Written by 21:06 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Produk Hair Treatment Terbaik

Sehabis memakai alat penata rambut maupun melakukan proses pewarnaan, rambut rentan terhadap kerusakan. Saat itulah produk hair treatment dapat menjadi pahlawan untuk membantu Anda menjaga kondisi rambut pasca styling dan hair coloring. Produk hair treatment juga efektif melindungi kutikula agar terhindar dari rambut rapuh.

Dari segi merek, misalnya Ellips, Makarizo, L’oreal Paris, dan Natur, sampai bentuk, fungsi, dan aromanya, mungkin membuat Anda bingung menentukan produk. Maka dari itu, kami bermaksud menerangkan fungsi hair treatment, cara memilih produk hair treatment, sekaligus menampilkan deretan produk terbaik. Simak terus, ya!

Apa itu Hair Treatment?

Hair treatment adalah salah satu perawatan rambut yang difungsikan untuk pencegahan rambut rusak. Biasanya, treatment ini dilakukan setelah beberapa kali menggunakan alat styling rambut, entahkah untuk meluruskan, mengeriting, dan sebagainya. Anda yang melakukan pewarnaan rambut juga perlu menerapkan hair treatment agar kondisi rambut tetap prima.

Bisa dibilang produk hair treatment memiliki peranan lebih lengkap dibandingkan sampo dan kondisioner. Hair treatment kerap disebut dengan hair care oleh beberapa orang dan ahli tata rambut. Produk yang tergolong ke dalam hair treatment pun beragam. Selain hair mask, ada produk hair treatment berbentuk hair oil, hair serum, dan hair tonic.

Cara Memilih Produk Hair Treatment

Dalam memilih produk, ada poin-poin yang mesti Anda cek, seperti bentuk produk, fungsi utama, cara penggunaan, formula yang terkandung, serta aromanya apakah sesuai selera atau tidak. Selengkapnya mengenai aspek-aspek tersebut akan kami jelaskan di sini. Selamat membaca!

Berbagai Bentuk Produk Hair Treatment yang Tersedia di Pasaran

Kami telah jelaskan sebelumnya, produk hair treatment ada beragam bentuknya. Pada umumnya, produk yang dikategorikan sebagai hair treatment product antara lain hair mask, hair serum, hair tonic, dan hair oil. Penting memperhatikan bentuk produk yang hendak Anda gunakan supaya efek kerja yang diberikan sesuai kebutuhan rambut Anda.

Pakailah hair serum untuk Anda yang ingin mengondisikan rambut melalui kekayaan nutrisi. Hair mask sangat baik untuk menghindari kerusakan secara menyeluruh. Jika terjadi kerontokan, Anda bisa andalkan hair tonic yang membantu menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok. Sementara hair oil yang bertekstur oily cocok untuk memberikan kelembapan intensif terhadap rambut.

Pilih Jenis Treatment sesuai Kebutuhan Rambut Anda

Yang dimaksud jenis treatment adalah bagaimana sebuah produk bekerja efektif berdasarkan metode penerapannya. Ada dua jenis treatment melalui produk khusus perawatan rambut, yakni in bath treatment dan out bath treatment. Masing-masing bentuk treatment perlu Anda sesuaikan dengan kenyamanan serta efektivitasnya. Pilih yang paling maksimal merawat rambut Anda, ya!

In Bath Treatment: Perawatan dalam Keadaan Rambut Basah untuk Perbaiki Kerusakan

In bath treatment adalah aktivitas merawat rambut yang dilakukan saat rambut dalam keadaan basah. Sampo dan kondisioner bukanlah produk hair treatment yang dimaksud, melainkan hair mask dan produk bertekstur krim lain. Lebih tepatnya, in bath treatment diterapkan seusai keramas dalam keadaan rambut setengah basah. Jenis perawatan ini ampuh memperbaiki kerusakan rambut hingga bagian terdalam.

