Written by 02:02 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Regulator Blue Gaz

Regulator gas menjadi perangkat penting bagi setiap orang yang memasak dengan kompor gas. Benda ini dikenal pula dengan sebutan tutup tabung gas atau penyambung tabung gas dan kompor melalui selang. Secara garis besar, terdapat dua tipe regulator gas yang masing-masing digunakan untuk skala berbeda. Ada yang untuk rumahan hingga restoran.

Selain memperhatikan tipe regulator, perhatikan pula komponen-komponen pada regulator gas, seperti katup dan seal (karet penyekat) yang menjadi bagian paling penting dari sebuah regulator gas. Anda yang saat ini berencana membeli regulator gas tentu harus memilih produk yang tepat dan berkualitas. Karena itulah, kami akan memandu Anda mendapatkan regulator gas terbaik dalam tulisan ini.

Cara Memilih Regulator Gas

Pada dasarnya, pemakaian kompor dan tabung gas terjamin keamanannya apabila regulator yang digunakan telah memenuhi standar keamanan yang berlaku. Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui bahwa ketika membeli regulator gas, bukan hanya memeriksa status pengujian dan standar keamanannya, tetapi memahami karakter dari masing-masing produk juga termasuk penting.

Seperti yang disebutkan, regulator gas memiliki dua tipe. Selain itu, komponen lain seperti katup, seal, dan selang juga penting untuk diperhatikan kualitasnya. Demi proses memasak yang aman dan nyaman, gunakanlah produk yang telah melewati proses uji panjang. Sebelum menentukan produk, sekiranya lebih baik Anda pahami terlebih dahulu tipe-tipe dan komponen lain pada regulator gas itu sendiri.

Pilih Berdasarkan Besar Tekanannya

Pilih Berdasarkan Besar Tekanannya

Regulator gas yang digunakan untuk skala kecil, seperti rumah atau indekos, berbeda jenisnya dengan regulator yang dipakai memasak pada restoran, toko kue ataupun produsen roti yang umumnya menggunakan oven-oven besar untuk pemanggangan. Secara umum, regulator gas terbagi menjadi dua tipe. Masing-masing perbedaannya akan diulas lebih jelas melalui poin-poin berikut ini:

  • Regulator Tekanan Tinggi. Tekanan pada regulator gas ini sebesar 0,6 kg/jam. Bentuk fisiknya berbeda dengan regulator tekanan rendah, begitu pula terdapat kenop yang bisa diputar untuk mengatur besar kecil gas yang ingin dikeluarkan. Regulator gas tekanan tinggi biasa dipakai untuk memasak di dapur restoran yang menggunakan kuali besar atau pada penjual kue dan roti yang memanggang dengan oven berukuran besar.
  • Regulator Tekanan Rendah. Kebalikannya, regulator gas dengan tekanan rendah diperuntukkan bagi pengguna rumahan atau skala kecil. Regulator ini lebih mudah ditemui di toko-toko yang menjual kebutuhan rumah tangga. Harga jualnya juga lebih ramah, termasuk komponen pelengkapnya seperti selang misalnya.

Manakah yang Anda perlukan? Pastikan Anda menggunakan regulator gas yang tepat tipenya, ya!

Pastikan Terbuat dari Bahan yang Kuat dan Dilengkapi Pengaman

Pastikan Terbuat dari Bahan yang Kuat dan Dilengkapi Pengaman

Regulator tabung gas dikatakan berkualitas apabila terbuat dari material kuningan yang kuat, tahan lama, dan anti karat. Di samping itu, pastikan juga bahwa produk pilihan Anda dilengkapi dengan pengaman (stopper). Stopper ini disematkan pada 3 bagian regulator, yakni di mulut tabung, dudukan regulator gas, dan mulut out-flow regulator tempat keluarnya gas,

Stopper yang terdapat di mulut tabung gas adalah seal atau karet sekat yang berperan menutup celah antara katup regulator dan mulut tabung gas itu sendiri. Seal ini juga harus ada pada stopper kedua yakni katup regulator sebagai penutup sisa celah yang ada ketika regulator diputar. Stopper terakhir pada mulut out-flow pada regulator yang bagus telah diperkuat dengan ball bearing agar mampu menutup jalur gas saat terjadi kebocoran.

