemampuannya juga teruji dalam menghilangkan paint transfer, sisa getah pohon yang sudah mengering, maupun kotoran bandel lainnya. Pengaplikasian kompon berbentuk pasta ini juga sangat mudah karena bisa dilakukan dengan tangan memakai application pad.

Jenis Rubbing compound
Bentuk Pasta
Kisaran harga Rp61.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Turtle Wax Clean Finish Polishing Compound

Menyingkirkan goresan halus dan oksidasi yang ringan

Jika goresan di mobil Anda relatif halus, pakailah kompon dari Turtle Wax satu ini. Karena merupakan kompon polish, produk ini tidak terlalu abrasif sehingga lebih pas digunakan untuk restorasi yang lebih ringan.

Dengan mengaplikasikan kompon ini, cat mobil menjadi lebih cemerlang dan licin. Cat pun lebih tahan terhadap paparan sinar UV. Anda bebas mengaplikasikannya secara manual dengan tangan maupun bantuan mesin poles

Jenis Polishing compound
Bentuk Cair
Kisaran harga Rp113.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Meguiar’s Ultimate Compound

Diklaim bekerja lebih cepat dibanding kompon lainnya

Kompon buatan Meguiar’s ini diklaim bekerja lebih cepat dibanding kompon sejenis. Alhasil, cat menjadi mulus dan cemerlang dalam waktu singkat tanpa perlu mengikis terlalu banyak lapisan cat. Pengaplikasiannya pun mudah karena bisa dilakukan dengan tangan maupun mesin poles double action.

Jenis Rubbing compound
Bentuk Cair
Kisaran harga Rp340.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Meguiar’s Swirl Remover

Cocok untuk menghilangkan goresan halus dan hologram

Bila goresan di mobil Anda cenderung halus, cobalah cairan penghilang gores nonabrasif ini. Sebab formulanya tidak mengikis, lapisan cat mobil Anda takkan menipis. Produk ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan hologram yang sering muncul akibat pengaplikasian kompon.

Jenis Nonabrasif
Bentuk Cair
Kisaran harga Rp253.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Menzerna Heavy Cut Compound 1000

blank

Sumber: Menzerna.com

Kompon agresif untuk goresan yang lebih dalam

Untuk goresan yang agak dalam, Anda perlu kompon yang lebih agresif. Cobalah cutting compound dari Menzema satu ini. Kerjanya cepat dan menyeluruh untuk mengembalikan kemulusan cat. Supaya hasilnya lebih maksimal, lebih disarankan untuk mengaplikasikan produk ini dengan mesin poles.

Jenis Cutting compound
Bentuk Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp262.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. 3M Perfect-It EX Rubbing Compound 36060

blank

Sumber: 3m.co.id

Produk 3M yang agresif namun gampang diaplikasikan

Kompon ini mengombinasikan formula yang agresif dengan pengaplikasian yang mudah tanpa hambatan. Bahannya pun bekerja cepat sehingga tidak menghabiskan banyak waktu dalam pengaplikasiannya. Kualitas produk ini memang terjamin karena dibuat oleh 3M.

Jenis Rubbing compound
Bentuk Cair
Kisaran harga Rp310.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. 3M Hand Glaze 05990

blank

Sumber: 3m.co.id

Dapat dipakai sebagai finishing sehabis pengaplikasian kompon

3M Hand Glaze 05990 dapat menjadi solusi sementara untuk menyembunyikan goresan halus. Lebih bagus lagi Anda aplikasikan produk ini pasca aplikasi kompon untuk menutup gores halus yang kadang masih tersisa. Hasilnya, cat terlihat lebih mulus dan cemerlang seperti mobil baru.

Jenis Hand glaze
Bentuk Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp312.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Max Glow Magic Polish Scratch Remover

Rubbing compound murah meriah yang pantas dicoba

Anda dapat coba produk satu ini bila budget terbatas. Harga satu kaleng hanya 30 ribuan saja. Hasilnya pun diklaim cukup baik untuk menghilangkan baret halus dan mengilapkan bodi. Hebatnya lagi, krim ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan baret pada bodi motor dan helm.

