Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik

Kartu microSD merupakan salah satu media penyimpanan untuk berbagai perangkat elektronik. Bahkan, banyak juga yang menggunakannya sebagai pengganti SD card biasa pada kamera digital dengan tambahan adapter.

Ada banyak merek microSD yang terkenal di pasaran, mulai dari SanDisk, Kingston, dan Lexar. Agar tidak salah beli, kami kupas cara memilihnya di artikel ini. Lebih dari itu, kami juga merekomendasikan microSD terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Cara Memilih Kartu MicroSD

Memilih kartu microSD memerlukan beberapa pertimbangan. Mulai dari tipe kapasitas, kelas kecepatan, kelas performa untuk aplikasi, lama garansi, serta keaslian microSD-nya itu sendiri. Simak lebih jauh, ya!

Sesuaikan Tipe Kapasitasnya dengan Kebutuhan

Kartu microSD umumnya terbagi ke dalam dua tipe kapasitas, yaitu microSD high capacity (HC) dan microSD extended capacity (XC). microSDHC memiliki kapasitas sampai 32 gigabytes (GB) dan file system bertipe File Allocation Table 32 (FAT32). Format ini hanya bisa menyimpan file yang ukurannya tidak lebih dari 4 GB.

Sedangkan microSDXC kapasitasnya dari 32 GB sampai 2 terabytes (TB). File system-nya berjenis Extended File Allocation Table (exFAT). Tidak seperti FAT32, exFAT dapat menulis file yang ukurannya lebih dari 4 GB.

Dari segi kompabilitas, keduanya kurang lebih sama, yakni dapat dipakai pada semua sistem Windows, MAC OS, konsol gim, dan seterusnya. Namun, karena exFAT adalah format yang keluar belakangan, beberapa perangkat keluaran lama mungkin hanya kompatibel dengan FAT32.

Terlepas dari format, pilihlah microSD yang kapasitasnya cukup untuk kebutuhan Anda. Untuk smartphone dan kamera, kapasitas microSDHC 32 GB sudah cukup leluasa untuk menyimpan banyak file. Namun, untuk perangkat seperti konsol gim Nintendo Switch yang file-nya besar-besar, pilihlah microSDXC 64 GB atau lebih.

Pilih Kelas Kecepatan sesuai Jenis Penggunaan

blank

Saat browsing tentang microSD, Anda mungkin melihat tingkat kecepatan tulis dan baca yang kerap dicantumkan produsen dalam memasarkan produknya. Kecepatan tersebut sering kali hanya merupakan klaim yang metode pengukurannya tidak baku, sehingga hasilnya pun tidak selalu dapat dipercaya.

Di sinilah fungsinya kelas kecepatan. Ukuran kelas kecepatan memiliki standar yang jelas, metode pengukurannya pun baku sesuai aturan SD Association—organisasi yang menetapkan standar terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan kartu SD.

Kelas kecepatan microSD itu sendiri terbagi ke dalam tiga jenis rating:

  1. Speed Class yang mengukur kecepatan menulis file. Terbagi ke dalam empat tingkat kecepatan tulis minimum per detik. Mulai dari C2 (2MB), C4 (4MB), C6 (6MB), dan C10 (10MB).
  2. Ultra High Speed Class (UHS) adalah rating yang hanya berlaku pada microSD yang menggunakan bus UHS, yang terbagi ke dalam dua jenis bus, UHS-I dan UHS-II. Kelas kecepatan ini terbagi ke dalam dua tingkat kecepatan minimum per detik, U1 (10MB) dan U3 (30MB).
  3. Video Speed Class ialah rating yang mengukur kecepatan microSD dalam merekam video resolusi tinggi. Terbagi ke dalam lima tingkat kecepatan minimum per detik, V6 (6MB), V10 (10MB), V30 (30MB), V60 (60MB), dan V90 (90MB).