Perhatikan Kualitas Selang Jika Membeli Paket Komplet

Perhatikan Kualitas Selang Jika Membeli Paket Komplet

Selang adalah komponen yang menghubungkan regulator yang menempel pada tabung gas dengan kompor. Kegunaannya untuk mengalirkan gas dengan tekanan yang telah disesuaikan oleh regulator. Kestabilan tekanan gas yang disalurkan juga dapat memengaruhi sisi keamanan sebab bisa menghindarkan terjadinya kebocoran.

Selang gas biasanya bertahan hingga 1 – 3 tahun dan setelahnya harus diganti secara periodik. Namun, rentang waktu tersebut juga tidak bisa dijadikan patokan. Kualitas selang dan frekuensi pemakaian ikut memengaruhi usia selang. Saat memilih regulator gas, Anda kami sarankan untuk membeli selangnya juga. Jika di rumah selang masih berfungsi dengan baik, setidaknya Anda pahami bagaimana ciri-ciri selang yang berkualitas.

Setidaknya, selang gas mempunyai tiga lapisan penyusun. Lapisan pertama dapat menahan tekanan gas sangat tinggi, pilihlah yang mampu menahan tekanan di atas 290 psi (Pounds per Square Inch). Sekarang ini mudah menemukan selang gas yang dapat menahan tekanan 300 – 500 psi bahkan lebih dengan harga yang variatif.

Pada lapisan kedua selang digunaakn bahan reinforced woven polyester fiber yang membuat selang cukup elastis. Sementara lapisan ketiga atau terakhir adalah lapisan yang bekerja menahan panas dari luar sekaligus dirancang dengan sifat anti getas atau anti sobek. Beberapa produk ada pula yang dilengkapi lapisan pelindung tambahan dari metal galvanized yang membuat selang tahan dari gigitan tikus serta meminimalisir terjadinya kebocoran.

Ketahui Fungsi Jarum Indikator pada Regulator

Ketahui Fungsi Jarum Indikator pada Regulator

Saat memilih regulator gas, pastikanlah terdapat jarum indikator yang berfungsi dengan baik. Jarum indikator pada regulator gas bukanlah dipasang untuk memberikan informasi terkait volume atau isi gas di dalam tabung, melainkan tekanan di dalam tabung. Anda harus ingat betul hal ini sebab masih banyak yang salah memahaminya.

Jarum indikator bergerak pada skala warna kuning, hijau, hingga merah. Jarum tersebut menunjukkan tekanan gas di dalam tabung di mana perubahannya dipengaruhi oleh suhu ruangan gas tersebut digunakan. Jika tekanan di dalam tabung semakin tinggi, maka jarum indikator akan bergerak ke arah merah sebagai sinyal bahaya.

Sementara untuk mengetahui volume atau isi gas di dalam tabung, Anda hanya bisa mengetahui dengan cara menimbang. Sebagai tambahan informasi, semisal Anda beli gas elpiji 3 kg, maka berat tabung secara keseluruhan adalah 8 kg. Dengan kata lain, tabung yang kosong (tidak ada gas di dalamnya) memiliki bobot 5 kg dan bila terdapat isi gas 3 kg tentu saja total berat tabung menjadi 8 kg.

Pilh yang Telah Memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)

Pilh yang Telah Memenuhi Standar Nasional Indonesia SNI

Supaya membantu Anda menemukan produk yang tepat, berkualitas, dan terjamin keamanannya, pastikan regulator gas yang Anda pilih telah mendapatkan sertifikat resmi SNI (Standar Nasional Indonesia). Banyak ditemukan kasus kebocoran tabung gas yang berakibat fatal dikarenakan pengguna tidak memakai regulator gas ber-SNI.