Umumnya, butuh waktu beberapa saat sebelum produk dibilas. Namun, belakangan bisa ditemukan produk yang bisa langsung dibilas. Pilihlah produk sesuai tingkat kerusakan rambut Anda. Akan lebih baik lagi jika sebelumnya Anda berkeramas dengan sampo bermerek sama, atau paling tidak manfaatnya sejalan dengan produk hair treatment yang akan Anda gunakan setelahnya.

Out Bath Treatment: Perawatan dalam Keadaan Rambut Kering untuk Melindungi Rambut

Out bath treatment adalah bentuk perawatan yang bisa Anda lakukan saat rambut kering.  Skip-nya proses pembilasan membuat produk hair treatment tipe out bath treatment dipilih banyak orang karena dinilai praktis dan hemat waktu. Namun, jenis ini kurang ideal untuk Anda yang menderita kerusakan rambut cukup parah, karena  sebatas memberikan perlindungan rambut agar kondisinya terjaga.

Hair oil, hair serum, dan produk milky type lain kompatibel untuk out bath treatment. Meski Anda bisa mengaplikasikan tanpa berkeramas sebelumnya, tetap penting menerapkan produk pada rambut bersih. Carilah formula yang bermanfaat untuk rambut Anda, khususnya yang mampu memelihara kelembapan rambut. Supaya hasilnya lebih powerful, kombinasikan perawatan dengan in bath treatment, ya!

Periksa Kandungan Utama beserta Hasil Akhir yang Dijanjikan

Untuk memperoleh dampak perawatan maksimal, kami menyarankan Anda membeli produk hair treatment dengan komponen bahan yang cukup lengkap. Kandungan utama produk dapat Anda periksa pada list teratas tabel komposisi, atau deretan pertama pada kolom ingredients di belakang kemasan. Lebih baik lagi jika Anda mengenali kinerja setiap komponen dengan menelusurinya di internet.

Bagi Anda yang menghendaki hair treament untuk mengatasi rambut kering, pastikan produk pilihan Anda mengandung bahan pelembap seperti olive oil, jojoba oil, apricot oil, wheat protein, cathecin, dan sebagainya. Meski rambut Anda tak tergolong kering sekalipun, bahan-bahan tersebut sangat baik memelihara rambut kasar dan rusak akibat minimnya kelembapan.

Pilih yang Fungsinya Cocok dengan Kondisi Rambut Anda

Hal utama yang ditawarkan produk hair treatment adalah mengatasi kerusakan rambut. Sayangnya, bentuk kerusakan ada banyak macam dan tingkatnya. Rambut kering dan kasar misalnya, kondisi ini memicu munculnya kerusakan berupa rambut gampang patah. Saat rambut mudah patah, risiko kebotakan pun semakin besar. Oleh karena itu, kami sangat menganjurkan Anda untuk memilih produk hair treatment yang fungsinya sesuai kondisi atau masalah rambut Anda.

Untuk Kerusakan Rambut yang Cukup Parah, Pilih Produk berkandungan Silikon

Produk perawatan rambut yang tercantum silikon pada daftar kandungannya dapat dipilih oleh Anda dengan kondisi rambut rusak yang terakulumasi. Silikon tak selalu berdampak negatif pada rambut, karena sejatinya silikon disusun dari campuran partikel halus yang aman untuk rambut.

Produk hair treatment berkandungan silikon akan melindungi permukaan setiap helai rambut. Dengan begitu, kondisi damaged hair yang Anda derita perlahan pulih. Selain silikon, tentu saja produsen menyematkan bahan aktif lain yang akan memperbaiki kerusakan. Hasilnya pun, rambut akan bebas rusak dan tidak mudah kusut, lalu silikonnya menjadikan rambut Anda lebih halus dan tampak berkilau.