Rating yang semakin cepat akan membuat harga microSD lebih mahal. Untuk itu, pilihlah sesuai jenis penggunaan Anda. Kecuali pada kategori Speed Class yang modern ini mutlak harus C10, apa pun tipe penggunaannya.

Untuk fotografi dan videografi, pilih yang C10 dan kelas UHS-nya minimal U1. Jika videografinya dalam skala 4K, maka kelas UHS-nya lebih baik berada di U3. Akan lebih baik pula jika terdapat kelas kecepatan video V30. Lebih jauh lagi, jika perlu melakukan perekaman video resolusi 8K, maka pilih yang kecepatan videonya di tingkat V60 atau V90.

Periksa pula Kelas Performanya dalam Menjalankan Aplikasi

blank

Apabila microSD disematkan di gawai seperti smartphone atau tablet, maka Anda perlu mempertimbangkan kelas performanya. Seperti namanya, kelas performa mengukur performa microSD dalam memanipulasi data, termasuk aplikasi yang terpasang. Terbagi ke dalam dua tingkat, A1 dan A2.

Pengukuran dilakukan dengan menghitung jumlah minimum random read, random write, dan sustained sequential write dalam satuan input/output perations per second (IOPS). A1 memiliki random read 1.500 IOPS, random write 500 IOPS, dan sustained sequential write 10MB per detik.

Untuk A2, random read-nya 4.000 IOPS, random write-nya 2.000 IOPS, dan sustained sequential write-nya sama dengan A1 diangka 10MB per detik. Jika Anda bingung, dalam pengukuran ini A2 adalah yang lebih unggul performanya. Harga microSD-nya pun lebih mahal.

Meski A2 menawarkan performa lebih, normalnya performa A1 saja sudah cukup baik untuk segala macam pemakaian aplikasi. Tetapi, jika budget Anda banyak dan multitasking Anda berat, maka lompatan performa dari microSD A2 bakal menguntungkan.

Di sisi lain, kalau Anda hanya pakai microSD untuk kamera, ataupun di gawai tetapi hanya melakukan fotografi dan videografi tanpa menjalankan aplikasi, maka kelas performa microSD dapat seluruhnya Anda abaikan karena tidak ada pengaruhnya.

Untuk Kamera Pengawas, Utamakan microSD High Endurance

blank

Kamera pengawas seperti CCTV yang bekerja nonstop memerlukan microSD yang juga mampu bekerja nonstop. Untuk itu, pilihlah microSD berjenis high endurance. Seperti namanya, microSD ini memiliki ketahanan tinggi dalam waktu pemakaian yang lama. Selain itu, fisiknya juga lebih tahan terhadap temperatur ekstrem sehingga ideal buat kamera CCTV luar ruangan.

Seiring waktu, kemampuan tulis microSD akan menurun. Apalagi pada penggunaan intensif di kamera pengawas, microSD high endurance dirancang untuk bertahan lebih lama. Meski aktif merekam hingga beribu-ribu jam, kartu tidak akan rusak dan membuat Anda kehilangan footage yang berharga.

Periksa Garansi pada Kartu MicroSD

blank

Aspek yang harus Anda pertimbangkan selanjutnya adalah garansi yang diberikan produsen. Hal ini sangat penting jika Anda berniat memakai microSD dalam jangka waktu yang lama.

microSD dapat rusak karena berbagai macam sebab. Untuk itu, jika ada garansi, Anda bisa melakukan klaim untuk diganti baru, selama sebab kerusakannya bukan dari keteledoran Anda.

Lama garansi microSD bermacam-macam. Ada yang dua atau sepuluh tahun, bahkan ada yang seumur hidup. Setelah membeli, bacalah kartu garansi produk yang Anda pilih agar memahami seluk-beluk cakupan garansinya.