Anda harus berhati-hati ketika memilih langsung di toko maupun swalayan. Pasalnya, masih banyak beredar regulator gas yang belum berlabelkan SNI pada produknya. Biasanya harga jual regulator gas non-SNI lebih murah sehingga dapat menarik minat konsumen. Regulator yang terjamin keamanannya adalah yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan cetak timbul.

10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Baru saja pahami tentang tipe regulator berdasarkan tekanannya, termasuk fungsi jarum indikator serta jenis selang yang direkomendasikan Selanjutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh regulator gas terbaik keluaran merek-merek ternama, seperti Winn Gas, Quantum, Miyako, Rinnai, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih produk yang berkualitas, ya!

1. Quantum QRL 03

Quantum QRL03

Kisaran harga: Rp60.000

Kecil dan kuat dalam mengunci katup gas, kebocoran pun minim terjadi!

Selain mengeluarkan kompor gas, Quantum juga merilis regulator gas dengan nama QRL 03. Produk ini terbuat dari tembaga yang kuat dan berkualitas baik sehingga akan sangat kecil risiko terjadinya kebocoran. Jika Anda mencari regulator gas tanpa selang, Quantum QRL 03 dapat dipandang sebagai opsi.

Dengan tekanan 2 kg/jam dan sistem penguncian diputar, proses pemasangannya pun semakin mudah. Hadir dengan warna hijau kebiruan, Anda dapat melihat regulator gas ini dengan mudah saat datang ke toko. Dengan bobot 1 kg dan dimensi 9 x 6 x 10 cm, tergolong ringan namun kukuh dalam mengunci katup gas.

2. Winn Gas HP Regulator Gas

Winn Gas HP Regulator Gas

Kisaran harga: Rp58.000

Regulator ber-SNI dengan tekanan tinggi

Anda dapat mengandalkan regulator gas ini untuk kebutuhan memasak berskala besar, semisal dipakai pada usaha kuliner Anda atau semacamnya. Dirancang dengan tipe tekanan tinggi, regulator ini memiliki kapasitas aliran gas 0 – 6 kg per jam. Winn Gas juga mendesain produk ini agar bisa menyalurkan gas lebih hemat, cocok untuk Anda yang ingin meminimalisir anggaran mingguan.

Sebelum dirilis, produk ini telah diuji kebocoran gas dan terbukti aman. Karena itulah, regulator gas dari Winn Gas ini memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena bertekanan tinggi, regulator ini hanya dapat digunakan pada tabung elpiji baja kapasitas 3 kg maupun 12 kg. Saat kompor tidak digunakan, sebaiknya Anda cabut regulator gas ini dari tabung demi mengurangi risiko kebocoran gas.

3. Winn Gas 118 Regulator Meter

Winn Gas 118 Regulator Meter

Kisaran harga: Rp63.000

Terdapat stopper untuk menghentikan aliran gas saat terjadi kebocoran

Apabila Anda ingin membeli regulator gas merek Winn Gas namun yang dirancang bertipe tekanan rendah, seri 118 ini jawabannya. Sama dengan produk sebelumnya, produk ini juga sudah melewati proses pengujian untuk melihat bagaimana kemampuannya menahan kestabilan gas yang disalurkan tanpa menimbulkan kebocoran.

Selain aman digunakan karena menjamin tidak terjadinya kebocoran gas, produk ini dirancang dengan stopper (pengaman) yang dapat menghentikan aliran gas ketika misalnya terjadi kebocoran pada selang akibat karet penyekat (seal) yang kurang baik. Tentu saja, Winn Gas juga menjamin regulator gas besutannya ini mampu menghemat pemakaian gas.

4. Nankai High Pressure Regulator

Nankai High Pressure Regulator

Kisaran harga: Rp67.000

Atur sendiri tekanan gas yang dikeluarkan hanya dengan memutar kenopnya

Nankai menawarkan regulator gas bertekanan tinggi yang dapat menjaga tekanan gas tetap stabil dan aman. Diproduksi melalui manufaktur yang panjang, produk ini kemudian dipasarkan sebagai alternatif bagi Anda yang memerlukan regulator gas high pressure dengan harga bersahabat.