Untuk Rambut Tipis dan Kurang Bervolume, Pilih Produk tanpa Silikon

Apabila Anda termasuk pemilik rambut tipis, produk hair treatment yang ideal dipilih adalah produk yang bebas kandungan silikon. Adanya silikon memang membuat rambut halus dan berefek kilau. Namun pada rambut tipis, silikon justru menyebabkan rambut jatuh, sehingga kulit kepala Anda cenderung terlihat akibat tipisnya rambut.

Rambut yang tipis juga dihadapkan dengan permasalahan lain seperti tidak mengembang. Nah, produk hair treatment tanpa silikon dikatakan bagus untuk rambut tipis karena selain membuat rambut lebih bervolume, jenis produk ini rendah risiko yang ditimbulkan ke kulit kepala.

Untuk Rambut Kering dan Kasar, Pilih Produk yang Tinggi Unsur Pelembap

Terkena sinar matahari menurunkan kelembapan rambut. Akibatnya, rambut kering dan kasar sulit dielakkan. Untuk Anda yang sedang mengalami rambut kering, tandanya Anda memerlukan produk hair treatment yang bagus untuk menghidrasi rambut dari dalam.

Produk tinggi kandungan minyak adalah pilihan terbaik yang layak Anda coba. Minyak argan termasuk salah satu bahan ampuh untuk mengatasi kekeringan rambut sebab tinggi kandungan essential fatty acids. Selain itu, temukan juga bahan yang memperkaya komposisi, misalnya vitamin E, jojoba oil, ceramide, aqua collagen, atau baobab extract. Seluruhnya baik untuk pemeliharaan rambut kering!

Untuk Rambut Rentan Patah, Pilih Produk yang Melindungi Kutikula Rambut

Rambut yang mudah patah menandakan berkurangnya kemampuan kutikula dalam melindungi batang rambut. Hal yang paling sering menyebabkan rusaknya kutikula antara lain pengeritingan, pelurusan, pewarnaan, dan pemutihan (bleaching) rambut. Panasnya alat styling dan bahan kimia yang memapar rambut berkontribusi besar terhadap hilangnya fungsi kutikula rambut.

Anda yang menderita rambut rapuh dan rentan patah disarankan membeli produk hair treatment yang bekerja pada cell membran complex pada kutikula. Carilah produk yang dilengkapi bahan pelindung kutikula, contohnya carboxymethylalanyl disulfide keratin (CMADK) yang memang menjadi komponen penyusun kutikula rambut.

Pastikan Aroma yang Dikeluarkan sesuai Selera Anda

Hal yang tidak boleh Anda skip tatkala menentukan produk hair treatment adalah mengecek aroma yang dihasilkan. Jika sebuah produk mengeluarkan aroma kesukaan Anda, tentu Anda merasa lebih nyaman setiap kali melakukan treatment, begitu pula sebaliknya!

Jadi, setelah memastikan produk pilihan Anda cocok dengan kebutuhan, pastikan kembali aroma yang dikeluarkan Anda sukai. Jika tidak menemukan aroma favorit, paling tidak aromanya cocok di hidung Anda alias tidak mengganggu. Untuk memeriksa aroma produk, coba kunjungi official website. Bila tidak menemukan keterangan aroma, periksalah review dari para pengguna.

10 Rekomendasi Produk Hair Treatment Terbaik

Berikut list produk hair treatment yang telah kami rangkum dan siap untuk ditampilkan kepada Anda. Setiap produk mempunyai kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, wajib bagi Anda memilih produk hair treatment yang paling tepat dan sesuai kebutuhan rambut. Selamat berbelanja!

1. L’Oreal Paris Elvive Extraordinary Oil – Gold

Sehatkan rambut untuk tampilan sempurna tanpa efek lengket!

Produk persembahan L’oreal Paris satu ini dibuat khusus untuk kebutuhan rambut perempuan Indonesia. Tersemat bermacam kebaikan untuk menutrisi setiap batang rambut dari bagian akar hingga ujungnya. Dengan memadukan 6 ekstrak bunga, Elvive Extraordinary Oil – Gold memberikan perlindungan penyeluruh untuk rambut sehat.