Waspadai microSD Palsu yang Banyak Beredar di Pasaran

blank

MicroSD adalah produk yang sangat umum dipalsukan. Produk palsu barangkali tetap dapat bekerja, tetapi akan terdapat kecacatan fungsi dasar yang membuatnya nyaris tak bisa dipakai. Mulai dari kegagalan menulis file, hilangnya data yang sudah tertulis, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari produk palsu, Anda harus melakukan riset sebelum membeli. Jika Anda berniat mencari produk di marketplace online, utamakan untuk membeli di lapak resmi produsennya atau distributor yang dapat dipercaya. Bandingkan pula kesesuaian nama seri, varian kapasitas, dan desain microSD di situs produsennya.

10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik

Di bagian ini, kami mengumpulkan sepuluh microSD pilihan dari berbagai merek. Pilihlah yang pas dengan budget dan kebutuhan Anda.

1. SanDisk Ultra microSD Card

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Apik di segala sisi, harganya tetap terjangkau

Produk ini dapat dipakai untuk segala macam kebutuhan, baik itu memotret di kamera, atau maim gim di smartphone. Semua berkat rating kecepatannya yang tinggi dan kelas performa A1.

microSD ini mampu dengan lancar mendukung perekaman video Full HD. Dari segi harga, SanDisk Ultra terhitung cukup terjangkau. Pada kapasitas 64 GB ini, harga yang dipatok hanya 130 ribuan.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U1
Kelas performa A1
Garansi 10 tahun
Ukuran memori 64 GB
Kisaran harga Rp132.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. SanDisk Extreme Pro microSDXC Card UHS-I

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mendukung perekaman 4K dan pemakaian di kondisi ekstrem

Kalau Anda perlu merekam video beresolusi 4K, pilihlah microSD SanDisk satu ini. Rating V30-nya menjamin perekaman 4K dengan frame rate yang baik. Performanya dalam menjalankan aplikasi juga jempolan dengan rating performa A2.

Build microSD ini kokoh. Selain tahan terhadap suhu ekstrem dan guncangan, microSD ini juga kedap air. Dengan begitu, Anda tak perlu ragu memasangkan produk ini dengan CCTV ataupun GoPro.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3, V30
Kelas performa A2
Garansi Terbatas seumur hidup
Ukuran memori 128 GB
Kisaran harga Rp415.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. V-Gen MicroSD Turbo

blank

Sumber: V-gen.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dibekali garansi terbatas seumur hidup

Kalau ingin microSD yang harganya lebih terjangkau, cobalah varian Turbo dari V-Gen. Kapasitas 64 GB hanya mematok harga 100 ribuan saja. Kecepatannya pun lumayan dengan rating C10 U1.

Hebatnya lagi, V-Gen memberikan garansi terbatas seumur hidup. Asal Anda tidak teledor, jika microSD rusak, V-Gen akan selalu menggantinya dengan yang baru. Tertarik memilikinya?

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U1
Kelas performa Tidak ada
Garansi Terbatas seumur hidup
Ukuran memori 64 GB
Kisaran harga Rp106.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Transcend microSDXC 300S

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi software recovery data gratis

Meski tidak dilabeli sebagai kartu high endurance, produk satu ini diklaim mampu bekerja dalam kondisi ekstrem. Jika terjadi kerusakan yang mengakibatkan kehilangan data, Transcend telah menyediakan software recovery gratis.

Bila menginginkan microSD berkapasitas besar yang harganya murah, pilihlah produk ini. Transcend 300S ukuran 256 GB hanya dihargai 400 ribuan! Performanya pun apik dengan kecepatan video V30 dan performa kelas A1.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3, V30
Kelas performa A1
Garansi 5 tahun
Ukuran memori 256 GB
Kisaran harga Rp473.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Samsung EVO Plus microSDXC Memory Card

blank

Sumber: Samsung.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengombinasikan performa dan build quality terbaik

Seperti produk mereka yang lain, microSD buatan Samsung ini juga punya kualitas tinggi. Di sisi performa, microSD ini dijamin kencang, bahkan dalam perekaman video 4K.