Dilengkapi stopper pada katup regulator, pengaman tersebut akan memberhentikan aliran gas sehingga api dapat mati dan risiko terjadinya kebakaran terhindari. Dengan produk ini, Anda juga bisa mengatur tekanan gas yang keluar hanya dengan memutar tuas atau kenopnya.

5. Gascomp GRS-01 Regulator Meter Super Lock

Gascomp GRS 01 Regulator Meter Super Lock

Kisaran harga: Rp93.000

Memiliki kekuatan pengunci 50.000 kali lebih kuat

Gascomp GRS-01 mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan regulator gas lainnya. Tetapi, produk ini memiliki banyak sekali keunggulan sehingga Anda akan sulit beralih darinya. Selain memenuhi standar SNI, produk ini juga diklaim memiliki pengunci dengan kekuatan 50.000 kali lebih kuat sehingga terjadinya kebocoran gas bisa dipastikan tidak terjadi.

Walau menawarkan pengunci super kuat, regulator gas ini termasuk mudah pemasangannya. Hanya dengan satu jari saja, Anda bisa menutup mulut tabung dengan katup regulator secara presisi. Luar biasanya lagi, produk ini juga telah diuji ketahanan materialnya. Pada jarak ketinggian 1 meter, Gascomp GRS-01 dijatuhkan dan tidak ada retak ataupun pecah pada badan regulator secara visual ataupun mekanismenya.

6. StarCam SC-202TT Regulator Gas Pengaman Ganda

StarCam SC 202TT Regulator Gas Pengaman Ganda

Kisaran harga: Rp105.000

Mampu menyirkulasi gas secara konstan sekaligus melindungi lubang tabung

Gunakanlah regulator gas ini pada kompor gas tekanan tinggi. StarCam mendesain produk yang mengutamakan proteksi sehingga tabung terhindar risiko eksplosif. Perlidungan maksimal berkat material pilihan yang digunakan menjadikan regulator gas ini memberikan Anda kenyamanan dan keamanan selama menggunakan kompor.

StarCam SC-202TT dapat mengirimkan gas bertekanan ideal yangg tinggi rendahnya juga dapat Anda atur dengan kapasitas 2 kg/jam. Sudah mendapatkan sertifikasi resmi berstandar SNI, StarCam memastikan produk ini menjamin keselamatan setiap penggunanya selama dibekali pengetahuan yang cukup. Di samping itu, Anda juga bisa memakai produk ini pada tabung LPG berkapasitas 3 kg atau 12 kg.

7. Destec COM-201M Regulator Gas

Destec COM 201M Regulator Gas

Kisaran harga: Rp91.500

Dengan sistem ulir yang mempermudah proses pemasangannya

Regulator tabung gas ini dapat menjadi opsi lain untuk Anda yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan ketika memasak di dapur. Adanya pressure gauge dengan indikator jarum yang diwarnai secara kontras dengan background-nya, Anda dapat mengetahui tekanan di dalam tabung lebih jelas.

Tidak perlu mempertanyakan sisi keamanan produk ini, Destec COM-201M sudah memperoleh dokumen resmi yang berlaku secara nasional karena berstatuskan SNI. Regulator ini juga telah terbukti 100% aman dan anti bocor karena dilengkapi karet seal ganda sebagai pengaman. Dengan kata lain, saat karet pengaman pada tabung gas rusak atau bahkan tidak dipasang, produk ini tetap menjamin keamanannya!

8. Miyako RMS-206M Paket Selang Regulator Gas

Miyako RMS 206M Paket Selang Regulator Gas

Kisaran harga: Rp62.000

Satu set selang dan regulator gas dengan harga terjangkau

Miyako RMS-206M adalah regulator gas yang dijual satu set dengan selangnya. Produk pengaman mulut tabung gas ini dapat Anda jadikan opsi yang lebih ramah dari sisi nilai jual, namun tetap unggul dari segi performa. Katup pengaman pada regulator ini dapat membuka maupun menutup aliran gas dari tabung.