Hair treatment dalam bentuk hair oil ini multifungsi. Bagi Anda yang ingin menyempurnakan tampilan rambut agar berkilau, halus, dan terasa lembut, produk ni cukup diaplikasikan 3 – 4 tetes sebelum keramas. Anda bisa juga menggunakannya sebelum mengeriting rambut agar rambut terlindungi. Penggunaan saat rambut kering pun membuat kilau dan intensitas warna rambut meningkat!

Bentuk produkHair oil
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMenutrisi, melindungi, menyempurnakan penataan akhir rambut
AromaFloral
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp135.000

2. Ellips Cuticle Serum

Menutrisi kutikula agar rambut terlindungi dan bebas kering

Ellips menghadirkan serum rambut berkotak kemasan pink fuschia yang tampak berkelas. Dengan harga yang ramah kantong, Anda wajib mencoba produk ini. Dirumuskan sebagai out bath treatment, produk berbotol plastik transparan ini mudah diratakan ke batang rambut setiap habis keramas dalam kondisi rambut setengah kering.

Ellips Cuticle Serum bekerja baik mengatasi rambut yang tipis dan halus sehingga terlihat kurang bervolume. Kebaikan Pro-Vitamin B5 yang turut serta ke dalam ingredients-nya, menjadikan hair treatment ini semakin lengkap dengan fungsi perawatan dan penutrisian batang rambut kering dan kusam. Berlabel halal, travel-friendly, wangi segar. dan dijamin dtidak lengket apalagi lepek. Kurang apalagi?

Bentuk produkHair serum
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMemperbaiki kutikula rambut yang kering dan kusam
AromaFresh
Ukuran20 mL
Kisaran hargaRp40.450

3. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Mask Ginseng

Mengandung ekstrak ginseng untuk mengurangi kerontokan

Tube kemasan Rudy Hadisuwarno memastikan kepraktisannya untuk Anda bawa bepergian. Bagi Anda membutuhkan produk hair treatment untuk mengatasi rambut rontok, produk yang cukup didiamkan 5 menit sebelum pembilasan ini membantu perkuat batang rambut agar tidak mudah rontok berkat kandungan ekstrak ginsengnya.

Didukung oleh fitur Active HL Defense Complex khas Rudy Hadisuwarno, perawatan rambut lebih maksimal. Hasilnya, rambut Anda bukan hanya terbebas dari kerontokan, namun batang rambut ternutrisi dan terlindungi dari kerusakan. Tak cuma itu, masker rambut ini diklaim pula mampu mengilaukan alami rambut Anda!

Bentuk produkHair mask
Jenis treatmentIn bath treatment
FungsiMengurangi kerontokan dan menutrisi batang rambut
AromaHerbal ginseng
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp72.000

4. Makarizo Texture Experience Hair & Scalp Cream Black Chocolate

Sulap rambut Anda yang kering menjadi well-moisturized!

Aroma cokelat tersebar setiap kali Anda menggunakan produk ini. Di samping membuat rileks dan menjaga mood selama treatment, komponen ekstrak kakao di dalamnya menyimpan katekin yang efektif melembapkan seluruh helai rambut. Tekstur creamy mempermudah Anda meratakan masker. Gunakan shower cap apabila Anda nutrisi produk lebih cepat diserap rambut.

Meski tergolong aman untuk kulit kepala, sebaiknya Anda batasi pemakaiannya ke supaya krim tidak menumpuk. Makarizo sangat menyarankan produk hair treatment andalannya ini digunakan oleh Anda yang mengalami kekeringan rambut. Pasalnya, sehabis treatment, wangi cokelat bertahan lama, rambut super halus pun Anda miliki. Buktikan sendiri!