Sedangkan di aspek build quality, kartu ini tahan temperatur ekstrem, sinar x-ray, medan magnet setara scanner MRI, bahkan perendaman di air laut selama 72 jam. Sudah begitu, Samsung juga melapisinya dengan garansi 10 tahun.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3
Kelas performa Tidak ada
Garansi 10 tahun
Ukuran memori 512 GB
Kisaran harga Rp1.335.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Lexar Professional 1066x microSDXC UHS-I Cards SILVER Series

blank

Sumber: Lexar.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Performa unggulan, namun harga tetap bersaing

Lexar merupakan salah satu produsen microSD paling unggul saat ini. Meski berkualitas tinggi, harga dari produknya satu ini sangat bersaing. Tidak hanya ukuran kapasitasnya besar, performanya dan kecepatannya pun terdepan.

Lexar juga memberi perhatian ekstra di sisi kompabilitas. Dengan pengetesan pada lebih dari 1.100 perangkat digital, microSD ini dijamin kompatibel dan bekerja maksimal apa pun gawai Anda.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3, V30
Kelas performa A2
Garansi 10 tahun
Ukuran memori 128 GB
Kisaran harga Rp335.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Kingston Canvas Select Plus

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dioptimalkan untuk pemakaian di Android

Kingston mengklaim bahwa varian Canvas Select Plus telah dioptimalkan untuk penggunaan di perangkat berbasis sistem operasi Android. Tercermin dari kelas performanya yang ada di tingkat A1.

Kecepatan ini juga dapat diandalkan untuk fotografi dan videografi, meski belum di taraf 4K. Tetapi, kalau ingin Anda pakai di kamera digital, jangan lupa untuk membeli adapter-nya juga, ya!

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3, V30
Kelas performa A1
Garansi Seumur hidup
Ukuran memori 64 GB
Kisaran harga Rp146.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Kingston Canvas Go! Plus

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat digunakan bersama kamera aksi dan drone

Bila Anda perlu merekam video 4K, pilih microSD Kingston yang ini. Berkat kemampuan tulis yang lebih cepat dibanding Canvas Select Plus, Canvas Go! Plus dapat digunakan bersama kamera aksi dan drone.

Kalaupun Anda hanya perlu pakai di smartphone, performa kelas A2-nya akan menguntungkan Anda. Di kapasitas 128 yang kami rekomendasikan, Anda mungkin harus merogoh kocek lebih, tetapi performa yang Anda dapat sangat setimpal, kok!

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3, V30
Kelas performa A2
Garansi Seumur hidup
Ukuran memori 128 GB
Kisaran harga Rp499.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. SanDisk High Endurance microSD Card

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pilihan utama untuk kamera pengawas Anda

Perlu microSD untuk CCTV atau dashcam? Inilah produk yang dirancang khusus untuk itu. MicroSD ini mampu merekam video hingga 20.000 jam, bahkan yang beresolusi 4K sekalipun!

Karena merupakan kartu high endurance, tentu produk SanDisk ini lancar bekerja di segala macam kondisi, baik itu panas terik matahari, maupun hujan lebat. Pilihan kapasitas 128 GB ini ekstra lega untuk merekam banyak video.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3, V30
Kelas performa Tidak ada
Garansi 2 tahun
Ukuran memori 128 GB
Kisaran harga Rp403.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. TEAMGROUP Color Card II UHS-I U3 MicroSD CARD

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memiliki desain penuh warna yang ciamik

Keunikan microSD ini terletak pada, seperti namanya, desain yang warna-warni. Performanya pun tidak kalah heboh. Berada di kecepatan U3 yang memastikan segala urusan penyimpanan digital Anda jadi beres.

Menariknya lagi, kartu ini diklaim tahan air, debu, dan sinar x-ray. Data yang tersimpan akan selalu terjaga di segala situasi. Kalaupun rusak, TEAMGROUP juga memastikan garansi yang berlaku seumur hidup.