Selain itu, Miyako juga memastikan produk ini mudah dipasang karena mengadopsi sistem clamping pada setiap sambungannya. Selang yang ditawarkan satu paket pada pembelian juga terbukti tahan lama hingga beberapa tahun. Telah berstandar SNI, regulator gas satu ini sangat tepat untuk Anda yang berkantong tipis namun mencari produk dengan mutu tinggi.

9. Rinnai RG 622MS Regulator Meter & Selang Gas

Rinnai RG 622MS Regulator Meter Selang Gas

Kisaran harga: Rp172.000

Mahal tetapi Anda bisa bebas khawatir terhadap kebocoran apa pun

Saat membeli produk ini, Anda akan mendapatkan regulator gas dan selang dalam kemasannya. Selang sepanjang 1,8 meter dari Rinnai RG 622 MS terbuat dari material thermoplastic elastomer yang terbukti tahan panas ataupun sobek. Ditambah lapisan pelindung dari stainless steel, selangnya semakin tahan dari karat, gigitan tikus maupun cipratan minyak panas.

Menggunakan sistem pemasangan berbasis clamping, Anda dapat mengencangkan ketup regulator tanpa bantuan obeng. Dilengkapi pengunci berbahan kuningan dan pemutus aliran ketika terjadi gas bocor, produk ini menawarkan keamanan ekstra selama penggunaan. Regulator gas merek Rinnai ini juga dilengkapi pressure gauge sebagai indkator tekanan gas, Anda dapat memantau langsung keadaan tekanan di dalam gas secara konsisten.

10. Regulator Blue Gaz

Regulator Blue Gaz

Kisaran harga: Rp160.000

Regulator gas bertekanan rendah yang aman dari rasa ingin tahu anak

Nama Blue Gaz sangatlah familiar di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Regulator gas keluarannya memang terbukti baik dari segi ketahanan dan keamanan. Diciptakan dengan koneksi sistem ulir, produknya mampu menghindari kebocoran pada koneksi atau sambungan yang kukuh serta tidak mudah goyang.

Belum lagi dengan adanya sistem Child Safety Lock model on/off knob, regulator ini dapat “dimatikan” fungsinya sehingga Anda bisa lebih tenang ketika meninggalkan anak di rumah. Pada satu sisinya juga dilengkapi tombol reset yang akan menutup aliran gas secara sempurna apabila terjadi kebocoran besar atau selang terlepas dari kompor. Pemasangannya pun mudah berkat outlet nozzle yang bisa diputar 360 derajat, cocok untuk Anda yang mengidamkan kepraktisan.

Cara Memasang Regulator Gas dengan Benar

Adanya regulator kompor gas memang membantu Anda memperoleh jaminan aman lebih besar daripada hanya mengandalkan kenop putar pada badan kompor. Akan tetapi, regulator juga tidak sepenuhnya menjamin keamanan, terlebih bila pemasangannya tidak baik. Oleh karena itu, agar terhindar dari risiko yang berdampak fatal, perhatikanlah cara memasang regulator gas yang benar. Berikut kami bagikan tips-nya.

1. Buat Sirkulasi Udara di Dapur Lancar

Buat Sirkulasi Udara di Dapur Lancar

Kebakaran dapat terjadi ketika gas yang bocor bercampur dengan udara di dapur dan tidak keluar melalui ventilasi. Oleh sebab itu, sebelum memasang regulator, bukalah terlebih dahulu pintu dapur, jendela, dan pastikan ventilasi dapur tidak terhambat debu.