Bentuk produkHair mask
Jenis treatmentIn bath treatment
FungsiMencegah kerusakan rambut, melembapkan kulit kepala
AromaCreamy chocolate
Ukuran500 g
Kisaran hargaRp135.200

5. Lucido-L Triple Beauty Vitamin Oil – Kuning

Solusi utama untuk mengatasi rambut kering Anda

Lucido-L Triple Beauty Vitamin Oil varian berkemasan kuning didesain spesial untuk kebutuhan rambut kering. Produk hair treatment yang best seller ini dibekali 3 tipe vitamin, yaitu vitamin A, C, dan E, beserta ekstrak alpukat sebagai komposisi dasar untuk menutrisi dan melembapkan rambut secara intens, sekaligus menampilkan efek kilau mempesona!

Lengkap dengan bahan CMC (cell membrane complex) ingredients, kutikula dan sel korteks rambut berperan sempurna menjaga aliran air ke setiap sel-sel rambut. Meskipun optimal untuk menghidrasi rambut, Lucido-L memformulasi produk yang handy-size ini agar cepat terserap rambut, serta light finishing-nya memberikan sensasi jari seperti tergelincir saat mengusap rambut.

Bentuk produkHair oil
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMengatasi rambut kering
AromaFruity fresh
Ukuran50 mL
Kisaran hargaRp36.400

6. L’Oreal Paris Total Repair 5 Deep Repairing Mask

Formula khusus untuk memperbaiki 5 kerusakan sekaligus

Satu solusi untuk 5 fitur yang ditawarkan produk ini membantu Anda terlepas dari bermacam bentuk kerusakan, mulai dari rambut rentan patah, kering, kusam, rapuh, dan bercabang. L’oreal Paris mengklaim produk hair treatment unggulannya ini sanggup meresap hingga 10 lapisan kutikula rambut untuk pemeliharaan dari dalam.

Seluruh keunggulan yang dimiliki bersumber dari bahan utamamya ceramide dan LAK1000, sebuah replika bahan alami rambut untuk memperbaiki kerusakan dari pusat sekaligus meningkatkan kekuatan batang rambut. Apabila rambut Anda mengembang bak singa, produk hair treatment dengan wangi tahan lama ini membuat rambut jatuh, halus, dan mudah diatur!

Bentuk produkHair mask
Jenis treatmentIn bath treatment
FungsiMengatasi rambut patah, kering, kusam, rapuh, dan bercabang
AromaWangi lembut hingga berhari-hari
Ukuran200 g
Kisaran hargaRp67.000

7. Natur Hair Serum Protecting Treatment

Hair treatment serum dengan keharuman yang bertahan lama!

Apabila Anda sering mengubah bentuk dan warna rambut, treatment dari Natur ini sangat bagus mempertahankan kekuatan rambut. Efek dekstruktif dari tindakan dekoratif rambut akan ditekan melalui rangkaian natural active oil dan vitamin E pada produk ini.

Ketika menemui kondisi rambut bercabang, Natur Hair Serum Protecting Treatment dapat Anda aplikasikan untuk meratakan struktur rambut. Bahkan, rambut yang kusam dan rontok pun mampu teratasi oleh produk hair treatment bertutup pump ini. Yang tak boleh dilupakan, Natur telah memodifikasi komposisinya sehingga wanginya dijamin enak!

Bentuk produkHair serum
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMenutrisi dan menjaga kelembapan rambut, mengilaukan rambut, mempertahankan kekuatan rambut
AromaBerry
Ukuran60 mL
Kisaran hargaRp77.500

8. Ree Derma Hot Oil

Bisa diaplikasikan ke kulit kepala dan batang rambut

Sebab kemampuannya yang terbukti ampuh mempercepat pertumbuhan rambut, Ree Derma Hot Oil menjadi hype serta direkomendasikan banyak makup artist dan beauty influencer. Untuk memerangi kulit kepala berminyak dan kerontokan, produk hair treatment ini sangatlah juara!

Di dalamnya tercantum vitamin C yang berfungsi meningkatkan toleransi kulit kepala dari pengaruh eksternal. Ada juga vitamin A untuk meregenerasi sel-sel rusak, lalu vitamin B6 yang membuat rambut cepat tumbuh, serta fatty acid dari minyak kelapa menjadikan produk ini menutrisi kulit kepala dan folikel rambut untuk mengurangi kerontokan.