Jenis Rubbing compound
Bentuk Krim
Kisaran harga Rp36.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. KIT Rubbing Compound

Lebih hemat dengan ukurannya yang kecil

Bila goresan di mobil terhitung kecil sehingga tidak perlu beli banyak kompon, Anda dapat coba produk satu ini. Ukuran yang kecil membuat harganya lebih hemat. Namun, jangan khawatir akan kualitasnya karena produk ini diklaim cukup efektif untuk meratakan kembali bekas goresan yang dalam.

Jenis Rubbing compound
Bentuk Pasta
Kisaran harga Rp9.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. KIT Paste Wax Restorative

 

Carnauba wax abrasif yang cukup andal menghilangkan baret halus

Bila wax umumnya hanya digunakan sebagai proteksi tambahan, wax satu ini dapat dipakai sebagai penghilang gores. Hal ini dikarenakan sifat bahannya yang abrasif, sehingga bekerja menyerupai kompon.

Jika baret di mobil Anda relatif halus, KIT Paste Wax Restorative mestinya dapat bekerja efektif. Di samping itu, wax ini juga bisa merestorasi cat yang teroksidasi dan berjamur.

Jenis Carnauba wax
Bentuk Pasta
Kisaran harga Rp64.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Penghilang Goresan Mobil

Produk Turtle Wax Rubbing Compound Heavy Duty   Cleaner Turtle Wax Clean Finish Polishing Compound Meguiar’s Ultimate Compound Meguiar’s Swirl Remover Menzerna Heavy Cut Compound 1000 3M Perfect-It EX Rubbing Compound 36060 3M Hand Glaze 05990 Max Glow Magic Polish Scratch Remover KIT Rubbing Compound KIT Paste Wax Restorative
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Rubbing compound Polishing compound Rubbing compound Nonabrasif Cutting compound Rubbing compound Hand glaze Rubbing compound Rubbing compound Carnauba wax
Bentuk Pasta Cair Cair Cair Tidak disebutkan Cair Tidak disebutkan Krim Pasta Pasta
Kisaran harga Rp61.000 Rp113.000 Rp340.000 Rp253.000 Rp262.000 Rp310.000 Rp312.000 Rp36.000 Rp9.000 Rp64.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Yuk, cek rekomendasi produk perlengkapan mobil dari PickyBest lainnya!

Setelah hilang dari goresan, Anda juga perlu merawat kebersihan kaca sampai kenyamanan kabinnya. Agar kaca tetap bersih, gunakanlah produk khusus pembersih kaca mobil.

Sementara untuk membuat kabin mobil tetap wangi, Anda bisa menyemprotkan parfum dengan aroma kesukaan. Temukan produk pembersih kaca hingga parfum untuk melengkapi perawatan mobil Anda di sini.

Kesimpulan

Jadi, manakah dari produk di atas yang tertarik Anda coba? Memilih penghilang goresan mobil memang tidak bisa sembarangan. Anda harus perhatikan kedalaman goresan, jenis dan bentuk kompon, kemungkinan memakai produk selain kompon, dan alat serta bahan tambahan lainnya untuk menyempurnakan hasil.

Jika Anda baru pertama kali mencoba dan goresan di mobil Anda cenderung halus, pilihlah polishing compound. Jika goresannya kasar, pilihlah kompon rubbing. Yang penting, pastikan untuk memahami cara pengaplikasiannya terlebih dulu agar hasilnya sesuai yang diinginkan. Selamat mencoba!

Referensi

Understanding Modern Automotive Paintwork
https://www.theultimatefinish.co.uk/car-care-blog/detailing/paintwork/ diakses pada 3 Maret 2021

‘Tis But a Scratch: Misadventures in Automotive Scratch Repair
https://www.wired.com/story/car-scratch-repair-kits/ diakses pada 3 Maret 2021

How To Compound a Car at Home | Step-by-Step Guide
https://www.turtlewax.com/blogs/how-to/how-to-compound-a-car-at-home diakses pada 3 Maret 2021

Rubbing Compound Vs Polishing Compound – The Difference
https://carfromjapan.com/article/car-maintenance/rubbing-compound-vs-polishing-compound/ diakses pada 3 Maret 2021

Car scratch repair: a complete guide
https://www.carbuyer.co.uk/tips-and-advice/151902/car-scratch-repair-a-complete-guide diakses pada 3 Maret 2021

How to Fix Car Scratches On Your Own (Do it Yourself)
https://anewwayforward.org/how-to-fix-car-scratches/ diakses pada 3 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.