2. Pastikan Tabung Gas Tidak Bocor

Pastikan Tabung Gas Tidak Bocor

Setelah membeli atau mengganti tabung gas elpiji baru, pastikanlah produk tersebut tidak bocor. Caranya dengan memakai air sabun yang dioleskan sedikit di permukaan tabung. Apabila terdapat gelembung udara dan sedikit suara desis, berarti tabung gas tersebut bocor. Gantilah ke produk lain dan pastikan permukaan tabungnya masih bersih dan tidak banyak karat.

3. Periksa Kondisi Rubber Seal

Periksa Kondisi Rubber Seal

Karet pengaman yang diletakkan di mulut tabung dapat mencegah regulator agar tidak lepas serta menutup celah gas menjadi bocor keluar. Meskipun rubber seal dapat dipakai berkali-kali, tingkat kelenturannya bisa menurun dan menjadi longgar. Olehs ebab itu, periksalah kondisi rubber seal. Sebaiknya Anda ganti ketika terdapat robekan atau sudah terlalu tipis.

4. Posisikan Regulator Tegak Lurus dengan Tabung Gas

Posisikan Regulator Tegak Lurus dengan Tabung Gas

Agar jarum pada regulator dapat menancap sempurna pada mulut tabung gas, pstikan Anda memposisikan regulator tegak lurus dengan tabung gas saat memasangnya. Setelah dipasang, tekan regulator secar akuat dengan tangan atau beberapa bisa pula diputar perlahan sembari ditekan. Jika tercium bau gas sedikit, Anda tidak usah khawatir karena itu menandakan gas yang keluar dari mulut tabung dan ini wajar.

5. Kunci Kenop Regulator agar Tidak Bocor

Kunci Regulator agar Tidak Bocor

Setelah berhasil menancap, putarlah tuas atau kenop untuk mengunci regulator hingga 180 derajat searah jarum jam. Pengunci ini akan membuat regulator tidak bisa lepas dari mulut tabung sehingga tidak terjadi kebocoran gas. Untuk membuka penguncinya, cukup putar berlawan arah dengan putaran jarum jam lalu angkat regulator dari mulut tabung gas.

6. Pastikan Tidak Terdengar Suara Desisan

Pastikan Tidak Terdengar Suara Desisan

Sebelum menyalakan kompor, pastikan kembali tidak ada kebocoran dengan mendengarkan suara desis yang ditimbulkan. Dekatkan telinga Anda pada regulator, apabila terdengar suara mendesis seperti ular hingga beberapa detik setelah regulator tertancap, itu berarti pemasangannya kurang pas atau ada masalah lain.

Lepaskan regulator dan ulangi cara pemasangan dari awal. Jika masih terdengar bunyi mendesis, berarti Anda harus memeriksa rubber seal ataupun regulator harus diganti baru.

7. Nyalakan Kompor dan Periksa Apinya

Nyalakan Kompor dan Periksa Apinya

Setelah memastikan tidak ada bau gas tercium dan suara mendesis dari tabung, Anda dapat menyalakan kompor untuk memeriksa gas sudah teralirkan atau belum. Jika api menyala dengan baik dan stabil, berarti Anda berhasil memasang regulator dengan benar. Jika kompor tidak menyala atau api yang nyala tersendat-sendar, cobalah benarkan regulator yang Anda pasang pada mulut tabung.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda telah temukan regulator gas terbaik yang diinginkan? Pastikan kembali Anda memakainya untuk kebutuhan memasak dengan skala besar atau kecil, ya. Untuk membuat masakan keluarga di rumah, gunakanlah regulator dengan tekanan rendah. Sementara bagi Anda yang ingin mencari regulator untuk memasak dengan porsi besar, lebih tepat memakai kompor dan regulator bertekanan tinggi.

Selain itu, material kuningan yang digunakan produsen untuk memproduksi regulator gas juga perlu diperhatikan. Agar lebih aman, Anda juga dapat memilih regulator yang dilengkapi pengaman ganda, atau bahkan dapat pula Anda pilih produk yang dapat mematikan fungsi regulator ketika kompor tidak gunakan. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang ketika meninggalkan anak-anak di rumah tanpa pengawasan.

(Visited 35 times, 1 visits today)