Bentuk produkHair oil
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMenstimulasi pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, melembutkan rambut, menyeimbangkan kondisi kulit kepala
AromaCoconut oil
Ukuran60 mL
Kisaran hargaRp100.000

9. Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Bisa digunakan pada rambut basah, kering, atau bersama produk penata rambut

Terinspirasi dari bunga kamelia yang tahan air, Matrix meluncurkan produk hair treatment untuk melembutkan rambut pada tingkat kelembapan mencapai 97%. Selain itu, keutamaan avocado oil pada Smoothproof Deep Smoothing Serum memastikan rambut yang tadinya mengembang maupun keriting menjadi lebih gampang diatur.

Anda yang ingin membebaskan rambut dari kusut, melindungi rambut dari efek penggunaan alat penataan yang panas atau cuaca lembap, produk ini merupakan solusi yang Anda butuhkan! Formulasi bahan-bahannya bebas paraben, menjadikannya tak sebatas lebih aman, tetapi juga cocok untuk rambut Anda yang diwarnai.

Bentuk produkHair serum
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMemperbaiki rambut yang kusut dan susah diatur, meningkatkan kilau rambut, melindungi rambut dari alat styling dan cuaca lembap
AromaWangi khas salon
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp101.200

10. L’Oreal Paris Extraordinary Oil Floral – Jasmine

Nyatakan harum lembut rambut dengan efek kilau dan sensasi halus!

Khusus varian ini, L’oreal Paris mencantumkan bahan utama ekstrak bunga jasmine yang memancarkan keharuman tahan lama. Bukan belasan jam atau seharian penuh, tetapi harum bunga lembutnya terasa hingga 72 jam! Produk ini ampuh melembapkan rambut, membuatnya ideal digunakan untuk perawatan rambut kering dan rusak.

Selain terkenal akan keharuman unsur botani, L’oreal Paris Extraordinary Oil Floral seri Jasmine fleksibel penggunaannya. Jadi, Anda bisa menerapkan treatment sebelum keramas maupun sebelum mengeringkan rambut dengan hair dryer. Rambut harum, halus, tertata rapi, dan terlihat berkilau nyata tercipta!

Bentuk produkHair oil
Jenis treatmentOut bath treatment
FungsiMerawat rambut rusak dan kering
AromaJasmine flower
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp168.700

Lihat juga rekomendasi produk perawatan rambut terbaik lainnya di sini!

Produk hair treatment ada banyak macamnya. Anda bisa menyesuaikan produk yang digunakan sesuai kondisi rambtu dan fungsi yang ingin diperoleh.

Berikut tercantum puluhan produk untuk merawat rambut, seperti hair mask, hair tonic, dan hair vitamin yang mungkin cocok dengan Anda. Selamat berbelanja!

10 Rekomendasi Hair Mask Terbaik
10 Rekomendasi Hair Mask Terbaik untuk Rambut Kering
10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik
10 Rekomendasi Hair Vitamin Terbaik untuk Rambut Kering
10 Rekomendasi Hair Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok

Kesimpulan

Sesudah menentukan produk hair treatment terbaik berdasarkan kebutuhan rambut Anda, selanjutnya Anda mesti menerapkan produk sesuai panduan yang tertera. Bacalah aturan pakai secara saksama pada kemasan atau secarik kertas yang biasa tersedia di dalam kotak kemasan. Gunakan produk dengan frekuensi sesuai anjuran, ya!

Jadi, ready to go memerangi rambut rusak, mudah patah, kasar, atau masalah lain yang Anda hadapi? Sepuluh produk hair treatment yang tercantum di atas dapat membebaskan Anda dari permasalahan rambut secara efektif. Selamat melakukan perawatan, semoga berhasil!

(Visited 606 times, 10 visits today)