Tipe kapasitas microSDXC
Kelas kecepatan C10, U3
Kelas performa Tidak ada
Garansi Seumur hidup
Ukuran memori 64 GB
Kisaran harga Rp125.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Kartu MicroSD

Produk SanDisk Ultra microSD Card SanDisk Extreme Pro microSDXC Card UHS-I V-Gen MicroSD Turbo Transcend microSDXC 300S Samsung EVO Plus microSDXC Memory Card Lexar Professional 1066x microSDXC UHS-I   Cards SILVER Series Kingston Canvas Select Plus Kingston Canvas Go! Plus SanDisk High Endurance microSD Card TEAMGROUP Color Card II UHS-I U3 MicroSD CARD
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe kapasitas microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC microSDXC
Kelas kecepatan C10, U1 C10, U3, V30 C10, U1 C10, U3, V30 C10, U3 C10, U3, V30 C10, U3, V30 C10, U3, V30 C10, U3, V30 C10, U3
Kelas performa A1 A2 Tidak ada A1 Tidak ada A2 A1 A2 Tidak ada Tidak ada
Garansi 10 tahun Terbatas seumur hidup Terbatas seumur hidup 5 tahun 10 tahun 10 tahun Seumur hidup Seumur hidup 2 tahun Seumur hidup
Ukuran memori 64 GB 128 GB 64 GB 256 GB 512 GB 128 GB 64 GB 128 GB 128 GB 64 GB
Kisaran harga Rp132.000 Rp415.000 Rp106.000 Rp473.000 Rp1.335.000 Rp335.000 Rp146.000 Rp499.000 Rp403.000 Rp125.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Yuk, cek rekomendasi kartu SD dari PickyBest lainnya!

MicroSD adalah salah satu jenis dari kartu penyimpanan digital. Selain microSD, Anda juga dapat membeli jenis lain yang dinamakan miniSD.

Untuk memahami lebih jauh, kami telah membuat pemaparan khusus tentang kartu SD. Bila tertarik, pilihlah kartu SD berdasarkan kebutuhan Anda pada artikel berikut.

Kesimpulan

Jadi, mana kartu microSD yang paling cocok buat Anda? Memilih microSD mesti mempertimbangkan tipe kapasitas, kelas kecepatan, kelas performa untuk aplikasi, lama garansi, serta keaslian microSD-nya itu sendiri.

Kalau Anda masih bingung mana microSD yang cocok di gawai Anda, pilihlah yang memiliki performa kelas A1 dan kapasitasnya cukup. Di sisi lain, bila Anda mau pakai untuk kamera—jenis apapun itu—pilih yang kelas kecepatannya minimal U1 atau U3 kalau perlu merekam di resolusi 4K. Semoga Anda mendapatkan microSD terbaik untuk kebutuhan Anda, ya!

Referensi

Capacity (SD/SDHC/SDXC/SDUC)
https://www.sdcard.org/developers/sd-standard-overview/capacity-sd-sdhc-sdxc-sduc/ diakses pada 1 Maret 2021

Speed Class
https://www.sdcard.org/developers/sd-standard-overview/speed-class/ diakses pada 1 Maret 2021

Application Performance Class
https://www.sdcard.org/developers/sd-standard-overview/application-performance-class/ diakses pada 1 Maret 2021

What Is a High Endurance SD Card?
https://www.delkin.com/blog/what-is-a-high-endurance-sd-card/ diakses pada 1 Maret 2021

How to spot fake microSD cards when buying online
https://www.noypigeeks.com/explained/fake-microsd/ diakses pada 1 Maret 2021

How to spot fake microSD cards and not get scammed
https://reveeu.com/electronics/how-to-spot-fake-microsd-cards-and-not-get-scammed diakses pada 1 Maret 2021

5 Mistakes to Avoid When Buying a MicroSD Card
https://www.makeuseof.com/tag/5-mistakes-avoid-buying-next-microsd-card/ diakses pada 1 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.